Ciri-Ciri Xiaomi Redmi 2 Bergaransi Resmi

Ingin membeli Xiaomi Redmi 2? Pastikan Anda mendapatkan unit yang bergaransi resmi. Untuk mengenalinya, ada satu cara yang sangat mudah. Perhatikan nama importir di stiker yang melekat pada sisi belakang kardus.

Nama importir Redmi 2 bergaransi resmi hanya ada dua. Yaitu, Erajaya Swasembada dan Trikomsel Oke. Kalau bukan salah satu di antaranya, berarti Redmi 2 yang berada di hadapan Anda tanpa garansi resmi.

SONY DSC

Berikut tampilan stiker bertuliskan Erajaya.

SONY DSC

Sedangkan ini Trikomsel.

Redmi 2 resmi-3

Mengapa sebaiknya membeli Redmi 2 bergaransi resmi? Inilah sebagian alasannya:

1. Kepastian layanan purna jual.

Harus diakui kalau layanan pusat perbaikan resmi Xiaomi di sini masih belum semantap pusat perbaikan resmi ponsel LG, Samsung, dan Acer. Namun, nasib Anda seharusnya minimal lebih baik daripada bila berhubungan dengan tempat servis milik distributor independen.

2. Lebih kompatibel dengan layanan LTE Indonesia.

Redmi 2 bergaransi resmi mendukung layanan LTE di frekuensi 900 dan 1.800 MHz. Berarti, ponsel itu siap dipadukan dengan layanan LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan kelak Tri.

Asal tahu, Redmi 2 tanpa garansi resmi yang sekarang beredar di Indonesia tidak kompatibel dengan LTE 900 MHz. Ia hanya dapat berjalan di LTE 1.800 MHz. Berarti, saat ini Anda cuma bisa mencicipi LTE XL. Itu pun di area yang lebih sempit dibandingkan LTE Telkomsel.

3. Tak pusing dengan bahasa.

Sebagian pengguna Redmi 2 tanpa garansi resmi sering mengeluh karena bagian tertentu menu ponselnya masih berbahasa Tiongkok. Bahkan, ada pengguna yang mengaku di ponselnya tidak ditemukan Play Store. Pening, bukan?

Hal serupa seharusnya tidak dialami oleh pembeli Redmi 2 bergaransi resmi. Sebab, Redmi 2 bergaransi resmi yang diimpor oleh Erajaya dan Trikomsel memang dialokasikan untuk pasar Indonesia. Versi firmware yang ditanamkan pun telah disesuaikan.

Review Xiaomi Redmi 2 dapat Anda baca di tautan ini. Silakan mengkliknya.

786 thoughts to “Ciri-Ciri Xiaomi Redmi 2 Bergaransi Resmi”

    1. Pak Rahmad,

      Coba cek di Garuda Teknik cabang MERR. Seingat saya di sana ada, bahkan dalam dua ukuran layar.

      1. Maaf pak herry,saya mau tanya service center xiaomi di sby dmana ya…karena mi4i say baru beli 1 bln kamera dpan nya udah bintik2 dan buram…
        Terima kasih sebelumnya

  1. yup, saat ini q sering nongkrong di forum android redmi 2… rata2 yang mengeluh soal handheld nya adalah dari distributor… apalagi yg memakai nya org awam dan first user android

    makanya untuk amannya mending beli yg garansi resmi, walau tak ada gading yg tak retak.. terkadang ada jg produk resmi yg selip, tp layanan purna jual nya lebih terjamin.

    1. Pak Yuda,

      Benar. Pusat perbaikan resmi pun tidak selalu memuaskan. Namun, setidaknya masih lebih jelas dan “bisa diperjuangkan”. Misalnya, dimasukkan ke surat pembaca supaya ditanggapi. πŸ™‚

  2. Siang ko herry maaf nih mw tanya. Sy pake xiaomi redmi 2… Klo buat proteksi privasi seperti Galeri.jejaring sosial klo pake Applock kenpa ya kadang2 suka ga ngunci sendiri padahal dah di setting Applock nya.. Apa lagi klo hp nya dimatiin sedang di cas pas di hidupin lg applock nya ga berfungsi sebagai mana mestinya. Jd harus masuk dulu applock baru itu ngunci… Ada yg lebih praktisnya lagi ga ko herry biar ga masuk mulu ke applock…

    1. Pak Indra,

      Applock yang dimaksud adalah menyapukan ikon ke bawah sampai muncul simbol gembok ya? Saat ponsel usai dimatikan, biasanya memang perlu digembok lagi. Setelah itu baru lancar.

    2. saya juga pakai xiaomi redmi 2, memang untuk memakai app lock seperti itu dengan kata lain tidak selalu bisa di lock hanya pas pertama kita kunci aja selanjutnya harus di ulang kembali, cara lain untuk itu mending hide gallery aja di xiaomi ada pengaturan ngehide foto itu ada seetingannya mau di liatin apa engga foto yg kita hide, untuk lock app saya sendiri udah ga ada solusi soalnya udah pake semua aplikasi sama aja bahkan pake go launcher juga malah ngehank hp nya ga bisa di klik apa2. sepertinya memang tidak semua aplikasi di xiaomi support meski bisa di install.

  3. mantaapp pak infonya.
    dimana mana, kalo beli barang, emang lebih baik beli garansi resmi, biar gak “ribet” ke depannya.

  4. Bukan begitu ko herry… Jd sistem applock nya kadang ngunci kadang engga. Klo buat di sapukan kebawah utk di gembok setelah td sy coba masuk ke applock di navigasi bersihan tdk ada item applock nya untuk du gembok.. Jd kesimpulannya buat keamanan buat ngunci jejaring sosial & galeri pakai aplikasi apa ya ko herry?

    1. Pak Indra,

      Lho, jangan dibersihkan baru digembok. Namun, digembok dulu yang tetap ingin Anda jalankan. Sisanya baru dibersihkan.

      Kalau aplikasi tambahan yang fungsinya spesial untuk mengunci, saya belum pernah mencarinya.

  5. Redmi 2 ini ada led notifikasinya ga Pak?…mau gantikan Andromax V saya yg sdh tewas krn penyakit yg sama dgn pengguna andromax V lainnya πŸ™‚

    thanks Pak Herry πŸ™‚

  6. rata rata kena bootloop, EU dan eMMC Pak. yg seperti kasus saya di forum pengguna Max V jika ke SC disuruh ganti mesin (biaya 1,3 juta). yg saya ikuti keluhan seperti itu terjadi setelah garansi habis walau ada juga yg dapat sebelum garansi habis.

    adapun Max V saya dgn hard reset sudah tidak mempan Pak.

    1. Pak Rizal,

      Oh ok. Terima kasih atas informasinya.

      Kalau rusaknya beberapa hari setelah masa garansi habis, ah… itu sungguh menyakitkan.

  7. Pak Rizal

    Klo boleh tau kenapa HH andro V anda bootloop? Apa karena gagal root? Apa sudah pasang cwm? Klo sudah tak perlu risau. Karna bisa diflash cosrom yg khusus buat andro V.
    Hehe salam andro C3. Salam pak Herry

  8. pak herry
    kalau beli di lazada tau blibli itu termasuk garansi mana ya?
    dan apakah support lte tsel dan xl
    terimakasi

    salam
    zaki

    1. Pak Zaki Maulana,

      Kalau beli di Lazada seharusnya Redmi 2-nya bergaransi resmi. Sebab, mereka menjadi mitra resmi Xiaomi dalam penjualan online di Indonesia.

      Kalau beli di Blibli, Redmi 2-nya ada yang bergaransi resmi, ada pula yang tidak resmi (garansi distributor independen).

      Redmi 2 bergaransi resmi saat ini sudah bisa dipakai untuk menikmati layanan LTE Telkomsel dan XL.

  9. Pak Herry, bagaimana dengan garansi TAM? Karena saya sempat menanyakan ke toko erafone offline mereka menjual redmi 2 dengan garansi TAM dan katanya resmi. Dan setahu saya erajaya itu adalah erafone. Terima kasih atas jawabannya.

  10. dear om herry n para mifans…:-)
    saya dah beli ini r2 d lazada, skrg tgl 2 Mei lg on process.
    ntar bila brang dtng, perlakuan n tindakan apa aja yg perlu saya lakukan…? dr cek brng smpe aktifin ni hh.
    ma’lum bru prtma kali beli lwt online n prtma kali jg mw aktifin hh sndri… πŸ™‚
    ???ΒΊΒΊKΒͺΒͺY ??†????K ? ats bntuannya… πŸ™‚

    1. Pak Zed,

      Lain kali tolong tuliskan kalimat dengan utuh. Jangan disingkat-singkat. Bingung bacanya deh.

      Ya silakan buka, nyalakan, dan cek fungsi-fungsi dasar. Mulai dari layar sentuh, kamera, pemutar musik, bluetooth, dan Wi-Fi.

  11. Maaf pak, apakah redmi 2 sudah dijual di semua gerai erafone di jakarta? atau hanya beberapa erafone saja? lalu redmi 2a dengan redmi 2 sama atau berbeda ya pak? makasih

    1. Pak Ocky,

      Saya kurang tahu Redmi 2 sudah dijual di semua gerai Erafone atau belum.

      Redmi 2A berbeda prosesor dengan Redmi 2.

    1. Pak Heri,

      Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan respons.

      Bisa kok. Coba cek apakah ponsel sudah dalam mode discoverable. Bila tetap gagal, lakukan pairing dulu. Setelah itu, baru bertukar file.

      Kalau Anda rutin berkirim file, instalasikan aplikasi ShareIt dari Play Store saja. Pengiriman file memanfaatkan koneksi Wi-Fi (Anda tak perlu terhubung ke hotspot). Proses pengiriman file lebih mudah dan cepat daripada menggunakan bluetooth.

  12. om herry,kalo di wtc surabaya redmi2/lenovo A6000 apa sdh ada?
    soalnya gak biasa beli lewat online.
    matur suwun πŸ™‚

    1. Pak Eddy,

      Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan respons.

      Ada. Namun, jangan berharap harganya sama dengan Lazada ya. Khusus Redmi 2, pastikan Anda dapat unit bergaransi resmi.

  13. Pak, bisa tolong review Xiaomi Mi4? Sudah dijual di Groupon harga 4,3jt. Menurut Anda layak dibeli gak?
    Trims

  14. om herry,mau tanya lagi
    apa bener UI MIUI 6 itu gak ada notifikasi bar-nya?
    kalo lenovo A6000 kalau sudah ada di gerai2 WTC sby berapa kira2 harganya?
    boleh tahu nama gerai di WTC yg sudah jual lenovo S6000?
    soalnya masih bingung rencana mau beli salah satu dari 2 ponsel tsb,.
    terima kasih atas jawabannya,.hehee

  15. Pak Herry, harga purna jual lg g2 mini sama redmi 2 tinggi mana ya ? Sebelumnya terima kasihkasih.

    1. Pak Arief W,

      Saat ini secara persentase lebih bagus Redmi 2.

      Harga baru Redmi 2 Rp 1,6 juta. Bekasnya masih bisa laku Rp 1,4 juta.
      Harga baru G2 Mini Rp 2,2 juta. Bekasnya laku sekitar Rp 1,6 juta.

    1. Pak Riyan,

      Mestinya bergaransi resmi karena Lazada merupakan mitra resmi Xiaomi dalam penjualan online.

  16. Pak Herry, untuk after sales (servis center,dll) mana yang lebih baik diantara lenovo dan xiaomi? Saya tertarik dengan 2 brand ini karena produknya update dibanding asus dan acer. Trima Kasih Pak.

    1. Pak Aditya Wowo,

      Hmm… pilihan sulit karena pusat perbaikan resminya sama-sama belum mengesankan. Namun, bila tetap harus memilih, saya pilih Xiaomi.

  17. Pak maaf saya mau tanya,kemarin saya baru membeli xiaomi redmi 2 garansi tam importir erajaya, dan saya sudah melakukan penggantian kartu telkomsel yg support 4G tapi kenapa hp saya gak bisa terima jaringan 4G ya mentoknya malah cuma di H+, seettinganpun sudah saya prefered LTE tp masih tetap H+ padahal lokasi saya sudah di tempat yg support 4G,apakah adakah settingan khusus untuk bs dapat jaringN 4G? Terima kasih

    1. Pak Andi,

      Kalau membaca cerita Anda, saya menduga sinyal LTE di tempat Anda tidak terlalu kuat. Akibatnya, ponsel cenderung memilih masuk ke HSPA.

      Bila ingin memaksa Redmi 2 itu masuk ke jaringan LTE, lakukan hal ini:
      1. Silakan pura-pura akan menelepon ke luar. Di baris nomor telepon, ketikkan *#*#4636#*#* lalu pilih Phone Information.

      2. Gulirkan layar ke bawah dan cari “set preferred network type”. Pilih LTE only.

      Konsekuensi dari pengaturan itu:
      * Ponsel akan dipaksa masuk ke jaringan LTE.
      * Saat dapat sinyal, ponsel tak dapat dipakai bertelepon dan ber-SMS.
      * Bila Anda berada di luar area LTE, ponsel akan SOS only.

    1. Pak Muhammad Sabi,

      Bless bukan garansi resmi. Bila belum terlanjur beli, sebaiknya jangan dibeli.

  18. Sore pak herry,saya sudah mencoba saran dari bpk untuk perubahan setting jaringan LTE tp hasilnya tetap sama pak,bahkan saya sudah pindah beberapa lokasi,sebagai info saat ini saya berada di Jakarta atau tepatnya didaerah sudirman tp jaringan yg saya terima masih tetap H+ sebagai perbandingan teman sya yg menggunakan tipe hp sejenis dia bisa menerima jaringan 4G,atau adakah settingan apn khusus untuk bs menerima jaringan 4G,atau apakah produk yg sya beli belum support untuk 4G padahal saya membeli di konter resmi erafone dg garansi tam,mohon pencerahannya terima kasih

    1. Pak Andi,

      Ok, berarti sekarang tinggal satu percobaan. Carilah teman yang memakai ponsel 4G dan kartu USIM 4G LTE Telkomsel miliknya berjalan di ponsel tersebut.

      Pasangkan kartu USIM Telkomsel ke ponsel Anda. Sebaliknya, pasangkan kartu USIM Telkomsel milik Anda ke ponselnya.

      Kalau Anda kini bisa mencicipi 4G, sedangkan teman Anda gagal ber-4G, berarti masalah ada di kartu USIM. Bawalah kartu USIM Anda ke kantor layanan Telkomsel dan mintalah dilakukan penggantian kartu USIM (lagi).

      Sebaliknya, kalau Anda tetap gagal ber-4G, sedangkan teman Anda bisa menikmati 4G di ponselnya, berarti masalah ada di ponsel Anda. Silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi.

    1. Pak Aris Sby,

      Ya, back cover Redmi 2 bergaransi resmi sejauh ini selalu berwarna putih.

      Saya tak tahu pasti yang non-garansi resmi tersedia dalam warna apa saja. Yang selama ini saya lihat memang abu-abu tua ke arah hitam.

  19. Pagi pak herry,terima kasih untuk masukannya,setelah coba search dan tanya kesana sini akhirnya masalah saya terpecahkan juga,sekedar masukan meski hp kita sudah support 4G dan telah melakukan penggantian kartu ke usim yg support 4G ternyata kita perlu call operator lagi untuk melakukan pengaktivan jaringan 4G karena meski kita sudah ganti kartu dan ubah settingan kalo jaringan 4G kita belum dibuka oleh operator itu akan sia2,sekali lagi terima kasih banyak untuk pak herry.

    1. Pak Andi,

      Kebetulan saya telah tiga kali melakukan penggantian kartu USIM Telkomsel dan dua kali kartu USIM XL. Setelah keluar dari kantor layanan, kartu tinggal saya pakai dan langsung dapat sinyal 4G LTE. Saya tak perlu menelepon ke call center operator lagi.

      Btw, berarti menghubungi call center operator itu mungkin merupakan jalan keluar bila tetap gagal dapat sinyal 4G ya. Terima kasih atas sharing-nya.

  20. Pak sya mau tanya.. Sya baru beli Redmi 2 sekitar seminggu yg lalu.. Tp knpa sya kesulitan mendapatkan jaringan ya.. Padahal semua sudah sya set.. Tp selalu muncul periksa jaringan.. Tdk ada jaringan.. Bagaimana solusinya pak..

    1. Pak/Bu Yhana Diana,

      Kalau membaca pertanyaan Anda, sepertinya Anda sudah mencoba melakukan beragam pengaturan, tetapi masalah gagal dituntaskan. Bila demikian, saya menyarankan Anda segera membawa Redmi 2 itu ke pusat perbaikan resmi.

  21. Koh ane beli r2 di lazada tapi koq nggak ada kartu garansinya ya? Apa emang gk ada? Trus claim garansinya gmana?

        1. Pak Franziz,

          Oh ok. Iya, di dalam kardus Redmi 2 itu tidak terdapat kartu garansi. Saya menduga untuk mengajukan klaim garansi, konsumen cukup membawa ponselnya (plus kalau ada nota pembelian dari Lazada) ke pusat perbaikan resmi. Nomor IMEI Redmi 2 bergaransi resmi telah tersimpan di sistem. Tinggal dicek saja.

  22. pak hery saya sdh mendapatkan xiaomi redmi 2…untuk sementara sy gunakan smartphone ini…sangat puas…thanks reviewx bang hery….

  23. sebelumnya saya minta maaf pak herry, kalo pertanyaan nya keluar dari topik. kebetulan saya sdg mencari hp dgn layar maks 5inch, muat di kantong dgn budget maksimal 4.5jt. saat ini saya jg pengguna redminote, pengen nya dgn spesifikasi diatas redmi note, trutama hasil kamera nya lebih bagus, ada sarankah pak? kalo xiaomi mi4 yg 64gb, dimana toko di Surabaya yang menjual asli produk xiaomi tsb? terima kasih

    1. Bu Anni,

      Bagaimana kalau Anda melirik LG G2? Layar ponsel itu memang berukuran 5,2 inci. Namun, karena bezel-nya tipis, dimensi fisik G2 sama dengan ponsel berlayar lima inci.

      Mi4 64GB mestinya belum bisa dibawa pulang dengan dana Rp 4,5 juta.

  24. Om HSW, mau tanya nih..
    Saya ada membeli Xiaomi Mi4 (bukan yang Mi4i), baru semingguan, garansi distributor, karena yang garansi TAM tidak ada, yang ingin saya tanyakan:
    Mengapa download applikasi apapun di playstore tidak bisa yah om? selalu muncul notifikasi eror,
    Tetapi kalau saya connect ke wifi baru bisa download,
    Saya sudah mencari cari di forum di suatu situs, dan coba search di google, di beri info bahwa di setting download harus di setting unlimited, saya sudah coba settingnya seperti itu, tetapi tetap tidak bisa Om,
    Mohon bantuan pemecahan solusinya ya

    Tks

    1. Pak JW, SH,

      Coba masuk ke menu Download. Tekan titik tiga di kanan atas layar, kemudian pilih Settings. Berikutnya, ubahlah download size limit menjadi “unlimited”.

      Apakah paparan saya di atas sama dengan yang sudah Anda lakukan? Kalau sama dan ternyata masih gagal, saya ikutan bingung deh.

  25. Malam pak herry,

    Mohon pencerahannya:
    Saya menggunakan redmi2 dan hape ini memang ciamik, tp ada beberapa kendala, diantaranya:
    1. Kadang jika di telepon, tidak ada suara telp masuk (tp nada sambung-sy coba telp dari hp lain)
    2. Jika posisi di home screen, tidak ada notifikasi bbm,wa,line yg masuk. Dan baru ada bbm,wa,line masuk, jika sy buka bbm,wa, dan linenya.

    Apakah ada yg perlu di setting ya pak herry?

    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

    Salam

    1. Pak Jojo,

      1. Nomor yang terpasang apakah Indosat? Kebetulan adik saya memakai nomor Indosat, tetapi bukan menggunakan Redmi 2. Sekitar dua minggu terakhir, nomor yang dipakainya mengalami hal serupa dengan Anda. Kalau ditelepon, saya mendengar ada nada sambung. Namun, ponselnya tidak berdering atau bergetar.

      2. Saya bukan pengguna BBM dan Line, tetapi rutin memakai WhatsApp. WhatsApp di Redmi 2 perlu digembok dulu. Caranya begini:
      * Jalankan WhatsApp dan beberapa aplikasi lain.
      * Tekan tombol paling kiri di bawah layar.
      * Seharusnya akan muncul ikon-ikon aplikasi yang sedang aktif. Sentuh ikon WhatsApp dan sapukan jari Anda ke bawah sampai muncul gambar gembok di ikon WhatsApp.
      * Saya tak mengetahui apakah jurus serupa juga ampuh untuk BBM dan Line.

  26. Iya Om HSW, sebelumnya saya sudah mencoba seperti saran yang di berikan Om HSW, tetapi sama tidak bisa melakukan download applikasindi playstore,
    Ada saran tempat atau gerai service yang bisa melakukan masalah tersebut Om?
    Tks

  27. Pak Herry saya mau tanya,saya pake redmi 2 sim card indosat dan saya gatau cara agar bisa pake 4G LTE . Tolong pencerahannya πŸ˜€

    1. Pak Ilham,

      Pastikan Anda memenuhi tiga syarat berikut ini dulu:
      1. Kartu yang digunakan adalah kartu USIM LTE.
      2. Anda berada di area layanan 4G LTE Indosat.
      3. Anda menggunakan Redmi 2 bergaransi resmi.

      Kalau tiga syarat itu terpenuhi semua, silakan masuk ke menu settings, lalu SIM cards and mobile networks. Pindahkan pilihan internet di default settings ke Indosat.

      Sudah? Sekarang perhatikan SIM card settings di bagian atas layar. Pilihlah Indosat. Sekarang tekan preferred network type dan pilihlah prefer LTE.

      Selamat mencoba.

  28. Sore Pak Hery,

    Maaf bila keluar topik, saya mau beli tab dengan range harga 1,5 jt sampai < 3 jt. dengan spek yang diinginkan bisa konek USB portable (performa bagus untuk tugas kantor), kamera kualitas bagus bisa untuk video juga. lebih baik merek lenovo atau asus atau apa ya? xiaomi memang ada tab nya yang kualitasnya bagus kah? terimakasih atas sarannya.

      1. Pak Herry, tapi ini tidak bisa menggunakan sim card ya? jadi jika ingin koneksi internet harus wifi saja ya?

        1. Bu Agnes,

          Benar. Namun, tabletnya mantap lho. Kalau pun Anda tidak sedang berada di lokasi yang menawarkan Wi-Fi gratis, kan bisa tethering dari ponsel. Anda sudah memakai smartphone, bukan?

  29. permisi pak mau tanya, saya habis beli redmi2 importir Trikomsel. kelengkapan tidak ada headset, apa semua gt? trims

    1. dan apakah redmi 2 ini tidak bisa masuk menu utama seperti android lain, dan hanya di akses melalui widget pada layar awal? trims

      1. Pak Gyas,

        Lha layar paling depan itu kan menu utama, bukan widget.

        Tampilan antarmuka sebagian ponsel, termasuk Xiaomi, memang tidak dilengkapi apps drawer lagi. Langsung halaman utama. Pengguna tinggal geser kiri-kanan. Lenovo dengan Vibe UI juga gitu. Yang paling awal sih seingat saya iPhone.

        1. selain xiaomi mi pad ada yang lain kah dimana kartu simnya juga bisa digunakan? karena pekerjaan saya harus selalu terkoneksi internet terutama di rumah dan dijalan. kalau mengandalkan wifi saja sepertinya agak repot.

          1. Bu Agnes,

            Ada Galaxy Tab S. Namun, anggaran harus Anda tingkatkan menjadi Rp 5 jutaan.

  30. permisi pak….saya mengalami kendala mencari alamat garansi resmi servis center…karena hp xiaomi redmi 2 yg saya baru 3 bulan saya beli tiba2 mati mendadak saat saya sedang melakukan jejaring sosial…mohon info nya…terima kasih

  31. sebelumnya saya ingin bertanya kenapa pertanyaan saya hilng yg menanyakan perihal tentang servis center xiaomi ada dimana???saya masih mempunyai keluhan hp redmi 2 saya tidak bisa menyala sama sekali…penyebabnya mati tiba2 dicas pun tidak ada lampu indikator yg menyala…hanya jika di hubungkan ke pc di terbaca kabel data tapi ttp tidak ada respon dari hp…tolong info na nih gan…..

    1. Pak Bowo,

      Pertanyaan Anda hilang? Lho kok bisa? Saya merasa sudah pernah menjawab pertanyaan terkait alamat pusat perbaikan resmi Xiaomi. Namun, saya tak ingat siapa pengirim pertanyaan itu. Apakah Anda?

      Soal keluhan terhadap ponsel Redmi 2, ya silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  32. Pak Herry,
    saya mau mendengar saran bapak. kemarin saya mau beli Xiaomi redmi 1s di lazada. saya melihat harganya murah (tidak lazim) sekitar 1,2 jt. penjualnya bukan lazada melainkan mitra retail lazada kalo tidak salah exclusive gain inc. dan ditiluskan bukan garansi resmi (garansi distributor ) menurut bapak apakah saya membeli barangnya atau tidak? terima kasih.

  33. Om herry…
    Saya prngguna redmi 2,mau tanya ni.mohon dkasi pencerahan: πŸ™‚
    1.sy 2x pakai hp ini.ptama trouble.ma counter diganti baru.tp saat mau masuk menu dr mati.iconnya apa beda?yg ptama dl spt orang yg jalan.kedua ini icon pinguin linux
    2.kenapa hh saya cm mau pake kabel usb bawaan aja.dpakai kabel lain ga mau.cm pake otg kok bs..apa ada pengaturannya?
    3.apa kl ngecharge,layar tdk bs dbuka/nyala ya?spt ngelag.kondisi saat ini sdh saya upgrade Room terbaru.makasi atas jawabanya om πŸ™‚

    1. Pak Ariesto,

      Silakan mengetikkan ulang pertanyaan Anda dulu dengan kalimat yang jelas. Ketikkan kata demi kata dengan lengkap, bukan disingkat-singkat.

    1. Pak Adi,

      Ini maksudnya beli offline ya? Silakan berburu di gerai Erafone, Global Teleshop, dan Oke Shop.

      1. Pak ini saya beli mi 4i di offline solo bukan di gerai yang Bapak sebutkan tadi, tapi di boxnya importir Erajaya Swasembada. Itu resmi tidak ya? Saya beli dengan harga 2,8 juta.
        Apakah saya bisa mengajukan klaim garansi?

        1. Bu Meli,

          Beli Mi 4i tidak harus di gerai resmi kok. Kalau membaca paparan Anda, Mi 4i yang Anda beli bergaransi resmi.

  34. pak herry, saya mau beli hp tapi masih bingung mau beli xiomi redmi 2 atau samsung grand prime. kalau memurut bapak dari segi kualitas lebih baik pilih mana? terima kasih.

    1. Pak/Bu Fariha,

      Saya sih pilih Xiaomi Redmi 2. Kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerjanya lebih bagus daripada Galaxy Grand Prime.

  35. maaf pak saya mau tanya. kemarin2 sempet liat2 ke pusat toko2 handphone gtu di mall (bogor) trus ga sengaja liat ada redmi 2. itu resmi ga ya? maksudnya dapet garansi resmi apa gaknya. parno takut dapet zong. kemarin baru sempet nanya harga ajasi dan harganya beda 50rb lbh mahal dr lazada. tadinya kalo emang ditoko2 gtu udah ada yg resmi saya mau yg disitu aja biar ga nunggu proses kiriman kaya beli di online. okedeh gtu aja. ditunggu jwbnnya and thanks sblmnya

    1. Bu Yuli,

      Lihat saja stiker yang menempel di belakang kardus. Kalau nama importirnya Erajaya atau Trikomsel, seharusnya garansi resmi.

      Di Erafone, Global Teleshop, dan Oke Shop, Redmi 2 bergaransi resmi sudah dijual offline kok.

  36. tambahan. emang dia (si konter toko handphone tsb) udah punya logo xiaomi sih diatas sekitaran konternya. tp tetep aja takutnya bm apa palsu apa gmna2. hehe makasih. maaf ganggu

    1. Bu Yuli,

      Adanya logo Xiaomi di papan nama toko bukan jaminan. Kan pemilik toko bisa saja bikin sendiri.

  37. Pagi om hery..mohon bantuan
    Saya pengguna redmi 2s..ada beberapa pertanyaan:
    1.apakah ada pengaturan tentang kabel USB?redmi 2s saya hanya mau menggunakan kabel bawaan,saat pakai kabel lain tidak terbaca.padahal menggunakan kabel OTG bisa.
    2.saat melakukan charger,apakah Handphone modus standby tidak bisa digunakan?alias mati,baru saat dilepas bisa digunakan kembali.

    Mohon tanggapan..terima kasih

    1. Pak Ariesto,

      Wah, saya malahan baru tahu kalau Redmi 2S sudah tersedia di pasar. Saya belum pernah mencobanya.

        1. Pak Ariesto,

          1. Tak ada pengaturan khusus. Saya pakai kabel lain (satu kabel bawaan ponsel LG dan satu lagi kabel merek Nillkin) bisa jalan kok. Pastikan kabel yang digunakan adalah kabel yang mendukung transfer data, bukan hanya kabel charging. Kabel charging hanya bisa dipakai untuk nge-charge. Kabel bawaan power bank seringkali cuma kabel charging.

          2. Ehmm… maksudnya ponsel di-charge dalam kondisi menyala ya? Seharusnya bisa. Saya pribadi membiasakan mengisi ulang baterai ponsel dalam kondisi padam.

  38. Pak herry mau tnya.. sya rncana mau beli redmi2.. pilihan yang bijak utk produk redmi 2 yang garansi resmi yang gimana ya pak? Kalau garansi distributor apakah mungkin brgnya itu termasuk importirny resmi erajaya atau trikomsel, atau pastui bukan importir resmi? Atau lebih baik tetap beli yg garansi resmi kaya TAM? Mohon pencerahannya.. trims

    1. Pak Sindhu,

      Kalau importirnya Erajaya atau Trikomsel, berarti barang garansi resmi. Kalau importirnya bukan dua perusahaan itu, berarti bukan garansi resmi. Pastikan beli yang garansi resmi.

      1. Brarti misal kalo didosnya ada tertera importirnya dari erajaya/trikomsel..cuman itu garansinya distributor gak masalah yg pak herry?

        1. Pak Sindhu,

          Kalau importir yang tercetak Trikomsel atau Erajaya, berarti garansi resmi. Dua perusahan itu adalah distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

          Jangan membeli yang bukan bergaransi resmi.

  39. Maaf malem2.mo nanya boss,apa redmi 2 pernah diuji ketahanan secara fisik,misal tahan banting,jatuh tidak rusak dll.trims

    1. Pak Atmo,

      Saya tidak menguji ketahanan fisik dengan dibanting, dijatuhkan, dll karena Redmi 2 bukan dipromosikan sebagai rugged phone.

  40. Pak,kalo redmi 2 tiba2 layarnya ga muncul itu knp ya??tapi kalo ada yg tlp+bbm itu masuk semua pak?tolong info nya pak…terima kasih

  41. #Ask
    Pak Herry apakah Xiaomi redmi 2 bergaransi TAM sudah pasti barang asli?
    karna saya beli dengan harga dibawah harga pasar.
    saya takutnya kalo itu barang palsu/replika.
    mohon pencerahanya Terima kasih.

    1. Pak Eddy,

      Kalau benar garansi TAM sih ya pasti barang asli.

      Anda beli di mana dan dapat harga berapa?

  42. pagi kak πŸ™‚ saya baru saja membeli redmi 2, sebelumnya sudah membaca spesifikasi dr hp tersebut. namun saya masih bingung dengan garansi resmi dan distributor. ketika saya bertanya di setiap counter itc depok dan itc fatmawati dan menawar saya mendapat harga 1.5 dengan garansi resmi. dan pada counter terakhir, saya ditawarkan 1.45 dan saya hanya memperhatikan label pt. trikomsel oke,tbk.
    ketika saya cek lagi di rumah. saya baru tau ternyata kartu garansi tidak ada dalam dus dan penjual juga tidak memberitahu saya.
    pertanyaan saya pak :
    1. apakah hp redmi 2 saya benar2 resmi atau distributor mengingat tidak adanya kartu garansi namun dr trikomsel..?
    2. apa yg harus sy lakukan untuk mendapat kartu garansi hp redmi 2 yg telah sy beli?
    3. bagaimana perbedaan yg paling penting dr redmi 2 yg resmi dan distributor?

    1. Bu Hikmah,

      1. Kalau Trikomsel berarti bergaransi resmi.

      2. Tak ada kartu garansi tidak masalah kok. Simpanlah saja nota pembeliannya. Tunjukkan itu bila suatu saat Anda perlu mengajukan klaim garansi.

      3. Yang garansi resmi pasti kompatibel dengan LTE 900 dan 1800. Trus, pasti ada Play Store-nya.

  43. Pak herry mau tanya nih. Saya kan baru beli redmi 2 trus muncul notif untuk update. Apakah saya harus update atau abaikan? Karna katanya counter tempat saya beli di suruh abaikan aja krna bisa bikin playstore ga berfungsi. Mohon jawabannya. Trima kasih banyak.

    1. Pak Widi,

      Lho, Anda membeli Redmi 2 tanpa garansi resmi?

      Kalau bergaransi resmi, update saja, Pak. Play Store tetap bisa digunakan.

  44. bro, kalo beli dari perorangan (seller dapat dari lazada, garansi trikomsel) ntar misal dalam masa 14 hari ada masalah dan saya minta ganti unit baru, bisa langsung ke SC trikomsel ya?

    1. Pak Van,

      Saya tak berani memastikan bisa tidaknya. Saya malahan baru tahu kalau ada jaminan 14 hari bermasalah akan diganti baru.

  45. Selamat malam pak herry, saya beli redmi 2 di erafone dan dapat gratisan USIM TSEL dan saya masukkan si slot 2. Tetapi saat ingin berlangganan paket internet dengan mengetik *363#, popup pertama berhasil tetapi setelah memilih salah satu pilihan selalu gagal di popup kedua dan tetulis pesan “USSD gagal atau MMI gagal” seperti itu. Tapi jika USIM dipindah ke slot 1, tidak ada masalah. Apakah memang semua REDMI2 seperti itu atau hanya REDMI2 saya saja yang mengalami.

    1. Pak Danni,

      Semua Redmi 2. Itu memang bug. Coba lakukan update firmware dulu. Siapa tahu di firmware terbaru masalah tersebut sudah diatasi.

  46. Malam pak heri, saya pengen beli xiaomi redmi 2 tapi ga berani beli online,kira kira dipekanbaru sudah ada toko resmi yg jual ga ya? Playstore sudah tersedia kan pak? Kalau kita beli hp dengan garansi resmi apa ada kemungkin mengalami kerusakan? Thanks pak.

    1. Pak/Bu Minar MP,

      Di Pekanbaru apakah ada gerai Erafone, Global Teleshop, atau Oke Shop? Silakan beli di sana. Pasti garansi resmi dan tentu ada Play Store-nya.

      Ya, biarpun Anda membeli ponsel bergaransi resmi, peluang rusak tetap ada.

  47. Terima kasih pak herry informasinya, semoga saja memang bug. Memang jika saya klik “update” di iconnya ada software terbaru tapi belum saya lakukan nunggu pencerahan dari netizen lain soal ini.

  48. Selamat sore. Pak herry saya kan baru beli xiaomi mi4i , saya baca importir dari trikomsel oke. Tp dalam dos hpnya gak ada buku manual sama kartu garansi. Itu bagaimana pak? Apakah itu palsu atau garansi tidak resmi? Trimakasih

    1. Bu/Pak Windy,

      Kalau mengacu kepada nama importirnya, mestinya asli dan bergaransi resmi.

      Kartu garansi memang tak ada di dalam kardus. Biasanya ditempelkan di belakang kardus. Bila tak ada dan kelak Anda perlu mengajukan klaim garansi, bawalah nota pembelian.

      Soal buku manual, saya tidak ingat pasti. Di dalam kardus sepertinya ada lembaran panduan pemakaian singkat deh.

  49. selamat pagi Pak Herry
    saya mau bertanya lebih bagus mana pelayanan purna jualnya xiaomi redmi 2 yg bergaransi TAM dengan yg bergaransi Trikomsel??
    yg saya dengar dari teman katanya garansi trikomsel tempat servicenya di TAM juga, apakah benar demikian??

    ,terima kasih

  50. malam pak herry, saya beli redmi2 di tokopedia..
    dari salah satu toko online…
    harganya sekitar 1.45 jta..
    terus katanya garansi distributor..
    saya takut..kalau itu redmi 2 palsu..
    yang jadi pertanyaan sya..
    apakah spesifikasi hardware dan fitur redmi2 asli berbeda jauh dengan redmi2 palsu..
    atau perbedaanya hanya pada jaringan 4g LTE saja..
    karena daerah saya belum support 4g LTE
    bagaimana dengan procecor, kamera, interface, dan fitur fitur lainya..
    terima kasih pak herry.

    1. Pak Rahmat,

      Kalau Rp 1,45 juta garansi distributor (berarti bukan garansi resmi) mahal deh. Lha yang garansi resmi harganya Rp 1,499 juta kok.

      Saya belum pernah mencoba Redmi 2 palsu. Jadi, tak tahu seberapa signifikan bedanya.

      Beli yang garansi resmi di http://www.mi.com/id/redmi2/ saja tho, Pak.

  51. Sir,,, playstornya koq gak mau pake data selular yaa ,,, sedangkan pake wifi lancar sir … Tolong brightnesnya sir ,,, makasii

    1. Pak Agung,

      Ponsel Anda bergaransi resmi atau tidak?

      Saya tak hafal struktur rincinya. Masuklah ke menu download. Di kanan atas ada garis atau tidak. Tekan itu. Berikutnya, utak-atik pengaturan di sana. Ada salah satu pilihan untuk menentukan ukuran file yang diunduh. Ubahlah menjadi unlimited.

  52. Pak herry,
    Apakah xiaomi 2 ada jack 3,5 nya? Sy minat dgn hp ini, soalnya spesifikasi di google Simpang siur, ada yg bilang ada jack 3,5 nya ada jg yg bilang tdk ada

    1. Pak Rizky,

      Anda tinggal masuk ke menu software update di ponsel, lalu pilih check update. Kalau ada firmware baru, tinggal unduh dan ikuti petunjuk di layar.

      Kalau tersaji informasi yang intinya bilang bahwa Anda sudah memakai firmare terbaru, berarti belum ada update.

  53. untuk xiaomi redmi note 3g 1.7ghz apakah importnya juga hanya dipegang erajaya dan trikomsel?, kmrn saya pesan online buat istri tapi tidak ada dua importir tsbt, belakangnya box tulisanya china semua. kira-kura itu barangnya asli ndak ya?, terimakasih

    1. Pak Hadi,

      Ya, yang bergaransi resmi hanya diimpor oleh Erajaya dan Trikomsel. Kalau bukan salah satu di antara dua perusahaan itu, berarti pasti bukan garansi resmi.

      Asli tidaknya tak dapat saya pastikan. Yang pasti, bukan garansi resmi. Barang seperti itu saya sarankan untuk jangan dibeli.

      1. kalau nama distributornya theone kalau ndak salah dibungkusnya, trus bungkusnya belakangnya tulisan china. ini saya baru mau urus / saya return

  54. Pak.. Redmi note 2 sudah resmi blm ya? Adik saya kmrn smpt beli tp garansi bless. Setelah dicoba ada problem dikamera yg sering error macet Dan tidak bs terpakai. Seringnya dikamera depan. Kecerahan kualitas kamera jg ga seperti kamera 5mp biasanya. Saat buka pengaturan kamera, mental back to home. Ada solusi pak? Cara tau dia real or fake nya gimana? Soalnya kami baru tau jg kl bless garansi nya banyak komen jelek waktu googling. Terimakasih.

    1. Pak/Bu Mika,

      Redmi Note 2 pasti belum resmi. Lha pabriknya saja belum meluncurkan tipe tersebut kok.

      Solusinya ya silakan komplain kepada penjual atau berhubungan dengan tempat servis Bless. Lain kali, jangan membeli produk Xiaomi yang tidak dilengkapi garansi resmi ya.

  55. Pak numpang tanya. Setelah liat ciri ciri garansi resmi tadi saya percaya kalau redmi 2 milik saya original. Tapi saya googling ada cara mengeceknya di (jd.mi.com) dan mendownload aplikasi mi verification. Dan hasilnya redmi 2 saya bukan ori. Apakah melalui jd.mi.com tadi memang cara yg benar pak untuk mengecek keaslian xiaomi apapun?
    Terimakasih

    1. Pak Arman,

      Saya malahan baru mengetahui alamat situs itu. Barusan saya membuka halaman tersebut. Namun, kok tidak bisa diakses ya.

  56. Hllo med mlm..qu pnx redmi 2 pnya mzlh pd sim card 2..tak bisa cek pulsa.udah aq cba gnti kartu tp mzlh ttp sama.kalo d sim satu lancar sih.

    1. Bu Ariana Repi,

      Slmt mlm jga. Redm 2 mlk Anda apkh bergarns resm?

      Frmware Rdm 2 mmang memlik bg di fngsi UMB/USSD (perinth yang dwl kraktr * dn diakhiri #). Ponsl itu hny bsa mnjalnkn prnth USSD st tngkt. Mslny, *123#. Kalu stlah mnkn prnth it ll mncl pilihn tambhan, Rdm 2 bsny akn ggl mlakkan eksks.

      Samp sat ini blm ad sls. Pnggn hanya bs brhrp Xm sger mnglrkn updat frmwr untk mmprbki mslah it.

      Pernth untuk mngcek ssa pls bsny hny stu tngkat. Cnthny, *123# dn *555#. Rdm 2 mstny mash bs mnjlanknnya. Apkh di pnsl And pernt itu ggl djalnkn?

  57. Pak saya baru minang redmi 2 kemarin. (garansi t#m) saya bingung soalnya dalam dus nya tidak ada kartu garansi ataupun buku petunjuk. Apa emang seperti itu?? Atau ada yang keliru dengan barang yang saya beli ini?? Mohon pencerahannya pak

    1. Pak Marchell,

      Kartu garansi memang tak ada. Panduan pemakaian singkat ada di dalam amplop cokelat di dalam kardus.

  58. Pak saya baru beli redmi 2 via seller online perorangan dan tidak dapat nota pembelian.
    Nah apakah jika nanti ingin klaim garansi tetap bisa? Apa ada cara mengetahui sisa garansi, misal melalui imei?

    1. Pak Guruh,

      1. Bisa. Seandainya petugas pusat perbaikan resmi tetap mengharuskan adanya nota, tinggal bikin nota sendiri deh.

      2. Kalau secara mandiri tak bisa diketahui. Namun, petugas di pusat perbaikan resmi Xiaomi mungkin bisa mengeceknya.

  59. Oh iya pak heri ada d dalam semuanya. Di bungkus amplop kardus coklat. Sekalian saya mau tanya pak. Kalo untuk fitur kunci saat masuk saku itu sbnarnya berfungsi atau tidak. Soalnya sudah saya aktifkan tapi tidak ada reaksi sama sekali. Saya pakai MIUI 6.6.7.0 mohon pencerahannya pak trimakasih untuk fast respon nya ?

    1. Pak Marchell,

      Ehmm… yang Anda maksud apakah fitur “prevent pocket dials” di dalam menu lock screen? Kalau iya, fitur itu beneran berfungsi kok. Jadi, saat ponsel dikantongi, ponsel takkan menelepon ke nomor tertentu tanpa Anda sadari.

  60. Pak saya punya xiaomi mi4i, saat menerima file dari blotooth tidak bisa, gimana caranya pak??
    Mohon bantuannya pak..

    1. Bu Mel,

      Pastikan Mi 4i Anda dalam mode discoverable. Bila diperlukan, lakukan pairing dulu antara Mi 4i Anda dan ponsel pengirim.

  61. Makasih pak heri untuk info.a.
    Pak untuk setting kunci otomatis saat dalam saku kenapa yaa punya saya ko tidak fungsi. Meskipun sudah d aktifkan. Posisi MIUI saya di 6.6.7.0. Mohon bantuannya pak. Terimakasih

  62. Iya pak hery benar yang itu. yang d menu setting – kunci layar – terus ya yg itu kunci otomatis saat di saku. tp kalo punya saya udh saya aktifin tp tiap saya masukin ke kantong (saku) . Untuk layar nya dia tetap on tidak off ataupun mengunci otomatis. Apa memang setting.n trsbut seperti itu?? jadi setting.n trsbut hanya mengunci panggilan kemanapun (tanpa mengunci atau mematikan screen dari redmi 2 trsebut) mohon penjelsannya pak. oya trimakasih sejauh ini untuk jawabannya.

    1. Pak Marchell,

      Ok. Cara kerja fitur itu bukan seperti yang Anda sebutkan. Usai memakai ponsel, pengguna tetap harus melakukan penguncian secara manual. Nah, saat ponsel dikantongi, fitur itu akan mencegah ponsel tanpa sengaja ter-unlock lalu melakukan panggilan keluar.

  63. maaf, mohon infonya. saya berniat membeli xiaomi note 4g lte 1gb di salah satu toko di tokopedia. itu udah rilis kan ? dr info nya tmpt saya membeli menggunakan garansi TAM dan trikomsel. slama 1 tahun. nah kira2 itu ori dan resmi gak ya?

    1. Bu Cisca,

      Yang Anda maksud apakah Redmi Note 4G? Kalau iya, barang yang dijual pasti tanpa garansi resmi. Tak mungkin bergaransi TAM atau Trikomsel.

      Saran saya, jangan membelinya.

  64. maaf, mohon onfonya. saya berniat membeli xiaomi note 4g lte 1gb di salah satu toko di tokopedia. iu udah rilis kan ? dr infonya tmpt saya membeli menggunakan garansi TAM dan trikomsel. slama 1 tahun, nah kira2 itu ori dan resmi gak ya ?

    1. Bu Cisca,

      Pertanyaan yang sama telah Anda kirimkan lebih dari satu kali. Lain kali tolong kirimkan satu kali saja, kemudian bersabarlah menantikan jawaban.

  65. mohon infonya, saya dari tadi mencoba bertanya tapi pertanyaan saya tidak masuk atau tidak berhasil.
    saya berniat membeli xiaomi redmi note 4g lte 1 gb di tokopedia,, pihak toko memberikan 2 layanan garansi yaitu Tam dan trikomsel. menurut anda gmana ya itu ori dan resmi gak ? dan tolong dijelaskan mngenai 4g lte, dan jika xiaomi redmi note 4g tersebt dapatkah menggunakan gsm di semua sim nya meskipun tidak operator 4g ?

    1. Bu Cis,

      Ini kali ketiga pertanyaan yang sama Anda kirimkan. Lain kali harap sabar. Saya bukan layanan hotline 24 jam. Tak mungkin saya selalu menjawab pertanyaan dengan cepat.

  66. Oh cara kerjanya seperti itu. oke pak makasih.
    Oya mau tanya juga. saya kemarin minang redmi 2 gransi t*m. kira2 frekuensi apa aja yg support k ponsel saya?? terus kalo untuk pengecekannya kira2 gimana pak?

    1. Pak Marchell,

      Iya, kayak gitu.

      Silakan perhatikan stiker yang menempel di belakang kardus. Di situ tertulis lengkap frekuensi yang didukung Redmi 2.

  67. assalamu alaykum pak herry,
    saya mau beli redmi 2 di blanja.com,,,tapi saya ragu apakah itu garansi resmi atau bukan, soalnya tidak ada keterangan garansi,,dan harganya juga agak miring yaitu sekitar 1,4 jutaan,,
    tolong pencerahannya

    1. Pak Thodayak,

      Kalau tidak ada deskripsi jelas tentang status garansinya, lebih baik jangan dibeli deh. Daripada ternyata dapat barang tanpa garansi resmi dan kemudian susah komplain.

  68. Ko hery,, mlm td jam 6 saya beli redmi 2 garansi tam. Hal yg saya alami yakni saat penggunaan paket data yg kisaran waktu 1 jam tiba” lcd nya separo getar” ko hery…. rencna besok pagi mau kekonter yg saya beli kira” hp yg sama beli ini bsa dituker dngn yg baru atau tidak ya ko…. mohon masukan nya mksh

    1. Pak Rahman,

      Kalau sebelum 1 x 24 jam Anda sudah kembali ke toko tersebut, peluang mendapatkan penggantian unit baru terbuka sangat lebar. Yang penting tidak ada cacat di bodi ponsel ya.

  69. Pak hery,di redmi 2,bisa tidak klo (kita sebut aja tombol ya,hehe) ketiga tombol yg ada di bawah layar itu nyala di malam hari,sy pengguna baru,mohon info nya ya..trimakasih pak

  70. pak hery, apakah di hp xiaomi redmi 2 tidak ada pentunjuk penggunaan data yg digunakan aplikasinya. krn akhirΒ² ini saya sering bingung kuota saya secara mendadak hilang banyak Tak tanggungΒ² pernah sampai 500MB padahal saya tidak gunakan untuk apaΒ² krn hilangnya.

  71. Pak herry..saya berminat membeli redmi2,trs terhubung dgn penjual yang menawarkan garansi resmi,namun ketika saya tanya garansi trikomsel atau erajaya,dia menjawab garansi TAM-GMT…apakah hp yg akan saya beli itu juga merupakan redmi ori dgn garansi resmi juga?

    1. Pak Teguh,

      TAM-nya singkatan dari apa? Kalau Teletama Artha Mandiri, itu garansi resmi. Dalam hal ini, TAM sama dengan Erajaya.

      Kalau GMT pasti bukan garansi resmi. Jangan dibeli.

    1. Pak Ou Er,

      Mestinya di Makassar belum ada yang jual ponsel Xiamoi. Kalau Xiaomi sudah ada. Silakan mencarinya di gerai Erafone, Oke Shop, atau Global Teleshop.

  72. Pak heri saya ingin bertanya, saya sudah pernah 2x membeli redmi2 di kota madiun dengan harga yang berbeda kebetulan saya membelli ditoko yang berbeda pula. pertama ditoko “a” harga sekitaran 1.475 (tidak ada logo tam,erajaya swasembada)
    Sedangkan di toko “b” harga .1.549 (trikomsel, ada logo tam) menurut bapak bagiana prbedaan harga tsb apakah dengan harga yang mahal produk itu asli / sebalik nya. terimakasih πŸ™‚

    1. Pak Satria,

      * Untuk unit A, apakah nama importir yang tercetak di stiker pada bagian belakang kardus?
      * Untuk unit B, kalau membaca paparan Anda, berarti unit bergaransi resmi. Namun, yang membuat saya bingung, benarkah ada tulisan Trikomsel dan logo TAM? Sebab, itu dua perusahaan yang berbeda. Keduanya adalah kompetitor berat.

      Setelah mendapatkan jawaban dari Anda, saya baru menjelaskan soal perbedaan harga yang terjadi.

  73. Malam pak herry….

    Saya tertarik dengan redmi note 2,
    Untuk garansi resminya eatimasi berapa lama ya pak ada di indo… ?

    1minggu kemarin teman beli dgn garansi wii
    Apakah itu resmi ?

    1. Pak Ilham,

      Jadwal edar Redmi Note 2 bergaransi resmi di Indonesia belum diketahui.

      Garansi WII bukan garansi resmi. Saya menyarankan Anda untuk tidak membelinya.

  74. Permisi, saya mau nita tanya dan minta saran.

    Di tokopedia, saya menemukan penjual Redmi 2 dgn Ram 2gb + Internal 16gb pak. Tetapi garansi distributor B-Cell 1 tahun. Menurut bapak bagaimana ya? Apa itu barang bagus? B-Cell nya juga kualitas garansinya bagus atau tidak ya? Juga untuk Playstore apa kira2 ada trouble atau tidak ya? Dan fasilitas 4G nya Redmi yg ini cocok untuk di Indonesia atau tidak ya?

    Jika dibandingkan dengan Redmi 2 yg Ram 1gb + Internal 8gb garansi resmi lebih pilih mana ya pak sebaiknya?

    Redmi 2 garansi resmi di tokopedia harganya 1 juta 480 ribu, sedangkan Redmi 2 (Ram 2gb + Internal 16gb) itu 1 juta 775 ribu.
    Mohon pencerahannya Suhu, Terimakasih.

    1. Pak Anjar,

      Itu pasti bukan bergaransi resmi. Jangan dibeli.

      Soal Play Store, tak berani saya pastikan. Peluang bermasalah pasti ada.

      Soal 4G, tak tahu. Lha Anda tidak menyebutkan spesifikasi detailnya sampai ke yang berhubungan dengan jaringan.

      Dengan asumsi sama-sama bergaransi resmi, mestinya lebih baik Redmi 2 dengan RAM 2 GB Namun, karena yang Anda ceritakan bukan bergaransi resmi, kalau saya sih lebih baik tidak beli dulu. Wait and see deh.

  75. Permisi pak herry, saya beli redmi 2, garansi tam. Apa kalo beli redmi 2 garansi tam itu skrg gak pake kartu garansi? Apakah garansi tamnga skrg model barcode? Terimakasih pak

    1. Pak Fajar,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Apakah di dalam amplop cokelat yang berada di dalam kardus tak ada kartu garansinya? Kalau tak ada, berarti nomor IMEI Redmi 2 itu langsung didaftarkan ke sistem. Anda kelak cukup membawa nota pembelian saat akan melakukan klaim garansi.

  76. Kulanuwun ko herry. Mau tanya.. Kalau mau beli Xiaomi Redmi 2 yang RAM 2GB itu gimana ya? Saya cari info katanya kok gak masuk di pasar Indonesia? Adakah agen-agen ataupun apa gitu? Suwun ko

    1. Pak/Bu Marindo,

      Redmi 2 dengan RAM 2 GB saat ini belum beredar resmi di Indonesia. Namun, segera masuk kok. Harga ritel resminya malahan sudah ditetapkan dan semoga tidak berubah: Rp 1.799.000.

      Kalau sekarang Anda melihat ada penjual yang menawarkan Redmi 2 dengan RAM 2 GB, itu pasti bukan bergaransi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

  77. Mau tanya nih…garansi distributor bcell gmn ?
    Apa bisa d jadiin pilihan selain distributor erajaya maupun trikomsel?
    Terimakasih jawabannya

    1. Pak Mamad,

      Kalau saya, lebih baik tidak membeli ponsel daripada membeli yang bergaransi B-Cell. Bisa menangkap makna yang tersirat kan? πŸ™‚

  78. Selamat pagi koh herry, sebelumnya saya berterimakasih atas review nya yang membuat saya yakin untuk membeli redmi 2 setelah bingung karena ada Samsung J5, oh iya pak mengenai garansi resmi, apa benar erajaya itu hanya ada di ibukota provinsi ? Saya lokasi di magelang, jadi kalo mau cari yg garansi resmi harus ke semarang atau jogja koh ?

    1. Pak Eko Nugroho,

      Yang Anda maksud kantor Erajaya atau gimana nih? Pusat perbaikan resmi Xiaomi yang diimpor oleh Erajaya dan Trikomsel ada di sini http://www.mi.com/id/service/repair/.

      Di Magelang tak ada. Adanya di Jogja dan Semarang. Kalau dari Magelang, lebih dekat ke mana ya? Dengar kata Magelang, saya langsung ingin makan Getuk Trio. Ha.. ha.. ha…

  79. Saya mau tanya, apakah untuk xiaomi redmi note 2 masih diimpor resmi oleh erajaya dan trikomsel? Saya melihat beberapa video hp ini tapi beda importir dan penjelasan luar pakai bahasa cina serta Miui nya tidak langsung Miui7 harus install firmware dulu, trimakasih

    1. Pak Rifqi Setya Nugraha,

      Redmi Note 2 belum beredar resmi di Indonesia. Jadi, kalau saat ini ada yang menjual Redmi Note 2, itu pasti bukan bergaransi resmi.

  80. Kok saya googling pernah baca kalau handphone tersebut sengaja ngga masuk pasar Indonesia ya? Tapi kalau besuk masuk. Okelah saya tunggu. Terima kasih ko

    1. Pak/Bu Marindo,

      Ponsel apa nih yang dimaksud? Redmi 2 Prime? Saat ini memang belum masuk. Per 22 Agustus 2015 baru mulai dijual resmi di Indonesia.

  81. Redmi 2 RAM 2GB ko. Kemarin-kemarin sempet liat ada yang jual, tapi ya itu tadi, pas saya tanya bukan garansi dr erajaya/trikomsel. Jadi urung saya beli. Itu kira-kira kapan masuk Indonesianya ya? Thanks ko

  82. maaf pak tanya apakah garansi resmi.
    tidak ada pengganti barang apabila rusak. masalahnya hp xiaomi sy rusak tidak bisa tampil menu utama bila di hidupkan hanya sampai ke tampilan simbol mi nya saja. saya kembalikan ke otlet untuk mendapatkan garansi. sudah 1 bln lebih lum jd. ktnya harus ganti IC nya. tdk bs di return barang baru. apakah garansi resmi tidak mengganti dengan barang baru

    1. Pak Muhtar Ali,

      Penggantian dengan unit lain biasanya hanya berlaku untuk kerusakan yang terjadi setelah 1 x 24 jam. Kalau kerusakan terjadi setelah jangka waktu itu, ponsel akan diservis. Dalam kondisi sangat spesifik, misalnya, ponsel tak bisa diperbaiki lagi, padahal masih dalam masa garansi dan tidak ditemukan tanda-tanda kerusakan akibat kesalahan pengguna, baru ada peluang diganti unit lain.

  83. Maaf, pak herry saya mau nya.
    Hp saya xiaomi R2.waktu saya uninstal aplikasi tiba2 hp saya langsung down, batre nya langsung nol padahal sebelumnya msh 80%.terus saya charge layarnya kedap kedip trus yg ada logo mi.com hidup mati trus lampu led notifikasinya ga hidup.mohon penjelasan dari pak herry.
    Terimakasih..

  84. Pak sy bulan 3 lalu beli xiaomi redmi note 4g di toko didaerah saya. Bln juli kmren mati total, jadi sy bw ke tokonya. Krn matot jd harus klaim garansi dan yg ngurus pihak toko. Pihak toko pun blg paling lama akan makan waktu 2-3 bulan.. tp sampai skrg hampir 3 bln blm ada kabar. Garansi hpny garansi distributor pt wisma inkopad. Apa mmg selama itu ya pak prosesnya?

    1. Bu Uti,

      Berurusan dengan garansi tidak resmi, dalam hal ini garansi distributor, memang sangat melelahkan. Belum lagi kemungkinan mendapatkan produk tidak orisinal dll. Karena itu, saya rutin menyarankan jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi.

      Karena sudah terlanjur, Anda hanya bisa bersabar sih.

  85. Pak mau tanya..saya beli redmi 2 ud pemakaian 2 bln..berarti kan msh garansi
    Masalah : wkt update room koq tiba2 hp mati gag bs hidup lagi..ap perbaikan ke service center msh dpt termasuk garansi ya pa..
    Mau tanya juga..service center d malang unt xoaomi dmn ya??
    Brp lama servicenya??

    1. Pak Muchammad M. Amin,

      Update room atau ROM? Anda update langsung dari menu ponsel? Kalau update ROM langsung dari menu ponsel, lalu ponsel mati, Anda bisa mengajukan klaim garansi.

      Seingat saya, di Malang tidak ada pusat perbaikan resmi Xiaomi. Lokasi terdekat di Surabaya. Berapa lama servisnya? Saya tak berani memastikan.

  86. maaf pak mau tanya ini bulan kemaren tgl 29 saya beli redmi 2 tp baru hampir sebulan tau tau hape nya udah gak bisa di gunaiin gak da gambarnya pas nyala. itu apanya ya, trus ini garansinya ini brapa bulan ya ???

    1. Pak Anggoro,

      Kalau Anda tanya apanya, ya saya tak tahu. Harus dicek oleh teknisi dulu.

      Garansi setahun. Silakan segera membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  87. pak mau tanya untuk redmi note 4g dual sim 16gb itu harganya sekarang berapa ya? saya kemarin liat ada yg jual baru di olx cuma 1,050,000 dan katanya garansi resmi. menurut bapak itu emang resmi atau gimana, mohon pertimbangannya. dan untuk redmi 2a apakah sudah ada di indonesia?

    1. Bu Rizka PS,

      Redmi Note 4G pasti bukan garansi resmi. Harga yang Anda sebutkan terlalu murah. Waspadalah. Saran saya, jangan dibeli.

      Redmi 2A tidak akan beredar resmi di sini.

  88. Apakah Xiaomi Redmi 2 yang dibeli tanpa garansi resmi tidak akan bisa mendapatkan jaringan LTE dari operator seluler lain?

  89. saya trlanjur membeli redmi 2 dengan garansi B-Cell atau distributor (bukan garansi resmi), dan saya sempat MEMBACA SEBUAH artikel yang mengatakan jika garansi distributor maka tidak bisa mendukung 4G untuk smua operatror (hanya bisa XL), beda dengan yang garansi resmi yang bisa mndukung 4G untuk semua operator di Indonesia. Apakah betul sperti itui mas?

    Terima Kasih.

    1. Pak Rhendy,

      Tergantung Anda dapat varian Redmi 2 tanpa garansi resmi yang apa. Biasanya sih yang cuma mendukung LTE 1800. Bila benar yang itu, efektif per Januari 2016 bisa dipadukan dengan LTE XL, Telkomsel, dan Indosat kok. Kalau sekarang, baru bisa dipakai dengan XL dan Telkomsel di kota tertentu.

  90. pak saya beli xiaomi redmi2..aplikasi juga ga banyak..
    tiba”layar mati, pas di hidupkan ada logo MI yg kya biasanya.. tapi tiba” ga da gambar.. (blank?)
    knp ya pak?? baru 2-3bln saya pakai dan ga pernah jatuh.. apa perlu d FLASH??
    terimakasih pak..

    1. Pak/Bu Dwi,

      Redmi 2-nya bergaransi resmi kan? Silakan dibawa ke pusat perbaikan resmi saja. Biar dicek dan diatasi oleh petugas di sana.

  91. Pak hery mau tanya saya pake redmi 2 ada sedikit masalah, pada bluetooth nya, awalnya dipakai buat ngirim dan nerima itu bisa, tapi lama kelamaan mulai eror, sekarang dipakai buat nerima file udh ga bisa, udah saya cari masalahnya tapi belum ketemu, mohon solusinya pak herry, makasi, kalo bole si minta tolong dibalas ke nomer sasaua aja pak herry 085727003943

    1. Pak Ragil,

      Coba lakukan factory reset. Kalau hal itu tak menyelesaikan masalah, bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi.

      Maaf, saya tidak melayani permintaan jawaban via SMS>

  92. Pak Herry saya mau bertanya. saya terlanjur membeli xiaomi redmi 2 garansi distributor (B-Cell) yang sayabaru tahu tidak resmi.

    Kemarin kesandung dan hape pun jatuh. pas di cek termyata di layar handphone bagian kanan atas ada seperti noda hitam.
    menurut bapak, apakah kerusakan seperti itu, jika di service bisa?
    Terimakasih

  93. Pak saya mau beli mi4i di surabaya di mana ya yang jual mi4i yang bergaransi resmi?
    Mohon info toko dan alamat toko terseebut

    1. Bu Alifia,

      Silakan cari di Erafone, Oke Shop, dan Global Teleshop. Harga jual offline lebih tinggi daripada harga jual online yang dipatok Rp 2.799.000 ya.

  94. Maaf pak herry..
    Apakah mi4, mi3, atau mi note 4g itu sudah ada yang bergaransi resmi dijakarta? Kalau ada kira-kira dijual dimana ya? Dan apakah produk garansi gmt itu ori atau kw? kakak saya membeli asus garansi gmt, pada saat ada kendala produknya tidak bisa di service di pusat.. tapi setelah di tanyakan di service center tentang keasliannya, mereka menjawab itu asli.. tapi sampai saat ini saya masih meragukan keasliannya..
    Terimakasih

    1. Bu Ratih,

      Tiga ponsel itu belum ada yang bergaransi. Karena itu, saran saya, lebih baik tidak membelinya. Kecuali, Anda sejak awal bersedia membeli ponsel tanpa garansi resmi, dengan segala konsekuensinya.

      Ehmm… karena pertanyaan keduanya sangat sensitif, jawaban saya begini saja: intinya jangan beli deh.

  95. Pak Herry mau tanya, apa sudah ada info terbaru mengenai waktu kapan xiaomi redmi 2 prime garansi resmi akan edar di Indonesia? terima kasih

  96. Selamat Sore Pak,
    Saya mau beli Xiaomi tetapi mempunyai beberapa pilihan
    Xiaomi Mi 3 16 GB atau Xiaomi Mi 3 64 GB
    Xiaomi 4LTE (16 BG)
    Xiaomi Mi 4 16 GB atau Xiaomi Mi 4 64 GB
    Menurut Bapak harus beli yang mana dilihat dari harga dan spesifikasinya.
    Sebaiknya beli online atau langsung di tokonya?
    Saya berlokasi di Timur Indonesia. Mohon pencerahan. Trims.

    1. Pak Yus,

      Semua varian yang Anda sebutkan belum ada yang bergaransi resmi. Saya malahan cenderung menyarankan Anda jangan membelinya. Kecuali, Anda siap menghadapi kondisi terburuk. Misalnya, dapat barang palsu.

  97. Sip. Trima kasih Pak.
    Wah kalau nunggu yang bergaransi bisa lama juga ya?
    Maaf kalo sementara saya mau beli Xiaomi yang sudah bergaransi dan spesifikasi agak mirip seperti yang saya tanyakan kira2 apa ya?
    Trima kasih.

    1. Pak Yus,

      Tiga ponsel yang Anda sebutkan amat mungkin memang takkan beredar resmi di sini. Sebab, Xiaomi kan sudah mengeluarkan penerusnya.

      Tipe tertinggi yang sudah beredar di pasar dan bergaransi resmi adalah Xiaomi Mi 4i. Menurut saya, kalau mencari yang harga, spesifikasi, dan kinerjanya paling sepadan, silakan melirik Xiaomi Redmi 2 Prime dulu saja. Harga barunya Rp 1,799 juta.

  98. Koh Herry, saya mau tanya, saya berdomisili Yogya. Saya ingin membeli Redmi Note 2/Redmi Note 2 Prime. Kira-kira sudah masuk pasar Indonesia blm? Dan harganya berapa juga tanggal keluar kapan? Terima kasih.

    1. Pak Diko,

      Dua tipe yang Anda sebutkan belum beredar resmi di sini. Kalau di toko ada yang jual, itu pasti bukan bergaransi resmi. Saya menyarankan jangan membelinya.

      Jadwal edar Redmi Note 2 dan Redmi Note 2 Prime secara resmi ke Indonesia belum diketahui.

  99. Om heri, saya pake xiaomi redmi 2. Awal dulu pake lancarΒ² aja jarang sekali lambat. Tpi kenapa ya hp saya skrg lambat banget. Padahal app yg saya pake tidak terlalu banyak. Memory intern masi sia 2,5 gb an yg extern sisa 4,2 gb an.
    Setiap buka app sering not responding trus abis kluar app sering wait a second. Padahal dulu nggak. Trus yang parah pas di tombol kunci kalo lagi ngelambat, ngebuka nya lama, layar matinya lama padahal tombol lock screen uda dipencet berkali kali, haduh bikin pusing deh ko. Mohon pencerahan nya ya ko makasih.

    1. Pak Zaidar,

      Coba dicek apakah ada aplikasi tambahan yang membuat ponsel bekerja terlalu keras. Kalau mau jalur cepat dan tuntas, lakukan factory reset deh.

  100. Pak herry,ada beberapa hal yg mau sy tanyakan.mungkin agak keluar dari topik,tapi msh ada hubungannya dengan xiaomi:

    -sy sedang mempertimbangkan antara xiaomi mi 4i atau samsung galaxy j5.menurut bapak,manakah yg lebih baik?

    -sy sdh melihat opini2 lain di kolom comment.banyak yg bermasalah dgn xiaominya.apakah memang xiaomi seburuk itu? Apakah sy harus “lari” ke samsung yg sdh terjamin durabilitasnya?

    -apakah xiaomi yg dijual di 3 toko resmi seperti erafone, global teleshop dan oke shop memang benar2 jaminan garansi resmi,atau mungkin dijual juga yg versi garansi distributor lain?

    -apakah toko2 selain ke 3 toko itu tadi juga menjual xiaomi bergaransi resmi?

    Mohon dijawab,sekian dan terima kasih

    1. Pak Marcell,

      1. Mi 4i.

      2. Xiaomi tergolong bagus kok. Samsung nggak selalu bagus lho. Kembali ke Xiaomi, secara umum biasanya karena dua hal. Pertama, belum terbiasa dengan user interface ala Xiaomi. Kadang ada cara pemakaian yang agak berbeda. Kedua, bukan membeli yang bergaransi resmi.

      3. Kalau di tiga toko itu, pasti bergaransi resmi.

      4. Di toko biasa, mungkin garansi resmi, mungkin pula tidak. Jadi, konsumen harus lebih cermat dalam memeriksa.

  101. Mow tanya?

    Redmi 2 dan redmi 2 prime suport mhl tv out ga?

    Xiaomi di indonesia apa aja yg suport mhl??

    Trims

    Yadis

  102. pak mau tanya apakah redmi bisa menggunakan jaringan lte smartfren?? soalny sy liht web redmi note bisa menangkap lte smartfren.

    1. Pak Ivantadeo,

      Redmi apa nih? Sebab, Redmi ada banyak varian. Yang saya ingat: Redmi (saja), Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi Note, Redmi Note 4G, Redmi Note 2, dan Redmi Note 2 Prime. Lima tipe yang pertama tidak bisa. Entah yang lain.

  103. Pak, mau tanya, saya kan abis beli redmi 2 prime lewat lazada, nah kemudian saya lakukan pengecekan device via http://jd.mi.com. Lalu saya donlod aplikasinya dan melakukan scan di web tersebut. Namun hasilnya ialah, “Not Mi Device”. Hmmm.. gmn ya pak

    1. Pak Aji,

      Paling mudah perhatikan nama importir ponsel itu. Tertulis di sisi belakang kardus kok. Kalau nama importirnya Erajaya atau Trikomsel, berarti itu garansi resmi. Tak perlu khawatir.

  104. p. herry saya baru ijab kobul sama xiomi redmi 2.. tp kenapa yah pak waktu saya kirim video lewat buetooth gagal terus. tp untuk file lain bisa pak.. terima kasih

    1. Pak Tiar,

      Xiomi Redmi 2? Wah, merek baru ya, Pak. πŸ™‚

      Ukuran file yang tergolong besar kadang membuat pengiriman via bluetooth gagal dilakukan. Kalau Anda rutin berkirim file, coba instalasikan aplikasi SHAREit dari Play Store. Aplikasi itu enak banget untuk mengirim dan menerima file. File 1 GB pun bisa dikirimkan dengan baik.

  105. mau tanya pak.

    kalok imei xiaomi redmi saya sudah diketahui publik resikonya apa ?

    terus kalok cek imei di *#06# kok imei nya keluar 2 versi

    1. Pak Bagas,

      Kok bisa tersebar? Sejauh belum ada yang bisa kloning IMEI dan belum ada blokir ponsel berdasarkan IMEI sih tak apa-apa.

      Dua versi bagaimana? Dua nomor IMEI? Kalau ponsel Anda dual SIM, IMEI-nya memang dua.

  106. Mau tanya pak.

    Kalok imei xiaomi redmi 2 saya sudah tersebar ke publik resikonya apa ya ?

    TerusTerus kalok cek imei di *#06# kok keluar 2 versi ya

    1. kan saya mengupload foto hasil spesifikas dari antutu tepatnya di menu info perangkat di grup xiaomi redmi 2 indonesia,ada akun yang mengomentari “ambil imei nya tuh” terus ada akun lain mbalasnya “sudah saya ambil”

      1. Pak Bagas.

        Saya jadi penasaran. Saya rutin mengunggah screen capture hasil benchmarking Antutu. Tak ada nomor IMEI yang muncul.

  107. Saya baru beli hp xiaomi redmi 2 tgl 16-10-2015. Ini dapat 5hari ini speakernya gak ada suaranya. Bagaimana ini pak harry?

  108. Ini kadang bunyi kadang enggak suaranya. Speaker tiba2 gak mau bunyi itu pas lagi dengerin musik mp3. Hp xiaomi redmi 2 ada diatas meja dan lagi memutar musik tiba2 mati sendiri. Kemudian di sentil sedikit gag keras di speakernya terus bunyi. Habis it mati lagi suaranya. Sampai sekarang.

  109. Selamat siang, Pak Herry.

    Saya ingin bertanya, kebetulan saya ingin membeli redmi note 2, menurut Bapak adakah toko yang telah menyediakan garansi resmi Trikomsel atau Erajaya? Dengar-dengar ada yang sudah membeli di toko swalayan ca*r*f*ur dan mendapatkan redmi note 2 dengan kardus bertuliskan diimpor oleh pihak Trikomsel atau Erajaya.
    Bagaimana menurut Pak Herry? Apakah bisa dipertanggungjawabkan nanti saat klaim garansi ke pusat?

    1. Bu Diana,

      Redmi Note 2 belum ada yang bergaransi resmi.

      Carrefour-kah yang dimaksud? Saya curiga yang diceritakan itu Redmi 2, bukan Redmi Note 2.

  110. Mau tanya di surabaya service center resmi xiomi dmana ya? Kalo mau beli xiomi bergaransi resmi dmna?
    Terima kasih

    1. Bu Angelia Maylinda,

      Maaf, saya tidak mengetahui penjual dan alamat pusat perbaikan resmi ponsel Xiomi. Apakah bentuk maupun spesifikasinya mirip dengan ponsel Xiaomi?

  111. Nah loh…., berbahasa Indonesia-lah yang baik dan benar.
    Meskipun koh Herry SW ini paham dengan pertanyaan yang dimaksud, tapi jika kata-katanya disingkat atau salah pengetikan maka secara langsung atau tidak langsung diminta agar di revisi.
    Ingat jaman bikin skripsi dulu. Hahaha….

  112. permisi pak saya mau tanya
    xiaomi redmi 2 saya itu fto” yg dari sd card tidak bisa muncul di gallery setelah saya apgred miui 7.0.5 .
    saya coba juga dngn memori lain sama saja
    berawal dari saya heran kenapa foto yg dikirim teman saya lewat Whatssapp tidak langsung kesave di gallery padahal pengaturan nya sudah jelas

    saya sudah format memori saya sampai data nya hilang semua tetap tidak bisa .
    menurut bapak bagaimana . terimakasih sebelumnya

    1. Bu Anggraini,

      Kebetulan saya sudah tidak memakai Redmi 2 lagi. Kalau mau mencoba, lakukan factory reset atas ponsel Anda. Seolah Anda baru beli ponsel baru. Berikutnya, pasangkan kartu SIM dan kartu microSD lagi.

      1. tetap sama saja tidak bisa pak sudah saya reset ke pabrik .
        sampai setres data” saya hilang semua .

        baiklah kalau begitu terimakasih pak atas responnya πŸ™‚

  113. Permisi pak Herry,saya mau nanya pak,saya beli xiaomi redmi 2 dari PT.WISMA INKOPAD INDONESIA yg bergaransi WII,apakah itu original atau palsu pak ?? Mohon dijawab ya pak, terimakasih pak Herry

    salam
    syawal zulfitri

    1. Pak Syawalzulfitri,

      Satu hal yang pasti, itu bukan bergaransi resmi. Soal orisinal atau palsu, saya tak berani menjawabnya. Lain kali jangan beli yang kayak gitu lagi ya.

  114. Malam Ko Herry,

    Saya mau tanya. Kenapa ya redmi 2 saya tiba2 selalu menjadi panas? Walaupun hp tidak sedang digunakan. Seluruh aplikasi sudah tertutup. Sudah direstart. Hal ini mengakibatkan penggunaan batrai yg sangat boros.
    Untuk masalah jaringan tidak ada masalah.
    Mohon pencerahannya.
    Thanks

    1. Pak Adam,

      Apakah Anda menggunakan layanan LTE XL? Mengacu kepada pengalaman pribadi, LTE XL cenderung membuat bodi ponsel panas dan konsumsi baterai lebih boros.

      Kalau ternyata Anda bukan pemakai layanan LTE XL, langkah pertama coba lakukan factory reset dulu. Seandainya masalah serupa tetap muncul, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  115. Selamat Malam Pak Herry
    Saya mau bertanya,
    Apakah kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 2 Prime? Dan apakah hp tersebut awet/tidak cepat rusak? Karena saya ingin membeli hp tersebut.

    1. Pak Alin,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencobanya karena ponsel itu belum beredar resmi di Indonesia. Yang ada di pasaran pasti tanpa garansi resmi.

      Xiaomi sih biasanya bandel.

    1. Bu Alin,

      Oppo silakan langsung dicoret dulu. Mari kita bersama-sama menghindari membeli ponsel yang cara penjualannya cenderung tidak jujur dan mengelabui konsumen.

      Silakan membeli Xiaomi. Pastikan membeli unit yang bergaransi resmi.

  116. Pak klo xiaomi redmi 2 prime beli di lazada itu ada kertas garansinya atau tidak? Atau menggunakan kotaknya sebagai bukti garansi ? Mohon pencerahannya..

    1. Pak Izzud,

      Kalau Redmi 2 Prime-nya benar bergaransi resmi, tak ada kartu garansi. Nomor IMEI ponsel itu otomatis terdaftar di database pusat perbaikan resmi.

      Btw, biar dapat Redmi 2 Prime yang pasti bergaransi resmi, lebih baik Anda membeli di mi.com/id.

    1. Pak Wahyu Purnomo,

      Kalau Redmi 2-nya bergaransi resmi dan masih ada sisa masa garansi, ya berarti dapat garansi resmi.

  117. Pak herry ciri-ciri bergaransi resmi seperti diatas kan ? Makasih banyak ya pak, sangat membantu..

    Klo ngecheck nomor IMEI gimana pak ? Pusatnya di setiap service center kan pak ? Mohon penjelasannya..

    1. Pak Izzud,

      Benar. Ciri-ciri bergaransi resmi itu juga berlaku untuk ponsel Xiaomi tipe lain.

      Ngecek IMEI untuk apa? Ya, database ada di pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  118. Om saya barusan mencari cari HP Xiaomi redmi 2 di Tokopedia dan saya juga Cek Garansi nya,garansi nya yaitu TAM.. apa itu garanis resmi?

  119. siang ko Herry, saya mw nanya gimana cara bedakan xiaomi mi redmi 2 yang bergaransi resmi dan yang bukan ? terima kasih ko

  120. Pak Herry saya mau mengajukan beberapa pertanyaan.
    1. Redmi Note 2 Prime kan belum masuk di Indonesia. Lah kalau yang Redmi Note 2 tanpa Prime udah masuk belum ya?
    2. Apakah logo/tanda/barcode importir seperti Erajaya dan Trikomsel dapat dipalsukan?
    3. Jika saya ingin membeli Xiaomi, budget saya Rp. 2 jutaan lebih sedikit, menurut Bapak Xiaomi type manakah yang bisa saya ambil?
    Hehehe terima kasih pak πŸ™‚

    1. Pak Rachmad,

      1. Redmi Note 2 tanpa Prime juga belum beredar resmi.

      2. Kalau memang ada yang niat memalsukan, saya yakin bisa. Namun, sejauh ini belum pernah ada kasus pemalsuan tersebut sih.

      3. Hmm… turun ke Redmi 2 Prime Rp 1,799 juta saja, Pak.

  121. Oh belum beredar juga ya. Hehehe
    Kalau redmi note 2 ada yang beredar berarti itu jelas bukan garansi resmi. Tapi apa salahnya jika seumpama saya mengambil Redmi Note 2? Mengapa pantang untuk mengambil garansi distributor? Apakah dari segi jika suatu saat ada problem tidak dapat dipertanggung jawabkan? Atau adakah kekurangan lain seperti kurangnya kualitas handhphone tsb. Terima kasih Pak πŸ™‚

    1. Pak Rachmad,

      Saya sih biasanya melarang membeli unit bergaransi tidak resmi (garansi distributor). Kecuali, calon pembeli sudah siap dengan kemungkinan-kemungkinan berikut:
      * Kelak kesulitan melakukan klaim garansi.
      * Mendapatkan aksesori yang tidak orisinal.
      * Kinerja ponsel tidak optimal akibat pemakaian ROM yang kurang tepat, bahkan mengandung malware.
      * Mendapatkan produk replika.

  122. Pak, Xiaomi yang saat ini bergaransi resmi tipe apa saja? atau yg belum ada garansi resminya tipe apa? kebetulan besok saya mau ke WTC beli Xiaomi. minta sarannya.

    1. Pak Ikhwanasli,

      Yang ada garansi resminya: Xiaomi Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi Note (dual SIM + 3G), Mi 4i, dan Mi Pad. Selain tipe itu pasti bukan bergaransi resmi.

  123. Pak, untuk Xiaomi Redmi 2 Prime dan Xiaomi Redmi 2A
    apa sdh ada yg garansi resmi?
    Xiaomi Redmi 2A yg RAM 2 GB ada gak pak?
    terima kasih.

    1. Pak Ikhwanasli,

      Redmi 2 Prime sudah ada yang bergaransi resmi. Cara mengenalinya sama dengan Redmi 2 yang telah saya paparkan di atas.

      Redmi 2A takkan pernah ada yang bergaransi resmi.

  124. maaf pak saya bru bisa muncul lagi hehe

    Xiaomi Mi Redmi 2 pak, misalkan saya beli di toko l****a.co.id menurut bapak apakalah seller2 yg mencantukan nama “garansi Xiaomi Resmi indonesia” sudah pasti garansi dari xiaomi ny? dan juga jika sang seller mencantumkan “garansi Distrubutor” apakah itu jga sudah pasti barang tidak bergransi resmi ?

    terima kasih pak atas jawaban seblumnya, hehe

    1. Pak Miko,

      Kalau tercantum “garansi Xiaomi resmi Indonesia” belum tentu bergaransi resmi. Sebab, kadang ada penjual yang “kreatif” dan pura-pura tidak tahu.

      Kalau tercantum “garansi distributor”, hampir pasti benar-benar tanpa garansi resmi.

  125. Terima kasih om Herry,
    tanya lagi om. Bagus mana antara kamera xiaomi redmi 2 dengan xiaomi redmi 2 prime….?

    Dan katanya kamera xiaomi redmi 2 hasilnya akan kekuningan. Apa benar? Lalu bagaimana cara mengakalinya?.

    1. Pak Aziz,

      Lebih bagus Redmi 2 Prime.

      Kekuningan itu hanya bila mengaktifkan lampu kilat. Kalau tanpa lampu kilat baik-baik saja kok.

    1. Pak Gigin F,

      Kalau yang khusus menjual ponsel Xiaomi belum ada. Kalau yang multimerek, ada di Erafone, Oke Shop, dan Global Teleshop.

      1. mau tanya pak, saya mau beli redmi 2 prime, kalo beli di gerai erafone apa didalam dus nya disertakan kartu garansinya? dan apa kalo beli di gerai erafone itu berarti sudah bergaransi resmi? terima kasih sebelumnya

        1. Pak Guntur,

          * Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.
          * Jawaban sudah saya ketikkan di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

    1. Pak Taufik,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Saya sih pilih Redmi 2 Prime.

  126. mau tanya pak, saya mau beli redmi 2 prime, kalo beli di gerai erafone apa didalam dus nya disertakan kartu garansinya? dan apa kalo beli di gerai erafone itu berarti sudah bergaransi resmi? terima kasih sebelumnya

    1. Pak Guntur,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      Redmi 2 Prime belum dijual di gerai Erafone.

      Semua ponsel Xiaomi yang dijual di Erafone pasti bergaransi resmi.

  127. sore pak..

    say nemuin redmi 2 yang “gagal menemukan mikrofon” saat memakai fitur voice control/command padahal buat nelpon normal .

    adakah settingan mic?

  128. Ko Heri, kalo xiaomi prime 2 nya garansi WII, worthed dibeli gak ko?
    soalnya garansi tam nya gak ada ko, saya search di tokopedia gtu ko

    1. Pak/Bu Ufi,

      WII termasuk bukan garansi resmi. Jangan dibeli.

      Ini Anda mau beli Redmi 2 Prime kan? Cari di pusat penjualan ponsel saja. Banyak kok yang jual unit bergaransi resmi. Bisa pula beli online di mi.com/id.

      1. kalau garansi BBM bagaimana ko? sama aja?soalnya di situs resmi ada nya redmi 2, saya mau beli nya yg prime ko.
        Menurut ko, dengan budget 1,8 saya beli smartphone apa? spek yg saya inginkan ditinjau dari kamera, dan sistem operasi yang bagus

        1. Pak Ufi,

          Garansi BBM itu bukan garansi resmi. Jangan dibeli.

          Stok Redmi 2 Prime bergaransi resmi saya pantau memang tidak selalu tersedia. Kadang ada, kadang habis. Coba saja mencari di pusat penjualan ponsel di kota Anda. Biasanya ada toko yang menawarkannya. Mereka kulakannya dari situs mi.com/id sih. Harga lebih mahal Rp 100 ribu dibandingkan harga resmi.

          Dengan anggaran Rp 1,8 juta, menurut saya, Redmi 2 Prime yang menjadi pilihan terbaik. Kalau anggaran bisa ditingkatkan sampai Rp 1,999 juta, silakan melirik Hisense Pureshot.

  129. nasib kurang beruntung.
    sdh terlanjur beli baru tahu ulasan OM HERRY.
    beli di lazada dgn harga 1jt 400rb(blum termasuk ongkir) setelah barang sampai ternyata bukan yg garansi resmi.
    saya setting ber ulang2 tetap sama,koneksi mentok di ”E” tdk bisa ”H” ”H+” / ”3G”.
    coba SIM saya pindah ke samsung tab3 padahal koneksi ”H” stabil.
    buat yg naksir n mau beli harap jangan sampai salah pilih ”garansi”

  130. pak hery saya mau tanya .
    touchscreen xiaomi redmi 2 kan sudah dilapisi corning gorila glass 2 .
    apakah saya perlu menempelkan tempered glass pada layar biar terhindar dari goresan?terimakasih sebelumnya pak hery atas jawabannya…

    1. Pak Azhar,

      Tidak peduli pakai Gorilla Glass atau tidak, Anda sebaiknya tetap memasangkan pelindung layar tambahan. Boleh screen protector bening biasa yang harga jualnya Rp 20 ribuan maupun tempered glass.

    1. Bu Aldina,

      Apakah charger bawaan Redmi 2 Anda rusak?

      Kalau di rumah Anda memiliki charger bawaan ponsel lain, asalkan milik ponsel merek lokal (Evercoss, Mito, dll), pakai charger itu saja. Bisa kok. Tak perlu beli charger baru.

  131. Malem Pak Henry..
    Mohon pencerahan Pak…
    Kebetulan saya lagi kepincut sama Xiaomi…dan minat banget buat beli…
    Tapi saya bingung…saya browsing2…nyari Xiaomi dengan spec yang lumayan mantap…awalnya pilihan saya adalah Mi4i, tapi kok Mi4i ga ada slot SD card nya ??
    Itu yang bikin saya ragu…setelah saya browsing2 lagi…akhirnya pilihan jatuh ke Redmi Note 2 Prime…tapi setelah baca2 post diatas…kok jadi mundur mau nyari Redmi Note 2 Prime-nya…dengan alasan yang ori masih belum beredar di Indonesia…bener gt kan pak ?
    Nah…mohon pencerahan…kira2 Xiaomi tipe apa yang sebaiknya saya beli ?
    Spec yang bikin saya tertarik misalnya : Processor Quad Core min 2.0 Ghz atau (kalo bisa) Octa Core, RAM 2GB, memory penyimpanan internal 32 GB (tanpa slot memory) atau minimal 16 GB (dengan slot memory)
    Mohon petunjuk yah pak…
    Terima kasih banyak sebelumnya atas pencerahannya

  132. Malem Pak…
    Hehehe….Pak Herry nya lagi long vacation yah pak…?
    Oke2…pasti saya tunggu pencerahannya…
    Sebagai tambahan post saya diatas…budget saya buat meminang Xiaomi idaman max. 3jt pak…
    Dan tadi siang adik saya sempat nanya2 ke WTC Surabaya (tapi tidak tahu dia muter kemana aja)…info dari adek saya…tidak ditemukan Xiaomi bergaransi Erajaya maupun Trikomsel…tapi saya masih belum begitu percaya kalo belom jalan nyari sendiri…
    Planningnya….nunggu review yang mantab dari Pak Herry aja baru saya jalan…hehehe…
    Terima kasih supportnya Pak…

    1. Pak Angga Teto,

      Herry malahan tidak liburan kok. Kemarin kan pertanyaan Anda ditujukan ke Pak Henry. πŸ™‚

      Dengan anggaran maksimal Rp 3 juta, berarti tersedia dua pilihan:
      * Xiaomi Redmi 2 Prime
      * Xiaomi Mi 4i

      Kemarin siang sampai sore saya ada di WTC. Ada kok aneka ponsel Xiaomi bergaransi resmi. Yang kemarin saya lihat ada stok di Garuda Teknik lantai 1 dan G Shop lantai 1.

  133. Hehehe…makasi banyak Pak Herry buat referensinya…
    Alhasil…kemaren sore saya langsung meluncur ke Plaza Marina…dan meminang Mi4i garansi TAM (Erajaya Group) dari Erafone…
    Sempet ada kendala di Google Play Store dan Google Play Service nya tadi malem…dan setelah saya uteg2….akhirnya bisa jalan normal lagi…dan memang sangat memuaskan…
    Cuman…1 kekurangan handheld yang agak fatal buat saya…memory penyimpanan yang terbatas…tapi itu jg masih bisa diatasi dengan menambahkan USB Flashdisk OnTheGo…lumayan mengobati sedikit kekecewaan…
    Overall…mantab…
    Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada forum ini…

  134. pak herry
    saya mau nanya klo untuk pembelian dikota jakarta , untuk garansi resmi dimana ya pak????
    saya mau nanya lagi , tanda-tanda xiaomi redmi 2 yang asli sama yang palsu ???

    1. Bu Dilla,

      Silakan mencarinya di gerai Erafone, Oke Shop, dan Global Teleshop.

      Anda tinggal mengecek kardusnya apakah sesuai yang saya paparkan di atas.

  135. Selamat malam Pak Herry, mau tanya pak apa skr redmi 2 prime yg garansi resmi masih dijual pak ? Soalnya kmaren di wtc saya muter2 ga nemuin yg garansi resmi.. Mohon pencerahannya terima kasih..

    1. Pak Misba,

      Redmi 2 Prime bergaransi resmi secara resmi belum dijual offline. Namun, ada beberapa toko di WTC yang kulakan dari online, kemudian dijual offline. Harganya lebih tinggi Rp 100 ribu daripada online. Coba cek di Garuda Teknik lantai 1 dan G Shop lantai 1.

  136. Mau nanya xiomi redmi note 2 atau 3 yang garansi resmi belinya dimana yaa? di samarinda adanya distributor gua takut palsu

  137. selamat pagi Pak Herry. Saya pengguna Redmi 2 garansi TAM Erajaya Group. Hp saya mengalami kerusakan, terakhir saya charge menggunakan charger HP lain dan sejak itu dia tidak mau dicharge lagi dg chargernya yg ori (bawaan dari xiaomi). Selain itu, proses charging juga harus dalam kondisi HP mati, bila dlm kondisi menyala, energi tdk mau masuk. Menurut Pak Harry, bagaimana?
    1. Charger ori tidak rusak, karena setelah saya coba pada HP lain, charger dapat digunakan. Jadi menurut saya, yg rusak adalah bagian IC kontrol chargernya. Tetapi saya kurang tau lagi.
    2. Bila saya harus membawa ke pusat perbaikan resmi, di manakah yang terdekat dari Kota Malang?

    Terimakasih.

    1. Bu Via Dolorosa,

      Mengacu kepada cerita Anda, yang bermasalah berarti ponselnya. Entah di konektor micro USB atau komponen lain yang terhubung dengan itu. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi. Terdekat dari Malang ada di sini:

      TAM Surabaya Mall Plaza Marina – Multibrand
      Plaza Marina Lt.3 Blok C2-C3 Surabaya 60239
      Senin – Minggu: 10:00 – 19:00

    1. Pak Eroz,

      Redmi Note 2 maupun Redmi Note 2 Prime belum beredar resmi di sini. Jadi, yang saat ini ada di pasaran pasti tanpa garansi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

  138. pak herry saya mau tanya….tokoh jual xiaomi redmi 2 prime garansi tam didaerah sby dimana ya pak? Saya tadi cari di WTC (garuda teknik,G-shop) kaga ada. dan apakah beli dilazada itu kosong atau masih ada?

    1. Pak Muhammad Infan Wiranda,

      Iya. Kemarin sore saya ke Garuda Teknik dan G-Shop, barang habis. Saya iseng keluar masuk toko lain, stok kosong semua.

      Barusan saya cek di Lazada, yang ada sepertinya tinggal garansi tidak resmi. Lagipula, berbelanja di Lazada itu ngeri-ngeri sedap lho.

  139. Om hery redmi 2 saya baru seminggu kok keyboardnya kalo dibuat ngetik tanda titik (.) Selalu muncul yaa kadang malah over titiknya

    1. Pak Ghofvr,

      Kalau dipakai ngetik tanda titik “.” bisa muncul kan ya malahan bagus. Sudah benar tho.

      Kalau yang Anda maksud ngetik tanda titik satu kali, tetapi munculnya lebih dari satu kali, nah… itu nggak beres. Kalau bergaransi resmi, coba diperiksakan ke pusat perbaikan resmi.

  140. mas herry tanya nih, kalo mau beli hp xiaomi redmi 2 prime garansi resmi di wtc ditoko yang mana? biasanya stoknya banyak gak? btw mas herry punya toko/kerja di wtc ya

    1. Pak Aditya Fadilla,

      Stok Redmi 2 Prime bergaransi resmi di WTC sedang kosong. Hasil tanya kanan-kiri, mungkin minggu depan ada toko yang punya stok lagi.

      Saya tidak memiliki toko maupun bekerja di WTC. Kalau numpang ngadem dan ngetik di WTC sih sering. πŸ™‚

  141. om mau tanya sedikit lagi galau soalnya….. mohon advicenya… kemaren tanggal 8 Januari beli redmi 2 di kota lubuklinggau garansi tam… kemudian saya hapus akun mi dipandu sm cs online xiomi, eh malah redmi 2 saya malah error ga bisa dipakai karena muncul hape saya tehubung dengan akun yang dihapus. trus telp cs xiomi disuruh flash dengan dowload dari en.miui.com trus dicoba gak berhasil malah hp ga bisa hidup cuma muncul logo mi…yang saya mau tanyakan lebih bagus dibawa ke service center TAM di palembang (kurang lebih delapan jam dari kota saya) atau mau dikirim ke service center TAM jakarta ( takut ga dikembalikan ). oh ya garansi redmi 2 saya Erajaya…. mohon pencerahannya….

    1. Pak Rian Yose Rizal,

      * Xiomi atau Xiaomi?

      * Anda menuliskan dipandu CS online dan menelepon CS Xiomi. Bagaimana caranya? Saya malahan baru tahu.

      * Mending ke Jakarta sekalian deh.

  142. numpang tanyak om

    beli xioami redmi 2 di WTC ada gak?
    kalau ada, apa nama tokonya dan berapa harga terbarunya?
    Ok thanks.

    1. Pak Ian Surabaya,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Kalau Xioami Redmi 2 pasti tak ada. Yang tersedia Xiaomi Redmi 2. Anda bisa menjumpainya di Erafone, Oke Shop, Global Teleshop, dan toko-toko lain. Di tiga gerai pertama, kalau tak salah harganya Rp 1,5 juta. Di toko lain saya tidak hafal.

  143. Om herry saya mau tanya dong kan hp xiaomi redmii 2 punya saya rusak pada keretakan layar dan keretakan kamera apakah garansi bisa om benerin hal yang kaya begitu ??

    1. Pak Alfinnurrizki,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Layar dan kamera retak tidak digaransi karena hal itu dikategorikan sebagai kesalahan pengguna. Mengapa sampai retak? Apakah jatuh atau terbentur?

  144. Koh Herry. Kemarin di situs jual beli online apa gitu saya lupa sempat ngeliat ada yang jual Redmi Note 2 garansi TAM. Yang saya tanyakan, apakah hp tersebut sudah rilis di Indonesia? Sampai sekarang apa cuma Redmi 2 Prime aja yg terakhir di rilis? Suwun koh

    1. Pak Taufik,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Redmi Note 2 belum ada yang garansi resmi. Jadi, kalau ada yang menjual dan mengaku bergaransi TAM, patut dipertanyakan deh.

      Benar. Redmi 2 Prime adalah tipe terakhir ponsel Xiaomi yang beredar resmi di sini. Setelah itu belum ada barang baru lagi. Xiaomi sebenarnya sudah berusaha mengurus perizinan tipe lebih baru, tetapi tidak lulus karena gagal memenuhi aturan soal TKDN.

    1. Pak Rian Yose Rizal,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Terima kasih informasinya. Itu telepon dan chat-nya pakai bahasa Indonesia atau Inggris, Pak?

  145. Selamat sore.
    Pak hery, kalo xiaomi redmi 3 apa sudah resmi di rilis di indonesia ? Kalo di palembang penjualannya dimana ya ?

    1. Bu Elsa,

      Belum, tetapi tampaknya akan resmi dijual di sini. Sertifikat SDPPI/Postel-nya baru keluar kemarin (19 Januari 2016).

  146. Maaf pak herry saya pengguna redmi 2, cuma pada saat akan mengaktifkan koneksi wi-fi tidak mau terhubung hanya di simpan saja walau sudah dapat memindai jaringan tsb dan tidak muncul simbol wifinya, akan tetapi klo saya hotspot kan dengan sesama hp xiaomi langsung terhubung,,,bagaimanakah solusinya ini?..trima kasih

    1. Pak Agus,

      Saya juga pernah mengalami hal itu di berbagai ponsel. Penyebabnya selalu sama, yaitu router yang dituju sedang bermasalah. Kalau Anda mengetahui pemilik router tersebut, mintalah dia me-restart router-nya.

  147. Maaf pak xiaomi redmi note 4g saya ko serin mengalami kegagalan fungsi seperti baidu browser tidak menanggapi, galery tidak menanggapi, trus pas serching sering keluar sendiri

    1. Pak Wildan,

      Tipe itu pasti tanpa garansi resmi. Saya belum pernah mencobanya. Sudah coba di-factory reset? Kalau sudah dan tetap seperti itu, coba diklaimkan ke tempat servis yang tercantum di kartu garansi tidak resmi.

  148. Pak Herry SW, kapan redmi 2 prime sudah beredar di surabaya pak ? karena selama ini saya ke marina dan wtc yang dijual hanya yang garansi distributor

    Mohon pecerahannya

    1. Pak Fachri,

      Redmi 2 Prime bergaransi resmi sudah sempat beredar di Surabaya, laku keras, habis, dan sampai kini belum ada stok baru lagi.

  149. Hallo pak hery.
    2 minggu yang lalu saya mendapatkan xiaomi redmi 2 dari salahsatu aplikasi android. Redmi 2 yang saya terima tertuliskan garansi ACS by Bless, di belakang dus juga tulisannya china. Apakah itu berarti bukan garansi resmi ya? Thanks

  150. selamat malam pak mau nanya kalau di indonesia xiomi redmi 2 degan varian warna seperti pink apakah ada di pasaran ya pak? terimakasih.

    1. Bu Dwi Esika Putri,

      Wah, saya malahan baru tahu kalau ada ponsel bermerek Xiomi.

      Kalau yang Anda maksud Xiaomi Redmi 2, varian warna pink tidak beredar resmi di sini.

  151. Ikutan nimbrung yang bahas Redmi 3 aja. Pertanyaannya koh, kapan handphone tsb rilis? Hehehe kayanya manteb tuh. Masih lama ngga ya koh ya?

  152. Nambah satu pertanyaan lagi koh hehehe. Xiaomi Redmi 3 VS Lenovo Lemon 3. Menurut kabar, keduanya sama-sama akan dirilis di pasar Indo. Spesifikasi overall-nya pilih mana koh? Thanks

    1. Pak Taufik,

      Tak tahu. Saya tidak mau membandingkan berdasarkan spesifikasi di atas kertas. Harus coba dulu, baru bisa bilang. πŸ™‚

  153. maaf ni gan.. saya cek langsung ke blognya trikomsel dan erajaya. saya mencari Xiaomi Redmi Note 2 tapi engga ada.. berarti mereka tidak menjual ya?? atau bagaimana??

  154. pak herry saya mau tanya, kalo xiaomi redmi note 2 itu importirnya juga erajaya, swasembada, ataupun trikomsel ?

    1. Pak Muhammad Faizal Akbar,

      Redmi Note 2 yang sekarang beredar di sini pasti bukan garansi resmi. Jadi, importirnya bukan perusahaan yang Anda sebutkan.

    1. Bu Erta,

      Mestinya ada, tetapi saya tak tahu di mana. Btw, Redmi Note 2 yang saat ini beredar pasti tanpa garansi resmi. Saya tidak merekomendasikannya.

    1. Pak Arif,

      Saya yakin tak ada yang menjual ponsel merek Xiomi dengan garansi resmi. Yang tanpa garansi resmi pun belum tentu ada deh.

  155. Pak Herry. Saya mau tanya
    Pertama, biasanya kendala apa yang membuat xiaomi lambat/susah masuk pasar Indonesia?
    Kedua, apakah memang xiaomi tidak berani (jor-jor an) memberikan produknya masuk di Indo seperti, misal: Lenovo “garansi resmi”? Padahal di negara kita kan Xiaomi banyak peminat juga.
    Ketiga, masa kalah sama distributor mulu? hehehe. Garansi TAM Redmi Note 2, Redmi Note 2 Prime, Redmi Note 3, Redmi 3 aja belum masuk pasar, masa udah mau “rilis” Mi 5.
    Sudah itu saja pak, ada yang bisa dijelaskan? Hehehe terima kasih untuk web-nya Pak Herry, sangat membantu. Saya tunggu balasannya

    1. Pak Machfud Indra,

      1. Ponsel Xiaomi keluaran terbaru telah mendukung layanan 4G LTE. Sesuai peraturan menteri, ada aturan terkait tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang wajib dipenuhi. Nah, Xiaomi sempat mengalami kendala tentang hal itu.

      2. Jor-joran yang dimaksud seperti apa ya?

      3. Lain kali cobalah melihat nomor sertifikat SDPPI bergaransi distributor itu. Catatlah deretan angka yang tercantum, kemudian cocokkan dengan daftar sertifikat di https://sertifikasi.postel.go.id/berlaku.php. Anda akan menemukan banyak keajaiban.

  156. Maksud saya tentang jor-joran masuk Indonesia itu cuma, kenapa merk handphone lain dapat begitu mudahnya, begitu banyak ketersediaannya item tsb, dan begitu mudahnya mencari disetiap counter kecil-besar masuk pasar Indonesia beserta garansi resminya. Baik pak, mungkin saya kira jawaban dr jor-joran sudah cukup jelas dengan penjelasan jawaban Bapak di nomor 1. Terima kasih

    1. Pak Machfud Indra,

      Oh maksudnya jor-joran itu. Untuk menekan harga jual, Xiaomi lebih banyak memfokuskan diri ke penjualan online. Di Indonesia penjualan offline tetap digarap, tetapi tidak terlalu intensif. Sebab, jalur penjualan offline memakan biaya lumayan yang akan berdampak terhadap harga produk.

      Saya berikan sebuah contoh sederhana.
      1. Kalau Xiaomi jualan online, berarti jalur sederhananya: Xiaomi –> distributor –> pembeli. Maksimal Xiaomi –> distributor –> pengelola toko online –> pembeli. Paling banyak ada dua titik (distributor dan pengelola toko online) yang harus diberi keuntungan oleh Xiaomi.

      2. Sekarang bandingkan dengan berjualan offline. Jalurnya mungkin Xiaomi –> distributor –> diler –> pengecer –> pembeli. Bukan mustahil jalurnya lebih panjang menjadi Xiaomi –> distributor –> master dealer –> diler –> pengecer –> pembeli. Minimal ada tiga titik yang harus diberi keuntungan.

      Itu baru dari jalur distribusi ya. Dengan berjualan offline mungkin dibutuhkan brosur, pamflet, promotor, banner, dll. Total biayanya tidak sedikit deh. Ujung-ujungnya hal itu akan berdampak terhadap harga jual.

  157. slamat pgi om heri…
    saya mau tnya,sya bli xiomi redmi2 sudah 6bln tp tiba2 kamerae blakang gk bsa d gunakan/rusak tp yg dpan bisa.garansi trikomsel,jd msh bisa bsa d bwa ke servc cnter gak om?

    1. Pak Beni,

      Xiomi Redmi 2? Wah, saya malahan baru tahu kalau ada ponsel merek itu. Apakah itu kembarannya Xiaomi Redmi 2?

      Kalau ponsel Anda ternyata Xiaomi Redmi 2 dan importirnya Trikomsel, berarti bergaransi resmi. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi terdekat. Garansi resmi berlaku selama 12 bulan kok.

  158. slamat siang pak..
    mau tanya,sya bli xiomi redmi2 uda 6 bln tp Kamera blakange gak bisa.hp saya garansi trikomsel,jd apa masih bisa d bawa ke service center dan garansi masih berlaku?

    1. Pak Beni Apriliawan,

      Trikomsel tidak pernah menjual ponsel merek Xiomi deh. Coba dicek lagi dulu merek dan tipe ponsel Anda.

  159. selamat siang pak..
    saya mau tanya,xiomi redmi2 saya uda bli 6bln tp tiba2 skrng kamerae gak bisa.garansi e apa mash berlaku pak,garansi trikomsel…
    trims pak

    1. Pak Beni Apriliawan,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan diulang-ulang seperti saat ini.

    1. Bu Isni Fatma,

      Itulah salah satu risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi. Spesifikasi ponsel Anda mungkin tak sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.

  160. Pak hery. Klo beli yg garansi resmi d mana ya.. Ane cari” skarang kok jarang ug jual garanso resmi. Kbanyakan distri..

    1. Pak Aries,

      Redmi 2 bergaransi resmi? Di Erafone, Global Teleshop, atau Oke Shop. Di toko-toko ponsel milik perorangan juga ada kok. Yang di mana-mana kosong itu Redmi 2 Prime bergaransi resmi.

  161. Pak hery ..hp xiaomi redmi 2 saya tiba2 mati ya terus baterainya panas bangett klo di klaim garansi bisa gg ya.?pembelian baru 7 blan.untuk daerah bekasi service centernya dmna.?

    1. Pak Heru SE,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Bisa klaim garansi. Di Bekasi hanya ada collecting point, bukan service center. Ponsel yang dimasukkan ke sana akan dikirimkan ke Jakarta.

      Lokasinya ada di:
      TAM Bekasi Metropolitan Mall
      Erafone Megastore, Metropolitan Mall, Lantai 4 Jl. KH. Noer Ali – Bekasi Selatan
      Senin – Minggu: 11:00 – 18:00

  162. ..gan mau tnya ni.. apakah REDMI2 yg importir erajaya ada kartu garansinya..???? yg di suruh ngisi nama dsb….
    ..mhn infonya gan.. mkshh… πŸ˜€

  163. Toko yang menjual xiaomi redmi 2 prime di Banjaran, Bandung di mana Pak…?
    Dan apakah redmi 2 ada yang memori internalnya 16GB..?

    1. Pak Mimbakdiman,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Redmi 2 Prime bergaransi resmi di mana-mana sedang kosong nih.

      Redmi 2 dengan memori internal 16 GB? Berarti, itu Redmi 2 Prime.

  164. pak hery saya mau bertanya ..
    hp xiomi redmi 2 saya mati total, kalau dimasukan batu mesin bagian bawah kamera panas ..
    pemakaian baru berjalan 7 bulan.. saya beli di jakarta di ITC depok .. saat ni saya berada dilampung.. saya sudah mencoba ke global teleskop dan erafone untuk digaransi tapi ditolak karna nota pembelian saya hilang ..
    mohon petunjuk untuk menggaransikan hp saya pak ?
    terima kasih

    1. Pak Nico,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Wah, kalau Xiomi saya kurang tahu, Pak. Saya malahan baru dengar merek itu.

    1. Pak Akbar Andhika,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Redmi Note 2 belum ada (dugaan saya memang takkan ada) yang bergaransi resmi. Jadi, biarpun Anda mencarinya di seluruh Indonesia, pasti takkan menemukannya.

  165. pak,kalo xiaomi redmi note 2 menurut saran bpk herry lebih baik memilih garansi apa ya pak??
    Mohon pencerahan dan masukkannya

    Terimakasih

    1. Pak Bagus,

      Lebih baik jangan beli. Sebab, yang beredar saat ini semua tanpa garansi resmi. Nah, ponsel tanpa garansi resmi tergolong mengerikan. Lebih baik dianggap tanpa garansi sama sekali.

  166. pak herry mohon info dan masukan.
    Xiaomi redmi note 2 Menurut pak herry lebih memilih garansi apa kalo belum ada garansi resmi??
    Mungkin bs dijelaskan

    Trims

    1. Pak Riko,

      Lebih baik jangan beli. Kecuali, Anda bersedia menganggap ponsel tanpa garansi resmi itu sebagai ponsel yang sama sekali tidak ada garansinya. Ekstremnya, begitu keluar dari toko, kalau rusak ya Anda rela menerimanya.

  167. Hallo Pak Herry ! .. Saya Dari Sumatra Utara Karo . Ingin Bertanya ??
    Baru baru ini saya beli Xiaomi Redmi2 Tapi yang Garansi Distributor , 4G Bisa jalan pakek kartu apa ya ?? yang bisa di rasaain sekarang ??
    Terus MultiTasking nya Kok ngga bisa ? Baru di beli 2 hari yang lalu bang ??
    Mungkin bisa di Jelaskan bang !

    1. Pak Ir Juanda Tarigan SH,

      Saya tak tahu di area Anda yang sudah menawarkan layanan 4G LTE operator apa saja.

      Multitasking normalnya bisa dan tak perlu di-setting dulu. Kalau ternyata tak bisa, saya ikutan bingung mengapa bisa begitu. Unit tanpa garansi resmi alias bergaransi distributor kadang problemnya aneh-aneh.

  168. Untuk redmi 3 sudah masuk ke indonesia ko herry?kalo sudah masuk apakah juga sudah ada garansi resminya?

  169. mau tanya pak. redmi2 kan support otg ya, waktu saya hubungkan flasdisk bisa kebaca tp waktu saya coba menghubungkan ke hardisk external kok cuma kedip2 aja ya? gmana utk solusinya. tks

    1. Pak Benny,

      Harddisk eksternal membutuhkan daya lebih besar. Harddisk eksternal Anda yang 2,5 inci atau 3,5 inci? Kalau 2,5 inci, kadang ponsel masih mampu. Kalau 3,5 inci biasanya tidak bisa.

  170. Pak, sy mau beli xiaomi MI4.. ada 2 pilihan, garansi WII atau GMT? klo MI4 di indonesia, yang garansi resmi pake garansi apa pak? Klo WII dan GMT itu resmi apa tidak.. makasih buat pencerahannya..

    1. Pak Topan,

      Mi 4 tidak beredar resmi di sini. Jadi, unit yang sekarang dijual di pasar pasti tanpa garansi resmi. WII dan GMT itu termasuk bukan garansi resmi pabrikan. Saya sih lebih memilih tidak berurusan dengan barang seperti itu.

  171. Kalo distributor WII atau GMT, bpk lebih prefer yg mana? Soalnya tertarik speknya.. kameranya bagus kata mbah google..

  172. Klo spec yg sama atau lebih dari mi4, yang harganya 2,5jt pak benny nyaranin apa? Soalnya mi4 itu harganya segitu..

  173. Maaf pak, maksudnya pak herry sw..
    Kalo menurut bapak merk apa dan type apa yang setara mi4 harga kisaran 2,5jt..

    1. Pak Topan,

      Yang benar-benar setara sih nggak ada. Dengan anggaran segitu, beli Hisense Pureshot Rp 1,999 juta deh.

    1. Pak Topan,

      Hisense Pureshot? Bisa beli di Galeri Smartfren atau toko-toko ponsel yang Anda ketahui rutin menjual produk Smartfren.

      Karena Anda di Surabaya, saya menyarankan Anda membeli Pureshot di pusat perbaikan resmi Hisense. Lokasinya di Ruko Karimunjawa, seberang RS Siloam (dulu RS Budi Mulia). Harganya memang sama, tetapi Anda akan mendapatkan lebih banyak bonus. Apa saja?
      1. Perpanjangan masa garansi 6 bulan. Jadi, total garansi ponsel Anda selama 1,5 tahun.
      2. Jelly case yang normalnya dijual Rp 99 ribu.
      3. Speaker mungil berbentuk bola.

    1. Pak Alwi,

      Wah, kalau pertanyaannya begitu, saya tak berani berikan jawaban. Sebab, hal itu sangat dipengaruhi oleh perilaku pemakaian.

  174. pak herry, xiaomi redmi 2 prime saya label kotaknya bahasa cina dan ngga ada tulisan distributor nya, gimana pak .. asli apa KW ya..

    1. Pak Gun,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Itu berarti pasti tanpa garansi resmi. Asli tidaknya tak bisa saya pastikan dari jarak jauh begini.

  175. Pak Hery.. Saya ingin tanya..saya pake Redmi 2.. Tiap saya mau download applikasi, sekarang kok ga bisa lagi ya? Alasan nya memori penuh, padahal saya udah tambah slot memori 8GB lagi.. Itu kenapa ya?

    1. Bu Khairunnisa,

      Coba cek sisa memori internal. Biarpun Anda memasangkan kartu microSD 32 GB, kalau memori internal habis, ya takkan bisa instalasikan aplikasi tambahan lagi.

      1. Iya udah saya cek, Internal nya full juga.. Jadi untuk ngaturnya gimana ya? Mohon bantuannya pak, saya sangat bingung..

  176. maaf pak tanya, ini saya baru beli redmi note trs kamera 13mp tapi kok kamera agak bruwet trs dibanding 8mp lebih bagus yg 8mp itu gimana pak? terimakasih

  177. Setengah bulan yg lalu sya beli hp xiaomi redmi noto 2, trus tiba tiba pas kemaren hp sya tekang trus sya matikan hpnya stelah itu layarnya gak berfungsi lagii,gak bisa di geser geser ? Dan sya bingung hp syaa itu garansi resmi atau distributor mslahnya tidak ada stiker pada bagian depannya.

  178. Pak, saya beli redmi 2 importirnya pt erajaya, tpi sya lupa menanyakan garansinya apa kpda counter yg jual, saya skrg mau service krna ic redmi 2 saya terbakar, karna di daerah saya tidak ada service centernya d haruskan mengirim barang, saat menghubungi pihak mi, mreka menyatakan kalau garansi resminya tam dan trikomsel.nah saya bingung apakah punya saya bergaransi resmi atau tidak, bagaimana menurut bpk?
    Terimakasih, ditunggu balasannya.

  179. Pak herry saya mau tanya kenapa tombol back, home, sama recent lampu merahnya Nggak nyala yah ?? Kalo saya diluar ruangan lampunya hidup mohon pencerahannya

    1. Pak Iqbal Ramadhan,

      Tiga tombol itu kan memang tidak dilengkapi lampu. Di luar ruangan kelihatan menyala karena pantulan cahaya. Jadi, bukan karena lampunya menyala.

  180. Numpang tanya note 2 untuk sekarang apa garansi yg resmi sudah beredar di pasaran, saya cari yg ada garansi distribotor.

    1. Pak Jeconia Rischo,

      Saya malahan belum pernah menemukan Note 2 tanpa garansi resmi. Note 2 yang beredar dilengkapi garansi resmi. Nama distributor resminya Bintang Cemerlang.

  181. salam kenal,pak herry
    sy mau tanya produk xiaomi yg terbaru mi4s dan mi5 pro kira2 bagus mana dr segi spec nya?
    apakah sudah beredar di indo dgn garansi resminya?

    trimz

    1. Pak/Bu ND Naeya,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu.

      Belum beredar resmi di Indonesia.

      1. Pak Jojo,

        Ha? TAM diakusisi Erajaya Group? Sejak dulu TAM itu memang termasuk dalam grup Erajaya, Pak.

    1. Pak Hery, saya lihat udah ad yg jual redmi note pro label TAM?
      itu beneran atau cuma replika yg diberi label TAM?
      trus, gmana cara mengetahui label TAM yg asli ?

        1. Pak Jojo,

          Redmi Note 3 Pro belum ada yang garansi resmi. Jadi, kalau ada yang jual dan berstiker TAM, pasti nggak benar deh garansinya.

      1. Pak Jojo,

        Redmi Note Pro? Tidak ada ponsel bernama itu. Kalau yang Anda maksud Mi Note Pro dan dibilang garansi TAM, ya pasti nggak benar deh.

        Ehmm… saya belum pernah melihat stiker TAM palsu sehingga tak mengetahui perbedaannya. Pesan saya, garansi TAM bukan jaminan. Yang lebih perlu dilihat adalah rekam jejak produsen ponsel itu dalam memberikan layanan purna jual.

    2. Pak Jojo,

      Ponsel Xiaomi bergaransi TAM itu bergaransi resmi. Berarti, ponsel itu sebenarnya adalah ponsel Xiaomi yang diimpor dan didistribusikan oleh Erajaya.

    1. Pak Putra,

      Silakan mencarinya di gerai Erafone, Oke Shop, atau Global Teleshop. Toko-toko ponsel milik perorangan di WTC dan Marina juga ada yang punya stok.

  182. Pak, kebetulan beli pakai garansi BLESS, sekarang rusak mau diservice di Bogor dimana alamat service yang terima garansi BLESS tersebut, maklum bukan KTP Bogor Pak ,lagi dinas ni.
    Terima kasih infonya.

    1. Pak RSDA,

      Saya tak mengetahui lokasi service center Bless. Di kartu garansinya apakah tak tercantum alamatnya?

  183. Gan mau tanya,,sy mau beli xiaomi note 2,,tp kok rata2 distributornya dari bcel,,wii dan platinum..b.arti itu bkn gransi resmi ya gan??

  184. Maaf saya mau bertanya Pak Herry, sepertinya xiaomi redmi 3 pro yg kemarin tanggal 6 april di fast sale di Tiongkok, ada kemungkinan masuk Indonesia, atau tidak ya? Kalau iya, biasanya menunggu hingga berapa bulan sampai tiba dijual di Indonesia Pak?
    Oh ya sekalian mau tanya Pak Herry SW, harga xiaomi bergaransi resmi dengan xiaomi bergaransi distributor lebih murah yg mana ya? Terimakasih

    1. Pak Ervien Setyawan,

      Untuk sementara lebih baik dianggap takkan masuk dulu deh. Status pemasaran resmi Xiaomi di sini belakangan ini tidak jelas.

      Lebih murah yang bergaransi tidak resmi (garansi distributor).

  185. Pak mau tanya, apakah xiaomi mipad 2 RAM 16GB sudah ada di surabaya? Kalo ada dimana ya yg jual? Harganya berapa pak?
    Mohon infonya. Thks

  186. Pak Heri mau tanya untuk redmi 3 pro 3gb/32gb kok sulit ya mencari garansi resmi atau memang produk blm sepenuhnya resmi masuk Indonesia? Untuk kisaran harga pasaran berapa ya? Thanks

    1. Pak Rinaldi,

      Ponsel itu memang belum beredar resmi di sini. Jadi, kalau cari yang garansi resmi ya pasti belum ada.

    1. Pak Akhmad Purwiji,

      Sudah lama tak muncul ponsel Xiaomi baru dan bergaransi resmi. Di antara yang sudah beredar resmi dan masih tersedia di pasar, menurut saya, Redmi 2 Prime adalah yang terbaik. Memang ada Mi 4i yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Namun, keluhan terhadap ponsel itu lumayan tinggi.

  187. pagi pak Herry SW.
    mau tanya om saya sedikit baca2 post diatas, Xiaomi Redmi 2 Prime berarti lebih baik dari Xiaomi Redmi Note 3G??? Mi 4i memiliki spesifikasi lebih tinggi, tapi untuk keluhanny kataya lumayan tinggi. bisa berbagi keluhannya seperti apa om??? saya bingung memilih ketiganya. antara kamera yang bagus dan yang mendukung 4G. terima kasih om…

    1. Bu Aniq Bariror,

      Ya. Redmi 2 Prime lebih menarik dibeli daripada Redmi Note 3G.

      Keluhan yang sering dilontarkan pengguna Mi 4i:
      1. Bodi panas.
      2. Sering tersendat alias lag.

      Di antara tiga pilihan itu, saya merekomendasikan Redmi 2 Prime. Pastikan membeli yang bergaransi resmi. Kalau boleh menyarankan tipe lain, ada Hisense Pureshot yang menarik dibeli. Harga Rp 1,999 juta.

  188. Saya pakai redmi 2 garansi distibutor smaa aja mas hape saya support 4g lte semua operator termasuk smartfren

    1. Pak Adi Candra,

      Harga online Rp 1,799 juta, tetapi sudah lama kosong. Silakan membeli offline di gerai Erafone dengan harga Rp 1,849 juta.

  189. Pak herry ,
    Oke makasih ,pak heri untuk hp xioami redmi 2 pas updet hilang sinyal ,itu solusi nya bagaimana yah?

    1. Pak Fadil,

      Maksudnya Xiaomi Redmi 2 ya? Setelah dapat sinyal, silakan mengulangi proses update.

  190. mv om herry saya mau tanya. klu xiaomi note 2 itu ada yang garansi resmi ga di jakarta. soal nya saya cari di lazada kebanyakan garansi GMT. itu bagus ga sebagai garansi distributor? makasih

    1. Bu Isti,

      Tak ada ponsel bernama lengkap Xiaomi Note 2. Kalau yang dimaksud Redmi Note 2, pasti tak ada yang bergaransi. Jangan beli garansi distributor deh. Terlalu berisiko.

  191. Maaf ya buat semua nya hati2 yg namanya SC dimarina ( abal- abal- ) Tu SC di marina karena HP sya Xiaomi resmi 2 garansi tam masih 7 blan pemakaian. Gejalanya HP mati total pemakaian dicas trus mati total. Di SC bilang kena korosi dan gk bisa beri penjelasan dan sya bilang gk kena air pa otak atik ja gk pernah sya awam gk tau pa pa. SC marina gk tanggung jawab dan gk bermutu. Tolong ya pak penjelasannya

  192. Maaf ya pak….. Ya gk da lgi pak cma 1 dimarina tam lantai 3
    Sya sungguh kecewa di Sc marina dan sangat menyesal…… Dan yg terakhir katanya adik sya bisa dibawa ke SC Jakarta langsung kan dekat sma kerjaan adik sya trus mengenai segel harusnya di beri surat kuasa ato surat pa gt bahwa pernah di bawa ke SC Tam terdekat…. Malah sya merasa dihina yg gini yg gitu .mw tanya ditanggapi salah persepsi……

    1. Pak Jaya,

      Maaf, lain kali tolong tuliskan kata demi kata dengan lengkap ya. Jangan disingkat-singkat. Saya pening saat membacanya.

      Benar. Service center yang di Jakarta lebih bagus. Form lembaran bukti pernah servis di Marina sudah Anda buang ya?

      Btw, sekadar info, bulan ini tempat di Surabaya itu sudah tidak menjadi tempat servis resmi Xiaomi lagi. Xiaomi sudah menunjuk mitra lain yang lebih bagus.

  193. pak saya mau curhat… kemarin itu bulan november saya beli hape xiomi redmi 2 di konter terbesar di kabupaten saya … trus waktu tiba di rantauan (saya kuliah di luar kota tempat tinggal) tepat pada tanggal 25 maret itu tiba2 hape xiomi redmi 2 saya kok gak bisa dihidupin bisa hidup sih sebenarnya tpi layarnya tidak nyala alias kayak mati jadi gak ketahuan kalo sebenarnya hape itu hidup karena layar nya seperti hape dishutdown tau nya hidup waktu ditekan tombol power di pinggir getar…. … nah terus bagian belakang bawah kamera itu puanas banget padahal gak sedang dicharger…… trus saya coba pergi ke 2 konter cabang dri konter saya beli tadi utk perbaiki tetep gak bisa jawabannya katanya sparepart nya kosong gtu… kira2 kalo saya balik ke toko konter tempat saya beli dulu dan menunjukkan bukti pembelian bulan november apa bisa ya pak?? soalnya itu saya masih pemakaian 5 bulan … dulu pengennya langsung ke garansi tpi berhubung jarang libur dan jarang pulang kerumah serta berharap cepet selesai karena hape cuma satu dan berharap segera dipakai akhirnya nyoba nyuruh perbaiki konter lain tpi tetep gk bisa,,, dan skg lagi libur panjang kalo saya bawa ke tempat saya beli dulu kira2 ada peluang buat garansi memperbaiki hape saya apa tidak ya pak ??? terimakasih

    1. Pak Ficky Syahrial,

      Ponsel Anda bermerek Xiomi atau Xiaomi? Kalau Xiaomi, bergaransi resmi atau bukan?

      Karena usia pembelian sudah lebih dari 1 x 24 jam, Anda tak bisa kembali ke toko tempat Anda melakukan pembelian. Silakan langsung berurusan dengan pusat perbaikan resmi (bila ponsel Anda bergaransi resmi) atau tempat servis yang tercantum di kartu garansi (bila ponsel Anda tanpa garansi resmi).

  194. Maaf p.herry saya pernah dikasih form trus diminta kembali pihak sc nya pak….. Lega rasanya kalau sc di marina gk dipakai xiaomi lagi……soalnya pelayananya gak bagus…. Kasian nanti orang lain kalau servis di sc marina gak memuaskan alias kecewa cukup saya saja pak hery

    1. Pak Jaya,

      Oh begitu.

      Iya, saya juga senang ketika mengetahui Xiaomi memutuskan berganti mitra.

  195. Malam koh
    Mau tanya nih.. saya tertarik dengan xiaomi redmi note 2 prime atau yang note 3…apakah sudah ada yang bergaransi resmi xiaomi?klo ada,beli di mana koh?terima kasih

  196. pa herry
    saya bli xiaomi redmi 2 dari erajaya tapi nga ada stiker dari TAM di dus’nya, apakah itu resmi? dan nga ada bahasa imdonesianya, satu lagi pa kartu garansi saya ilang ada nga cara cek usia hp saya dari pertama kali di hidupkan?
    trima kasih.

    1. Pak Luthfi,

      Perhatikan nama importir yang tercetak pada stiker yang melekat di sisi belakang kardus. Kalau nama importirnya Erajaya, berarti itu bergaransi resmi. Tak masalah tidak ada stiker TAM di kardus.

      Untuk mengecek usia ponsel (terkait dengan sisa masa garansi resmi), silakan mampir ke pusat perbaikan resmi.

  197. Siang Pak, hp nya xiaomi redmi 2 . pas saya pakai bbm an tiba2 mati total. Saya curiganya gara2 pas pulang hujan deras. Tapi saat saya cek hp nya tidak basah sama sekali soalnya masuk ke dalam tas dan saya pun memakai jashujan
    Ketika saya coba nyalakan ternyata benar2 tidak mau nyala, dan ketika saya buka kok ada bau2 gosong gitu.Kmrn tlp service center di daerah saya katanya bisa jadi itu mainboardnya dan kalaupun mau ganti harus bayar 965rb wewwww
    Kira-kira itu kenapa ya Pak?

    1. Bu/Pak Kiki,

      Bisa saja tanpa disadari ada butiran air yang masuk ke dalam ponsel. Saat Anda memaksa menyalakannya, terjadilah korsleting. Makanya ada bau gosong kan.

  198. Maaf pak herry bagaimana kalo jika jaringan tidak muncul setelah saya perbarui versi MIUI 6 ke MIUI 7

    1. Pak Ryan,

      Sudah coba di-factory reset? Kalau tetap tidak muncul dan ponsel Anda bergaransi resmi, ya tinggal dibawa ke pusat perbaikan resmi deh.

  199. pak hp saya redmi 2s beli dilazada 2july 2015 dn garansi TAM, dlm kotal ada tulisan kartu petunjuk dan kartu garansi tp nyatanya tidal ada. apakah memang tdk ada kartu garansi? lalu saya ingin service hp nya dtg ke gerai xiaomi nya atau gerai TAM nya ? tks

    1. Bu/Pak Regi,

      Tidak ada ponsel Xiaomi bergaransi resmi dengan kode tipe Redmi 2S. Jadi, yang sebenarnya Anda beli ponsel apa ya?

      Ponsel Xiaomi bergaransi resmi tidak selalu dilengkapi kartu garansi. Nomor IMEI ponsel Xiaomi bergaransi resmi telah disimpan di database pusat perbaikan resmi. Jadi, tanpa menunjukkan kartu garansi pun konsumen seharusnya bisa mengajukan klaim garansi.

      Alamat pusat perbaikan resmi Xiaomi di Indonesia bisa Anda lihat di http://www.mi.com/id/service/repair/

  200. Pak Herry…to redmi note3pro…antara wii ato bcel ato …apa ?.
    yg menurut Pak Herry lbh agak terjamin barangnya meski sm2 garansi distributor smua.

  201. pagi pak Herry mau tanya kalao service center resmi xiaomi untuk kota Makassar dimana yah ???
    terima kasiah

    1. Pak/Bu Ismayani Sagita,

      Unicom Makasar – Multibrand
      Jl. Gunung Bawakaraeng No. 7A Makasar
      Senin – Sabtu : 09.00 – 17.00
      (0411)3633420

    1. Pak Win,

      Ya. Namun, untuk Xiaomi, sebenarnya tak ada lagi garansi TAM. Yang ada adalah Xiaomi bergaransi resmi yang diimpor oleh Erajaya/TAM.

  202. Pak hery

    Benarkah seri xiaomi panas ? Sama dengan punya asus? Msh ragu mau beli..kalo mnrt pak hery dgn budget 2 jt kr2 bisa beli hp apa ya untuk multitasking?

    1. Pak Fauzi,

      Xiaomi tipe apa? Asus tipe apa?

      Boleh coba Infinix Note 2 Rp 1,899 juta dan Hisense Pureshot Rp 1,999 juta. Review dua ponsel itu bisa dibaca di blog ini.

    1. Pak Hadi Setiawan,

      Xiaomi tipe apa?

      Review Xiaomi Note 3 Pro tidak ada karena tak ada ponsel Xiaomi bernama itu. Kalau yang dimaksud Xiaomi Redmi Note 3 Pro, kan belum beredar resmi di sini. Jadi, ya saya belum berminat me-review-nya.

  203. Boss Herry, dilihat dari semuanya secara spesifikasi & harga,lebih baik pilih redmi 2 atau redmi 2 prime.
    trims.

    1. Pak Win,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Dengan kriteria seperti itu, coba cari stok lama Android One generasi pertama deh.

  204. Saya mau tanya kenapa hp xiaomi redmi 2 saya mati dan saat saya nyalakan hanya bergetar dan saat saya cash hanyya lampu led yg menyala dan layar tidak menyala? Hanya gelap saja tapi saat saya nyalakan hanya bergetar tapi layar mati

    1. Bu Oktaviani,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Apakah sebelumnya ponsel Anda sempat kehabisan baterai? Apakah Anda sudah coba menggunakan baterai Redmi 2 lain? Bagaimana hasilnya? Kalau sempat kehabisan baterai dan ternyata bisa menyala saat dipadukan dengan baterai Redmi 2 lain, amat mungkin tegangan baterai Redmi 2 Anda terlalu rendah. Cobalah melakukan langkah-langkah ini:
      * Pasangkan ke ponsel dan hubungkan dengan charger selama 2-3 jam. Setelah itu, nyalakan ponsel.
      * Seandainya tetap tidak berhasil, dengan memakai kabel USB, hubungkan ponsel yang masih padam ke PC/laptop selama 2-3 jam. Berikutnya, coba nyalakan ponsel. Kalau terlihat tanda-tanda menyala, segera hubungkan ponsel dengan charger.

      Umpama segala cara di atas sudah Anda lakukan, tetapi ponsel masih tak mau menyala, bawalah Redmi 2 itu ke pusat perbaikan resmi Xiaomi. Ponsel Anda bergaransi resmi, bukan?

    1. Bu Oktaviani,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Sudah saya respons ya.

  205. Saya mau tanya kenapa hp xiaomi redmi 2 saya mati dan saat saya nyalakan hanya bergetar dan saat saya cash hanyya lampu led yg menyala dan layar tidak menyala? Hanya gelap saja tapi saat saya nyalakan hanya bergetar tapi layar mati

    oktaviani
    Your comment is awaiting moderation.
    May 16, 2016 at 11:54 Reply
    Maaf tolong bantu donk pak herry

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Comment

    Name *

    Email *

    Website

    Notify me of follow-up comments by email.

    Notify me of new posts by email.

    1. Bu Oktaviani,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya. Jangan dobel-dobel seperti saat ini.

  206. salam kenal pak herry
    sy mau tanya kalau untuk merk infinix kualitasnya bagaimana?
    dan apa nama garansi resminya?

    terimakasih

    1. Bu ND,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Secara umum ponsel Infinix cukup bagus kok.

      Ya garansi resmi Infinix. Nama distributornya Bintang Cemerlang.

    1. Pak Budi,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta kalau mencari yang 4G dan berkamera bagus. Kalau Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai, ada Infinix Note 2 Rp 1,899 juta.

  207. Pak herry, mau tanya nih, xiaomi redmi 2 prime saya pakai garansinya dari the one by win, trus bagian belakang box & buku petunjuknya kok bahasa cina ya pak?? Gimana tu pak? Tlg kasih Pencerahannya pak.. Trims

    nb : sya belinya bulan april lalu, dgn harga 1,5 jt pak.

    1. Pak Hafiz Ilmi,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Tak usah bingung deh. Lha ponsel Anda itu bukan bergaransi resmi. Lain kali jangan membeli yang tanpa garansi resmi lagi ya. Silakan lihat video ini https://youtu.be/h4YzlTNFe8g

    1. Bu Shiella,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Semua yang Anda sebutkan itu bukan bergaransi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

  208. Om herry mau tanya nih,saya tertarik sama xiaomi redmi 3.apakah tipe xiaomi tersebut sudah resmi masuk di indonesia?dan berapa ya harga kisaran untuk tipe tersebut?

  209. Boss HSW…
    Di Lazada Xiaomi Redmi 2 Prime Harga Rp.1.399.000,- tertulis Garansi Resmi 1 tahun Xiaomi Indonesia,apa itu benar garansi resmi,saya agak ragu karena harga di mi.com indonesia & erafone.com untuk Redmi 2 prime : Rp.1.799.000,-
    jika barang sudah sampai apa yang harus saya periksa sebelum membuka dus.
    Di Lazada juga ada yang tertulis Garansi resmi TAM,sebaiknya pilih yang tertulis Garansi resmi 1 tahun TAM atau yang tertulis Garansi 1 tahun Xiaomi Indonesia. Terima kasih Boss HSW.

    1. Pak Win,

      Tak tahu. Lha saya kan belum pernah melihat barang yang diiklankan “garansi resmi satu tahun Xiaomi Indonesia” itu.

      Kuncinya begini:
      * Kalau ingin aman, silakan beli di Erafone.

      Kalau berspekulasi:
      * Silakan beli di Lazada.
      * Ketika barang tiba, periksalah kardusnya. Apakah sesuai dengan ciri-ciri yang saya paparkan di atas?
      * Kalau tidak sesuai, lakukan komplain. Satu hal yang patut diketahui sejak awal, melakukan komplain di Lazada itu sangat sulit dan berbelit-belit. Konsumen seolah harus “mengemis”.

  210. Selamat siang bang’ mau nanya bang kalo saya mau beli Hp xioami resmi di jakara utara di mana bang? Kebetulan lokasi rmh saya di daerah jak utara bang

    1. Pak Bernad,

      Maaf, saya tak hafal area Jakarta. Sehari-hari saya di Surabaya.

      Btw, saya malahan baru tahu kalau ada ponsel merek Xioami. Itu meniru Xiaomi atau gimana ya?

  211. Boss HSW…
    Kalo mau beli Lenovo A2010 yang garansi resmi di gerai apa,ciri2 Lenovo A2010 yang Asli/resmi dilihat dari dus gimana, mungkin juga tidak ada Lenovo A2010 palsu. trims boss HSW.

    1. Pak Win,

      Anda bisa membelinya di Erafone atau toko-toko ponsel. Lihat saja nama importirnya. Yang garansi resmi diimpor oleh Lenovo Indonesia.

  212. Boss HSW…Sebaiknya kalau mau beli xiaomi redmi note3g , pilih di Lazada atau di erafone saja, dan dilazada harganya lebih murah 300ribuan tapi tertulis garansi resmi 1 tahun xiaomi indonesia, saya kok jd ragu.karena di erafone saja Rp.1.749.000,-
    Di lazada juga ad tertulis garansi resmi 1 tahun TAM,jadi pilih yang garansi resmi 1 tahun TAM atau yang garansi resmi 1 tahun xiaomi indonesia. trima kasih boss HSW.

    1. Pak Win,

      Kuncinya sederhana. Kalau mau aman, silakan beli di Erafone. Kalau mau “berjudi” silakan belanja di Lazada. Satu hal yang perlu diketahui sejak awal, bila sampai terjadi masalah, komplain di Lazada itu susahnya luar biasa ya.

    1. Pak Win,

      Pureshot dapat dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren. Tidak di-lock kok.

  213. Hisense Pureshot menurut om HSW,layak dibeli tidak. untuk kamera & baterainya gimana ?
    om hsw lebih pilih mana dengan redmi note 3g.

  214. Pureshot generasi ke 2,kira2 apa bedanya om hsw, masih lama tidak rilisnya. klo kelamaanya y saya beli pureshot yg ada skrg. trims om hsw

    1. Pak Win,

      Harap diperhatikan, pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel seperti sekarang. Satu Anda ketikkan di bawah posting berjudul A, satu lagi di bawah posting berjudul B.

      Saya sudah menjawab pertanyaan Anda di tempat Anda kali pertama mengirimkan pertanyaan.

  215. om hsw..
    kabarnya xiaomi redmi note 3 pro akan rilis resmi masuk indonesia,om hsw udah tau spesifikasinya blom ?

  216. Pak herry, kalo mau beli xiaomi redmi 3 pro di solo yg resmi dimana
    Tolong dijawab ya , terima kasih

    1. Pak Rian Aditya,

      Redmi 3 Pro belum beredar resmi di sini. Jadi, biarpun Anda keliling Indonesia, ya takkan dapat.

  217. Om Hsw…
    Saya minta ma’af y kalo ketik pertanyaan double2,intinya om hsw dah bantu sy buat pilih hp. sukses trs om, sy pasti tanya2 lagi.hee..

  218. Pak saya mau nanya saya sudah terlanjur beli hp xiaomi redmi 2 prime bukan garansi resmi. Saya ingin bertanya apakah garansi resmi atau garansi tidak resmi bisa mengganti baterai yg telah rusak? Soalnya baterai hp saya tidak dipakai apa2 5 jam kmudian sudah tinggal 20%

    1. Pak Faruq,

      Kalau Redmi 2-nya garansi resmi, kerusakan baterai dalam jangka waktu tertentu (saya lupa 3 atau 6 bulan) biasanya akan diganti. Kalau Redmi 2-nya tanpa garansi resmi, biasanya sulit minta ganti baru.

  219. Om HSW…
    Andromax R2…4G nya sama sprti Hisense Pureshot tidak yang bisa all operator. terus kalo pureshot kartu smarfren harus tetap terpasang tidak kalo mau pake 4G selain operator smarfren.trims.

    1. Pak Win,

      Berbeda. Andromax R2 hanya bisa dipakai untuk menikmati 4G LTE Smartfren.

      Pureshot bisa dipakai tanpa memasangkan kartu Smartfren sama sekali.

  220. sorry OOT, kalau menurut om Herry mana yg lebih bagus dari segi performa dengan budget dibwah 2.8jt
    1. Xiao Mi Redmi Note 3GB/32GB Mediatek
    2. Flash 2 3GB/32GB
    3. Infinix Zero 3 3GB

    mengenai after sales Flash dan infinix bagaimana om?

    1. Pak Hendra,

      Maksud Anda Xiaomi Redmi Note 3 ya? Saya belum pernah coba. Flash 2 silakan dicoret.

      Silakan beli Infinix Zero 3 saja.

      Layanan pusat perbaikan resmi Flash misterius, kalau Infinix cukup baik.

      1. saya sempat membaca kalau CEO Flash menjamin service 1 tahun ( masa garansi ) malahan ada pick up service,

        kalau membahas soal Xiao Mi, saya sangat tertarik dgn produknya tapi masuknya (resmi) sangat lama, menurut Om Herry + – membeli Xiaomi versi distributor apa? dan apakah 100% tidak bisa diservis di servis center Xiao Mi?

        1. Pak Hendra,

          Nah… itu yang justru bikin pusat perbaikan resmi Alcatel/Flash menjadi misterius. Semua pakai metode pick up. Lokasi fisiknya tidak jelas.

          Xiaomi lho, Pak. Bukan Xiao Mi. πŸ™‚

          Kelebihan membeli ponsel Xiaomi bergaransi distributor: cepat bisa merasakan tipe baru.

          Kekurangan membeli ponsel Xiaomi bergaransi distributor:
          1. Spesifikasi hardware belum tentu sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.
          2. ROM atau firmware yang dipakai seringkali versi abal-abal yang tidak stabil.
          3. Berpeluang mendapatkan aksesori non-orisinal.
          4. Meskipun jarang terjadi, berpeluang mendapatkan ponsel replika.
          5. Layanan purna jual tidak jelas.

          Ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi tak bisa diservis di pusat perbaikan resmi Xiaomi.

          1. last question om HSW,

            ponsel apa yang fitur, sensor dan performa yang paling mendekati xiaomi redmi note 3 3/32, tapi budget di bwah 2.8jt πŸ™‚ tapi dengan pelayanan after sales yg terjamin

          2. Pak Hendra,

            Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Redmi Note 3 – 3/32. Jadi, nggak ada bayangan.

  221. maaf gan,mau minta saran. ane mau beli redmi 2 prime nih. nah,biar ane gak kecewa setelah ane bayar,apa aja nih yang perlu diperhatiin.

    sama itu maksutnya ekor 13 sama ekor 17 itu maksutnya gimana gan? caranya ngecek dimana.

    makasih pak Herry sebelumnya.

    1. Pak Kurniawan Yusuf,

      Pertama, pastikan Anda membeli yang bergaransi resmi. Cara mengenalinya seperti yang saya paparkan di atas. Panduan untuk Redmi 2 itu berlaku pula buat Redmi 2 Prime kok.

      Kedua, ekor 13 dan ekor 17? Apa ya itu? Saya malahan baru tahu.

      Ketiga, lain kali harap tidak menggunakan kata sapaan gan. Jika terulang, pertanyaan Anda akan diabaikan.

  222. Pak heri bagaimana cara mengatasi masalah cpu tertumpu pada media server? gara2 itu batere jadi sangat boros

    1. Pak Faruq,

      Sepertinya Anda menggunakan menu berbahasa Indonesia di Redmi 2 Anda ya.

      Ada dua jurus yang perlu Anda coba.

      *** Jurus pertama:
      1. Hapuslah semua file berformat MKV di ponsel Anda, baik di memori internal maupun kartu microSD.
      2. Bila file berformat MKV itu sangat Anda perlukan, tak usah dihapus, tetapi rename-lah menjadi berformat MP4.
      3. Buatlah sebuah file kosong bernama .nomedia. Masukkan file itu ke folder video, baik di memori internal ponsel maupun kartu microSD.

      *** Jurus kedua
      1. Matikan ponsel.
      2. Lepaskan kartu microSD yang terpasang di ponsel Anda.
      3. Formatlah kartu microSD itu dengan menggunakan PC/laptop. Data penting yang tersimpan boleh Anda kopikan dulu ke PC/laptop.
      4. Pasangkan kembali kartu microSD ke ponsel.
      5. Nyalakan ponsel.

  223. pak, saya mau tanya untuk Xiaomi redmi 3 Pro apakah sudah ada yang resmi yang beredar di indonesia pak ?
    karena saya pengen beli xiaomi redmi 3 pro. tapi takut dapet yang gak asli pak.. mohon rekomendasi bapak.
    terimakasih banyak sebelumnya.

  224. Pak Herry minta sarannya. Mending mi4i garansi resmi atau mi4c garansi distributor? sy minat sama spek mi4c tp galau krna takut ga aman kedepannya ditambah lg harga yang ditawarkannya jg cukup miring.

    1. Pak Dio,

      Belilah yang bergaransi resmi. Masalahnya, Mi 4i untuk ukuran saat ini sebenarnya sudah kurang menarik.

    1. Pak Hasan,

      Tak tahu. Setahu saya, Xiaomi belum pernah menawarkan ponsel dengan nama Note 2 dan Note 3.

  225. maaf OOT,

    om herry apa menggunakan 4G dari Smartfren? untuk area surabaya tergolong stabil tidak?

    Mohon infonya

  226. Pak saya udh terlanjur beli online dibukalapak. di B-Cell redmi 2 prime bertulis 35661/SDPPI/2014 PLG.ID serta kode 2014811.
    Keluhan saya kok di daya tangkap wifi serasa lemot bangets.. n koneksi sinyal H+ nya paling mentok 50Kb.
    Setelah saya telaah 2hari, penggunaan batu kok kaya agak cpt terkuras.. n di bagian Penyimpanan Sistem kok udh full.. pdhl apk yg ku pasang sdkt..
    Dan apakah versi MUI 7 yg sudah terpasang ini tak bisa di up ke MUI 8???

    1. Pak Aryaaaaa,

      Risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi memang kadang ada kasus-kasus aneh yang mengesalkan seperti itu.

      Kalau kelak muncul update resmi ke MIUI 8, ya bisa saja di-update. Saat ini sih sepertinya belum ada.

  227. pak apakah redmi note 2 sudah ada dipasaran?klo beli daerah sby yg garansi resmi dimana pak?soalnya takut dpt barang yg abal2…trimakasih.

  228. Salam om herry
    Toko yang resmi untuk Xiaomi di area surabaya dimana om. dan kira” untuk bulan ini harga Xiaomi redmi prime 2 berapa om ?
    Trimakasih atas jawabannya

    1. Pak Shafiul,

      Paling mudah sih cari di Erafone atau Oke Shop. Stok Redmi 2 Prime di Surabaya sedang kosong.

  229. Salam om Herry
    Mau tanya. Toko yang resmi Xiaomi di area Surabaya di mana om ?. Dan kira” harga bulan ini untuk produk Xiaomi Redmi Prime 2 berapa om ??

    Mohon infonya

    1. Pak Oktavian,

      Nama Anda sebenarnya siapa? Tadi pakai nama Shafiul, sekarang ganti lagi.

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan diulang-ulang. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama Anda.

  230. Pa mau tanya kalo di bandung yang ada garansi erajaya atau trikomsel dimana untuk membeli redmi 2 prime

    1. Pak Luthfi,

      Silakan cari di Erafone, Oke Shop, atau Global Teleshop. Namun, stok sudah lumayan lama habis lho. Jadi, peluang dapat sangat kecil.

  231. semalem saya beli redmi 2 ktanya g ada ada nya redmi 2 pro karna tangan saya bash saya g cek saya percaya aja g tau pas dirumah sya cek dikasih yang redmi 1s saya sms penjaganya blm di bls sya beli di global shop ITC DEPOK karna di erafone g ada

  232. Pak mau tanya, untuk redmi 2 Pro apakah ada garansi resmi? Lalu hp infinix yang seharga sekitar 2 jutaan ada gak? Kalo ada tipe apa?
    Terus erafon di daerah surabaya dimana ya pak? Mohon bantuannya.
    Makasih

    1. Pak Yohanes,

      Apakah yang Anda maksud Redmi 2 Prime? Kalau iya, sudah lama ada yang bergaransi resmi. Silakan mencarinya di Erafone.

      Ada. Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta.

      Erafone di Surabaya ada di WTC, Mal Galaxy, dan Grand City. Saya tak hafal lokasi lainnya. Dulu di Plaza Tunjungan ada, tetapi saya tak tahu masih eksis atau tidak.

  233. Sore Pak mau tanya, untuk redmi 2 Pro apakah ada garansi resmi? Lalu untuk hp infinix yang seharga sekitar 2 jutaan ada gak? Kalo ada tipe apa ya?
    Satu lagi, erafon di daerah surabaya dimana ya pak? Mohon bantuannya.
    Makasih

    1. Pak Yohanes,

      Lain kali pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja ya. Jangan dobel. Silakan memeriksa jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  234. Kayaknya beda sih pak redmi 2 prime dan pro.. Krn berdasarkan info, yang pro keluaran lebih baru. Saya juga bingung pak sama kedua nya.. Tolong prncerahannya..
    Dan saya jg mau tanya.. Apa kah jika kita beli xiaomi diverafone dapat di pastikan bahwa itu garansi resmi?

    1. Pak Yohanes,

      Oh, kalau benar yang dimaksud Redmi 2 Pro, saya tidak bisa berkomentar.

      Ini maksudnya Erafone kan? Kalau iya, benar, pasti bergaransi resmi.

  235. Satu lagi pak, apakah untuk sekarang redmi 2 dan redmi 2 dan kawan”nya sudah support untuk layanan LTE tri?

    Sebenarnya menurut bapak, lebih bagus mana ya keluarga infinix atau jajaran xiaomi redmi 2?

    1. Pak Yohanes,

      Sudah, meskipun belum pernah saya buktikan sendiri karena di Surabaya belum ada 4G LTE Tri.

      Kalau pembandingnya Redmi 2, ya mending Infinix yang sudah 4G LTE. Redmi 2 hanya dibekali RAM 1 GB.

  236. pak mau tanya nih..hape saya redmi 2 prime kok jaringannya cuman ada 2G aja ya?…padahal di kota saya sudah 4G

    1. Pak Firman Ardiansyah,

      Untuk penyaringan awal, Redmi 2 Prime milik Anda bergaransi resmi atau bukan? Sebab, arah jawaban saya berbeda, bergantung status garansinya.

  237. Pak saya sempat mendapat info dr bbrp sumber, bahwa redmi 2 dan redmi 2 prime cederung cepat panas? Apa memang benar? Kalau iya, apa potensi penyebabnya? Hal ini membuat saya agak kurang nyali untuk membeli xiaomi redmi 2 khusus nya yang prime.. Krn itu sasaran saya. Tolong batuannya pak

  238. Maaf satu lagi pak krn di surabaya blm ada LTE 4G tri apa itu brarti jika saya beli redmi 2 prime, saya tdk bisa menggunakan Tri? Lalu bagaimana kita tau jika kartu compatible atau tdk?

  239. Permisi pak herry saya mau tanya kalo beli hp xiaomi redmi note 3 pro yang resmi di mana iya ?
    Dan apa harga nya beda atau enggak antara yang resmi sama yang gak resmi nya ?
    Mohon di jawab

  240. Gerai Erafone itu di daerah mana aja kalo di Surabaya..?
    Untuk harga nya beda jauh enggak antara resmi sama yang gak resmi,?

    1. Pak Candra,

      WTC, Plasa Marina, Mal Galaxy (ini paling besar dan lengkap), dan Grand City.

      Beberapa ratus ribu.

  241. Pak Herry, soal Xiaomi Note3 pro garansi resmi yang di flash rom agar fitur 4Gnya aktif, apakah masih tercover garansinya?
    Sedikit keluar topik pak, menurut saya ulasan dan jawaban Bapak sangat membantu saya untuk belajar, saya juga sangat suka untuk memakai bahasa yang jelas dan benar. Terima kasih untuk berbagi ilmu dan pengalamannya.

    1. Pak Bennyboyolali,

      Garansi hangus, kecuali tidak ketahuan. πŸ™‚

      Terima kasih atas apresiasinya, Pak.

    1. Pak/Bu Wegga,

      Yang bergaransi resmi sudah kosong. Kalau yang tanpa garansi resmi masih banyak, tetapi sebaiknya jangan dibeli.

  242. Assalaamu’Alaykum pak mau nanya klo garansi xiaomi redmi 2 dari WIL gmn ya? PT Wisma Inkopad Indonesia? Nuwun…

  243. Mohon maaf Pak Herry mksty WII πŸ™‚ dibox luar tercantum 36078/SDPPI/2014, 2674 PT WII.
    sepertinya tidak resmi ya pak?

    1. Bu Uci,

      Kalau mengutamakan daya tahan baterai, silakan melirik Lenovo Vibe P1 Turbo.
      Kalau menomorsatukan fitur kamera, silakan membeli Lenovo Vibe Shot.

  244. halo pak herry

    apakah Redmi 2 prime mampu memainkan game berat seperti MC5, dan satu pertanyaan lagi apakah pernah terbanting dan bagaimana kondisi nya..

    1. Pak Gaming,

      Tak tahu. Saya tak pernah main MC5.

      Ponsel itu tidak pernah saya banting maupun terbanting.

  245. Hallo Pak Herry,
    Redmi 2 saya kenapa kalau download game atau lagu selalu memory internal saya berkurang ya, padahal sudah saya setting ke microsd external ? Bagaimana caranya biar file saat di download langsung pindah ke memory external ?
    Terima kasih

    1. Pak Rudi D,

      Kalau game memang akan masuk ke memori internal. Saya tak pernah mencari-cari pengaturan untuk memindahkannya ke memori eksternal. Sebab, aplikasi tambahan sebaiknya memang dimasukkan ke memori internal.

      Kalau lagu, mestinya ada pilihan untuk mengarahkannya ke memori eksternal. Saya lupa pengaturannya ada di mana. Coba utak-atik menu storage.

  246. Pak herry, antara xiaomi redmi 3 pro dengan xiaomi redmi 3s prime bagusan yang mana ya? Antara keduanya itu apakah sudah ada garansi resminya di indonesia? Terus untuk harganya berapa.an ya Pak, baik online maupun offline?

    1. Pak Ma’ruf,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba dan memang tak berminat mencoba dua ponsel itu. Alasannya, belum ada yang bergaransi resmi.

      Saya tak mengikuti harga pasaran ponsel tanpa garansi resmi.

  247. Untuk mengetahui ciri-ciri xiaomi redmi 3 pro maupun redmi 3s Prime yang bergaransi resmi apakah caranya sama seperti yang dipaparkan di atas ya Pak?

    1. Pak Ma’ruf,

      Ada cara yang lebih mudah. Kalau Anda menjumpai dua ponsel itu di pasaran, pasti bukan bergaransi resmi deh. Lha memang belum beredar resmi di sini.

  248. Terima kasih pak herry atas infonya. Kemudian kalau untuk HP xiaomi yang bergaransi resmi itu type apa saja ya Pak?
    Kalau untuk budged 2 juta, minta saran HP apa yang bisa saya beli ya Pak, (melihat kamera bagus, RAM 2GB, dan sudah ada 4Gnya)

    1. Pak Ma’ruf,

      Ada banyak tipe. Yang saat ini masih tersedia di pasar:
      * Redmi 2
      * Redmi 2 Prime. Ini sudah sangat langka.
      * Redmi Note 3G.
      * Redmi Note 3.
      * Mi 4i.

      Silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser.

  249. Dear Pak Herry, ulasan bagus sekali meski baru baca saya..

    Maaf sebelumnya mau tanya:
    Kalau di website distributor resmi dicantumkan model baru tapi di website resmi Xiaomi belum ada, jatuhnya BM atau bukan?

    Jadi hari ini saya lihat di web Erafone, Redmi 3 Prime keluar tapi di website Xiaomi tidak ada jenisnya..

    1. Pak Adrian,

      Kalau muncul di situs distributor resmi, berarti itu barang resmi.

      Oh, Redmi 3 Prime. Itu beneran masuk resmi kok. Siang ini Xiaomi baru akan mengeluarkan pernyataan resmi.

  250. Om aku mau cari hp yang bisa dimasukin ke kantong apa saja ya? yang bisa lte, baterai lumayan, dual sim , dan kamera bagus. Kira kira ada gak?

    1. Pak Kaisar,

      Oppo sih mending langsung dicoret dulu.

      Redmi 3S belum ada yang bergaransi resmi.

      Y35 saya belum pernah coba.

      Jadi, kesimpulannya, saya belum bisa menjawab deh.

  251. Pak, hp saya xiaomi red mi 2 prime, br update sofware tapi kenapa sinyal operatornya jd gak ada ya pak?, mohon bantuannya pak. Makasih byk

  252. Selamat pagi pak….
    Pak saya mau tanya garansi resmi yg di ada di indonesia ini untuk produk hp xiaomi itu apa saja pak…. dan tipe apa saja khusus hp xiaomi….
    Mohon bantuanya pak, karna saya lagi mau beli hp xiaomi….
    Terima kasih

    1. Pak Kiswanblack,

      Ponsel Xiaomi bergaransi resmi diimpor oleh Trikomsel (tipe-tipe lama) dan Erajaya (tipe lama sampai yang terbaru). Kalau importirnya bukan salah satu di antara dua perusahaan tersebut, pasti bukan garansi resmi.

      Tipe ponsel Xiaomi bergaransi resmi yang masih mudah ditemukan di pasar: Redmi Note 3G, Redmi Note 3, Redmi 3 Prime, dan Mi 4i.

  253. Klw tam gimana pak?
    saya kurang mengerti band900 dan 1800 frekuensi diatas.bisa tolong dijelaskan lagi
    Apakah harus memiliki kedua frekuensi diatas biar suport semua kartu?

    1. Pak Ed,

      TAM itu berarti bergaransi resmi.

      900 dan 1800 MHz itu menunjukkan frekuensi. Pakai patokan paling mudah saja deh. Kalau ponsel yang ANda beli dibilang bergaransi TAM, berarti ponsel itu siap dipadukan dengan aneka operator GSM di Indonesia.

  254. permisi pak..saya punya uang 2.3jt..dan saya ingin beli hp xiaomi yg bergaransi resmi ..tipe redmi note 3 sdh resmi kah pak..tak masalh biarpun sinyal msh 3G yng penting play store ada dan berbahasa indonesia dn didukung smua kartu seluler di indonesia..saya tggal diSBY dimanakah outlet resminya..mohon bantuanya..dan apa yg saya harus cek sebelum beli hp xiaomi tsb ..karna byk berita hp xiaomi rekondisi..trimksh

  255. Pak kalau mau membeli xiaomi bergaransi erajaya dan trikomsel(resmi) di daerah bogor dimana ya pak ? terima kasih , salam hangat hehe

  256. Kenapa kok servis hp redmi2 saya di tolak sama agen… Alasan di kartu garansi ya ada tulisan supported by BLESS harus di servis di jakarta klau servis di Surabaya gk bisa benar begitu tu??? Padahal hp baru beli 2bulan tp tombol kembali gk bisa juga tombol homex mohon infox… Terimakasih.

  257. pak HSW klu tipe Rom ..xiaomi redmi note 3 sdh
    MIUI 8.0 global.stabile
    8.0.5.0(LHOMIDG)
    apakah sudah bagus pak.apakah sdh permanen dan
    4G nya ..saya ditawari hp dengn tipe ROM sperti itu..mohon penjelasanya

  258. Boleh tanya Pak Herry, menurut pak herry yg sudah tinggi jam terbangnya dalam mengulas HP, kira-kira HP apa yang memiliki kemiripan dengan Redmi 2/Redmi 2 Prime ini baik dari segi harga, spesifikasi (pastinya dual sim 4G) ?
    terima kasih atas respon nya. Salam

    1. Pak Ardi,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Waduh… jangan dibeli deh. Garansi tidak resmi itu. Mengerikan.

    1. Pak Ardi,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tidak resmi. Jangan dibeli. Mengerikan tuh.

  259. Pak mau tanya, Yang jual xiaomi redmi note 3 pro dg garansi resmi di wilayah surabaya itu dmna pak ? trims

    1. Pak Ahmad Maftuhan,

      Redmi Note 3 Pro tidak beredar resmi di Indonesia. Yang beredar resmi itu Redmi NOte 3 varian Snapdragon. Itu sebenarnya sama dengan Redmi Note 3 Pro/Prime. Paling mudah silakan mencarinya di gerai Erafone terdekat. Abaikan bila sesampai di sana Anda justru seolah dihalang-halangi membeli ponsel Xiaomi oleh promotor merek tertentu.

    1. Pak Ahmad Maftuhan,

      Ponsel dengan garansi resmi saja layanan purna jualnya belum tentu baik. Apalagi, yang bergaransi abal-abal kayak gitu.

      Kalau Anda siap menghadapi kondisi berikut, silakan tetap nekat membeli ponsel tanpa garansi resmi.
      1. Ponsel yang dibeli memiliki spesifikasi tidak sesuai dengan kondisi jaringan Indonesia.
      2. Ponsel yang dibeli ternyata palsu/replika.
      3. Ponsel yang dibeli ternyata barang bekas yang disulap baru.
      4. Aksesori ponsel yang disertakan ternyata bukan orisinal.
      5. Ketika ponsel bermasalah, klaim garansinya sulit sekali.

  260. permisi pak,
    mau nanya dana 1.650 jt dapat Xiaomi garansi resmi apa ya pak untuk pembelian di surabaya ? terima kasih

  261. pak hery, kalau antara Xiaomi Redmi Note 2, Xiaomi Redmi Note 3, dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, itu yang bagus yang mana pak ?

    1. Pak Ahmad Maftuhan,

      Redmi Note 3 bergaransi resmi yang spesifikasinya sebenarnya sama dengan Redmi Note 3 Pro tanpa garansi resmi.

  262. pak hery,
    harga pasaran rata2 utk Xiaomi Redmi Note 3 berapa pak ?
    bapak apakah jual Xiaomi Redmi Note 3 ?

    1. Pak Yulistanto,

      * Lebih bagus Vibe P1 Turbo.

      * Lain kali tolong pertanyaan yang sama dikirimkan satu kali saja ya. Kali ini masuk tiga kali lho. Yang lain sudah saya hapus.

    1. Pak Isadana Restu,

      Untuk Xiaomi, yang bergaransi resmi dan saat ini masih tersedia di pasar:
      * Mi 4i
      * Redmi Note 3
      * Redmi 3 Prime

      Untuk Lenovo, wah… ada banyak banget deh. Kalau direkap rasanya lebih dari 20 tipe deh.

    1. Pak Isadana Restu,

      Ada banyak dan saya tak hafal satu per satu. Kalau mau lengkap, silakan meminta daftarnya ke pedagang ponsel yang memiliki toko besar.

      Beberapa yang saya ingat, Lenovo Vibe C, A6000, A6600, Vibe P1m, A7000, Vibe K5, Vibe K5 Plus, dan Vibe K4 Note.

  263. selamat sore pak hery
    menyambung pertanyaan saya kapan hari kemarin, gerai Erafone di wil. surabaya itu dimana pak ?