Cerita Foto Peluncuran Asus Zenfone 2 di Indonesia

Asus resmi menghadirkan Zenfone 2 di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Penulis menjadi salah satu di antara sekitar 1.400 undangan yang berasal dari seluruh Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam,

Inilah cerita singkat plus foto-foto dari acara peluncuran yang digelar kemarin, 21 April 2015, di Pullman Jakarta Central Park.

Zenfone 2 Launch-1

“Tiket masuk” ke lokasi acara peluncuran Zenfone 2.

Zenfone 2 Launch-2

Tiba di lokasi acara, meja registrasi belum siap. Sebagian tamu undangan memilih duduk di lantai berlapis karpet yang berada di lorong menuju ballroom.

Zenfone 2 Launch-3

Meja registrasi dibagi per negara. Hal yang menarik, ada meja registrasi khusus untuk Kaskus dan komunitas.

Zenfone 2 Launch-5

Ada pula meja registrasi khusus blogger dan power user.

Zenfone 2 Launch-4

Dibandingkan meja registrasi lain, antrean di dua meja registrasi tersebut jauh lebih pendek. Ibarat mengomparasikan ulat dengan ular deh. Tamu yang antre masuk lewat dua meja registrasi itu pendek, sedangkan di meja registrasi lain sangat panjang.

Tuntas melakukan registrasi, tamu undangan belum diizinkan memasuki ballroom. Mari ndeprok santai dulu.

Zenfone 2 Launch-6

Percayalah, ini bukan pemandangan di acara bursa kerja. πŸ™‚

Zenfone 2 Launch-7

Karena belum resmi diumumkan, meja pajangan sengaja dibiarkan kosong. Belum ada ponsel yang dipajang.

Zenfone 2 Launch-8

Aha… akhirnya dipersilakan masuk ke ballroom.

Zenfone 2 Launch-9

Aksi teatrikal berdurasi sekitar lima menit mengawali acara.

Zenfone 2 Launch-10

Jerry Shen, CEO Asus, memberikan sambutan.

Zenfone 2 Launch-11

Lho iki lak Zenfone 2? Betul sekali! Ponsel itu tersedia dalam berbagai warna. Ada hitam, abu-abu, putih, merah, dan emas. Silakan pilih sesuai selera.

Zenfone 2 Launch-12

Robby Swinnen, Presiden dan General Manager Intel Asia Pasifik dan Japan, naik panggung. Ia memuji-muji Asus. “Intel telah menjalin kerjasama yang sangat baik dengan Asus selama tiga dekade. Kini saatnya menatap tiga dekade berikutnya,” kata Robby.

Zenfone 2 Launch-13

Jangan mencari-mencari di mana posisi sang mempelai. Sebab, ini bukan foto manten, melainkan foto bareng yang dilakukan para petinggi Asus dan mitranya.

Zenfone 2 Launch-14

Sebelum memasuki area demo untuk menyentuh langsung Zenfone 2 yang baru saja diperkenalkan. penulis dan undangan lain dari Indonesia dipersilakan makan siang dulu. Inilah penampakan menu di lunch box penulis. Kurang terlihat jelas ya? Maklum, pencahayaan di dalam ballroom bukan dalam kondisi ideal.

Zenfone 2 Launch-15

Tuntas makan siang, saatnya mencicipi menu lain. Yaitu, ponsel masak asam manis eh…. Zenfone 2.

Asal tahu, Zenfone 2 yang akan dipasarkan di sini terdiri atas empat varian:

1. ZE550ML yang dibanderol Rp 2.699.000. Layar 5,5 inci HD 1.280 x 720 piksel, prosesor Z3560 1,8 GHz, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB.

2. ZE551ML Rp 2.999.000. Layar 5,5 inci full HD 1.920 x 1.080 piksel, prosesor Z3560 1,8 GHz, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB.

3. ZE551ML Rp 3.999.000. Layar 5,5 inci full HD 1.920 x 1.080 piksel, prosesor Z3580 2,3 GHz, RAM 4 GB, dan ROM 32 GB.

4. ZE551ML Rp 4.499.000. Layar 5,5 inci full HD 1.920 x 1.080 piksel, prosesor Z3580 2,3 GHz, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB.

Mau beli? Barang baru tersedia pada pertengahan Mei 2015. Kalau Anda berada di luar Jawa, tampaknya Anda harus bersabar sampai Juni 2015.

Zenfone 2 Launch-16

Ini merahku. Mana merahmu?

Zenfone 2 Launch-17

Kalau ini yang putih.

Zenfone 2 Launch-18

Seperti ini penampakan kemasan Zenfone 2. Berbeda dengan Zenfone generasi pertama, kardus Zenfone 2 didesain untuk dipajang secara horizontal. Untuk mengeluarkan ponsel pun konsumen mesti menarik “lidah” ke arah kanan.

Masih ingat dengan kardus Zenfone generasi pertama, bukan? Kardus itu diletakkan vertikal alias meninggi. Saat akan mengambil ponsel, kardus mesti digeser ke arah bawah.

Zenfone 2 Launch-19

Alternatif back casing. Permukaannya tidak rata, melainkan bertekstur tiga dimensi. Beda warna, beda tekstur. Belum diketahui apakah aksesori ini kelak akan dipasarkan ke Indonesia.

Zenfone 2 Launch-20

Zenfone 2 Launch-21

Zenfone 2 Launch-22

Kalau yang ini permukaannya bukan tiga dimensi.

Zenfone 2 Launch-23

Sehari-hari lebih suka menggunakan flip cover? Padukan Zenfone 2 dengan aksesori ini. Nama lengkapnya, view flip cover deluxe. Ia kelak akan dijual dengan harga Rp 159 ribu.

Zenfone 2 Launch-24

Aksesori ini bernama ZenFlash. Ia adalah lampu kilat Xenon eksternal yang siap memberikan pencahayaan tambahan kala pengguna memotret. Suction cup membuat aksesori mungil tersebut sukses melekat di permukaan belakang ponsel.

Zenfone 2 Launch-25

Koneksi ke ponsel menggunakan kabel micro USB. Saat kompatibilitas ZenFlash baru dengan Zenfone 2. Berminat beli? Siapkan dana Rp 239.000 dulu.

Zenfone 2 Launch-26

Ini juga lampu kilat eksternal. Namanya, LolliFlash. Pantas dilirik oleh para penggemar selfie. Harga ritelnya dipatok Rp 119.000.

Zenfone 2 Launch-27

Zenfone 2 Launch-28

Kalau ini ZenPower alias power bank merek Asus. Sepintas seperti power bank Xiaomi 10400 ya? Kapasitasnya 10.050 mAh dan bakal dijual online dengan harga Rp 269.000. “Baju” yang terlihat di kiri foto belum diketahui sudah termasuk dalam paket penjualan atau mesti dibeli terpisah.

Zenfone 2 Launch-29

Power bank Asus lagi. Yang tipis berkapasitas 5.300 mAh. Yang terbesar berkapasitas 25.600 mAh.

Zenfone 2 Launch-30

Zenfone 2 Launch-31

Zenfone 2 Launch-32

83 thoughts on “Cerita Foto Peluncuran Asus Zenfone 2 di Indonesia

  1. ini bisa USB to Go ya pak HSW ?
    terus terang saya galau dengan Redmi Note 2, kira kira bagus mana ya ?

    1. Pak Hari Gunawan,

      Saya belum tahu bisa USB On-The-Go atau tidak.

      Redmi Note 2? Setahu saya belum ada ponsel Xiaomi dengan tipe tersebut.

    1. Pak Miftakhul Ridho,

      Benar, tipenya sama, tetapi spesifikasi berbeda. Lumayan berpotensi membuat bingung ya?

  2. Sayang sekali gak ada tes LolliFlash itu, karena kita jadi tidak mengetahui apakah aksesoris demikian hanya kompatible dengan Asus Zenfone 2 aja atau kompatible dengan hape lainnya dengan apps khusus, dll #KetauanSukaSelfie

  3. aku pikir selama ini zenfone keluarannya urutan angka dari rendah ke tinggi. btw itu kalau undangan di perkenankan bawa pulang (gratis) zenfone 2 ya pak?

    1. Pak Rifqi,

      Kemarin sempat disinggung soal penamaan. Jadi, nama Zenfone 2 di sini ternyata bermakna Zenfone generasi kedua. Kalau Zenfone 4, Zenfone 5, dkk itu dianggap sebagai Zenfone generasi pertama.

      Usai menghadiri acara gala dinner, kemarin malam setiap undangan diberi satu unit Zenfone 2.

    1. Pak Agoes,

      Benar. Kemarin usai menghadiri gala dinner yang selesai menjelang pukul 23.00, tamu undangan diberi satu unit Zenfone 2.

  4. Pak HSW

    1. Zenfone2 meniru LG, tombol dipindah dari samping? Sekilas mengingatkan penampakan LG Beat, kurang elegan. Selama memegang, Panas tidak menggunakan prosesor atom ini?

    2. Kira-kira setahun terakhir Asus masuk 3 besar penjualan hp di indonesia lah? Seandainya untuk setiap HH dipotong 500rb, akan lebih menarik.

    3. Saya kira, daya tarik RAM 4GB sebenarnya biasa saja (mudah sekali) bagi Intel, sejak lama ada varian 8gb. Yang susah bagi pembuat SoC seperti qualcom mediatek.

    1. Pak Ziko,

      1. Kesan saya sangat menggenggam Zenfone 2, sensasinya seperti kala menggenggam LG G3 Stylus. Belum tahu kali ini panas atau tidak. Kemarin saya cuma towel-towel.

      2. Pengamatan kasar saya mestinya masuk di urutan ketiga atau keempat. Setuju, kalau harga resmi yang kemarin disebutkan dipangkas Rp 500 ribu per tipe, bakal lebih asyik.

      3. Boleh tahu ponsel apa yang menggunakan RAM 8 GB? Saya jadi penasaran nih.

  5. Beberapa saya kali bertanya tentang ponsel Asus, Koh Herry hampir pasti menjawab tidak merekomendasikannya karena mutu dan servis center kecuali padfone s.

    Bagaimana komentar Koh Herry tentang Zenfone 2?

    1. Pak Ryan,

      Benar sekali. Di acara peluncuran Zenfone 2, review dan komentar saya terhadap Asus sempat saya tunjukkan kepada salah satu petinggi Asus di Indonesia.

      Soal Zenfone 2, saya belum bisa berkomentar. Lha kemarin baru sebatas towel-towel.

    1. Pak Dhan,

      He… he… entahlah. Yang pasti, di acara peluncuran Zenfone 2 itu saya senang karena dapat ngobrol agak panjang dengan salah satu petinggi Asus Indonesia. Review saya yang “keren” soal Zenfone 4 sempat saya tunjukkan. Beragam komentar pedas juga saya sampaikan. Mereka menerimanya sebagai masukan dan suara pasar.

  6. apakah asus ini recomended untuk dibeli??? setelah sebelum2nya pak herry menyarankan untuk tdk membeli HH asus krn dianggap tidak becus dan jago PHP

    1. Pak Fat,

      Saya belum tahu Zenfone 2 layak beli atau tidak. Lha proses uji pakai belum dimulai.

      Benar, mengacu kepada kondisi sebelumnya, merek Asus saya nilai jago PHP.

  7. Koh herry salam kenal sebelumnya udah lama mantau blog ko herry kebetulan nih lagi bahas launching asus zenfone 2 kebetulan juga saya salah satu yg menunggu gawai tsb anyway om herry kemarin salah satu tamu undangan berarti dapet souvernir zenfone 2 nih tolong direview ya ko herry biar saya tahu plus minus dari HP tsb makasih πŸ™‚

  8. Pak Herry.
    Saya mau tanya nih terkait zenfone. Saya suka sama design n body-nya, sangat klasik, dan saya terlanjur terpincut nih. Tapi saya tidak terlalu suka gawai gendut (ukuran layar >4,5 inch).
    Nah, pilihan saya jatuh di Zenfone 4. Tapi, ada beberapa pertanyaan :
    1. Apa kah hingga saat ini baterai yang cepat panas dan cepat habis masih menjadi masalah? Atau kah Asus sudah memperbaikinya?
    2. Bagaimana dengan Zenfone 4s dan Zenfone C. Bermasalah juga kah?
    3. Ada gawai lain yang mirip dengan Zenfone 4 dan menurut Bapak recommended kah?
    Terimakasih πŸ˜€

    1. Pak Fadhal,

      1. Ya. Bedanya, baterai Zenfone 4 kini berkapasitas 1.600 mAh alias meningkat daripada sebelumnya yang 1.200 mAh.

      2. Saya tak tahu.

      3. Kalau dari harga, mending beli Nexian Journey 1.

  9. Wah pak sekarang sudah diundang peluncuran, apa bapak masih belum merekomendasikan ponsel dan tablet asus πŸ˜€

    1. Pak Dani,

      Sejauh ini pendapat saya masih sama dengan sebelumnya. Kalau memang sangat pengin beli ponsel Asus, ambillah Padfone S yang paket penjualannya tidak termasuk docking tablet.

  10. Cara asus mengeluarkan produk membingungkan,model sama jeroan beda.ram 4gb benar2 menggoda,tp ahh saya udah ada phablet.ribet pake hp 5,5 inci.coba ada versi 4,5 inci pasti sy siap ngantri.

    Btw masalah asus itu batere dan panas.apakah masalah tersebut sudah diatasi pa?

    1. Pak Hendra,

      Nah… itu dia. Andai diberi penanda, misalnya, Asus Zenfone 2A dan Zenfone 2B akan lebih mudah dipahami ya.

      Soal baterai panas, belum tahu masih terjadi di Zenfone 2 atau tidak. Sedikit informasi tambahan, teman yang pakai Lenovo P90 merasa ponselnya tidak sepanas ponsel Intel keluaran terdahulu.

  11. Wah ditunggu review-nya pak… Saya penasaran apakah prosesor Intel generasi baru masih panas atau udah sembuh demam nya πŸ˜€

    1. Pak Tuxlin,

      Soal review, sabar dulu ya. Zenfone 2 masih duduk manis di dalam kardus.

      Teman yang pakai Lenovo P90 mengaku ponselnya lebih adem. Entah karena kebetulan atau memang Intel sekarang sudah lebih dingin.

  12. selamat pagi pak herry. saya mau tanya, untuk zenfone 2 yg harganya 3 juta (5,5 inch, ram 2 gb), berapa ram yang tersisa pada hp tersebut? trus jika zenfone 2 tipe tsb diadu dengan asus padfone s, pak herry akan pilih yang mana dan apa pertimbangannya? terima kasih.

    1. Pak Eko Vincen,

      Wah, saya tidak tahu RAM yang tersisa berapa. Sebab, saya belum mengujipakai ponsel tersebut.

      Zenfone 2 versus Padfone S? Saya juga belum tahu lebih memilih mana. Lha belum uji pakai Zenfone 2. Kalau dari sisi merek sih ponsel Asus sebaiknya tetap dihindari.

  13. Ujung2 reviewnya koh herry pasti ndak rekomen utk beli smrtphone asus, soalnya suka Pe Ha Pe…… ????????????????

    1. Pak Roni,

      Dan… akankah PHP kembali terjadi saat Zenfone 2 mulai dijual di Indonesia pada Mei 2015? πŸ™‚

  14. Pak Herry,
    Nah, di zenfone 4 ini apakah kenaikan dari 1200 mah ke 1600 mah berdampak signifikan terhadap daya tahan gawai?
    Nexian Journey 1, layanan purna jualnya bagus ga Pak Herry? πŸ˜€

    1. Pak Fadhal,

      Menurut saya, dampaknya kurang signifikan. Hanya menambah waktu siaga sekitar satu jam.

      Layanan purna jual Nexian masih misterius.

  15. Selamat siang pak Herry,

    Sebenarnya ini HP yg menarik sayang hanya SIM 1 saja yg bsa digunakan di jaringan 3G. mungkin ada masukan dr pak Herry, soalnya saya sedang cari HP dengan kapasitas batrei besar, tetapi SIM 1 dan 2 bisa digunakan untuk jaringan 3G. Budget saya kisaran 2,5jutaan. terima kasih,

    1. Pak Lukman,

      Hayo… satu pertanyaan Anda kirimkan lebih dari satu kali ya. Lain kali tolong cukup satu kali. Bila dalam 2 x 24 jam belum terjawab, baru deh boleh coba kirim ulang. Siapa tahu terlewat saya jawab.

  16. Halo Pak Herry, kemarin saya juga datang dan berada di jalur yang antriannya pendek (Blogger). Kemarin saya lihat Pak Herry tapi ntah kenapa takut ingin menyapa πŸ˜€

    Ponsel pemberiannya masih di dalam dus ya Pak? Penasaran sama review dari Pak Herry. Saya sendiri sedang dalam proses review πŸ™‚

    1. Pak Askar Juara,

      Berarti, lewat meja registrasi urutan kedua dari paling kiri ya? Wah, enak tuh. Sepi.

      He.. he.. mestinya disapa saja. Saya sempat disapa, lalu ngobrol dengan rekan dari Sobat Hape.

      Iya, ponselnya masih di dalam kardus. Antre dulu. Lha sebelum Zenfone 2 itu di tangan, sudah ada aneka gawai lain yang antre: Polytron Zap 5, Microsoft Lumia 435, Sony SmartBand Talk SWR30, Sony Xperia E4, dan Xiaomi Mi Pad.

      Lagipula, Zenfone 2 bergaransi resmi kan belum beredar di pasar. Btw, Anda dapat unit berwarna apa? Saya dapat yang silver.

  17. Om Harry, kalo dicompare spek nya saja tanpa melihat performa aslinya pilih mana zen2 (versi termurah) vs mi4i?

  18. Iy pak Herry, saya yg salah kira. saya pkir prtanyaan saya belum terupload soalnya pas jaringany lelet kemarin. ternyata sudah dan saya yg salah masuk kamar he..he..
    Minta maaf Pak, dan untuk sarannya saya pertimbangkan dlu.

  19. selamat pagi pak herry
    sebelumnya saya minta maaf karena pertanyaannyaa sedikit di luar dari tema zenfone 2, mungkin pak herry bisa bantu?
    saya cukup kesal dalam penggunaan telkomsel, di mana dalam pemakaian internetnya selalu ada keanehan, saya menggunakan paket simpati loop 12, gb seharga 65 ribu di mana kuotanya terdiri dari kuota siang 1,2 gb (09.00-00.00) kuota malam 11 gb(00.00-09.00), ketika saya menggunakan kuota malam tepatnya pukul 02.00 malam, untuk mendownload file besar, malah yang tersedot itu kuota siangnya, yang membuat kuota siangnya menjadi habis
    kan jadi rugi banget pak di siang hari saya jadi tidak berinterneta
    saya sudah tanya ke pihak telkomsel sendiri berkali kai, namun jawabn mereka selalu sama : “pemakaian data normal2 saja pak
    maka dari itu saya bertanya ke pak herry
    moga bisa bantu ya

    1. Pak Ahmad,

      Ini sebenarnya solusi setengah hati: pada pukul 23.59 matikan ponsel. Nyalakan lagi ponsel pada pukul 00.02.

      Bila Anda sudah melakukan langkah tersebut, tetapi yang terpotong tetap kuota siang, masukkan ke surat pembaca saja deh. Di surat pembaca itu sebutkan kalau Anda sudah berkali-kali menghubungi customer service Telkomsel, tetapi mereka menjawab “pemakaian data normal-normal saja.”

  20. Pak Herry

    Wah, saya pas gala dinner satu meja dengan Sobat Hape hehehe.

    Banyak banget pak antreannya, sama sih saya juga, tapi si Zenfone 2 masuk prioritas karena lagi hype πŸ˜€

    Sama pak, saya juga dapatnya silver. Sepertinya memang cuma warna silver yang dibagikan. Padahal saya ngarep yang merah, cakep. Hahaha.

    1. Pak Askar Juara,

      Oh ok. Waktu itu saya di meja nomor 101.

      He.. he.. antrean yang di meja registrasi tengah lebih menggila deh.

      Yang dibagikan ada dua warna: silver dan merah. Meja di seberang saya (nomor 90-an) dapat merah kok.

  21. Pak Herry tolong dijelaskan php-nya asus (smartphone) dimana? karena melihat speknya sebenarnya saya penasaran dengan kinerja hh ber-otak intel ini, jadi saya tunggu plus minusnya di reviewnya ya Pak… oya Pak Herry dapat undangan juga nggak untuk peluncuran Mi 4i di Indonesia? sepertinya kalau diadu review dengan zenfone2 bakalan seru ya Pak?

    1. Pak Al,

      PHP-nya di mana? Tahun lalu, waktu mereka memasarkan Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6, distribusinya berantakan. Jadwal distribusi berkali-kali meleset dari jadwal yang dijanjikan.

      Lha peluncuran Mi 4i di Indonesia kan belum ada. Jadi, ya belum tahu diundang atau tidak.

  22. Terima kasih pak herry
    Kejadian ini memang tak selalu terjadi, tapi sudah lebih dari 4 kali saya mengalaminya, dan kuota saya sering langsung habis setelahnya
    Masuk surat kabar? Apakah Ngak bakal jadi konflik pak?

    1. Pak Ahmad,

      Wah, apalagi sudah lebih dari empat kali. Kalau Anda yakin posisi benar, masukkan ke surat pembaca saja.

      Konflik gimana? Maksudnya khawatir digugat balik oleh operator? Saat mengirimkan surat pembaca, tuliskan dengan bahasa yang sopan, singkat, dan menohok. Panjang surat pembaca sebaiknya tidak lebih dari tiga paragraf.

  23. Seneng sekali anda berani mwngkritik asus langsung ke petinggi asus,pertanyaannya kritiknya apa aja?masalah service center dan ketersediaan barang di bilang ga pa?soalnya padfone s yg harganya miring sangat susah dicari ,palagi yg sama docknya.mau beli aja susah gimana kalo ada rusak?jgn jgn sparepartnya ga ada ????

    1. Pak Hendra,

      Yang paling banyak saya soroti soal layanan pusat perbaikan resmi dan distribusi barang. Saya juga memberikan beberapa masukan/usulan.

  24. Oke pak saya coba
    Iya pak betul, apalagi kekuasaan mereka yang lebih tinggi dari kita yang konsumen, namun tanpa konsumen mereka juga tidak apa2
    Trima kasi pak herry

  25. Dear p. Herry
    Menurut p. Herry, apakah zenfone 2 ini, secara keseluruhan layak menggantikan nexus 5 saya? Atau saya bertahan dulu dengan nexus 5?
    Terima kasih jawabannya pak.

    1. Pak Alvo,

      Unit yang saya pegang adalah Zenfone 2 varian RAM 4 GB dan ROM 32 GB. Saya baru sehari mencobanya, lalu ponsel itu disimpan lagi. Masih antre dulu. Jadi, saya belum bisa mengambil kesimpulan.

      Kalau mengacu pada uji pakai yang masih sangat singkat itu, saya menduga keras kelak bakal menyarankan Anda bertahan dengan Nexus 5 dulu saja.

  26. Dear Pak Herry,

    Mau tanya Pak, untuk Zenfone 2 dengan RAM 4GB yang dialokasikan untuk dipakai gpu nya berapa ya? (penasaran nih) karena display Zenfone 2 sepertinya masih 1080p.

    1. Pak Rantis,

      Cara mengeceknya gimana ya? Kalau sisa RAM bisa dilihat. Namun, bila alokasi RAM khusus GPU, bagaimana cara melihatnya?

      1. Dear Pak Herry,

        Secara kasarnya memory untuk GPU dapat dihitung dari total RAM dikurangi untuk pemakaian system, apps dan free ( dilihat dari settings bagian apps) atau lewat info di Antutu bagian storage > RAM biasanya disitu tertera total RAM yang telah dikurangi memory untuk GPU (koreksi saya bila salah). Karena setahu saya alokasi memory GPU untuk smartphone android bersifat statis tidak dinamis.

  27. Pak herry saya mau tanya lebih bagus mana xiaomi redmi 2 atau asus zenfone 2 ze551ml yg ramnya 2gb soalnya saya mau ganti hp dan bingung mau milih yang mana

    Terima kasih

    1. Pak Steven,

      Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan respons.

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 RAM 2 GB. Jadi, tak tahu bagus mana.

      Yang pernah saya uji pakai Zenfone 2 RAM 4 GB. Tidak jelek sih. Namun, dengan memperhatikan kesepadanan antara harga jual (Rp 1,599 juta vs Rp 3,999 juta) dan kinerja, bagi saya Redmi 2 lebih layak beli daripada Zenfone 2.

  28. Ko herry mau nanya lagi nih lebih bagus mana asus zenfone 2 yang varian paling rendah sama lenovo p70.

    Terima kasih

  29. Slmat malam pak herry

    Langsung saja pak, alasannya apa klo asus hrus dihindari saya lumanyan tertarik asus cm masih mikr juga jadi nya??

    Satu lagi klo antara zenpone 5, zenfone 2 ram 2gb 16 gb, dan redmi 2 bgusan mana ya dr segi kualitas kamera dan untuk kecepatan berinternet karna saya sering vuka line, bbm dan browsing bersaamaan . yang jadi pertimbagan saya asus ram nya lebih gede ya redmi..

    Klo bpaka leboh mlih mana?
    Terimakasih pak

    1. Bu Natayu,

      Alasan saya tidak merekomendasikan orang lain membeli ponsel dan tablet merek Asus:
      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

      Soal kamera, Zenfone 5 lebih bagus daripada dua ponsel lain yang Anda sebutkan. Namun, Redmi 2 memiliki keunggulan di hasil foto luar ruangan yang lebih natural.

      Soal kecepatan internet, hal itu lebih dipengaruhi oleh operator yang dipakai. Kalau membaca kalimat pertanyaan Anda, berarti yang lebih perlu dicermati adalah kemampuan multitasking. Dengan aktivitas yang Anda sebukan (buka BBM, Line, dan browsing bersamaan), idealnya Anda mencari ponsel dengan RAM minimal 2 GB. Redmi 2 berarti dicoret dulu.

      Tersisa dua ponsel. Saya pilih yang mana? Sama-sama nggak memilih. Ngeri dengan Asus. Namun, bila Anda tetap ingin beli, lebih baik melirik Zenfone 5 dengan RAM 2 GB.

  30. Selamat malam pak Herry,

    Mau nanya nih,Untuk view flip cover deluxe ori dari asus apakah ada di toko-toko retailer selain di online?

    Terima kasih.

  31. Selamat siang Pak Herry,

    Mau rekomendasinya, saya ingin membeli HP dengan spesifikasi kamera yang bagus, baik kamera depan maupun kamera utamanya, pemutar musik bersuara jernih, dan tidak cepat lemot bila dipakai multitasking ataupun setelah diinstall dengan berbagai aplikasi . (Maklum pak, saya suka install beraneka aplikasi baik yang penting aja atau penting banget. Hehehehe…)

    Budget saya sekitar 2 s/d 2,5 juta. Saya sejak dulu memang menanti kehadiran Zenfone 2 ini. Tapi di sisi lain saya juga tertarik dengan Samsung Galaxy Grand Prime. Kira-kira lebih bagus yang mana ya pak? Atau ada referensi merk lain yang sesuai dengan specs yg saya inginkan namun pas juga dengan budget yg tersedia mungkin?

    Terimakasih pak Herry atas rekomendasinya.

    1. Bu Arifah.

      Selamat siang. Membaca paragraf pertama pertanyaan Anda, saya langsung ingin merekomendasikan LG G4.

      Namun, begitu membaca paragraf kedua, saya jadi bingung. Tidak ada ponsel yang memenuhi semua kriteria Anda dengan harga maksimal Rp 2,5 juta. Kamera Zenfone 2 hanya istimewa untuk pemotretan di tempat gelap. Kalau di tempat terang, kalah mantap dibandingkan aneka ponsel lain. Galaxy Grand Prime nggak asyik. Daripada membeli ponsel itu, lebih baik membeli Xiaomi Redmi 2 yang harga barunya Rp 1,499 juta. Lebih murah, lebih bagus. Cuma mereknya memang tidak sepopuler Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *