Alternatif Baru Pengganti i8200

Kalau ada seseorang yang meminta rekomendasi ponsel dual on GSM-CDMA, biasanya penulis akan menyodorkan CSL Blueberry i8200 dan HT Mobile GC30. Penulis tak lupa memberikan saran untuk mencoret Samsung W139 dari daftar kandidat.

Rekomendasi itu kini harus mulai dicarikan alternatif rekomendasi. Karena sudah diskontinyu alias tidak diproduksi lagi, i8200 sangat sulit ditemukan. Kalau pun ada toko yang kebetulan masih punya stok, harga jualnya pasti dipatok semau gue. Mungkin Rp 550 ribu, bahkan lebih tinggi.

Sedangkan GC30 yang dijual Rp 430 ribu sebenarnya masih cukup mudah dijumpai di pasar. Namun, kalau tidak terburu-buru, penulis akan menyarankan konsumen untuk menunda pembelian dulu.

Mengapa? Sejak beberapa waktu lalu terjadi gejolak di internal HT Mobile. Kini mereka sedang melakukan konsolidasi. Gambaran masa depan ponsel merek lokal buatan Tiongkok itu sepertinya baru bisa diraba pada pertengahan Februari 2012.

Sembari menanti kejelasan nasib HT Mobile, penulis menawarkan alternatif baru: Venera Aktiv 302. Kapasitas buku teleponnya hanya 300 nama single entry alias lebih kecil daripada i8200 dan GC30. Kondisi tersebut layak dimaklumi karena harga jualnya memang lebih murah.

Sama dengan i8200 dan GC30, Aktiv 302 tergolong ponsel hybrid. Ponsel yang dijual Rp 299 ribu itu bisa berfungsi sebagai ponsel dual on GSM-CDMA maupun dual on GSM-GSM, bergantung kartu yang diselipkan.

Fitur Aktiv 302, antara lain, black list 20 nomor, kamera VGA, dan perekam video. Ada juga perekam suara, bluetooth, dan radio FM. Bila ingin mendengarkan siaran radio FM, pengguna wajib menancapkan handsfree berkabel. Merekam siaran radio yang sedang dinikmati dapat dilakukan dengan gampang.

Pengguna yang senang menggunakan lagu favorit sebagai nada dering bisa meneruskan kebiasaannya di Aktiv 302. File MP3 dapat ditambahkan sebagai nada dering telepon. Untuk mempermudah pengguna mengidentifikasi suatu panggilan telepon ditujukan ke nomor mana, nada dering dua nomor yang terpasang bisa dibedakan.

Sementara itu, untuk nada SMS, pengguna tak leluasa berkreasi. Nada SMS nomor pertama dan kedua memang dapat dibedakan. Tetapi, pengguna mustahil menambahkan nada baru. Pengguna hanya bisa memilih delapan nada bawaan atau mengatur ponsel supaya membisu ketika ada SMS masuk.

Memori internal Aktiv 302 berdaya tampung 1.016,5 KB. Kapasitas sebesar itu tentu tidak memadai untuk pengguna yang senang menyimpan file multimedia di ponsel. Solusinya, selipkan kartu microSD ke slot memori eksternal yang tersedia.

Untuk mengisi ulang baterai, pengguna Aktiv 302 mempunyai dua alternatif. Pengguna bisa memanfaatkan charger berkonektor mini USB yang dulu sering dipakai di, contohnya, ponsel Motorola dan BlackBerry. Alternatif lain menggunakan charger dua milimeter alias colokan bundar kecil ala Nokia.

Apakah kekurangan Aktiv 302? Kapasitas buku teleponnya yang cuma 300 nama single entry termasuk kecil. Saat ini, ponsel murah meriah pun kebanyakan sudah dibekali buku telepon 500 nama multiple entry. Satu nama dapat dipadukan dengan beberapa nomor ponsel.

Kegagalan ber-SMS memakai nomor CDMA yang sempat dialami sebagian pengguna i8200 dan GC30, tidak penulis alami di Aktiv 302. Nomor Esia dan Smartfren yang penulis selipkan bisa menerima maupun mengirimkan SMS.

Namun, keberhasilan itu belum membuat penulis berani memastikan kalau fitur SMS via CDMA di Aktiv 302 lancar jaya. Sebab, bila merujuk pada kondisi di i8200 dan GC30, kegagalan ber-SMS bersifat acak. Kartu A dan B lancar, tetapi kartu C bermasalah. Padahal, tiga kartu RUIM itu dikeluarkan oleh operator CDMA yang sama.

78 thoughts to “Alternatif Baru Pengganti i8200”

  1. Imo G68 belum pernah coba.

    Kalau Imo Z3 pernah mainan sebentar saat mampir ke toko ponsel. Hmm… lebih baik melirik yang lain deh.

    Btw, merujuk pada pengalaman mencoba beberapa ponsel Imo, mempertimbangkan ponsel lain tampaknya lebih bijak.

  2. Venera Aktiv 302 bisa untuk m-banking.

    Maxtron MG172 belum pernah coba. Dulu rekam jejak Maxtron kurang bagus. Belakangan ini tampaknya sudah membaik.

  3. Cross? Kalau ada pilihan lain, mending merek lain dulu deh, Pak. Rekam jejak Cross belakangan ini kurang bagus. Laris sih laris. Namun, kalau bicara kualitas, hmm….

  4. Yup, benar, Bos Rofas.

    Gerai khusus Venera tidak ada. Namun, ada berbagai toko yang seharusnya menjual ponsel itu kok.

    Karena sudah bosan, punya saya kemarin baru dilepas tuh. Telat… 🙂

  5. Sempat nengok ke Apollo ada Samsung w139
    Bentuknya juga sama candybar cukup enak digenggam Dan dikantongin
    Tapi jadi penasaran kenapa w139 dicoret om HSW?

  6. Saya sudah cari Venera Active 302 di Mall Mega Bekasi saya ubek-ubek seharian ga ada yg jual HP ini hiks..hiks..

    GSM CDMA adanya merk Maxtron, CSL Blueberry, Nexian ato Samsung

    Di Jakarta dimana om Herry saya bisa beli Venera Active 302?

  7. Pak Arif,

    Wah, kok bisa seperti itu ya, Pak. Distribusi Venera seharusnya cukup kuat karena ia termasuk dalam jaringan Erajaya/TAM.

    Kalau di Jakarta, silakan cari di Roxy atau Mal Ambassador.

  8. om Herry akhirnya saya dapet nih di ITC Cempaka Mas lantai 4, harga 360 rb krn saya minta include SDCard 2 GB, iya bener ternyata 1 distributor sama TAM

    so far mantap keren, bisa m banking

    cuma ada 1 masalah, saat di menu pemutar lagu lalu kita mau ambil file lagu kita di memory card tidak terbaca, jd putar lagu nya kita buka dr menu Pengaturan file, open file lalu pilih file musik yg hendak diputar

    gmn nih om Herry?

  9. Pak Arif,

    Sip deh kalau akhirnya berhasil mendapatkan Activ 302.

    Terkait musik, jurusnya begini, Pak?
    * Coba pura-pura mau memutar musik via pemutar lagu. Dibilang kosong kan?
    * Sekarang keluar dulu. Masuklah ke file manager. Arahkan ke kartu microSD. Cermati folder di sana. Seharusnya ada folder baru. Entah bernama Audio, My Music, atau sejenisnya.
    * Sudah ketemu? Pindahkan seluruh file lagu ke folder tersebut.
    * Jalankan lagi pemutar musik. Lakukan refresh. Seharusnya sekarang kumpulan lagu sudah muncul.

  10. mantap akhirnya bisa nih, td di file manager di SD Card nya name folder musik nya my music, lalu saya rename jadi audio, eh begitu kembali ke pemutar musik cari lagu sudah kebaca semua lagu nya

    matur nuwun om Herry

    saya ambil yg warna hitam, list chrom nya terkesan mewah tdk spt HP cina lainnya, saya bawa ke kantor temen-temen kantor pada antri mau beli katanya he he he

    tips dr saya utk save contact dr inbox sms, kalau langsung save number to contact ga bisa, jalan keluarnya dr inbox sms no tsb saya panggil, lalu kita ke menu panggil dari situ no yg kita panggil bisa di save ko contact he he he semoga berguna

  11. eh tapi ternyata ga bisa deh cara saya, di contact entah kenapa no tlp nya otomatis ketambahan prefix + +62******** dan ga bisa di edit

  12. Pak, untuk hp ini, sy coba setting auto on nya, kok terhenti pada menu konfirmasi pilihan sim card ya? apa memang gak bisa langsung on sendiri?

  13. Saya tak ingat waktu itu struktur menunya seperti apa. Intinya, misalnya Bapak mengatur auto on pada pukul 06.00. Maka, pada waktu yang ditentukan, ponsel akan aktif otomatis.

  14. Pak Herry kapasitas memory penyimpanan sms di HP ini brp ya?, inbox saya baru 76 sms tapi kok kedap kedip lambang message yah, jadi harus di hapus dulu beberapa sms baru kedap kedip nya hilang

  15. Pak Arif, terus terang saya tidak memperhatikan kapasitas penyimpanan SMS-nya. Kebiasaan saya pribadi, SMS tak pernah dibiarkan menumpuk. Baru 10-an pun sudah mulai saya hapus. 🙂

  16. Pak Herry, adakah handphone yang bisa muat 2 kartu RUIM CDMA, dan dua-dua nya ON? Sepertinya review yang ada selama ini hanya handphone dual atau triple GSM dan beberapa dual GSM-CDMA. Atau bisakah handphone dual GSM-CDMA tersebut diisi kartu RUIM semua? Kebetulan saya pakai tiga nomer CDMA dan ternyata cukup merepotkan jika sedang beraktifitas, belum lagi beberapa nomer GSM lainnya.

  17. Sampai saat ini belum ada ponsel dual on CDMA-CDMA, Pak Ilham.

    Yang ada ponsel dengan dua slot kartu RUIM, tetapi hanya bisa siaga salah satu.

    Ponsel dual on GSM-CDMA ada yang bisa diisi dengan kartu RUIM semua. Tetapi, aktifnya tetap harus bergantian. Pada suatu rentang waktu hanya satu nomor CDMA yang bisa siaga.

  18. Kalau ponsel triple on GSM-GSM-CDMA yang direkomen tetap HT G78/G76 ya pak?
    Yang saya cari spek minimal bisa mobile banking, bluetooth, GPRS/EDGE & CDMA2001X, Java Apps & kalau ada yg bisa threaded sms.
    Kalau triple on memang hanya format QWERTY ya pak Herry?

  19. Pak Ilham,

    HT Mobile G78 sudah lama diskontinyu. G76 juga telah diskontinyu, namun mungkin masih ada toko yang punya stok. Satu hal yang perlu dipahami sejak awal, HT Mobile berstatus mati suri. Pusat perbaikan resmi di luar Jakarta ditutup atau turun status jadi collecting point saja. Jadi, kalau ponsel bermasalah, mesti dikirim ke Jakarta.

    Alternatif GSM-GSM-CDMA yang menarik justru keluaran lama semua. Coba cari CSL Blueberry 8800 atau Vitell V810. Keduanya barang lama dan diskontinyu. Tetapi, sampai sekitar dua minggu lalu masih ada toko yang punya barang. Fitur 8800 tergolong paling komplet. Minusnya, keypad ponsel itu termasuk keras.

    Oh ya, seluruh tipe yang saya sebutkan, seingat saya, tak bisa thread SMS.

    Triple on GSM-GSM-CDMA sebenarnya juga ada yang candybar. Namun, yang bagus telah diskontinyu semua.

  20. ane lg nyari hp tri on gsm gsm cdma yg candybar nh pak
    yg uda java, batree tahan lama
    yg bagus ap ya
    makasihhh

  21. Pak Reza,

    Untuk sementara tak ada ponsel dengan kriteria seperti itu yang berani saya rekomendasikan.

  22. Triple on GSM-GSM-CDMA sebenarnya juga ada yang candybar. Namun, yang bagus telah diskontinyu semua.

    apa tuh pak ? x aj masih ad,,,,

  23. Pak Reza,

    Nggak ingat tipe lengkapnya, Pak. Itu barang tahun 2009 deh. Ada merek Taxco dll.

    Saat ini untuk candybar, mending ambil yang dua kartu deh. Kalau yang qwerty, masih ada yang tiga kartu lumayan bagus.

  24. sy udh py venera tsb,dan bru beli,.tapi pas putar video k0k gk bs di perlebar/full ,kecil bgt ukuranya,.sy udh tekan2 t0mb0l ( * ) dan lainya tp msh ttp kcil tmpilanya.
    M0h0n bntuanya?tq

  25. Pak Putra Sa,

    Maaf, saya tak ingat video yang diputar via Venera Aktiv 302 bisa ditampilkan full screen atau tidak. Kalau semua tombol (1-9, *, 0, dan #) sudah ditekan, tetapi nggak bisa, ya berarti kemungkinan besar memang tak bisa.

  26. Pak Putra Sa,

    Lho, kok murah banget bisa dapat harga Rp 220 ribu? Itu 100 persen baru?

    Harga ritel Venera Aktiv 302 baru dan bergaransi resmi seharusnya Rp 299 ribu. Toko-toko biasa membulatkannya menjadi Rp 300 ribu.

  27. om herry makasih infonya.
    klo hp dual cdma-gsm non qwerty yg ada fitur blacklist telpon + sms apa aja? klo venera ini bisa blacklist sms ga?

  28. bos untuk venera 302 untuk memutar lagu kok ndak bisa langsung nyala ya, mohon pencerahan ( muncul tf disamping sinyal indikator cdma)

  29. Pak Fatkhur,

    Ada beragam kemungkinan yang bisa menyebabkan hal itu. Yang paling sering terjadi, file musik masuk ke folder yang salah.

    Coba lakukan langkah berikut ini:
    1. Tancapkan kartu memori ke laptop/PC.
    2. Bukalah Windows Explorer. Pindahkan seluruh file musik ke folder My Music.
    3. Lepaskan kartu memori dari laptop/PC, kemudian pasangkan ke ponsel.
    4. Coba jalankan pemutar musik. Seharusnya sekarang sudah bisa.

  30. omm kenapa venera aktiv 302 saya untuk cdma tidak bisa sms dan panggilan ke no gsm oprator manapun.tpi klo sesama flexy bisa.panggilan dan smsnya…tanks sebelumnya..

  31. Pak Agenk,

    Masalah SMS seperti yang Bapak alami secara acak memang kadang terjadi pada ponsel dual on GSM-CDMA merek lokal. Solusinya, coba datang ke Plaza Telkom dan minta dilakukan penggantian kartu dengan nomor sama.

  32. Pak Agenk,

    Nyaris kelupaan. Satu lagi. Saat menelepon dan mengirimkan SMS, format nomor coba diganti dari +62…. menjadi 0… Misalnya, +62812345 diganti menjadi 0812345.

  33. om herry ,, saya mau beli venera aktiv 302 ini, dimana? sy sudah ke itc tp harganya 350rb, dimana yang 300rb.. trims 🙂

  34. Pak Rafa,

    Coba ke WTC, Pak. Saya tak tahu sekarang yang masih punya stok siapa. Dulu yang jual Rp 300 ribu, salah satunya, G-Shop. Lokasi tokonya di lantai dasar.

  35. pak herry sy udh beli 325rb n sy skrg juga mengalami masalah pemutar mp3.. d mmc sy ga ada folder mymusic,, n di pemutar musik ga ada refresh? dmn klo mau refresh?

  36. Pak Rafa, saya sudah tidak ingat struktur menu Venera Aktiv 302.

    Untuk pemutar musik, pastikan bahwa kumpulan lagu tersimpan di folder My Music. Biasanya pemutar musik di ponsel merek lokal buatan China merujuk ke folder itu. Kalau belum ada, buatlah folder tersebut.

    Alternatif lain, kalau file musik tersimpan di folder selain My Music, coba lakukan langkah berikut ini:
    1. Jalankan pemutar audio
    2. Pilih daftar
    3. Pengaturan
    4. Pilih list auto gen set list auto gen – off
    5. Kembali ke pemutar audio
    6. Pilih daftar
    7. Tambahkan
    8. Cari folder lagu yang akan di pilih (folder apa saja, asalkan bukan My Music) untuk ditambahkan ke daftar pemutar MP3.

  37. ajib pake sampe sekarang nih HP beneran keren nih om herry so far ga ada masalah yg berarti, daya tahan batere nya juga oke bisa 2 hari

    sekarang saya mau cari HP dual on Gsm-Gsm buat istri, kira2 om herry punya saran ga?

    thanks

  38. Pak Arif Rahman,

    Syukurlah kalau cocok.

    Untuk ponsel dual on GSM-GSM, anggarannya berapa, Pak? Fitur apa saja yang diperlukan?

  39. pak, mau tanya…sms yang masuk apa dibedakan berdasarkan kartunya atau campur jadi satu dalam inbox? pinginnya sih punya hp dual on gsm cdma yang smsnya tidak bercampur aduk di inboxnya…trims

  40. Om herry msh inget ga bat venera ini sama dengan bat nokia tipe apa? Spt nya bat venera saya dah mulai menurun daya simpan nya

  41. Pak Arif Rahman,

    Saya sudah semilupa. Kalau bukan BL-5C ya berarti BL-4C. Panjang dan lebar dua baterai itu sama. Yang membedakan ketebalannya. BL-5C lebih tebal.

  42. pak, mau tanya…kalau menampilkan nada dering pada hp venera aktif 517 gmana ya? saya amat heran kalau di tlp hnya getar aja sdh di setting nada dering 1 s.d. 8 tetap tidak ada nada deringnya (dan kartu memori sdh tidak dapat dibacanya lg) kira-kira bagaimana pak ya solusinya (kalau saja masih bisa diatasi) ?? trims

    1. Pak Ahmad Syahri,

      Maaf, saya tak tahu struktur menu Venera Aktiv 517 itu seperti apa. Saya kok curiga profile-nya tak sengaja berubah ke vibrate atau silent. Kalau ada waktu, silakan mampir ke toko tempat Anda membelinya atau ke pusat perbaikan resmi Venera. Minta tolong petugas di sana untuk mengatur nada dering.

  43. Selamat malam om Herry.
    Saya sedang mencari HP triple on GSM GSM CDMA..
    kalau bisa yang candy bar, tapi kalo QWERTY juga tidak mengapa. dan baterainya bisa menggunakan batere nokia.
    Kira-kira sekarang tersedia HP merk apa dan jenisnya apa ya Om Herry..???
    mohon pencerahannya terima kasih om ^_^

    1. Pak Nico Sutanto,

      Anggaran Anda maksimal berapa? Tolong sebutkan yang spesifik ya. Jangan, misalnya, Rp 1 jutaan. Sebab, Rp 1,1 juta dan Rp 1,999 juta kan sama-sama masih tergolong Rp 1 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *