Bermain TTS Digital

Anda pasti mengenal TTS alias Teka-Teki Silang. Permainan itu sering dijumpai di koran, majalah, atau tabloid. Di zaman digital, TTS pun merambah ke perangkat elektronik. Anda yang menggunakan gawai Android, baik ponsel maupun tablet, leluasa menikmatinya. Caranya mudah. Buka Play Store, lalu ketikkan kata kunci “teka-teki silang”. Dalam waktu singkat ada banyak sekali pilihan aplikasi teka-teki silang yang siap diunduh.

Bingung memilih aplikasi TTS mana yang menarik? Tenang. Anda tak perlu mencobanya satu per satu. Penulis telah menginstalasikan banyak aplikasi TTS yang tersedia di Play Store. Menurut penulis, yang layak dipilih adalah Teka Teki Silang 2.0. Kalau ingin langsung masuk ke halaman pengunduhan, arahkan saja browser ponsel atau tablet Anda ke http://goo.gl/zjzg4u.

Teka Teki Silang-1

Teka Teki Silang-2

Dalam pengamatan penulis, Teka Teki Silang 2.0 sebenarnya bukan aplikasi baru. Namun, pengembang aplikasi itu terlihat rajin memberikan pembaruan (update). Setelah edisi perdana dihadirkan, misalnya, edisi merdeka, cinta, tahun kuda, dan pemilu. Di setiap edisi tersedia beragam TTS yang menuntut penggunanya berpikir keras. Ada pula TTS yang bersifat sangat spesifik. Contohnya, TTS Spongebob. Seluruh pertanyaan yang disodorkan berhubungan dengan Spongebob.

Untuk variasi, tak ada salahnya Anda juga masuk ke http://goo.gl/6WR2iO untuk mengunduh Teka-Teki Saku. Prinsip permainannya sama dengan teka-teki silang. Meskipun demikian, paradigma Anda harus sedikit diubah. Jangan selalu berpikir ala bermain teka-teki silang. Sesekali posisikan diri Anda sedang bermain tebak-tebakan.

Teka-Teki Saku-1

Teka-Teki Saku-2

Penulis berikan satu contoh. Ada pertanyaan “film” dengan tujuh kotak kosong. Bila memakai kerangka berpikir mengisi TTS, Anda mungkin bakal menjawab “picture” atau “negatif” (mengacu kepada negative film dalam dunia fotografi). Di Teka-Teki Saku, kala ada pertanyaan “film”, Anda boleh mulai memikirkan judul film yang terdiri atas tujuh karakter. Asalkan bersedia koin dipotong, Anda bisa memanfaatkan fitur “hint” atau “bantuan”. Muncul kata bantu “Robin Williams”. Berarti, carilah judul film yang dibintangi almarhum Robin Williams. Jawaban yang benar adalah “Jumanji”.

10 thoughts to “Bermain TTS Digital”

  1. Pak Herry,maaf kalau OOT

    Saya berencana untuk membeli BB yang sudah ter-suspend untuk sekedar bertelepon,sms dan internetan pake opera mini. Pertanyaan saya,apakah BB tersebut tetap bisa diisi aplikasi tanpa melalui App World ? Terima kasih

    1. Pak Priyono,

      Bisa, asalkan Anda punya file mentahannya dan aplikasi itu tidak membutuhkan koneksi ke server BlackBerry. Ini asumsinya Anda akan membeli peranti BlackBerry keluaran lama ya.

  2. Game ini rasanya ga bisa dimainkan di Lollipop deh Pak… Kok saya coba install berhasil tp ketika saya klik Gamenya, tdk trjd apa2…

  3. saya tadi coba install TTS 2.0, tapi ga bisa dibuka, selalu force close. apa iya ga compatible sama Android L 5.0.1 yah koh HSW?

    1. Pak Kiman,

      Soal kompatibilitas dengan Lollipop, terus terang saya tak tahu. Kebetulan saya juga belum pernah mempunyai ponsel ber-Lollipop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *