Ayo Coba Aplikasi Android Kreasi Pengembang Lokal

Ada banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang siap memperkaya ponsel Android Anda. Karya pengembang lokal pun sebenarnya bertebaran di sana lho. Sebagian di antaranya pantas Anda coba karena tergolong unik, menarik, atau bermanfaat.

Kali ini penulis menyodorkan lima judul aplikasi dulu. Penulis memilihnya karena masing-masing aplikasi memiliki keunikan, manfaat, atau sejarah tersendiri. Selamat mencicipi Anak Cerdas, Double Discount, Kuis Logo Indonesia, Kurio, dan MbakTin.

Anak Cerdas

Anak Cerdas. Aplikasi ini siap membantu orang tua yang bingung mencari aplikasi Android terbaik untuk buah hatinya. Sementara itu, berbekal Anak Cerdas, seorang anak yang masih SD mestinya dapat bermain sekaligus belajar dengan lebih gembira.

Secara umum aplikasi Anak Cerdas dikelompokkan menjadi dua bagian, Dunia Anak dan Dunia Tekno. Di Dunia Anak, orang tua dipandu mencari aplikasi edukasi, permainan, dan buku cerita yang tepat untuk anak. Anak selanjutnya tinggal menjalankannya. Di sana anak juga dapat berlatih mengerjakan soal Matematika, Sains, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia sesuai jenjang pendidikannya. Tinggal pilih mau kelas 1, 2, 3, 4, 5, atau 6 SD.

Supaya anak tak terlalu merasa sedang diuji, ajaklah ia memainkan Jelajah Seru. Anak seolah diajak berjalan-jalan ke pasar malam, pantai, dan perkemahan. Padahal, sebenarnya anak disodori berbagai soal yang harus dijawab dengan benar.

Ingin mengetahui beragam tip optimalisasi gadget alias gawai untuk anak-anak? Masuklah ke Dunia Tekno. Baca baik-baik artikel yang tersedia, kemudian praktikkan. Ini contoh judul artikel yang tersedia di sana: “Mahir Berbahasa Inggris Lewat Game” dan “Supaya Tak Lupa Mengerjakan PR”.

Double Discount

Double Discount. Aplikasibuat penggemar belanja nih. Saat berbelanja, Anda pasti pernah menemukan toko yang menawarkan diskon memakai tanda “+”. Misalnya, obral tutup toko 50% + 20%. Penawaran diskon seperti itu bukan bermakna si penjual memberikan diskon 50 + 20 = 70 persen. Yang dimaksud oleh penjual, harga awal didiskon 50 persen dulu, kemudian hasilnya dikurangi 20 persen lagi. Harga akhirnya pasti lebih mahal daripada kalau harga awal langsung didiskon 70 persen.

Dengan memanfaatkan aplikasi Double Discount, pengguna tak perlu bingung saat berbelanja. Sesuai namanya, aplikasi ini memang dibuat untuk menghitung diskon berganda seperti yang penulis contohkan di atas. Pengguna cukup memilih diskon pertama dan kedua masing-masing berapa persen. Selanjutnya, aplikasi akan menghitung dan menampilkan hasilnya.

Jadi, bila suatu saat ada ponsel Rp 1,5 juta yang didiskon 35% + 17%, Anda tak perlu pusing lagi menghitung berapa nilai akhirnya. Cukup ketikkan di aplikasi dan langsung keluar hasilnya: Rp 809.250. Beli!

Kuis Logo Indonesia

Kuis Logo Indonesia. Permainan ini sebenarnya sederhana, tetapi asyik karena membumi. Pemain harus menebak merek atau nama produk yang logonya ditampilkan. Bila dicermati, Kuis Logo Indonesia cukup toleran terhadap kesalahan ketik. Misalnya, saat yang tersaji logo Telkom Indonesia, jawaban Telkom maupun Telcom sama-sama dianggap benar.

Sebagian logo, dalam pengamatan penulis, tergolong basi. Logo operator GSM XL yang ditampilkan, misalnya, masih logo lama saat XL belum bergabung dengan grup Axiata. Sony Ericsson yang sudah almarhum dan kini menjadi Sony saja masih pula dijadikan bahan tebak-tebakan.

Kurio-1

Kurio-2

Kurio. Hanya dengan menginstalasikan satu aplikasi ini, pengguna dapat menyimak aneka informasi terbaru dari beragam situs dan portal berita. Pengguna leluasa menentukan topik yang ingin dibacanya. Topik-topik pilihan itu selanjutnya akan ditampilkan laksana kipas.

Dibandingkan aplikasi lokal lain yang memiliki fungsi serupa, BaBe alias Baca Berita Indonesia, penulis lebih menyukai Kurio. Alasan utamanya, Kurio memiliki tampilan antarmuka (user interface) yang lebih cantik dan sedap dipandang mata. Buat pengguna yang pernah memakai aplikasi Flipboard, Kurio ibarat Flipboard versi Indonesia.

MbakTin

Mbak Tin. Permainan ini terinspirasi iklan kapsul ekstrak kulit manggis Mastin yang beberapa waktu lalu sempat heboh. Tak pernah tahu? Ah, kasihan sekali. Silakan tanya Om Google dengan kata kunci heboh Mastin. Nah, sekarang sudah tahu kan.

Judul permainan ini merupakan hasil plesetan kata Mastin. Mas adalah kata sapaan untuk laki-laki, sedangkan mbak kata sapaan untuk perempuan. Karena sebelumnya sudah ada Mastin, kini MbakTin dihadirkan. Masih nyambung dengan iklan Mastin, pemain MbakTin bertugas mengekstrak kulit manggis. Permainan yang hanya dikerjakan dalam enam jam ini pantas Anda coba.

18 thoughts to “Ayo Coba Aplikasi Android Kreasi Pengembang Lokal”

  1. Koh herry minta input hape dgn layar 5″hrg max 4jt yg rekomen apa ya kalo bisa 2 pilihan? Sama keunggulan utamanya/fitur andalan mrk. Trims banget

  2. Aplikasi lokal ternyata juga bagus ya.. oh ya saya mau tanya, cara memindah aplikasi ke memori eksternal bagaimana ya pak? saya pakai LG Gpro Lite
    Terimakasih sebelumnya

    1. Bu/Pak Nur,

      Tinggal cek ke settings, apps, lalu judul aplikasi yang ingin coba dipindahkan. Kalau tak ada tombol move to SD, berarti tak bisa dipindahkan.

    1. Pak Hendra Yo,

      Oh ok. Saya baru tahu kalau ada ekstrak kulit manggis bermerek Garcia. Terima kasih atas informasinya, Pak.

  3. koh herry saya minta bantuannya, android tab lenovo saya gooplaystore no conection trus, awalnya saya clear cache dan clear data dan uninstal update

    1. Pak Elvin Prasetyo,

      Apakah koneksi internet Anda cukup stabil dan cepat? Coba dihubungkan ke Wi-Fi yang diyakini cepat dan stabil.

  4. koneksi internet cukup stabil koh, di notifikasi kiri atas ada tulisan google play service error selain play store gk bisa , youtube jg gak bisa jalan, ada tulisan update google play service, terima kasih sebelumnya

    1. Pak Elvin Prasetyo,

      Via Wi-Fi juga tak bisa? Kalau tetap tak bisa, langkah termudah silakan lakukan factory data reset dulu deh.

  5. Pagi,om..akhirnya sy beli lg 70,..sy br pertama kali makai android. Tlg petunjukny om.. 1. Os kitkat kegunaannya apa aja y? Lalu kalo di lg 70..gmn cr biar jaringan sim 1 dilock di 3G?.. 2. Kalo dibuat tlp gmn caranya make sim 2 nya? Selalu sim 1… 3. Kalo bbm..cara capture nya gmn y om? Sy uda dowload screen capture kok ga ada dibbm? Makasi y om

    1. Bu Vena,

      1. KitKat itu salah satu versi sistem operasi Android. Gunanya buat apa? Ya untuk menjalankan ponsel Anda. Kalau ponsel Anda tidak dilengkapi sistem operasi, ponsel takkan bisa dipakai.

      Untuk mengunci supaya SIM1 selalu berada di jaringan 3G, masuklah ke settings, networks, tethering & networks, mobile network, SIM1, network mode, dan pilih WCDMA only.

      2. Untuk bertelepon pakai SIM2, tekan simbol dua kartu SIM di layar bagian kanan bawah. Setelah itu, perhatikan kotak di indikator sinyal di atas layar. Kalau yang berada di dalam kotak sudah sinyal kedua (yang kanan), berarti panggilan telepon akan dilakukan via SIM2.

      3. Untuk capture, tekan dan tahan tombol volume ke bawah + power secara bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *