Bentuk Sama, Kapasitas Berbeda

Kalau ponsel tipe baru idealnya memiliki bentuk yang juga baru, hal itu tak sepenuhnya berlaku untuk portable charger alias battery box. Delcell, merek yang identik dengan baterai dan battery box, telah membuktikannya. Hasilnya, tetap dilirik konsumen kok.

Battery box terbaru Delcell P6000 sepintas sama dengan tiga battery box generasi sebelumnya. Perbedaan utama yang sangat kentara hanya pada warna bodi. Bodi P6000 berwarna putih dengan kombinasi hitam. Sebelumnya, telah beredar Delcell G2600 dengan bodi hitam kombinasi hijau maupun P4000 yang berwarna putih dengan aksen pemanis oranye. Ada pula P5200 yang hadir dengan bodi hitam berpadu merah.

Dibandingkan battery box keluaran terdahulu, P6000 memiliki baterai internal lebih besar. Sesuai angka tipenya, ia dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh. Keluaran atau output maksimal yang bisa dihasilkan adalah 2 Ampere.

Tersedianya dua port USB memungkinkan pengguna mengisi ulang baterai dua gadget secara bersamaan. Kala listrik mendadak padam, lampu mungil di bodi P6000 siap difungsikan sebagai senter darurat.

P6000 dibanderol dengan harga resmi Rp 499 ribu. Tak sedikit penjual yang mematok harga lebih murah, “hanya” Rp 450 ribu. Paket penjualannya tergolong komplet. Selain buku manual dan kantong penyimpan, terdapat dua varian kabel USB. Satu panjang, satu lagi pendek.

Setiap pembeli P6000 akan memperoleh konektor micro USB, mini USB, Samsung, dan Nokia. Ada pula konektor untuk Apple iPhone, iPad, dan iPod. Sering memainkan game console? Baterai gadget itu juga dapat diisi ulang memakai P6000. Konektor yang kompatibel dengan Sony PlayStationPortable (PSP) dan aneka varian Nintendo DS disertakan dalam paket penjualan.

Konektor pengisi ulang baterai internal P6000 sebenarnya berwujud mini USB. Meskipun demikian, pengguna tetap bisa men-charge P6000 memakai charger berkonektor microUSB. Sebab, sebuah konverter dari micro USB ke mini USB pasti diperoleh oleh setiap pembeli battery box tersebut.

Sama dengan battery box Delcell yang meluncur lebih awal, kinerja P6000 tergolong memuaskan. Kalau dikomparasikan dengan aneka battery box yang kini berseliweran di pasar, P6000 bukan yang termurah. Namun, aksesori berdimensi fisik 90 x 54 x 28 mm dan berat 125 gram itu mempunyai keunggulan layanan purna jual.

Apa saja? Eksistensi Delcell tergolong jelas. Klaim garansinya pun dikenal mudah. Selama masa garansi yang berlaku selama enam bulan, barang yang bermasalah biasanya langsung diganti dengan barang baru.

8 thoughts to “Bentuk Sama, Kapasitas Berbeda”

  1. Bagaimana dengan battery box yang lain Pak Herry?
    Hingga saat ini apakah battery box merk Delcell ini yang Pak Herry rekomendasikan, atau ada yang lain? Terima kasih.

  2. Pak Budi,

    Ya, Delcell adalah salah satu merek battery box yang saya rekomendasikan. Sebab, secara umum performanya oke. Kesepadanan harganya juga bagus.

    Merek lain yang layak dicoba: MiLi dan Energizer.

    Ada yang bilang merek Yoobao juga bagus, tetapi saya belum pernah mencobanya sendiri.

  3. Nah, di tabloid nyata Pak Herry kan juga sudah mencoba battery box merk MiLi yaitu Power Star dan Power Matrix.
    Sekarang bagaimana pendapat Pak Herry, jika dilihat dari performa, kesepadanan harga dan layanan purna jualnya.
    Manakah yang direkomendasikan? 🙂
    Terima kasih.

  4. Pak Budi,

    Karena ada unsur kesepadanan harga, Delcell lebih unggul daripada MiLi. MiLi harganya memang premium. Keunggulan produk MiLi, desainnya cantik dan finishing-nya benar-benar prima.

  5. saya mempunya delcell g2600 tetapi kabel datanya hilang, sehingga tidak bisa digunakan..apakah pak herry ada referensi toko untuk membeli kabel data yang sesuai karena saya cari tp saya bingung dan takut tidak cocok

    terima kasih

  6. Pak Papan,

    Asumsinya S890 di-charge dalam kondisi padam ya. Hitungan kasarnya, P6000 mampu mengisi ulang S890 dua kali. Satu kali sampai penuh dan satu kali lagi hampir penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *