Cara Hasilkan Bokeh dan Lukisan Cahaya di Huawei P9

Banyak orang telah mengetahui kalau Huawei P9 dibekali kamera yang layak mendapatkan acungan jempol. Usai menguji ponsel itu, penulis alias HSW juga sepakat dengan penilaian tersebut.

Hal yang belum banyak diketahui, pengguna P9 yang awam fotografi pun bisa menghasilkan foto bokeh secara instan. Objek utama terlihat tajam, sedangkan bagian lain sengaja dibuat blur. Aktivitas memproduksi foto yang nyeni bak lukisan cahaya bisa pula dilakukan dengan relatif mudah. Mau tahu caranya?

Wide Aperture

Dalam fotografi dikenal adanya istilah bukaan lensa alias lens aperture. Semakin besar bukaan lensa yang ditandai dengan semakin kecilnya angka, ruang tajam (depth of field) pemotretan otomatis bakal semakin sempit. Kian sempit ruang tajam, kian besar peluang menghasilkan efek bokeh. Selain terlihat lebih artistik, bokeh akan membuat objek utama foto menjadi lebih menonjol.

Kamera utama P9 sebenarnya memanfaatkan lensa dengan bukaan f/2,2. Asyiknya, tersedia fitur wide aperture di menu bawaan kamera. Ketika fitur itu diaktifkan, algoritma tertentu yang diterapkan memungkinkan kamera ponsel memiliki bukaan lensa virtual. Rentangnya cukup lebar, mulai f/0,95 sampai f/16.

Cara pemakaiannya gampang. Pengguna tinggal masuk ke menu kamera, kemudian menekan ikon bukaan lensa satu kali. Spontan warna ikon itu akan berubah dari putih menjadi oranye.

Berikutnya, geserlah baris bukaan lensa ke kiri atau kanan. Semakin besar bukaan lensa, misalnya f/0,95, latar belakang pemotretan bakal semakin kabur. Sebaliknya, semakin kecil bukaan lensa, contohnya f/16, latar belakang pemotretan akan semakin tajam. Selanjutnya pengguna tinggal memencet tombol penjepret alias shutter kamera. Selesai.

Pada contoh foto di atas, perhatikan tulisan Nasi Bebek di belakang mainan. Ketika bukaan lensa diatur di f/0,95, tulisan Nasi Bebek terlihat lebih kabur daripada saat bukaan lensa diposisikan di f/16.

Light Painting

Anda mungkin pernah melihat foto jalanan di malam hari yang terlihat indah dengan garis-garis yang dipancarkan dari lampu mobil. Suatu saat Anda barangkali juga sempat terkesima dengan foto aliran air yang terlihat sehalus sutra. Berbekal P9 dan sebuah tripod, Anda bisa bereksperimen menghasilkan foto seperti itu.

Dari halaman utama ponsel, masuklah ke menu kamera, lalu sapukan jari dari tepi kiri layar ke kanan. Di layar ponsel akan tersaji aneka pilihan mode kamera. Pilihlah light painting. Hmm… kalau diterjemahkan bebas, bisa dimaknakan sebagai lukisan cahaya.

Sudah berada di mode light painting? Kini tekanlah tiga titik vertikal di sisi kanan layar.

Pasti tersaji empat pilihan: car light trails, light graffiti, silky water, dan star track.

Car light trails dipakai untuk mengabadikan pergerakan lampu mobil di malam hari.

Kalau ingin membuat tulisan dari cahaya lampu senter, kembang api, atau sumber cahaya lain, pengguna pantas menjajal light graffiti.

Sementara itu, silky water membantu pengguna menyulap aliran air di sungai atau air terjun menjadi terlihat lembut nan cantik. Seperti foto pemandangan alam yang lazim dijumpai di kalender atau wallpaper layar komputer.

Sedikit informasi tambahan, aliran air yang hendak dijepret sebaiknya mengarah turun. Kalau mode silky water digunakan untuk memotret air mancur yang tentu menyembur ke atas, foto yang dihasilkan biasanya kurang maksimal.

Sebenarnya masih ada satu pilihan lagi, yaitu star track. Fungsinya untuk memotret pergerakan bintang di langit malam yang gelap. Karena polusi cahaya di kota sudah amat tinggi, kalau ingin menjajal mode tersebut pengguna idealnya berada di lokasi yang jauh dari keramaian. Contohnya, di tengah hutan.

Satu hal yang perlu diingat, ketika pengguna mengeksplorasi light painting, pemakaian tripod sangat disarankan. Bahkan, tergolong wajib. Alasannya, pemotretan dilakukan selama berdetik-detik. Malahan pemotretan star track bukan mustahil mencapai belasan menit. Bila hanya mengandalkan tangan kosong, ponsel pasti akan bergerak sehingga foto yang dihasilkan tidak maksimal.

22 thoughts to “Cara Hasilkan Bokeh dan Lukisan Cahaya di Huawei P9”

    1. Pak Trayan Tranggana Putra,

      Panduan saya itu spesifik mengacu kepada menu kamera P9. Jadi, ya memang untuk P9 saja.

  1. Pak Herry, setelah masuk Xiaomi Redmi 4a dan Redmi 3s, apa bapak gak punya bocoran hape Xiaomi berikut nya yg bakal masuk Indonesia?

    Kebetulan nih pak, saya mau beli Xiaomi Redmi 3s, tapi penasaran dengan satu lagi hape Xiaomi yg bakal masuk Indonesia. Terutama penasaran dengn Xiaomi seri Mi.

    1. Pak Sunar,

      Kebetulan menu yang saya bahas itu memang spesifik menu bawaan di kamera P9. Ponsel lain banyak yang bisa melakukan hal serupa, tetapi proses pengaturannya tidak semudah P9.

  2. Malam koh…
    Saya pengguna zenfone3..maaf OOt..Apakah kamera zenfone 3 bisa menghasilkan hal hal tersebut di atas?kalo bisa,caranya bagaimana?kalo tidak bisa,apa yang menarik untuk dieksplor dari zenfone 3?thx.Gb

    1. Pak Donny,

      Bisa, tetapi caranya lebih ruwet. Contoh, untuk menghasilkan foto aliran air yang selembut sutra, Anda harus menutupi lensa kamera dengan plastik hitam agak transparan. Tujuannya untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke layar. Mode kamera mesti diubah ke mode manual dan Anda harus mengatur kecepatan rana dengan memperhatikan kondisi di lingkungan pemotretan.

  3. Halo Pak Herry,
    Saya mau tanya, untuk budget maksimal 1,5jt untuk membeli hp keponakan saya. Dia perempuan, usia 20an awal, butuh hp untuk alat komunikasi standar, kira-kira ada saran dari Bapak? Untuk sekarang, saya tertarik dengan Xiaomi Redmi 4a dengan alasan HP yang saya pakai sekarang Xiaomi dan saya mengerti cara mengoperasikannya secara detail. Barangkali Bapak ada saran yang lebih baik? Dan apa pertimbangannya? Terima kasih Pak. Sukses selalu.

    1. Pak Idris Bethan,

      Dengan anggaran Rp 1,5 juta, Redmi 4A bergaransi resmi saat ini merupakan pilihan terbaik.

  4. Siang pak,

    Maaf kelua tema
    Mau minta saran, dengan anggaran 2,5 kira kira HP apa ya yang pas, kalo bisa yang batere cukup Awat, ram dan internet nya ga terlalu kecil, kamera depan belakang cukup bagus
    Terimakasih

  5. koh bisa di kasih tutorial light painting dengan kamera hp yang manual. atau paling tidak motret lampu kendaran malam hari

    1. Pak Elvin Prast,

      * ISO diatur serendah mungkin. Misalnya, 50 atau 100.
      * Shutter speed diatur rendah. Biasanya minimal empat detik. Sesuaikan dengan kondisi di lokasi pemotretan.
      * Wajib pakai tripod ya.

  6. Om HSW,
    Saya galau pengen ganti Hp, antara Lenovo P1 Turbo, Xiaomi Note 4 atau P9 Lite.
    Kira-kira yang kameranya bagus, batere cukup sehari sekali dicharge (saya laptop person), Sosmed (tanpa game), tampilan menarik dan catchy yang mana ya Om?

    1. Pak Veridiana,

      Xiaomi Note 4? Belum ada ponsel bernama itu deh.

      Hmmm… susah nih. Lenovo Vibe P1 Turbo baterai pasti cukup sehari sekali di-charge, tetapi kameranya kurang bagus. Kalau P9 Lite kamera bagus, tetapi bila pemakaian tinggi baterainya pasti tak cukup seharian penuh.

      Perilaku pemakaian Anda apakah sangat intensif? Kalau tidak, P9 Lite saja deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *