Cara Asyik Kenalkan Hewan dengan Animal 4D+

Untuk memperkenalkan hewan kepada balita tercinta, biasa Anda memperlihatkan foto dan video aneka hewan. Pilihan lain, mengajak anak berjalan-jalan ke kebun binatang. Berbekal gawai (gadget) Android atau produk keluaran Apple, Anda sebenarnya memiliki satu alternatif lain. Manfaatkan saja aplikasi Animal 4D+ yang dibuat oleh Octagon Studio, Bandung.

Dengan Animal 4D+ yang bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store, Anda dapat memperkenalkan hewan secara lebih asyik. Gambar hewan yang tersaji di layar ponsel atau tablet terlihat bergerak dan bersuara. Kala dipandang dari sudut tertentu, hewan itu terlihat realistis.

Animal 4D-1

Unsur edukasi ditambahkan dengan menampilkan penjelasan singkat mengenai hewan yang tersaji. Mungkin karena tidak spesifik menyasar pengguna di Indonesia, Animal 4D+ tak menggunakan bahasa Indonesia. Nama-nama hewan disusun berdasarkan alfabet dan memakai bahasa Inggris. Misalnya, ant (semut), bear (beruang), cow (sapi), dan dog (anjing). Deskripsi hewan juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Animal 4D-4

Berminat mencoba? Bagi pengguna Android, pastikan peranti Anda minimal bersistem operasi Android 2.2 Froyo. Gawai dengan prosesor dual core dan RAM 512 MB pun mestinya bisa menjalankan Animal 4D+, walaupun awalnya akan terasa cukup lambat.

Sekarang arahkan browser ke http://goo.gl/RY5Gjb dan unduhlah aplikasi yang muncul di layar ponsel. Alternatif lain, bukalah Play Store dan ketikkan kata kunci Animal 4D+. Bakal muncul beberapa judul aplikasi. Pilih yang logonya berwarna hijau. Ukuran file sebesar 86 MB.

Asal tahu, dalam beberapa kasus yang belum diketahui penyebab pastinya, Animal 4D+ gagal dinikmati oleh pengguna ponsel tertentu. Padahal, spesifikasi ponsel yang dipakai sebenarnya telah memenuhi persyaratan. Beberapa ponsel yang diidentifikasi tak dapat mengunduh atau menjalankan Animal 4D+ adalah Asus Zenfone 5, Zenfone 6, dan Evercoss A28S.

Animal 4D-3

Sementara itu, bila akan dijalankan di produk Apple, Animal 4D+ mengharuskan peranti pengguna minimal memakai iOS 5.0. Aplikasi sebesar 131 MB itu kompatibel dengan iPhone, iPad, maupun iPod touch. Pengembang menyatakan Animal 4D+ telah dioptimalkan untuk iPhone 5.

Untuk mengunduh aplikasi, masuklah ke App Store dan ketikkan kata kunci Animal 4D+. Boleh pula mengarahkan browser ke http://goo.gl/kB7mJF yang langsung mengantarkan Anda ke halaman pengunduhan.

Tuntas mengunduh dan menginstalasikan Animal 4D+, silakan menjalankan aplikasi itu. Di layar akan muncul kotak informasi yang meminta Anda meletakkan kartu menghadap kamera. Kartu apa? Tak perlu bingung. Kartu yang dimaksud adalah flashcard (semacam kartu remi/permainan) bergambar hewan. Tekanlah tombol get the card yang tersaji di layar ponsel. Anda juga bisa langsung menuju ke http://4d.octagon-studio.com/animalcards.zip untuk mengunduh kartu itu.

Animal 4D-2

Kartu yang sudah diunduh boleh dicetak di selembar kertas, boleh pula sekadar ditampilkan di layar ponsel atau tablet lain yang Anda miliki. Arahkan kamera ke gambar tersebut. Jarak antara kamera dan gambar jangan terlalu dekat, jangan pula terlalu jauh. Kira-kira satu jengkal. Voilaโ€ฆ di layar ponsel atau tablet akan muncul seekor hewan. Gerakkan ponsel atau tablet itu sampai menemukan sudut pandang yang terbaik. Anda juga boleh bereksperimen dengan mengubah posisi gambar yang diarahkan ke kamera.

58 thoughts to “Cara Asyik Kenalkan Hewan dengan Animal 4D+”

  1. Pak Heri saya tertarik dg :
    1. Xiaomi redmi 1S
    2. Xiaomi redmi 2
    3. Xiaomi Note
    4. Lenovo A6000

    -jika di ranking dari yg terbaik gmn pak?
    -Jika disesuaikan ksepadanan kualitas dan harga yg ditawarkan gmn pak ?

    1. Pak Yogha,

      Saya belum pernah mencoba Redmi 2 dan A6000.

      Untuk Xiaomi Note, yang Anda maksud Redmi Note atau Mi Note nih? Redmi Note saya pernah coba, sedangkan Mi Note belum pernah menyentuhnya.

      Kalau pilihannya Redmi 1S dan Redmi Note, saya lebih memilih Redmi Note. Pastikan membeli Redmi Note dual SIM dan bergaransi resmi ya. Langkah termudah untuk mengidentifikasinya, nama importir yang tercetak di stiker di belakang kardus adalah Erajaya atau Trikomsel.

  2. Wah seru juga ya pak. Tapi aplikasi yang mirip seperti ini sudah ada sebelumnya dan sudah pernah saya coba, nama aplikasinya saya lupa, tapi jika diarahkan ke kartu permainan Yu-Gi-Oh! dari Konami, maka gambar monster 3 dimensi akan tampak pada layar ponsel.
    Jika dikembangkan lagi, aplikasi ini bisa dijadikan alat peraga tambahan di sekolah ya, misalnya ditambahkan organ2 pernapasan manusia untuk pelajaran biologi, dll.

  3. aaaaahhh……….coba dulu , download via Google Play Store , logo warna hijau Amimal 4D+ by Octagon Studio
    smoga bisa di MiNote 1W

  4. Iya pak dari playstore, tapi saya lupa nama aplikasinya, soalnya sudah lama sekali dulu instalnya.
    Kartunya juga ambil dari google image bisa, kartu fisik juga bisa.

    1. Pak Jamal,

      Tidak ada keterangan khusus untuk ponsel sih. Namun, di beberapa ponsel pun ternyata memang tak bisa berfungsi sempurna.

  5. Saya pk zenfone 5,bs didonlod n dibuka ko..tp kok pas saya buka card nya trus saya cb pk kamera nokia x2 01 saya tampilan nya ga bs gt yaa..wkwk

    1. Pak Chandra Zhang,

      Setahu saya, ponsel yang dipakai untuk melihat itu harus Android atau iOS. Di dalam ponsel itu juga sudah harus terinstalasi aplikasi Animal 4D+. Kalau yang menampilkan kartunya boleh sembarang ponsel.

  6. Wkwk..oh gt ya,ko..duh..kliatan bgt bego nya gw..pantesan kaga nongol2..wkwk..makasih ko..bsk saya coba lg deh pk hp laen..thx..

    1. Pak Amunes,

      He… he… entahlah. Kalau sudah punya Durovis, saya numpang mencicipi sebentar dong. ๐Ÿ™‚

  7. Saya jual kartu 4D Animal.. 75rb aja dapat satu pak kartu A-Z pengiriman dr Bdg

    HSW: Bu Mutia, dilarang keras berjualan di blog ini. Harap tidak diulang lagi.

  8. alo pak. gimana caranya saya mau membeli kartu ini. sy mempunyai samsung note skrg. apakah bisa pakai dgn note 3? bagaimana cara membeli kartunya pak?

    1. Masuk ke google play store, search aplikasi nya 4d animal octagon, download dulu saja, Kalo aplikasi berjalan lancar, baru bli kartunya, tq

  9. Works on
    -sony z2
    -Redmi 1S
    -Redmi 2
    -Lenovo A6000 Fail to capture
    -IMO
    -Advan

    Not Work
    -HTC one Plus
    -P7500

    1. Kang DENOK, diunduh aja dulu aplikasi nya di playstore, soalnya ram dan memory yang diduga mumpuni kadang aplikasinya belum tentu jalan, contoh HTC one Plus.. Nuhun

    1. Bu Sherly,

      Ya berarti tidak kompatibel. Tentang penyebabnya, pengembang aplikasi tersebut mungkin yang bisa menjawabnya.

      1. Saya bukan orang octagon, tapi semua aplikasi pasti memiliki kelemahan atau kekurangan, sekarang jenis gadget entah ada berapa banyak jenisnya, 1 merk hp saja, jenis processor, ram, camera sudah sulit dihitung, hampir setiap bulan ada saja model baru. Aplikasi pun saat didevelop mungkin sudah trial sampling ke beberapa jenis HP dan OS. Berhubung saya jualan barang ini, ada HP mahal gak bisa diinstal, tapi HP Dibawah 1 juta malah bisa. Demilian sharing dari saya

  10. Pak Herry, untuk samsung galaxy note 10.1 dan polytron W3432 apa bisa ya Pak?
    saya sudah coba yang di note 10.1 tapi kok ga bisa terinstall..Terimakasih

    1. Pak/Bu Yoeyoen,

      Maaf, saya tak pernah menggunakan dua gawai itu untuk mencoba Animal 4D+. Jadi, saya tidak mengetahui kompatibilitas nyatanya.

    1. Bu Inayah,

      Saya pakai Lenovo A6000 programnya jalan, baik lite maupun full version, tapj tidak bisa capture..

  11. Saya pakai redmi note 4g yg single sim ga jalan.udah donlot yg lite nya juga gak bisa.layarnya ijo ssemua.kitlra2 ada solusinya kah pak?tq

  12. Kartu gak usah bli ambil aja gambarnya pakai scrensoft lalu di print sendiri. Bisa deh buat main. Gak usah beli kartu mahal mahal.

  13. Seruuu.. saya aja terheran-heran, apalagi anak saya nanti yaa..
    Pengen buru-buru nunjukin ke anak. (masih di kantor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *