Bisnis Nomor Cantik Selalu Eksis

Sejak penulis alias HSW kali pertama mengenal ponsel pada 23 tahun lalu, istilah nomor cantik telah eksis. Bisnis nomor cantik sampai sekarang masih terus menggeliat. Percaya atau tidak, di kalangan tertentu sebuah nomor ponsel bisa dihargai miliaran rupiah. Wow!

Sebutan nomor cantik awalnya disematkan kepada deretan nomor ponsel yang berurutan, mudah diingat, mengandung banyak angka kembar, atau dipercaya mendatangkan keberuntungan. Fokus penilaian biasanya pada empat digit terakhir nomor ponsel. Misalnya, deretan angka lengkap suatu nomor ponsel 0818 31 8888. Empat digit terakhir yang 8888-lah yang kali pertama diperhatikan.

Hal serupa berlaku untuk, contohnya, nomor ponsel 0812 350 1234, 0816 52 7000, dan 0835 1581 5555. Cukup cermati angka 1234, 7000, atau 5555 di ekor. Abaikan angka lainnya.

Deretan angka lain baru perlu diperhatikan ketika ada dua nomor ponsel yang sama-sama dikategorikan sebagai nomor cantik. Sebut saja, 0818 31 8888 dan 0818 33 8888. Dalam kondisi tersebut, nomor ponsel kedua layak diberi predikat lebih cantik. Sebab, bagian tengahnya kembar (33) dan lebih rapi daripada nomor ponsel pertama (31).

Ada nomor cantik, mengapa tidak ada nomor ganteng?

Terus terang HSW tidak mengetahui jawaban pastinya. Mungkin karena lebih banyak pria ketimbang wanita yang mencari nomor bagus untuk pelat nomor mobil, nomor rekening bank, hingga nomor ponsel ya? Nah, kebanyakan pria kan lebih suka dibilang sibuk mencari wanita cantik daripada memburu pria ganteng.

Apakah kriteria nomor cantik selalu sama?

Tidak. Dulu yang disebut nomor cantik hanya kalau empat angka terakhir nomor ponsel memenuhi salah satu kriteria berikut. Pertama, kembar empat AAAA seperti 7777 dan 8888. Kedua, angka ribuan A000 seperti 1000, 5000, dan 9000. Ketiga, angkanya berurutan ABCD seperti 1234 dan 6789.

Dari waktu ke waktu batasan nomor cantik meluas. Nomor dengan format AABB dan AAAB pun dianggap nomor cantik. Misalnya, 2233, 7700, dan 6668. Demikian pula nomor ponsel dengan ekor tahun kelahiran. Contohnya, 1980, 1995, dan 2003.

Nomor-nomor yang saat dilafalkan mengandung makna positif juga dikategorikan sebagai nomor cantik. Nomor ponsel berakhiran 168 diyakini sebagai nomor cantik yang membawa keberuntungan. Pasalnya, dalam bahasa Tiongkok kombinasi angka tersebut bisa dibaca sebagai i lu fa. Ada yang menerjemahkannya sebagai jalan menuju kesuksesan, ada pula yang memaknakannya sebagai jaya dan sukses selalu.

Nomor ponsel berakhiran 5758 sering pula dinilai sebagai nomor cantik karena bisa dibaca sebagai ma-ju-ma-pan. Maju mapan. Sedangkan nomor ponsel berakhiran 805 disebut nomor cantik gara-gara dapat dibaca sebagai bos. Ya, kadang penentuan nomor cantik terkesan agak mengada-ada.

Ketika nomor ponsel bertambah panjang dari awalnya hanya sepuluh digit, lalu sebelas digit, 12 digit, dan kini 13 digit, nomor cantik bukan hanya memperhatikan empat digit terakhir. Deretan angka di depannya semakin diperhatikan.

Jadi, jangan heran kalau nomor seperti 0857 911 7912 yang bertahun-tahun lalu takkan dianggap sebagai nomor cantik, kini mungkin dinilai cantik. Alasannya, nomor itu dapat dituliskan sebagai 085 7911 7912. Angka 7911 dan 7912 kan berurutan. Maksa banget nggak sih?

Karena penentuan nomor cantik bersifat relatif, kadang dengan mempraktikkan cocoklogi dan otak-atik gathuk, bukan mustahil nomor yang sama dapat memiliki makna yang bertolak belakang. Penulis berikan satu contoh nyata. Nomor ponsel berakhiran 5858 mungkin disukai oleh sebagian orang karena bisa dibaca sebagai ma-pan-ma-pan. Hidup mapan terus deh.

Sebaliknya, bagi penyuka nomor 168, nomor 5858 justru dihindari. Mengapa? Sebab, kombinasi angka tersebut bermakna tidak akan pernah makmur. Umpama harus memilih, mereka yang sebenarnya kurang menyukai angka 4 mungkin bakal lebih memilih nomor ponsel berakhiran 5454. Perpaduan angka itu dapat diartikan sebagai tidak akan miskin, takkan pernah susah.

Adakah angka tertentu yang digemari atau dihindari?

Ada. Angka 8 dan 9 paling digemari, sedangkan angka 4 paling dihindari. Angka 8 difavoritkan karena penulisannya tidak terputus. Dengan demikian, diyakini kalau rezeki pemilik nomor bakal terus mengalir tanpa putus. Ada pula yang mengaitkan angka 8 dengan jumlah arah mata angin dan legenda delapan dewa dalam mitologi Tiongkok.

Sementara itu, angka 9 disukai karena merupakan angka terbesar dalam deretan angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Tidak ada angka 10 atau yang lebih besar. Angka 10 merupakan perpaduan antara angka 1 dan 0. Jadi, sekali lagi, 9 adalah angka terbesar.

Angka 9 juga dinilai sebagai angka yang abadi. Kok bisa? 9 + 9 = 18. 1 + 8 = 9. Nah, tetap 9, bukan? 9 x 3 = 27. 2 + 7 = 9. Lagi-lagi tetap 9. Silakan Anda mencoba perhitungan matematika lain untuk membuktikannya.

Beralih ke angka 4. Sebagian orang menghindarinya karena dalam bahasa Tiongkok angka 4 bermakna sial atau mati. Kalau Anda rajin mengamati sekitar, hotel dan apartemen pun seringkali menghilangkan lantai 4.

Uniknya, sebagian orang justru menyukai angka 4, bahkan mencari nomor ponsel berakhiran 4444. Empatnya empat kali. Alasan mereka sederhana. Meja dan kursi berkaki empat lebih kuat daripada yang berkaki tiga. Jadi, dengan memakai nomor ponsel yang mengandung banyak angka 4, mereka bakal lebih kuat dan tangguh.

Faktor apa saja yang menentukan harga nomor cantik?

Wah, ada banyak. Di antaranya, tingkat kecantikan, panjang pendeknya nomor, dan nama operator seluler. Harga nomor Indosat 0816 66 9999 bakal lebih tinggi daripada nomor Indosat 0816 66 5555. Nomor simPATI Telkomsel berakhiran 8888 yang hanya terdiri atas sebelas digit dan tanpa angka 4 pasti lebih mahal daripada nomor Tri dengan kriteria sama.

Singkatnya, semakin cantik semakin mahal. Nomor sepuluh digit berharga jual termahal, sedangkan nomor 13 digit paling murah. Nomor cantik Telkomsel biasanya lebih mahal daripada nomor cantik operator lain. Nomor cantik Tri berharga jual termurah.

Contoh nomor cantik yang ada di Indonesia dan harga jualnya fantantis adalah 0818 88 8888 dan 0811 11 1111. Pada akhir 1990-an, harga salah satu di antara dua nomor itu sudah menembus ratusan juta rupiah. Kini harga jualnya ditaksir mencapai miliaran rupiah. HSW kebetulan mengenal pemilik lama salah satu nomor cantik tersebut.

Nomor dari kota kecil pun berpotensi melambung bila dinilai cantik. Misalnya, 0812 345 6789 yang merupakan nomor ponsel area Jember. Walaupun disodori penawaran Rp300 juta, pemilik awalnya tak bersedia melepaskan nomor tersebut. Nomor itu akhirnya berpindah tangan. Entah dengan mahar berapa.

Nomor sangat cantik yang sejak diproduksi sampai sekarang sepertinya masih di tangan keluarga yang sama adalah 0888 888 8888. Seandainya dijual, kira-kira laku berapa miliar rupiah ya?

Apakah nomor cantik masih relevan sampai sekarang? Usai disimpan di daftar kontak, bukankah nomor cantik tak lagi terlihat?

Realitanya masih relevan. Setidaknya untuk memberikan kesan pertama yang wow dan–dalam kondisi tertentu–lebih mudah diingat sampai nomor itu disimpan di buku telepon.

Merujuk kepada pengalaman pribadi, saat berkendara HSW sesekali melihat penawaran menarik dari restoran, layanan pesan antar, atau perusahaan tertentu. Karena mustahil memotret sambil berkendara, apalagi menuliskannya di lembar catatan, biasanya HSW mengingat nomor telepon yang tercantum. Selanjutnya HSW akan menghubungi nomor telepon itu. Nomor telepon yang rapi atau cantik cenderung lebih mudah dihafalkan.

Saya pernah mendapatkan SMS yang menawarkan nomor cantik dengan harga miring. Amankah kalau saya beli?

Jawabannya, bergantung nomor cantik yang ditawarkan dan harganya. Kalau nomor seperti 0818 88 8888 atau 0812 9999 9999 dijual Rp500.000 saja, ujung-ujungnya pasti penipuan. Calon pembeli diminta mentransfer pembayaran dulu. Setelah dana diterima, penjual kemudian menghilang.

Sebaliknya, bila nomor seperti 0838 9275 9900 ditawarkan Rp125.000, amat mungkin transaksi akan berlangsung lancar. Pengirim SMS benar-benar berniat menjual nomor tersebut dan bakal mengirimkannya kepada pembeli.

Saya pernah menerima SMS dari pedagang nomor cantik. Penjual bersedia mengirimkan dulu nomor cantik pilihan saya. Saya boleh membayarnya belakangan. Apakah penawaran itu serius?

Biasanya serius. Bila diperhatikan, nomor cantik yang ditawarkan memakai metode tersebut seringkali nomor cantik kelas rendah hingga menengah. Harganya tidak lebih dari Rp300 ribuan.

Penjual pun sudah memperhitungkan kemungkinan pembeli menghilang setelah menerima barang. ”Risiko bisnis. Sekitar 30% pembeli tidak mau membayar nomor cantik yang sudah mereka terima,” tutur seorang pedagang nomor cantik saat mengobrol dengan HSW.

90 thoughts to “Bisnis Nomor Cantik Selalu Eksis”

  1. Penjelasan yang cukup bermanfaat, Pak. Kebetulan nomor yang saya pakai berangka 977977, beli 7 tahun lalu cuma 10 ribu saja. 6 angka di depan juga lumayan cantik. Mungkin penjualnya kurang teliti. Hehe. Ga lupa pula saya belikan untuk pacar yang 966966, karena tak berjodoh, akhirnya nomor itu dibuang. Sayang sekali.

      1. Kalau jual nomor cNtik ada channelnya Pak?? Aku qkebetulan koleksi nomor sampai2 dibela2in untuk beli bbrp nomor dr pasca dirawat ampe skrg sampai sudah bs diprabayarkan.. dan juga dijaga perawan tidak daftar apapun online biar privasi dijaga.. salah 3 dr nomor ku
        081xx9-891011 (tolong dieja)
        08-xx910-23456
        0812-x33-23456
        Dulu pernah ada yg menawar sih salah satunya dr nomor tsb 12juta… tpi belum aku lepas yaa.. adakah kolektor nomor tsb??

  2. Nomor cantik memang sering diincar utamanya para pebisnis atau kontak person sebuah usaha. Nomor saya yang dibeli sekisar tahun 2005 dengan kombinasi “0852 AABB CDCE” juga sempat ditawar orang namun tidak dilepas

    1. Saya punya tiga nomer cantik, satu telkomsel yang jadi nomer utama (081111**144) satu indosat dan satu XL. Repot juga simpan nomer banyak-banyak tapi jarang dipakai. Mungkin harus dilepas satu. Minta saran pak Herry, karena saya gak ngerti mana yang lebih bagus.

      08589**55888
      Atau
      08774**11777

      Yang sebaiknya dilepas?

      Terima kasih sebelumnya.

  3. Dulu kalau saya pernah baca baca twitter om herry,
    Waktu om herry masih mahasiswa pakai nomor XL,
    Sekarang bagaimana nasib nomor XL tersebut pak?
    Apa masih aktif ?
    Bila masih aktif, sudah berapa lama umur nya
    menemani oh herry ?

    1. Pak Kasan,

      Nomor XL-nya masih aktif, tetapi sudah bukan menjadi nomor utama. Masa aktifnya tetap saya jaga agar tidak hangus.

      Ehmm… kalau bukan hampir 23 tahun, ya berarti 23 tahun lebih sedikit. Nomor itu saya miliki sejak akhir 1996, tetapi saya lupa tanggal tepatnya.

      1. Berati jaman nya XL nomor 10 digit om herry ?
        Kemasan nya kayak tempat kaset,
        Ada yang terbuat dari plastik, atau aluminium,
        Dulu isi pulsa nominal paling rendah
        Rp 100.000,-

        1. Pak Kasan,

          Kemasannya seperti kotak CD.

          Btw, gara-gara pertanyaan Bapak, kemarin seharian saya coba ingat-ingat lagi. Sepertinya nomor XL itu saya miliki sejak Desember 1996. Untuk pastinya sih saya harus bongkar-bongkar arsip.

          1. Lebih tepatnya kayak tempat disket om herry,
            XL nya om herry apa sudah
            jaman nya ada bebas dan jempol
            atau masih pro XL saja ?
            Menurut om herry kira kira di indonesia akankah ada operator seluler yang akan gulung tikar lagi ?

          2. Pak Kasan,

            Masih proXL.

            Gulung tikar sih sepertinya takkan ada. Yang lebih mungkin adalah akuisisi atau merger.

    1. Pak Danu,

      Normalnya sama semua, Pak. Namun, seiring mekanisme pasar, operator kadang membedakan harga nomor cantik. Harga di operator biasanya masih murah. Ketika sudah berpindah tangan ke pedagang, barulah terus merangkak naik.

  4. Siang Pak Herry, maaf keluar topik mau tanya huawei mate 20 pro 6/128 bnib di toko luring kisaran berapa ya Pak saat ini? Terimakasih

    1. Pak Hidayat,

      Setahu saya stok Mate 20 Pro sudah ditarik dari toko luring yang berstatus sebagai diler Huawei. Gerai luring yang mungkin masih memiliki Mate 20 Pro hanya Erafone dan toko-toko yang bukan berstatus diler Huawei.

  5. sampe sekarang masih pake no simpati nusantara 11dgt xxx3646
    angkanya biasa tp jadi cantik karena tidak mudah mendapatkan pada jamannya

  6. Jadi teringat sekitar 8 tahun lalu pernah sekali ‘bisnis’ nomor cantik. Ditawari nomor berakhiran 816 8055 alias Big Boss, seharga 300 ribu. Lalu saya tawarkan ke teman seharga 750 ribu, ditawar jadi 700 ribu saya lepas.. ?

  7. Definisi no cantik buat saya adalah ketika no indosat, telkomsel, xl & tri punya 4 digit belakang yg sama 2227. Istri saya lebih sadis, punya 6 digit belakang yg sama 000696 untuk 3 operator yg berbeda. Kebetulan saya jg suka hunting di nomercantik89.com, menurut saya harganya cukup murah.

    1. idem pak…bagi saya nomor cantik yg punya 6-digit terakhir yg sama untuk operator berbeda, saya baru punya TSel dan XL…walaupun keduanya pascabayar

  8. Saya dapat nomor pascabayar secara gratis dari gerai operator. 08xxxxx8009
    5 digit x adalah angka yang sama. Apakah termasuk cantik koh?

    1. Pak Bram,

      Saya biasanya melihat nomor cantik dari empat angka terakhirnya dulu. Menurut saya, nomor yang Bapak miliki belum tergolong cantik.

  9. Langsung ke pertanyaan pak HSW
    1. Kalau ada yang jual perdana cantik , misal belum laku² ( bisa karena mahal atau belum ada yang beli ) , otomatis kan di setiap perdana ada batas waktu pengaktifan nomer , berarti penjual harus mengaktifkan nomer tersebut ya pak HSW , dan menjual dalam kondisi bekas ?
    2. Misal ada yang jual nomer cantik, tapi bekas dipakai orang lain , menurut pak HSW apa ada resiko memakai nomer bekas orang lain ? Atau hal yang mungkin menganggu di kemudian hari
    3. Apakah di surabaya pak hsw sudah pernah mencoba perdana merk hup.beta ( bisa di cek di IG atau web hup.beta indonesia ) , kalau tidak salah sub brand dari Telkomsel, dan produk ini keliatannya masih beta tester untuk pengenalan nya, mungkin pak HSW tau infonya ?
    Makasih

    1. Pak Febrianto,

      1. Benar.

      2. Tentu saja ada risikonya. Misalnya, pemilik lama nomor cantik itu ternyata memiliki banyak utang. Pemilik baru bakal sering menerima panggilan telepon dari penagih utang.

      3. Awalnya saya juga penasaran dengan Hup. Saya pikir ia merupakan produk mobile virtual network operator (MVNO) yang menggunakan jaringan Telkomsel. Kemarin Hup telah resmi diluncurkan dengan nama by.U dan ternyata ia adalah produk baru Telkomsel.

      Begitu mengetahui hal itu, saya langsung tidak tertarik mencobanya. Alasannya:
      * Saya sudah memiliki dua kartuHalo.
      * Indikator sinyal Telkomsel di rumah saya lebih sering hanya H daripada 4G.
      * Semurah-murahnya produk Telkomsel tetap relatif lebih mahal.

  10. setuju banget, kebetulan pakai no.im3 beli dari jaman kuliah masih harga 60rban, belakanganya 4444, dan skrg jadi no.WA utama,

    dan kebetulan tahun lalu ketemu no.simpati 11 digit, yg full tgl bulan dan tahun lahir saya, langsung beli, harganya lumayan murah 300an dibanding dengan feel tgl lahir yg pas banget, mantep..

    1. Pak Zein,

      Saya belum bisa mengomentari Realme 5 Pro.

      Kamera depan lebih bagus S1 daripada Z1 Pro. Kamera belakang lebih bagus Z1 Pro. Kinerja keseluruhan dan kesepadanan harga lebih bagus Z1 Pro.

  11. Punya beberapa nomor, pengen tau dr kacamata ko herry apa ada yg layak disebut cantik
    – 08xx xx98 8055
    – 0859 59xx 0859
    – 0x5 58 374 374
    – 08xx 97 30 9797
    – 08xx 54 97 5454

    1. Pak Pepenk,

      Menurut saya, yang agak bisa disebut cantik hanya nomor dengan ekor 9797. Yang lain bukan nomor cantik.

  12. Halo pak, apakah xxxx-7825-782 termasuk nomor cantik? Saya pakai ini sejak Tri baru akan rilis komersial, sekitar tahun 2006-2007. Pernah juga punya nomor xxxx-6969-345 dari operator yang sama, sayangnya hangus.

  13. Pak herry,

    Mohon maaf pertanyaan saya diluar topik. Menurut bapak,masa depan hp merk infinix di indonesia dan bagaimana kualitasnya dibanding hp cina lainyya yang beredar resmi di indonesia?

    Terima kasih atas jawabannya

  14. Punya beberapa nomor, pengen tau dr kacamata ko herry apa ada yg layak disebut cantik
    08xx 8318 1000
    08xx 007 5858
    08xx 7337 5757

  15. Selamat pagi Om HSW

    Ini pertanyaan OOT, mana lebih bagus untuk hasil foto Om, antara Redmi Note 7, Realme 5, Realme 3 Pro? Terima Kasih Om, sukses terus untuk blog ponselmu.com

  16. waah nomor cantik, saya tebus murah 125 ribu di konter khsus perdana nomor cantik jl gejayan, yogyakarta, yg sudah almarhum (mungkin pindah lokasi?),
    simpati facebook 08 222 333 55 xx
    (sayang 2 angka trakhir ga berurutan)
    sejauh ini sih puas dengan nomor tsb ?

  17. Xiaomi redmi note 5 punya mama nya om herry, apa sudah bisa upgrade version dari
    android 8 oreo ke android 9 pie ?
    Kalau sudah, bagaimana cara nya om ?

  18. Om herry sw
    bagaimana kualitas
    softcase merk spotlite ?
    Dulu kan pernah jaya
    jaman nya blackberry qwerty,
    Softcase capdase dan softcase spotlite,

      1. Di twitter nya om herry softcase nilkin buat redmi note 5 dan redmi 8 pro katanya tombolnya keras ya om ?
        Coba om herry pakai softcase merk spotlite saja om,
        Saya puas om buat redmi note 5 saya,

  19. Pernah kenal dengan pemilik nomer Halo 0811111111, kalau ndak salah pendiri server penjualan pulsa elektronik di Surabaya. Tapi sudah lama ndak ketemu.

  20. Beli 2010, sampe sekarang masih aktif dan dipakai jadi nomor utama, lumayan gampang di ingat nomornya,, beli seharga 30rb. Kalo menurut om herry bagaimana nomornya, termasuk cantik?? 08xx-757x-7575

  21. Apakah nomor 085771300511 termasuk cantik koh?? Maaf ya koh nomor nya gak saya sensor soalnya itu nomer penipu sms udian…

  22. Om HSW

    Saya mau tanya ttg ponsel ilegal
    Dengan akan dikeluarkannya peraturan blokir imei, ada pernyataan menarik yg keluar dari seorang reviewer yg membuat saya penasaran.

    Sebenarnya apa yg dikatakan sebagai ponsel ilegal ?
    Jika saya membeli smartphone dari luar dan membayar pajak, kenapa ini masih dikatakan sebagai ponsel ilegal ?

    Mungkin 2 pertanyaan ini saja, tolong bisa dijawab dengan jelas. Atau bisa dibuatkan suatu tulisan khusus mengenai ini di blog.
    Terima kasih

    1. Pak Jem,

      Ponsel ilegal adalah ponsel yang tidak memenuhi aspek legalitas. Nah, faktornya itu banyak.

      Terkait contoh yang Anda berikan, apakah Anda membayar pajak itu secara resmi di sini dan ada bukti pembayarannya? Kalau iya, berarti sudah bisa dibilang legal.

  23. Beli dari 2010, dipakai sampai sekarang dan jadi nomor utama, dulu beli murah banget, hanya 30rb, karena sudah mepet beberapa hari lagi masa aktif kartunya. Nomornya 08xx-757x-7575, kalau menurut ko Herry, termasuk cantik??

  24. Met siang om herry…mau tanya…saya punya nomor hp simpati 12 digit 08….11122228. Mohon pencerahannya, apakah nomor hp saya tsb tergolong cantik/hoki…? Trims.

  25. semua nomor saya berupa seri tahun berdirinya klub sepakbola idola saya, Oms Herry.
    2 provider, 5 nomor.
    yg 3 nomor dg provider sama, mau buang 1, masih berat.

    misal, mau buang nomor yg A, eh skema tarifnya buat nelp sms murah banget, giliran mau buang yg B, tiba2 dapet skema internet yg juga murah buanget….

    ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *