Awas, Ada Tagihan Misterius di kartuHalo Telkomsel!

Kalau Anda saat ini berlangganan kartuHalo Telkomsel, tak ada salahnya mencermati tagihan yang bulan ini Anda terima. Siapa tahu ada tagihan misterius. Penulis alias HSW kebetulan berlangganan dua nomor kartuHalo. Pada tagihan bulan ini, di dua nomor tersebut terselip tagihan misterius bernilai belasan ribu rupiah.

Pagi ini, 28 September 2016, HSW bergegas mengurusnya ke GraPARI Telkomsel di Plasa Marina Surabaya. Selain tidak langsung beres, HSW sempat dibuat kesal. Lantaran mengajukan komplain tagihan untuk dua nomor kartuHalo yang berbeda, HSW harus antre dua kali. Silakan baca tulisan berikut sampai tuntas untuk mengetahui detailnya.

awas-telkomsel

Semua kegeraman HSW bermula tadi pagi. Bangun tidur HSW langsung menyalakan laptop dan memeriksa email. Ada dua email tagihan kartuHalo dari Telkomsel. Satu untuk, sebut saja, nomor A yang dikirimkan kemarin pukul 23.16. Satu lagi untuk nomor B yang dikirimkan hari ini pukul 01.25.

Kala mencermati tagihan kartuHalo nomor A, HSW langsung menemukan satu kejanggalan. Ada tagihan paket data senilai Rp 41.613, belum termasuk PPN. Setelah ditambah PPN, total tagihan berarti sebanyak Rp 45.774,3. Mudahnya dibulatkan saja menjadi Rp 45.774.

Padahal, selama ini HSW berlangganan paket data Rp 30.000. Nilai itu belum termasuk PPN. Setelah ditambahkan dengan PPN, total biaya menjadi Rp 33.000. Dalam sebulan terakhir HSW tidak pernah berhenti berlangganan atau melakukan perubahan paket data.

Bila dihitung, berarti ada selisih tagihan Rp 12.774. Kelihatan tidak terlalu besar kalau hanya dialami oleh satu nomor. Betapa pun, selisih tagihan itu tetap misterius dan seharusnya tak boleh terjadi.

HSW lalu beralih memperhatikan tagihan kartuHalo nomor B. Eh, ternyata juga ada tagihan misterius dengan jumlah persis sama.

Tak mau berlarut-larut, pagi ini HSW mampir ke GraPARI Telkomsel di Plasa Marina dan dilayani customer care bernama Desy. HSW menyampaikan informasi awal kejanggalan tagihan kartuHalo nomor B. Sempat terjadi perdebatan kecil karena petugas menyatakan kelebihan tagihan itu untuk pemakaian telepon. HSW pun menunjukkan bukti kalau tagihan senilai Rp 41.613 itu murni tagihan paket data. Nomor B sama sekali tidak dipakai bertelepon.

Mbak Desy meminta izin masuk ke dalam ruangan untuk melakukan pengecekan lebih detail. Beberapa menit kemudian dia kembali lagi menemui saya. Intinya, permasalahan itu akan dilaporkan dulu. Kelebihan bayar yang mungkin terjadi akan dikreditkan sehingga memotong tagihan bulan berikutnya.

HSW menyetujuinya seraya meminta dibuatkan bukti laporan tertulis. Ya, HSW sengaja meminta bukti laporan tertulis. Sebab, mengacu kepada pengalaman selama ini, mengajukan komplain ke Telkomsel tak bisa beres dalam waktu singkat. Selalu menyentuh hitungan bulan.

Tanpa memiliki bukti tertulis, bila kelak HSW menanyakan perkembangan penyelesaian komplain, HSW amat mungkin harus menceritakan lagi permasalahannya dari awal. Hal itu biasanya tak perlu dilakukan ketika HSW menunjukkan bukti tertulis.

“Oh ya, saya ada satu nomor kartuHalo lagi, Mbak. Kasusnya sama,” kata HSW. Harapan saya, Mbak Desy langsung membuat dua lembar bukti komplain. Satu untuk nomor A, satu lagi nomor B.

Respons Mbak Desy sungguh mengagetkan dan membuat HSW kesal. “Kalau begitu silakan mengambil nomor antrean lagi, Pak. Satu nomor antrean hanya untuk satu nomor Telkomsel,” tuturnya dengan sopan.

HSW spontan bertanya balik. Apakah sekarang sekali antre tak bisa mengurus beberapa nomor kartuHalo sekaligus? Sejak kapan aturan itu mulai berlaku? Terlalu panjang untuk diceritakan deh. Singkatnya, HSW menyimpulkan dalih yang diungkapkannya terlalu mengada-ada. Sebentar beralasan X, tak lama kemudian berubah menjadi Y.

Karena ada keperluan lain, HSW memutuskan menyelesaikan pengajuan komplain nomor B saja. HSW lalu bergegas meninggalkan GraPARI. Sore ini HSW akan kembali lagi ke GraPARI untuk mengurus komplain tagihan misterius di nomor A.

Sedikit saran dari HSW, silakan mencermati tagihan kartuHalo Anda bulan ini. Siapa tahu ada tagihan misterius seperti yang muncul di dua nomor kartuHalo HSW. Nilainya memang hanya Rp 12.774 per nomor. Namun, seandainya terjadi massal, bayangkan total tagihan misterius yang muncul dan mungkin tidak disadari konsumen.

By the way busway, bukan kali ini saja HSW mengalami tagihan misterius. Tahun lalu di nomor kartuHalo HSW sempat muncul biaya pemakaian akses data yang nilainya cuma Rp 6. Namun, terjadi ratusan kali. Ketika HSW datang ke GraPARI Telkomsel untuk mengadukan hal itu, petugas memberikan tip sederhana. Silakan membacanya di sini.

110 thoughts to “Awas, Ada Tagihan Misterius di kartuHalo Telkomsel!”

  1. Kejadian seperti ini sebenarnya sudah lama. Saya yang berlangganan Kartu Halo Hybrid sejatinya telah masuk sekian Gb, sekian menit nelepon (on nett), dan sekian ratus SMS tapi selalu saja ada tagihan nelepon ke operator lain. Padahal sy sangat yakin engga pernah nelepon ke operator lain, karena kantor sy karyawannya wajib pakai Telkomsel, semua keluarga saya pakai Telkomsel. Dan benar di rincian tagihan selalu mencul panggilan misterius ke operator lain. Karena males antre di GraPari saya belum pernah complain. Tapi suatu hari saya harus complain kaya HSW. Thx.

  2. Dibalik pelayanan yang lebih istimewa dibanding kartu prabayar, ternyata kartu pascabayar banyak ketidaknyamanannya. Itulah salah satu alasan saya tidak pakai kartu pascabayar.

  3. Saya cek tagihan terakhir saya aman pak. Kebetulan saya dan istri pakai Kartu Halo. Saya pakai Halo Fit 80 ribu yg dapat 100 menit, 200 sms dan 2GB Internet. Istri hanya pakai paket 55 rb yg dapat (kalau tidak salah) 1.6 GB

    Btw beberapa taun lalu (lupa) saya pernah kena masalah tagihan waktu jaman masih pakai hp Symbian, daftar paket Opera Mini dan gagal, di charge sampai 5-6x dalam 1 bulan, karena memang gagal saat mendaftar dan diminta mengulang kembali. Urusannya ya bertele tele. Yg jelas telpon ke 111 tidak ada gunanya.

  4. Bukan cuma telkomsel sepertinya. Saya pakai kartu prabayar yg warna ungu juga gitu. Pulsa tiba2 terpotong 7rb. Waktu complaint ke call center katanya saya pernah mengirim mms ke sebuah nomer. Pdhal tentu saja saya tidak pernah mengirim mms sama sekali. Kan sudah ada bbm, whatsapp atau email.
    Waktu saya tanya nomer telpon penerima mms itu, si cs tidak dapat mau menginformasikan dgn alasan kebijaksanaan perusahaan bla bla bla.
    Ya sudahlah. Untung cuma 1x itu. Bayangkan berapa yg mereka dapatkan dari tiap2 nomer krn mms fiktif itu.

  5. KO, publikasikan tempat gerainya. Bisa dilaporkan itu dan juga peningkatan SOP mereka. Karena ada juga gerai yang dikelola dealer yang bekerjasama dengan Telkomsel.

  6. Pak Herry, kalau no prabayar apakah bisa minta rincian pemakaian? Sebab belum lama ini pulsa saya tiba2 raib. Yang sebelumnya masih 25ribuan, dalam 3hari tinggal 3ribuan. Saya yakin saya hanya sms sesekali, tdk telepon dalam 3 hari tsb.
    Terima kasih

  7. saya juga pernah kena tagihan misterius kartu matrix..

    waktu itu saya datang ke acara job fair, dapat kartu perdana matrix gratis.. lumayan gratisan, cuma diminta isi data diri aja..

    tiba2 1 bulan kemudian datang surat tagihan matrix sampai ratusan ribu rupiah, padahal kartu tidak pernah saya pakai dan masih dlm keadaan tersegel, bahkan bungkusnyapun belum saya buka..

    akhirnya terpaksa ke galeri indosat, tp parahnya saya diharuskan untuk tetap membayar.. akhirnya saya pergi ke galeri indosat kota sebelah, dan disana cuma diminta kartu perdananya dan tagihan transaksi langsung dibatalkan..

  8. sejauh ini meski belum genap setahun gunakan kartu halo tapi belum ada kejadian seperti itu.
    moga kedepannya tidak ada kejadian serupa

  9. Pak Herry SW
    Kejadian yg bpk alami saya jg mengalami nya 2 bln lalu. Ada tagihan misterius sebesar Rp 5 (jumlah nya tdk material tapi aneh) saat saya tanyakan ke CS halo. Mrk mengatakan bhw itu tagihan gprs. Jawaban yg tdk msk akal. Krn halo saya tsb berlanggganan paket data bulanan dimana saat kuota internet sdh hbs maka aktifitas internet lgsg berhenti otomatis jd tdk mgkn ada biaya gprs. Dan phk telkomsel mengetahui hal itu dr sistem komputer mrk. Pihak telkomsel tdk bisa memberi jawaban atas mslh tsb.
    Oya pak Herry kalo blh tahu paket halo yg bpk gunakan untuk nomor A dan B paket apa dengan nominal brp perbulan. Dpt kuota internet brp? Terima kasih

      1. Pak Herry SW
        Pak small denom itu paket apa? Saya baru tahu kalo ada paket tersebut. Saat cari di website jg gak ada keterangan tentang paket tersebut

        1. Pak Jeffry,

          Ya namanya paket internet small denom. Harga Rp 30 ribu (belum PPN) dan dapat kuota 1 GB. Di situs Telkomsel memang tak ada informasi mengenai paket itu. Customer service Telkomsel pun belum tentu tahu.

          Untuk mengaktifkannya, silakan tekan *363*30#.

  10. Saya juga Koh, bulan ini ada indikasi “mark up” sekitar 22rb rupiah,
    Saya sudah hubungi via call center, tapi malah di anjurkan melapor ke Grapari
    Hufftt, kadang berpikir malas sekali harus ke GRapari hanya untuk mengusut tagihan senilai itu.

  11. sepuluh tahun yang lalu saat saya masih pakai matrik juga banyak tagihan misterius, akhirnya kartu kukembalikan dan pindah pakai simpati prabayar tidak ada masalah sampai sekarang.

  12. Wah, jgn-jgn saya jg kena tagihan misterius mas, setiap bulan saya langganan paket data 2G=50.000, dpt bonus sms dan telp 60 menit sesama telkomsel. Saya bahkan tak pernah telp ke operator selain telkomsel. Hrs nya + ppn saya bayar 55.000 ya mas, tp setiap bulan pasti lebih 55.000 dan tak lebih dari 60.000. Bulan terakhir ini tagihan saya 57.103.
    Termasuk misterius nggak mas?

    1. Pak Anggiat,

      Maaf baru balas.

      Bisa misterius, bisa tidak. Tergantung durasi bertelepon Anda ke sesama Telkomsel bagaimana. Coba cermati detail pemakaian di lembar tagihan deh.

  13. Telkomsel terkadang suka seenaknya mentang2 mampu memonopoli pasar, jika saja di kawasan yang saya tinggali ada signal selain telokomsel sudah lama saya beralih ke operator yang lain.

      1. Iklan Samsung Z2 di TV sangat sering muncul di prime time pak, bukan cuma Indosiar saja kok.

        Soal kasus bapak, ibu saya sekarang sedang mengalaminya tapi kartu prabayar Indosat. Dalam 3 minggu ini pulsanya berkurang total 40ribuan, dan anehnya pulsa tidak berkurang setiap hari.
        Saat saya 3 hari dirumah pulsa tidak berkurang sehingga batal saya bawa ke Indosat Care, ketika saya keluar kota lagi ternyata pulsanya berkurang lagi.
        Pernah saya suruh ibu saya mengontrol pulsa dalam 3 hari, ternyata hanya 1 hari pulsanya berkurang 2500 dan 2 hari lainnya tidak berkurang.

        Kalau saya bawa ke Indosat Care apakah bisa diselesaikan masalah ini? Kira2 penyebabnya apa Pak Herry? Kalau akibat langganan misterius, kok pemotongan pulsanya acak harinya.
        Sementara hari ini solusi saya coba berhenti langganan semua content, jika dalam 3 hari pulsa berkurang terus menerus maka saya benar2 tidak tahu lagi kecuali ke Indosat Care.

        1. Pak Daru Kartiko N,

          Oh ok. Saya jarang sekali menonton televisi. 🙂

          Penyakit lama Indosat. Biasanya dianggap berlangganan layanan ini-itu. Menyelesaikan dalam arti bagaimana nih?
          * Pulsa yang terpotong dikembalikan: biasanya tidak bisa.
          * Kelak pasti takkan terpotong misterius lagi: tidak bisa.
          * Dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu bulan, tidak terpotong misterius lagi: biasanya bisa.

          1. Iklannya sangat agresif kuantitasnya, khas Samsung atau Oppo pak. 🙂

            Apakah dengan ke Indosat Care, bisa diketahui pulsa kita terpotong karena apa saja dan menonaktifkannya jika itu layanan tertentu? Untuk pulsa mungkin memang tidak bisa kembali, tetapi setidaknya pemotongan yang misterius ini bisa berhenti walaupun menurut Pak Herry hampir mustahil kelak tidak terjadi lagi.

          2. Pak Daru Kartiko N,

            Bisa. CS kan bisa mengakses sistem. Kalau CS bilang nggak bisa, mintalah dipertemukan dengan supervisor.

  14. = > Padahal, selama ini HSW berlangganan paket data Rp 30.000. Nilai itu belum termasuk PPN. Setelah ditambahkan dengan PPN, total biaya menjadi Rp 33.000. < =
    saya cari2 paket berlangganan harga segini kok ndak nemu ya…
    saya pakai Simpati.
    akhirnya saya DM twitter dan ternyataaaa mahal yaaa klo dibandingkan kartu saya dahulu Axis.

    Terima kasih sudah menunggu, Mbak. Paket Flash kartu simPATI dengan masa aktif 30 hari di Kota Surabaya adalah :
    1. 600 MB tarifnya Rp50.000,
    2. 1 GB tarifnya Rp57.500,
    3. 2 GB tarifnya Rp95.000,
    4. 4 GB tarifnya Rp150.000,
    5. 6 GB tarifnya Rp199.000,
    6. 8 GB tarifnya Rp290.000, dan
    7. 14 GB (9 GB All day + 5 GB Off-peak) tarifnya Rp500.000. Info lengkap tarif Flash: http://www.telkomsel.com/tabel-tarif-broadband?p=8&b=2

  15. Masalah seperti ini sudah sejak lama dan sering terjadi, memang nominalnya kecil tapi jika dikalikan dengan nomor kartu Halo yg aktif perbulannya saja sudah “banyak” sekali untungnya..
    Dan hebatnya bukan cuma dari Telkomsel saja, rata rata kartu pascabayar memang ada tagihan fiktifnya..
    Yang mirisnya sebagai pihak yg dirugikan cuma disarankan ke bagian customer care yang cuma bisa membela perusahaan yg memperkerjakan mereka dengan jawaban diplomatis, seadanya dan kadang di “lempar”sana sini..
    Ini bisa jadi kriminal seharusnya bisa diajukan ke hukum karena banyak yang dirugikan dan ada buktinya..
    Jadi, bagaimana kabarnya dengan perlindungan konsumen?
    😕

  16. Tagihan misterius begini memang aneh, tapi sejatinya bisa di cek di sistem, kebetulan saya pernah mengalami ketika saya kejanggalan di tagihan kartu halo saya. Ceritanya seperti ini.
    Setiap bulan biasanya tagihan saya tidak lebih dari 60rb an tapi setelah pake hp POLYxxxN tagihan saya menjadi membengkak, awal2nya sih acuh saja nambahnya 25 sd 35 rb.

    Bulan berikutnya saya mengalami hal yang serupa tagihan semakin mendekati limit 100rb dan bener2 saya cek call detail / tagihan detile nya dan sempet telp 133 juga, saya ada telp ke luar negeri, padahal saya tidak melakukan panggilan ke luar negeri.

    Saya cek lebih dalam lagi, saya printkan tagihan detaile saya ternyata memang ada panggilan ke luar negeri dan itu tidak saya lakukan (seperti dilakukan di belakang layar) kasus ini ternyata namanya iridium ( jadi hp call ke Iridium Satellite Communications, seperti melakukan mata2 aneh padahal hp saya hp cuma buat telp dan sms (serinya Polyxxxxn c200).

    Akhirnya bawa ke service center Polyxxxxn dan saya coba ceritakan kronologisnya, setelah berapa hari kemudian saya ambil, informasinya dari service center tidak ada masalah apa2, tambah binggung saya.

    Akhirnya saya kepikiran ” oh ya ini kan panggilan ke luar negeri bukan loka” jadi saya minta blokir untuk blokir panggilan ke luar negeri ke 133, semenjak itu tagihan saya normal lagi.

    Saran saya :
    1. Cek dahulu tagihan detail/call detail, agar bisa di tracert panggilan atau tambahan abonemen apa yg serasa mencurigakan.
    2. Jika tambahan pada data maka, pastikan jangan ada pembelian di luar paket, seperti (aplikasi yg berbayar, stiker berbayar dll yg mengakibatkan biaya tambahan)
    3. Konsultasi dahulu ke 133 sebelum ke grapari, selain gratis telp ke 133 anda gak perlu antri ke grapari sebelum anda terbawa emosi, sudah antri panjang dan suruh antri lagi.

    Semoga membantu

  17. hmm …pak Herry SW
    misterius…
    kalau ada tagihan Rp 1000,-
    untuk layanan-layanan digital / digital services
    kira-kira untuk hal apa ya pak ?
    terimakasih

  18. Pak, kalau beli powerbank yang output 2A sedangkan handphone saya berinput 1.5A

    Apa tidak kenapa-kenapa?
    Apa powerbank akan menyeseuaikan dengan input charge smartphone?

    1. Pak Jemaa,

      Asalkan power bank-nya bukan yang berkualitas ala kadarnya, tidak apa-apa kok. Output power bank akan otomatis disesuaikan.

    1. Pak Andhy,

      Untuk OnePlus One, saya lupa dulu saya tidak mengulasnya karena alasan apa. Kalau OnePlus X, saya mengalami kendala saat mencoba transaksi di Blibli.

  19. Istri saya pake kartu halo, ga bayar 2 bulan jadi di blokir, eh begitu saya mau bayar suruh bayar 3 bulan, katanya du bulan berikutnya masih terpakai, saya complain dengan alasan gimana caranya bisa terpakai kalo diblokir, tapi CS nya bilang walau terblokir tetap kena tagihan, saya bilang mau bayar tagihannya asal cuma yang dua bulan tagihan saja, tapi tetap ga bisa jadi ya udah saya bilang kalo gitu ga usah lagi diaktifkan kartunya biar aja.

    1. Pak Shiddiq,

      Berarti, nomor istri Anda diblokir outgoing ya. Kalau tidak segera dilunasi, tagihan memang akan terus berjalan. Wajar kalau Anda kemudian disuruh membayar tiga bulan. Kan ada biaya pemakaian minimal, tak peduli digunakan atau tidak.

  20. Pak saya ada problem pada 3 kartu Tsel, baru mulai dialami sejak Jumat tgl 30 Sept kemarin:
    1. Kartu Halo pada LG G4 set kartu utama dengan network LTE/WCDMA/GSM sering gagal kirim sms. Jadi posisi report SENT tapi DELIVERY REPORT tidak ada/bukan failed hanya tidak delivered. Dan kenyataannya saat kita telpon ke penerima, mereka tidak terima sms tsb.
    2. Kartu LOOP pada S6 Edge set 4G/3G/2G sama sekali tidak bisa terima sms. Kebetulan ini nomor cadangan jadi jarang digunakan untuk telpon/sms keluar. Jika di set 3G Only langsung terima puluhan sms termasuk yg pending dari semalam/pagi.
    3. Kartu Halo pada Nokia 108 (lupa tipenya, yg jelas feature phone 280 rb) ini digunakan karyawan saya, beliau sama sekali tidak bisa terima sms dari no saya, tapi masih bisa terima sms misal dari promo2 perusahaan (contoh CFC, Dunkin Donuts). Kurang tahu bisa terima dari no lain tidak, karena no kantor jarang dihubungi orang lain.

    Jika ada masalah seperti ini, yg spesifik sepertinya hanya terjadi di daerah tempat tinggal saya, mengadunya kemana ya pak? Pengalaman XL beberapa tahun lalu kita cukup email dengan keterangan lokasi sejelas mungkin (jalan, rt/rw, kecamatan, kelurahan, kode pos dst) dan mereka terus follow up via email dan telpon sampai kita menyatakan kondisi jaringan sudah baik (top!)

    Jika kita ke Grapari apa bisa misalnya menyertakan koordinat lokasi yg bermasalah? Bagaimana cara capture koordinat lokasi kita ya?

    Terima kasih jawabannya pak

    1. Pak Liat2aja,

      Kalau Anda meninggalkan daerah tempat tinggal Anda, apakah semua kartu yang bermasalah itu berubah menjadi normal? Bila iya, berarti sumber masalah konfirm di Telkomsel.

      Saran saya, luangkan waktu ke GraPARI untuk memberikan laporan lengkap. Koordinat lokasinya pakai Google Maps saja.

  21. pak herry saya mau minta rekomendasi handphone yang anggaran 1jt- 2jt yang tersedia 4G ,dual sim ,ram sama internal kalau bisa 2/16 kamera mendukung lah. mohon rekomendasi nya pak

  22. selamat pagi pak herry, saya ingin menanyakan kalau xiomi note 3 pro, apakah memiliki peforma yg bagus pak? serta kekurangannya apa saja pak?, apakah bapak rekomendasikan untuk saya yang mahasiswa ini? atau ada merek lain yang cukup tahan, gegas, dng ram 3, btrai cukup awet. kisaran 2juta-an.
    terimakasih pak.

  23. Pak Herry
    Lenovo vibe k4 note gk punya infra red ya pak?
    Gimana caranya mau pake android tsb jadi remot multifungsi pak?
    Trims..

      1. Thanks responnya pak..
        Btw sinyal di k4 note saya kok h+ trus ya pak?
        Saya sdh pakai kartu 4g di area yg support tp ttp h+..
        Ada masukan pak?

        1. Pak Dondon,

          Pengaturan di ponsel apakah sudah benar? Anda memakai nomor operator apa dan berlangganan paket internet yang apa?

  24. Halo pak Henry SW….

    Maaf ini OOT, saya mohon recomended dari pak Henry, saya mau cari; 1) hp layar 5 inch, 2) baterey 4000, 3) hp merk global dg budget 2jutaan. Utk spek mumpunilah. Terima kasih atas sarannya.

    1. Pak Saleh,

      Anda bertanya ke Herry SW atau Henry nih? 🙂

      Saya anggap Anda bertanya kepada saya ya. Dengan kriteria seperti itu, di pasaran ada Lenovo Vibe P1m. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  25. Halo Om HSW
    Tanya tapi out of topic. Dulu Om HSW pernah menulis artikel tentang peranti yg bisa dijadikan wifi di rumah atau semacam hotspot, merek piranti itu apa ya Om? Saya ubek ubek di bagian kategori Ponselmu tidak ketemu, atau mungkin Om punya rekomendasi lain? Dan tolong sebutkan harganya juga, Thanks Om

    1. Pak Saeful,

      Mungkin yang dimaksud peranti merek SpeedUp atau Yoobao ya. Saya lupa tipenya, tetapi keduanya pasti sudah diskontinyu.

      Kalau ingin mencari peranti serupa, saat ini silakan melirik Huawei E8278. Rentang harganya sangat lebar. Tinggal cek di Bukalapak atau Tokopedia deh.

  26. Halo om HSW, maaf ni OOT, saya mau tanya buat webnya dimana ya?karena terkesan simpel dan mudah, saya berencana mau belajar buat menjadi penulis tentang materi2 kuliah saya, terima kasih

    1. Pak Agung Aji,

      Blog ini saya hosting-kan di Rumahweb.com. Tampilannya sih saya buat sendiri secara trial and error dengan memanfaatkan theme gratisan WordPress.

  27. Hahahaha..mohon maaf pak Herry, saya benar2 khilaf dan tidak bermaksud mencela. Sekali lagi saya mohon maaf. Terima kasih atas sarannya.

  28. memang ada yang aneh tagihan halo bulan september 2016 ini, yang cukup mengejutkan, bagaimana bisa tagihan halo saya mencapai 1.150.000
    saat limit saya batasi di 700rb.
    saya sudah komplain, katanya batas limit tersebut belum termasuk biasa turbo, dan tagihan wajib fit myplan saya.
    cukup lucu, dan menguras kantong. akhirnya saya pilih untuk meninggalkan kartu halo untuk sementara.

  29. Selamat sore,
    Pak, gimana caranya dapat rincian tagihan itu? Soalnya saya biasanya dapat sms tagihan saja. Apakah bisa dicek secara online tanpa e-billing?
    Terima kasih.

  30. Lapor, saya dan istri sama2 BC10 (atau BC11 sebutannya?) alias setiap tanggal 11 kuota reset dan tagihan 0 lagi. Saya pakai Halo Fit 80 rb dan istri cuma langganan paket data 1.6 GB kena 55 rb. Keduanya tagihan terakhir tidak masalah, dan sudah saya bayarkan

  31. Pak Herry, paket internet small denomnya misal blom ada 30hari habis, akan langsung diperpanjang atau nunggu billing cycle baru?
    Matur nuwun

    1. Pak Adi,

      Nunggu billing cycle baru. Alternatif lain, beli ekstrakuota yang masa aktifnya akan mengikuti masa aktif paket small denom.

  32. Saya pernah mengalami hal ini kira2 tahun 2013 dimana saat itu langganan BIS Telkomsel Halo. Full Service harusnya browsing dll sudah termasuk dalam paket. Namun ternyata ada tambahan tagihan paket Internet. Hal yang sama saya dapati di nomer Halo yang satunya. Akhirnya tips yang diulas pak Herry itu diberikan oleh petugas Telkomsel. Sejak saat itu aman. Dan skrg internet pakai prabayar sehingga pilihan HP mesti support dual SIM.

  33. Saya juga mau share cerita kasus. Kebetulan saya juga pengguna kartu Halo 0811xxx.
    per tanggal 10, tagihan kartu Halo saya kembali nol rupiah. Biasanya saya bayar tagihan di tanggal 11 atau 12 nya. Pagi-pagi di bulan November tanggal 12 tahun 2016 saya bayar tagihan sekitar 65rb. siangnya saya cek sudah ada tagihan sebesar 52rb. padahal saya merasa tidak melakukan aktifitas yang memakan pulsa sampai sebesar itu. akhirnya saya coba menghubungi 133, caroline Telkomsel. menurut system record yang dilihat CS Telkomsel telah terjadi akktifitas panggilan keluar selama 2800an detik ke nomor 0822xxx, yang mana nomor tersebut adalah nomor saya juga,,, yang aktif berbarengan dengan kartu Halo di ponsel yang sama. khan aneh. Saya sudah uji coba apakah sebuah nomor bisa menghubungi nomor lain yang berada di satu HP(HP dual SIM),,,ternyata ga bisa.

    bukti ke 2, tidak ada di HP yang saya pakai rekaman panggilan keluar nomor kartu Halo menghubungi nomor 0822xxx

    bukti ke 3, biaya panggilan kartu Halo menghubungi 0822xx adalah sebesar 55rb-an.(saya tau karena saya minta rinciannya) sementara total tagihan berjalan saat tulisan ini dibuat adalah 53rb….itu sudah termasuk biaya SMS.

    khan aneh, kalau kasus sudah banyak seperti ini memang sekali-kali Telkomsel perlu dikasih pelajaran.

    Deli Riyanto
    0822****

  34. Saya share kasus yang dialami sekarang. Halo 0812xxxxxxx.
    Hati-Hati melakukan perpindahan paket terutama ke Halo Kick melalui call center 188. Tanggal 6 Februari 2017 jam 19:41 saya melakukan proses perpindahan paket dari fit my plan 150kP1 menjadi Halo Kick 300k karena paket tersebut menyediakan kuota dan gratis bicara yang besar. Saya menuruti prosedur mereka untuk mematikan celular data dan saya dapat notifikasi jam 19.41 itu juga sudah aktif dan dapat sms nya. Saat itu saya tidak terlebih dahulu menyalakan celular data melainkan saya tunggu sejenak sambil pergi beli roti untuk lembur malam. Jam 20.45 sekembalinya saya ingin mengaktifkan celular data dengan terlebih dahulu cek *888# dan cek *363# untuk kuota. Alangkah terkejutnya saya mengetahui tagihan saya menjadi Rp 1.341.431,- padahal penggunann hanya 15.650 sebelumnya. Aneh kan?. Setelah saya telepon lagi 188 dibilang adanya penggunaan gprs sebesar tsb namun ditanya jam berapa mereka bilang system belum masuk jadi jam tidak diketahui.
    Hal tsb menjadi memicu saya untuk pergi ke Grapari keesokan harinya dan ditanggapi oleh CS nya melihat bahwa jam 19.49 ada penggunaan gprs, mereka langsung membuat surat permohonan untuk adjustment entah dibayar full dulu lalu dijadikan deposit atau dihapus(yg kumau). Saya hanya berharap untuk di follow up secepatnya, dan dari pelajaran hal tsb ada tips diberikan oleh CS Grapari=”Pergantian paket melalui Call Center dilakukan bukan oleh operator namun mereka kirim permohonan ke eksekutor, hal tsb memicu time lag antara mereka berdua. Sedangkan kalau ke Grapari bisa langsung diketahui kuota dkk jadi kecil kemungkinan terjadi hal ini. Yang komplain kasus tidak hanya bapak saja, pelanggan yg melakukan hal yg sama juga sudah terlapor ke kami”
    Share this semoga membantu. Thx

    1. Pak Andra,

      Terima kasih atas sharing-nya. Wah, ngeri banget.

      Dalam pantauan saya, kalau ada adjustment seperti itu Telkomsel selalu meminta pelanggan membayar lunas dulu, kemudian dijadikan deposit yang dikurangi sedikit demi sedikit. Tak bisa langsung dihapus.

      1. Sama-sama pak. memang sudah ada reply dari IT nya dan CS Grapari juga menuliskan begini” untuk case bpk ttf adjustment, sdh diterima pihak terkait & dipersilahkan utk adjustment. Setelag tagihan keluar utk Januari.(BC20). akan sekali lg saya buat tiket /laporan utk proses adjustment”. Memang sih kalau dilihat agak gantung terutama apakah transaksi tsb akan dihilangkan atau seperti bpk bilang jadi deposit. Saya sih gak masalah ttg jadiin deposit atau senang sekali kalau dihapus yang penting bagi kita2 sebagai konsumen kan sama yaitu : transaksi tsb menjadi kesalahan telkomsel dan saya tidak mau membayarnya. perihal jadiin deposit ya dianggap 5 bulan lah baru habis. tapi uang tidak hilang. semoga ini jadi pertimbangan pembaca sini utk hati2 memakai call center 188. lebih baik ganti paket dsb lebih aman ke Grapari.

  35. Wahhh berati sy termasuk yg paling besar tagihannya…tgihan sy yg biasa tdk lbih dr 300rb mjd 1jt an tgl 11/2-21/2 mjd 2jt an..wouuuwww stlh diurus kesalahan ada pd saya paket daata nya on.. padahal d tgl 1/2/2017 sy minta dikecilkan lg paket data spy tagihan nya sm dg halo sy satuny.. yg ada bkn mengecil malah mmbengkak luarr biasa..tdk ada solusi meski berkali2 diurus..wong cilik melawan BUMN besar sia2 sj.. kartu mau ditutup sdh 15th pake..bener2 sia2 tdk ada apresiasi sdkitpun mentang2 pemakainya berjuta2 jw

  36. Izin share uneg-uneg ya bapak-bapak. Saya pernah mencoba halo fit beberapa bulan yang lalu, untuk keleluasaan berinternet karena saya banyak sekali memakai internet. Paket inet di halo fit ini terdiri dari kuota utama dan kuota untuk aplikasi multimedia, masalah yang timbul adalah aplikasi multimedia ini malah menyedot kuota utama dan kuota multimedia malah utuh belasan giga byte. Agak mustahil kan aplikasi chat saja menyedot kuota belasan giga byte hingga tengah bulan saja kuota utama habis. Saya sudah menyeluhkan hal ini ke grapari dan caroline, pihak telkomsel pun sudah mengecek dan memang kuota utama yg terpakai. Tapi ya ngga ada solusi dan hanya dijanjikan permasalahan akan diselesaikan dalam 78 jam. Jawaban yg paling tidak mengenakan adalah aplikasi multimedia tersebut adalah pihak ketiga, jadi masalah datang dari pihak ke tiga …. *lempar masalah cuci tangan aja.. karena bosan mengeluh kesana kemari, akhirnya saya tutup juga kartu halo saya. Pelajaran berharga : pelayanan kartu halo yg “wah” ternyata ngga lebih baik dari kartu pra bayar operator lainnya.

  37. persis baru saja terjadi sama saya. Saya punya 2 nomer kartu halo dgn tagihan terpisah, 1 nomer dipakai sama saya sendiri 1 lagi dipakai sama mamah…yg saya pakai paket yg 50 rb pembayaran tiap bulan ±100rb udh plus kelebihan pemakain wajar da sesuai…tapi nomor yg dipakai mamah saya dalam ±3bulan terahir selalu bayar >180rb mamah saya nanya ko mahal amat meskipun saya yg bayar uang tagihan nya. saya cuma bilang “santai aja mah kan dibayarin saya ga usah dipikirin”. Tapi tetep nanya kaya yg kepikiran kenapa jadi mahal banget bayarnya…akhirnya saya check handphone nya.
    1. saya cek *888# “pemakaian pulsa Rp. 70100 sisa kuota 467kb
    2. saya cek *887* “biaya event terakhir Rp. 35.000
    3. saya pastikan telpon ke CS pemakain bulan ini untuk apa saja “pemakaian ibu terakhir untuk pembelian extra kuota 600mb”
    4. saya cek ke mamah apa benar telah membeli kuota 600mb? jwb nya “ya”
    Kuota utama 60.000+70.100=130.000+ppn
    akhirnya saya berfikir untuk di nonaktifkan saja nomornya, saya dtg ke Grapari jl. Ir. H. Juanda Bandung dapat nomor antri trus di panggil trus bilang mau menonaktifkan nomor
    CS nya bilang “tolong ditunggu sebentar” lalu dia masuk ke dalam setelah menunggu cukup lama CS nya dtg dgn membawa post it bertuliskan total tagihan memakai tulisan tangan (tdk profesional) tagihannya 182rb! berdebat lah saya meskipun baik2 dan ga pake emosi…CSnya terus mengulang ulang pemakaian terakhir 115.000+60.000+ppn=182.000
    akhirnya singkat cerita saya minta untuk melihat print out rincian pemakaiannya di komputer, ternyata di lihat di komputer tgl 15/7/17 ada pemakaian Rp 77.*** ! singkatnya dari pada pusing nulis itung2an selisihnya 45rb lebih! akhirnya CS bilang ada kesalahan sistem…yg di sesalkan kenapa kesalahan sistem di bebankan pada pelanggan meskipun uang selisih nya dikembalikan dgn sdkit terpaksa dan dilayani lbh dari 1 jam terbuanglah waktu…hati-hatilah harus cermat dan teliti

  38. Koh Herry, nomor telkomsel pasca bayar mertua saya dipasang di android smartphone (umur 60 tahun & gatek). Tiba2 tagihan membengkak jadi 4 juta. Saat diinvestigasi di Grapari, cuman keluar print out detail billing yg tertulis “fc-google” ; gak tahu apakah ini menandakan in-app purchase Android yg menggunakan carrier billing. Padahal tidak ada settingan di HP yg membolehkan in-app purchase menggunakan pulsa (carrier billing). Di HP juga tidak ada setting yg membolehkan in-app purchase via credit card.

    Ada saran, koh?

    1. Pak Rudinug,

      Saya sih curiga tak sengaja beli aplikasi atau in-apps di Play Store. Kalau Anda yakin bukan itu, terus terang saya juga bingung. Per transaksi kebanyakan bernilai berapa rupiah?

  39. Pak herry zy baru2 kena tipu modus baru stelah zy pelajari itu peralihan tagihan ke nomer lain yang di suruh memberikan kode rahasia k penelpon yang ngaku2 dari telkomsel. Bagimana me caranya memblokir kartu yang sudah mengalihkan kartu halo saya, atau menormalkan kembali kartu halo saya?

    1. Pak Fajar Rahman,

      Apakah Anda sudah memberikan password My Telkomsel Anda kepada penipu? Kalau iya, segera ganti password itu. Bila Anda ragu sebenarnya telah terjebak di bagian mana, mampir ke GraPARI Telkomsel terdekat deh.

  40. Telkomsel kartu halo memang EDAAN…!! Saya barusan terjebak oleh tawaran migrasi ke kartu halo melalui tilpun dengan iming2 segudang kelebihan. Begitu masuk ke kartu halo bukan kelebihan yh aku rasakan tapi justru kekurangan, pertama intednet jadi tambah lemot, kedua nomor saya jadi susah dihubungi..kata orang2 yg menghubungi saya nomor saya tidak aktif, pada hal hp saya selalu hidup. Yang lebih gila lagi barusan saya terima email tagihan yang besarnya sangat tidak masuk akal, yaitu Rp.1.350.000,- pada hal pemakaian saya tidak banyak berubah seperti waktu masih pakai prabayar yang sebulan tidak lebih dari 100 ribu. Makanya dah kapook migrasi ke kartu halooo…mau cabut sajaa…!!!

    1. Pak Soehartono,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

      Mengacu kepada pengalaman pribadi, berinternet via kartuHalo biasanya lebih lancar daripada bila menggunakan simPATI atau Kartu As. Namun, memang jarang ada promo buat pelanggan.

  41. KARTU HALO MEMANG GILAA MERAMPOK PELANGGAN…..! AKU BARU BULAN PERTAMA PAKAI KARTU HALO SUDAH KENA TAGIHAN Rp.1.350.000,-…!!! GILA NGGAK…! ALASANYA KATANYA BIAYA ROAMING YANG BIKIN TAGIHAN TINGGI. PADA HAL AKU CUMA SEHARI DILUAR NEGERI DAN ITUPUN CUMA 3 KALI MENERIMA TILPUN DARI TANAH AIR…MASAK BIAYANYA SEGITU TINGGI..???? GILA POKOKNYA….BAGI YANG PUNYA NIAT MIGRASI KE KARTU HALO AKU SARANKAN JANGAAAN….!!!

  42. Om HSW,
    Saya juga pengguna kartu halo. Saya perhatikan tagihan kartu halo saya pasti selalu lebih Rp.100 dari tarif yg seharusnya. Misalnya saya mau sms ke nomor lain yg biayanya Rp.240, pasti muncul di tagihan sebesar Rp.340. tapi itu hanya terjadi 1kali saja. Selebihnya tagihan yg dibebankan sesuai dengan tarif yg berlaku. Bayangkan jika ada 2 juta pelanggan pengguna kartu halo yg nasibnya seperti saya. Dalam sebulan mereka mengeruk keuntungan cuma cuma sebesar 200juta.mungkin Rp.100 tidak besar bagi pelanggan tapi jika dikumulatifkan akan sangat terasa sekali

    1. Pak Deddy Andry,

      Terima kasih atas sharing-nya. Saya malahan baru kali pertama mendengar ada kasus tersebut.

  43. Kadang jaman sekarang itu harus cari informasi yg sebenar benarnya,seakurat akuratnya,sebetul betulnya….
    Pengalaman itu berharga…..
    Byk konsumen berprofesi ganda dan byk intrik demi kepentingan diri nya atau yg lain….
    Pembangunan “image brand ” dan pencitraan masih menjadi trend…..tapi masyarakat sekarang sudah mulai jeli,pintar dan kritis tentang pemberitaan…

    1. Pak Konsumen,

      Anda menuliskan “banyak konsumen berprofesi ganda”. Boleh tolong dijelaskan maksudnya bagaimana? Saya penasaran.

  44. Pak Herry SW saya menemukan tulisan ini karena sengaja mencari apakah ada orang yang mengalami hal yang sama dengan saya. Apakah mungkin jika saya ( merasa ) tidak melakukan pembelian… apakah mungkin nomer kita di hack seseorang..walau aneh karena kuota data kan tetap kita yg dapatkan.
    Saat ini saya memiliki 2 kartu hallo dalam 1 hp.
    Kejadian pertama sekitar 6 bln lalu di kartu hallo 1 saya ( billing cycle 10 ). Biasanya saya tidak pernah mencek tagihan, tapi di bln tersebut sekitar 2 tgl 20 an saya iseng cek *888# untuk cek pemakaian. Ternyata muncul angka yang tidak masuk akal karena itu saya cek ke contact center. Menurut cc saya melakukan beberspa kali pembelian paket data ( ekstra kuota). Padahal pada tanggal tsb saya masih memiliki kuota paket data berlangganan yang cukup besar. Pembelian melalui mytelkomsel app. Yang membuat saya heran, saya tidak pernah menguduh aplikasi tersebut. Lalu saya minta petugas cc menurunkan limit ( di luar paket ) saya ke limit terendah untuk mencegah pembelian kembali, tapi menurut petugas tidak bisa. Esok paginya saya cek kembali ternyata ada pembelian paket kembali, akhirnya saya ke grapari untuk menindak lanjuti. Di grapari, saya sdh menduga saya dalam posisi lemah.. saat saya katakan tdk pernah mengunduh atau membuka mytelkomsel, petugas mengatakan orang lain bisa membuka melalui hpnya dengan memasukkan no ibu. Tapi bukankah pinnya tetap terkirim ke no saya dulu? Jawaban petugas benar bu, mungkin ibu pernah menerima sms lalu memberikan pin tersebut ke orang lain. Solusinya..akhirnya saya diminta mengunduh mytelkomsel untuk dibuatkan pin baru sehingga memblokir pin lama. Akhirnya saya minta petugas menurunkan limit di luar paket data saya ke limit 100.000
    Saat saya komplain mengapa petugas cc tidak bisa menurunkan limit sehingga ada pembelian kembali setelah saya komplain ke cc, petugas grapari mengatakan seharusnya bisa.
    Kartu hallo 2 saya, saya ambil karena awalnya ingin memisahkan penggunaan data pribadi dan keperluan sekolah. Saya aktifkan di bln Nov 2017. Ternyata di tagihan tgl 20 Januari saya kaget melihat nominal tagihan yang tidak wajar. Saat saya cek ada pembelian layanan data ( ekstra kuota ). Saat saya hub petugas cc maka saya mengetahui ada pembelian data sebanyak 3X di tgl 30 Des, 2 Jan dan 19 Januari. Saya pikir kejadian kembali melalui aplikasi ternyata melalui*363#
    Jam pembelian 7 pagi, 4 pagi dan dinihari. Saya bingung karena hp selalu dlm pengawasan saya. Petugas mengatakan mungkin keluarga saya yg melakukannya. Karena kita lebih tahu kondisi rumah maka saya katakan melihat tgl pembelian rasanya aneh. Karena petugas mengatakan anak saya ( usia 8 thn ) sudah bisa melakukannya, saya katakan di tgl 30 anak saya libur dan jam 7 pagi hp dlm pengawasan saya itupun jika dia gunakan paket saya masih banyak. Logikanya untuk apa dia beli. Lalu tgl 2 dan 19 lebih aneh lagi selain jam pembelian pada tanggal 16 sampai hari ini yang aktif adalah kartu hallo 1 saya. Dan itupun kuota sampai saat ini masih banyak. Saya mengerti jika pembelian tdk berhub dgn penggunaan data tp logika jika kuota masih banyak/ internet lancar untuk apa membeli? Ya akhirnya.. petugas menduga tetap ada yg memencet *363# untuk pembelian. Logika lagi jika anak usia 8 thn sengaja membeli paket ( padahal internetnya lancar )maka apakah memencet sim 2 terus saat melakukan pembelian. Jadi hallo 2 saya saya letakkan di sim2, begitu melakukan panggilan ada option sim 1 atau 2. Minimal acak atau biasaya sim 1 atau sim data yg aktif untuk internet? Akhirnya karena saya percaya anak saya jujur, jika habis maka dia akan katakan internetnya sdh tdk bisa..mengingat juga tgl dan jam pembelian yang tidak mungkin ..akhirnya saya berpikir mungkin saya tdk sengaja memencet*363# kemudian memencet ke pilihan2 lainnya.

    1. Bu Endang,

      Ada beberapa skenario yang terlalu kompleks untuk dikupas satu per satu. Begini saja:
      1. Nomor kartuHalo itu sehari-hari rutin dipakai untuk menelepon dan menerima telepon atau tidak? Kalau tidak, solusinya mudah. Datang ke GraPARI dan lakukan penutupan sementara. Biarkan nomor kartuHalo itu mati dulu selama 2-3 bulan, setelah itu lakukan reaktivasi.

      2. Kalau nomor kartuHalo itu sehari-hari rutin dipakai untuk menelepon dan menerima telepon, datang ke GraPARI dan mintalah petugas di sana mengganti fisik kartu SIM kartuHalo Anda tanpa mengubah nomor. Berikutnya, turunkan limit menjadi maksimal Rp100 ribu. Sudah? Langkah selanjutnya adalah login ke aplikasi My Telkomsel. Secara berkala pantau aplikasi itu dan pastikan tidak ada hal yang aneh-aneh. Begitu menemukan keanehan, segera ke GraPARI terdekat.

      1. Terimakasih pak Herry S W atas infonya.
        Saya ( kemarin ) sdh meminta bapak untuk menghapus postingan saya di atas ( tgl 26 Januari ).

        1. Bu Endang,

          Maaf, boleh tahu alasan Ibu meminta saya menghapus postingan tersebut? Bila itu benar pengalaman pribadi Anda, lebih baik dibiarkan tetap di situ agar pembaca lain yang mengalami hal serupa memiliki gambaran.

  45. Mas saya mau tanya dong cara cek rincian pemakainya gimana yah soalnya saya kan langganan telkomesel halo juga tp kok aneh yah bulan lalu tagihannya cuman 100san lebih kok bulan ini melonjak ke 400an kan bikin pusing yah mas kalo bisa saya dibantu yah mas

    1. Bu Olsya,

      Dari nomor kartuHalo itu silakan menelepon ke 133 atau 188. Kepada petugas call center yang melayani, sampaikan bahwa Anda ingin meminta kiriman detail billing via email. Anda juga bisa datang ke GraPARI Telkomsel terdekat.

  46. Selamat pagi ko HSW, ko saya mau tanya.
    Saya pengguna Pascabayar Kartuhalo. Saya lagi mengalami hal yang hampir sama. Saya biasanya nggak pernah ngecek My Telkomsel. Karena yah biasanya sesuai dengan pengunaan bulanan saya. Namun saya penasaran liat inbox di My Telkomsel dan tertera Paket Videomax Rp. 15.000 telah berakhir, dan itu ada 4 pesan di hari yang sama, kira-kira tanggal 24 Januari 2018. Saya lihat jumlah penggunaan sementara, jumlahnya bertambah Rp. 60.000. Saya berasumsi itu dari Paket Videomax tersebut. Padahal saya sama sekali nggak pernah merasa mengaktifkan paket tersebut. Apakah hal ini bisa di komplain ke GraPari. Soalnya saya khawatir akan di kira kelalaian pengguna atau sebagainya. Saya jadi bingung ko,

    1. Pak/Dani,

      Bisa saja dikomplain, tetapi biasanya itu hanya mencegah terkena lagi di tagihan berikutnya. Tagihan yang sudah keluar amat mungkin tak bisa dihapuskan.

      1. Iya pak, akan saya komplain… Saya sudah komplain via cs online, ternyata harus menunggu tagihan berjalan tersebut selesai hingga tagihan keluar baru bisa dilakukan komplain. Padahal maksud hati saya ingin komplain saat baru kejadian seperti ini tp ternyata belum bisa di record karena tagihan masih berjalan 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *