Aku HDC One, Bukan HTC One

Hai, boleh kenalan? Namaku HDC HX-9299A, tetapi lebih akrab dipanggil HDC One. Wajahku mirip dengan HTC One. Namun, kami sebenarnya tidak bersaudara.

Aku dijual Rp 2,1 juta, sedangkan HTC One masih dibanderol dengan harga resmi Rp 7,499 juta. Beberapa toko saya lihat menjual HTC One Rp 7,2 juta sampai Rp 7,3 juta. Ya, tetap jauh lebih mahal dariku.

HDC One-7

HDC One-8

Kalau membeliku, kamu bukan hanya mendapatkan ponsel. Kamu juga akan memperoleh kepala charger 1 A, kabel micro USB, dan handsfree berkabel berwarna biru yang cantik. Masih ada lagi leather case berwarna hitam, jarum untuk menusuk selot kartu micro SIM, maupun pelindung layar alias screen protector. Ya, tentu kamu mendapatkan kardus dan buku panduan pemakaian.

HDC One-9
Oleh orang tuaku, aku diberi spesifikasi seperti ini:

  • Layar sentuh 4,7 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel.
  • Prosesor quad core MTK MT6589 1,2 GHz.
  • RAM 1 GB.
  • ROM 4 GB.
  • Tidak ada selot microSD, namun sudah ada “SD Card” berkapasitas 16 GB yang dibenamkan.
  • GSM & 3G/WCDMA.
  • Kamera belakang 8 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel.
  • Single SIM, selot kartu micro SIM.
  • Baterai tanam 1.600 mAh.
  • Android 4.2 Jelly Bean.

Kemarin kebetulan aku berjumpa si HTC One. Jadi, aku sempat foto bareng.

HDC One-1

HDC One-2

HDC One-4

HDC One-3

HDC One-5

HDC One-6

Om yang memegangku, Herry SW, senang banget meraba-raba dan memencet tubuhku. Aku nggak berani berontak karena badannya gede banget. Dia cerita, berat badannya lebih dari satu kuintal.

Kata Om Herry, dia harus rajin menjamahku supaya lebih mengenal diriku. Dia berjanji, sebelum Lebaran tiba, dia akan menceritakan diriku kepadamu dengan lebih mendalam.

Sudah dulu ya…. Selamat berpuasa untuk kamu yang menjalankannya.

58 thoughts to “Aku HDC One, Bukan HTC One”

  1. Siang om
    Ini ponsel apa dijual di Indonesia? Minat mau ikut jualin, buat lucu2an. Apa Om HSW ada info bisa kulak dimana ya?
    Makasih infonya

    1. Pak Samuel,

      Ada yang memasukkan ke sini, tetapi jumlahnya tidak banyak. Tak sampai puluhan. Kini sepertinya sudah ludes.

  2. pak herry.. smpe nyengir ane baca reviewnya 🙂 tpi sayang, napa pak herry ‘nelanjanginnya’ ga bulat2 skalian? singkat banget mncubunya.. misal: kwalitas foto outdoor/indoor, audio etc.

  3. Pak Saeful,

    Review baru muncul menjelang Lebaran. Bulan puasa nggak boleh “telanjang bulat”. 🙂

  4. @ Pak Herry,
    bbrp waktu lalu saya pernah menanyakan ttg ponsel HiMax. nah, sekarang sudah buka order untuk seri terbarunya.. Pure II. harganya juga cm 1,399.
    Apa Pak Herry bisa kasih review gak ya? karena kliatannya hp ini exclusive hanya dijual lewat web resmi-nya dan terlihat sangat menjanjikan.. karena kalo baca2 yg seri Pure I aja byk yg puas. krn aftersales’nya jg ciamik..

    Maaf kalo postingan saya kurang berkenan. sekedar bertanya…
    thanks Pak Herry

    Note:order’nya cm 3 hari sejak kemarin. thanks.

  5. Maaf ya Pak Herry bukan maksut promo.. soalnya saya tertarik bgt dgn hp ini. cuman saya pengen tau review dr pihak independen seperti pak Herry. thanks..

    1. Pak Erik,

      Iya, Pak. Saya tahu maksudnya bukan promo, melainkan memberikan informasi kok. Kalau niatnya beriklan, pasti sudah saya beri peringatan. 🙂

      Saya sudah masuk ke situs Himax dan memesan satu unit.

  6. Pak Anto,

    He.. he… saya sebatas mencegah kian banyak orang yang kecewa. 🙂

    Kalau sempat memantau akun Twitter saya, tadi ada sesuatu yang saya twit dan perlu diketahui publik. Biar pembeli dan penjual tak sampai terkelabui.

  7. Saya tahu dari FB pak herry yang di share oleh member dari grup Advan S5 ,sepertinya halnya batre dengan satuan mAh yang seribu kali dari satuan Ah karena sudah umum di gunakan tidak ada yang merasa tertipu tapi karena penulisan Gb dan GB tidak menyolok perbedaanya jadi bisa mengelabui penglihatan orang yang kurang teliti,lalu bagaimana dengan cross pak apa poin utama yang membuat Pak Herry enggan menyentuh dan membelai 😀 ?

  8. Pak Anto,

    Grup Advan S5 itu ada di mana, Pak? Facebook?

    Menyentuh dan membeli Cross sih boleh-boleh saja. Tetapi, untuk merekomendasikannya, nanti dulu. Saya melihat produk Cross saat ini tidak sebagus sekitar 2009-2010. Saat itu, produk mereka relatif bandel. Angka penjualannya belum terlalu tinggi. Ketika akhirnya penjualan Cross melonjak, eh… produknya malahan nggak semantap sebelumnya.

  9. huiii speknya lumayan gahar juga tuh untuk ponsel murah, merk “unique” dari Cina tapi lumayan dah dapet MTK daripada prosesor yang kurang jelas biasanya.
    Sayang battery cuman 1600 mAh, gak tahan seharian.
    Hehehehe

  10. Pak Rianto,

    He.. he.. iya, spesifikasi lumayan gahar.

    Di atas Bapak menulis “lumayan dah dapat MTK daripada prosesor yang kurang jelas”. Contoh prosesor yang kurang jelas itu apa ya, Pak?

    Soal baterai, terus terang saya heran. Di spesifikasi tertulis kapasitasnya 1.600 mAh. Namun, dengan perilaku pemakaian ala saya, ternyata ia bisa bertahan sekitar 15 jam. Lebih lama daripada Sony Xperia SP yang dual core dan memakai baterai 2.370 mAh. Juga lebih lama ketimbang Acer Liquid E2 yang quad core dan menggunakan baterai 2.000 mAh.

    Terus terang saya curiga, jangan-jangan kapasitas baterai HDC One sebenarnya bukan 1.600 mAh, melainkan lebih besar.

  11. @Pak Herry,

    maaf baru sempet ol lagi..
    iya bener pak Herry situsnya itu. asiiikkk nih.. pak Herry udah pesan. tinggal nunggu review’nya buat memantapkan hati. hehe…

    Thanks..

  12. sayangnya enggak gorilla glass ya, padahal yg pertama malah gorilla glass.. memangnya dijanjikan berapa hari datangnya pak? bisa pesan warna apa saja? kalo liat web nya free ongkir juga.. kayanya asyik nihhh…

    1. Pak Dhan,

      Entah dijanjikan kapan. Perasaan tak ada keterangan di situsnya deh. Saya langsung pesan dan bayar saja. Ada dua pilihan warna: hitam dan putih. Saya memilih putih.

      Ongkos kirim nggak gratis lho. Malahan, ongkos kirimnya tergolong mahal banget: Rp 50.000.

  13. @Pak Dhan and Pak Herry

    iya, kyaknya khusus paket2 pure II kena ongkir 50rb. tp itu ke seluruh indo. mgk subsidi silang kali ya… 🙂
    kalo belinya yg pure I atau aksesoris2 lainnya, selama harga di atas 1,5 kyaknya emang free ongkir.. sempet chat sama cs-nya sih. hehe…
    hmm…nunggu n mantau ponselmu terus deh..

    1. Pak Erik,

      Oh, bisa chat dengan customer services ya? Saya mau tanya barang dikirimkan kapan. Sebab, tak ada penjelasan di email yang saya terima.

  14. pak Herry, kayanya udah menimang2 himax pure II nih… ditunggu reviewnya yaaa…termasuk unboxing nya pak 🙂

    oh iya, nanti dicompare sama Leno a706 armani ya…
    sama2 quad dan ram 1GB..

    1. Pak Dhan,

      Gimana bisa meminang. Lha ponselnya belum datang. Bahkan, kapan akan diterima pun saya tak mendapatkan informasi. Email yang saya terima hanya menyebutkan nomor pesanan. Itu saja.

      Tadi saya coba menelepon ke kantor Himax. Niat hati mau tanya. Eh, dua kali menelepon, jawaban penerima telepon sama, “Yang jaga sedang pergi.” Jujur, kalau baru pesan saja sudah begini, saya jadi curiga kelak kalau mau klaim garansi bakal sulit banget.

  15. iya lenovo a706 baru, bisa intip spek di globalteleshop.
    Pure II nya, saya baca di forumnya ada yg sudah terima, ada yg belum… himax-indonesia.com/bbs/forum.php?mod=viewthread&tid=4897
    CS ada 6 tapi gak pernah ON semua.. meragukan ya pak?

    1. Pak Dhan,

      Oh ok. Ntar coba saya intip di Global Teleshop deh.

      Karena pernah dapat info bisa lewat chat, tadi saya coba chat. Gagal. Enam CS off semua.

      Meragukan dalam arti menipu sih saya yakin 100 persen tidak begitu. Namun, melihat cara mereka menangani email dan telepon masuk, terus terang saya meragukan keandalan mereka dalam menjaga kepuasan konsumen.

  16. @Pak Herry,

    iya bisa chat dengan CS-nya. malah CS-nya yg say hi duluan dengan saya.. 🙂
    Kalo di forum sebelah bilang kemungkinan SDM-nya yg kaget dengan banjir pesanannya Pak Herry.. la wong CS-nya biasa 6 0rang yg online, tp sejak di-launch, yg online cuma 1 orang. kadang 2 orang..
    masih byk jg yg blm terima kyaknya..
    @Pak dhan,
    biasanya online semua pak. cuma sejak launch Pure II emang jarang ol. kdang2 1 atau 2 CS-nya masih ol kok.
    kalo masalah klaim garansi sih.. di Pure I dulu sdh ada bbrp yg diganti baru. karena kabarnya ada garansi 3 bulan one to one replacement..

    Maaf kalo ada salah. ini hanya berdasar pengamatan saya di forum sebelah..

    tetap masih menunggu review dari Pak Herry..
    thanks..

    1. Pak Erik,

      Tadi saya mau coba chat, malahan tidak ada satu pun yang online. Setelah tiga kali interlokal ke Jakarta, saya dapat jawaban bahwa pesanan saya sudah diproses. Tak ada masalah.

      Namun, waktu saya tanya apakah sudah dikirimkan atau belum dan berapakah nomor resinya kalau sudah dikirimkan, jawabannya, “Bapak tunggu saja.” Ya, minimal saya dapat angle tambahan saat kelak menuliskan review-nya deh.

  17. @Pak Herry,

    iya pak.. saya coba masuk ke website-nya kmrn CS-nya off semua.. tp kalo di grup fb masih ada admin yg bisa jawab n kasih solusi.
    yg satu kota Jakarta aja katanya masih byk yg blm dapat kok. hehe..
    mungkin karena mereka single distributor jg sih. beda dgn retail2 lain yg byk cabang n kantor..
    hmmm… semoga pak herry cepet terima barangnya n cepet kluar review-nya..

    1. Pak Erik,

      Kalau pun saya menerima barangnya dalam 1-2 hari ini, review pasti baru muncul setelah Lebaran. Yang antre di-review masih ada enam atau tujuh produk.

  18. @pak Herry,
    haha…iya gpp deh pak. sabar menunggu sambil ngumpul dana… 🙂
    banyak bgt yg antri utk di-review.. ckckck…

    @pak dhan,
    kabarnya sih begitu pak. karena SDM-nya cuman sedikit. maklum masih perusahaan baru yg sedang merintis.. tapi selama ini sih kyaknya aftersalesnya cukup bagus kok.. mantau dr forum sebelah sejak Pure I sih.. admin’nya jg aktif bgt. hr ini CS 04-nya online tuh…

  19. Pak Herry..
    Apa si HDC One ini sdh dijual resmi di indonesia? Dimana bisa mendapatkan kembaran HTC One ini?
    Ada pertanyaan out of topic ya Pak Herry, saya berencana membeli tablet 7 inchi dgn spek antaranya bisa 3G, resolusi min 1280×800, proc quad core, RAM 1 GB, internal memory min 8GB, kamera primer 5MP, sekunder terserah, android min 4.1, kira2 apa ada masukan dr Pak Herry ? Terima kasih Pak..

  20. Pak Indra,

    HDC One pasti takkan masuk resmi di Indonesia. Yang beredar hanya barang BM.

    Beli di mana? Mesti rajin-rajin cari di internet sih, Pak. Harga pasar terakhir di Indonesia Rp 2,8 juta. Kalau beli langsung di China sih jauh lebih murah.

    Terkait tablet, terus terang saya belum ada rekomendasi tablet dengan spesifikasi seperti itu. Belum ada tablet yang saya coba dan memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan Bapak.

  21. Terima kasih Pak Herry..
    Kalo nexus 7 generasi 2 apa belum masuk indonesia ya pak?
    Ada satu pertanyaan lg, ada pernyataan yg pernah saya baca bahwa proc dgn chip intel atom single core itu setara dgn dual core nya ARM dan intel atom dual core setara dgn quad core nya ARM, apa betul itu ya pak?
    Terima kasih atas infonya Pak..

    1. Pak Indra,

      Nexus 7 generasi kedua belum masuk. Yang generasi pertama pun dulu kan telat banget beredar resmi di sini.

      Soal prosesor, dengar-dengar begitu. Entah benar atau tidak. Belum pernah pakai ponsel dengan prosesor Intel.

  22. pak Herry, itu himax pure udah ditimang2?
    saya baca di kaskusnya, itu ponsel aneh juga… sudah dalam kondisi root dan bisa diubah2 seenak enaknya tanpa membatalkan garansi.

    baca lagi katanya ada bug di rom bawaan sehingga sinyal ga ok dan batre cepet abiss.. katanya harus di flash ke rom lain… wuik ini hp standarnya buat orang yg udah paham oprek andro nih…

    1. Pak Dhan,

      Sudah dong. Minggu depan review-nya saya unggah ke sini. Ada beragam keanehan yang saya jumpai selama memakai ponsel itu. Saya berikan bocoran kesimpulannya dulu saja ya.

      Ini dia: “Beragam sisi minus yang ada merupakan konsekuensi dari prinsip ada harga, ada rupa. Kalau meminjam kalimat lebih ekstrem, murah kok njaluk selamet, yang kali ini boleh diterjemahkan sebagai harga murah kok minta serbabagus.”

  23. iya tuh pak, kalo liat dari forumnya, harus diganti ROM nya, positifnya, model tampilannya bisa dibikin kaya samsung, lenovo, sony… lucu juga sih,
    negatifnya, mesti bisa ngoprek android ya? belum sampe situ deh level gw sebagai user…

    1. Pak Jhon,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Di Indonesia tidak ada distributor HDC Mobile. Ponsel HDC hanya beredar secara terbatas dalam kondisi black market dan tanpa garansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *