Bertombol Sentuh, Bisa Auto Reject

U700-1

Citra bahwa ponsel bertampilan fisik menawan tidak dilengkapi dengan fitur canggih sampai sekarang masih melekat. Padahal, bila dicermati, produsen ponsel perlahan terlihat mulai ingin mengikis citra itu. Nokia telah menawarkan 7390 dan N76 yang mendukung layanan 3G. Sony Ericsson sudah menelurkan ponsel 3G Z610i yang cantik.

Dua perusahaan asal Negeri Ginseng, Samsung dan LG, tak mau kalah. Samsung menghadirkan SGH-U700, sedangkan LG menyodorkan Shine KU970. Keduanya mendukung 3,5G alias HSDPA.

SGH-U700 merupakan satu di antara empat ponsel yang termasuk dalam seri Ultra Edition II. Tebal ponsel geser seberat 86 gram ini hanya 12,1 mm. Panjang dan lebarnya 102,5 x 50 mm. Layar U700 memanfaatkan LCD TFT 262.144 warna berukuran 2,2 inci. Tampilan huruf dan gambar terlihat sangat tajam dan halus.

Ketika slider digeser, layar ponsel otomatis menyala dan muncul empat tombol tambahan. Tombol-tombol di sisi muka U700 akan bereaksi bila mendapatkan sentuhan. Karena kebanyakan ponsel mewajibkan pengguna menekan tombol, tak cukup hanya menyentuhnya, pengguna baru U700 perlu beradaptasi. Sama dengan yang dulu dialami pengguna ponsel LG Cokelat, setelah 2-3 hari pengguna biasanya telah mahir memberikan sentuhan yang tepat.

Kamera utama U700 yang beresolusi 3,2 megapiksel hanya tampak saat slider dibuka. Kinerja kamera yang dilengkapi dengan fungsi autofocus dan lampu kilat itu tergolong bagus. Huruf-huruf kecil yang tercetak di PCMCIA modem milik penulis, contohnya, masih bisa direkam dengan baik. Namun, pada pemotretan di dalam ruangan dengan pencahayaan minim, beberapa kali pengaturan white balance otomatis bekerja kurang optimal. Akibatnya foto yang dihasilkan menguning.

U700-2

Kala melakukan percakapan video via jaringan 3G atau HSDPA, pengguna U700 dapat memanfaatkan kamera VGA yang berada di kanan atas layar. Pengguna ponsel quad band GSM ini bisa merekam percakapan video yang berlangsung. Alternatif lain, meng-capture gambar yang tersaji di layar dan menyimpannya sebagai file foto.

Bila digunakan tanpa henti selama sekitar sepuluh menit, bodi U700 mulai menghangat. Hal itu terjadi baik saat ponsel ini digunakan bertelepon, ber-SMS, berinternet, maupun memotret.

Dengan pengaturan tertentu, U700 bisa otomatis mengirimkan SMS terhadap panggilan yang ditolak. Wallpaper ponsel berharga jual Rp 3,925 juta ini dapat diatur seperti sebuah slide show yang menampilkan foto-foto pilihan pengguna. Pemanfaatan file MP3 sebatas untuk dimainkan dan dijadikan nada dering telepon. Pengguna tak bisa memakainya sebagai alert SMS.

Buku telepon 1000 nama multiple entry dan pemutar musik yang mengaplikasikan teknologi IcePower kreasi Bang & Olufsen merupakan sebagian fitur lain U700. Ada pula bluetooth, perekam suara, auto reject, dan slot microSD. Di lembar spesifikasi disebutkan bahwa memori internal ponsel ini berkapasitas 20 MB. Praktiknya, memori internal U700 yag penulis uji pakai mencapai sekitar 41 MB.

 

Tulisan serupa, namun tidak sama persis, telah dimuat di Jawa Pos edisi 8 Januari 2008. Foto: Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *