Berkreasi dengan Lensa Konde

Pengguna ponsel berkamera yang ingin menghasilkan foto unik sekaligus kreatif kini memiliki pilihan “senjata penunjang”. Di pasar sedang marak lensa tambahan untuk kamera ponsel. Lensa itu tidak memiliki nama paten. Ada yang menyebutkannya extended lens, ada pula yang mengistilahkannya creative lens atau cute lens.

Ketika lensa tersebut dipasangkan ke kamera ponsel, ponsel seolah memiliki sanggul atau konde. Jadi, supaya lebih mengindonesia, kita namakan lensa tambahan itu sebagai lensa konde. Setuju?

Dalam pantauan penulis, ada empat jenis lensa konde yang beredar. Yaitu, tele, wide, fish eye, dan macro. Lensa tele berfungsi memperdekat objek yang sebenarnya berada di kejauhan. Lensa wide pantas digunakan di lokasi sempit. Misalnya, saat ingin memotret teman-teman yang berkaraoke bersama di sebuah ruangan.

Sementara itu, lensa fish eye akan memberikan efek cembung yang menawan. Terakhir, lensa macro. Ia siap membantu pengguna mengabadikan objek berukuran mungil dari jarak dekat. Misalnya, ingin memotret putik bunga, lebah, dan nyamuk.

Harga lensa konde bervariasi. Yang termurah Rp 190 ribuan. Sedangkan yang termahal mendekati Rp 700 ribu. Semakin panjang lensa tele, semakin mahal pula harganya. Sedangkan lensa fish eye biasanya dibanderol lebih mahal daripada lensa wide.

Dapat dipakai di ponsel apa? Lensa konde bersifat universal. Ia siap dipadukan dengan aneka merek dan tipe ponsel. Hendak digunakan di tablet pun sebenarnya bisa.

Paket penjualan lensa konde termasuk ring atau logam bundar berperekat. Tempelkan ring itu mengelilingi lensa kamera ponsel. Bila suatu ketika lensa konde akan digunakan, dekatkan lensa ke ring. Daya tarik magnet membuat lensa menempel erat di ponsel.

Sebelum memutuskan membeli lensa konde, saran penulis, cermati permukaan di sekitar kamera ponsel yang Anda gunakan. Kalau terlalu cembung atau cekung, sebaiknya Anda berpikir ulang. Sebab, ring lensa konde takkan bisa melekat erat di permukaan yang amat cembung atau cekung. Risiko lensa lepas tanpa sengaja lebih besar.

Sebaliknya, kalau permukaan di sekitar kamera ponsel ternyata datar, silakan meneruskan rencana bertransaksi lensa konde. Ring lensa seharusnya bisa melekat dengan maksimal. Daya rekat juga masih cukup optimal bila permukaan di sekeliling kamera ponsel tak terlalu cekung atau cembung.

***

Bagaimana hasil jepretan kamera ponsel yang dipadukan dengan lensa konde? Penulis melakukan eksperimen memakai ponsel Sony Ericsson Xperia ray dan tiga lensa konde bermerek Tanla.

Lensa pertama berjenis 2-in-1. Ia bisa difungsikan sebagai lensa wide 0,68x maupun lensa macro. Item kedua berupa lensa fish eye 0,28x, sedangkan lensa ketiga berjenis tele 4x. Silakan mengamati hasilnya. Ada keterangan tambahan yang penulis berikan di bawah masing-masing foto.

Pemotretan gedung perkantoran di atas dilakukan tanpa memakai lensa tambahan.

Pemotretan dilakukan memakai lensa wide. Papan reklame di sebelah kiri dan bangunan gedung di kanan, yang sebelumnya tidak terlihat, kini tampak sebagian. Demikian pula dengan jalan raya dan kendaraan bermotor.

Memakai lensa fish eye. Tampilan terlihat lebih luas dengan efek cembung. Padahal, lokasi pemotretan tidak berubah. Penulis berdiri di tempat yang sama.

Dengan lensa tele, nama gedung terbaca jelas. Cermati bagian menghitam di kanan foto. Hal itu dipicu oleh pemasangan lensa yang kurang cermat.

Bangkai seekor lalat diletakkan di atas selembar tisu. Dijepret dengan kamera ponsel, tanpa lensa tambahan.

Lalat difoto dari jarak dekat, tanpa lensa tambahan. Hasilnya, sangat kabur.

Lensa macro dipasangkan. Objek yang sama dibidik. Hasilnya, mata lalat pun terlihat jelas.

129 thoughts on “Berkreasi dengan Lensa Konde

  1. Pengalaman saya pakai lensa konde V-Gear (macro+wide) dipadukan dengan Nokia N8, biasanya ada sedikit efek vignetting (menghitam di keempat sudut frame), efek dari diafragma bukaan lensa N8 yang lebar. Ketika lensa yang sama dipasangkan di iPhone 4, baru pas, nggak ada lagi pojok2 hitam.

    Saran saya sih, memang sebaiknya coba dulu sebelum beli (itu juga kalo diijinin sama yang jual).

    Untuk vignetting, jika dirasa mengganggu, memang bisa disiasati dengan dicrop di Photoshop, atau menset aspect ratio resolusi foto ke 16:9 – di N8, saya turunkan resolusi dari 12 MP (4:3) ke 9 MP (16:9).

  2. Plus untuk ring magnet lensanya, perlu diperhatikan juga lokasi lubang kamera, jika terlalu dekat dengan antena GPS/kompas, lebih baik pikir2 ulang, karena bikin navigasi GPS-nya jadi ngaco kalo terlalu lama kena magnetnya..

  3. Pak Yopie,

    Gedungnya kelihatan agak melengkung ya, Pak. Saya malahan baru sadar. Seharusnya nggak sampai cekung separah itu. Lensa telenya kebetulan terpasang kurang sempurna. Makanya, di sisi kanan juga terlihat ada bagian yang menghitam kan.

    Btw, andaikan saya pribadi disuruh memilih, di antara tiga lensa yang saya coba di atas, lensa tele paling tidak menarik. Sebab, tingkat ketajaman foto yang dihasilkan turun lumayan dibandingkan kalau saya tak menggunakan lensa tambahan atau memakai lensa wide/macro/fish eye.

  4. Pak Yudistira, thanks infonya. Iya, seorang teman juga sudah memperingatkan, kalau lensa konde terus-terusan dipasang, menurutnya, GPS bisa kacau.

  5. Ups… satu pertanyaan Pak Yopie lupa saya jawab. Saya nggak mengukur jarak lensa macro dengan objek secara detail, Pak. Nggak lebih dari dua cm deh, Pak.

  6. Sama2, just share aja Pak..

    Yang lensa tele, kayanya saya sendiri kalo disuruh motret tanpa bantuan tripod mobile bakalan nyerah deh, tangan saya shaky abis, hahaha…

  7. untung pak Herry ingat,hehe…
    kalo menggunakan magnet, berarti lama2 bisa mempengaruhi sinyal & nantinya bisa pengaruh ke IC PA ya? (apalagi kalo magnet nya cukup kuat)

  8. Maaf ni pak herry nyelonong, Mohon bantuannya pak herry, ni saya mau beli hp yang spesifikasinya kartu 2 gsm+gsm atau gsm+cdma ga masalah, ada radio dan bisa direkam, radio bisa di speaker, ada blutooth, kualitas speaker mantap (nyaring) dan utk perekam suaranya peka, maaf ya pak kebanyakan ttpi ini kbutuhan yg saya butuhkan, mohon masukannya sy harus beli hp apa ya? terimakasih…..

  9. Pak Erwin, maaf saya baru sempat balas pertanyaan Bapak pada pagi ini.

    Kalau GSM-CDMA tidak ada yang memenuhi syarat. Sedangkan untuk GSM-GSM, yang paling mendekati adalah LG A230. Ia merupakan ponsel candybar dual on GSM-GSM. Siaran radio bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree. Siaran tersebut dapat direkam.

    Tersedia bluetooth. Suara speaker dan kepekaan perekam suara sih biasa-biasa saja. Layar yang tidak tajam dan bagian belakang ponsel yang terlalu polos murahan menjadi sisi minus A230. Harga barunya saat ini Rp 400 ribuan. Saya tak hafal tepatnya, namun maksimal Rp 425 ribu deh.

  10. Pak Mbelgedes, berikut beberapa lokasi yang saya ketahui:

    Delta Gadget
    Ratu Plaza lantai 1 no 3B
    (seberang Wall Street College)
    Jl Jend Sudirman kav 9
    Jakarta
    Telp 021-7202074, 70700677

    Delcell Pushcart
    Central Park Mall lantai 3
    (depan Gramedia)
    Jl Letjen S Parman kav 28
    Jakarta
    Telp 021-59361667

    Delta
    ITC Roxy Mas lantai 2 no 9
    Jl KH Hasyim Ashari
    Jakarta
    Telp 021-68277477

  11. menarik pak infonya…
    mau tanya pak itu kalo pake magnet nempelinnya apa gag riskan tuh… pengalaman temen saya Disere HD layar touchscreen nya mati gara gara dideketin magnet
    padahal saya minat banget nih nyoba kondenya 🙂
    mohon pencerahannya

  12. bagi yang berminat tapi takut kualitass HP nya rusak,saya berexperimen membuat lensa makro sendiri dengan kaca pembesar dan kaca teropong mainan anak-anak, semuanya hanya Rp.20rb saja,untuk hasilnya juga lumayan tajam dan luar biasa. jika berminat berexperimen seperti itu,bisa di lihat di blog saya
    http://daniyarfoto.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-lensa-makro-sendiri.html
    nah..pertanyaan saya,bagaimana saya bisa membuat lensa tele sendiri tapi tanpa vignetting pada HP saya ya?

  13. Pak Tege,

    Sampai saat ini memang belum ada kesimpulan akhir. Sebelumnya ada rekan yang menginformasikan, bila terkena magnet terus menerus dalam rentang waktu yang lama, GPS ponsel bisa terganggu.

    Sedangkan kalau dikaitkan dengan layar/LCD, ceritanya berarti sama dengan beberapa tahun lalu, saat mulai muncul leather case yang dilengkapi magnet. Ketika itu saya menginformasikan, asalkan magnetnya tidak terlalu kuat dan ponsel dengan posisi layar terjauh dari magnet, seharusnya masih relatif aman. Dasar pemikiran saya, produsen leather case yang terkenal dan produsen gadget terkemuka pun menghadirkan leather case bermagnet. Tentu mereka sudah mempertimbangkan dengan cermat, bukan?

    Sekarang kita kembali lagi ke lensa konde. Tip saya sementara ini, pasangkan lensa konde hanya saat akan menjepret objek. Setelah itu, lepaskan.

  14. Tak berbekas, Pak. Saya sudah membuktikannya di 3-4 ponsel berbeda.

    Maksimal meninggalkan bekas seperti double tape yang bisa dengan mudah dibersihkan memakai tangan telanjang. Tak perlu alat bantu.

  15. Di Delcell.com ada, Pak Hadi. Toko online itu bisa dipercaya.

    Ada satu toko online tepercaya lain yang saya ketahui pernah jual. Namun, saya cari belum ketemu gara-gara ingatan saya tentang alamat situsnya cuma samar-samar.

  16. Pak mau nanya,kalo buat galaxy fit kira-kira bakalan cocok ga ya? soalnya kameranya bentuknya kotak
    Mohon penjelasannya,makasih 😀

  17. Bu Vitra, maaf saya baru sempat merespons pada hari ini.

    Yang lebih penting dicermati adalah permukaan di sekeliling lensa. Kalau datar, kemungkinan besar bisa pakai lensa konde. Yang kotak itu kan bingkai lensanya. Lensa di bagian tengah pasti bundar.

  18. pak mau nanya, saya sudah punya yang fisheye lense, tetapi saya tidak ingin menaruhnya di ipod saya saja, tapi saya juga mau taro di bb saya, ada tidak yang jual magnet ringnya saja? trimakasih pak

  19. Pak Ezi,

    Bukankah saat beli Bapak memperoleh dua ring bermagnet?

    Btw, Bapak tinggal di kota mana?

  20. saya di jakarta, iya saya sudah dapat 2 ring magnet, tp kalo misalnya saya mau tempel lensa saya lebih dr 2 tempat, kan perlu ring magnet lagi, ada tidak toko yang jual ring magnetnya saja?

  21. Pak Ezi, saya belum pernah menjumpai toko yang menjual ring magnet-nya saja sih. Di rumah sepertinya saya ada ring magnet yang menganggur. Kalau mau, saya kirimkan deh.

    Tolong informasikan:
    * Nama lengkap
    * Alamat lengkap + kode pos
    * Nomor HP

  22. kalau dipakai untuk galaxy mini kira – kira bisa apa tidak?
    saya ingin membeli tapi saya ragu kalau tidak bisa dipakaikan di galaxy mini saya…

  23. mungkin informasi saya bisa saya kirim ke email bapak, email bapak apa? oiya bapak ada brapa ring magnet? terima kasih banyak pak

  24. Pak Julius,

    Maaf baru sempat menjawab pertanyaan. Cara termudah untuk mendeteksinya, cermati permukaan di sekeliling lensa kamera Galaxy Mini. Kalau datar, seharusnya bisa memakai lensa konde. Kalau cekung/cembung, kemungkinan tak dapat menggunakan lensa konde dengan optimal. Sebab, lensa berpotensi sulit melekat dengan erat.

  25. Pak Ezi,

    Maaf, saya tidak bisa menyebutkan alamat lengkap email saya di sini.

    Email Bapak apakah benar berawalan clov** dan berdomain hotmail.com? Kalau iya, saya japri ke sana deh.

  26. camera yg saya pake cuma 2 mega pixel. saya coba pasang lensa tambahannya yg wide macro (yg widenya dilepas) hasilnya cukup memuaskan. saya belanja online di kaskus (emir ismail sangat saya rekomendasikan)

  27. Pak/Bu Yudith,

    Silakan mencari di Plasa Marina atau WTC.

    Alternatif lain, langsung ke kantor cabang distributornya yang berada di Jl Biliton no 1 (sebelah Rumah Cantik Citra).

  28. Pak Yuhanto,

    Harga terkini saya kurang update. Sampai sekitar dua bulan lalu, harga lensa 2-in-1 (wide + macro) Rp 199 ribu.

  29. Pak Rizky,

    Lain kali jangan pakai istilah Gan ya. Salah satu distributor lensa konde di Surabaya adalah Delta Cycle di Jl Biliton 1 (sebelah Rumah Cantik Citra).

    Dari luar memang terlihat seperti toko sepeda saja. Tetapi, mereka juga jualan lensa konde dan portable charger.

  30. Pak Rizky,

    Lensa wide itu ada yang berdiri sendiri, ada pula yang 2-in-1 dengan lensa makro.

    Ini daftar harga yang saya miliki sampai awal tahun ini. Harga sekarang saya tidak update.
    * Lensa 2-in-1 (wide + macro) Rp 198 ribu.
    * Lensa superwide Rp 279 ribu.
    * Lensa fish eye Rp 398 ribu.
    * Lensa superfish eye Rp 590 ribu.
    * Lensa tele 2x Rp 249 ribu.
    * Lensa tele 4x Rp 329 ribu.

  31. Pak Imron,

    Maaf, saya kurang mengetahui lokasi penjual lensa konde di Malang. Coba cari di pusat penjualan ponsel di sana. Alternatif lain, kunjungi toko aksesori ponsel yang cukup besar di Malang.

  32. Pak Alfi,

    Saya belum pernah mencoba Galaxy W. Coba cermati area di sekitar lensa ponsel itu. Kalau di sekelilingnya minimal ada bidang datar sekitar tiga milimeter, lensa konde yang saya paparkan di atas seharusnya bisa dipakai.

  33. Bang ada cara ngakalinnya buat kamera yg kurang datar?
    Hp saya Sony Xperia J, ringnya ga mau nempel lama, nempel sih nempel tapi kadang lepas lepas gitu

  34. Pak Ngurah,

    Kalau area sekitar kamera kurang datar, ring lensa takkan bisa menempel erat sehingga dikhawatirkan jatuh saat lensa menempel.

    Solusi yang paling tepat belum ada. Kalau solusi tidak tuntas atau ekstrem, ada dua alternatif:

    1. Saat lensa menempel, salah satu tangan sambil memegang lensa.

    2. Penutup baterainya diamplas sampai rata.

  35. hal yang mungkin terlewat adalah AWB (auto white-balance) akan terpengaruhi saat dipasangi lensa tambahan ini. terlihat di gambar pertama tanpa lensa, tembok gedung ada nuansa kecoklatan, sementara setelah dipasang lensa, warna tembok menjadi cenderung kebiruan.

  36. Pak Ryosaeba,

    Ah iya, benar. Saya malahan nggak memperhatikan sampai sedetail itu. Terima kasih atas informasi tambahannya, Pak.

  37. Pak Agung,

    Saya tak berani memastikan lensa konde tele bisa dipadukan dengan Nokia N82 atau tidak. Kalau saya tak salah ingat, bagian di sekeliling lensa N82 agak menonjol. Bila benar demikian, lensa konde akan sulit melekat.

    Lensa tele membutuhkan cahaya yang lebih banyak. Bila pemasangannya kurang tepat, di foto yang dihasilkan akan ada “bingkai” hitam.

  38. Pak permisi, apakah di Delta cycle dijalan biliton 1 Surabaya ada yang jualan fisheye magnet yaa?
    Terimakasih

  39. Bu Tashya,

    Saya tidak mengetahui kondisi terkini. Dulu sih mereka jual. Entah kini masih ada stok atau tidak.

  40. Bu Tashya,

    Kalau di Biliton sudah tidak ada stok, coba mencari di WTC atau Plasa Marina. Namun, saya juga tak mengetahui dengan spesifik toko mana yang masih punya stok.

  41. mas klo di sby nyari di wtc ato marina,tempat nyarinya di toko hp,accesoris hp atau toko kamera…
    Trus kira2 di toko sumber bahagia jl.kramat gantung daerah tugu pahlawan ada ga ya…

    1. Pak Galih Candra Kirana,

      Popularitas lensa konde kini sudah menurun. Jadi, mencari aksesori itu tak semudah tahun lalu. Kalau di WTC, coba cari di toko penjual aksesori yang berada di lantai 5. Kalau di Marina, coba di lantai 2. Pilihan lain, coba ke Jl Biliton nomor 1 (sebelah Rumah Cantik Citra) yang merupakan kantor cabang Delcell.

      Apakah tersedia di Sumber Bahagia atau toko kamera lain di daerah Kramat Gantung? Entahlah, Pak. Saya sudah bertahun-tahun tidak mampir ke sana.

  42. Pak kamera konde kalo dipake di smsung gal.tab 2 kira2 cocok ga ya, trus diameter ringnya brapa sih?
    Apa semua diameter ring tele, wide, fisheye, dan macro itu sama?

    1. Bu Novia,

      Saya tak pernah mengukur diameter ring-nya berapa milimeter. Diameter ring untuk semua jenis lensa sama. Yang berbeda adalah ukuran lensanya.

      Saya tak berani memastikan bisa terpasang sempurna di Galaxy Tab 2 atau tidak. Posisi kamera Galaxy Tab 2 7.0 yang pernah saya coba berada di kiri atas. Agak ke pinggir. Nah, saya khawatir bagian kiri lensa konde itu pas berada di daerah yang mulai melengkung.

    1. Bu Novia,

      Prinsipnya, coba perhatikan permukaan di sekitar kamera. Bila permukaannya benar-benar datar, lensa konde kemungkinan besar dapat dipakai dengan baik.

    1. Bu Novia,

      Ini maksudnya lensa tambahan yang pakai penjepit ya? Saya belum pernah mencobanya sehingga tak mengetahui tingkat kenyamanannya.

    1. Pak Jati,

      Sampai berbulan-bulan pemakaian, sebelum kemudian saya jual, lensa-lensa konde yang saya miliki baik-baik saja sih. Maaf, saya kurang tahu gerai mana yang saat ini masih menjual lensa konde.

      Kalau tak salah ingat, di daerah Seroja – Semarang ada toko bernama Smartphone atau Smartcell yang cukup terkenal ya. Coba iseng-iseng mampir ke sana, Pak.

    1. Pak Bankz,

      Kini lensa konde memang sudah tidak populer lagi. Saya pribadi sudah jarang melihat ada yang menjualnya. Dulu sih ada di Fastncheap Kebun Bibit.

      Oh ya, coba mampir ke Jl Biliton nomor 1 (sebelah Rumah Cantik Citra). Dari luar sih kayak toko sepeda yang setengah tutup. Silakan masuk ke dalam. Dulu mereka menjual lensa konde dalam berbagai varian. Stok mereka tergolong komplet.

    1. Pak Harikal,

      Saya lupa bagian belakang Samsung Galaxy Young lama seperti apa. Kalau di sekitar lensa kamera datar dan cukup lebar, mestinya bisa.

    1. Pak Harikal,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Permukaan di sekitar lensa kamera rata atau tidak, Pak? Kalau rata, kemungkinan bias. Di ITC Roxy Mas seharusnya ada. Namun, saya tak tahu tepatnya di toko mana. Tren lensa konde kebetulan sudah menurun.

    1. Pak Firman,

      Coba ke Delta Cycle/Delta Gadget di Jl Biliton 1 (kalau dari arah Hotel Sahid, lokasinya persis setelah Rumah Cantik Citra). Awal bulan ini saya lihat masih ada stok, malahan sedang ada diskon besar. Saya lupa diskonnya 50 persen atau 70 persen.

  43. sudah saya cari didaerah surabaya gak ada bahkan toko sumber bahagia yg jual all item kamera juga belum ada. Spesifikasi toko yg jual aksesoris terlengkap setelah sumber bahagia

    1. Pak Mitchel,

      Saya tak berani memastikannya. Barusan saya coba masuk ke situs tersebut. Menurut saya, lebih banyak tanda kalau situs itu benar-benar berniat jualan dan melayani konsumen, bukan bermaksud menipu. Btw, pendapat saya ini tidak dijamin 100 persen benar lho ya.

    1. Pak Mitchel,

      Bayangkan saja lensa kaca dan lensa plastik. Yang lensa kaca biasanya lebih jernih dan tahan lama.

    1. Pak Mitchel,

      Maaf, saya tak tahu. Mustahil saya mengetahui status seluruh online shop yang ada di Indonesia.

  44. Lazada itu bukan kayak toko bagus kan kalo toko bagus itu cuman orang yg ngiklanin barangnya, kalo lazada gimana

    1. Pak Mitchel,

      Agak beda. Kalau Lazada, sebagian barang ada di gudangnya, sebagian lagi di gudang pemasok. Namun, pembayaran lewat satu pintu. Jadi, dari sisi konsumen, mestinya lebih aman.

  45. mungkin disini saya hanya ingin bertanya seputar lensa 3 in 1 yang saya beli ,mungkin kakak berpengalaman bisa menjelaskan , begini saya baru saja membeli lensa fisheye universal . tapi pas saya gunakan untuk lensa fisheye hasilnya kabur . sedangkan lensa macro dan widenya normal artinya tidak kabur sama sekali .

    1. Pak Andi Lathifah,

      Saat Anda memakai lensa fish eye, hasil yang kabur hanya di tepi atau seluruhnya? Kalau seluruhnya, hal itu tidak normal. Coba ajukan klaim ke penjual lensa 3-in-1 tersebut.

  46. Maaf om mau tanya, kalo ring ditempelnya di case iphone kaca transparant bisa tidaknya? apakah gambarnya sama bagusnya dengan tanpa case?

    1. Pak Yayoi,

      Ehmm… ini maksudnya hardcase transparan ya? Kalau hardcase-nya tipis mungkin masih bisa dan berfungsi seperti tanpa case.

  47. oia satu lagi setelah pemakaian, ring itu hanya sekali pakai atau sekali tempel ataukah bisa dibongkar pasang ?

    1. Pak Yayoi,

      Sebenarnya setelah dilepaskan bisa ditempelkan ke tempat lain. Namun, sebaiknya hal itu tidak dilakukan karena daya rekat ring akan menurun.

  48. Permisi om mau nanya, aku baru dibeliin fisheye yg universal, trus wide sama macronya emang nyatu gitu ya?ato bisa dibuka?

    1. Bu Angel Madeline,

      Saya lupa-lupa ingat nih. Sebab, sudah lama banget saya tidak memakai lensa konde lagi. Seingat saya, lensa wide dan macro memang digabung. Ada semacam ulir untuk mengubah/melepasnya.

    1. Pak Hadi,

      Saya sehari-hari tinggal di Surabaya sehingga tak mengetahui pasti apakah tersedia di ITC Cempaka Mas. Seharusnya sih ada. Namun, entah di toko mana.

    1. Pak Abr,

      Area sekitar kamera A7T datar atau tidak? Kalau datar, seharusnya bisa.

      Sekarang ada alternatif lensa tambahan. Bukan pakai magnet kayak lensa konde, melainkan model jepit. Model jepit lebih kompatibel dengan aneka ponsel. Biarpun area di sekitar kamera ponsel agak menonjol, lensa jepit masih memungkinkan dipakai.

  49. mas mau tanya, lensa tele 8x zoom apa bisa diatur manual zoom nya?
    mohon penjelasanya, terimakasih

    1. Bu Sandrea,

      Ada yang bisa diatur, ada pula yang tidak. Lensa konde yang saya coba tidak bisa diatur.

  50. pak saya mau nanya koq lensa 3in1 saya koq sulit sekali di lepas misal nya saya mau ganti ke menu wide-macro/Macro-wide tolong info nya t

    1. Pak Rizki,

      Lensa 3-in-1 tak memiliki menu. Jadi, yang Anda maksud menu apa ya? Kalau mau melepaskan lensa, ya tinggal ditarik.

  51. Selamat malam
    Pak minta rekomendasinya utk merk dan harga lensa konde yg Bapak ketahui apa saja?
    terima kasih

    1. Pak Azzam Baihaqi,

      Yang sekarang beredar biasanya tanpa merek. Hanya tertulis universal lens, 3-in-1 lens, dan sejenisnya. Harga mulai Rp 35 ribuan sampai sekitar Rp 100 ribu.

    1. Pak Nicco,

      Tinggal dilihat kira-kira bisa melekat erat di Neo 7 atau tidak. Kalau bisa, seharusnya bisa dipakai.

  52. salam pak,
    sedikit diluar tema, saya sedang mecari lensa plano konveks (datar cembung) untuk suatu pekerjaan ketrampilan, dimana saya bisa memperolehnya dan berapa harganya? tks

  53. om beli lensa konde selain di toko online dimana ya
    dan apakah bisa bikin hasil fotonya menjadi bagus
    seperti advan yg punya kualitas kamera buruk

    1. Pak Ari,

      Mampir saja ke tempat penjualan aksesori ponsel. Sekarang sih sudah gampang ditemukan. Harganya pun makin murah.

      Tidak bisa. Kalau kamera asli Anda jelek, ya bakal tetap jelek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *