Beda Nasib meski Harga Sama

Sepasang ponsel candybar ini, Lenovo A125 dan CSL Blueberry i8200, sama-sama dijual dengan harga resmi Rp 499 ribu. Namun, di pasar, nasib keduanya bertolak belakang. Pemicunya bukan kinerja buruk, melainkan persepsi penjual maupun pembeli.

A125 hadir dengan bodi yang cukup elegan. Keypad-nya empuk dan berukuran cukup besar. Sangat nyaman bagi penulis yang berjari tangan besar. Tampilan layarnya halus dan terang. Sebuah konektor mini USB berfungsi ganda sebagai konektor charger sekaligus kabel data.

Nada dering telepon maupun SMS nomor pertama dan kedua dapat dibedakan. File MP3 bisa difungsikan sebagai nada dering telepon, tetapi tak dapat dipakai untuk nada SMS. Pengguna ponsel dual on GSM-GSM itu hanya memiliki lima pilihan nada SMS plus silent.

Memori internal 300,5 KB, slot microSD, black list 20 nomor, penambah suara latar, dan buku telepon 500 nama multiple entry merupakan sebagian spesifikasi lain A125. Kotak masuk SMS ponsel itu digabung. Untuk mengidentifikasi suatu SMS ditujukan ke nomor pertama atau kedua, pengguna harus mencermati angka kecil di kanan bawah ikon amplop.

Spesifikasi lain A125, di antaranya, perekam suara, radio FM yang siarannya bisa direkam, bluetooth, dan melody composer. Ponsel itu juga dibekali sebuah kamera. Kamera beresolusi VGA tersebut tanpa lampu kilat maupun autofocus. Selain untuk memotret, ia dapat difungsikan sebagai perekam video.

Dalam pantauan penulis, penjualan A125 terseok-seok. Penjual maupun pembeli menganggap harga jualnya yang Rp 499 ribu itu terlalu tinggi. Sebab, kendati Lenovo sebenarnya pantas dikategorikan merek global, persepsi pasar menganggapnya setara dengan Nexian, HT Mobile, Cross, dan puluhan merek lokal lain.

Beralih ke CSL Blueberry i8200. Ia dapat berfungsi sebagai ponsel dual on GSM-GSM maupun dual on GSM-CDMA, bergantung kartu yang diselipkan. Sama dengan A125, i8200 memanfaatkan konektor mini USB sebagai penghubung charger dan kabel data. Baterainya kompatibel dengan BL-5C keluaran Nokia.

Spesifikasi lainnya, buku telepon 500 nama multiple entry, lampu senter, bluetooth, perekam suara, memori internal 250,5 KB, dan slot microSD. Nada dering telepon maupun SMS dua nomor yang terpasang bisa dibedakan. Keduanya dapat menggunakan file MP3.

Tersedia pula kamera VGA, perekam video, alarm pengingat jadwal salat, black list 20 nomor, pengubah suara, dan radio FM. Kalau mau, pengguna i8200 bisa merekam siaran radio FM secara spontan maupun terjadwal. Untuk membatasi akses ke buku telepon, SMS, riwayat percakapan, dan file manager, pengguna cukup mengoptimalkan fitur data protect.

Harga jual resmi i8200 sebenarnya Rp 499 ribu. Tetapi, karena minat konsumen terhadap ponsel itu ternyata relatif tinggi, ada toko yang menjualnya sampai Rp 525 ribu. Umpama tingkat keempukan keypad i8200 ditambah sedikit lagi, anggaplah setara dengan Lenovo A125, ia bakal lebih memikat.

13 thoughts to “Beda Nasib meski Harga Sama”

  1. Lenovo dipasaran dianggap mahal karena GSM-GSM. Dual-GSM itu pasarannya sudah 150-300ribuan.
    Pasaran GSM-CDMA masih agak mahal dibanding dual GSM karena model yg beredar gak “sebanjir” dual GSM.

  2. Iya, Pak Indra. Makanya, biarpun sebenarnya termasuk merek global, penjualan Lenovo di pasar relatif suram. Orang menganggap Lenovo itu merek yang sama dengan Nexian, Taxco, HT Mobile, dll.

  3. Pak Cahyono, boleh dibilang sama dengan HT Mobile GC30. Secara random kala dipadukan dengan kartu RUIM CDMA, ia tak bisa dipakai mengirimkan SMS.

  4. Pak Cahyono,

    Terutama beda di casing dan layar. Jauh lebih bagus punya i8200. Kalau sudah pernah pegang i8200, lalu disodori i8100, pasti bakal merasa kurang mantap.

  5. HT Mobile GC30 masih mudah dijumpai di Plasa Marina maupun WTC. Toko-toko banyak yang punya stok kok. Kalau kesulitan menemukannya, langsung ke showroom HT Mobile di Plasa Marina lantai 2 atau WTC lantai 2 saja.

    CSL Blueberry i8200 sejak berbulan-bulan silam sudah sulit ditemukan. Terakhir yang “memborong” stok ponsel itu adalah Tiga Putera di WTC lantai 3.

  6. Pak Muchris,

    Saya belum pernah mencoba ponsel Lenovo A60.

    Btw, selain A60, kini ada A60+. Perbedaan utama di prosesornya. Kecepatan prosesor A60 650 MHz, sedangkan A60+ 1 GHz.

  7. asl.dulu saya menggunakan csl blueberry i8200,kesan saya a.l;
    # mantap digemgam,staylis,(warna grey-silver)
    # tombol empuk,ada lampu senter
    # speaker keras dan nyaring
    # ada suara panggilan palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *