Bekal Ideal Pencinta Gadget

Pernah mengetahui istilah acang? Ya, acang. Bukan kacang atau bakcang. Kata yang terdengar asing di telinga itu sebenarnya merupakan terjemahan baku kata gadget. Bila ingin membuktikannya, masuklah ke http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/glosarium/ lalu ketikkan gadget di baris istilah asing. Lihatlah istilah bahasa Indonesia yang muncul beberapa detik kemudian.

Bagi penggemar gadget eh… acang, saat ini ada dua aksesori yang idealnya selalu dibawa. Yakni, mini router dan battery box. Mini router yang sering pula disebut mi-fi memungkinkan pengguna berhemat dan berbagi koneksi internet. Satu mini router, dengan satu nomor terpasang, biasanya dapat diakses bersamaan oleh lima peranti.

Sedangkan battery box berfungsi sebagai sumber nyawa di kala pengguna beraktivitas secara mobile. Dengan battery box, pengguna dapat mengisi ulang baterai acang yang dimiliki di mana pun dan kapan saja.

Mini router ZTE AC30 Global Mobile Hotspot dan battery box Delcell P5200 merupakan contoh kombinasi yang menarik. Mengapa? Sebelum mengetahui jawabannya, ada satu informasi yang wajib diketahui calon pengguna lebih dulu.

Di pasaran, AC30 Global Mobile Hotspot memiliki dua nama alias. Yaitu, AC30 Dual Mode dan–yang paling sering digunakan–AC33. Dua nama alias itu diberikan pemilik toko untuk membedakannya dengan mini router ZTE AC30 bundel Smart yang hanya dapat bekerja di jalur CDMA.

AC33 menarik karena ia bisa dipadukan dengan kartu GSM maupun CDMA. Kala kartu GSM diselipkan ke satu-satunya slot kartu yang tersedia, pengguna bisa menikmati layanan HSPA dengan kecepatan unduh sampai 7,2 Mbps.

Sementara itu, bila dipasangkan dengan kartu CDMA, pengguna bisa merasakan layanan EvDO berkecepatan hingga 3,1 Mbps di frekuensi 800/1900 Mhz. Tentu pencapaian kecepatan maksimal itu bergantung performa operator dan paket layanan yang dipilih pengguna.

Sisi minus peranti yang dijual sekitar Rp 990 ribu itu, ia tidak dibekali layar. Jadi, tanpa terhubung ke laptop atau PC, pengguna tak bisa mengetahui kekuatan sinyal, jumlah peranti yang terkoneksi, maupun kondisi baterai secara detail.

Beralih ke Delcell P5200. Battery box tersebut pantas dilirik karena berkapasitas cukup besar, berukuran tidak bongsor, dan berharga jual rasional. Baterai lithium 5.200 mAh dibenamkan ke bodi berukuran 90 x 54 x 28 mm dengan bobot 125 gram.

Dua peranti dapat di-charge bersamaan memakai P5200. Waktu yang dibutuhkan bervariasi. Secara umum sama, bahkan lebih cepat, daripada ketika memakai charger orisinal. Sebuah lampu senter yang cukup terang tersedia di salah satu sisi P5200.

P5200 lite package yang menyertakan konektor micro USB dan mini USB dibanderol Rp 449 ribu. Sedangkan P500 full package dijual Rp 499 ribu. Bedanya, pembeli full package juga akan memperoleh kabel USB yang bisa ditarik ulur (retractable) plus konektor untuk Nokia, Nintendo, dan iPhone.

25 thoughts to “Bekal Ideal Pencinta Gadget”

  1. kalo di Yogyakarta, yang nyedia-in dellcell P5200 di mana ya ?
    Ini postng ke-1 saya di sini.
    Matur nuwun

  2. Pak MasihPelajar, berikut daftar toko yang diduga keras memiliki stok Delcell P5200. Saya mendapatkannya dari seorang teman yang tinggal di Jogja.

    GadgetPlus Yogya
    Jl. AM Sangaji no 81B
    Dekat Mie Pasar Baru
    HP 0817 079 9188

    Sentra Komunika
    Jl Affandi no 14 D
    Depan Apotek K24 (Gejayan), sebelah Veneta
    Telp 0274-9593111

    Gadget Store di Ambarukmo Plaza lantai LG. Lokasinya dekat service
    center Nokia.

    Be Smart di Phone Market Ambarukmo Plaza lantai LG.

  3. Salam sejahtera pak Herry.
    Domisili saya di cirebon-bandung, di mana ya saya bisa mendapatkan Delcell P5200? Sekiranya apa nama toko & alamatnya. Atau toko di wilayah jakarta juga boleh, kadang-kadang saya juga ke sana. Terima kasih.

  4. Salam juga, Pak Roger. Maaf baru sempat balas.

    Lokasi penjual di Cirebon saya kurang tahu, Pak. Kalau di Bandung, coba kontak Pak Johanus dengan data kontak berikut ini:
    japri : johanus@asongan.net
    bbm : 21FCC386 / ym : jo_8168
    gtalk : jo.8168 / twitter : @js8168

  5. Acang kedengarannya kurang keren ya (menurut saya pribadi). Pak, numpang tanya dong, ZTE AC30 bisa digunakan tanpa komputer/laptop kah?

    Anyway, saya senang nyasar di web ini. Salah satu web Indonesia yang ga asal copy paste, ga sekedar terjemahin web luar, atau kontennya auto generate. Terima kasih 🙂

  6. Pak Ted,

    AC30 bisa digunakan tanpa laptop/komputer. Dari ponsel maupun tablet dapat langsung terhubung ke AC30 kok.

    Oh, nemu Ponselmu.com ini secara tak sengaja ya. Seluruh tulisan yang ada di blog ala kadarnya ini saya buat sendiri. Karena itu, update-nya nggak terlalu sering. Kalau dirata-rata hanya sekitar seminggu sekali.

  7. Terima kasih infonya “Seluruh tulisan yang ada di blog ala kadarnya ini saya buat sendiri.” Karena buat sendiri, jadinya ada ciri khas dan enak dibaca 🙂 Teruskan pak

  8. Coba cari di gerai yang biasa jualan aneka aksesori, Pak. Saya kurang tahu nama toko dan alamatnya secara spesifik.

  9. Pak Charles, kalau satu jam sudah kedip-kedip merah, itu tidak wajar.

    Bapak membeli dalam kondisi baru atau bekas? Kalau beli baru, segera komplain ke penjual saja. Kalau beli bekas, berarti baterainya sudah drop.

  10. Pak Herry pernah pake modem wifi AR910?
    Untuk yg versi ZTE AR910 (bukan yg smartfren) psk Herry punya info dimana ada jual?
    Menurut pak Herry, AR910 ini bagus tidak produknya?

  11. Pak Iwan,

    Saya tak tahu AR910 bagus atau tidak. Sekadar menyentuh atau melihat wujud aslinya pun belum pernah.

    AR910 setahu saya dibundel dengan Smartfren. Jadi, bila ingin membelinya, seharusnya tersedia di Galeri Smartfren. Saya malahan belum tahu kalau ada yang menawarkan AR910 non-bundling.

  12. Salam kenal oom Herry SW, tolong dong kalo ada info spec, kekurangan dan kelebihan dr Android ZTE N880E. Dan dimana bisa di dapatkan klo di Surabaya. Makasih oom…

  13. Pak Hary,

    Saya belum pernah mencoba ZTE N880E. Saya juga belum pernah melihat ada yang menjualnya di Surabaya.

    1. Pak Dimas,

      Kalau mau yang dilengkapi baterai, silakan membeli ZTE MF90 alias mifi Bolt unlocked. Kalau yang tanpa baterai, Huawei E355 boleh dilirik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *