Cocok untuk Berjoget

Andaikan HT Mobile berencana mencari bintang iklan untuk ponsel HT Mobile A16, seharusnya mereka tak perlu susah-susah mencarinya. Briptu Norman Kamaru pantas menjadi salah satu kandidat. Sebab, nama anggota Brimob Polda Gorontalo itu sedang populer berkat aksi lipsync lagu Chaiyya-Chaiyya yang diunggah di YouTube.

Alasan lain, spesifikasi A16 sesuai dengan “keahlian” Briptu Norman. Ponsel dual on GSM-GSM itu mampu memainkan musik dengan volume suara sangat keras dan relatif tidak sember. Sangat cocok untuk mengiringi aktivitas berjoget.

Untuk mempermudah pengguna memainkan lagu, tersedia tombol shortcut di deretan atas keypad. Di sisi kanan bodi A16 juga terdapat tiga tombol pemutar musik. Begitu lagu mulai diputar, suara keras bakal keluar dari speaker di bagian belakang bawah ponsel.

Pada volume terendah pun, suara yang terdengar sudah memadai untuk menghibur diri sendiri di dalam kamar atau ruang kerja. Bila volume diubah ke tingkat tertinggi, tetangga sebelah rumah bukan mustahil turut mendengar lagu yang dimainkan.

Supaya pengguna bisa menyimpan banyak lagu, idealnya tersedia ruang penyimpanan berkapasitas cukup besar. Padahal, memori internal A16 hanya 506 KB. Untung, paket penjualan ponsel candy bar yang dibanderol Rp 370 ribu tersebut menyertakan micro-SD 2 GB. Di keping kartu memori itulah pengguna leluasa menyimpan kumpulan lagu favoritnya.

Lampu senter, buku telepon 500 nama multiple entry, black list 20 nomor, dan radio FM yang siarannya bisa direkam adalah sebagian fitur lain A16. Ada pula kamera VGA, perekam video, perekam suara, dan bluetooth. File MP3 dapat difungsikan sebagai nada dering telepon maupun SMS.

Secara umum, menurut penulis, kinerja A16 cukup bagus dan sebanding dengan harga jualnya. Apakah sisi minusnya? Kalau dicari-cari, praktis hanya ada sedikit kekurangan minor terkait tampilan fisik. Yaitu, ruang kosong antara layar dan keypad terlalu lebar.

4 thoughts to “Cocok untuk Berjoget”

  1. Untuk semua ponsel merek lokal buatan China, sebaiknya memakai kartu microSD berkapasitas maksimal 2 GB.

  2. Aku baru beli ni HP.. suaranya emang oke dah.. tp klo utk terima telp n pesan..kuenceng bgt…jadi malu sayah pdhal itu udah yg paling min…Bisa ga ya dibikin agak kecilan lg suarany?but overall cukup memuaskn

  3. Diakali saja, Pak/Bu Senyum. Caranya, tambahkan nada dering baru yang tingkat volumenya rendah. Bisa pula dengan merekam suara sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *