Belanja Aksesori Tambahan

Paket penjualan ponsel biasanya sudah menyertakan aksesori utama yang diperlukan. Misalnya, charger, handsfree berkabel, dan kabel data. Namun, suatu saat, Anda mungkin perlu membeli aksesori tambahan. Entah sebagai pengganti aksesori bawaan yang hilang, buat cadangan, atau supaya tampil lebih unik.

Penulis usai mencoba tiga item yang cukup menarik. Seluruhnya kompatibel dengan aneka merek acang alias gadget. Mungkin cocok untuk Anda yang berencana membeli charger, kabel data, dan powerbank alias portable charger.

Nokia CA-190CD

Nokia CA-190CD. Kabel sepanjang 1,2 meter dengan konektor micro USB itu merupakan aksesori orisinal Nokia. Hal yang paling menarik, ia tersedia dalam empat pilihan warna: hitam, putih, biru muda (cyan), dan merah muda (fuchsia). Pilihlah dua warna terakhir supaya terlihat tak pasaran dan lebih memikat mata.

Dijual Rp 119 ribu, paket penjualan CA-190CD termasuk sebuah pouch berbahan karet untuk menyimpan kabel. Selain transfer data, CA-190CD dapat difungsikan sebagai kabel charging untuk mengisi ulang baterai acang. Biarpun bermerek Nokia, ia kompatibel dengan acang merek lain kok.

Delcell Zaxti

Delcell Zaxti. Nama Zaxti mungkin dipilih karena kepala charger yang pipih dan berwarna putih itu memang sakti. Sakti dalam arti terbukti bisa digunakan di berbagai merek dan tipe acang. Plus, berpotensi mengisi ulang baterai lebih cepat daripada charger bawaan.

Output yang dihasilkan charger berharga jual Rp 88 ribu itu sebesar satu Ampere. Saat terhubung ke arus listrik, lampu berwarna merah di bodi Zaxti akan menyala. Sepintas sepele, namun sebenarnya bermanfaat. Pengguna minimal tahu bila suatu ketika pasokan listrik terputus.

Bazel 7000

Bazel 7000. Powerbank atau portabel charger ini berkapasitas 7.000 mAh. Ia memiliki satu port USB yang siap mengantarkan arus listrik sebesar satu Ampere. Lampu empat warna dibenamkan ke tubuh Bazel 7000 untuk menunjukkan daya baterai yang tersisa. Hijau bermakna daya baterai minimal masih 75 persen. Ketika daya berkurang, lampu berubah menjadi biru, kuning, lalu merah.

Saat lampu merah menyala, berarti daya baterai tinggal 25 persen atau lebih rendah. Bazel 7000 sebaiknya segera diisi ulang. Pengguna dapat men-charge-nya memakai charger micro USB bawaan BlackBerry, Android, atau peranti lain.

Senter_vs_Bazel

Fitur tambahan Bazel 7000, ia dilengkapi lampu senter yang mampu memancarkan cahaya ekstraterang. Jauh lebih kuat daripada rata-rata lampu senter di powerbank yang beredar di pasaran. Sekarang Bazel 7000 dijual di kisaran harga Rp 225 ribu.

22 thoughts to “Belanja Aksesori Tambahan”

  1. Pak Erfan,

    Kebetulan saya sedang di WTC. Garuda Teknik di lantai dasar saya lihat ada stok. Phone Shop di Plasa Marina biasanya juga punya.

    Umpama kesulitan mendapatkannya di dua tempat itu, langsung ke kantor cabang distributornya saja. Alamatnya di Jl Biliton 1 (sebelah Rumah Cantik Citra).

  2. saya pakai Lumia 710. Hapenya bagus dan fitur2 WP nya menarik dan addictive. Saya cuma mnyesalkan baterainya bp-l3 yg cm 1300 mAh sehingga boros. apakah baterainya bs diganti dgn yg lebih tahan lama misalnya 2000 mAh? apakah tidak berbahaya? mohon jawabannya..

  3. Pak Harvey,

    Kalau memang ada yang menjual baterai 2.000 mAh untuk Lumia 710 dan baterai itu digaransi enam bulan, silakan dicoba. Produsen baterai yang berani memberikan garansi enam bulan mestinya yakin dengan kualitas baterainya. Jadi, Anda juga boleh mencobaya.

    Kalau garansi yang diberikan cuma satu minggu, apalagi tanpa garansi, trus harganya miring banget, mending jangan deh.

  4. om herry, dellcell zaxti itu output voltasenya berapa ya? pas 5.0 Volt ato lebih?
    amankah kalo pake yang bukan bawaan handphone dengan voltase yang lebih besar?
    misal, voltase charger bawaan LG Optimus L3 Dual yaitu 5.1V 700mAh, saya sedang nyari charger non ori yang bentuknya ringkas, namun sayangnya kadang voltasenya tidak sesuai, yaitu biasanya diatas 5.1 V, misal 5.3V
    kalo chargernya 5.0V mungkin saya masih bisa menerima, tapi kalo lebih dari 5.1 V, saya takut jadi malah merusak IC power handphone

  5. Pak Heidy Ismanto,

    Delzell Zaxti output-nya 5 volt 1A.

    Saya tak paham kelistrikan. Kalau hanya beda 0,1 volt, pengalaman selama ini tak masalah sih. Kalau beda 0,3 volt, seingat saya, saya belum pernah coba.

  6. Pak Mochamad Aji Purnomo,

    Asalkan power bank-nya bukan yang berkualitas abal-abal, mestinya tak masalah kok.

  7. Pak Mochamad Aji Purnomo,

    Boleh tahu anggaran Anda berapa dulu? Kalau harga tak masalah, silakan sekalian mencari merek Energizer, MiLi, atau Sony.

    Bila Anda mencari yang harga rasional dan kualitas bukan abal-abal, silakan membeli merek Delcell.

    Dengan kebutuhan Anda, power bank berkapasitas sekitar 5.000 mAh sudah sangat memadai.

    Saya belum pernah mengetahui power bank merek Bezzel. Kalau Bazel, saya pernah tahu. Itu satu grup dengan Delcell. Boleh dibilang Bazel itu lapis keduanya. Jadi, menurut saya, lebih baik sekalian membeli Delcell.

  8. Pak Mochamad Aji Purnomo,

    Tidak ada power bank Delcell yang persis di 5.000 mAh. Alternatif yang paling mendekati ada dua tipe:

    * Delcell P6000.
    Harga resminya Rp 430.000. Kebetulan saya pernah me-review-nya. Ini tautannya http://ponselmu.com/bentuk-sama-kapasitas-berbeda/

    * Delcell P5800.
    Harga ritel yang disarankan Rp 299.000. Saya belum pernah mencobanya.

  9. Pak Mochamad Aji Purnomo,

    Yang mau dibeli LG Optimus L3 atau Optimus L3 Dual?

    Kalau Optimus L3, masih memungkinkan dengan konsekuensi dana yang tersisa hanya cukup untuk membeli power bank yang bukan berkualitas terbaik. Namun, nggak sampai yang berkualitas ala kadarnya.

    Tapi, kalau yang ingin dibeli Optimus L3 Dual, sisa dana tidak cukup untuk membawa pulang power bank berkualitas cukup bagus.

  10. Pak Herry,

    Saya sdh beli tuh powerbank bazel 7000 mah, tp cuma mampu mencharge lenovo p700i saya 1 kali saja…habis itu lgs jd kuning deh indikatornya…kayaknya powerbank ini akan saya fungsikan sbg senter saja…hehehe…

  11. Pak Budi,

    Apakah pemakaian sudah melewati siklus charging 3-4 kali? Kalau sudah dan selama charging P700i dalam kondisi padam, langsung klaim garansi saja, Pak.

  12. Pak Budi,

    Sayang kalau beli mahal-mahal, trus Bazel 7000-nya cuma dijadikan lampu senter. Ayo klaim garansi. Itu hak Bapak sebagai konsumen.

    1. Pak Andi,

      Sudah lama saya tidak menjumpai gerai yang menjual CA-190CD. Saya terakhir kali melihatnya di gerai Sentra Ponsel sekitar setengah tahun silam. Sekadar info, gerai Sentra Ponsel biasanya berada di mal atau pusat penjualan ponsel.

  13. Bp. Herry SW

    Maaf kalau out of topic, mohon info nya pak apakah ada efek / pengaruh tertentu apabila baterai sebuah gawai diganti menggunakan baterai non original – double power, semisal baterai perangkat BlackBerry Q10 saya ganti menggunakan baterai double power keluaran hipo karena saya merasa baterai bawaan dari Q10 sangat cepat habis.

    1. Pak Aditya W,

      Kalau baterai non-orisinal yang dipakai berkualitas abal-abal, hal itu dikhawatirkan dapat berdampak buruk terhadap ponsel.

      Soal baterai double power, ada satu hal yang perlu saya sampaikan. Saat ini di pasaran ada banyak baterai yang mengklaim dirinya sebagai baterai double power. Di sisi lain, perkembangan teknologi baterai ponsel tergolong lambat.

      Ketika ingin membeli baterai yang dibilang double power, bandingkan ukurannya dengan baterai orisinal bawaan ponsel. Apakah panjang, lebar, dan tebalnya sama? Kalau iya, dapat dipastikan baterai double power itu tidak benar-benar double power. Sampai saat ini, mustahil menciptakan baterai ponsel dengan kapasitas ganda (double power), tetapi dimensi fisiknya sama.

      Baterai ponsel dengan dimensi fisik sama maksimal hanya bisa ditingkatkan kapasitasnya sekitar sepuluh persen. Anggaplah baterai bawaan ponsel berkapasitas 2.000 mAh. Dengan panjang, lebar, dan tebal yang sama, baterai itu maksimal bisa dijadikan berkapasitas 2.200 mAh saja.

      Kalau Anda mau baterai double power beneran, baterai itu pasti akan jauh lebih tebal daripada baterai bawaan. Penutup baterai orisinal otomatis takkan bisa dipakai lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *