Bisa Jadi Modem Eksternal EvDO

Tampilan fisik seringkali menjadi pemikat awal bagi seseorang yang sedang mencari ponsel baru. Namun, kecantikan luar idealnya tidak dijadikan tolok ukur mutlak. Sebab, kecantikan luar kadang berbeda 180 derajat dengan kecantikan dalam alias inner beauty. Smartfren Xstre@m merupakan salah satu bukti nyata.

Penampakan Xstre@m alias E781A, menurut penulis, tidak istimewa. Jauh dari kesan cantik dan elegan. Keypad yang agak licin membuat jari-jari pengguna tak terlalu nyaman menari-nari di atas deretan tombol. Penutup baterainya polos dan cukup mudah meninggalkan bekas goresan.

Ponsel CDMA 800 MHz yang hanya bisa dipadukan dengan kartu Smartfren itu dibekali layar warna 2,4 inci. Resolusinya 240 x 320 piksel. Di bawah layar terdapat tombol navigasi lima arah. Saat penulis menekan tombol tengah navigasi, berkali-kali ponsel justru menganggap penulis memencet tombol di kiri bawah layar (left soft key).

Singkatnya, ditinjau dari tampilan dan kenyamanan fisik, Xstre@m bukan ponsel yang menarik untuk dibawa pulang. Penilaian tersebut perlahan sirna ketika satu per satu menu ditelusuri. Ponsel yang dibanderol Rp 299 ribu itu ternyata mendukung layanan EvDO rev A dengan kecepatan unduh hingga 3,1 Mbps.

Hal yang lebih menarik, Xstre@m dapat dijadikan modem eksternal. Pengaturan awalnya relatif mudah. Kala ponsel penulis hubungkan via kabel data dengan laptop bersistem operasi Windows XP, ponsel spontan dikenali. Selanjutnya penulis tinggal mengikuti jendela instalasi driver yang tersaji di layar laptop. Tak sampai sepuluh menit, Xstre@m siap dipakai sebagai modem eksternal EvDO.

Lain waktu, ponsel dengan konektor kabel data dan charger mini USB itu siap dijadikan modem dalam waktu kurang dari satu menit. Kalau diperhatikan, sesekali koneksi akan terputus, lalu otomatis tersambung lagi. Tak usah merisaukan kondisi tersebut. Sebab, praktiknya pengguna akan merasa senantiasa terhubung dengan akses internet.

Selama terkoneksi ke laptop, baterai lithium ion 950 mAh ponsel otomatis menjalani proses pengisian ulang. Di satu sisi hal ini menguntungkan karena baterai takkan sampai habis total. Tetapi, di sisi lain, kondisi itu merugikan lantaran siklus hidup baterai lebih cepat tercapai. Itu berarti pengguna harus siap-siap membeli baterai pengganti.

Buku telepon seribu nama multiple entry, radio FM, memori internal 88,2 MB, slot microSD, dan bluetooth merupakan spesifikasi lain Xstre@m. File MP3 dapat digunakan sebagai nada dering telepon maupun SMS. Kapasitas memori SMS mencapai 1.000 buah, terdiri atas 600 SMS masuk, 300 SMS keluar, dan 100 draft SMS.

Sebuah kamera tersedia di sisi belakang ponsel setebal 11,25 mm itu. Kamera tersebut beresolusi dua megapiksel, tanpa autofocus, dan tanpa lampu kilat. Satu sisi minus tambahan Xstre@m, perpindahan antarmenu ponsel itu cukup sering kurang responsif. Terjadi jeda hampir satu detik.

Di beragam materi promosi disebutkan bahwa pembeli Xstre@m memperoleh gratis internet 12 GB selama 12 bulan. Untuk menikmatinya, ada persyaratan yang harus dipenuhi pengguna. Pengguna mesti mengisi ulang pulsa minimal Rp 50 ribu sebanyak 12 kali, paling lama setahun sejak aktivasi pertama.

58 thoughts on “Bisa Jadi Modem Eksternal EvDO

  1. saya pemakai ponsel ini. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara nonton video youtube di ponsel ini? Saya sudah coba buka youtube kemudian klik tonton video tapi kok ga bisa ?

  2. “gratis internet 12 GB selama 12 bulan. Untuk menikmatinya, ada persyaratan yang harus dipenuhi pengguna. Pengguna mesti mengisi ulang pulsa minimal Rp 50 ribu sebanyak 12 kali”

    (cuma bisa senyum….)

    gratis seumur hidup dg syarat tiap bulan isi pulsa 50rb :))

  3. Pak Gusse, mungkin pengaturannya belum tepat. Kemarinnya saya sempat mengalami hal serupa. Trus saya utak-atik ke menu setting. Saya lupa tepatnya di sebelah mana. Kini saya tak bisa melihat lagi menu ponselnya karena usai saya coba-coba, ponselnya segera dilego. Biar nggak turun banyak. Lha ini saja sudah terdepresiasi Rp 115.000.

  4. Pak Yosep, pengalamannya kok beda dengan saya ya. Saya justru merasa koneksi via Xstream justru lebih stabil dan cepat daripada ketika memakai modem USB. Padahal, kartu dan lokasi pemakaian sama.

  5. Begini, Pak Wahyu:
    * Tiap kali melakukan pengisian pulsa minimal Rp 50 ribu, maka pengguna dapat gratis akses internet 1 GB. Masa aktifnya tujuh hari.

    * Bonus akses internet 1 GB itu berlaku untuk 12 kali pengisian pertama. Jarak antara aktivasi nomor dan pengisian kali ke-12 maksimal satu tahun.

    Menurut saya, bonus bersyarat itu nggak terlalu menarik sih.

  6. Kalau niatnya beli untuk difungsikan ganda sebagai modem, beli saja, Pak. Tapi, kartu perdananya yang mengandung banyak syarat tak perlu disentuh. Saya melakukan hal serupa. πŸ™‚

  7. pak Herry,saya cuma mau minta tolong,tapi tidak ada hubungannya dengan artikel di atas,boleh kan?
    saya mau beli hp yg ada tv-nya,tapi bingung milih.tolong dong bantuin,merek/type apa yg bagus?
    kalau bisa yg layarnya lebar,3G,ada wi-fi,GPRS,kamera 2mp,video recorder/player,mp3 player yg bisa digunakan utk nada dering tlp dan sms,radio,dan ada slot memory card yg besar.
    merek lokal gak apa-apa,tapi kalau ada yg merek global.
    tolong ya pak,please…

  8. Pak Hari, saat ini tidak ada ponsel yang memenuhi seluruh kriteria Bapak.

    Kalau yang penting ada televisinya, tersedia beragam tipe. Namun, belakangan ini saya belum menemukan yang kinerja televisinya benar-benar mengesankan.

  9. wah,kalau memang begitu ya tolonglah pak,berikan saya 1 atau 2 atau 3 rekomendasi yg menurut bapak paling mendekati bagus di antara yg tidak bagus itu.
    dan juga yg paling mendekati kriteria yg saya butuhkan.

    mohon dimaafkan kalau saya sedikit memaksa…

  10. Coba cari HT Mobile G15 atau Dezzo D688 deh. Fitur dasarnya dual on GSM-GSM dan televisi ya. Tak ada 3G maupun Wi-Fi.

  11. Kalau Baterai-nya di-Lepas …. Masih bisa jadi Modem Gak ? Supaya Baterai Awet ….
    Seperti HP Modem Smart Haier C700 = Copot Baterai …. Colok Komputer ….. Modem TETEP bisa di-Pakai tanpa Baterai

  12. klo dipaksain kira2 fitur apa ja pak yg g fungsi coz saya terlanjur pelihara yg 1900mhz tapi ngiler pengen punya hp nie…!!!

  13. Kalau dipaksakan ya nggak bakal bisa dapat sinyal, Pak.

    Solusinya, mampir dulu ke Galeri Smartfren dan minta diganti dengan kartu RUIM yang dual PRL. Ada sedikit biaya yang harus dibayarkan. Nomor tidak berubah. Sisa pulsa juga bisa dipindahkan.

  14. pak Herry, maksudnya kartu RUIM yang dual PRL tuh bagaimana?
    apa punya dua frekuensi 800 & 1900 MHz, sehingga bisa dimasukkan ke single band 800 maupun single band 1900?
    biaya untuk menggantinya berapa?

  15. selama ni yg saya gunakan hp cross triple card pak yg mana slh satunya cdma freq 800Mhz dan bisa untuk call dan sms aja tapi tuk internetan kagak bisa. dan klo saya masukkan di hp ZTE C169 yg jg 800Mhz jg bs pak dan fitur Dinamik UTK jg bs running tu kira2 gmn pak???

  16. Benar, kartu RUIM dual PRL bisa dipadukan dengan ponsel CDMA 800 MHz maupun 1900 MHz. Varian ponsel CDMA yang hanya bisa bekerja di frekuensi CDMA 800 MHz kan jauh lebih banyak daripada ponsel CDMA 1900 MHz, Pak. Jadi, dengan berganti ke kartu RUIM dual PRL, Bapak akan lebih fleksibel memilih ponsel CDMA.

    Biaya tepatnya saya tak ingat, Pak. Pasti tak lebih dari Rp 20 ribu deh. Amat mungkin justru lebih rendah.

  17. Pak Andinesia,

    Coba cek spesifikasi ponsel Cross yang digunakan. Mungkin CDMA-nya memang tak bisa untuk akses data. .

  18. dulu bisa lari berapa kb per second xtre@m nya pak Herry, menurut pengalaman pak Herry sebelum hp nya d lego..

    klo pengalaman saya pake c700 cuman 7-15/dtk.. klo lg hoki ya 15-25…

  19. Beda lokasi bisa beda prestasi sih. Rata-rata 300-an kilobit per second. Di satu tempat tertentu, bisa tembus 1 Mbps, bahkan lebih.

  20. Lock Smartfren. Kalau punya informasi ada yang menawarkan jasa unlocked, kabari-kabari ya, Pak Albert. Saya juga penasaran mencobanya.

  21. Dulu saya beli sekitar Rp 350 ribu. Lupa tepatnya.

    Sekarang harga baru sudah Rp 299 ribu. Bisa dibeli di Galeri Smartfren dan pusat penjualan ponsel.

  22. Kalau boleh tau ini hp-nya dari merk apa, saya sudah pakai zte dari 2005 sampe skrng terbilang sangat bandel, sudah jatuh 20x lebih, 1x keinjek dijalan asphal masih bagus

  23. Maap pak mo tanya apa hp smartfrend extream bs langsung d ganti kartu cdma lain misalnya flexy, starone ato esia.

  24. Saya baru beli HP smartfren Estream Evdo, baru satu hari di pake, baterainya udah cepat habis.. buat telp dan browsing cuma bertahan 3-5 jam, saya bawa lagi ke galerynya smartfren diganti lagi sama baterai yang baru, saya coba buat internetan dan telp,tetep saja bertahan cuma sekitar 3-5 jam.. Memang cepat buat internetan.. cuma yang ga nyaman harus siap2 bawa charger kemana-mana ?Kira-kira gimana biar baterainya tidak cepat habis untuk mobile.. Waktu malam hari, HP ga dipake baterainya tiba-tiba berkurang.. tinggal 1 strip.

  25. 1 Hari harus charge baterai 3 kali, bisakah baterainya di ganti dengan baterai lain yang tahan lama pak herry ? Terima kasih

  26. Bu Iis Y,

    Browsing apakah dilakukan terus menerus dan berada di jaringan EvDO? Kalau benar begitu dan ponsel tidak terkoneksi ke charger, menurut saya, daya tahan baterai yang “hanya” lima jam tergolong wajar.

    Supaya lebih hemat baterai, kalau ponsel tidak sedang dipakai berinternet, pindahkan ke jaringan CDMA 2000-1x (bukan EvDO) saja.

    Setahu saya belum ada gerai yang menawarkan baterai alternatif dengan kapasitas lebih tinggi untuk Xstre@m.

  27. om………….. ko’ smart q ga’ bisa dipaketkan yang Data unl1?
    tapi yang Data vol100 bisa, knpa? q jga pake Xtre@m.

  28. Pak Herry,
    Aq mau nanya nih, xstreamQ aneh..
    di tengah jalan tiba2 kq putus y koneksinya?
    Trus di softwarenya kok perintahnya “Connect”,sdangkan di hapenya masih terhubung..
    Klo diklik Connect malah hang softwarenya..
    Musti di restart dulu hapenya pak..tolong pencerahannya.
    Thx.

  29. Pak Eka,

    Coba browsing langsung di ponsel, tanpa terkoneksi ke komputer. Apakah juga putus-putus? Kalau iya, berarti akses data Smartfren sedang mabuk.

    Bila ternyata browsing via ponsel lancar, cobalah meng-uninstall driver di komputer, kemudian install ulang lagi.

  30. Buat agan2 yg berminta untuk membeli HP ini mendingan mikir deh gan 1000X,,ane uda ngerasain gimana keselnya pake ni HP,,lebih bayak putusnya dari pada OL nya,,lg asik main game online tiba2 putus,harus Connect lg dari awal,,tobat ane make ni HP,,ane gk ngejelkin ni HP tp faktanya memang seperti itu,,

  31. sya juga pke hp ni pak,lumayan lh buat buka ponselmu.com g lemot.
    Tp semenjak opera bawaan y hang(ga bisa d buka) jd males,download lg msuk y d java,jd lemot..
    Obat y gmna y pak biar opera bwan y bner lg?

  32. Pak Bowo,

    Maaf, lain kali kalau mengetikkan kalimat jangan disingkat-singkat ya. Bingung bacanya. Ini kan bukan SMS.

    Jadi sekarang nggak bisa browsing sama sekali? Kalau masih bisa, coba masuk ke Opera.com untuk unduh installer Opera. Siapa tahu bisa. Bila tetap gagal, berarti perlu mampir ke Galeri Smartfren.

  33. hp semartfren extram saya tidak mw terhubung dengan PC/leptop. padahal tadi nya bsa. itu kenapa yah???coba dengan PC/leptop yang lain hasilnya sama z gak bsa.

  34. Pak Oka,

    Karena di lebih dari satu PC/laptop ponsel itu tetap tak bisa terhubung, berarti seharusnya masalah bukan pada PC/laptop. Ponsel-lah yang patut dicurigai. Langkah termudah, coba reset pengaturan ponsel ke posisi awal (factory settings). Silakan mencermati buku panduan untuk mengetahui langkah detailnya.

  35. Bu Zahra,

    Apakah proses charging sempat berlangsung beberapa detik, lalu terputus? Kalau iya, kemungkinan yang bermasalah charger-nya. Coba pinjam charger milik orang lain bila kebetulan ada teman yang memakai ponsel tipe sama.

    Jika tidak ada, silakan mencermati konektor charger yang tersedia di ponsel itu. Ponsel HT Mobile dulu sering dilengkapi konektor yang kompatibel dengan charger Nokia.

  36. Pak Herry mau tanya hp plus modem ini saya gunkan menggununakan karrtu smartfren juga. bisakah kartu smartfrennya dipindah ke hp biasa yang bukan android? jika hp plus modemnya rusak, diperbaiki dimana? batas garaansi kapan?

  37. Bu Rafiqa,

    Kartu Smartfren bawaan modem bisa dipindah ke ponsel CDMA yang bukan Android. Namun, bonus akses data belum tentu dapat difungsikan. Kalau untuk telepon, SMS, maupun akses data non-bonus, bisa dilakukan tanpa ada pembatasan.

    Ponsel itu bergaransi resmi. Di dalam paket penjualan ada kartu garansi. Saya tak hafal alamat pusat perbaikan resminya. Garansi berlaku selama setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *