Cara Memilih Tongsis yang Tepat

Tongsis alias tongkat narsis yang dijual secara online maupun offline sangat beragam. Rentang harga jualnya pun lebar sekali, mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu. Calon pembeli dituntut mampu memilih dengan benar. Sebab, kalau salah pilih, bisa-bisa ponsel kesayangan yang dipakai selfie malahan terjatuh. Aduh!

Poin paling penting yang harus dicermati adalah perkiraan kekuatan ball joint atau pengatur tingkat kemiringan. Di bagian atas tongsis yang berbatasan dengan ponsel biasanya ada bagian yang dapat digerakkan. Karena kadang bentuknya seperti bola, bagian itu disebut ball joint. Ada pula tuas atau pengunci putar. Untuk mengatur tingkat kemiringan, pengguna harus melonggarkan pengunci, mengubah sudut tongsis, lalu mengencangkan pengunci lagi.

Tongsis-2

Kala hendak membeli tongsis, perhatikan bagian tersebut dengan teliti. Bila terlihat ringkih, lebih baik Anda mencari tongsis lain. Sebab, Anda pasti tak mau ponsel yang sedang melekat di tongsis mendadak jatuh, bukan?

Poin kedua yang tak kalah vital adalah desain dan kekukuhan clamp/holder. Bagian ini secara rutin akan bertugas menjepit, memegang, atau menopang ponsel pengguna. Pilihlah holder yang sesuai dengan ukuran ponsel. Jangan terlalu besar, sebaliknya juga jangan terlalu kecil. Cermati pula sisi dalam holder itu. Idealnya ia dilengkapi busa atau karet untuk meminimalkan kemungkinan bodi ponsel tergores.

Bila dua poin utama itu telah dinyatakan lolos, calon pembeli baru boleh memperhatikan hal-hal lain. Misalnya, panjang tongsis, jenis tongsis, dan warna tongsis. Mari kita bahas satu per satu.

Panjang tongsis. Semua tongsis bisa ditarik ulur sesuai kebutuhan. Saat dipendekkan maksimal, panjang tongsis biasanya antara 20 cm dan 30 cm. Sedangkan ketika dipanjangkan, mayoritas tongsis dapat menjulur sampai sekitar 120 cm atau 1,2 meter. Tongsis terpendek yang pernah penulis temukan hanya bisa ditarik hingga 50 cm.

Untuk kemudahan membawa dan fleksibilitas melakukan selfie, penulis menyarankan Anda membeli tongsis yang saat dipendekkan memiliki panjang 20-25 cm. Sedangkan saat dipanjangkan, tongsis itu setidaknya mampu menjulur sampai 100 cm. Dengan spesifikasi seperti itu, Anda seharusnya leluasa melakukan selfie dalam berbagai sudut pemotretan.

Tongsis-1

Jenis tongsis. Tongsis keluaran awal sebatas berfungsi menyangga ponsel yang dimiliki pengguna. Sebut saja peranti itu sebagai tongsis reguler. Belakangan muncul tongsis yang dilengkapi tombol penjepret. Koneksi antara tongsis dan ponsel memanfaatkan bluetooth.

Harga jual tongsis bluetooth tentu lebih mahal daripada tongsis reguler. Satu hal lain yang perlu diketahui, tongsis bluetooth kadang tak berfungsi optimal kala dipadukan dengan ponsel tipe tertentu. Saran penulis, lebih baik Anda membeli tongsis regular. Bila dirasa perlu, silakan memadukannya dengan tomsis alias tombol narsis.

Warna tongsis. Ini sih benar-benar selera pribadi. Sama sekali tak berhubungan dengan fungsi. Tongsis tersedia dalam berbagai warna. Di antaranya, hitam, biru, dan merah muda. Suka yang warna apa?

32 thoughts to “Cara Memilih Tongsis yang Tepat”

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Karena tongsis mereknya universal banget, saya tak berani menyebutkan merek. Lha kardusnya seringkali sama saja, tetapi isinya beda-beda.

      Yang pernah saya lihat bagus dan layak banget dibeli, oleh penjualnya waktu itu disebut Tongsis Pro. Harganya Rp 200 ribuan. Saya lupa Rp 225 ribu atau Rp 250 ribu.

  1. Maaf OOT Pak Herry….
    Yang dipake buat dokumentasi foto pada artikel diatas gawai apa pak?
    hasilnya bagus. Tajam.
    Matur nuwun

  2. Pak Herry, maaf tanya lainnya. Saya lagi galau nih, saya butuh smartphone ukuran rada besar dan minim dual sim,sebetulnya saya tertarik LG G2 mini dari segi spek, apakah Acer L700 3 sim layak beli jika dibanding LG G2 mini? Ataukah lebih baik saya cari LG tipe lain yang ukuran di atas 5″ saja? Makasih sebelumnya.

    1. Pak Sofy,

      G2 Mini layak beli kok.

      Saya belum pernah mencoba versi komersial Liquid E700 sehingga belum berani memastikan layak beli atau tidak. Dulu saya memang pernah mencoba Liquid E700, tetapi yang versi prototipe, bukan versi komersial. Karena itu, hasilnya tak bisa dijadikan patokan.

      LG dual SIM yang layarnya lebih dari lima inci sebenarnya ada. Yakni, LG G Pro Lite. Namun, kinerjanya tidak sebagus G2 Mini.

  3. Pak Herry, maaf nih kalo OOT…

    Kalau seandainya Pak Herry harus memberikan rekomendasi untuk Huawei Honor 3C tanpa mereviewnya, kira layak beli atau tidak? Apa hp itu kelak akan dijual di toko2 biasa, atau eksklusif di lazada saja?

    Saya masih menunggu review HP Bali, loh… Terima Kasih.

    1. Pak Amaris,

      Wah, idealnya saya mencoba dulu baru memberikan rekomendasi. Kalau tetap dipaksa memberikan rekomendasi, bila Anda berencana memakainya sampai rusak atau tidak keberatan dengan harga jual bekas yang terjun bebas, silakan melirik ponsel itu. Saya tak berani memastikan apakah kelak akan dijual di toko-toko biasa. Dugaan saya sih setelah jangka waktu tertentu bakal dipasarkan di toko-toko biasa juga.

      Tablet HP Bali masih dalam proses uji pakai. Semoga akhir minggu depan saya sudah bisa mengunggah review-nya.

  4. Pak herry
    Maaf ott , saya baru membeli asus zenfone 5 , pertama kali memakai sih saya sangat puas dengan spek yang diberikan , saya membeli yang versi 2 gb ram dan 16 gb internal , tetapi baru saya sadari ternyata baterainya boros banget , ada saran ga agar asus saya baterainya tidak boros ?

    1. Pak Hizrian,

      Baterai Zenfone 5 memang boros. Sehari minimal harus nge-charge dua kali.

      Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk sedikit mengurangi tingkat keborosan itu:
      * Atur pencahayaan pada tingkat yang rendah (maksimal 30 persen) dan durasi singkat (maksimal 30 detik).
      * Matikan bluetooth, Wi-Fi, dan GPS saat tidak diperlukan.

  5. Mas, saya pengen punya tongsis, tp ampe skrg masih ragu buat beli, ya… krn pertimbangan yg mas jelaskan diatas.
    Kalo nggak salah, di tv (lupa nama stasiun nya) pernah menampilkan acara tentang tongsis yg oleh pencipta nya sendiri. Bahkan sang pencipta /penemu jualan jg. Sayang nya saya lupa catat web dan contact nya. Mungkin mas Herry punya info tentang penemu tongsis (yg Indonesia nya)

    1. Pak Anggiat,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Hmm… apakah yang dimaksud Babab Dito? Kalau iya, saya kebetulan memiliki nomor teleponnya. Namun, saya tak bisa langsung memberikannya. Saya harus meminta izin darinya dulu. Akun Facebook-nya di https://www.facebook.com/tongsisnet

  6. Pak mw tanyak donk,sya beli tongsis yg pkai kabel kok gk bisa ya utk hp asus zenfone 5,knpa itu pak? Mlah dia larinya ke google talk…???

    1. Bu Wina,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat. Saya tak mengetahui jawaban pertanyaan Anda karena tak pernah memadukan Zenfone 5 dengan tongsis berkabel.

  7. ada yg menwarnakan tongsis ke saya
    katanya promosi cuma rp.8500
    cara lain biar tau tongsis itu berkualitas atau tidak gmana

  8. sy. pengguna hp. acer. sy sedang mencari tongsis utk hp. sy tp knp kok. banyak yg gak. bisa dipaduin dgn hp. acer punya sy. apa type tongsis. yg cocok? mksh

    1. Bu Yuliati,

      Tak ada tipe khusus sih. Asalkan lebarnya sesuai, tongsis itu bisa dipakai. Saya perhatikan di pasaran ada sangat banyak tongsis yang siap dipadukan dengan ponsel Acer kok.

  9. Maaf mas saya yuni baru saja beli tangkis kabel tapi kenapa tidak bisa di pakai di hp saya iya hp saya asus zenfone 5 .
    Bagai mana cara mengatur tangkis agar bisa di pakai di hp asus zenfone 5 saya iya.

  10. Hemzt gmn tongsis kabel kok gc berfungsi d hp evercoos a75w apakah evercoos tidak menanggapinya…..????cepat” jawab ya please…

    1. Pak Ali,

      Ehmm… Anda tanya ke Evercoos kan? Saya yakin tidak ada orang Evercoos yang memantau blog ini.

  11. Maaf mas, mau tanya
    ada gak sih tongsis kabel yang cocok untuk Lenovo A328 ?
    ko kayanya saya beli berkali-kali beli tongsis kabel untuk hp Lenovo A328 ngga ada yg bisa sinkron yaa ?
    mohon penjelasannya mas

  12. Maaf mas saya baru saja beli taongsis kabel tapi kenapa tidak bisa di pakai di hp saya,oh iya hp saya asus zenfone 5 .
    Bagai mana cara mengatur tongsis agar bisa di pakai di hp asus zenfone 5 saya.
    Bls,mksh?

    1. Bu Ida,

      Ini maksudnya tongsis berkabel kan? Saya tidak pernah memakai tongsis seperti itu. Coba pelajari lagi panduan pemakaiannya. Kalau tetap gagal, mungkin tongsis itu rusak atau tidak kompatibel dengan ponsel Anda.

  13. Pak kenapa ya, hp saya setelah di pakaikan tongsis jadinya tidak mau di charger. Setiap di charger hp nya mati… Mohon jawabanya pak!
    Terima kasih.

    1. Pak Syahrul,

      Lah… kok aneh. Seharusnya tak ada kaitan antara pemakaian tongsis dan ponsel tidak bisa di-charge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *