Cara WhatsApp Pakai Laptop

Hai… hai… hai….

Ada kabar gembira. Buah manggis eh… WhatsApp kini bisa diakses dari laptop atau PC tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Mau tahu caranya? Ini langkah-langkahnya:

1. Pastikan WhatsApp yang terinstalasi di ponsel Android Anda sudah versi terbaru.

Cara termudah untuk mengeceknya, masuklah ke WhatsApp, kemudian tekan menu. Kalau ada pilihan WhatsApp Web, berarti Anda telah menggunakan WhatsApp terbaru. Silakan melanjutkan ke langkah kedua.

Bila tak ada pilihan WhatsApp Web, lakukan update dulu terhadap aplikasi WhatsApp di peranti Android Anda.

WA-4

2. Bukalah Google Chrome di laptop atau PC. Saat ini WhatsApp Web baru bisa dinikmati via Google Chrome.

Kalau di laptop atau PC Anda belum ada Google Chrome, silakan mengunduh dan menginstalasikannya dulu. Pagi ini saya melakukan langkah serupa. Sebab, sehari-hari saya memakai browser Mozilla Firefox di laptop.

Setelah Google Chrome siap digunakan, arahkan browser itu ke web.whatsapp.com. Di layar laptop atau PC Anda seharusnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

WA-1

3. Kini bukalah WhatsApp di ponsel, tekan menu, kemudian pilih WhatsApp Web.

Berikutnya, arahkan kamera ponsel ke QR Code yang tersaji di layar laptop atau PC.

WA-3

4. Selamat ber-WhatsApp di laptop atau PC.

Tak perlu lagi melirik layar ponsel kala ada pesan WhatsApp baru. Semua langsung bisa Anda pantau, baca, dan balas dengan menggunakan laptop atau PC. Mau mengetik pesan WhatsApp yang panjang? Ah, siapa takut!

WA-2

 

29 thoughts on “Cara WhatsApp Pakai Laptop

  1. Di xiaomi redmi note saya kok gak ada opsi itu ya pak Herry?padahal dah update.Apa hanya yang kitkat yg bisa?soalnya redmi note masih yg 4.2.2.

    1. Pak Erwin,

      Saya rasa bukan masalah KitKat-nya. Saya sedang memakai ponsel yang masih Jelly Bean. Fungsi WhatsApp Web berjalan dengan baik.

      Kalau mau berspekulasi, hapuslah dulu WhatsApp. Kemudian unduh dan install ulang dari Play Store. Cara ini sukses dilakukan seorang teman.

    1. Pak Ini Itu,

      Maaf, nama dan alamat email Anda apakah benar seperti itu? Lain kali tolong tuliskan nama dan alamat email asli ya.

      Sekarang baru tersedia untuk Android, Windows Phone, dan BlackBerry. Untuk iOS masih menunggu persetujuan Apple.

  2. Wah, setelah Telegram membuat versi PC (aplikasi versi Windows dan Web / browser), WhatsApp tidak mau kalah.

    Hangout dan Yahoo Messenger harusnya dapat menyalip WA di tikungan nih, karena keduanya sudah lama main di PC dan smartphone.

  3. apakah pesan yang masuk dikomputer akan masuk di hape juga?
    dikala versi dekstop aktif terus di hape tidak aktif ato keduanya tetap aktif?

    1. Pak Dika Shun,

      Ya. Pesan yang masuk ke komputer otomatis masuk ke ponsel. Demikian sebaliknya.

      Supaya bisa diakses di komputer. WhatsApp di ponsel harus selalu siaga. Kalau ponsel padam karena kehabisan baterai, otomatis WhatsApp tak dapat dijalankan di komputer.

  4. setelah sukses install whatsapp web, ternyata kalo aktif di hape yang diweb akan tidak aktif otomatis, jadi jika pakai di komp maka di hape tetap aktif sedangkan jika pakai dihape diweb tidak aktif, seperti itu
    tapi berguna juga dikala sedang dikantor jadi tidak terliat bermain hape dijam kerja, walau sebenarnya sedang whatsapp via web, hehehe

    1. Pak Dika Shun,

      Memang perlu semacam login dengan melakukan scan QR Code. Cukup satu kali untuk berhari-hari. Kemarinnya saya sempat membaca penjelasannya, tetapi lupa berapa hari. Kalau tak salah ingat tujuh hari.

      Lho, harusnya pesan baru yang masuk ke ponsel otomatis di-update di web. Demikian sebaliknya.

      Ha… ha… benar. Kelihatannya serius di depan komputer, padahal aslinya chatting via WhatsApp.

    1. Pak Aluizeus,

      BlackBerry tipe tertentu yang sudah mendapatkan update ke versi 10.3 bisa menggunakan BlackBerry Blend. Blend memungkinkan pengguna ber-BBM via laptop/PC.

      Silakan buka http://goo.gl/zlLq5r dan bacalah pembahasan Blend di bagian tengah tulisan. Selanjutnya, gulirkan tetikus ke bawah. Ada beberapa gambar detail BlackBerry Blend yang saya tampilkan.

  5. napa yahoo messenger gak bisa bersaing ya, padahal sebelum ada bbm dll, ym adalah andalan berchat ria, jaman java pun pake ebuddy…..

  6. Sebenarnya whatsapp for web ini sekedar aplikasi mirroring dari whatsapp di ponsel. Berbeda dengan yahoo messenger atau facebook messenger

  7. Tolong tanya pak Herry. Barangkali ada pengalaman, pesan dari grup WA masuknya tidak berurutan berdasarkan waktu?
    Apa penyebabnya? Solusinya bagaimana?
    Terima kasih.

    1. Pak Yudhi G,

      Biasanya karena koneksi internet Anda atau minimal salah satu partisipan kurang stabil. Solusinya, ya koneksi seluruh partisipan mesti stabil dan lancar.

  8. Mau nanya nih pak, klo WhatsApp di HP di-update, apakah WhatsApp web harus login scan QR code lagi? Trs klo whatsApp di HP diinstal ulang, apakah WhatsApp web juga harus log-in scan QR code lagi?

    1. Pak Imam,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Usai update, biasanya tak perlu scan QR code lagi.

      Kalau install ulang, benar… perlu scan QR code lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *