Ber-BBM di Android, Yuk!

Tanpa gembar-gembor, BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android akhirnya resmi meluncur. Penulis telah sukses menginstalasikan dan menjalankannya pada 22 Oktober 2013 menjelang pukul 02.00. Tulisan ini mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan. Tentu saja, jawaban atas pertanyaan tersebut juga penulis sertakan. Semoga bermanfaat!

BBM Android-8

Saya ingin mencoba BBM untuk Android. Bagaimana cara menginstalasikannya?

Langkah termudah, bukalah browser bawaan ponsel Android Anda, lalu arahkan ke www.bbm.com/android. Ponsel akan memandu Anda menuju ke halaman instalasi BBM di Play Store. Pilih install, lalu ikuti petunjuk yang tampil di layar ponsel Anda.

BBM Android-4

Saya sudah sukses menginstalasikan BBM di ponsel saya. Namun, saya belum berhasil login. Saya disuruh menunggu kiriman email dulu. Apakah memang begitu?

Peminat BBM untuk Android memang luar biasa besar. Informasi yang penulis dapatkan, hanya dalam 24 jam setelah diluncurkan, BBM untuk Android dan iPhone sudah diunduh lebih dari sepuluh juta kali. BBM berada di peringkat teratas aplikasi gratis di lebih dari 75 negara.

Kondisi itu membuat BlackBerry harus memberlakukan semacam antrean kepada peminat BBM yang belum mempunyai BlackBerry ID atau belum pernah mendaftar di BBM.com. Efektif mulai 28 Oktober 2013, seharusnya sudah tak ada antrean lagi. Peminat langsung disodori pilihan login dengan BlackBerry ID lama atau membuat BlackBerry ID baru.

BBM Android-1

BlackBerry ID? Apakah itu? Apakah berbeda dengan PIN?

BlackBerry ID atau lazim disingkat BBID adalah akun yang digunakan untuk login ke BBM. Username BBID berupa alamat email Anda. BBID berbeda dengan PIN. Mudahnya, PIN ibarat “nomor telepon” BBM Anda. PIN terdiri atas delapan karakter. Pengguna BBM untuk Android akan mendapatkan PIN yang diawali angka 7.

BBM Android-2

Saya menggunakan ponsel Android merek lokal. Apakah bisa dipakai ber-BBM?

Persyaratan memakai BBM bukan masalah merek lokal atau global. Di situs resmi BBM dijelaskan, supaya bisa ber-BBM, peranti Anda minimal bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. BBM tidak dapat digunakan di tablet.

Ponsel saya sudah Ice Cream Sandwich (ICS), tetapi waktu saya coba mengunduh aplikasi BBM, eh… dibilang tidak kompatibel. Mengapa?

Kondisi itu dialami oleh sebagian pengguna ponsel Android yang dari sisi versi sistem operasi seharusnya kompatibel. Solusinya, silakan menggunakan “jurus suntik” alias mengunduh aplikasi resmi BBM bukan langsung dari Play Store. Arahkan browser ponsel keย http://goo.gl/SM9Ihn dan unduhlah. Instalasikan aplikasi BBM itu dan ikuti petunjuk yang tersaji di layar.

Selama ini saya memakai BlackBerry Onyx. Kontak saya ada sekitar 300 nama dan dua grup BBM. Kalau saya beralih ke Android, apakah kontak itu otomatis bisa pindah?

Bisa pindah otomatis, asalkan Anda login menggunakan BBID yang sama. Langkah-langkahnya, untuk sementara padamkan Onyx Anda. Instalasikan BBM di Android dan ikuti petunjuk yang tampil di layar. Berikutnya, login-lah memakai BBID yang sama dengan di Onyx. Kalau muncul pertanyaan switch your BBM?, tekanlah tombol Switch BBM. Proses migrasi kontak dari Onyx ke Android segera dimulai. Seluruh kontak dan grup BBM normalnya akan pindah. Namun, rekaman percakapan alias chat history takkan ikut pindah.

BBM Android-6

BBM untuk Android katanya tak bisa buat tablet. Tetapi, teman saya kok ada yang bisa ya?

Ya, resminya BBM tidak kompatibel dengan tablet. Praktiknya, sebagian tablet Android ada yang sukses mengunduh aplikasi BBM langsung dari Play Store. Sebagian lagi baru berhasil setelah ย menerapkan “jurus suntik”. Informasi mengenai “jurus suntik” telah penulis jelaskan di atas.

Sampai sekarang saya belum berhasil ber-BBM di Android. Selalu muncul tanda pentung berwarna merah. Apa jalan keluarnya?

Tanda pentung berwarna merah biasanya muncul bila koneksi internet kurang stabil dan cepat. Cobalah mencari koneksi internet yang lebih stabil. Boleh pula memanfaatkan Wi-Fi. Selama proses pengaturan awal maupun migrasi kontak, idealnya Anda mendapatkan koneksi internet yang relatif cepat sekaligus stabil.

BBM Android-3

Apakah di Android juga ada grup BBM? Berapakah jumlah maksimal anggota dalam satu grup?

Ya, di Android juga tersedia grup BBM. BlackBerry menyatakan satu grup BBM maksimal terdiri atas 30 anggota alias 30 PIN. Dalam uji coba yang dilakukan penulis dan beberapa rekan, jumlah anggota grup sempat menembus 37 PIN. Uniknya, tampilan di peranti BlackBerry masing-masing anggota bisa berbeda-beda. Di layar acang A mungkin terlihat hanya ada 33 anggota, di B tampak 35 anggota, sedangkan di C muncul 37 anggota.

BBM Android-5

BBM Android-7

Saya memakai ponsel Android dual SIM GSM-GSM. Apakah berarti saya akan mendapatkan dua PIN untuk ber-BBM?

Tidak. Anda tetap memperoleh satu PIN saja. Adanya dua nomor GSM di ponsel yang Anda gunakan tidak berhubungan dengan jumlah PIN yang Anda dapatkan.

Sekarang saya memakai Samsung Galaxy S4. Minggu depan saya berencana membeli LG G2 atau Sony Xperia Z1. Apakah PIN saya akan berubah?

Ya, PIN Anda pasti berubah. PIN lama maupun baru akan diawali dengan angka 7.

48 thoughts to “Ber-BBM di Android, Yuk!”

    1. Pak Fauzi,

      Saya pernah ber-BBM di Android dengan 280 kontak dan satu grup BBM. Konsumsi baterai tidak berbeda signifikan. Namun, sehari-hari saya memang tidak aktif banget ber-BBM ya.

      Sekadar pembanding, ada teman yang biasanya memang aktif sekali ber-BBM di peranti BlackBerry. Dengan perilaku yang sama, dia ber-BBM di Android. Hasilnya, menurut dia, konsumsi baterai ber-BBM di Android sekitar dua kali lebih boros daripada ber-BBM di BlackBerry.

  1. yg saya maksud pemakaian smartphone android di bandingkan menggunakan handset blackberry di sisi konsumsi daya baterainya dalam sehari?..

    1. Pak Dhan,

      Saat memakai BBM di Android, dengan 280 kontak dan satu grup BBM, konsumsi data saya sekitar 20 MB per hari. Saya merasa lebih boros daripada WhatsApp, tetapi tak serakus yang akhir-akhir ini digosipkan lewat pesan berantai.

  2. sepertinya HP Lenovo diatas S820 ya pak Herry? kalo iya,itu berarti tebakan saya sekaligus jawaban utk pak Ridho nih. ๐Ÿ™‚

    spesifikasi lenovo S820 cukup menarik utk di review. Saya ada baca di rubrik lain & kesimpulannya dari review yg saya baca cukup memuaskan.

    1. Pak Chely Sutio,

      Benar, itu Lenovo S820. Review akan muncul dalam beberapa hari lagi. Kesimpulan akhir memang cukup bagus kok.

  3. Memang ada Isue yang di-hembuskan Pedagang2 BB kalo BBM pake Android akan =
    1. Boros BBM
    2. Nyedot Pulsa

    Namun setelah saya coba dg BB Amstrong dengan Cross A7S ternyata =
    1. Lebih awet pake Android, memang 1-2 pertama = terlihat Boros, karena ada File Lain yang didownload dari Server BB. tapi > 3 hari = Stabil = Pake Android Baterai lebih Awet
    2. Pulsa Aman
    3. Lebih Stabil
    4. Pesan Selalu Terkirim

    Kesimpulan = Mending pake Android = Lebih Murah + Stabil + Pesan selalu Terkirim

  4. Sebenarnya semlm awalnya saya sudah mau menulis itu Lenovo S720 karena hampir mirip sekali dgn S820. Setelah bolak balik lihat gbr Lenovo yg dipegang pak Herry dgn file2 document ttg HP Lenovo yg tersimpan di laptop saya,barulah saya menulis tebakan saya ;
    ” Lenovo S820″

    Yang membedakan secara kasat mata tampilan S820 dgn S720,adalah di earpiece (lubang speaker diatas).
    Kalo lubang speker diatas dibuat sama dgn S720,mungkin saya tdk bisa berani menebak sama sekali. ๐Ÿ™‚

    1. Pak Chely Sutio,

      Wah, sepertinya penggemar ponsel Lenovo ya. Buktinya, menyimpan dokumen tentang ponsel itu di laptop.

  5. Yah…mungkin sejak pengalaman memakai Lenovo S880 akhir Desember 2012 itu,saya jadi tertarik dgn perkembangan produk2 HP Lenovo.
    Lenovo S880 selain kamera minus lampu flash,sisanya OK banget..

    Soal daya tahan banting,sudah jatuh beberapa kali (min 4 kali) msh OK & terakhir jatuh 1 minggu lalu,dari kantong baju ke lantai kira2 1-1,2 meter.

    Saat itu lg di Hypermart, saya kira HP S880 tsb sudah masuk dlm kantong baju saya, jadi saat tangan melepas pegang HP tsb….yah terjun bebas Lurus ke bawah macam “Buggy Jumping”.
    Casing blkg & batere lepas semua,tapi syukurlah saat msh di nyalakan,no problem.

    Saat ini memang saya lagi berniat mencari HP cadangan dgn layar min 5″ serta kamera dgn flash & utk tipe Lenovo yg lg saya pertimbangkan cuma S890/S920.
    Kebetulan saya sudah membeli 2 buah batere S880 dari China & sudah memakai 3 bln batere tsb msh prima. Hrgnya CNY 38/pcs tampilan & berat batere tsb persis mirip batere aslinya kecuali teksnya aja huruf China.
    Kalo S920 bisa memakai batere S880,mungkin itu yg akan saya pinang (kalo S890 baterenya sama dgn S880).

    Apakah pak Herry bs kasi saran/masukan buat saya biarpun selain S890/920 diatas dgn layar 5″ & kamera ada flash ? ๐Ÿ™‚
    Terima kasih.

    1. Pak Chely Sutio,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Terkait pertanyaan di paragraf terakhir, apakah perlu dual SIM? Kalau tidak, ada LG G2 dan Sony Xperia Z1 yang sangat menggiurkan. Kamera juga mantap dan dibekali lampu kilat.

    1. Pak Fauzi,

      Ayo kirimkan ponselnya ke saya. Ntar saya review-kan. Btw, Motorola G kan baru diumumkan. Belum sampai ke sini deh ponselnya.

  6. Trima kasih atas pencerahannya,pak Herry. Saya lg menunggu review LG G2 lite. Kalo tipe saran pak Herry,mmg mantap tapi hrgnya msh terasa pedas di kantong :-D.

    pak Herry pernah mengulas smartfren Andromax U & adakah merk HP apa yg pak Herry tahu lampu flashnya sepowerful Andromax U??

    Saya sudah mencoba memotret dgn HP Nokia 5800 & Sony Ericsson K770 tapi gbrnya msh gelap dibanding hasil foto Andromax U anak saya.
    Ada keinginan saya utk mencoba beli Andromax U2 tetapi entah lampu flashnya sama tdk dgn Andromax U. Kalau lampu Flash cameranya tdk seterang Andromax U,saya rasa lebih baik mengambil Andromax U Limited Edition.
    terima kasih & maaf kalo saya terlalu byk merepotkan pak Herry.

  7. Ya benar,LG G Pro Lite (saya yg salah tulis G2 Lite). Saya sudah baca 2 hari lalu di website “T****U*.com” setelah bls email pak Herry. Hasil kesimpulan review mereka sih…Ok tapi kualitas layarnya kurang “worthy” dgn harganya.

    terima kasih atas pencerahannya. ๐Ÿ™‚
    Sekarang saya akan baca review pak Herry ttg Lenovo S820.

    1. Pak Adi,

      Anda menerima broadcast ya? Abaikan saja. Itu cuma isu yang kebenarannya pantas diragukan satu juta persen.

  8. Berarti bila PIN yang pertama kali kita dapat dengan email ID tertentu kurang cantik (menarik), maka bikin baru email addressnya kemudian sign in di BBM. Siapa tahu dengan coba2 seperti ini bisa dapat PIN yang cantik.

  9. Ko Herry, kenapa ya bbm saya di android ( Samsung Galaxy Grand ) , gak bisa ganti display picture nya ya?
    Apa ada settingan yg salah, mohon pencerahannya.
    Satu lagi Lenovo P780 dan S 920, mana yg lebih layak dipinang?
    Terima kasih

    1. Pak Victor,

      Foto yang hendak dijadikan display picture BBM coba Anda resize dulu menjadi berukuran VGA. Setelah itu, Anda tinggal memilihnya dan berharap jaringan sedang lancar.

      Soal P780 dan S920, saya belum pernah menguji pakai keduanya. Sehingga, tak tahu mana yang lebih layak dibeli.

  10. Pak Herry… Sy mgunakan hp lenovo s820 dan mnambahkan micro sd utk mnyimpan history bbm, foto, dlll. Bgmn ya cara setting di hp-nya agar history bbm dan foto dpt otomatis tsimpan di micro sd tsb?

    1. Bu Santi,

      History BBM setahu saya akan selalu tersimpan di memori internal.

      Untuk foto, silakan masuk ke menu storage, lalu ubahlah default write disk ke external storage.

    1. Pak Adi,

      Sebelumnya ber-BBM di peranti BlackBerry atau Android? Kalau di peranti BlackBerry, apakah dulu sudah memakai BBM versi 7?

  11. Yup, storage foto sdh sy setting sesuai arahan Bpk td. Tapi ttg history bbm, sy tdk mnemukannya di internal memory ๐Ÿ™ Apa memang tdk tsedia fasilitasnya, ya? Anyway…terimakasih share infonya, pak ๐Ÿ™‚

  12. Bagaimana cara membuat alinea/paragraf baru di bbm di ipad. Saya kesulitan utk men seting alinea / paragraf baru pak…..

    1. Pak Chairil,

      Saya sudah lama sekali tidak memakai iPad. Terakhir pakai zaman masih iPad 1. Jadi, saya lupa tampilan papan ketik virtualnya seperti apa. Apakah tak ada tombol Enter?

      Kalau tak ada, terpaksa coba pakai jurus akal-akalan. Ketikkan dulu di note, misalnya, baru kemudian di-copy paste ke BBM.

  13. Nanya ni,sy pke galaxy core duos gsm-gsm.klo simpan gambar dr bbm grup ga bs otomatis ya? caranya buat otomatis spt di hp blackberry gmn ya? Klo gambar dr wa bs otomat ke simpen di hp.

  14. Pak.. Saya pakai lenovo s820 langsung aka ya pak.
    Setiap saga ganti DP bbm or WA selalu muncul sayangnya bbm and a terhenti atau sula muncul sayangnya layanan exchange terhenti. Mohon petunjuknya pak..
    Tnx B4

    1. Pak Pras,

      Notifikasi yang muncul “exchange services has stopped” ya? Kalimat tepatnya saya tak hafal. Kalau iya, coba masuk ke settings, apps, all, lalu cari email. Berikutnya, lakukan clear data dan clear cache.

      Khusus BBM, coba lakukan update di Play Store dulu.

  15. Saya pakai Advan T1J..
    Group BBM saya ada 6 group,tp saat saya hapus 2group ,beberapa menit kemudian group yang saya hapus tadi muncul lagi.Gimana tuh gan?
    Saat group baru masuk,saya juga tidak bisa menyimpan group yang baru tersebut. Mohon bantuannya y gan.
    Trims

    1. Bu Meli,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Harap tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini. Kebetulan saya bukan pengguna BBM. Jadi, terus terang, saya tak mengetahui jawabannya. Rekan-rekan, adakah yang bisa membantu Bu Meli?

  16. Pak saya mau nanya,saya punya hp mereknya LG E-450 Kok pas saya setelah instal bbm mau mask gak bisa cuma ada gambar bmm lalu keluar otomatis,gman tuh caranya biar bisa bbm.trmksh

    1. Pak Imantaka,

      Oh, berarti Anda memakai LG Optimus L5 II ya. Bisa jadi aplikasi BBM kebetulan tidak kompatibel dengan ponsel itu.

    1. Pak/Bu Raya,

      Aduh, Anda ini mengirimkan pertanyaan pakai bahasa apa tho? Tuliskan dengan lengkap gitu lho. Jangan disingkat-singkat plus menggunakan gaya penulisan alay.

      Sepertinya pertanyaan Anda berhubungan dengan BBM ya. Maaf, saya tak tahu. Kebetulan saya bukan pengguna rutin BBM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *