Cara Instalasi Aplikasi Android di BlackBerry 10

BlackBerry menebar angpao Imlek pada 29 Januari lalu. Bukan berupa amplop merah, melainkan resmi menghadirkan update software untuk peranti BlackBerry 10. Usai di-update, pengguna BB10 bisa menginstalasikan aplikasi Android ke ponsel yang dimiliki secara mudah dan cepat.

Berminat mencoba? Silakan mengikuti langkah demi langkah yang dibuat dengan mengacu pada tampilan layar BlackBerry Z30 berikut ini. Tampilan layar di Z10, Q5, dan Q10 seharusnya relatif sama.

Ngandroid-2

Ngandroid-1

Pastikan sudah 10.2.1. Agar dapat langsung menjalankan file instalasi aplikasi Android yang berformat APK, ponsel BB10 Anda wajib memakai sistem operasi versi 10.2.1. Cara mengeceknya, dari halaman utama masuklah ke Settings, Software Update, lalu perhatikan keterangan di bawah Current Installed. Cukup perhatikan empat angka pertama. Abaikan angka lain di belakangnya.

Ngandroid-4

Bila sudah tertulis 10.2.1, berarti ponsel Anda sudah memenuhi syarat. Sebaliknya, kalau yang tersaji masih 10.2.0 atau versi lain, berarti ponsel Anda perlu diperbarui dulu. Tekan tombol Check for Update di bagian bawah layar, kemudian ikuti petunjuk yang tersaji di layar. Anda harus mengunduh file updater sebesar 300-an MB.

Ngandroid-3

Berikan izin kepada sumber lain. Normalnya, ponsel Anda akan menutup akses terhadap file instalasi aplikasi yang bukan bersumber dari BlackBerry World. Atas permintaan dan izin dari pengguna, pembatasan akses itu bisa dibuka. Caranya, masuklah ke Settings, App Manager, lalu Installing Apps. Geser tombol di sisi kanan baris Allow Apps from Other Source to be Installed menjadi On.

Mencari aplikasi Android dan menginstalasikannya. File instalasi aplikasi Android atau lazim disebut file mentahan selalu berformat APK. Kalau Anda sudah memilikinya, masukkan ke ponsel, jalankan, dan ikuti petunjuk yang tersaji di layar.

Belum punya file instalasi? Di Android Anda tinggal berburu di Play Store. Karena ponsel BB10 tak mempunyai Play Store, Anda perlu mencari “pasar alternatif”. Anda boleh mencoba MoboMarket atau 1Mobile Market.

Ngandroid-6

Untuk menginstalasikan MoboMarket, arahkan browser ponsel ke http://goo.gl/NRywKu. Tekanlah tombol download berwarna kuning yang berada di kiri atas halaman. Halaman pengunduhan akan terbuka. Tekan save, kemudian biarkan proses berlangsung sampai selesai. Instalasikan file yang tuntas diunduh itu, lalu jalankan sampai halaman MoboMarket terbuka. Anda kini telah siap berburu aplikasi Android.

Ngandroid-5

Kalau Anda lebih ingin mencicipi 1Mobile Market, bukalah browser dan ketikkan http://goo.gl/Db6Da3. Pencet tombol download di bagian atas halaman. Langkah selanjutnya sama dengan cara instalasi MoboMarket. Selamat mencoba!

22 thoughts to “Cara Instalasi Aplikasi Android di BlackBerry 10”

  1. Sejauh mana kompatibilitas aplikasi android di OS BB 10, apakah aplikasi sebagian android juga menggunakan API terkait Google Play/Mobile Services? Atau bisa dihubungkan dengan layanan setara di blackberry OS? Misal untuk location atau maps?

    1. Pak Yodi,

      Dari percobaan yang saya lakukan, ada sebagian aplikasi yang sukses diinstalasikan, tetapi gagal dijalankan. Misalnya, Camera 360. Untuk aplikasi yang berhubungan dengan location atau map, kebetulan saya belum pernah coba.

  2. Terima kasih Pak Herry saya Sudah coba Dan hasilnya batt cepat panas dan boros, untuk aplikasi telegram tidak bisa untuk sent location Dan view location.

    1. Pak Dimas,

      Saya tak berani menjawab karena dua produk itu belum pernah saya uji pakai. Saya cuma pernah towel-towel sebentar.

  3. Gmana cara atasi apbila foto ato gmbar d telegram tidak muncul mnggunakan q10?
    Jadi muncul sesaat trus ilang…
    gmana cara atasinya???thx

    1. Pak Laode,

      Kebetulan saya bukan pengguna Telegram.

      Rekan pengguna Telegram yang memantau thread ini, tolong bantu Pak Laode ya.

  4. Kenapa BlackBerry z30 saya tidak bisa diinstal facebook..apa karena sistem operasi pada BlackBerry z30 saya bukan 10.2.1 tetapi 10.3.2..apakah berpengaruh..trimakaseh

  5. saya bisa mendownload mobomarket, tapi ga bsa install. padahal semua setting udh saya lakukan. hp saya BlackBerry z3.
    terimakasih

  6. Mobomarket sdh saya download, sdh saya instal tapi ga bisa kebuka. Solusinya gimana pak? Hp saya BlackBerry z3 OS versi 10.3.2

    1. Pak Alim,

      Saya sudah lama tidak memakai peranti BB10. Kini peranti BB10 memiliki aneka keterbatasan. Bisa jadi salah satunya tak bisa menjalankan Mobomarket lagi. Jadi, maaf, tidak ada solusi dari saya.

  7. blackberry z10 sudah ada androidx meskipun masih kecil hanya android 2.4.2 tapi sudah cukup membantu saya bri 4 jempol untuk bbz10

  8. P.admin mau tanya, saya sdh berhasil instal app facebook dan masanger tapi tdk bisa dibuka di BlackBerry z10 saya. Padahal app WA nya bisa operasi dengan normal. Mohon d bantu trimakasih.

    1. Pak Dedy,

      Karena sudah tidak memakai BB10 lagi, saya tidak bisa mengecek dan menelusuri kira-kira masalahnya ada di mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *