Aplikasi Stupidness Test dan Klompencapir: Menguji Tingkat “Kebodohan”

Aplikasi tambahan di ponsel memiliki beragam manfaat. Salah satunya, menantang dan menghibur penggunanya. Bila Anda sehari-hari memakai ponsel Android, tak ada salahnya iseng menguji tingkat “kebodohan” sekaligus mengukur kemampuan berpikir out of the box.

Caranya, masuklah ke Play Store, kemudian cari aplikasi berjudul Stupidness Test. Unduh, jalankan, dan bersiaplah senewen atau tertawa. Pemain diberi kesempatan melakukan kesalahan sebanyak lima kali.

Stupidness-1

Stupidness-2

Selama bermain, waspadai perubahan tampilan layar. Ketika diminta menekan tombol hijau sepuluh kali, contohnya, pemain dengan penuh semangat mungkin bakal langsung memencet tombol itu sepuluh kali. Padahal, setelah ditekan beberapa kali, tombol hijau berganti posisi dengan tombol merah.

Stupidness-3

Pemain kadang juga harus menggerakkan ponsel untuk menjawab pertanyaan. Misalnya, suatu saat pengguna disuruh menyentuh tanda panah ke kanan. Di layar ponsel hanya tersaji tanda panah ke kiri, atas, dan bawah. Solusinya, putarlah ponsel 180 derajat sehingga tanda panah ke kiri menjadi ke kanan. Baru deh tanda panah itu ditekan.

Klompencapir-1

Mau yang buatan lokal? Carilah aplikasi berjudul Klompencapir. Aplikasi itu sama sekali tak berhubungan dengan kelompencapir (kelompok pendengar, pembaca, dan pemirsa) yang rutin ditayangkan TVRI di zaman Pak Harto. Klompencapir di sini merupakan singkatan dari “klompok penderita cacat pikiran”.

Klompencapir-2

Pertanyaan di Klompencapir menggunakan bahasa Indonesia ala anak gaul dan alay. Jawaban yang benar seringkali di luar dugaan. Contohnya, pemain ditanya makna “Don’t rich people difficult.” Tak usah berpikir terlalu jauh, apalagi sampai mencari daftar peribahasa bahasa Inggris. Artikan saja sebagai “jangan kayak orang susah.” Konyol!

Klompencapir-3

Pemain yang lahir pada tahun 80-an akan memperoleh bonus nostalgia masa kecil. Apakah itu? Di antaranya berhubungan dengan “kamen rider” dan “buku bahasa Indonesia”. Supaya tidak semakin penasaran, silakan segera meluncur ke Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *