Aurora Meluncur, Jadi BlackBerry Android Dual SIM Pertama

BlackBerry Aurora, ponsel pintar BlackBerry Android dual SIM pertama di dunia, kemarin (9/3) resmi diluncurkan di Jakarta. Ia sekaligus menjadi ponsel BlackBerry bersistem operasi Android pertama yang beredar resmi. Aurora juga menyandang predikat sebagai produk perdana PT BB Merah Putih. Perusahaan itu merupakan pemegang lisensi BlackBerry untuk perangkat ponsel pintar di Indonesia.

Aurora hadir dengan layar sentuh 5,5 inci, RAM 4 GB, ROM 32 GB, dan kompatibel dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia. Ponsel bersistem operasi Android 7.0 Nougat itu dibanderol Rp 3,499 juta. Penjualan dengan sistem pre-order berlangsung hingga 12 Maret 2017 di berbagai toko online terkemuka.

Adakah program tukar tambah ponsel lama dengan Aurora? Jawabannya, ada. Catat waktu dan lokasinya: 16-19 Maret 2017 di Central Park Mall, Jakarta. Program itu berlaku untuk ponsel pintar alias smartphone merek Acer, Apple, Asus, BlackBerry, HTC, Huawei, Lenovo, dan LG.

Penawaran serupa juga dapat dinikmati pemilik ponsel pintar LG, Microsoft, Motorola (kini Moto), Oppo, Samsung, Sony, Vivo, dan Xiaomi. Ponsel lama milik calon pembeli minimal akan dihargai Rp 500 ribu.

Gawai BlackBerry dengan layar beresolusi HD 1.280 x 720 piksel itu tersedia dalam tiga varian warna: hitam, emas, dan perak. Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan baterai tanam 3.000 mAh merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel tersebut. Kali pertama diaktifkan, memori internal Aurora menyisakan ruang kosong 22,51 GB.

Berbeda dengan kebanyakan ponsel keluaran terkini, Aurora tidak menganut selot kartu hybrid. Dua kartu micro SIM dan satu keping kartu microSD berkapasitas hingga 2 TB dapat diselipkan bersamaan ke ponsel itu. Satu di antara dua nomor yang siaga leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lain, tak peduli berada di selot SIM1 atau SIM2, akan terkunci di jaringan 2G.

Kompatibilitas 4G LTE Aurora terbilang komplet. Ia siap dipadukan dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia. Ketika kartu 4G Smartfren dimasukkan ke dalamnya, nomor Smartfren itu langsung dapat dipakai bertelepon. Pengguna tak perlu menginstalasikan aplikasi tambahan terlebih dahulu. Sebab, Aurora mempunyai kemampuan native VoLTE.

Sepasang kamera ditanamkan ke Aurora. Kamera utama yang beresolusi 13 megapiksel dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Sedangkan kamera depannya beresolusi delapan megapiksel. Kamera itu tanpa fokus otomatis, tetapi dibekali lampu kilat.

Clone merupakan fitur paling menarik dari menu kamera bawaan Aurora. Dengan memanfaatkan fitur itu, pengguna dapat menduplikasi sebuah objek dalam sebuah foto. Misalnya, ada empat orang yang sama dengan berbagai pose di satu foto.

Aurora bergaransi resmi selama setahun. Saat ini jaringan layanan servis Aurora tersebar di 15 lokasi di 13 kota. Yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Batam. Ada pula di Medan, Pontianak, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

Selain garansi resmi, Aurora diasuransikan selama enam bulan. Asuransi itu memproteksi Aurora terhadap kerusakan yang tidak termasuk dalam klausul garansi. Misalnya, ponsel rusak karena terkena air dan layar pecah karena ponsel terjatuh/terlindas.

***

Aurora memanfaatkan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Daftar aplikasi bawaan.

Kondisi awal memori internal.

Saat baru diaktifkan, sisa RAM Aurora mencapai 2,1 GB.

Hasil pengukuran Antutu Benchmark.

Sensor yang tersedia di Aurora.

156 thoughts to “Aurora Meluncur, Jadi BlackBerry Android Dual SIM Pertama”

  1. Siang om
    kalo d bandingkan sm zenfone 3 5,2 lebih mnarik mana ?
    maaf oot, kalo zenfone 3 max 5,2 vs redmi 3s vs moto e3 power kalo d ranking mnurut om gmn urutannya dr yg paling menarik?
    suwun om

    1. Pak/Bu Aulia,

      Tak tahu. Kan Aurora belum saya uji pakai.

      Saya belum pernah coba Redmi 3s. Kalau Zenfone 3 Max ZC520TL versus Moto E3 Power, secara keseluruhan lebih asyik ZC520TL.

  2. untuk chipset semacam itu harga 3.499jt sepertinya kemahalan ya pak, yg lain banyak yg sudah octacore. mungkin RAM gede nya yg bikin mahal hehe.

  3. Sepertinya berat ya dengan harga dan spek segitu, tanpa sensor sidik jari juga, untuk dapat bersaing disini. Sepertinya hanya mengandalkan merk blackberry aja. Murni opini saya sih pak.

  4. Build quality nya terlihat Juara ya
    Walau belum memegang sepertinya mantap di genggaman

    Sayang, belum fingerprint dan masih HD layarnya.
    Kisaran harga segini musuhnya banyak , hehehe

    coba di kisaran 2.499jt, mungkin akan lebih menarik 😀

    Note: Koh HSW foto pakai gawai apa itu ?

    1. Pak Revaldo,

      Built quality-nya kayak BlackBerry Z10 keluaran beberapa tahun lalu.

      Campur. Pakai P9, Redmi 4A, dan Aurora (yang foto kloning).

  5. Bagaimana performance bb hub di aurora pak HSW ?
    perasaan saya lebih mulus di redmi3 pro saya daripada mi4c (ram 2gb), trus layarnya ips apa amoled pak? tks

  6. Pagi Om Herry

    Saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Apakah BB aurora akan direview?
    2. Sekilas pemakaian apakah bagus?
    3. HP budget maksimal 5jt apa yg jadi rekomendasi?
    Terima kasih

    1. Pak Nicho,

      1. Ya.

      2. Belum bisa komentar lebih jauh. Lha baru sebatas towel-towel.

      3. LG G4. Di bawahnya ada Asus Zenfone 3.

  7. Saya kok penasaran, apa kelebihan hp BB Android ini dibanding dengan dengan hp Android biasa? Terima kasih

  8. masih mendambakan gadget dengan keypad fisik
    syukur2 yg alfanumerik
    mengingat usia semakin tua
    sering salah ketik pada keypad touchscreen

    sayang sekali BB belum mengakomodir
    sementara nokia 3310 reborn belum 4G

    harapan saya ini terlalu utopia ya pak Hery ? hehehee

    1. Pak Waluyo Joko,

      Jadi, ini ceritanya Bapak ingin ponsel yang tampilan fisiknya kayak feature phone zaman dulu, tetapi sudah mendukung 4G LTE ya. Tahun ini impian itu seharusnya terwujud. Namun, bukan bermerek Nokia.

      1. Wah menarik juga nih kalau ada vendor yang berani merilis HP berwujud feature phone dengan 4G LTE di Indonesia, saya pasti antri buat beli. Saat ini saya pakai Sharp Aquos K SHF32 dari Jepang, bentuknya flip tanpa layar sentuh tetapi OS-nya Android sehingga bisa menggunakan Line dan aplikasi Android lain. Kalau boleh tahu, merk dan tipe si “feature phone” ini apa ya, dan kira-kira rilisnya kapan?

    1. Pak Zaki,

      He… he… jangan berharap banyak dengan ponsel Samsung seri J deh. Lha seri A yang lebih mahal saja cuma begitu-begitu. Apalagi, seri J yang lebih murah.

      Kinerja Aurora baru diketahui kalau saya sudah tuntas melakukan uji pakai.

      1. koh, saya bulan lalu akhirnya gak jadi ambil redmi 3s tapi ambil samsung j5 2016. sejauh ini udh cukup memuaskan dari segi performa karena sehari-2 cuma buat browsing sama sosmed, kalo game cuma main game PS1 via emulator. kalo kamera ya standar Samsung kelas menengah, tapi kalo urusan selfie masih juara Samsung walau kamera depan cuma lima megapiksel. semua menurut pengalaman pemakaian pribadi.

        Btw, koh herry tahu HP outdoor murah meriah merk brandcode? itu hp mulai booming walau setelah pinjem punya bapak ternyata sama aja kaya HP lokal kebanyakan.. minat review gak koh?

        opo (bukan nama sebenarnya) akhirnya “ngamuk” juga di motogp setelah tahun lalu “ngamuk” di F1.. (klo koh herry mudheng pasti tau maksudnya apa) hihihi

        1. Pak You,

          Tahu. Sudah lama kok Brandcode beredar di pasar. Belum berminat review.

          Oh, sekarang pasang iklan di balap Moto GP?

      2. Iya sih Samsung Galaxy J5 *2016* kinerja nya setengah cuma menang di brand saja…
        Nggak ada setengah tahun udah saya kasih ke Keluarga saya yang lain ha..ha..ha alias saya pecat wkwk

        Saya lebih mutusin buat kembali Flashback dengan BlackBerry Z10 lama saya.

        Btw thanks ya pak Herry saranya

  9. Sory pak Harry
    Saya bertanya di luar topik
    Saya mau tanyakan
    Apakah Samsung note 3 Neo green bisa diupgrade ke 4G pak?

  10. Program dtek blackberry jangan lupa direview juga Pak. Pengen tau apa BB masih aman kayak dulu.
    Apa mail clientnya masih bagus kayak duly ya?

  11. Sayangmya OSnya bukan blackberry OS..
    dan dengan mahar yg ditawarkan, Android OS smartphone dari pabrikan lain justru lebih menggoda.
    Saya bertanya2 apa mungkin PT. BB Merah Putih melansir pelanjut BlackBerry Bold 9900 sembari tetap mempertahankan BlackBerry OS, dengan mahar wajar dengan tambahan fitur dual sim, fingerprint sensor, metal body, agar tidak perlu bersaing dengan Q20 ataupun passport.

  12. Wah kalau soal keamanan, cuma strategi marketing aja tuh.. Ponsel merk BlackBerry pakai OS android keamanannya kurang, apalagi tersambung ke akun google..

    Btw, harga segitu belum pakai konsep unibody, kesannya overpriced 🙁

  13. Kelihatannya UI belum banyak dikostumisasi ya,om.harapannya sih Blackberry punya UI sendiri.macam MIUI itu.

  14. Mau tny koh herry… sy berencana beli hp tp budget sy sekitar 2,5jt-3jt tp sy bth RAM dan memory internal kapasitas besar, kamera kualitas bagus, Batere awet, Hp gak suka eror. Kira2 merk apa ya sy sih suka sm samsung tp bingung tipe apa jg cm mgkn ada referensi merk hp lainnya beserta tipenya. Terima Kasih

    Ursulla

    1. Bu Ursulla,

      Dengan kriteria seperti itu, jawabannya belum ada ponsel yang sanggup memenuhi semua persyaratan. Apalagi, kalau Anda ingin ponsel merek Samsung. Mustahil dapat deh.

      Dengan kriteria seperti itu, bila ingin ponsel Samsung, Anda perlu menyiapkan dana minimal Rp 10 jutaan. Kalau mau merek lain, bisa didapatkan dengan anggaran sekitar Rp 4,7 juta. Ponsel apa? Asus Zenfone 3 ZE552KL.

    2. Mbak, saya coba bantu jawab ya.
      Kriteria batre awet, kamera bagus, ram n memory internal besar itu berbeda2 tiap orang.
      Tapi secara umum kalau budget mencukupi dan ingin merk Samsung, bisa pilih S7 flat n Note 5 seharga 8jtan sampai 8.5jtan, or S7 Edge 9.5jtan sampai 10jt, harga bervariasi tergantung promo cashback kartu kredit bank tertentu, promo bonus jg berubah2.
      Or dibawahnya bisa juga seri A5 2017 seharga kurang 5jt dan A7 2017 seharga kurang dr 6jt.
      Promo Cashback n bonus berubah2.
      Itu harga di erafone, mbak. Di toko biasa mungkin lebih murah, tp tanpa bonus or cashback.

  15. Selamat siang Pak Herry,

    Saya belum ada pertanyaan, baru mengikuti tulisan bapak lewat twitter dan ponselmu.com sebulan ini. Saya sangat mengapresiasi tulisan bapak, terlebih mau menjawab satu per satu pertanyaan dari teman – teman yang lain. Semoga sehat selalu dan tetap semangat berkarya pak.

    Salam

  16. Om HSW, pernah me-review NOKIA N95 g?
    Kalau pernah boleh donk di munculkan lagi review nya seperti review iPhone kemarin.

    Trims om..

  17. “” Satu di antara dua nomor yang siaga leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lain, tak peduli berada di selot SIM1 atau SIM2, akan terkunci di jaringan 2G”” saya mengutip dari tulisan ko hery, caranya gimana ko kita mengetahui klo hp kita jika salah satu sim terhubung ke internet maka sim yang satunya akan terkunci ke jaringan 2G,saya mencari hp yang kayak zenfone 3 yang yang pernah ko hery review, klo salah satu sim yang tidak terhubung ke internet bisa dikunci ke 3G,karena memang benar sekarang jaringan 2G sudah mulai ditinggakan operator, sering hp saya tidak aktif kata orang yang mau hubungi ke no hp saya

    1. Pak Hends,

      Saat dua nomor sedang siaga di ponsel, silakan masuk ke settings, about phone, lalu pilih status. Struktur menu setiap ponsel belum tentu sama. Namun, secara umum mirip seperti tersebut.

  18. Maaf oot Pak Herry
    Saya rencana mau beli Lenovo Phabplus harga 1.850.000 , apakah msh worthed ?
    Soalnya masih pakai Android Lollipop ,..
    Pengennya udah marshmallow stay nougat 🙂

  19. Pak Herry,

    Maaf OOT.
    Saya ada pegang Flash Plus 2, dipasangkan dengan Telkomsel. Waktu saya lakukan voice call ke sesama Telkomsel, kok di layar terkadang muncul tulisan HD ya? Memang, sewaktu muncul HD itu suara lawan terdengar sangat bersih dan jernih. Tapi terkadang tidak ada tulisan HD, dan suara lawan terdengar biasa saja. Kok bisa ya? Kira-kira pak herry tahu gak ya?
    Thanks.

    1. Pak Erik,

      HD berarti layanan voice call HD yang lebih jernih. Namun, saya malahan baru tahu kalau layanan itu telah aktif di Telkomsel. Kalau di Smartfren memang iya.

      1. Pak Herry,

        Iya pak. Kira-kira 7 dari 10 panggilan sesama Telkomsel (saya pakai KartuHalo) selalu muncul tulisan HD. Dan memang suaranya bersih dan jernih sekali. Apakah ini semacam VoLTE? karena setahu saya Flash Plus 2 belum native VoLTE kan? harus install aplikasi dulu.
        Maaf ya pak Herry kalo OOT.
        Tapi terima kasih sudah bersedia menjawab.

  20. Halo, Pak Herry
    Jadi begini, saya butuh smartphone selain merk Samsung. Ya kalo bisa sih, Spesifikasi lebih condong ke RAM, internal, dan camera high end pokonya itu cukup. Mohon referensinya pak.

    1. Pak Tri Priyatno,

      Anggaran maksimal berapa dulu nih? Kalau tanpa batas, ya silakan beli Samsung S7 Edge yang 128 GB.

      1. Maaf pak heri, sepertinya pak tri priyatno bertanya “selain merk samsung” hehe. Sekadar mengkoreksi pak 😀

  21. Selamat sore Pak Herry

    Maaf kalau OOT minta saran pak
    Saya lagi mencari hp dengan anggaran dibawah 1 juta, kriteria ram min 1giga kebutuhan wa bbm saja, menurut bapak hp apa?

    1. Pak Ridwan Priyanto,

      Dengan kriteria seperti itu, saya tak berani memberikan rekomendasi.

      Seandainya tetap dipaksa menjawab, silakan melirik Smartfren Andromax E2+.

  22. Pak hsw

    Ingin berbagi cerita

    Teman saya sudah saya sarankan beli ze520kl tapi orang tuanya sudah membelikan f1s yang baru dgn harga 3,5juta, saya merasa sedih tapi apa daya. #boikotOppo

    Saya penasaran kira-kira untung oppo per unit dari jualan f1s, berapa?

    1. Pak Seto,

      Keuntungan pemilik toko ratusan ribu rupiah per unit. Keuntungan Oppo silakan ditebak sendiri.

  23. Pak HSW.

    Wah rajin nge-ripiuw lagi skrg yah pak, kemaren2 pas ad kendala “laptop rusak” jdi agak sepi tulisan blog bpk, jdnya cuman mampir doank klo blm ad new post, wloupun gk tentu lgsg Gass… beli gawai yg di review sih :3

    Maap yah pak bukan niat koreksi, cuma saya perhatikan kok anda kalau “test drive” gawai di pasar, trus ditanyain pembaca ttg peformanya, bpk hny blg “blm saya uji coba, hny sebatas towel2 koq”, koq kata “towel2” ini slalu menyertai post test drive yah? Apkh tdk ad inisiatif utk menggantinya pak? Apa tdk smpai terpikirkan ke situ :v Hahaha… Kalau di Basa Jawa sih kata itu diucapkan dgn ulik2 atau ukrek2 Pfffttt…
    Tapi terserah koh Herry sj sih, drpd pusing memikirkanya pertahankanlah “towel-towel” anda Hahaha…
    Kalau merasa tdk enak abaikan sj komentar tak penting ini, nice post koh

    TERIMAKASIH

    1. Pak Dhimas,

      Terima kasih atas masukannya. “Towel-towel” itu istilah yang rutin saya gunakan untuk menunjukkan kalau suatu ponsel baru saya coba sepintas banget. Entah di pameran atau toko ponsel. Buat saya, tingkat kedalaman “towel-towel” lebih rendah daripada “ulik-ulik”.

      Apakah Anda punya usulan istilah lain?

  24. pak Herry, apakah pak Herry akan mereview meizu m5 ? smartphone itu sudah beredar resmi dan dirakit di indonesia, beberapa hari yang lalu saya melihat video unboxing nya di Youtube.

  25. maaf oot sedikit

    kalau huawei bagaimana positioning typenya, kalau seri P kan versi flagshipnya (maaf kalau salah)

    lagi melirik huawei y6 ii, menurut pendapat anda bagaimana? meski belum anda review
    saya ada anggaran 2 juta untuk keperluan kamera, musik, aplikasi banyak socmed

    oot lagi
    sony sepertinya ogah ogahan jualan, sekarang toko resmi di surabaya malah jualah merk lain juga

    maaf, mau kasih saran, kalau bisa handphone dengan harga terjangkau juga di review. meski ga full review tidak apa apa, seperti short review, yang kalau ada waktu bisa full review
    sama kalau bisa review fitur music player saat memainkan music, meski review sebentar tapi cukup membantu, karena pasti banyak yang memakai hp sebagai sarana hiburan memainkan musik
    karena saya pengalaman punya tablet asus yang saya pakai bukan sebagai hp itama, waktu saya pakai music playernya, jelek banget suaranya, seperti treble saja, meski sudah gantu berbagai earphone dan mengubag setting equalizer, tapi music player bawannya jauh dari bagus

    sekian, makasih

    1. Pak Mas Joko,

      Biasanya seri Y yang terbawah. Di atasnya ada GR, lalu di atasnya lagi seri P. Seri P tidak selalu flagship.

      Benar, saya belum pernah mencoba Y6 II. Menurut saya sih kurang menarik. Mending dibelikan ponsel merek lain. Hmmm.. kalau banyak medsos, Anda harus mencari ponsel berharga jual lebih dari Rp 2 juta deh.

      Sony Mobile di Indonesia dalam kondisi mati suri. Mereka tidak bisa memenuhi aturan TKDN sehingga tak ada ponsel tipe baru yang diedarkan ke sini. Gerai yang dulu digunakan oleh Sony Mobile, oleh pemilik tempatnya kini dialihkan untuk aktivitas lain. Di Surabaya, misalnya, ada satu eks-pusat perbaikan resmi Sony yang sekarang berubah fungsi menjadi toko ponsel aneka merek.

      Terima kasih atas berbagai masukannya.

      1. Pak Herry

        terima kasih atas balasannya

        teus terang saya merupakan fans sony, tapi melihat perilaku sony belakangan ini, malah kok seperti kurang menghargai para fans yang cinta mati
        sempat terbersit keinginan untuk membeli hp sony tahun ini, tapi saya juga memikirkan tentang spare part (yang kemungkinan besarnya pasti dikirim ke jakarta dalam jangka waktu yg lama)

        maka saya survey merk lain, yah kalo bicara anggaran memang tidak bisa pas 2 juta, katakanlah kurang lebih 2 juta
        yg sering saya pakai atau butuhkan, kamera (yg pasti harus bagus), music player (bukan speaker, tapi hampir pasti menggunaka ear/head phone)
        applikasi yg sering di pakai bbm, line fb, fb messenger, instagram, opera mini, youtube, tapi ga mesti di pakai bersamaan, kadang2 aja dipakai 2 atau 3 aplikasi bersamaan
        juga aplikasi gojek, grab, blue bird (yg membutuhkan keakuratan gps)

        untuk sementara saya menghindari samsung, oppo, coolpad, vivo, dan merk2 lain yg mungkin meragukan
        karena saya berencana memakai dalam jangka panjang, selama mungkin bisa dipakai (mungkin os terbaru, tapi kalau bisa dengan user interface yg tidak membosankan atau plain stock)
        dan service center yg bisa diandalkan (karena dulu saya pernah ingat jaman ht mobile yg booming ternyata tidak berbekas)
        saya terbuka dengan merk2 baru, tapi mungkin lebih memilih yg mempunyai service center yg banyak dan tersebar di beberapa kota

        untuk masalah baterai, tidak ada masalah, karena bisa di manage pemakain tiap hari

        maaf kalau terlalu panjang dan makasih banyak

        sukses selalu

      2. maaf kelupaan

        mungkin juga yg tidak boros ram
        tidak tahu juga tapi beberapa sales banyak yg bilang tentang ram (yg katanya boros ram itu asus sama xiaomi, tidak tahu betul apa tidak)

        dan garansi resmi yg bisa menjamin

        maaf lagi dan makasih lagi

        1. Pak Mas Joko,

          Oh ok. Sekali lagi terima kasih atas sharing-nya.

          Nggak benar deh. Yang sering bilang begitu biasanya promotor Oppo.

  26. Selamat malam pak Hery….
    Saya ingin meminang hp Xiaomi yang resmi di Indonesia, minatnya redmi 4a atau redmi 3s. Menurut HSW lebih oke yang mana? Ditunggu reviewnya pak…. Thx

    1. Pak Fahmi Alba,

      Saya belum pernah mencoba Redmi 3S. Kalau Redmi 4A saya kebetulan sudah uji pakai (review tayang menyusul). Untuk sebuah ponsel berharga jual Rp 1,499 juta, Redmi 4A berstatus sangat layak dibeli.

      1. maaf numpang pak herry

        kalau dari website xiaomi, sepertinya redmi 3s lebih menarik dibanding 4a
        tapi di website xiaomi ada 3s dan 3s prime, ini yg membingungkan, sedang di website erafone 3s tapi dengan spek 3s prime
        cuma beda di ram, memory intenal, dan fingerprint sensor

        kalau boleh usul mungkin bisa di review juga redmi 3s prime nya

        makasih

        1. Pak Mas Joko,

          Yang beredar resmi di Indonesia adalah Xiaomi Redmi 3S. Detail spesifikasinya merujuk kepada Redmi 3S Prime, bukan Redmi 3S saja.

          Usulan diterima, tetapi pasti takkan saya wujudkan. Saat itu saya harus memutuskan me-review Redmi 4A atau Redmi 3S. Dengan pertimbangan harganya lebih murah, saya memilih mengulas Redmi 4A.

  27. sore pak, saya sedang mencari feature phone basic hanya untuk telp, sms dan sedikit browsing untuk orang tua saya kira” masih ada tidak ya pak? kalau ada bisa tolong rekomennya pak, terimakasih

  28. menurut saya hp ini lebih cocok ke bisnis bukan untuk gamers mengingat prosesor low end dan sensor gyro yang absen iya ga pa? lalu redmi 4a apakah kameranya bagus tidak dan saya tidak sabar menunggu reviewnya

    1. Pak Husein,

      Karena saya bukan penggemar game, nggak berani jawab deh.

      Redmi 4A saat awal saya pakai kameranya kurang bagus. Setelah dapat update firmware, menjadi lebih bagus.

  29. Tulisan Om HSW.
    Berbeda dengan kebanyakan ponsel keluaran terkini, Aurora tidak menganut selot kartu hybrid. Dua kartu micro SIM dan satu keping kartu microSD berkapasitas hingga 2 TB dapat diselipkan bersamaan ke ponsel itu.

    Sedangkan info dari bbmerahputih.co.id disebutkan extandable up to 256 GB.

    Yang betul 2 TB ataukah 256 GB Om. Terima Kasih.

  30. Blackberry masuk indonesia di komen sama opor, xiomi masuk tkdn di komen sama opor,, saya rasa opor itu suka sekali membelokan pelanggan, baik dr atas maupun dr bawah(sales ponsel)..
    Koh artikel ini keluar full review nya? Soalnya saya penasaran dengan fitur keamanan blackberry

  31. Halo selamat siang om Herry, saya mau tanya, tapi out of topic ya om. Nah xiaomi dengan harga terjangkau dan kualitas yang sudah 4G serta lumayan lengkap di kisaran harga 1,5juta sudah TKDN (Xiaomi Redmi 4A), saya mau tanya, apakah si om sudah membuat reviewnya di blog ini atau blm? karena saya penasaran dengan performanya serta dengan badget yang saya miliki sekitar 1,8jutaan, lebih menyarankan membeli Xiaomi Redmi 4A/Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL?

    1. Bu Adinda,

      Saya sudah menguji pakai Redmi 4A, tetapi belum sempat mengetikkan review-nya. Kalau diadu dengan ZE500KL, ya lebih bagus ZE500KL.

      Namun, bila anggaran Anda maksimal Rp 1,5 juta, Redmi 4A merupakan pilihan terbaik.

  32. Ko kalo di suruh milih antara asus zenfone go zb500kl dgn redmi 4a ko HSW pilih mana?karena asus zenfone 2 laser sudah susah di cari di online shop. Sedangkan spesifikasi beda dikit dengan asus zenfone go zb500kl.

  33. malam pak herry

    maaf saya kemarin lupa nulis kalau saya mencari hp dengan anggaran 2 juta, memang tidak bisa pas 2 juta, katakanlah kurang lebih 2 juta

    yg sering saya pakai atau butuhkan, kamera (yg pasti harus bagus), music player (bukan speaker, tapi hampir pasti menggunaka ear/head phone)
    applikasi yg sering di pakai bbm, line fb, fb messenger, instagram, opera mini, youtube, tapi ga mesti di pakai bersamaan, kadang2 aja dipakai 2 atau 3 aplikasi bersamaan
    juga aplikasi gojek, grab, blue bird (yg membutuhkan keakuratan gps)

    untuk sementara saya menghindari samsung, oppo, coolpad, vivo, dan merk2 lain yg mungkin meragukan
    karena saya berencana memakai dalam jangka panjang, selama mungkin bisa dipakai (mungkin os terbaru, tapi kalau bisa dengan user interface yg tidak membosankan atau plain stock)
    dan service center yg bisa diandalkan
    saya terbuka dengan merk2 baru, tapi mungkin lebih memilih yg mempunyai service center yg banyak dan tersebar di beberapa kota

    untuk masalah baterai, tidak ada masalah, karena bisa di manage pemakain tiap hari

    mungkin juga yg tidak boros ram
    tidak tahu juga tapi beberapa sales banyak yg bilang tentang ram (yg katanya boros ram itu asus sama xiaomi, tidak tahu betul apa tidak)

    dan garansi resmi yg bisa menjamin

    maaf lagi dan makasih lagi

    1. Pak Mas Joko,

      Dengan kriteria seperti itu, tidak ada satu pun ponsel yang memenuhi syarat. Kalau spesifikasinya seperti itu, minimal Anda perlu menyediakan dana Rp 6 juta.

      Asus dan Xiaomi boros RAM? Tidak benar.

      1. pak herry

        makasih banyak atas waktu bapak untuk menjawab pertanyaan saya

        sukses selalu dan semoga ponsel yg d review bisa semakin banyak
        makasih

  34. Selamat pagi Pak HSW…..:), saya ada beberapa pertanyaan kepada bapak :
    1. apakah BlackBerry Q-One akan masuk ke Indonesia juga?
    2. apakah benar Qualcom nanti akan mengeluarkan Feature Phone 4G dg OS android di Indonesia?
    3. dari banyak merek yang beredar di Indonesia saat ini menurut Pak HSW vendor atau merek apa yang after sales servicenya sangat baik? mohon diurutkan menurut abjad ya Pak?
    4. saya ingin minta rekomendasi ponsel yang bagus menurut Pak HSW. saya mencarikan ponsel untuk saudara yang bekerja dibidang onlineshop. saudara saya ini menginginkan ponsel dg kriteria sbb :
    *Kamera bagus, parameternya mendekati lengkap.
    *ukuran layar 5.5inch, jika bisa QHD.
    *tak cepat panas
    *tak diutamakan merek Samsung.
    *dana tersedia 12 jutaan.
    *tidak modular.

    mohon maaf pak HSW jika terlalu banyak pertanyaannya……:)

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      1. Maksudnya BlackBerry Keyone kan? Sampai saat ini belum ada kepastian. Awalnya jelas takkan masuk, tetapi terakhir sepertinya bakal berubah.

      2. Tidak benar. Yang lebih tepat, ada produsen merek tertentu yang mengeluarkan feature phone 4G. Ponsel itu menggunakan prosesor Qualcomm. Sistem operasi detail belum diketahui. Kemungkinan sih Android.

      3. Juara satu jelas LG. Berikutnya, Samsung.

      4. LG V20 yang sudah termasuk dengan battery kit. Ukuran layarnya memang 5,7 inci, tetapi dimensi fisik nyatanya serasa ponsel berlayar 5,5 inci.

  35. Om, Harry
    Masih layak kah smartphone dengan OS Blackberry 10 kita beli untuk 2 tahun kedepan.
    Kok katanya OS Blackberry 10 sudah stop pengembangan & beralih ke OS Android.

    Jujur saya tertarik BB pasport.
    Yang saya butuhkan chatting, browsing & keyboard fisik.

  36. pah hsw
    asus zenfone go zb500kl uda potong harga jadi 1,4..
    rekomended ga utk harga segitu pak??
    apa ada saran lain??

  37. Pak hsw

    Saya minta tolong dengan sangat karena saya melirik redmi 4a

    Tolong gunakan redmi 4a untuk browsing pakai sinyal 4G selama 60menit, lalu lihat persenan batera mula-mula (sebelum browsing) dan persenan baterai akhir (sesudah 60 menit browsing).

    Terima kasih atas perhatian saudara, semoga saudara berkenan memenuhi permintaan saya

  38. selamat siang koh,, pertanyaan saya singkat nih apakah redmi 3s layak beli untuk kebutuhan 4g yang stabil???

  39. Selamat malam Om Herry,

    Bisakah Om saat mulai menguji BlackBerry Aurora kelak, mencoba menggunakan BBM nya sebentar? Karena saya penasaran (dan mungkin ada orang lain yang juga ingin tahu), apakah BBM yang telah preinstalled di Aurora ini menampilkan iklan dalam berbagai bentuk (baik di sponsored updates, sponsored invitations, hingga iklan dalam chat list, seperti BBM yang diunduh di ponsel Android merk lain)?
    Jika ternyata tidak beriklan, bisa menjadi nilai tambah bagi kalangan yang (masih) menggemari memakai BBM, dengan pengalaman tanpa iklan seperti gawai BB bersistem operasi BlackBerry 10 atau BlackBerry OS (jadul).

    Terima kasih Om.

  40. Pak Herry,

    Apakah BlackBerry Aurora memiliki PIN BBM yg FIX alias patent yg menempel pada perangkat handset seperti ponsel2 bermerk BlackBerry pada umumnya ?

    Thank’s.

  41. Kalau menurut koh HSW infinix note 2 layak beli dengan pertimbangan baterai besar, gegas, dan noneksi 4g? Atau ada hape lain dengan harga yang tak jauh beda tapi lebih memuaskan?
    Makasih koh sebelumnya

    1. Pak Riad,

      Dengan kriteria tersebut, masih layak beli. Hmm… ada Infinix Note 3 Pro sih. Namun, harganya lebih mahal Rp 600 ribu.

      1. Oh iya koh saya mau tanya satu lagi
        katanya baterai 2000 mAh polimer setara dengan baterai 4000 mAh litium ion, apakah bener? Soalnya ada yang nawarin coolpad apa gitu? Tapi dengan spek kurang lebih sama dengan note 2 tapi baterai nya 2000 mAh cuman polimer,,,

          1. Oh gitu yah koh,, untung masih belum ambil keputusan,,, maksih banget koh,,, btw kenapa lebih baik tidak membeli dengan brand tsb? Jadi penasaran…. Hehehehe

          2. Pak Riad,

            Barangnya ternyata kurang sip. Trus, ada banyak keluhan ini-itu terkait konektivitas.

  42. Aplikasi emailnya bgmana pak? Di sceeenshot ga keliatan tuh. Kalo punya BB sendiri saya mau beli ah, sampai skrg aplikasi email android blm ada yg bisa memuaskan selain punya BB.

  43. Pak hsw, sori agak diluar topik

    Adakah bocoran kira2 kapan rencana lenovo p2 masuk indonesia? Batrenya cukup menggiurkan. Dan jika masuk indonesia apakah pak hsw ada rencana untuk review? Makasih

  44. Ko Herry,
    Saya tau ko Herry tidak merekomendasikan merk Evercoss. Saat ini Evercoss, Qualcomm, & Lazada bekerjasama membuat HP Evercoss Genpro X.
    Harganya 999rb. Spek nya sama dengan Pureshot (tanpa+). Batere lebih besar dari Pureshot dan sudah Marshmallow.
    Tapi barang lagi kosong di Lazada, langsung habis saat dijual pre order 21 Maret lalu.
    Apakah menurut Ko Herry Evercoss Genpro X layak beli ?
    Thanks.

    1. Pak Raymon,

      Tak tahu. Lha mencoba saja belum pernah.

      Saya sempat mau beli waktu tahu harganya Rp 999 ribu. Namun, ternyata sudah habis dan kini harganya Rp 1,299 juta. Malas deh kalau harganya segitu.

    1. Pak Andri,

      Terima kasih atas masukannya. Masukan yang saya terima:
      * Theme lama: kalau diakses via ponsel tulisan di sisi kanan sering terpotong. Tak ada masalah dengan thread komentar.

      * Theme baru: biarpun diakses dari ponsel, tulisan bisa tampil utuh. Namun, tampilan thread komentar kurang sempurna.

      Dengan memperhatikan hal di atas, sore ini saya coba ganti theme lain lagi. Silakan dicoba dan dikomentar ya, Pak.

      1. Makasih responnya pak hsw…

        Untuk theme yang baru ini kesan pertama saya adalah kolom komentar nya sudah cukup baik, tidak terpotong seperti yang pertama, dan tidak terlalu besar hurufnya seperti tema sebelum ini. Semoga kedepannya tidak ada masalah.

        Sukses selalu pak hsw

  45. Pak herry,
    Saya membutuhkan hp utk keperluan multitasking yg lumayan tinggi. Seperti balas pesan WA, BBM, Email, Web, juga Sosial media. Terlebih saya butuh kamera yg asik utk dipakai foto outdoor,
    Dgn budget sekitar 3 – 5jt, saya mohon direkomendasikan 2 hp sebagai perbandingan.. Hehe
    Terima kasih pak

    1. Pak Wijaya,

      Seingat saya tidak native VoLTE. Kalau ingin ber-VoLTE, perlu install aplikasi Smart VoLTE yang tersedia di Play Store dulu.

  46. Jangan dibelinhp ini mahal kurang bagus saya sudah beli,dibandingakn samsung j 7,atau oppo 4 gb 64 memory 3,9jt,speknya biasa kamera juga biasa key pad nga nyaman,tidak sensitif,kedua tidak 4g signalnya salah 1 aja yg 4g,kalau 2 jt masih oklah

    1. Pak Tedjakasim,

      Saya penasaran dengan kalimat “kedua tidak 4g signalnya salah 1 aja yg 4g”. Apakah dua ponsel lain yang Anda sebutkan memungkinkan dua nomor siaga bersamaan di jaringan 4G? Setahu saya tak bisa lho.

  47. ko herry maaf melenceng, saya rencana mau pembelian smartphone via online dari Batam karna terkenal dengan harga lebih murah.
    saya masih ragu karna takutnya barang reject/tidak sesuai harapan.
    apakah ko herry punya referensi toko pembelian online dari Batam ?
    bila ada, mohon untuk kirim contact melalui email.
    terima kasih ya ko.

    1. Pak Febrian,

      Tak ada rekomendasi nih.

      Pesan saya, hati-hati saat membeli ponsel dari toko online yang mengaku berada di Batam. Banyak tukang tipu yang menyamar.

  48. Dear Koh Herry,

    di kota saya (Palu, Sulawesi tengah) ada jual bb aurora dengan harga 2,5jt.
    katanya cuma open box saja dan garansi masih 11 bulan,

    kalau sy berniat membelinya, apa saja yang harus sy cek, karena takutnya sudah agak rusak,
    karena sy tergabung di grup pengguna bb aurora di facebook, dan isinya keluhan semua jadi banyak yang di kembalikan ke service center,

    Terimakasih

    1. Pak Budi,

      Apakah itu bukan barang bekas?

      Ya silakan coba fungsi-fungsi dasarnya. Mulai layar sentuh, kamera, bluetooth, Wi-Fi, telepon, dll.

      Soal grup BB Aurora di Facebook, keluhan yang muncul tentang apa saja, Pak?

    1. Pak Nawawi,

      Ini maksudnya program tukar tambah ya? Saya tak tahu tersedia di Palembang atau tidak.

  49. Dear Om Herry,
    Dapat kabar harganya sudah turun. Saya lihat di beberapa online shop harganya masih di 3 jutaan. Kira-kira kapan bisa dibeli di harga yang sudah turun dan dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *