“Communicator” Penambah Tenaga

Di antara Anda mungkin tak banyak yang masih memakai Nokia Communicator. Entah tipe E90, 9300, 9300i, 9500, atau tipe lain yang lebih uzur. Penulis pun telah lama mengistirahatkan Communicator.

Mulai bulan lalu, penulis kembali membawa “Communicator”. Ia tanpa layar dan keypad. “Communicator” itu bukan penulis gunakan untuk menelepon atau mengirimkan SMS, melainkan difungsikan sebagai penambah tenaga.

Lho kok? Tak usah bingung. Benda yang penulis maksud adalah Bazel 11000, sebuah portable charger berdimensi fisik 144 x 55 x 18,5 mm dan berat 232 gram. Kalau bingung membayangkan ukurannya, ingat-ingatlah wujud satu unit Nokia 9300.

Paket penjualan Bazel 11000 terdiri atas portable charger, kabel charging, travel charger dengan keluaran 2 Ampere, dan kantong penyimpan. Disertakan pula lima jenis konektor, yaitu konektor micro USB, mini USB, dua milimeter ala Nokia, Apple, dan Samsung Galaxy Tab.

Baterai lithium polymer berkapasitas 11.000 mAh dibenamkan ke dalam bodi peranti yang dijual Rp 498 ribu tersebut. Di salah satu sisi Bazel 11000 terdapat dua konektor USB. Konektor USB pertama idealnya dipakai untuk mengisi ulang baterai tablet. Misalnya, Samsung Galaxy Tab dan Apple iPad. Sebab, ia mampu mengeluarkan arus listrik sebesar maksimal 2 Ampere.

Satu colokan USB lain sanggup melewatkan arus maksimal 1 Ampere. Sehingga, ia lebih tepat dipakai untuk men-charge baterai ponsel. Bila dibutuhkan, sepasang konektor USB itu bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai dua acang (gadget) sekaligus.

Selama proses pengisian ulang, lampu di permukaan atas Bazel 11000 akan menyala, bergerak dari bawah ke atas. Lima lampu biru itu sekaligus berfungsi sebagai indikator untuk mengetahui sisa daya portable charger.

Sehari-hari penulis memanfaatkan Bazel 11000 untuk mengisi ulang empat ponsel yang dibekali baterai berkapasitas antara 950 mAh dan 1.900 mAh. Pengisian dilakukan secara acak, bergantung ponsel mana yang lebih dulu berstatus baterai lemah. Hasilnya, Bazel 11000 rata-rata mampu lima kali men-charge baterai ponsel. Setelah itu, daya baterai internal di portable charger tersebut harus diisi ulang. Konektor charger di bodi Bazel 11000 berbentuk micro USB yang sekarang lebih populer daripada konektor mini USB.

Satu hal yang penulis sayangkan dari Bazel 11000, ia tak memiliki fitur tambahan. Umpama ia dilengkapi lampu senter, lampu darurat, atau laser pointer, peranti berwarna putih itu akan lebih menarik dan berdaya guna.

13 thoughts to ““Communicator” Penambah Tenaga”

  1. wah, murah nan apik nih barangnya. mengingat dengan harga dibawah 500rb sudah berkapasitas 11.000 mAH. itu bisa beli dimana ya Pak? tks

  2. Pak Aman,

    Bapak tinggal di kota mana? Kalau Surabaya, coba cari di:
    * Delta Cycle, Jl Biliton no 1 (sebelah Rumah Cantik Citra)
    * Phone Shop, Plasa Marina lantai 2
    * Garuda Teknik, WTC lantai 1

    Kalau di Jakarta, coba cari di:
    * Delta Gadget, Ratu Plaza lantai 1
    * Delcell, Central Park lantai 3 (depan Gramedia)
    * Delta, ITC Roxy Mas lantai 2

  3. Request review portable charger lain om Herry, sukur2 yang sudah lengkap dengan lampu senter LED ato radio misalnya…
    Btw kalo Bazel ini ada garansi berapa lama? Saya punya pengalaman dengan merk Delcell P5000 warna merah hitam, lengkap dengan lampu senter LED, awalnya maknyus eh setelah 6 bulan dan hanya beberapa kali pakai sudah gak maksimal, waktu charge lama & waktu pakai sebentar, untuk charge satu ponsel nokia monokrom aja sudah gak mampu.

  4. Pak Ilham E Sancaya,

    Apakah pernah melihat portable charger yang dilengkapi radio FM? Kalau ada, saya penasaran coba. Selama ini maksimal cuma menjumpai portable charger yang dibekali senter atau laser pointer.

    Saya sebenarnya sudah beberapa kali me-review portable charger kok. Namun, dulu kebetulan belum rajin mengunggahnya ke blog.

    Ini tautan beberapa review yang sudah saya unggah:
    Cyrus PM1800 http://ponselmu.com/?p=1480
    Delcell P6000 http://ponselmu.com/?p=1314
    Delcell P5200 http://ponselmu.com/?p=660
    Delcell P1200 dan S1200 http://ponselmu.com/?p=465
    Delcell Dual Boxx 1000 http://ponselmu.com/?p=417
    Huntkey PBB4400 dan PBA5200 http://ponselmu.com/?p=1570
    MiLi Power Star dan Power Matrix http://ponselmu.com/?p=1417
    SpeedUp Power Bar http://ponselmu.com/?p=1425

    Bazel 11000 seingat saya bergaransi enam bulan. Kalau membaca deskripsinya, yang Bapak pakai sepertinya Delcell P5200. Saya pernah memakainya. Namun, tak sampai enam bulan sudah ganti lagi ke portable charger lain. 🙂

    Btw, yang masih dalam proses uji pakai adalah portable charger Cross 8800.

  5. wah, sekarang sudah banyak bermunculan portable charger dengan kapasitas besar dengan harga yang terjangkau.
    minta review untuk Power bank Taff expower Panasonic Cell dong pak. karena kapasitasnya yang lebih besar dan harganya yang SANGAT terjangkau.

  6. Pak Sendy,

    Ini mereknya Taff? Jadi ingat jip Taft. Ada tautan untuk membaca informasinya, Pak? Baru kali ini dengar merek tersebut.

  7. Hehehe…yang ada radio FM just kidding pak Herry, tapi siapa tahu suatu saat nanti ada, sekarang aja senter LED pun dipasang, nanti kan lumayan buat camping…

  8. Hehehe…yang ada radio FM just kidding pak Herry, tapi siapa tahu suatu saat nanti ada, sekarang aja senter LED pun dipasang, nanti kan lumayan buat camping…
    Thanx buat pencerahannya pak.

  9. Mas Darto,

    Karena ponsel sampeyan banyak banget, kayaknya minmal beli portable charger yang berkapasitas 18.000 mAh deh. 🙂

  10. Pak Ilham E Sancaya,

    Oh, bercanda tho. Saya pikiran beneran sudah ada portable charger yang dilengkapi dengan radio FM. He… he…. he….

  11. Pak Harry dari sekian powerbank yang telah direview adakah saran untuk harga, kapasitas dan daya tahan dari semua merek yang telah direview? Minimal daya tahan 1 tahun dan kapasitas diatas 10.000 mAh

  12. Pak Cahyadi,

    Dengan kriteria seperti itu, saya terus terang tak berani menjawab. Sebab:

    * Sebelum berusia satu tahun, biasanya saya sudah berganti portable charger lain karena ingin mencicipi tipe lain. 🙂

    * Saya baru satu kali me-review portable charger dengan kapasitas lebih dari 10 ribu mAh, yaitu Bazel 11000.

    Menurut saya, Energizer 18000 boleh coba Bapak lihat-lihat dulu. Mereknya terkemuka. Kapasitasnya juga sesuai dengan kriteria Bapak. Namun, harga memang tergolong tinggi. Harga terakhir yang saya pantau Rp 1,4 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *