Android HSDPA Cuma Sejuta

Hingga beberapa bulan silam, duet Korea Samsung Galaxy Mini dan LG Optimus Me masih tampil sebagai peranti Android bermerek global termurah yang mendukung layanan 3G. Saat itu keduanya dijual Rp 1,4 jutaan. Berikutnya, muncul Alcatel One Touch 906 yang dibanderol Rp 1,15 juta.

Kini harga terendah Android 3G bermerek global telah menembus Rp 1 juta. Tepatnya, Rp 999 ribu. Hal itu terjadi sejak Huawei Ideos X1 terdistribusi masal ke pasar.

Bukankah Huawei merek Tiongkok? Ya, cikal bakal Huawei memang dari Tiongkok. Namun, karena ia telah menjangkau pasar global dan memiliki kantor di sekitar 90 negara, Huawei pantas disebut sebagai merek global.

Ideos X1 hadir dengan layar sentuh kapasitif 2,8 inci yang sanggup menyajikan hingga 262 ribu warna. Layar beresolusi 320 x 240 piksel tersebut cukup responsif dan mendukung multitouch. Di bagian belakang ponsel terdapat sebuah kamera beresolusi 3,2 megapiksel. Kamera tanpa autofocus maupun lampu kilat itu juga bisa difungsikan sebagai perekam video.

Konektivitas peranti berdimensi fisik 104 x 56 x 13 mm dan berat 100 gram itu terdiri atas kabel data via konektor micro USB, bluetooth, dan Wi-Fi. Asalkan didukung oleh layanan operator GSM, pengguna dapat menikmati layanan 3G, bahkan HSDPA alias 3,5G, dengan kecepatan unduh hingga 7,2 Mbps.

Kalau mau, pengguna bisa memakai Ideos X1 sebagai modem USB eksternal maupun portable hotspot. Cara mengaktifkan portable hotspot tergolong mudah. Pengguna cukup masuk ke settings, wireless & networks, lalu tethering & portable hotspot. Selanjutnya, centang kotak kosong di samping tulisan portable wi-fi hotspot. Beberapa detik kemudian, akses internet di ponsel itu siap dinikmati peranti lain lewat Wi-Fi.

Spesifikasi lain Ideos X1, antara lain, radio FM, GPS, prosesor Qualcomm MSM 7225-1 528 MHz, slot microSD, RAM 256 MB, dan ROM 256 MB. Ketika ponsel usai diformat, kapasitas memori yang bisa dioptimalkan pengguna mencapai 157 MB.

Selama menguji pakai peranti bersistem operasi Android 2.2 alias Froyo itu, penulis tidak menjumpai kelemahan fatal. Layar yang relatif mungil sesekali memang menyulitkan penulis yang berjari tangan besar. Solusinya, ketika ponsel dalam posisi tegak, penulis mengubah mode keypad menjadi 12-key phone pad ala ponsel candybar. Full qwerty keypad hanya penulis gunakan saat mengoperasikan ponsel dalam posisi mendatar alias horizontal.

Sisi minus lain Ideos X1, performa kameranya kurang prima. Ponsel itu juga tidak dapat diatur agar selalu berada di jaringan 3G. Padahal, kemampuan “memaksa” ponsel tetap berada di jaringan 3G sesekali dibutuhkan kala pengguna ingin menikmati layanan akses data yang lebih cepat.

Dengan memperhatikan kesepadanan antara harga jual, spesifikasi, dan kinerjanya, Ideos X1 pantas dilirik oleh pemburu Android 3G murah meriah. Ia sangat potensial menghadang laju penjualan Alcatel One Touch 906 dan LG Optimus Me.

Tetapi, Ideos X1 mungkin kesulitan mengusik penjualan Samsung Galaxy Mini. Bukan karena kalah prima, melainkan lantaran promosi Galaxy Mini jauh lebih gencar daripada Ideos X1. Distribusi ponsel Android terlaris di Indonesia itu juga lebih merata.

23 thoughts to “Android HSDPA Cuma Sejuta”

  1. Pak Liat2aja, terima kasih atas informasinya. Barusan saya coba. Munculnya “Connection problem or Invalid MMI code”.

  2. Pak Rahmad,

    Saya belum pernah mencoba Freddo. Tiga ponsel yang lain pernah saya coba. Kalau nggak perlu dual on, ambil Ideos X1 saja. Kalau perlu dual on, silakan melirik Alcatel one touch 890D.

  3. jika cara *#2263# gagal mungkin bisa dial *#*#4636#*#*, pilih Phone Information scroll ke bawah Set preferred network type nya bisa tidak di set WCDMA only? Mungkin bung HSW lebih tau. Saya terus terang juga bingung gimana caranya set 3G Only di Galaxy Ace saya, cara yg kedua tidak berhasil, jadi yg *#2263# saja yg bisa.

  4. di TokoPDA.com Ideos X1 harganya 1.099 jt kalo ga salah. Kalau Freddo setau saya memang 999 rb, cuma layarnya resistive jadi mungkin bukan pilihan yg bagus

  5. Pak Liat2aja, terima kasih atas informasinya. Jurus yang *#*#4636#*#* berhasil memunculkan pilihan WCDMA only.

    Pak Rahmad, cari di Android Market saja. Tinggal diunduh, lalu diinstalasikan.

  6. Pak Hery, saya kemarin ke WTC mau beli ideos x1 kok susah nyarinya ? toko mana yg jual ? dan servis centernya dimana ya ?

  7. Saya baru balik dari luar kota sehingga tak tahu kondisi terkini. Sampai Selasa lalu, yang pasti punya stok adalah gerai yang berada tepat di depan Flexi Cafe, WTC Galeria lantai dasar.

    Di gerai itu, yang banyak dipajang adalah BlackBerry. Namun, mereka punya Ideos X1 kok. Harga Rp 999 ribu.

  8. Eh… kelupaan. Saya tak ingat service center-nya di mana. Karena distribusi kini ditangani TAM, kemungkinan ikut service center-nya TAM.

  9. Saking penasarannya, barusan saya ke WTC. Yup, nama gerainya Tristar. Benar juga, ternyata kini harganya naik jadi Rp 1,1 juta.

    Namun, rupanya ada perbedaan paket penjualan, Pak. Sekarang pembeli dapat layanan internet unlimited XL selama tiga bulan. Dulu nggak ada bonus tersebut.

  10. Pak HSW, ada pernyataan dari beberapa penjual/petugas gerai : android lokal/cina katanya android-adroid-an. sementara sekarang sdh banyak merek lokal yg mengeluarkan androidnya. menurut pak HSW apa benar pendapat mereka ? saya terpengaruh juga maunya beli ideos X1, sementara saya tunda dulu.

    Ideos X1 di tristar dengan bonus internet unlimited XL, apakah di lock dngan kartu XL ?

  11. Pak Rahmad,

    Yang dimaksud dengan Android-Android-an pada peranti Android merek lokal atau China itu gimana ya? Setahu saya, kalau vendor mengklaim Android, ya beneran pakai sistem operasi Android kok.

    Namun, tingkat kenyamanannya, terutama untuk merek lokal yang dijual murah meriah, mungkin kurang prima. Misalnya, layar kurang peka dan kinerja umum kurang responsif.

    Saya sudah mencoba Ideos X1. Dengan harga segitu (dulu Rp 999 ribu tanpa bonus internet dan kini Rp 1,099 juta dapat internet tiga bulan), X1 pantas dilirik. Harga, spesifikasi, dan kinerjanya sepadan.

    Ideos X1 tersebut unlocked.

  12. Pak Herry, review anda selalu saya jadikan referensi sebelum membeli ponsel. Mohon saran, dg budget 1 juta-an apakah Ideos X1 ini lebih layak beli drpd Samsung Galaxy Y? Trims

  13. Saya pertimbangkan stlh S5360 ini di-launching di 6 kota termasuk Sby (tgl 22 Okt) & dijual Rp 999 ribu. Dengan harga yg selisih dikit dg Ideos X1 & OS-nya sama, mgk 2 ponsel ini bisa dibandingkan. OK Pak Herry jika ada rencana me-review, saya tunggu hasilnya. Trims

  14. Rp 999 ribu itu harga khusus lho. Aslinya Rp 1,2 juta, Pak. Ya, saya berencana me-review-nya. Ntar setiba di Indonesia saya coba cari bekasnya dulu.

  15. oh ternyata blog cak herry ini yg saya jadikan patokan untuk beli coba2 ideos x1. di jakarta sendiri tidak semua gerai ponsel punya stok.

    akhirnya saya nekat ke gerai ponsel yg juga punya toko online, tokopda.com di mal ambassador jakarta karena saya yakin dia punya stok banyak. ternyata stoknya tidak terlalu banyak dan masih bundel sama perdana xl unlimited yg sudah expired (promo sejak pertengahan 2011, saya beli di desember 2011). harga masih ‘promo’ di 999.000.

    memasuki taun 2012, harganya lebih promo lagi 899.000 masih juga dari tokopda.com. tentunya selisih 100rb tidak terlalu terasa, ketimbang menimang android perdana sebulan lebih awal.

    buat paket lowend, ideos X1 sangat ideal. prosesor yg berjalan lebih rendah dibanding kebanyakan, support hsdpa, dan kapasitas batere standar ternyata lebih dari cukup untuk menikmati smartphone.
    apalagi android 2.2 froyo bawaan juga sudah support wifi tethering (hotspot). alhasil seperti bonus modem hsdpa yang multifungsi.

    kombinasi prosesor yg rendah, hsdpa dan batere standar ini membuat ideos X1 nyaman digenggam (bodi tidak terlalu panas) meskipun dia juga sedang berfungsi sebagai wifi hotspot.

    touchnya juga nyaman untuk dipake dan tidak menyulitkan pengguna pemula.

    saking semangatnya, sampe rela membelikan bapak ideos x5 agar bisa memuaskan kebutuhan smartphonenya (selama ini pake htc windows mobile berstylus). karena ideos memang stoknya agak langka (dari huawei device indonesia mengarahkan ke toko online blibli.com yg selalu ready stock dan siap diorder kapan saja, cuman barangnya memang sampai agak lama). padahal distributornya erafone punya outlet di mana2. sekarang erafone.com juga siap menerima order online.

    akhirnya karena stok kosong, rela beli ideos x3 dulu sementara menunggu pesanan online ideos x5 diterima. dan ternyata hebatnya, ideos x1 lebih memuaskan ketimbang ideos x3 yang speknya lebih tinggi dan prosesornya lebih kencang. ada beberapa penyebab: touch x3 kurang sensitif sehingga terasa kurang responsif ketimbang x1. yang kedua adalah prosesor lebih kencang berarti lebih panas. ideos x3 tidak nyaman digenggam lebih dari setengah jam untuk koneksi hsdpa. yg ketiga: ukuran layar yg lebih besar 3.2″ untuk ideos x3 ternyata tidak berpengaruh signifikan pada kenyamanan aplikasi dibanding layar lebih kecil ideos x1, yang cuma 2.8″.

    misalnya saat memakai aplikasi Quran Android, yg memiliki kontrol untuk audio playback mengandalkan tengah2 layar. baik ideos x3 dan x1 agak sulit untuk mengeluarkan kontrol ini. tapi tidak sulit ketika dibuka pada layar 3.8″ ideos x5. nampaknya layar 3.5″ menjadi standar kenyamanan untuk display android.

    mau sampe kiamat pake froyo, ideos x1 tetap sangat memuaskan. apalagi sekarang di tokopda.com, ideos x1 bisa didapat dengan harga 799.000, bersaing dengan ivio de38 dengan layar lebih besar pada outlet axis.

  16. Pak Jim,

    Ternyata sebelumnya sudah mengenal blog saya ini tho. Dibandingkan aneka blog lain, update di blog ini tidak terlalu sering. Sebab, yang diunggah ke sini harus benar-benar sudah saya coba atau alami sendiri. Saya nggak mau sekadar copy paste atau menerjemahkan.

    Terima kasih atas sharing-nya seputar Huawei Ideos. Saya kebetulan baru mencoba X1. Dua yang lain, X3 dan X5, belum pernah coba. Terkejut juga saat saya mengetahui dari Bapak kalau X3 ternyata tak semenarik X1. Padahal, harga X3 lebih mahal.

  17. pak boleh ikutannanya gak”” kalo meek nekkom tu gmana.. so kalo buaat intenetan slalu putus2 terus. terkadang buat lihat isi pulsa aja gak bisa slalu adatulisanya kode MMI failid.kalo boleh tau kode MMI android padamereknexcom itu brapa dan masukinya bagai mana..maaf ya pak soal nya aku bru prtama pake androin.. bisa d katakan masih tahap belajar

    1. Pak Yudi,

      Merek Nekkom? Mungkin maksudnya Nexcom ya. Tipe apa nih? MMI failed itu kadang karena operator agak mabuk. Semacam tidak merespons permintaan ponsel. Silakan coba lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *