Cantik Luar Dalam

Sesuai tagline-nya, InTouch Lady, ponsel LG C320i berupaya memikat pengguna wanita. Hal itu bukan mustahil diwujudkan. Sebab, ponsel tersebut relatif cantik luar dalam. Hanya ada dua “jerawat” kecil yang tak sampai menimbulkan “parut”.

Lekukan di empat sudut bodi C320i, dipadu dengan warna casing putih mutiara, menyiratkan nuansa feminin. Kala bagian atas ponsel digeser, spontan terlihat qwerty keypad yang berwarna oranye. Sungguh segar dipandang mata.

Qwerty keypad ponsel itu sangat nyaman, bahkan bagi penulis yang berjari tangan besar. Kali pertama memakai C320i, penulis iseng mengetikkan kalimat sepanjang seratus karakter dengan cepat. Hasilnya, 98 karakter akurat dan hanya dua karakter yang salah ketik. Prestasi seperti itu takkan bisa penulis raih bila qwerty keypad yang digunakan tidak ergonomis.

Layar C320i berukuran 2,4 inci dan mampu menyajikan sampai 262 ribu warna. Di situs LG, www.lg.com, ponsel itu dibilang berlayar sentuh. Padahal, C320i sebenarnya tidak dibekali layar sentuh. Ternyata informasi di situs resmi produsen ponsel pun bisa salah ya.

Konektor charger micro USB, GPRS/EDGE, bluetooth, Wi-Fi, dan radio FM adalah sebagian spesifikasi C320i. Tiga aplikasi berbasis Java telah dibenamkan. Yaitu, Messenger, Opera Mini 5, dan Social Networking. Aplikasi Social Networking, mempermudah pengguna mengakses Facebook, Twitter, maupun Myspace.

Sering dihubungi oleh nomor yang sengaja disembunyikan? Tak masalah. Aktifkan fitur call reject. Maka, panggilan sok misterius itu spontan akan ditolak. Sementara itu, untuk mempercepat akses ke fitur-fitur yang sering digunakan, pengguna C320i bisa menyusun menu sendiri di quick menu.

Di bagian belakang ponsel berdimensi fisik 91 x 63 x 15,9 mm dan berat 115 gram itu terdapat sebuah kamera. Kamera tersebut tidak dilengkapi lampu kilat dan fungsi autofocus. Ia mampu memproduksi foto berukuran maksimal dua megapiksel. Sedangkan resolusi maksimal video yang dihasilkan 176 x 144 piksel.

Kapasitas memori internal yang bebas dipakai pengguna C320i sebanyak 60 MB. Agar ruang penyimpanan lebih lapang, pengguna dapat menyelipkan kartu microSD ke slot yang tersedia.

Buku telepon ponsel C320i berdaya tampung seribu nama multiple entry. Sinkronisasi kontak dari Microsoft Outlook di komputer ke ponsel atau sebaliknya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Manfaatkan aplikasi LG PC Suite yang disertakan dalam paket penjualan.

Dua “jerawat” yang penulis temukan selama menguji pakai C320i, pertama, game bawaan ponsel itu berstatus demo. Boleh dimainkan gratis sebanyak 20 kali. Selanjutnya, mesti membeli lisensi game dengan harga Rp 10 ribu plus satu kali biaya pengiriman SMS.

“Jerawat” yang kedua, dengan harga jual Rp 1,375 juta, C320i belum mendukung layanan 3G. Andaikan ponsel itu telah kompatibel dengan layanan 3G, apalagi HSDPA, ia menjelma laksana gadis muda yang 3B-nya komplet. Brain, beauty, dan behaviour.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *