Beras Bisa Jadi Penyelamat

Setelah dikeringkan sebisanya, ponsel yang usai terendam air hujan idealnya segera dibawa ke pusat perbaikan resmi atau tempat servis independen. Bagaimana bila di sekitar Anda kebetulan tak ada gerai perbaikan ponsel yang buka? Anda dapat melakukan langkah lanjutan yang sebenarnya pantas diberi label darurat. Faktor keberuntungan juga sedikit berperan.

Alternatif pertama, gunakan silica gel. Butiran-butiran kecil seperti kristal itu sering disertakan saat kita membeli biskuit kaleng, obat, sepatu, atau suku cadang komputer. Kumpulkan silica gel yang biasanya relatif tak diperhatikan itu dari berbagai tempat di rumah Anda.

Kalau di rumah tidak tersedia silica gel dalam jumlah memadai, Anda dapat membelinya di apotek atau toko penjual kamera. Gerai penjual peralatan rumah tangga dan perkantoran kadang juga menyediakannya. Beli berapa banyak? Minimal 100 gram deh. Agar hasilnya lebih maksimal, penulis merekomendasikan pembelian 500 gram.

Penjual biasanya telah mengemas silica gel dalam klip pastik. Lubangi plastik itu memakai tusuk gigi, jarum, atau peniti. Masukkan silica gel dan ponsel ke kaleng atau wadah plastik yang kedap udara. Tutuplah dengan rapat. Biarkan ponsel tersimpan di sana sampai Anda sempat membawanya ke gerai perbaikan ponsel.

Kalau Anda ingin coba mengaktifkan ponsel tanpa memeriksakannya ke gerai perbaikan ponsel, hal tersebut baru boleh Anda lakukan minimal tiga hari kemudian. Makin lama tenggang waktunya makin baik.

Alternatif kedua, benamkan ke beras. Ya, beras bisa menjadi penyelamat ponsel Anda. Ambil tempat kosong berpenutup dan isilah dengan beras. Beras yang dipakai tak perlu dicuci, apalagi dimasak dulu. Sebab, kalau dimasak, jadi nasi dong. He… he… he….

Benamkan ponsel ke beras tersebut. Beras selanjutnya akan mengisap air yang mungkin masih bersembunyi di ponsel. Ingat, seluruh bodi ponsel harus “bersembunyi” di dalam beras. Kalau masih ada bagian ponsel yang terlihat, berarti wadah yang Anda gunakan kurang besar atau beras yang Anda tuangkan kurang banyak.

Ketika Anda hendak membawa ponsel yang kelar berbasah-basah itu ke tukang servis, Anda baru dipersilakan mengeluarkannya dari beras. Bolehkah coba dinyalakan? Boleh, asalkan ponsel itu sudah terbenam di beras paling sedikit tiga hari. Bila Anda berencana tidak membawa ponsel tersebut ke gerai perbaikan ponsel, penulis menyarankan Anda membiarkannya dikubur beras selama satu minggu.

4 thoughts to “Beras Bisa Jadi Penyelamat”

  1. alhamdulillah bnr2 terbukti. 3 minggu lalu hp sy masuk k dalam air, lalu layarnya mnghitam. dcoba dkeringkan pke kipas lalu hair dryer slma 3 hari, ktka dihidupkan layar tetap hitam, lalu bergambar warna warni seperti deadpixel semua. lalu saya cari info d google. ternyata ada tips agar dijemur lalu dimasukan ke dalam plastik berisi beras selama 1 pekan sampai 10 hari. saya coba alhamdulillah hp berfungsi seperti semula seperti tdk pernah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *