Cerita Foto Peluncuran Xiaomi Mi A1 di India

Tepat seminggu lalu (5/9) Xiaomi memperkenalkan ponsel Android One, Mi A1, di India. Bersama dengan puluhan undangan dari berbagai negara, penulis alias HSW berkesempatan menghadiri langsung acara tersebut. Ulasan singkatnya bisa dibaca tautan berikut, sedangkan cerita fotonya dapat disimak di halaman ini.

***

Menanti registrasi dibuka.

Usai registrasi, undangan akan mendapatkan tanda pengenal yang harus dikalungkan di dan selembar tiket yang menunjukkan lokasi duduk.

Untuk menuju ballroom, tamu undangan akan melewati lorong galeri foto. Foto-foto yang dipajang adalah hasil jepretan kamera ponsel Xiaomi.

Tiba di ballroom.

Inilah penampakan sebagian Mi Fans India yang diundang menghadiri acara peluncuran Mi A1. Mereka tak segan-segan bertepuk tangan saat narasumber menyampaikan informasi yang dianggap menarik. Namun, menurut HSW, Mi Fans India kalah ekspresif dibandingkan Mi Fans Indonesia saat berpartisipasi dalam peluncuran Redmi Note 4 dan Redmi 4X di Jakarta, April lalu.

Tulisan yang tercetak di kaos unik nih.

Manu Kumar Jain, Managing Director Xiaomi India, membuka acara sekaligus menyampaikan fakta menarik tentang Xiaomi di India. Salah satunya, 22 ribu unit ponsel Xiaomi setiap hari terjual di India.

Ya, 22 ribu unit. Setiap hari!

Penguasaan pasar Xiaomi di India berada di urutan kedua setelah Samsung. Apakah yang sama dan berbeda dengan Indonesia? Samsung sama-sama menjadi pemimpin pasar. Kalau di India market share Vivo lebih besar daripada Oppo, di Indonesia sebaliknya. Di negara kita, Xiaomi masih belum mampu menduduki peringkat kedua.

Dibandingkan semester pertama tahun lalu, dalam setahun Xiaomi di India bertumbuh 328 persen. Wow!

Di pasar online, Xiaomi menjadi jawara di India. Total penguasaan Xiaomi masih lebih besar daripada penguasaan pasar grup Lenovo + Samsung + Apple + Huawei.

Bingung dengan penulisan Lenovo Group+? Itu merupakan hasil penggabungan antara ponsel bermerek Lenovo, Motorola, dan ZUK.

Di pasar offline penjualan Xiaomi tak kalah menawan. Kata Manu, pada rentang waktu Januari sampai Juli tahun ini, pertumbuhannya mencapai sepuluh kali lipat.

Dua ponsel terlaris di India kebetulan bermerek Xiaomi. Urutan ketiga baru Samsung.

Dalam dua tahun mendatang ditargetkan beroperasi seratus gerai Mi Home di India. Seperti apa penampakan Mi Home di India? Fotonya ada di bagian bawah halaman ini.

Bila Donovan Sung, Direktur Manajemen Produk dan Pemasaran Xiaomi Global, telah naik ke atas panggung, berarti segera ada pengumuman produk baru.

Benar. Tanpa banyak berbasa-basi ia mengumumkan kehadiran Mi A1, ponsel Android One pertama Xiaomi.

Selain stock Android yang dipakai, inilah tiga nilai jual utama Mi A1. Ponsel itu dibekali layar 5,5 inci full HD dengan Corning Gorilla Glass.

Kamera utamanya berlensa ganda ala Xiaomi Mi 6 yang lebih dulu diluncurkan.

Satu lensa sudut lebar 26 milimeter, satu lagi lensa tele 50 milimeter.

Resolusinya sama-sama 12 megapiksel. Eaaa… dibandingkan dengan iPhone 7 Plus.

Giliran petinggi Google naik ke atas panggung.

Filosofi dasar Android One.

Sekarang Mi A1 menggunakan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat. Jon memastikan tahun ini akan tersedia update ke Android O. Mi A1 sekaligus menjadi deretan ponsel pertama yang kelak bisa menikmati Android P.

Di India Mi A1 dijual mulai hari ini, 12 September 2017, dengan harga INR 14.999 atau sekitar Rp 3,1 juta.

Mi A1 akan dipasarkan ke banyak negara. Inilah daftarnya. Perhatikan kolom paling kiri. Indonesia tercantum di sana.

Kelinci Xiaomi akrab banget dengan si Robot Ijo. 🙂

Mi Fans India yang hadir dan ingin mencoba Mi A1 dipersilakan menuju ke experience zone. Antre yang tertib ya.

Pernak-pernik yang dibagikan kepada undangan. Stiker, gantungan kunci, dan hiasan magnet untuk kulkas. Apakah kegunaan benda imut di tengah atas itu? Ada yang bisa memberitahu HSW?

Sesi tanya jawab dengan Donovan Sung dan Jon Gold. Saat itu Donovan mengungkapkan Mi A1 akan hadir resmi di Indonesia pada bulan ini. Di bulan yang sama, tetapi mungkin berbeda tanggal, Mi A1 juga diluncurkan di Malaysia dan Vietnam.

Kelar sesi wawancara, eh… ada oleh-oleh Mi A1. Setiap orang dapat satu unit.

Mumpung masih fresh from the oven, hari itu pukul 23.30 waktu India alias pukul 24.00 waktu Jakarta/Surabaya HSW melakukan live streaming unboxing.

Panitia menawarkan kunjungan ke Mi Home Delhi kepada tamu undangan yang berminat. HSW langsung menyatakan ikut. “Penasaran ingin tahu apakah sama dengan Mi Home di Beijing. Kalau ada barang-barang lucu bisa sekalian dibeli,” kata HSW kepada beberapa rekan.

Mi Home yang dikunjungi berada di Ambience Mall. Gerai itu baru diresmikan 19 Agustus lalu. Ternyata, lebih kecil dibandingkan dua Mi Home berbeda yang pernah HSW kunjungi di Beijing, Tiongkok.

Sampai jumpa pada 20 September 2017 di Jakarta. Kalau belum tahu, hari itu Xiaomi Mi A1 akan resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia.

97 thoughts to “Cerita Foto Peluncuran Xiaomi Mi A1 di India”

  1. Ko HSW,

    Apakah “benda imut” itu sejenis bros atau pin utk hiasan di baju?

    Sekalian ingin tanya dukungan sistem operasi Android terhadap produk android-one bisa sampai berapa level? Maksudnya apakah Google tetap konsisten memberi update android terbaru utk produk lama sejenis nexus / android-one? Terimakasih.

    1. Pak Yan,

      Nah… itu dia. Saya kurang tahu. Di bagian belakang ada semacam pentolan gitu.

      Sejauh ini Mi A1 dipastikan akan dapat update sampai Android P. Entah bisa berlanjut sampai Android Q, R, S, T, U, dst atau tidak. 🙂

      1. Pak HSW, kalau lihat dari bentuknya (analisa foto saja ya, kalau mau pasti saya harus lihat sisi belakangnya) itu pin, biasanya dipasang di jas atau blazer. Bisa juga dipasang ke gaun atau kemeja.

  2. Pak Herry SW
    Dengan harga 1.999 juta Apakah infinix Zero 3 masih layak dibeli untuk sekarang ini jika mengutamakan kamera tetapi hardware juga ga cupu amat. Atau ada rekomendasi yang lain?

  3. Blog hp paling terkenal.wajar,karena artijelnya sangat berbobot,cuma mau bilang…fitur berlangganan nya diaktifkan lg koh.mengapa?karena ga mungkin kt buka artikel yg lama berulang ulang hanya untuk mengecek jawaban.

    1. Pak Hendra,

      Fitur berlangganannya macet nih, Pak. Kadang jalan, kadang ngambek. Kalau pas jalan, hanya sebagian orang yang menerimanya. Jadi, saya matikan total dulu deh.

  4. Ke India jeprat-jepretnya pakai gawai apa pak?
    Dan kalau boleh tahu, HSW kalo simpan berkas menyimpanya di memori internal atau eksternal? Kalo diperhatikan dari kebiasaan bapak sih seringnya dua sim siaga terlebih lagi slot hybrid, lha kalau ditaruh di internal apa tidak repot pak? Setiap ganti ponsel mesti salin-salin data terus?

    1. Pak Dhimas,

      LG G6.

      Saya simpan di memori internal. Ketika berganti ponsel, foto-foto saya pindahkan ke laptop dan dibiarkan di sana.

  5. Pak Hsw, mau tanya donk, tapi OOT nih..
    Beberapa waktu lalu saya ingin membeli ponsel baru. Rencananya sih, Xiaomi redmi note 4, karena katanya sudah garansi resmi di Indonesia. Di toko pertama tersedia, namun kata mas penjaga dibilang Xiaomi gak ada garansi, ntar kalo rusak resiko pembeli dan bla,bla,bla..seakan-akan dihalang2i buat beli xiaomi meski pada akhirnya terserah pembeli sih kalo mau ambil. Karena kurang puas, saya pun undur diri dan pindah ke toko kedua karena memang masih naksir sama note 4. Tapi di toko kedua sama juga, sama penjaganya dibilangin semua ttg kelemahan xiaomi kurang lbh sama dengan di toko pertama ditambah lagi, katanya nanti semisal rusak terus di software, maka Bahasa n playstore bisa hilang dan mungkin 4G nya bisa hilang juga. Akhirnya niat saya meminang note4 jd kendur..lalu saya diarahkan utk melihat vivo, dijelaskan keunggulan2nya,fitur splitscreen dan garansi yg bagus. Akhirnya saya pun ‘terjebak’ membeli vivo y55s yg mana harganya seimbang dg note 4. Sebenarnya gk benar2 terjebak sih, karena lihat performanya vivo all out bgus, smooth meskipun secara spek jelas kalah lengkap dibanding note4. Dan garansi ny sangat jelas n memuaskan..yg saya tanyakan, benar gak sih pak semua yg dibilang penjaga toko itu tentang xiaomi itu? Trus menurut bapak, keputusan saya ambil vivo itu bagaimana, secara kbutuhan saya cuma main medsos,browsing ato video? Terus kualitas vivo itu sebenarnya bagus sesuai garansinya apa tidak ya, kok saya merasa terjebak mengingat harganya kok terlalu mahal untuk spesikfikasi yg standar,jauh lbh lengkap note4 padahal haganya sepadan..mohon jawaban dan pendapat bapak..matursuwun..

    1. Pak Vivo Y55s (lho… namanya kok tipe ponsel?),

      Yang Anda alami itu harus diakui lazim terjadi. Biasanya penjual akan mengarahkan konsumen membeli ponsel Oppo, Vivo, atau beberapa merek lain.

      Mengapa? Alasannya sederhana. Keuntungan menjual ponsel Vivo atau Oppo jauh lebih tinggi daripada berjualan ponsel Xiaomi. Prinsipal bisa memberikan persentase keuntungan yang tinggi karena harga jual produk dipatok tinggi. Ujung-ujungnya konsumen yang menangggung tingginya biaya tersebut.

      Soal kualitas, secara umum biasanya Vivo cukup bagus, tetapi harganya memang tinggi.

      Oh ya, terkait penjelasan penjaga toko mengenai ponsel Xiaomi, seringkali kurang akurat sih.

  6. Halo Ko HSW,
    Tolong dijelaskan, apa perbedaan dan keunggulan android one dibandingkan android biasa dan MIUI.
    Karena saya sama sekali tidak mengerti.
    Terima kasih.

    1. Pak Andrey,

      Android One itu sebenarnya ya sama dengan ponsel Android biasa. Bedanya, ponsel Android One dikontrol lebih teliti oleh Google. Sistem operasi yang dipakai biasanya lebih plain alias bebas dari aplikasi ini-itu yang kadang malahan terasa mengganggu.

      Kalau MIUI, itu tampilan antarmuka yang dikembangkan Xiaomi. Jadi, biarpun ponselnya bersistem operasi Android, ponsel Xiaomi dengan MIUI akan memiliki tampilan menu agak berbeda.

      Khusus Mi A1, ia tidak memanfaatkan MIUI. Tampilan antarmukanya standar Android banget. Polos.

    2. satu tambahan lagi, xiaomi menyediakan rom/software berbasis miui untuk banyak tipe ponsel terkenal

      jadi tidak perlu membeli ponsel xiaomi kalau hanya sekedar ingin icip-icip antarmuka miui

  7. Pak HSW, tebakan saya benda kecil tsb pin utk di baju yg berguna jg buat miniatur foto bokeh. Kalau dari presentasi, sepertinya lebih natural hasil foto iphone7plus daripada Mi A1. Bagaimana pandangan koh HSW utk aktual hasil fotonya bila dibandingkan Mi A1 dgn iphone7plus, Mi A1 dgn LG V20 dan Mi A1 dgn LG G5SE ? Terima kasih.

    1. Pak Wibowo,

      Miniatur foto bokeh?

      Nggak tahu. Nggak pernah pakai iPhone 7 Plus. Tanpa memedulikan bokehnya, kamera V20 dan G5 SE saya nilai lebih bagus daripada Mi A1.

  8. Selamat pagi pak Herry, saya mau bertanya tetapi di luar topik. Apakah pak Herry akan mereview Samsung Galaxy Note 8? Apakah ada potensi performa Samsung Galaxy Note 8 seperti Samsung Galaxy S8, mengingat chipset yang digunakan sama-sama exynos ?

    Terima kasih, saya tunggu jawabannya

  9. Pak Herry,

    mau nanya kalau untuk budget 1,5 juta smartphone dengan fitur 4g paling layak beli apa ya menurut Pak Herry? terutama dari sisi performa yang gegas. hehe..
    Terima kasih.

    1. Menurut saya range harga segitu banyak varian hp 4G yang bisa kebeli, mulai dari merk Xiaomi sampe Lenovo sekalipun.
      Xiaomi 4A bisa layak dibeli, atau Lenovo K4 Note juga bisa dengan tambahan biaya sedikit. IMHO

  10. Kira” untuk hasil kameranya bagusan mana sama asus zenfone 3 ze520kl? Soalnya ada rencana mau ganti mi A1 kalau lebih bagus ini.

  11. pada waktu sesi tanya jawab, apakah ada bocoran mengenai jajaran Mi lain yang bakal mengikuti jejak Mi A1 hadir resmi di Indonesia om? misalnya Mi 6 maupun Mi Note 3

    kalau belum ada bocoran tersebut, bisakah nitip pertanyaan saya pada waktu peluncuran Mi A1 di Indonesia tanggal 20 September nanti? ??

    1. Pak Jaiko,

      Saat sesi tanya jawab:
      * Tak ada pembahasan mengenai Mi 6.
      * Mi Note 3 belum diperkenalkan. Ponsel itu baru diluncurkan enam hari kemudian.

      Ketika seremonial peluncuran rasanya tak bisa tanya jawab deh.

  12. Pak herry,

    maaf pertanyaan saya diluar topik.apakah kinerja secara keseluruhan xiaomi redmi 4x dan xiaomi redmi 4a berbeda signifikan..?

    Terimakasih atas jawabannya

    1. Pak Itsme,

      Itu nama versi OS Android. Anda mungkin pernah mendengar Android KitKat atau Android Nougat. Itu kan Android K dan Android N. 🙂

      Android banyak iklannya? Bergantung aplikasi yang Anda instalasikan deh.

  13. Koh herry walaupun sama2 memakai stock android murni tapi apakah ada perbedaan antara os di android one dengan os seperti di google pixel (fitur, tampilan dsb) thx.

  14. Maaf pertanyaan sedikit melenceng,

    Berhubung om HSW sudah unboxing LG Q6, apakah smartphone ini support NFC? Khususnya yg beredar resmi di Indonesia. Terima kasih.

    1. Pak Hans,

      Q6 tidak mendukung NFC. Saran saya, jangan beli Q6. Dibandingkan dengan harga jualnya tergolong mengecewakan.

  15. Koh herry sw
    Mau tanya ni, saya sekarang pengguna xiaomi redmi note 3, sebenarnya performa ga ada masalah dgn yg sekarang, saya pakai cm masalag 4G yg ke lock saja.
    1. Saya tertarik nih sama mi A1, karena faktor android polosan dgn harapan akan dpt kinerja hape yg ringan dan ga boros baterai dan ram. Apakah memang begitu koh mi A1?
    2. Kinerja kameranya apakah termasuk biasa saja, bagus, bagus banget, atau luar biasa di rentang harga segitu dan jika dibandingkan dgn redmi note 3. 3. Trus kira-kira menurut koh herry kinerja kameranya dpt disejajarkan dgn smartphone apa ya?, Flagshipkah? Dan jika diberi nilai antara 1-10 menurut koh herry dpt nilai brp kinerja kameranya?
    3. Dgn ukuran segitu apakah termasuk bongsor ya miA1? Mengingat utk ukuran redmi note 3 atau 4 menurut saya sudah ukuran maksimal bagi saya. Sedangkan miA1 sedikit lebih besar

    Terima kasih atas jawabannya

    1. Pak Okta Tjoa,

      1. Ya, lebih ringan. Soal daya tahan baterai, Redmi Note 3 lebih unggul. Kapasitas baterai bawaan Redmi Note 3 kan memang lebih besar ketimbang Mi A1.

      2. Kalau pembandingnya kamera Redmi Note 3, kamera Mi A1 tergolong bagus banget. Hmmm… plus minus dengan Zenfone 3 deh. Minimal dapat nilai 7.

      3. Nggak bongsor kok.

  16. maaf KO HSW keluar dari topik..
    minta rekomendasi smartphone untuk kebutuhan normal macem wa,bbm dan kamera lumayan calon pemakai ibu ibu maks budget 1.7jt untuk menggantikan hape sblmnya lenovo vibe C yang telah hilang ?

      1. akhirnya saya belikan ibu saya xiaomi redmi 4a pertmbangannya procecornya lebik baik dan internal yang lebih besar, bagaimana KO hsw?

  17. Koh Herry, saya barusan lihat video unboxingnya LG Q6 di youtube. Kalo boleh tau bagian belakang backcovernya itu dari plastik apa kaca ya? Thanx

  18. Ko, budget saya 2juta lebih dikiiiit. Saya mau ganti handphone yg batere awet dan kinerja bagus dan tahan sampai 1,5th – 2th. Rencana saya mau ambil redmi note 4 3/32gb. Apakah pilihan saya sudah tepat, Ko? Untuk kamera tidak terlalu penting, asal multitasking lancar dan main game online jg lancar. Atau perlukah saya saya tambah budget lagi untuk ambil redmi note 4 4/64gb?
    Untuk handphone low end saya hanya tertarik pada 2 merk yaitu asus dan xiaomi. Untuk Infinix saya sudah kapok.

    1. Pak Dudi,

      Ya, sudah pas. Btw, soal game online saya tak tahu karena bukan gamer.

      Kalau bisa nambah anggaran, mending sekalian Redmi Note 4 yang 4/64.

  19. Lebih pilih LG Q6, Asus Zenfone 3 (ze520kl/ze552kl), atau sekalian nunggu Xiaomi Mi A1, gimana ya ko?

    Q6 hanya menang di layar FullVision, Zen 3 satu tingkat diatas Q6, Fingerprint, Kamera ada opsi Pro/Manual, MI A1 setingkat Zen 3, unggul dual camera, namun Pro/Manual mode nya kurang menurut saya, krn Shutter Speed gak sampai 30/32 s/detik, yg bagi saya itu sangat penting untuk memotret long eksposure, misal Milky Way dan Light Trails, dll.

    Apa kira2 Shutter Speed bisa di upgrade? misalnya lewat update firmware? Karna saya pernah melihat/menonton review2 MI6 pertama opsi manual (shutter speed) nya sama dengan MI A1 ini, namun belakangan saya baca2 katanya MI6 sudah mendukung shutter speed 30/32 s/detik. #CMIIW

    1. Pak Dhedod,

      * Jangan beli Q6. Mengecewakan. Coba nunggu Mi A1 dulu. Minggu depan kan sudah diluncurkan resmi ke Indonesia.
      * Kalau di firmware terbaru memang ada peningkatan opsi kecepatan rana, ya berarti bisa.

  20. Koh, saya ada budget max 3 juta pngn cari hp merk global diantara dua pilihan
    1. Moto e4 plus (rp. 2.133.000) jika dapat cashback 200rb pake kartu kredit nanti tgl 20)
    2. LG Q6 (rp. 2.699.000) dapat cashback 500rb di erafone

    Lebih worthed pilih mana ya koh? Diharga yg sudah cashback tsb

  21. Halo pak HSW,
    Kapan review Mi A1?
    Kok benda ‘imut’ nya ga ditanyain aja waktu itu? Saya juga penasaran nih..
    Oia iseng nanya nih, pak Herry abis dari Lombok ya? 🙂

      1. wah berarti bener… sebenarnya kita satu pesawat pak tp saya kok ragu n sungkan mau nyapa pak herry (takutnya salah orang).. hehehe
        ditunggu reviewnya pak, soalnya ada rencana ganti gawai

  22. Pak, suara di videonya seperti suara yg dimiliki orang kurus, itu pk Hsw atau bukan sih? :v
    Hasil kamera Xiaomi Mi A1 apakah sebagus yg diklankan ya pk?

        1. Pak Priyo Sucipto,

          He… he… dulu pernah. Saya memutuskan berhenti karena alasan tertentu. Semoga kelak ada lagi ya. Yang level nasional dan mengizinkan saya berkomentar apa adanya.

  23. Om, saya ragu antara xiaomi redmi note 4 4/64gb dengan xiaomi mi A1. Secara keseluruhan lebih baik pilih yang mana om?

    1. Pak Mkhairullahz,

      Cara memilihnya mudah. Kalau mengutamakan kamera, pilih Mi A1. Kalau mengutamakan daya tahan baterai, belilah Redmi Note 4.

  24. 1.Bukannya Xiaomi itu terkenal dgn MIUI nya Koh? Prediksi HSW apakah penjualannya nanti bakal gagal di Indo atau malah naik dibanding rilisan Xiaomi rilisan resmi sebelumnya?

    2. Waduh, berarti tdk bisa menikmati fitur di MIUI ya Koh…seperti second space, dual apps dll??

    1. Bu Karimah,

      1. Menurut saya, Mi A1 justru menjadi momen bagi Xiaomi untuk merangkul pasar yang lebih luas. Selama ini kan ada konsumen yang tertarik Xiaomi, tetapi enggan dengan MIUI. Nah, dengan Mi A1, kelompok konsumen tersebut berpotensi membeli Xiaomi deh.

      2. Benar. Namun, ada kemungkinan Mi A1 bisa diganti memakai ROM Mi 5X. Kita lihat saja kiprah para tukang oprek di Indonesia.

  25. Pak Hsw saya mau beli hp yang baterai besar layar 5,5 inc cepet buat browsing sama nonton youtube .Kira-kira hp apa yang cocok?
    Harga maksimal 1,5 juta

    1. Pak Abusha,

      Jangan beli Q6. Di mata saya, ponsel itu cuma jual tampang. Layarnya memang oke. Lain-lainnya kurang memuaskan.

  26. Pak Herry

    Setelah mempertimbangkan usulan yg lalu, akhirnya saya beli Redmi 4x.
    Saat ini, saya butuh HP yg layar minimal 5.5inch dengan budget 3-3.5jt an
    Boleh tahu kira2 rekomendasinya apa, baik hp baru maupun 2nd.
    Thanks

    1. Pak Ersan,

      Kalau baru, ada Infinix Zero 4 Plus dan Xiaomi Mi A1 yang akan diluncurkan resmi ke Indonesia dua hari lagi.

      Anggaran Anda cukup untuk beli baru. Jadi, mending beli baru deh.

  27. Malam pak,

    Mau tanya kira2 hp dgn range harga 2,5 smpe 4jtaan yg batere awet, kamera bokeh nya manteb kira2 apa ya ?

    Btw, bbrapa hari ini baca2 di ponselmu dan suka dgn reviewnya, keep review pak ! Hehehe

    1. Pak Jaka,

      Ada Infinix Zero 4 Plus yang baterainya awet, kamera bagus, tapi bokehnya tidak supermantap.

      Pilihan lain, Xiaomi Mi A1 yang bokehnya mantap, tapi baterai tidak terlalu awet (sekitar 14 jam deh).

      Terima kasih atas apresiasinya, Pak Jaka.

  28. Pak herry saya kemarin baru liat-liat ditoko hp emang kebanyakan budget 1,5 juta jarang ada hp yang layarnya 5,5inch.Kalau yang jaga toko saranin saya ambil xiaomi redmi 3 tapi saya masih bingung.jadi menurut pak herry saya harus ambil yang mana tanpa pikir bentang layar budget tetep 1,5juta.
    Oiya ni kaka saya nitip tanya ada budget 2juta .hp yang layar5,5 inc baterai awet kalau ada yang ramnya lebih dari 2gb yang pasti buat internetan sama nonton youtube lancar jaya.
    Salam sukses untuk pak herry dan terima kasih.

    1. Pak Donsandro,

      Redmi 3 pasti tanpa garansi resmi. Coret.

      Kalau anggaran bisa ditambah Rp 50 ribu, ambil Moto E3 Power. Kalau tak bisa nambah, ambil Xiaomi Redmi 4A.

      Hmmm… kendala di layar lagi nih. Kalau mau layar 5 inci, ambil Xiaomi Redmi 4X deh. Itu RAM-nya 3 GB.

      Bila tetap bersikeras layar 5,5 inci, anggaran perlu ditambah menjadi Rp 2,2 juta untuk membeli Xiaomi Redmi Note 4 varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

  29. Malam pak. Maaf di luar topik tulisan. Saya minta rekomendasi bapak untuk ponsel dengan kategori kamera bagus, merekam video bagus juga, dan mampu merekam suara dengan baik. Tahan jatuh juga hehehe. Pilihan sempat jatuh kepada lg v20. Namun kira2 apakah masih ada pilihan yg setara di bentang harga v20 yg sekarang. Terima kasih sebelumnya pak.

  30. malam koh Harry
    mau nanya, hp dengan kamera terbaik dan baterei awet harga 2,5 jt kebawah apa yah…
    makasih koh sebelumnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *