Cerita Foto Peluncuran Xiaomi Mi 4i di Indonesia

Xiaomi Mi 4i hari ini (19/5) resmi diluncurkan di Indonesia. Ponsel dual SIM yang mendukung layanan LTE itu dibanderol Rp 2.799.000. Penjualan akan dilakukan lewat situs resmi Xiaomi, Mi.com, mulai 26 Mei 2015. Sejak hari ini peminat bisa melakukan praregistrasi. Arahkan browser ke http://www.mi.com/id/hdindex/openbuy/#mi4i bila ingin langsung menuju ke halaman pendaftaran.

Seperti apa suasana peluncuran Mi 4i yang dilakukan di XXI Lounge, Plaza Senayan, Jakarta? Penulis kebetulan turut hadir di sana. Inilah foto-foto dan cerita singkat dari acara tersebut.

Launch Mi 4i-1

Silakan melakukan registrasi dulu.

Launch Mi 4i-2

Agenda pertama saat memasuki ruangan acara adalah makan siang. Mungkin biar lebih kuat dalam menghadapi “racun” yang bakal bertebaran saat presentasi ya. πŸ™‚

Launch Mi 4i-3

Launch Mi 4i-4

Acara segera dimulai.

Launch Mi 4i-5

Hugo Barra, Vice President Xiaomi Global, baru saja dipersilakan naik ke atas panggung. Keriuhan Mi Fans, sebutan akrab bagi para penggemar Xiaomi, yang berdiri di bagian belakang ruangan menarik perhatian Hugo.

Launch Mi 4i-6

Secara spontan Hugo turun panggung, mendekati Mi Fans, lalu memotret aksi mereka.

Launch Mi 4i-7

Hugo kembali manggung.

Launch Mi 4i-8

Ponsel seperti apa sih yang diinginkan konsumen? Survei membuktikan….

Launch Mi 4i-9

Mi 4i hadir untuk mereka. Mari membahasnya aspek demi aspek.

Launch Mi 4i-10

Mi 4i tersedia dalam berbagai warna.

Launch Mi 4i-11

Kalau dibandingkan dengan Nexus 6, iPhone 6 Plus, dan Galaxy Note 4, dimensi fisik Mi 4i lebih kecil.

Launch Mi 4i-12

Launch Mi 4i-13

Baterai Mi 4i berkapasitas 3.120 mAh. Kata Hugo, baterai sebesar itu mestinya memadai untuk pemakaian selama 1,5 hari.

Launch Mi 4i-14

Bandingkan dengan kapasitas baterai iPhone 6.

Launch Mi 4i-15

Pemasok baterai Mi 4i bukan perusahaan kemarin sore.

Launch Mi 4i-16

Kamera depan Mi 4i beresolusi lima megapiksel. Bukaan lensanya f/1,8. Hmm… berarti siap dipakai selfie di tempat yang tidak terlalu terang.

Launch Mi 4i-17

Fitur beautify akan mempermak wajah pengguna. Namun, tak boleh asal permak lho. Jenis kelamin dan rentang usia pengguna harus diperhatikan. Dibandingkan pria, wanita biasanya lebih suka mengatur efek-efek beautify pada posisi maksimal.

Launch Mi 4i-18

Inilah hasil beautify terhadap foto diri Hugo Barra.

Launch Mi 4i-19

Beragam spesifikasi teknis Mi 4i dijelaskan. Silakan klik http://www.mi.com/id/mi4i/specs/ untuk mengetahuiΒ  spesifikasi detail ponsel itu.

Launch Mi 4i-20

Launch Mi 4i-21

Mi 4i kompatibel dengan LTE 1.800 MHz, tetapi tidak mendukung LTE 900 MHz. Hal itu bermakna,sekarang pengguna baru bisa memakai Mi 4i untuk menikmati layanan LTE XL. Kelak pengguna juga dapat mendayagunakannya untuk mencicipi LTE Telkomsel, Indosat, dan Tri.

Launch Mi 4i-22

Inilah perusahaan-perusahaan pemasok komponen Mi 4i.

Launch Mi 4i-23

Launch Mi 4i-24

Trus, berapakah harga jual Mi 4i di Indonesia? Hugo tampaknya sadar betul kalau informasi itu dinantikan mayoritas orang yang berada di dalam ruangan. Ia pun sempat iseng mengulur waktu.

Launch Mi 4i-25

Ia membandingkan dulu spesifikasi dan harga Mi 4i dengan dua ponsel lain.

Launch Mi 4i-26

Dan… inilah harga resmi Mi 4i.

Launch Mi 4i-27

Berminat? Bisa beli online di Mi.com. Praregistrasi dimulai hari ini, sedangkan penjualan dimulai 26 Mei 2015.

Launch Mi 4i-28

Steve Vickers, General Manager Xiaomi Southeast Asia, kemudian memberikan keterangan tambahan. Kalau sebelum membeli ingin mencicipi Mi 4i dulu, silakan mampir ke gerai Oke Shop, Global Teleshop, dan Erafone. Di sana tersedia live demo unit. Gerai-gerai tersebut kelak juga akan menjual Mi 4i. Kapan penjualan offline dimulai? Jadwal pastinya belum diungkapkan. Hanya dibilang beberapa minggu setelah penjualan online di Mi.com dimulai.

Launch Mi 4i-29

Pembeli Mi 4i di Mi.com akan memperoleh bonus paket data Telkomsel. Bila pembayaran dilakukan memakai kartu kredit Bank Mandiri, pembeli berhak memperoleh diskon. Syarat dan ketentuan yang berlaku tidak disebutkan.

Launch Mi 4i-30

Nantinya, ketika penjualan offline dimulai, mitra e-commerce Xiaomi bakal memulai penjualan online pula. Kali ini bukan hanya di Lazada. Blibli pun turut menawarkan Mi 4i.

Launch Mi 4i-31

Presentasi selesai. Hugo mengajukan permintaan khusus. Yakni, berfoto bersama Mi Fans di panggung.

Launch Mi 4i-32

Saatnya melayani para jurnalis.

Launch Mi 4i-33

Rehat sejenak. Berpindah lokasi untuk acara sesi berikutnya: Bedah Mi 4i. Inilah jerohan ponsel itu.

Launch Mi 4i-34

Hugo membongkar sendiri satu unit Mi 4i. Ssstt… perhatikan ponsel yang ada di dekat tangan kirinya.

Launch Mi 4i-35

Hugo mengatakan, Mi 4i merupakan hasil kerja keras Xiaomi dalam mewujudkan ponsel yang tipis, enak digenggam, sekaligus dibekali baterai berkapasitas besar. Lihatlah perbandingan ukuran board Mi 4i (kanan) dengan Redmi Note. Punya Mi 4i lebih kecil, bukan? Padahal, ragam komponennya relatif sama lho.

Launch Mi 4i-36

Tadi di awal disebutkan kalau Mi 4i tersedia dalam berbagai warna. Inilah penampakan nyatanya. Kita mulai dari warna kuning.

Launch Mi 4i-37

Launch Mi 4i-38

Dua ponsel di atas sama-sama berwarna kuning. Namun, kalau diperhatikan, keduanya tidak persis sama. Yang satu permukaannya mengilap, yang satu lagi matte atau doff.

Permukaan mengilap alias glossy lebih mudah “merekam” sidik jari. Cermatilah ponsel yang berada di sebelah kiri.

Launch Mi 4i-39

Tampilan depan Mi 4i berwarna merah jambu alias pink.

Launch Mi 4i-40

Launch Mi 4i-41

Kalau ini tampilan sisi belakangnya. Cocok buat cewek tuh.

Launch Mi 4i-42

Tadi di Twitter @herrysw ada yang meminta difotokan Mi 4i warna hitam dan biru muda. Yang benar-benar hitam tak ada. Mungkin yang dimaksud abu-abu ini ya?

Launch Mi 4i-43

Yang biru muda saya tidak melihatnya. Belakangan, ada rekan yang menginformasikan tadi di lokasi acara tersedia Mi 4i biru muda. Mungkin saat saya mencarinya, ponsel itu sedang dipegang tamu undangan lain.

Apakah seluruh varian warna Mi 4i akan dijual di sini? Jawabannya,Β  pada tahap pertama yang dipasarkan hanya Mi 4i warna putih. Xiaomi akan memantau dulu permintaan pasar terhadap varian warna lain.

Satu hal yang pasti, permukaan belakang Mi 4i warna apa pun akan berwujud matte. Unit dengan bodi belakang glossy sebatas untuk dipajang dan dilihat-lihat. Mi 4i dengan varian warna seperti yang digunakan Hugo (silakan bergulir ke atas untuk mengamati foto Hugo saat membongkar ponsel) juga takkan dijual.

Eh, kalau begitu, seperti apa tampilan Mi 4i warna putih? Kayak begini. Kondisi sebenarnya polos. Tadi penulis meminta Hugo menandatangani back cover Mi 4i putih memakai spidol.

Launch Mi 4i-44

Sejak awal penulis telah mengetahui kalau tanda tangan itu takkan bertahan lama. Hugo pun mengingatkannya. Asal tahu, biarpun berwarna putih, pengguna Mi 4i tak perlu khawatir bodi ponselnya terlihat kotor. Sebab, sisiΒ  belakang Mi 4i mudah dibersihkan. Anggaplah tanpa sengaja permukaan itu tercoret bolpen atau spidol. Usapan ringan bakal menghilangkan coretan, noda, atau kotoran lain yang menempel. Kalau ingin lebih cepat dan bersih, gunakan saja penghapus pensil.

Sore ini penulis telah membuktikannya sendiri. Ketika kardus ponsel bersentuhan dengan bodi Mi 4i bertanda tangan Hugo Barra, sebagian coretan spidol berpindah ke kardus. Seperti ini tampilan tanda tangan yang sudah berkurang. Bandingkan dengan foto di atas, saat tanda tangan Hugo masih utuh.

Launch Mi 4i-45

Beberapa kali gesekan tangan penulis saat menggenggam ponsel membuat tanda tangan Hugo semakin memudar. Sekalian dibersihkan deh.

Launch Mi 4i-46

Xiaomi juga memproduksi hard case untuk Mi 4i. Belum diketahui apakah aksesori itu akan dipasarkan bersamaan dengan penjualan perdana Mi 4i. Inilah contoh barangnya.

Launch Mi 4i-47

Launch Mi 4i-48

Launch Mi 4i-49

 

181 thoughts to “Cerita Foto Peluncuran Xiaomi Mi 4i di Indonesia”

    1. Pak Humaidi,

      Harga memang bisa bersifat relatif. Dengan memperhatikan spesifikasi, buat sebagian orang, Mi 4i mungkin justru dibilang murah.

  1. mantap ko #jempol

    satu hal yang mengganjal, kenapa telkomsel mensponsori penjualan mi4i kalau jaringan LTE dia tidak (belum) bisa digunakan di gawai ini? sponsorship yang aneh πŸ˜€

    1. Pak Thanmustbay,

      Nah… itu yang saya juga penasaran. Mungkin menyasar jangka panjang ya. Sebab, setelah penataan frekuensi selesai, akhir tahun ini Telkomsel, XL, dan Indosat justru akan lebih banyak mengembangkan LTE di frekuensi 1800, bukan 900.

      1. iya juga sih ko… tapi tetap janggal rasanya hahaha

        boleh nitip pertanyaan waktu review nanti ko?
        gejala overheating yang sering dibilang orang-orang, terutama ketika lama dipakai main game, dan gejala lag ketika main game berat

        menahan diri sambil melihat situasi dulu, berharap yang edisi 64 GB diedarkan juga, karena Mi belum pernah punya edisi 32 GB

        1. Pak Thanmustbay,

          He.. he.. he…

          Titip pertanyaan saat review? Boleh saja.

          Soal over heating, kemarin Om Hugo Barra sempat menjelaskan tentang hal itu. Kata dia, hal tersebut dialami sebagian pengguna Mi 4i. Xiaomi mengeluarkan update firmware untuk mengatasi masalah itu.

          1. hmm update firmware ya?
            bakal menarik nih kalau misalnya nanti ko Herry me-review mi4i dalam 2 kondisi, firmware bawaan pabrik dan firmware update hehehe
            terima kasih

          2. Pak Thanmustbay,

            Jangan-jangan unit yang saya pegang malahan sudah pakai firmware baru. He.. he..

    1. Pak Okta Tjoa,

      Sabar ya. Beberapa minggu ini saya harus banyak bepergian. Estimasi saya, review Mi 4i baru muncul pertengahan Juni.

  2. Pak Herry boleh minta sarannya, sya bingung mau beli ponsel antara Lenovo P70, Xiaomi Mi4i, atau Asus Zenfone 2. Menurut Pak Herry mana yg paling sesuai antara spek dg harga? Terimakasih

    1. Pak Miftahussalam,

      Mi 4i kan baru diluncurkan kemarin. Saya belum menguji pakainya.

      Kalau P70 vs Zenfoen 2, saya lebih pilih P70.

  3. Hmm.. Sedikit aneh.
    Ada kerjasama dg telkomsel,
    4G telkomsel kan di 900 mhz, padahal Mi4i tidak ada di 900 mhz..

    1. Pak Fauzan,

      Oh, kemarin itu diajak bedah Xiaomi Mi 4i. Hugo Barra beneran membongkar satu unit ponsel. Trus, dia berkata, “Saya menyarankan Anda juga membukanya sendiri.” Supaya ada yang dibuka, disodori satu ponsel deh. πŸ™‚

      1. Om herry suka bercanda :v

        masih menanti flash sale perdana mi4i, semoga harapan menggunakan kartu kredit mandiri sesuai dengan kenyataan

        *Penasaran dengan Promo Mandiri nya sih…. secara mi4i sudah banyak di bahas di india.. reviewer india banyak yg pakai bahasa inggris sih

  4. Pak Herry,
    Naksir banget pak Mi4i. Sepertinya cocok untuk mengganti Redmi Note 3G saya. Tapi ada yang mengganjal pak, sepertinya tidak dilengkapi slot microSD ya pak? Padahal kalo dilengkapi,komplit bener cakepnya..

  5. Pa hpnya enak ga dipake chat Dengan 1 tangan?feelnya murahan atau mewah ga?sama galaxy a3 feelnya enakan mana pa?thx

    1. Pak Hendra,

      Saya belum mengetahui tingkat kenyamanannya kala dipakai chat dengan satu tangan. Kemarin masih sebatas towel-towel. Ponsel berlayar lima inci merek apa pun mestinya kurang nyaman dipakai chatting dengan satu tangan deh.

      Feel-nya oke kok. Tidak terkesan murahan. Menurut saya, kesan pertama di tangan lebih enak Mi 4i. Kalau tatapan pertama (belum memegangnya) memang tampak lebih wow Galaxy A3.

    2. dulu saya pakai ZTE N986 dengan layar 5″ msh bisa dan nyaman pakai satu tangan

      begitu pindah ke redmi note yg 5.5″ langsung terasa kalau layarnya sudah terlalu luas untuk pengoperasian satu tangan, meski ketika dipegang secara mendasar untuk bermain game lebih mantap dan nyaman digenggam

    1. Pak Irfan,

      Ini maksudnya dua ponsel berwarna kuning di foto ya? Dua ponsel itu sama-sama Mi 4i.

  6. Pak Herry,

    Mau tanya ada slot eksternal memory nya ngga ya pak? Saya coba cari keterangan ini di web nya tidak ketemu
    Thank you

  7. Menurut Om Herry apakah kualtas Xiaomi sudah setara dengan pabrikan papan atas seperti Samsung,Sony dsb?.

    1. Pak Bahrul,

      Ya, boleh dibilang begitu. Ini asumsinya tanpa membicarakan popularitas, skala distribusi, dll ya.

  8. Pak HSW,

    Klo saya pengen hp yg dual sim dual active, dan kameranya bagus, pilih yg mana ? sebab xiaomi m4i ini pun tdk dual active. Thanks Pak.

    1. Pak Wawan,

      Dual active yang dimaksud di sini:
      * dua nomor bisa siaga bersamaan (dual SIM dual standby) atau
      * saat salah satu nomor dipakai bertelepon, maka satu nomor yang lain tetap bisa dihubungi (dual SIM dual connection)?

      Sepertinya yang Anda maksud adalah poin kedua ya? Kalau iya, yang saat ini tersedia di pasar Zenfone 2. Kameranya nggak bagus-bagus banget sih.

  9. oh iya Pa Herry
    apakah kemarin Hugo Barra membicarakan isu tentang Mi4i yg sempat overheat?
    sama sudah melihat review Mi4i di indonesia yg sdh bisa di tonton di salah satu channel reviewer indonesia di youtube.
    di video tersebut Mi4i tembus sampai 46 derajat celcius

    kami akan setia menunggu review dari Pa Herry. trims

    1. Pak Arief,

      Ya, Om Hugo sempat menjelaskan tentang hal itu. Solusinya, Xiaomi mengeluarkan update firmware.

  10. Wuih, kemarin dapat Zenfone 2, sekarang Xiaomi. Ga lama lagi Oppo pasti akan ngasih hp gratis ke Pak HSW juga LOL

    Mulai dari Xiaomi Redmi 2 dan Mi4i ini saya jadi tertarik juga ingin mencoba Xiaomi. Next phone kayaknya bisa jadi saya coba ambil Xiaomi

    1. Pak Liat2aja,

      Namun, kalau Oppo tetap nggak jujur, ponsel itu pasti takkan saya review. πŸ™‚

  11. Pak Herry,

    itu digambar ada tulisan support 5 modes 16 bands,
    apa support frekuensi TDD-LTE band 40(2300) ya pak?
    kalo bisa rencana mau ikutan flash sale nih, biar bisa dipadukan dengan bolt, hehe

    1. Pak Wisnu,

      Kalau melihat spesifikasinya, Mi 4i mendukung band 40. Namun, saya tak berani memastikan bakal sukses dipadukan dengan Bolt.

  12. Pak HSW,

    yg di jual disini apakah hanya yg 16 gb atau ada varian lain dengan memory yg lebih besar 32 gb atau 64 gb?

    1. Pak Marundruri,

      Saat ini hanya yang 16 GB. Tidak ada penjelasan mengenai rencana penjualan varian dengan kapasitas memori lebih besar.

  13. “Apakah seluruh varian warna Mi 4i akan dijual di sini? Jawabannya, pada tahap pertama yang dipasarkan hanya Mi 4i warna putih. Xiaomi akan memantau dulu permintaan pasar terhadap varian warna lain.”

    Sayang sekali, warna putih. Redmi 2 juga putih. Mi 4i putih lagi.
    Apakah warna putih ini favorit consumers ya? Koq saya sama sekali ga tertarik warna putih karena cepat atau mudah terlihat kotor. Saya pikir akan launch 2 warna: black/grey dan putih.

    1. Pak Andy,

      Sepertinya Xiaomi dan distributornya di sini mengambil langkah aman dulu. Putih dan hitam tergolong warna yang universal. Lha ini praktiknya cuma putih yang dimasukkan. Kenapa? Mereka mungkin memiliki pertimbangan tersendiri.

      Kalau bicara manajemen stok, meskipun tipenya sama, tetapi berbeda warna, kode SKU-nya (stock keeping unit) akan berbeda. Itu lumayan kompleks.

  14. Keren liputan “live”-nya pak Herry, … dua jempol dah! Baru kali ini saya mantengin Twitter pak Herry menit demi menit pas liputan itu dan saya sampai seolah merasa ikutan berada di dalam ruangan … hehehe. Foto-foto yang pak Herry tampilkan di Twitter itu pak Herry kumpulkan lebih dulu baru kemudian di-twit (jadi ada jeda waktu yang cukup lama), atau setiap ngambil gambar langsung di-twit (jadi nyaris “real time” karena jeda waktunya yang pendek)?

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Tidak saya kumpulkan dulu. Yang terjadi: kejadian lokasi acara saya foto, kemudian langsung pilih share via Twitter. Jadi, mendekati real time. Ada 1-2 twit yang tidak nyaris real time. Kira-kira ada jeda hampir lima menit karena koneksi internet sempat bengong.

    1. Pak Tyogendhon,

      Oppo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok. Namun, penjaga gerai Oppo biasanya mengatakan Oppo adalah merek dari Amerika, Jerman, bahkan Italia. Yang paling sering sih ngaku dari Amerika.

  15. Wah pak herry akhirnya Mi4i muncul juga,, saya yang kemarin baru meminang padfone juga tertarik untuk mencobanya.. Kira kira dibanding padfone bagus mana pak?

    1. Pak Pandu,

      Belum tahu. Lha Mi 4i-nya belum saya uji pakai. Btw, Anda baru meminang Padfone apa? Padfone S?

  16. oh iya , saya sering mendengarnya di Plaza marina , cuman walaupun buatan manapun saya tidak pernah tertarik membeli oppo πŸ˜€

  17. Saya update terus waktu peluncuran mi4i itu pak di twitter Om herry, terarik juga Pak. Hugo Barra kan bilang pak komponen kamera di pasok oleh Sony dan Samsung,baterai juga. Dengan mengkesampingkan distribusi,SC,after sales, apakah menurut Om herry kualitas xiaomi sama dengan yang di produksi oleh pabrikan besar?

    1. Pak Bahrul,

      Ya, meskipun Xiaomi masih dalam tahap menjadi ponsel merek global, kualitas ponsel Xiaomi sudah boleh diadu dengan merek global di kelas setara.

  18. Pak Herry
    Hugo Barra pernah bilang alasan Xiaomi gak pake SD card untuk menghindari kehilangan data akibat kerusakan SD card.Tapi xiaomi mi 4i memorinya kok cuma 16 GB…agak bingung aja pak…btw ini ponsel sangat menarik dari segi harga dan spesifikasi….

    1. Pak Suherinugroho,

      Menurut saya, Mi 4i hanya dibekali ROM 16 GB karena dua alasan:
      * Positioning-nya kan ponsel menengah. Untuk ponsel kelas menengah, 16 GB masih cukup memadai. Kecuali, pengguna gemar membawa koleksi file multimedia ke mana pun pergi.
      * Untuk menekan harga jual.

  19. Wah, liat2 ulasan om hery jadi pingin coba xiaomi nih. Mungkin nanti coba main ke erafone buat pegang2 dulu. Apakah saat ini sdh tersedia live demonya om?

    1. Pak Ibenq,

      Saya kurang tahu sekarang sudah tersedia live demo unitnya atau belum. Sampai 30 Mei 2015 saya tak sempat ngecek.

    1. Pak Punkky,

      Benar. Jadi, ceritanya, setelah acara resmi selesai, Hugo meminta berfoto bersama Mi Fans di panggung. Nah, saat itu ada Mi Fans (kalau tak salah dari Bandung) memberikan cenderamata kemeja batik. Tanpa diminta, Hugo langsung memakai kemeja tersebut.

    1. Pak Suherinugroho,

      Sebenarnya tidak dibilang antispidol, melainkan disebutkan kalau bodi belakang Mi 4i mudah dibersihkan dari kotoran yang menempel.

      Praktiknya, spidol permanen pun ternyata bisa dibersihkan. Terbukti pada foto di atas. Tanda tangan Hugo Barra yang memakai spidol permanen sukses dibersihkan.

    1. Pak Suherinugroho,

      Soal LED notifikasi, saya belum bisa menjawab. Kemarinnya saya tidak memperhatikan dan sampai kini belum menguji pakai Mi 4i.

  20. Pak Herry,
    Minta tolong pendapat anda untuk user dengan kebutuhan kamera yang bagus dan pemakaian intens sosmed dan chatting serta sesekali memainkan game ringan, lebih baik pilih yg mana ? ( terlepas dari merek, SC, panas, dan boros )
    1. Xiaomi Mi4i
    2. Asus Zenfone 2 ZE550ML
    3. Lenovo P70
    Untuk budget tidak lebih dari 3 juta dan mohon info toko di surabaya yang rekomended dan ready stock merek diatas kecuali Mi4i
    Maaf merepotkan dan Terima kasih Pak Herry

    1. Pak Bram,

      Soal Mi 4i saya belum bisa berkomentar. Sebab, saya baru pada taraf towel-towel, belum menguji pakai ponsel itu.

      Asus lebih baik dicoret deh. Jadi, untuk sementara, yang tersisa adalah P70. Ponsel itu boleh dilirik. Di WTC dan Plasa Marina banyak yang jual kok. Tidak ada toko khusus yang saya rekomendasikan.

  21. Bagaimanakah kualitas kamera Mi 4i Pak? Apakah sebanding dengan Sony Xperia Z karena menggunakan lensa yg sama

    1. Pak Budi Raharjo,

      Belum tahu. Mi 4i-nya belum sempat diuji pakai. Sampai awal Juni saya harus banyak ke luar Surabaya.

  22. Pak Herry diajak maen ke rumahnya Xiaomi juga gak? Atau mungkin abis dari acaranya Lenovo iseng mampir gitu…. Hehehe

    1. Pak Arif,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Tidak mampir ke rumah Xiaomi maupun Oppo. Acaranya Lenovo tergolong padat. Jadi, nggak sempat jalan-jalan lagi.

  23. Saatb ini saya menggunakan Mi3, tapi tetep galau lihat Mi 4i ini pak, hehehehe… πŸ˜€ Satu hal yang nggak saya suka, Xiaomi menghadirkan smartphone dengan pelbagai varian warna tapi pas flash sale cuma 1 varian warna saja yang dijual πŸ™

  24. Pak , kalo Mi 4i ini dibanding Acer E700 (tanpa melihat jumlah SIMCARD) ,terutama utk kamera dan kecepatan utk browsing , bapak recomend yg mana ? Terima kasih

    1. Pak Pakdhe Ery,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Belum tahu. Sebab, Mi 4i-nya belum sempat saya uji pakai. Dugaan saya, kamera Mi 4i lebih bagus.

  25. Pak herry, Saya penasaran mau tanya nih dari sekian banyak gawai yg bapak uji mana yg menurut bapak paling bagus / paling sreg / paling wah menurut bapak terima kasih

    1. Pak Kenny,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Tidak ada satu pun yang benar-benar sempurna deh. Masing-masing ada plus minusnya. Plus, tentu pilihlah gawai sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.

  26. Kalau untuk layanan purna jual dari xiaomi gmn pak
    Apakah untuk ponsel keluaran lama masih diberi perhatian dari segi update firmware

    1. Pak Deka,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Layanan purna jual Xiaomi bisa dikategorikan lumayan. Belum bagus, tetapi juga tidak amburadul.

      Redmi 1S sampai sekarang masih rutin dapat update.

  27. Pak Herry, tlg tanya.tentang Xiaomi Mi4i. Saya baru terima Mi4i hasil flash sale 26 mei barusan. Begitu saya on kan, menunya bhs china dan gak ada manual gmn cara ubah bahasanya.
    Apa Mi4i yg Bpk terima saat launching, jg awalnya berbahasa china? Gmn caranya ubah ke bhs Indonesia/ Inggris?
    Trims Pak

      1. Thanks Pak. Krn saya gak tau letak menu language dimana (krn semuanya pakai huruf mandarin), sehari stlh sy tanya Bpk, akhirnya saya bawa ke service center di plaza marina. Sambil menunggu giliran, iseng ngomong ngomong dengan mas mas di sebelah saya.Ternyata ybs juga bawa Mi4i . Jadi saya ngerpek urutan settingan language dari hp dia, dan Sukses !! πŸ™‚

        Thanks

    1. Pak Fajar,

      Apakah yang dimaksud adalah Advan (bukan Advance) Vanbook W100? Saya belum pernah mencobanya.

  28. Koh Herry bisakah untul mereview Advan Vanbook W100. Saya ada rencana mau beli,hanya belum yakin bagus atau tidaknya. terima kasih sebelumnya

    1. Pak Rafka,

      Tidak bisa. Sebab, saya belum pernah mencoba gawai itu. Saran saya, lebih baik lupakan Advan, Mito, dan beberapa merek lain deh.

  29. Salam Pak Herry SW.,

    Saya mau tanya, setelah kemarin saya ambil LG G2, dan sekarang garansi sudah habis, saya khawatir masalah Flickr yg memaksa ganti mesin oleh sc yang biayanya gak sedikit, sekitar 1,8-2jta.
    Apakah Mi4i ini, layak menggantikan kenyamanan LG G2 saya? Jadi G2 dijual untuk membeli Mi4i?

    Terima kasih, Pak Herry SW. Salam.

  30. oke ,makasih koh infonya,oo begitu ya soalnya saya melihat speknya untuk w100 di situs jual beli bhinneka.com ko kayaknya bagus dengan harga yang sangat murah.untuk windows ,tablet apa ya koh menurt koh herry bagus dengan bugjet dibawh 3jt.terima kasih.

  31. menurut saya mi4i ini value for money nya bagus, menghemat dari iklan dan distribusi. sayang di web mi.com indonesia yg dijual masih terbatas dari type dan warna.

  32. Pak HSW, saya iseng nyobain Alcatel onetouch flash plus…
    Meski lewat l*z*d* tapi pengiriman ke tempatku ngebut.

    Speknya bagus, dan sampe saat ini ok bgt. Ini selevelan lenovo p7000 ya pak? Kalo dibandingin mi 2 speknya lbh keren..
    Sayang krn cm di toko itu, pak hsw bakalan ngga mereview nih…

    Oh iya ada catatan khusus tentang alcatel tentang alcatel carr. Hh temen yg rusak langsung diganti baru, dg ongkir ditanggung distributor.. Dijemput ekspedisi lagi… Wah building brand nih…

    1. Pak Dhan,

      Lenovo P7000? Hmm… itu yang mana lagi ya? *bingung*

      Kali ini mungkin saya akan me-review ponsel Alcatel tersebut. Sebab, saya bisa dapat lewat jalur non-Lazada alias jalur teman.

      Bagus deh kalau layanan purna jualnya kayak gitu. Building brand dan tebar pesona ya. πŸ™‚

  33. Pak herry,
    saya mau tanya.. xiaomi Mi 4i jika dibandingkan dengan sony c3 bagus yg mana pak? jika dilihat dari segi kamera dan penyimpanan internal.
    Walupun harga lebih murah xiaomi, tp sony kan sudah lebih booming dengan kamera yg bagus, bagaimana pak?
    soalnya saya dulu pernah beli hp LG L70 sepertinya kamera belakang tidak sebagus kemera hp dengan brand yang sudah booming.

      1. Minus nya apa pak c3 dibanding mi 4i kecuali harga yang mahal?? Dan bukankah mi 4i tidak ada sd card nya? Untuk memory 16gb apakah itu cukup pak??

        1. Bu Noor Puspita,

          Xperia C3 kalah smooth. Hasil kamera utamanya juga kalah mantap.

          Benar, Mi 4i tanpa selot microSD. Asalkan tidak banyak menyimpan file multimedia, kapasitas 16 GB masih memadai.

          1. oo begitu..
            ditunggu review Mi4i nya pak,, agar tambah mantap untuk meminang HP ini,, hehe..

  34. Cuma dapat putih Pak Herry, overall bagus, ngidam iphone saya jadi hilang. HP Full HD plg murah, sayang kameranya gak konsisten, kadang bagus kadang kurang (abis liput acara coba pake xiaomi mi4i), kekuatan sinyal dan kejernihan suara belum test soalnya hape kedua.

    1. Pak Yuwono,

      Mi 4i yang dijual resmi di Indonesia memang hanya warna putih. Entah kalau beberapa bulan lagi.

      Kamera Mi 4i saya kebetulan konsisten.

  35. pak admin, minta review nya Mi 4i dong. bagusan mana dengan redmi note?. sekarang saya pake redmi note.

    1. Pak Janto,

      Review Mi 4i masih antre.

      Secara umum lebih bagus Mi 4i dibandingkan Redmi Note. Mi 4i hanya kalah di dua hal:
      * Daya tahan baterai bawaan.
      * Tidak ada selot microSD. Buat saya sih kapasitas memori internal yang 16 GB masih memadai. Namun, buat pengguna yang gemar membawa koleksi file multimedia di ponsel, kapasitas segitu amat mungkin akan kurang.

  36. tq pak
    masalah redmi note saya ada di kamera yg kurang bagus utk auto focus nya dan gadget nya sering over heating kalau di pakai utk main game.
    tolong di bahas di review mi 4i nya nanti yah.

    1. Pak Janto,

      Kamera Redmi Note memang tidak sebagus Mi 4i.

      Redmi Note lebih adem daripada Mi 4i. Kalau saat bermain game via Redmi Note ponsel itu terasa panas, di Mi 4i seharusnya lebih panas lagi.

  37. hallo Bro HSW,
    rekan lama di forum GD, malah baru tahu punya forum sendiri disini.
    Dulu kalo mau beli hp mesti nunggu review dari mbah guru HSW dulu hehehe.

    Singkat cerita lagi tergiur ama Mi4i ini nih, thank you reviewnya, tp nunggu bbrp saat dulu sampai banyak yg review.

    Cerita dikit, aku penggemar lenovo, terakhir pakai p780 yg udah diganti custom rom ama teman, jadi anti lelet dan anti hang. Iseng2 penasaran beli redmi note 2nd, eh malah tanpa cusrom enak bgt tanpa lag, OS miui nya lengkap bgt ya, jadi takjub untuk hp harga segitu.
    Cuman kemarin iseng nebus Alcatel OT flash plus (AOTP), wah emang secara hardware jadi kelihatan ketinggalan bgt nih Redmi note. CAsing lbh mewah AOTP, lcd kualitas tampilan hi res jauuh bgt bagusan AOTP, meskipun spec sama. Performa lain blm sempat coba krn keburu dihibah AOTP nya.

    Yang kutunggu review Bro HSW AOTP vs Mi4i deh, cepetan ya broo….
    SAtu lagi yg bikin penasaran kenapa ya kok kesannya kurang cocok ama Asus Zenfone series?

    Thank you bro en sukses selalu, tetap semangan review ya

    1. Pak Giant,

      Lho, saya belum me-review Mi 4i lho. Posting di atas itu sebatas cerita waktu acara peluncuran.

      Saya belum pernah mencoba Alcatel onetouch Flash Plus. Jadi, ya belum bisa me-review-nya.

      Benar, Zenfone gagal menggetarkan hati saya. Lha ternyata setelah dipakai terasa kurang menarik. Kalau Padfone S saya nilai cukup bagus.

  38. Sori Bro HSW,
    Mau revisi komen+pertanyaan diatas tapi ga bisa,
    saya singkat aja pertanyaannya:
    – Lupakan saja soal pertanyaan mengenai Asus Zenfone series, saya baru baca di post lain, maaf sebelumnya krg teliti.
    – Comparison yang dibutuhkan dari Suhu HSW untuk Lenovo P90 vs Mi4i aja deh, saya rasa sekelas ya, kalo AOTP beda level
    – Ditunggu review Alcatel One Touch plus nya ya….

    Thank you

  39. Pak herry…

    Pernah punya pengalaman dgn service center xiaomi (TAM)? Saya baru beli mi4i 5 hari… Ponsel blm sempat saya apa2in, hanya sebatas coba2 kamera aja.
    Kemaren saya update os lewat jalur resmi (via notifikasi), reboot, dan sukses. Tapi setelah saya coba untuk matikan ponsel, mendadak nyangkut di layar maskot xiaomi lagi betulin android (fastboot)… Mengikuti saran di forum, saya coba tahan tombol power dan volume up. Ponsel dengan sukses saya restart. Namun kembali setelah saya matikan lagi, ponsel tetap menyangkut di layar fastboot. Demikian seterusnya, sehingga ponsel tidak dapat saya matikan (shut down).
    Pak herry pernah punya pengalaman sama dengan saya? Perlukan ponsel saya bawa ke service center dgn asumsi bakal menginap lama, padahal baru 5 hari aja… Atau pak herry pernah punya pengalaman sama?
    Makasih banyak sebelumnya

    1. Pak Andri,

      Saya kebetulan belum pernah berurusan dengan pusat perbaikan resmi Xiaomi.

      Saran saya, ya bawalah ponsel Anda ke sana. Ponsel Anda takkan bisa sembuh sendiri kalau hanya dibiarkan, bukan?

  40. Saya tadi sore jam 2 beli xiaomi mi4i dan malam jam 10 di hari yang sama,tiba2 xiaomi mi4i saya langsng hank,berubah jadi layar hitam,kasih solusi nya donk…#kecewa

    1. Bu Mery,

      Tak mau dinyalakan lagi ya? Coba tekan dan tahan tombol power + volume ke ats selama sekitar sepuluh detik. Bila ponsel tetap tidak mau menyala, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

    1. Bu Mery,

      Lain kali yang sabar ya. Saya bukan layanan hotline 24 jam. Anda mengirimkan pertanyaan pada pukul 22.53. Pada 13 menit kemudian, ketika pertanyaan belum terjawab, Anda sudah mengirimkan komentar lagi dan meminta direspons. Sabarrrr….

    1. Pak Arif,

      Maksudnya Xiaomi Mi 4i ya? Di WTC dan Marina sih kalau rajin keliling pasti ada yang jual. Namun, harganya di atas harga resmi.

      Kalau mau menantikan penjualan offline resmi, silakan menanti sekitar seminggu lagi.

    1. Bu Regita,

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy A3. Spesifikasi di atas kertas sih kalah nendang dibandingkan Mi 4i.

      G3 Stylus jangan dibeli. Kurang sip.

      Saran saya, beli Xiaomi Mi 4i saja deh.

  41. Pak heri,
    kalau mi4i dibandingkan mi3,lebih bagus mana?dari segi kinerja,layar,video call dan kameranya?

  42. Pak Herry, minta info donk, kapan kira2 Xiaomi Mi 4i warna abu-abu/hitam akan dijual di Indonesia?
    Thank You

  43. Pak Herry, warna biru atau pink apakah akan dirilis? kalau iya, kira kira kapan yaaa paak? soalnya saya berminat dgn warna birunya. thank you paak. πŸ™‚

    1. Bu Dina,

      Dulu saya sempat menanyakan kepada rekan Xiaomi. Jawabannya, tahap pertama putih dulu sambil melihat reaksi pasar. Jadi, belum tahu apakah Mi 4i biru dan pink kelak akan dirilis di sini.

  44. Pak, kalo after sales nya lenovo mengecewakan atau gimana ya? Kalo after sales nya Xiaomi bagaimana? Saya rencana mau beli lenovo A7000, lenovo K3 Note (belum rilis di Indonesia) dan Mi 4i. Tapi masih bingung. Bapak sudah tahun lenovo A7000? Besok ada flash sale di Lazada.

    1. Bu Meli,

      Sejauh ini, layanan pusat perbaikan resmi Xiaomi lebih bagus daripada Lenovo.

      Ya, saya sudah tahu A7000. Namun, saya tak tahu ponsel itu layak beli atau tidak. Sebab, saya belum pernah menguji pakai ponsel tersebut.

  45. Kalo perbandingan mi4i vs zenfone 2 551ml ram 2gb gmn ya pak??
    Saya bingung ni milih hehee
    Mhn bantuan ya pak
    Tks pak

  46. Kl menurut bapak gmn ya pak utk 2 pilihan sy tsb
    Kira2 kl bpk sndiri prefer kmn ya pak??
    Wpun belum prnah di jajal kedua nya
    Tks pak
    Mhn bantuan

    1. Pak Akbar,

      Kalau Mi 4i saya sudah pernah coba kok. Review juga sudah saya unggah ke blog.

      Asus Zenfone 2 RAM 2 GB yang belum pernah coba.

      Umpama harus memilih secara buta, saya sih pilih Xiaomi.

  47. Oke tks ya pak ats masukannya
    Btw bs mnt link review bpk ttg mi4i pak??
    Trs dtnggu review zenf 2 2gb hehe

    1. Bu Shira,

      Sempat ada rumor yang warna hitam/abu-abu tua akan dijual resmi ke sini juga. Kalau warna lain (kuning, pink, dll) belum ada kabar.

    1. Pak Tagus,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Mi 4i – 32 GB belum beredar resmi di sini.

  48. pak.. kemarin saya ke okeshop di WTC surabaya. saya lagi cari mi4i yang warna biru. tapi petugas disana bilang kalo warna resmi di indonesia cuma putih saja. apa benar tidak ada warna lain selain putih??

  49. Koh HSW akhirnya diputuskan mau beli xiaomi mi 4i, kalo yang ditawarkan penjual lebih rendah dari harga resmi perlu dicurigai nda ya? Penjual si bilang garansi resmi, takut saja krn postingan koh soal garansi hehehe

  50. spesifikasi Xiaomi Mi 4i yang benar quad core 1.7 GHz apa octa core 1.7 GHz pak hery, soalnya yang tertera di hpnya octa core tapi di media banyak yang mencantumkan Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Quad-core 1.7 GHz. terima kasih pak

    1. Pak Abdul Azis,

      Ponsel itu memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 615 MSM8916 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 1,7 GHz dan empat inti 1,1 GHz.

      Kok di media lain menulis berbeda? Wah, ya saya tak tahu mengapa begitu.

  51. koh herry saya cuma mau tanya apakah koh herry pakai mi4i juga? kalo iya adakah masalah yang muncul… terimakasih

  52. Pak HSW,

    Sudah beberapa hari ini, saya terus membaca dan melihat review dari Produk Xiaomi Mi 4i. Tapi ketika saya membaca review para pengguna, mereka banyak sekali mengalami masalah dengan Produk HP Xiaomi Mi 4i . Sehingga saya masih ragu dalam membelinya
    Mohon bantuannya apa saya tetap melanjutkan untuk membeli Hp Xiaomi Mi 4i atau beralih pada produk lain ? Mohon sangat bantuannya.
    Terimakasih

    1. Pak Ata,

      Untuk ukuran saat ini, Xiaomi Mi 4i sudah terasa kurang menarik. Saya lebih merekomendasikan Anda membeli Hisense Pureshot. Harga barunya Rp 1,999 juta.

  53. Mohon maaf koh, untuk kualitas kamera secara detail, antara j5 dan mi4i mana yang lebih bagus?
    Untuk baterai dan kecepatan browsing dan memory perbandingan keduanya bagaimana koh? Terimakasih

  54. Selamat malam om Herry, dri tadi saya ubek2 blog om Heri buat cari2 reverensi. Skalian tanya aja deh, boleh yah. Saya kan mau beli hp, dan pilihan ada pada xiaomi redmi note 2 prime, redmi note 3, sama mi4i. Saya sih prefer ke mi4i krna ukuran layar yg 5″ pas dikantong. Tp ga afdol jg klo cuma liat dri layar. Mnurut om Heri mending mana klo dinilai secara keseluruhan, trutama kejernihan layar, kamera, dan performa. Oya fingerprint di note3 ga terlalu berpengaruh buat saya.
    Terima kasih om Heri, selamat malam

    1. Pak Samsul,

      Saya belum pernah mencoba Redmi Note 2 Prime dan Redmi Note 3.

      Mi 4i untuk ukuran saat ini sudah kurang menarik lho. Dengan anggaran yang mirip, lebih baik Anda membeli Infinix Zero 3. Review-nya ada di blog ini.

      1. Ada selain infinix zero 3 ga om Heri, saya kurang terlalu suka dengan bentuknya yg menurut saya terlalu kotak.
        Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kesediaan om Heri jawab pertanyaan saya.

          1. Oke om, terima kasih atas waktunya untuk menjawab pertanyaan saya. Sukses selalu untuk om Herry SW

  55. Malam pak,

    Butuh pendapatnya nih… saya lagi cari hp yg punya kamera dengan hasil jepretan yg warnanya bisa menyerupai warna objek aslinya…ada saran hp merk dan tipe apa ya pak? Yang harganya dibawah 4jt.
    Soalnya saat ini saya pakai redmi note 1, ketika foto objek kain dengan warna tertentu hasilnya agak berbeda jauh dari objek aslinya.
    Makasih..

    1. Bu Vonny,

      Hmm… yang palng mendekati sih Asus Zenfone 3 ZE520KL. Gunakan mode pemotretan manual dan aturlah white balance secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *