Bebas Pasang Kartu CDMA

Sama dengan ponsel qwerty dual on GSM-GSM, harga rata-rata ponsel qwerty triple on GSM-GSM-CDMA terus menurun. Kalau dulu peminat harus menyiapkan anggaran minimal Rp 1 juta, kini dengan Rp 799 ribu pun satu unit SkyBee 83ST sudah bisa dibawa pulang.

Ponsel yang namanya dapat dibaca sebagai SkyBee Best itu menggunakan tombol navigasi trackpad. Area kotak berwarna hitam tersebut cukup peka dan responsif terhadap sentuhan. Meski, kalau diadu dengan trackpad BlackBerry Onyx, tentu bakal bertekuk lutut.

Ukuran tombol qwerty keypad 83ST tergolong ramping. Namun, karena cukup menonjol, deretan tombol itu masih cukup nyaman bagi pengguna berjari tangan besar. Konektor mini USB di sisi kanan bodi difungsikan sebagai konektor charger, kabel data, sekaligus handsfree berkabel.

Berbeda dengan mayoritas ponsel triple on GSM-GSM-CDMA, pengguna 83ST tak perlu bingung harus menyelipkan kartu CDMA di slot mana. Silakan memasangkannya di sembarang slot. Kemudian, sisipkan dua kartu GSM di dua slot tersisa. Ponsel akan mengenalinya dengan akurat.

Sebuah kamera tanpa lampu kilat tersedia di bagian belakang bodi. Ia mampu menghasilkan foto berukuran 1,3 megapiksel dan rekaman video beresolusi 320 x 240 piksel. Anehnya, biarpun jelas-jelas tak ada flash di sekeliling kamera, pada menu kamera tersedia pilihan untuk mengatur flash.

Radio FM, memori internal 366 kilobyte, slot microSD, blacklist, bluetooth, dan lampu senter adalah sebagian spesifikasi lain 83ST. Dua aplikasi Java, eBuddy dan Opera Mini, telah diinstalasikan. Untuk membatasi akses masuk ke menu tertentu, contohnya, SMS, kontak, dan kamera, pengguna dapat mengaktifkan fitur privacy protect.

Nada dering telepon nomor GSM pertama, GSM kedua, dan CDMA bisa dibedakan. File MP3 dapat dimanfaatkan sebagai nada dering. Hal serupa berlaku pula untuk nada SMS.

Sisi minus 83ST, kapasitas buku teleponnya relatif kecil, hanya 300 nama multiple entry. Sebagai pembanding, buku telepon ponsel triple on HT Mobile G75 mampu menyimpan sampai 500 nama multiple entry. Sedangkan G78 malahan 3.000 nama.

Hal lain, kotak masuk SMS tiga nomor yang terpasang di 83ST dicampur dalam satu folder. Biarpun tetap bisa diidentifikasi, penggabungan tersebut menimbulkan sedikit ketidaknyamanan. Satu lagi. Penggunaan istilah bahasa Inggris di ponsel itu kadang agak menggelikan. Istilah flight mode yang lazim dipakai di beragam merek ponsel, di 83ST disebut sebagai fly mode.

3 thoughts to “Bebas Pasang Kartu CDMA”

  1. Overall Pak Herry kasih nilai berapa HP ini? Dibandingkan dengan Cross CB-99 berani mana Pak?

    1. Hmmm… berapa ya. Tujuh deh, Pak. CB99 saya belum pernah coba secara mendalam. Dari pengamatan fisik sih craftmanship-nya kurang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *