Belajar Bahasa Indonesia ala Esia

Sebuah kalimat bisa mengandung makna eksplisit maupun implisit. Kalau eksplisit jelas-jelas tertulis atau tersurat, tidak demikian halnya dengan makna implisit. Untuk mengetahui makna implisit, kita bukan mustahil mesti meresapi kalimat yang tersaji.

Entah kejadian yang saya alami dengan Bakrie Telecom lewat Esia-nya ini termasuk akibat saya kurang mahir mencermati makna implisit atau bukan.

Cerita berawal pada bulan lalu. Saat itu saya membaca promo berikut ini di situs Esia max-d http://max-d.myesia.com. Silakan klik untuk melihat gambar/foto dengan ukuran lebih besar.

Esia-1

Esia-2

Tertarik dengan bonus kuota 3 GB, saya yang sedang berlangganan paket Super Mega memutuskan upgrade ke paket Super Giga. Saya membayangkan akan memperoleh kuota 10 GB, terdiri atas kuota normal 7 GB dan bonus 3 GB.

Beberapa hari lalu, ketika login dan mengecek status di area member Esia max-d, saya terkejut. Total kuota saya hanya 8 GB.

Area Member

Saya lalu mengirimkan email ke customer care Bakrie Telecom di customercare@bakrietelecom.com.

Sebuah email balasan otomatis alias autoreply saya terima. Selanjutnya, tak ada email balasan yang spesifik merespons pertanyaan saya.

Karena tadi pagi masih belum ada balasan, saya iseng mengeluh via Twitter. Pengalaman saya, komplain terhadap operator seluler tertentu yang dilontarkan lewat Twitter lebih cepat direspons daripada bila saya menelepon ke call center atau mengirimkan email.

Pengalaman itu hari ini terulang lagi. Akun Twitter @SolusiEsia merespons twit saya. Informasi lengkap segera saya sampaikan kepada @SolusiEsia.

Customer care Bakrie Telecom lalu memberikan tanggapan via email. Ini isinya.

***

Kepada Yth,

Bapak Herry

Di Tempat

 

Perihal : Program Bonus Kuota

 

Dengan hormat,

Terima kasih atas kesetiaannya untuk selalu menggunakan produk Bakrie Telecom dalam menunjang aktivitas komunikasi Bapak.

Sehubungan dengan email Bapak, berikut kami informasikan bahwa :

1)    Saat ini Esia max-d memberikan promo bonus kuota untuk upgrade atau aktivasi ulang paket internet yang telah habis kuotanya, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, informasi promo ini dapat Bapak lihat melalui website kami atau klik disini.

2)    Syarat aktivasi program ini, jika kuota paket lama Bapak telah habis namun masa berlaku paket tersebut belum berakhir, Bapak dapat langsung mendaftarkan kembali (upgrade paket) yang diinginkan, dengan tanpa melakukan unreg pada paket awal dan tidak berlaku untuk perpanjangan paket.

3)    Jika kuota pada paket awal masih tersisa, lalu Bapak mendaftarkan program ini, maka kuota paket awal Bapak akan hangus dan tidak belaku akumulatif pada paket bonus kuota.

4)    Program ini tidak berlaku downgrade paket, berikut pilihan paket yang mendapat bonus kuota :

Tanggapan Esia-1

5)    Dari hasil pengecekan pada sisi sentral, kami mendapatkan informasi bahwa nomor 03192462520 :

–       Pada tanggal 25 November 2012 telah terdaftar dalam paket Super Mega dengan kuota sebesar 2GB.

–       Kemudian pada tanggal 24 Desember 2012, Bapak melakukan registrasi ( upgrade paket ) dari paket Super Mega ke Super Giga, dari promo tersebut Bapak mendapatkan bonus kuota sebesar 1GB jadi total kuota paket adalah : 8GB.

–       Berikut kami informasikan status nomor Esia max-d Bapak :

Tanggapan Esia-2

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.  Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikemukakan, Bapak dapat menghubungi kami di alamat customercare@bakrietelecom.com, website kami di www.myesia.com, twitter @SolusiEsia, dan Facebook Solusi Esia.

*** 

Email tanggapan dari customer care Bakrie Telecom segera saya respons. Intinya saya menyatakan dua hal.

Pertama, di situs resmi Esia max-d tak ada penjelasan bahwa bonus kuota untuk Super Giga terbagi dua macam. Yaitu, registrasi dari Super Mega ke Super Giga mendapatkan bonus 1 GB, sedangkan dari Super Giga ke Super Giga memperoleh bonus 3 GB.

Bila hanya merujuk pada informasi yang tersedia di situs Esia max-d, jelas disebutkan bahwa bonus hanya diperoleh kalau melakukan registrasi kembali atau upgrade paket. Nah, karena di baris Super Giga pada tabel tertulis 3 GB, sangat wajar kalau konsumen, termasuk saya, menerjemahkan bahwa bonusnya adalah 3 GB. Bahwa kemudian ternyata bonusnya cuma 1 GB, sama sekali tak tergambar maupun dijelaskan secara eksplisit  di situs.

Untuk memperkuat alasan, saya melampirkan file yang di-capture dari max-d.myesia.com.

Kedua, saya tidak mempermasalahkan uang yang sudah saya keluarkan, namun saya sangat mempermasalahkan kejelasan dan keterbukaan informasi yang disampaikan di situs resmi.

Respons berikutnya yang saya terima dari customer care Bakrie Telecom ternyata sangat sederhana. Ini penggalannya:

***

Terima kasih atas kesetiaannya untuk selalu menggunakan produk Bakrie Telecom dalam menunjang aktivitas komunikasi Bapak.

Menanggapi email Bapak, bersama ini kami berterima kasih atas kritik, saran, dan masukan konstruktif yang Bapak sampaikan yang amatlah penting bagi kami sebagai masukan untuk terus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas layanan dan produk kami. Saat ini kami telah melakukan revisi atas informasi melalui website esia max-d kami, mengenai ketentuan pada program bonus kuota tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikemukakan, Bapak dapat menghubungi kami di alamat customercare@bakrietelecom.com, website kami di www.myesia.com, twitter @SolusiEsia, dan Facebook Solusi Esia.

***

Intinya customer care Bakrie Telecom mengucapkan terima kasih dan menginformasikan bahwa informasi di situs Esia max-d telah direvisi. Benar juga. Ketika saya kunjungi, tampilan informasi telah berubah menjadi berikut:

Esia-3

Ya, informasi yang kini ditampilkan memang sudah lebih jelas daripada sebelumnya. Namun, entah sudah berapa banyak konsumen yang telah dirugikan dan tidak disadari oleh para pengguna Esia max-d itu.

Hmm… mungkin saya kurang cerdas sehingga tak bisa memahami kalimat yang tersaji di situs resmi Esia max-d. Bagaimana menurut Anda?

12 thoughts to “Belajar Bahasa Indonesia ala Esia”

  1. berarti tidak ada ganti rugi atas kurang jelasnya informasi tersebut?
    dan juga tidak ada penghargaan atas informasi (masukan dari kritik) sampai terjadi perubahan informasi menjadi lebih lengkap?

    btw, di tempat saya, di Solo, kecepatan akses internet Smartfren termasuk lumayan (sebanding dengan tarifnya), selain itu menurut saya, tarifnya juga paling murah daripada operator yang lain.

  2. Pak Yopie,

    Tidak ada.

    Saya belum pernah coba Smartfren di Solo. Sekitar dua bulan lalu saya sempat mencoba Smartfren di Jogja. Wow… kinerjanya jauh lebih bagus daripada di Surabaya. Bak bumi dengan langit deh.

  3. Ingat Lapindo = Ingat Bakrie
    Ingat Jebakan Esia = Ingat Bakrie ….
    Kalo ARB jadi Presiden …. Jebakan Lebih Maut Lagi ….

  4. Sya juga kecewa berat dgn esia, katanya super mega dapat bonus 150 MB per hari, eh gak taunya baru pake 2 hari sudah hank, gak bisa akses apa apa lagi, terlalu rumit buat nyari info kenapa2nya. Saya yakin, ini yg kedua x nya, kalo komplen ke esia jawabannya pasti disuruh isi ulang pulsa…. Saya merasa ditipu pokoknya, kapoookk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *