Cewek BBM Minta Pulsa

Anda pasti pernah menerima SMS dari nomor asing berisi informasi kalau ada cewek cantik, seksi, hot, atau bispak yang siap diajak kencan. Nomor PIN BlakckBerry Messenger (BBM) mereka dicantumkan di SMS. SMS semacam itu seringkali dikaitkan dengan prostitusi online.

Penulis beberapa kali coba meng-invite-PIN BBM yang disebutkan di SMS. Pemilik PIN BBM itu, mudahnya sebut saja sebagai cewek BBM, menerima penulis sebagai teman BBM. Pose seronok, bahkan telanjang, dipajang sebagai profile picture BBM mereka.

Cewek BBM-2

Cewek BBM-1

Benarkah mereka menawarkan pelayanan di atas ranjang? Penulis tak sampai iseng mem-booking lalu mengajak bertemu di sebuah hotel. Satu hal yang pasti, cara kerja cewek BBM relatif sama. Awalnya mereka mereka menawarkan layanan pemuas nafsu bertarif jutaan rupiah. Kalau tak digubris, mereka bakal menyodorkan layanan lebih murah dengan biaya maksimal Rp 500 ribu. Wujudnya berupa layanan (maaf) phone sex dan pengiriman kumpulan foto-video bugil.

Cewek BBM-3

Seandainya penawaran itu lagi-lagi dibiarkan, cewek BBM akan memberikan penawaran yang semakin murah. Mereka cukup diberi pulsa Rp 100 ribu. Abaikan dulu penawaran itu. Maka, jumlah pulsa yang diminta secara berkala diturunkan. Dari Rp 100 ribu menjadi Rp 50 ribu, Rp 25 ribu, bahkan Rp 10 ribu.

Cewek BBM-4

Sampai pada tahapan mana pun, begitu penulis usai membelikan pulsa, si cewek BBM yang awalnya responsif dan berkali-kali memanggil sayang… bakal berubah sikap. Bahkan, ada cewek BBM yang langsung menghapus PIN penulis dari daftar kontak BBM mereka.

Penulis menduga penipuan cewek BBM itu lumayan terkoordinasi. Satu penipu mungkin mengoperasikan beberapa ponsel. Pasalnya, profile picture dan konten seksual yang dikirimkan seringkali sama, tetapi berbeda waktu. Misalnya, foto A hari ini dikirimkan oleh cewek BBM yang mengaku bernama Nita Saida. Beberapa hari kemudian, foto yang sama disebarkan oleh Annisa Sukmakasih. Eh, pada hari yang sama, cewek BBM berinisial Dwi Cahya memakai foto A sebagai profile picture.

Kalau diperhatikan, cara cewek BBM mengirimkan layanan kadang juga kurang teliti. Misalnya, di profil BBM mengaku bernama Nita Saida, tetapi di isi pesan mengatakan bernama Reny.

Cewek BBM-9

***

Perhatikan dua penawaran berikut ini. Pengirimnya dua nama yang berbeda. Namun, isi penawaran dan penulisannya bak pinang dibelah dua.

Cewek BBM-5

Cewek BBM-6

Sebelum sukses menjerat korban, mereka sering menyapa dengan kata “sayang” atau “say”.

Cewek BBM-7

Cewek BBM-8

Contoh percakapan iseng yang penulis lakukan dengan salah seorang cewek BBM.

Cewek BBM-10

Cewek BBM-11

Cewek BBM-12

Pada tulisan di atas, penulis menduga para cewek BBM itu terkoordinasi. Foto orang yang sama bisa digunakan oleh beberapa cewek BBM. Ini salah satu contohnya. Perhatikan wajah cewek BBM yang mengaku bernama Dwi Cahya.

Cewek BBM-13

Cewek BBM-14

Sekarang cermati wajah Nita Saida. Menurut penulis, keduanya merujuk kepada orang yang sama. Lokasi pemotretan pun di ruangan yang sama.

Cewek BBM-15

Cewek BBM-16

59 thoughts to “Cewek BBM Minta Pulsa”

  1. Haduhh..haduuhhh….
    Jaman sekarang cm mau minta pulsa aja pakai trik gituan ya, entah foto asli atau cm ‘nyomot’ dr website….
    Kalau saya mah tak usah digubris Pak,
    Tapi terimakasih pak atas infonya
    Sangat berguna untuk dijadikan pengalaman 🙂

    1. Pak @t0t0k5,

      Karena SMS serupa terus membanjir dan orang awam (atau orang nafsu ya, he.. he.. he..) mungkin tertipu, saya akhirnya iseng melakukan eksperimen.

  2. haha ko herry ko tumben ke review judul seperti ini, tapi ternyata penipuan koh ya,coba beneran ehehe ,ntr ditangkep polisi.

  3. Wah sekarang koh herry sudah jadi pakar telematika seperti om roy suryo.
    DI daerah semarang jarang ada SMS seperti ini koh

    1. Pak Bambang,

      Ah, saya sih nggak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan Pak Roy Suryo.

      Lho, di Semarang nggak ada SMS kayak gitu ya? Saya setiap hari pasti menerimanya. Nomor prabayar yang baru diaktifkan pun sudah memperoleh SMS serupa.

  4. Wah sayang, nawarin sesuatu yang bejat namun memakai Bank Syariah untuk membayarnya…

    Biasanya penipu yang menawarkan perempuan, ataupun tukang KTA tahu nomor kita darimana ya? Apakah ia ngacak, atau bermain juga dari operator?

    Tq

    1. Pak Aditya,

      Nomor acak dan berurutan. Misalnya, dia mengirimkan 10.000 SMS ke nomor 0812 1000 0000 sampai 0812 1000 9999.

      Saya meyakini mereka mengirimkan secara acak dan berurutan karena:
      * Nomor yang barusan saya beli dan aktifkan pun langsung dapat SMS penawaran ini itu.
      * Saya memiliki tiga nomor yang relatif berurutan. Kalau salah satu nomor dapat SMS penawaran, tak lama kemudian dua nomor yang lain juga menerima SMS penawaran yang sama.

  5. Waduh mas,tambah banyak modusnya ya cyber crime skarang..tapi apa ya ada yg sampe kena umpannya?smoga orang2 uda bener2 pinter,jd ga sampe kejebak

    1. Pak/Bu Trayan Tranggana,

      Saya yakin pasti ada yang menjadi korban. Di Indonesia kan banyak pengguna yang lugu maupun pengguna yang tidak lugu, tetapi mudah bernafsu. 🙂

  6. Masih ada yg ktipu ya, saya langsung delete smsnya 1/2 detik. padahal gaya bicaranya kek robot gitu mas herry /bingung

    Dulu saya malah digodai pria bersms iseng haha sampai dikira cw

  7. waah investigasi dalam rangka apa ni pak herry? hahahaa 😀

    numpang tanya pak, lenovo a7000 & redmi 2 cakepan mana? kebutuhan saya kamera ga lemot aja pak, trims.

    1. Pak Reymon,

      Dalam rangka iseng saja sih. Sebab, SMS seperti itu kan sekarang marak banget. Publik perlu diingatkan.

      Saya belum pernah coba A7000. Karena itu, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

    2. Bantu jwb :). Lenovo a7k lebih kotak kaya masculine gitu, kalau redmi 2 terkesan mewah 🙂

      Kamera sih saya kurang ngerti fotografi, tapi masih megangan xiaomi soalnya lenovo unggulnya dolby/baterai

  8. untung cuma sms/bbm minta pulsa, lah klo sms/bbm minta kawin kan gawaaattt….
    BTW, koq ga ada review hp lagi dari koh herry, apa msh ga ada target yg menarik utk di review???

    1. Pak Roni,

      Iya, maaf nih, sudah berminggu-minggu saya belum sempat buat review baru. Bukan karena nggak ada target menarik, melainkan karena belum sempat mengetik.

      Sejak akhir bulan lalu kebetulan saya harus banyak ke luar Surabaya. Akhir Mei ke Beijing, lalu ke Banyuwangi-Bali, sekarang di Jakarta, dan minggu depan ke Bali lagi. Kalau sedang ada acara di luar kota gitu, saya praktis tak sempat mencoba ponsel, apalagi mengetik naskah review. Membalas pertanyaan di blog dan Twitter pun seringkali harus menyempatkan diri pada subuh atau tengah malam.

      Sebenarnya ada tiga ponsel yang sudah selesai saya coba. Yaitu, Acer Liquid Z410, Sony Xperia E4, dan Xiaomi Mi 4i. Namun, ya gitu, belum sempat ngetik.

  9. Kalo menurut saya dan jug pengalaman menyelidiki sol seperti ini…. yg kayak gini itu meskipun ngku cewek padahal banyak juga yg cowok…. oh ia saya pernah coba save foto dp nya… kemudian coba cari menggunakan google image search… dn breng breng…. ternyata foto itu di ambil dari google image…. ini yg menadikan saya menarik kesimpulan bhwa kemungkinan besar justru yg berlaku seperti ini adalah cowok (meskipun tidak smua)… bnyk alasan yg dan analisis yang saya ingin smpaikan tapi agak males ngetiknya koh…. he

  10. Ntah sampai kapan sms spam seperti ini akan berlangsung. Ga tau karena urusannya terlalu kecil, spam sms sepertinya belum punah di Indonesia, malah rasanya tambah parah. Ada yg cuma nawarkan KTA, ada yg promosi ga jelas, sampai yg ganggu ya yg kayak dibahas bung HSW. Lah enak kalau kayak gini jelas2 penipuan, kalau yg aneh2 bisa rusak rumah tangga.

    Contoh saya pernah terima sms kira2 gini:” Say apa kabar, masih inget aku? Kapan2 kita check in lagi ya, aku lagi butuh uang.” Kalau dibaca istri atau pacar bisa bubar deh.

    Saatnya pemerintah (melalui Kominfo?) membatasi hal ini. Sementara di filter sepertinya tidak berhasil karena spammer ganti kartu melulu dan ganti cara penulisan kata2 (promo jadi pr0m0) agar lewat dari filter. Dua cara yg terpikir ya naikkan harga kartu perdana atau cara lain mengurangi atau sekalian saja semua dilarang kasih promo unlimited (sms maupun nelpon)

    Gimana mau jera, pernah baca di detikcom kalau ketangkep penipu sms cuma kena hukuman 4-6 bulan doang…

  11. Wah itu yang dari Yulia pake rekening Muamalat, kayaknya layanan yang ditawarkan syariah hahahah 😀

  12. Lalu…yang jadi pertanyaan saya….pulsa yg sdh terkumpul pada penipu tuh akan diapakan ya? Kan gak bisa diuangkan ya pak? Masa hanya dipake buat nelpon n sms az oleh si penipu?

  13. Hahaha saya juga ikut ladeni cewek2 ini di bbm saya kumpulin pin merka banyk2 asikk juga buat mainan . . Merka merayu saya balik rayu juga pls gk saya kirim, biar merka gaya apapun di profile DP bbm bugil2an.,. Jd seruu aja ngilangin suntuk

  14. Hati2 jangan terlalu nafsu untuk kirim pulsa agar foto bugil sm video hot dia di kirim ke kita itu modus penipuan lebih baik ada penawaran begitu langsung delete aja dia biyasa kirim pake siaran bbm.

  15. Hahaha…kerjain aja…kirimin virus ke nomornya hahahaha…kemaren sudah saya coba,, setelah dua hari saya kirimin virus bbmnya ctg… Hpnya matot selamanya sukurin tuh hahaha,, macam2 sama sy wkwk

  16. Sebenarnya klo liat modus mreka gampang…
    Mreka sll krm bbm pake mode siaran, jd tujuan mreka bbm langsung ke banyak user trus mreka sbenarnya tdk tau nmr gsm kita dan mreka cari pin bbm kita secara sampling ato acak..

    1. Pak Puki,

      Kadang dikirimi setelah ditagih berkali-kali. Namun, file yang dikirimkan antara cewek A dan B seringkali ya itu-itu saja.

  17. Sya juga ada tman cwek yg dri tadi siang bbm melulu minta pulsa. Nama nya di profil “Novita”, dengan gambar DP yg terganti kurang lebih per 1 jam, foto hot dan bugil. Modus nya sama dri penawaran tertinggi hingga terendah, kalo uda di kirimkan pulsa nya janji nya video Hot, foto Syur dll akan dy kirim, sya read dan low respon aja sih. Pengen laporin sih ke Cyber crime polri, , ,Yg jdi pertanyaan sya, dy dapat pin BBM sya dri mana yah?? pada hal sy blm pernah promosi pin BBM, aneh aja sih. Nih penipu uda tergolong penipu yg smart dan inteligence tinggi wkwkwkk

    1. Pak Jeroan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Oh, PIN BBM Anda langsung di-add oleh pelaku? Kalau yang dulu saya alami, mereka melakukan broadcast SMS. Peminat sendiri yang meng-add PIN mereka.

  18. Saya tiap hari sll diinvite dg cwe2 sperti ini…
    Entah bagaimana mereka tau PIN saya, setiap satu dDelcont satu lg invite dg modus yg sama…
    Saya cuma bisa ngakak n kadang menggoda, akhir’a saya ceramahi dari A sampai Z sampai saya dDelcont…

  19. Ane juga dapet nih sms bbm ky gitu,tadinya saya iseng” tanya” kayak mas heri,hehe.. di tawarin kirim/bayar pulsa 10.000 ane cuma kirim 5000 bwt iseng” aja, udh dikirim eh malah di kacangin aja ga di gubris padahal udh tanya “mana fotonya? ktnya suruh 5000 aja udah dapet foto 10? Manaa??” malah terus broadcast. Lebih parah lagi malah di delcont ?

  20. Saya juga mendapat kan broadcast dari cewek yg kaya gituan. karna pada saat itu uang saya lagi banyak. maka saya iseng untuk mencoba mengirim pulsa padanya. yag pertama 30.000 melalui M-KIOS dan juga nomor SN nya, dan saya meminta apa yg ia tawarkan, Tapi pada akhirnya ia tidak memberikan respon, dan hanya mengganti foto profil (yg dalam keadaan *****). dan terus BROADCAST untuk meminta pulsa. karena saya seorang hacker , maka saya merusak sistem bbm dan jaringan pada HP nya.

  21. Hehe
    Saya kerjain malahan mereka pak.
    Katanya ga mau chat kalau ga kirim pulsa tp giliran aku tulis ya mereka beberapa menit kemudian membalas.
    Dan panjang.. minta diisiin pulsa terus. Mirip dan pas sekali seperti diatas modusnya lama2 permintaan pulsanya diturunin. Wkwkwkww

  22. Awalnya saya penasaran kenapa ada terus cewe bbm yang minta pulsa akhirnya saya seàrching eh ternyata baca dari atas sama banget ahahah
    Awalnya saya biarin aja tapi karena penasaran akhirnya saya coba percakapan kaya yang dilakukab pak heri eh jawabannya persis sama hihi awalnya namanya dewy eeh pas komen jadi putry ahahah ada ada aja ya,, waaah makasih banyak pak infonya

  23. Wkwkwkkw…
    Saya perempuan, sering jg dpt kyk bgonoan.. masak jeruk minum jeruk..
    Gk pernah gubrisss,
    Cm prhatikan aja, awalny sy kira plggan olshop sya.. dp awal pakaian rapi cntik, tau2 brodcast tawarin diri..mnta plsa.. pakaian mulai lepas satu2. gk digubris lama2 dtrununin plsa yg dmnta smpe cm mnta 10rb…gk dgubris jg..
    Wah, tau2 bener2 bugil DPnya..
    Sbg perempuan saya Mirissssss sy..
    Lama2 muak jg, sy delcont.. besoknya udah ada lagi cew baru mengundang pertemanan,trnyta modusnya sama..hadehhhh..

  24. untuk foto pp itu, fake. soalnya dah dari dulu sekitar tahun 2009, saya masih suka ngoleksi foto b*gil dan foto diatas salah satunya. lengkap malahan. mungkin tu orang ngambil foto dari forum2 lawas ato searching di gugel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *