Custom Skin, Mengubah Tampilan Sekaligus Melindungi Ponsel

Agar tampilannya lebih unik dan tak monoton, akhir bulan lalu penulis iseng mengubah wajah Sony Xperia Z1 Compact. Sisi belakang ponsel yang aslinya hitam dilapisi stiker bercorak kayu. Kamera dan lampu kilat tentu tidak ditutup. Dua bagian itu tetap terbuka.

Setelah berlapis stiker, setidaknya ada dua manfaat yang penulis rasakan. Pertama, ponsel terlihat lebih menarik. Tidak pasaran. Kedua, sisi belakang ponsel lebih terlindung dan bebas sidik jari. Sebelumnya, penulis harus rutin mengelap permukaan belakang Xperia Z1 Compact. Bila aktivitas itu jarang penulis lakukan, sisi belakang ponsel bakal kurang elok dipandang karena sidik jari menempel di sana-sini.

Custom skin-3

Apakah penulis melakukan stikerisasi secara mandiri? Tentu saja tidak. Sejak kecil saya bukanlah individu yang piawai melakukan kerajinan tangan. Jadi, penulis memanfaatkan jasa penyedia custom skin. Kali ini penulis mencoba layanan Customxskin. Gerainya berada di WTC Surabaya. Ini akun Facebooknya http://goo.gl/3s8d0M, sedangkan situsnya dapat diakses di http://goo.gl/BMFfI1.

Custom skin-2

Stiker yang penulis pasangkan ke ponsel kebetulan stiker bercorak kayu tanpa tambahan apa pun. Setelah dipotong, stiker itu tinggal dipasangkan dengan cermat ke ponsel. Kalau mau, penulis dan konsumen lain sebenarnya bisa memesan stiker yang lebih personal. Misalnya, menampilkan gambar dan logo perusahaan.

Custom skin-1

Sepasang kekasih atau suami istri tak ada salahnya memesan gambar berpasangan seperti yang terlihat di kanan bawah foto di atas. Satu untuk ponsel suami, satu lagi untuk ponsel istri. Sebenarnya juga boleh buat selingkuhan, TTM, atau PBSI sih. Tak tahu TTM dan PBSI? Teman Tapi Mesum dan Pacar Bukan Supir Iya. Ha… ha… ha….

Dibandingkan beberapa penyedia custom skin dengan media stiker yang pernah penulis ketahui, cara pengerjaan stiker bergambar di Customxkin agak berbeda. Gambar itu tidak ditempelkan ke stiker yang menjadi latar belakang, melainkan ditanamkan ke stiker latar belakang tersebut. Ya, stiker latar belakang itu awalnya dilubangi dulu sesuai gambar, logo, atau corak yang diinginkan. Selanjutnya, lubang tersebut diisi stiker lain sesuai kebutuhan.

Benda yang dapat dilapisi stiker bukan hanya ponsel. Tablet, laptop, kamera, bahkan LCD projector pun bisa. Benda terkecil yang penulis lihat pernah ditangani Customxskin adalah KeyBCA. Itu lho, benda mungil seperti kalkulator yang lazim digunakan saat memanfaatkan layanan internet banking.

Biaya melapisi permukaan ponsel dengan stiker mulai Rp 50 ribu. Tinggi rendahnya biaya pemasangan terutama ditentukan oleh luas permukaan dan tingkat kesulitan. Tarif melapisi ponsel tentu lebih murah daripada melapisi laptop. Pemasangan stiker polos juga lebih murah daripada stiker bergambar yang membutuhkan pekerjaan ekstra. Anda mau coba melapisi televisi?

32 thoughts to “Custom Skin, Mengubah Tampilan Sekaligus Melindungi Ponsel”

  1. Untuk Nokia Lumia 720 bisa juga pak Herry? Bisa tidak ditempelkan ke Jelly Casenya, bukan langsung ke body HPnya?

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Kalau langsung di bodi Lumia 720 seharusnya bisa. Demikian pula bila diaplikasi di hardcase. Namun, bila di jelly case, saya tidak yakin bisa. Buat jelly case, ada solusi lain yang lebih menarik. Saya masih bereksperimen. Kalau sudah ketahuan hasilnya, saya akan ceritakan di blog.

  2. Wow menarik sekali custom skin ini, jadi ingin sekali mencobanya untuk gadget kesayangan saya. Terima kasih pak HSW artikelnya menginspirasi.

    1. Pak Hendra YO,

      Jasa seperti itu biasanya ada di berbagai kota. Masalahnya, saya tak tahu kalau di Tangerang tersedia di mana.

    1. Pak Arif,

      Tidak licin, tetapi juga tidak sangat kasat. Kayak stiker yang biasa dipakai buat variasi mobil dan motor gitu deh tingkat kelicinannya.

  3. Pak Herry,
    Apakah bahan stiker nya merek 3m ? ….apakah ada jaminan dari penjualnya jika kedepannya kiita bosan , stiker dilepas tidak meninggalkan bekas gawai kita
    Thanks

    1. Pak Bambang,

      Wah, merek stikernya saya nggak hafal, Pak.

      Tidak ada jaminan dari penjual. Namun, saat konsumen memesan, penyedia jasa akan memberikan informasi tentang kemungkinan kondisi casing ponsel bila kelak dilepas. Informasi itu disampaikan dengan melihat kondisi nyata permukaan casing ponsel yang dibawa. Ada casing berbahan tertentu yang kata si penyedia jasa berpotensi “cat”-nya terkelupas. Mereka mengungkapkan apa adanya.

  4. Pak Henrry
    itu memang sudah kupikirkan …biasanya stiker yang berbahan kertas dan harganya murah , meninggalkan bekas lem/kertas di gawai kita atau paling parah pak herry katakan cat/lapisan cassing gawai kita.
    Diluaran ada yang menawarkan juga dengan merk 3m(sama seperti kaca film mobil) , garansi jika kita kedepannya stiker itu dilepas tidak meninggalkan bekas dan mengelupas cat/lapisan gawai kita ( saya belum membuktikan)
    Thanks infonya pak

    1. Pak Bambang?

      Saya Herry, bukan Henrry. Ikutan berkomentar ya. 🙂

      Yang saya ceritakan di tulisan itu bukan stiker kertas, melainkan stiker berbahan vinyl. Meskipun tidak ada jaminan, saya menganggap penyedia jasa sudah fair. Sebab, di awal sebelum mengerjakan ponsel yang akan dilapisi stiker, ia sudah menjelaskan konsekuensi dan kemungkinan terburuknya.

  5. Dear Ko Herry,

    Agak menyimpang dari skin, tolong diinfo merk-merk Power Bank yang oke dan penjual serta perkiraan harganya terutama di surabaya y pak. matur suwun

    1. Pak Adank,

      Anda boleh mempertimbangkan membeli power bank merek (saya urutkan abjad): Delcell, Energizer, MiLi, Nokia, Noontech, Sony, dan Yoobao. Tipe ada banyak banget. Harga bergantung kapasitas. Silakan mencarinya di WTC atau Marina.

  6. Pak maaf ini OOT ya, sy mau tanya modem sy kok ga bisa baca sms tertentu, ya huruf tidak karu-karuan , sperti sy mau sms status pemakaian internet Indosat dgn mengetik USAGE ke 363 , hasilnya tak bisa dibaca/huruf acak.Mohon bantuannya..
    NB : Maaf kl mau lampirin screenshotny bisa diemail?

    1. Pak Harris,

      Yang di Biliton tutup selamanya. Kini mereka lebih konsentrasi berjualan online via Delcell.com. Transaksi dan ketersediaan stok di situs itu belum real time. Jadi, silakan melihat tipe dan harga produk yang diinginkan di sana, kemudian langsung saja menghubungi email atau nomor telepon yang ada di kiri bawah situs.

  7. Bang maap ni oot
    Saya mempunyai budget sekitar 1,7 juta , kira kira smartphone apa ya yg cocok untuk saya ? Saya menginginkan kinerja atau penyimpanan yang besar

    1. Pak Hizrian,

      Pertanyaan Anda sudah terjawab ya. Sekadar saran, lain kali tolong agak sabar. Satu per satu pertanyaan masuk akan saya jawab kok. Namun, saya memang tidak selalu bisa menjawab pertanyaan dengan cepat.

    1. Pak Altar,

      Wah, keluarnya SMS bahasa dewa gitu ya. Hal itu terjadi sejak dulu atau baru-baru ini saja? Apakah Anda sudah coba memindahkan kartu ke ponsel, lalu mengecek kuota ke 363 lagi? Apa hasilnya?

  8. Dari pertama beli sekitar bulan yg lalu Pak, ketika sy pindahkan kartu ke ponsel dan coba sms ke 363, hasil smsny normal alias bisa dibaca, tp repot jg karena setiap cek kuota sy harus mengeluarkan dari modem ke hp.Modem sy lilitkan dgn antena yagi+usb extender krn sinyal di daerah miskin sekali,jd ribet kl bongkar pasang kartu. Apa sy mesti bw ke jasa servis Pak atau ada solusi?

    1. Pak Altar,

      Boleh tau modemnya merek dan tipe apa? Terus terang saya curiga dengan software modem dan dialer-nya. Sejauh ini belum ada solusi. Dibawa ke tempat servis pun belum tentu menyelesaikan masalah.

    1. Pak Kurniawan,

      Lain kali cukup ketikkan pertanyaan satu kali ya. Tidak perlu dobel-dobel di beberapa posting. Saya akan jawab kok. Namun, memang tidak bisa selalu cepat karena sampai saat ini saya bukan layanan hotline 24 jam yang selalu siap sedia menjawab pertanyaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *