Blibli Jual Smartwatch Samsung tanpa Sertifikat Postel

Sebuah pengalaman mengejutkan penulis alias HSW dapatkan saat membeli smartwatch Samsung Gear S2 Classic di Blibli.com. Gawai yang dijual lewat promo Kamis Ganteng itu ternyata tidak memiliki sertifikat SDPPI/Postel. Jadi, bukan hanya tanpa garansi resmi, melainkan sekaligus tak memenuhi aspek legalitas yang berlaku di Indonesia.

Blibli-5

Gear S2 Classic itu HSW beli pada 17 Maret 2016. Pembayaran dilunasi melalui gerai Indomaret keesokan harinya.

Blibli-1

Blibli-2

Kemarin, 26 Maret 2016, pesanan itu baru HSW terima. Inilah penampakannya.

Blibli-3

Blibli-4

Perhatikan stiker yang melekat di bagian bawah kemasan. Tidak tercantum nomor sertifikasi SDPPI alias Postel.

Blibli-5

Bandingkan dengan stiker yang melekat di kemasan Gear S2 Classic bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia berikut ini.

Blibli-6

Mengetahui fakta ini, Blibli mungkin akan berkilah barang dijual oleh merchant dan Blibli yang tidak dapat sepenuhnya mengontrol merchant. Namun, bukankah konsumen awam hanya mengetahui kalau dirinya berbelanja di Blibli? Apalagi, Gear S2 Classic itu ditawarkan lewat promo mingguan Kamis Ganteng yang jelas-jelas digelar dan disebarluaskan oleh Blibli.

Semoga Depkominfo, Ditjen SDPPI, dan pihak terkait merespons temuan ini. Semoga pula hasil penyelidikan yang mereka lakukan tidak jalan di tempat seperti kasus Zuk Z1 yang terbukti sempat mencatut sertifikat milik ponsel Xiaomi.

63 thoughts to “Blibli Jual Smartwatch Samsung tanpa Sertifikat Postel”

  1. Salam pak Herry, seberapa susah/mahal/lama sih mengurus legalitas alat-alat komunikasi di Indonesia?
    Mungkin bapak bisa menjelaskan prosedur, lama proses dan biayanya.
    Supaya konsumen punya gambaran mengapa produk-produk distributor tidak resmi membanjiri pasar. Thx

    1. Pak Yudi Kurniawan S,

      Tidak bergaransi. Kemasan tidak saya buka karena saya sedang mengajukan pengembalian barang ke Blibli.

  2. Pak HSW teliti sekali ya hehe, bagus pak, semoga dapat mengedukasi masyarakat agar teliti sebelum membeli, semoga info ini didengar pihak terkait

  3. Waduh parah banget itu pak HSW.. Apa bendanya sudah bapak test gmn performanya pak? Apa performanya bener2 buruk pak? Samsung bikin blunder yg sangat patal.

  4. wah wah wah,om Herry ini jeli sekali ya matanya…saya saja sampai tak kepikiran…
    Kenapa om Herry tidak mau review ponsel tanpa garansi resmi om kalo boleh tau?
    Pertamax saya amankan

  5. salam hormat pak herry.sw
    maaf keluar jalur.
    saya mohon pencerahan.
    budget yg saya miliki hanya 1jt. kira kira smartphone apa yg sebaiknya saya beli. agar kbutuhan vidiocall.chating dsbgnya bisa saya nikmati. terimakasih sebelumnya..

    1. Pak Wildan Zh,

      Dengan kriteria seperti itu, terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi tipe. Coba lihat-lihat ponsel merek Lenovo deh.

      1. Boleh usul. mungkin dengan budget 1 jutaan bisa pakai android one. seperti evercoss a65 atau yang punya nexian. kebetulan saya pakai punya evercoss seharga 950rb. sejauh ini pemakaian baik sekali. dapat support langsung dari google. jadi software sering update.

  6. bung HSW
    soal ketelitian bung HSW No1 deeh.
    pokoknya is the bestLah.
    tapi bagai mana nasib pata costummer awam sepeti saya ya?( beli asal ada barangNya saja)

  7. @Pak Herry SW: Wah temuan baru nih pak.. Mengenai ZUK, namanya juga Indonesia Pak, bisalah ‘diberesin’ diam2.

    Oh ya pak Herry maaf agak nyimpang, saya baca di twitter itu LG G2 turun harga 2,4 juta ya yang 16GB? Kalau yang 32GB berapa pak? Dan bisa dibeli di mana? Saya kemarin jumat tanya di erafone GM tidak ada barang. Lalu saya tanya di WTC di konter2 masih 3 juta lebih untuk yang 16GB.. Tolong infonya pak Herry SW di toko mana di Surabaya saya bisa mendapat LG G2 baru dengan harga promo seperti yang bapak share melalui twitter. Saya pengen yang 32GB sebab tidak ada slot memory di LG G2. Terima kasih sebelumnya Pak Herry

    1. Pak Roi,

      Yang 32 GB Rp 2,6 juta. Bisa dibeli di Erafone. Masalahnya, saya tak tahu Erafone mana di Surabaya yang saat ini memiliki stok.

  8. Wah ngeri bener pak, berarti statusnya sementara ngga recommended nih blibli.com. Oh iya terkait rencana flash sale one pkus x besok di blibli, kira2 ada informasi ngga pak apakah gawai yang dijual berlabel garansi resmi atau malah serupa dengan kejadian smartwatch samsung ini?

    1. Pak Tyan,

      Iya. Sementara saya tidak merekomendasikan berbelanja di Blibli.

      OnePlus X mestinya bergaransi resmi, tetapi koneksi datanya maksimal hanya 3G. Tak bisa 4G LTE.

  9. Om herry, mau tanya boleh ya..
    1. itu gear s2 classic yang jual merchant lalu dilempar ke blibli atau blibli import lalu dijual ? Seandainya merchat lempar ke blibli, sama aja dong kita beli lewat fjb di facebook atau kaskus ? Kredibilitas toko onlinenya dimana dong om ?
    2. Toko online manakah di indonesia yang mengimport langsung lalu menjual beraneka merk smartphone asli dan bergaransi resmi, tanpa melewati merchant yg gak jelas layaknya lazada yg amburadul. Terimakasih om herry

    1. Pak Johan,

      1. Yang jual merchant, tetapi dipromosikan oleh Blibli lewat promo Kamis Ganteng.

      2. Kalau mengimpor semua ponsel secara langsung dan bergaransi resmi, tak ada deh. Kalau yang mengimpor sebagian, ada Erafone.com.

  10. Koh Herry, apakah ada rencana review ZTE Blade Q Lux?
    Saya lihat di pasaran sudah beredar resmi tanpa bundling nama Bolt Powerphone E1, didistribusikan oleh SUD dengan harga resmi Rp. 899.000,-.
    Mungkin Koh Herry tertarik mereviewnya, karena statusnya saat ini sebagai ponsel 4G merk global termurah dengan garansi resmi.

  11. pertamax?

    luar biasa, semakin kesini semakin mudah saja barang selundupan masuk ke negeri tercinta

    apa ini masalah di produsen (ga mau nurut aturan) atau aturan di pemerintahnya yg terlalu rumit ya pak?

  12. Wah, ini web nya sering bahas sertifikasi.
    bisa2 org SDPPI terus memantau web ini buat bahan penertiban.
    hehehe

  13. Ah,, sepertinya sia2 pak..
    Pasti ada orang cukai atau apapun sebutannya yang membaca tulisan ini dan tulsan tentang ZUK 1 yg lalu, tapi mreka lebih senang memproses ke kantong sendiri..

  14. (komentar saya sebelumnya moderasi nya lama banget)

    koq bisa ya samsung gear S2 ada yg bisa masuk tanpa sertifikasi resmi, udh gitu dijual saat event resmi blibli lagi

  15. Pak Herry,

    wah….mengejutkan. Apakah ini artinya barang tersebut adalah BM? garansi tidak dapat diterima di SEIN ya pak?

    1. Pak Anton,

      Ya, barang black market dan ilegal dipasarkan di sini. Bakal ditolak kalau mengalami kerusakan dan dibawa ke pusat perbaikan resmi SEIN.

  16. Koh Herry, beberapa aplikasi saat dibuka sering memunculkan iklan. Adakah software tertentu yg dapat menghilangkan iklan tsb. Untuk aplikasi yg ada versi pro, hal tsb tak masalah, bayar uang sedikit langsung deh iklan hilang. Namun yg nyebelin ada aplikasi bagus namun tak ada versi pro, padahal di comment google playstore pengguna sudah teriak2 untuk disediakan versi pro namun tak diladeni oleh pembuat aplikasi tsb. Kalau di PC khan ada “AD BLOCKER”, nah untuk android apakah ada dan yg bagus namanya apa ?

    Dulu saya punya aplikasi berbayar “for Dlink “ –> itu u/ Ip Camera – (dulu sikh Rp 96.000 sekarang malah turun jadi Rp 46.000). Karena tablet Advance nya sudah gugur, maka account googlenya saya pakaikan ke Lenovo Vibe P1m. Saya installed ke Lenovo Vibe P1m nah kok statusnya tidak langsung pro padahal aplikasi “Dlink+” yg BELUM saya instal saja sudah tertulis statusnya di google play store sebagai “purchased”, dan betul saat saya install langsung dikenali kalau sudah berbayar. Saya pikir mau coba seolah olah mau bayar ulang, kalaupun terlanjur bayar karena pembayaran silam sudah dilupakan & kartu kredit langsung memprosesnya itupun tak masalah. Cuma Vibe P1m saya tsb belum saya update padahal beberapa update besar & kecil sudah tersedia, namun nampaknya belum benar2 sempurna jadi saya sabar menanti dulu deh. Nah gimana jadinya bila kemudian saya lakukan update & factory reset, aplikasinya apakah hilang, oke bila hilang saat diinstal ulang apakah minta bayar lagi ?

    Oh ya, kalau bisa Lenovo Vibe K4 Note tolong dong koh Herry review sebab termasuk unik, yakni dg harga Cuma segitu kita sudah dapat menikmati VR. Saya sudah baca bahwa kaca mata koh Hery sudah minus 7, yaa khusus untuk bagian VR bolehlah minta tolong ke adik, kakak, pacar/tunangan/istri, mama atau bahkan ke pembantu heee heee. TQ. GBU

    1. Pak Hengky Fanggian,

      1. Tak tahu. Bila menemukan aplikasi yang sering banget memunculkan iklan, kebiasaan saya langsung menghapus aplikasi itu. Selesai deh.

      2. Coba cek lagi. Mungkin aplikasi versi tablet dan ponsel dibedakan. Kelak tidak minta bayaran lagi kok, bahkan biarpun Anda berganti gawai.

      3. Saya belum memutuskan akan me-review K4 Note atau tidak.

  17. hadehh lagi lagi ya Pak, model bisnis beginian terjadi lagi dan lagi.
    pasar di indonesia memang menggiurkan, tapi hendaknya yang berbisnis mengikuti aturan yang berlaku di negara Indonesia.
    semoga aja pihak terkait segera menindaklanjuti dan juga buat ke depannya yang belum dapat sertifikat dilarang keras beredar.
    bli bli tetap kena dan bisa di tuntut meski mereka berkilah, karena statemen / kilahan mereka hanyalah sepihak dan tidak bisa mengalahkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  18. Om Herry, untuk ponsel android harga 1.5-2 juta an yang om rekomendasi kan saat ini apa ya? Terima kasih om 🙂

    1. Pak Erick,

      Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

      Kalau yang dicari ponsel dengan baterai tahan lama dan kamera kurang bagus tak masalah, ada Infinix Note 2. Harga juga Rp 1,999 juta.

    1. Pak Ivan,

      Iya, tampaknya memang barang dari Singapura dan langsung dijual di sini. Parah deh. Layak dikategorikan barang ilegal.

      1. Iyaa koh. Mereka sepertinya impor dr Singapore dan main langsung lempar aja ke pasaran. Makin ngawur deh toko2 online di Indonesia. Ya bisa dibilang ilegal ya koh, kalau menurut saya sih sama aja dengan HP Black Market (sama-sama ilegal)

  19. koh nanya sedikit, ga ngebahas hp iphone yg banyak garansi inter? Itu juga banyak kan yang jual di semua ecommerce (ga cuma blibli) harusnya bisa di angkat juga kan? Sy lihat kok ga pernah ngebahas ecommerce lain yg menjual barang garansi inter

      1. maaf koh sepertinya salah tanggap, artikelnya lebih menanyakan pengalaman membeli iphone garansi inter, kalo di.artikel ini kan koh HSW beli di ecommerce ternyata garansi inter dan di angkat, contoh yg lagi anget2nya ada pre order iphone se di.salah satu ecommerce nah tapi garansinya dan postel masih dipertanyakan, apakah koh HSW tidak mencoba untuk membeli dan memastikan ponsel tsb legal dan bergaransi resmi?

        1. Pak Andi,

          Oh maksudnya itu. Saya tidak coba membeli iPhone SE di JD.id karena nggak kuat dengan harganya. Ngeri deh harga segitu untuk sebuah ponsel tanpa garansi resmi.

    1. Bu Anita Agustina,

      Tambahkan anggaran Rp 49 ribu dan belilah Xiaomi Redmi 2 Prime baru + bergaransi resmi.

  20. Om HSW,
    Kenapa lg g2 masih banyak dijumpai di pasaran dalam kondisi baru? Apakah barang tsb produk lama atau produk baru? Masih layakkah ponsel tsb dipinang untuk saat ini? Dan apakah masih ada garansi resmi dari lg?
    Thanks, sukses selalu buat kita ya Om 🙂

  21. pagi pak HSW 😀
    wah saya selalu mengikuti tulisan” bapak karena sangat mendetail dalam review.
    maaf sebelumnya kalo oot dari artikel kali ini, saya mau menanyakan apa perbedaan dari hisense pureshot+ dengan hisense pureshot biasa?
    lalu saya juga mau menanyakan perbandingan antara hisense pureshot+ dengan hisense pureshot dan andromax r2 kira” mana yang lebih unggul bila yang saya cari adalah hp dengan kamera belakang yang bagus dan batre yang diharapkan mampu bertahan 18 jam dengan pemakainan wajar seperti chat sesekali dengan wifi always on dan dipakai foto sesekali pak.
    lalu satu lagi pak kalau membandingkan hisense pureshot+ hisense pureshot dengan lenovo vibe shot lebih baik yang mana apakah lenovo karena kalau dari segi harga kan bisa dilihat cukup jauh berbeda.

    Terimakasih banyak pak 😀
    Salam, dan sukses selalu

    1. Pak Aditya,

      Hanya berbeda di bentang layar dan kapasitas baterai.
      * Pureshot: layar 5 inci dan baterai 2.200 mAh.
      * Pureshot+: layar 5,5 inci dan baterai 2.500 mAh.

      Dengan selisih harga yang mencapai Rp 500 ribu, menurut saya, lebih baik Anda membeli Pureshot.

      Pureshot vs Andromax R2? Andromax R2 mudahnya adalah Pureshot yang diganti wajah dan LTE-nya khusus untuk Smartfren. Saya sih lebih memilih Pureshot. Biar bisa bebas mencoba layanan 4G LTE aneka operator.

      Baterai bertahan 18 jam? Hmm… kalau pemakaian Anda seperti itu, saya sangsi ponsel-ponsel yang telah Anda sebutkan mampu bertahan selama itu. Bergantung intensitas Anda chat juga sih.

      Ya lebih bagus Vibe Shot. Namun, harganya kan beda jauh banget.

  22. Lalu untuk ponsel yg tidak menggunakan sertifikat sebenarnya atau dlm artian menggunakan serifikat tipe lain yg satu merek atau berlainan apakah bisa disebut jg barang ilegal atau BM pak herry…

  23. Selamat siang Pak. Maaf saya menanyakan di luar topik. Mungkin Pak Herry ingat bahwa saya membeli LG G4 lewat blibli yang dapat harga 5.650.000 an bulan lalu. Khan saya berikan ke anak saya yang tinggal di Singapura. LG G3 nya sudah telanjur saya bawa balik Indonesia ehhh ternyata LG G4 nya gak bisa konek sama wifi di apartemennya. Padahal Ipad dan laptop gak masalah. Perlu diketahui ketika LG G4 tersebut saya pakai di hotel gak ada masalah sama wifi hotel, juga ketika saya pakai di Indonesia. Saya sudah tanyakan ke pihak LG katanya mesti dibawa ke service center supaya tahu permasalahannya . Lah khan gak bisa bawa ke Indonesia dalam waktu dekat . Barangkali Bapak bisa kasih solusi, karena sinyal Starhub dan M1 di tempat tinggal anak saya buruk, Pak.
    Sekedar sharing juga , LG G3 saya dan anak saya gak bisa konek internet ketika kami pasang M1, meskipun kami ganti 3G , ( awalnya saya pikir LG G3 saya yang bermasalah, sampai ketika saya coba di LG G3 anak saya juga gak konek ), tetapi M1 tersebut bisa konek LTE di LG G4 dan IPhone. Ternyata rumit Pak beli kartu di luar negeri.
    Makasih banyak untuk bantuan Pak Herry.

  24. Masalah sertifikat dari DJPT, sepertinya ada lagi yang mengakali aturan TKDN Koh untuk ponsel 4G. Bahkan kali ini lebih terang-terangan dibanding Huawei dimana yang menyatakan petinggi distributornya sendiri, bahwa soal 4G / 3G terserah kepada user.
    Siapa lagi kalau bukan One Plus X, bahkan cara untuk unlocknya “katanya” sangat gampang kalau lihat kolom komentar di kolom Blibli.

    Apakah HSW akan kembali membuat artikel tentang fenomena One PLus X ini? Kalau begini aturan TKDN tidak bermanfaat, brand yang sudah investasi untuk memenuhi TKDN dikadali brand lain yang lebih memilih mengakali aturan tanpa berniat investasi sama sekali.

    1. Pak Jendry,

      Iya, benar. Di Twitter @herrysw saya sudah ngomel-ngomel tuh. Saya tidak respek dengan ucapan salah satu manajer OnePlus yang terkesan malahan ngajarin konsumen dan menyepelekan aturan regulator.

  25. Pak Herry,

    Saya juga tertarik ingin beli Samsung Smartwatch itu sewaktu promo kamis ganteng itu, namun saya urung beli karena melihat pada keterangan produknya tidak mencantumkan garansi resmi. Jadi menurut saya Blibli tidak salah dan si merchant juga tidak salah karena mereka memang tidak mencantumkan bahwa produk tersebut garansi resmi. Jadi kitanya sendiri sbg pembeli yg mesti cermat membaca keterangan produk.
    Sejauh ini pengalaman saya belanja di Blibli sih memuaskan, kecuali ada 1x kejadian yg membuat saya memblacklist satu merchant di Blibli dan membuat saya lebih teliti lagi membaca keterangan produk.
    Saya berdoa mudah2an dalam kasus P. Herry ini bisa mendapat refund kembali _/\_

  26. Sudah sering membaca “jangan beli ponsel tidak resmi” di blog ini, masih ngeyel, saya beli xiaomi redmi3 garansi distributor b-cell..
    Sewaktu ditest karena terburu2 diangggap okay, lama kelamaan baru kerasa tombol power agak tenggelam dan susah diraih..
    Kembali ke toko, dibilang harus dikirim service ke jakarta. Bagaimana bisa beli handphone baru lalu diservis..
    Setelah bersitegang dan negosiasi, sepakat utk ditukar asus zenfone 2 laser dengan membayar selisihnya dan “uang sesama korban” 100rb…
    Stiker TAM memang membuat konsumen nyaman, ada harga ada rupa..
    Kapok beli barang distri abal, maaf pak HSW saya sudah ngeyel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *