Daftar Ponsel Ter-… 2017 versi HSW

Ketika 2017 belum berakhir, tak sedikit pembaca blog Ponselmu.com dan pengikut akun Twitter @herrysw sudah menagih Daftar Ponsel Ter-… 2017 versi HSW. Permintaan tersebut saat itu tentu belum bisa dikabulkan. Sebab, seperti biasa, penulis alias HSW masih menantikan ponsel baru yang beredar hingga 31 Desember 2017.

Sama dengan tahun sebelumnya, tidak ada kategori ponsel dengan qwerty keypad fisik terbaik. Sebab, pada 2017 HSW tidak pernah menguji pakai satu pun ponsel dengan papan ketik qwerty. BlackBerry KEYone yang beredar resmi di Indonesia di kuartal terakhir 2017 sampai detik ini belum pernah HSW uji pakai.

Pemilihan ponsel terbaik berdasarkan harga jual tetap dilestarikan. Harga jual yang dijadikan patokan adalah harga jual saat ponsel itu kali pertama dijual resmi di Indonesia, bukan harga pasaran sekarang.

Sekadar mengingatkan, ponsel yang dinilai dan dipertimbangkan dalam daftar ponsel ter-… 2017 versi HSW harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, ponsel itu diluncurkan resmi resmi di Indonesia paling cepat 1 Januari 2017 dan paling lambat 31 Desember 2017. Kedua, ponsel tersebut wajib sudah diuji pakai oleh HSW.

Inilah aneka ponsel yang, menurut HSW, layak menghuni daftar ponsel ter-… 2017 versi HSW. Silakan mengklik nama ponsel untuk membaca ulasannya.

  • Ponsel pintar (smartphone) terbaik: Asus Zenfone Zoom S. Perpaduan antara kamera yang bisa diandalkan, baterai yang tahan lama, dan kegegasan yang optimal membuat HSW memilih ponsel itu. Di awal kehadirannya, ponsel tersebut memang sempat mengalami wabah garis putih. Untunglah Asus cepat bertindak dan memberikan solusi terbaik kepada pengguna yang terlanjur membeli Zenfone Zoom S.
  • Ponsel berkamera terbaik: Apple iPhone 7. Ponsel itu sebenarnya sudah diluncurkan Apple sejak September 2016. Namun, karena baru beredar resmi di Indonesia pada Maret 2017, HSW memandangnya layak diperhitungkan dalam daftar ponsel ter-… 2017 versi HSW.
  • Ponsel dengan baterai berkapasitas besar terbaik: Xiaomi Redmi Note 4. Agar bisa dipertimbangkan menjadi ponsel pilihan di kategori ini, baterai bawaan ponsel minimal berkapasitas 4.000 mAh. Harga jual perdana, spesifikasi non-baterai, dan kinerja umum ponsel juga diperhatikan.
  • Ponsel terunik: Huawei Nova 2i. Alasannya sederhana. Ia merupakan ponsel ponsel yang dibekali empat kamera: dua di depan, dua di belakang.
  • Ponsel harga kurang dari Rp 1 juta terbaik: Xiaomi Redmi 5A. Penentuan pemenang di kategori ini sangat mudah. Redmi 5A yang dibanderol Rp 999 ribu tak memiliki lawan seimbang di rentang harga tersebut. Karena pasokan terbatas, padahal permintaan sangat tinggi, harga pasar Redmi 5A kini melambung tinggi. Ulasan ponsel itu belum HSW ketikkan dan unggah ke blog. Namun, HSW sebenarnya sudah menguji pakai ponsel tersebut.
  • Ponsel harga Rp 1 juta-Rp 1,999 juta terbaik: Xiaomi Redmi 4A.
  • Ponsel harga Rp 2 juta-Rp 2,999 juta terbaik: Motorola Moto G5s Plus.
  • Ponsel harga Rp 3 juta-Rp 3,999 juta terbaik: Xiaomi Mi A1.
  • Ponsel harga Rp 4 juta-Rp 4,999 juta terbaik: Asus Zenfone 4 Selfie Pro.
  • Ponsel harga Rp 5 juta-Rp 5,999 juta terbaik: Asus Zenfone Zoom S.
  • Ponsel harga Rp 6 juta-Rp 6,999 juta terbaik: Motorola Moto Z2 Play.
  • Ponsel berharga jual lebih dari Rp 7 juta terbaik: Apple iPhone 7.

Asal tahu, seandainya konsumsi daya lebih hemat dan ponsel tidak berkali-kali tersendat saat diuji pakai, Samsung Galaxy S8 berpotensi menjadi pemenang di minimal satu kategori. Xiaomi Mi 6 juga menjadi kandidat kuat pemenang di beberapa kategori. Dengan membaca paparan HSW di atas, Anda pasti bisa menebak mengapa Mi 6 tidak termasuk dalam daftar ponsel ter-… 2017 versi HSW.

161 thoughts to “Daftar Ponsel Ter-… 2017 versi HSW”

    1. Pak Nur Erwin Aditya,

      Infinix dan LG yang biasanya muncul di daftar ter-… kali ini cuti.

      Oppo, Vivo, dan Samsung? Itu ada di toko ponsel. ๐Ÿ™‚ Satu ponsel Samsung sebenarnya berpeluang tampil lho.

      1. Pak Herry
        Saya mau Nanya org tua saya beli hp xiaomi mi5x tpi dalamnya mia1.
        Apakah ada masalah?
        Boxnya semua lengkap pak cuma takutnya hp second.
        Tapi pas nyalain tulisannya androidone.
        Kalaupun di modif apakah bisa ada tulisan android one pas dinyalain?
        dan kamk jga mendapat garansi distributor hpnya dibeli di toko.
        Apakah bisa diklaim untuk mendapat device mi5x yang baru?
        Ditunggu yaa pak. Kalau bisa secepatnya pak dijawab. Makasih pak..

        1. Pak Ronaldo,

          Berarti itu pasti tanpa garansi resmi ya. Untuk saat ini seharusnya tidak bermasalah.

          Tergantung penjualnya sih. Yang pasti itu bukan garansi resmi. Semoga kelak tidak rusak deh. Kalau sampai rusak, bakal ribet masalahnya.

          1. Memang banyak yang seperti itu kok, beli Mi5X, namun isinya ROM Android one.
            Dengan keadaan seperti itu, harusnya bisa di flash lewat fastboot mode, karena pastinya bootloader sudah do unlock saat memasang rom android one.

  1. Hi La Herry,, mau nanya posisi Zenfone 3 ze552kl, dia masuk kriteria mana saja Pa, dan alakah berada diuriutan runner up…? Tks

    1. Pak Nur Erwin Aditya,

      Sama sekali tidak masuk dalam ponsel yang saya pertimbangkan. Lha ponsel itu telah meluncur resmi pada 2016. Padahal, yang saya hitung hanya ponsel yang beredar resmi pada 2017.

      1. Koh jikalau ze552kl baru masuk januari 2017, kira2 apa masuk di kriteria mana saja, dan apakah juara/runner up…? Tks

        1. Pak Lolot,

          Di kriteria ponsel terbaik harga Rp 2 juta-2,999 juta. Sedang malas berpikir lebih detail jadi juara I atau II nih. ๐Ÿ™‚

  2. Snapdragon 625 mendominasi ya Om.

    Selain yang menggunakan processor dari Qualcomm, nampaknya hanya Huawei Nova 2i (Kirin 659) dan iPhone 7 saja yang masuk daftar ๐Ÿ™‚

  3. sore pak,
    xiaomi mi 6 tidak masuk jajaran karena tidak masuk resmi ke indonesia pak?

    iphone 7 yang pak HSW maksud apakah Iphone 7 reguler atau Iphone 7 plus?

  4. Wah.. 2 ponsel saya menjadi yg terbaik.. Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi 5a. Memang sangat memuaskan memakai 2 ponsel ini. Performa melebihi harga jualnya. Yang dirasa kurang hanya bug notifikasi di Miui 9, semoga cepat mendapatkan update.

      1. Update ROM aja koh.. kalo belum muncul juga coba pindah lokasi ke taiwan.. manti ada update 9.0.7.0… memperbaiki bug notifikasi.. terutama LINE

      2. Kalau di saya Ko HSW, Redmi 4X dengan MIUI 9, kadang notifikasi WA atau yang lain ada double2 iconnya. Mungkin itu.
        Ada juga yang mengeluh LINE tidak muncul notifikasi.

          1. Ada pop up notifikasi bertuliskan “nanananana” juga ketika menerima SMS, itu yang saya alami menggunakan Redmi 4X dengan MIUI 9, selain itu benar juga notifikasi WhatsApp muncul double icon dan suara notifikasi LINE hanya sesekali muncul.

          2. Pak Rizky,

            Yang nananana saya tidak mengalami.

            Ok, berarti tampaknya bug dari MIUI 9 ya. Terima kasih atas informasinya.

  5. Kenapa di rentang 2 jt sampai 2.999 motorola moto g5s plus? Padahal harga sekarang sampai 3,5 jt? Masih worth kah dengan harga 3,5jt itu atau lebih baik mi A1?

    1. Pak Akhmad,

      Sesuai penjelasan di bagian awal tulisan, yang saya jadikan patokan adalah harga saat rilis perdana.

      Harga ritel resmi Moto G5s Plus saat ini Rp 3,333 juta, bukan Rp 3,5 juta. Saya sih pilih Mi A1.

  6. Karena Mi6 tidak beredar resmi di Indonesia.

    Kenapa Samsung Galaxy Note 8 tidak menang di salah satu kategori pak? Apa karena Pak Herry tidak pernah menguji pakainya?

  7. Selamat malam pak, mau tanya..
    Saya kan membutuhkan powerbank, powerbank untuk Hisense Pureshot baiknya apa ya?
    Tolong rekomendasinya, terima kasih banyak ?

    1. Pak Arief Sofyanto,

      Ya, LG kali ini tidak masuk dalam daftar ter-…

      Umpama ada posisi runner up pun, LG G6 masih belum masuk daftar kok.

  8. Sepertinya LG semakin kesini, semakin redup ya Pak. Suram gitu… Asus malah kelihatan semangat banget ya di 2017.
    Untuk tahun 2018, saya sebenarnya berharap Pak Herry mau menyertakan hasil perekaman video di naskah review. Hasil video tidak perlu editing yang wah, yang penting mampu menunjukkan kualitas rekaman gambar dan suara dari gawai tersebut.
    Terima kasih selama tahun 2017, Pak Herry sudah menyuguhkan berbagai review gawai dan aksesoris. Sukses terus untuk Pak Herry dan Ponselmu.com

    1. Pak Amaris,

      Mulai tahun lalu Asus terlihat mengubah strategi. Mereka tak lagi main di ponsel entry level, melainkan menggarap ponsel mulai kelas menengah.

      Harapan itu tampaknya takkan terwujud. Oh, kalau untuk penunjang naskah review, seandainya saya menyertakan klip video pun, file tersebut harus diunggah tanpa editing.

      Terima kasih kembali. Sukses juga untuk Bapak.

  9. di kategori ini “Ponsel harga Rp 2 juta-Rp 2,999 juta terbaik” sekarang dihuni siapa pak mengingat harga resmi ponsel yang disebut sudah meroket di angka 3 juta lebih

  10. koh, dugaan saya klo mi6 masuk resmi Indonesia, dia bakal dpt predikat :
    – ponsel terbaik
    – ponsel dg kamera terbaik
    – ponsel harga 6-6,999 jt terbaik
    versi Herry SW
    betul ga koh? ?

  11. Pak Herry, untuk ponsel terbaik di kisaran harga 1-1,999jt boleh tau alasan bapak lebih memilih Xiaomi Redmi 4A dibanding Redmi Note 5A?

    1. Mungkin lebih tepat pertanyaannya, bukan dibandingkan dengan Redmi Note 5A.. melainkan dengan Redmi 4X, begitu ya Pak Herry?

      1. Yang membuat hp LG semakin redup dari sisi mananya ya pak ?? Soalnya saya berencana membeli V20 second tapi kayaknya mulai ragu nih.

  12. ndak terasa sudah 1 tahun lebih saya mengikuti blog om Herry ini.dan,tetap seneng baca review disini.alasannya?
    1.reviewnya apa adanya.
    2.gak seperti baca brosur,tapi hand on.

    pokoknya,semoga kedepannya semakin bagus reviewnya,Om.

    1. Pak Adrian,

      Redmi 4X harga perdananya kan Rp 2,099 juta. Jadi, tidak masuk ke kategori Rp 1 juta sampai Rp 1,999 juta.

      Saya sempat salah memasukkannya, lalu diingatkan oleh seorang rekan. Setelah saya mencermati arsip, benar… harga perdana Redmi 4X lebih dari Rp 2 juta.

  13. Koh Herry, ada rencana review blackberry keyone? Sebab jaman sekarang langka android dengan keyboard qwerty fisik

  14. Malam Pak Herry,
    Kira-kira,hape apa menurut Pak Herry yg memiliki baterai diatas 3000mah, foto lumayan, slot sim tidak hybrid, dan memiliki NFC?
    Terima kasih pak.

        1. Pak Erwin,

          Ya Vibe P1 Turbo itu, Pak. Namun, layarnya bukan lima inci. Yang berlayar lima inci tak ada yang pas.

  15. Om herry, kira-kira bakal ada review xiaomi 5A ga? Soalnya sekarang kayaknya lagi kacang goreng bgt ya. Sampai 2x flash sale kalo ga salah. Trus kalo harga melambung, kira2 sekarang jadi brapa om?

    Dibandingkan dengan redmi 4A (tanpa melihat perbedaan harga) bagusan yg mana om?

    Thanks

  16. Pak Herry, xiaomi redmi Note 4 cen mantap tapi ada bug parah di MIUI 9 resmi terbaru ini.
    Baterai dicas tidak bisa sampai 100% mentok stuck di 98% walau ditunggu selama apapun. Semoga pihak xiaomi indonesia segera memberi update walau minor.
    Atau minta pak herry follow up hehe.
    Semoga dapat terlaksana. Sehingga konsumen puas.

  17. melihat note 8 sepertinya lebih tidak tersendat, mungkin kl dicoba bakal jadi ponsel terbaik ya. knp tidak dicoba ko? ngga ada yg pinjemin?

    1. Pak Rudi,

      Tidak dicoba karena ngeri melihat harganya. Saat Galaxy Note 8 keluar, cicilan Galaxy S8 saya belum lunas.

      Sebenarnya ada yang menawarkan pinjaman Galaxy Note 8. Namun, karena hanya boleh dipinjam selama satu hari, ya lebih baik saya tolak. Mustahil menuntaskan uji pakai dalam waktu segitu.

  18. Karena Mi 6 tidak dijual resmi di indonesia dan hanya ada untuk garansi distributor ya?? Jika mi 6 bakal hadir resmi kategori apa yang pas untuk ponsel itu??

        1. Pak Cahyono Ningrat,

          Waks… Anda benar. Saat menjawab pertanyaan Pak D. Iman, saya kok merasa yang ditanyakan Infinix Note 4 Pro. Mungkin saya kurang piknik. ๐Ÿ™‚

    1. Pak D. Iman,

      Maaf, jawaban saya sebelumnya salah. Saya merasa saat itu yang ditanyakan Infinix Note 4 Pro. Saya baru sadar pagi ini saat diiingatkan oleh Pak Cahyono di bawah.

      Zero 4 Plus sebenarnya masuk ke kategori harga Rp3 juta sampai Rp3,999 juta. Skor keseluruhan boleh dibilang imbang dengan Mi A1. Namun, karena harga perdana Mi A1 lebih murah, jadilah Zero 4 Plus tersisih.

    1. Pak Basio,

      Harga perdana Redmi 4X Rp 2,099 juta. Jadi, ponsel itu tidak berada di kategori yang sama dengan Redmi 4A.

  19. Untuk notifikasi WA munculnya dobel.
    Kalau Line tidak ada suara notifikasinya.
    Untuk gmail hanya terlihat dari email apa tanpa header, kecuali kalau ditarik pakai 2 jari dulu.
    Kok agak ribet saya jelasinnya..hehhe.. Semoga Pak HSW mengerti.

  20. Pak, Kalau rekomendasi handphone maksimal budget 3 jt dengan kualitas kamera baik, dual sim card, dan ada dedicated slot sd card. Apa ya?

  21. Pak, maaf oot. Menurut Anda, layanan purna jual zte sekarang apakah sdh bagus? Ada rencana review zte nubia z17 ato nubia z17 lite Pak?
    Makasih..

    1. Bu Mega,

      ZTE? Anggap saja tidak ada layanan purna jual.

      Nubia dan ZTE itu dianggap dua perusahaan berbeda lho. Tak ada rencana review.

  22. Ponsel terbaik di harga 1 juta s/d 1,9 juta bukankah Redmi 4X ?

    Pernah ada judul kecuali kamera, Redmi 4X terbaik di bawah 2 juta.
    HP saya sekarang Redmi 4X.

    1. Pak Raymon,

      * Bukan. Sebab, harga perdana Redmi 4X Rp 2,099 juta.

      * Oh, judul tersebut dibuat karena ketika saya mengetikkan naskah itu, harga Redmi 4X sudah turun jadi Rp 1,999 juta.

  23. Lenovo P2 kalah sebagai ponsel dengan kapasitas baterai besar terbaik dari Redmi Note 4 dari segi apa ya Pak HSW?
    Penasaran euy… Soalnya saya pernah pakai P2 sebelum sekarang ganti Moto Z2 Play karena perlu slot 2 SIM card dan SD card. Nah sekarang saya cukup berasa kehilangan SOT nya P2 yang bener2 tahan lama.

    1. Pak Dito,

      Apakah yang dimaksud Lenovo P2 Turbo? Saya tidak memperhitungkannya karena ponsel itu belum pernah saya uji pakai. Sesuai penjelasan di awal, daftar ponsel ter-… hanya memperhitungkan ponsel yang telah saya uji pakai.

      1. Mengingat Moto g5s plus RAM 32GB, di atas itu lebih baik Moto Z2 Play atau Samsung Note FE? atau ada yang lain lagi untuk kategori NFC dan VOLTE?

  24. ko utk huawei nova 2i, selain krn unik dan kameranya.. kelebihan nova 2i apa ya mnrt HSW ?
    sdh terlanjur beli nova 2i tp kok review krg bagus yaa..
    apakah nova 2i layak dibeli jg??

  25. Om herry, antara moto z2 play dengan asus zenfone zoom s secara overall lebih prefer apa? Karena harga sekarang hampir sama di kisaran 5jt kurang sedikit

  26. Selamat pagi pak herry,.
    Smartphone yang bagus performa,kamera,baterai tergolong awet, dengan dana sekitar 3 jutaan apa saja ya pak? Minta urutan dari yg menurut bpk terbaik di klsnya..
    Terimakasih pak herry.

    1. Pak Ryandi,

      Asus Zenfone 3 ZE552KL Rp2,999 juta.

      Pilihan lain yang performa umum dan kamera juga bagus, tetapi baterainya tak setahan ZE552KL: Xiaomi Mi A1 Rp2,999 juta dan Motorola Moto G5s Plus Rp3,333 juta.

  27. Dear Ko HSW

    menurut bapak lebih baik LG V20, zenfone zoom s atau Redmi note 4 (ram 4Gb)?
    apabila :
    1. Dengan pertimbangan Harga dan Performa
    2. tanpa pertimbangan Harga

    thanks

      1. Dear Ko Herry

        dana 3 juta antara zenfone 3, Mi A1 sama Infinix zero 3 lebih prefer mana? butuh kinerja, gps tepat, baterai
        terima kasih

  28. Selamat malam Koh Herry. Koh, Aku Andy di Palembang. Selama ini kalau ada planning beli gawai baru, ponselmu.com biasanya menjadi salah satu patokan utamaku.
    Aku berencana membeli gawai baru. Boleh minta saran utk beberapa pilihan berikut manakah yg terbaik dari sisi kinerja multitasking dan kegegasan :
    A. Xiaomi Redmi Note 4 (Varian 4/64 GB)
    B. Asus Zenfone 4 Max
    C. Infinix Zero 4
    D. Infinix Note 4/Infinix Note 4 Pro
    E. Lenovo Vibe P1 Turbo
    Kemudian adakah opsi gawai lain koh yg lebih baik utk rentang harga yg sama (2 – 2,5jt, kurang lebih). Tidak harus gawai keluaran 2017 koh. Kriterianya ada finger print, batere besar, tidak hybrid (kecuali ROM 64GB).
    Terima kasih banyak Koh atas atensinya.

    1. Pak Andy M. Subki,

      Saya belum pernah menguji pakai Zero 4 dan Note 4 Pro. Yang pernah saya uji pakai Zero 4 Plus dan Note 4.

      Dengan kriteria dan pilihan seperti itu, Redmi Note 4 varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB menjadi pilihan terbaik.

      Opsi lain? Hmmm… kalau kriterianya bukan hybrid atau boleh hybrid asalkan ROM 64 GB, tidak ada deh.

  29. Sore Ko HSW,
    Semoga dalam keadaan sehat selalu ya, ada yang ingin saya tanyakan mengenai hp flagship di 2018.
    kira kira hp flagship di 2018 ini yg worth it to buy apa ya?

    tolak ukurnya :
    1. performance
    2. quality
    3. price

    kecuali samsung sama iphone sepertinya ko, price nya ga masuk soalnya (kayanya)

    dan misal product tsb ga resmi msk indo, belinya yg recommended dan trusted dmn ya?
    atau dari ko HSW sendiri punya rekomendasi tempat belinya? misal beberapa hp xiaomi yang tidak masuk resmi ke indonesia (garansi resmi).
    terima kasih sebelumnya

    1. Pak Harootemkum,

      * Belum tahu. Lha tahun ini belum ada ponsel flagship yang memasuki pasar Indonesia.

      * Kalau tidak masuk resmi, saran saya sih jangan beli.

  30. pak herry,mau tanya klo di lihat dari segi kamera lebih baik mana asus zenfone 3 ZE552KL atau xiaomi mi A1 klo di lihat di harga yg sma.

        1. Pak Iwan,

          Foto di malam hari: keduanya relatif imbang dengan kecenderungan ZE552KL unggul tipis.

          Suara dalam perekaman video: seperti jawaban saya sebelumnya, kalau sering merekam video, memang lebih baik ambil ZE552KL.

  31. Dear Pak Herry,

    Untuk ponsel kamera dengan efek Bokeh terbaik mulai Januari 2017 s/d Januari 2018 menurut pak Herry apa?

  32. Pagi pak,.
    Rekomendasi smartphone kisaran 3 jutaan dgn kamera bagus dan gegas apa aja ya pak,.
    minta tolong Urutkan dari yg menurut bpk terbaik..
    Terimakasih pak.

    1. Pak Deni Mariandi,

      Daya tahan baterai diabaikan atau diperhitungkan? Saya anggap diabaikan dulu dan kamera menjadi faktor pertimbangan utama ya.

      Ini urutannya: Infinix Zero 5, Huawei Nova 2i, Xiaomi Mi A1, Asus Zenfone 3 ZE552KL, dan Motorola Moto G5s Plus.

      Kalau daya tahan baterai diperhatikan, Nova 2i tinggal dicoret.

  33. Ko Herry, kl layar 6inch dgn kamera depan bagus harga max 3.5jt merk apa yg recommended? Kp bs minta bbrp opsi ya. Makasih…

  34. Dear Pak Herry,

    Saya sedang mencari handphone dengan rentang harga sekitar 1 – 1,5 jt. Adik saya berhasil beli FlashSale Xiaomi Redmi 5A, dan saya lihat bagus memang, tetapi saya ingin coba merk/type lain sebagai pembanding.

    Menurut Pak Herry, dalam rentang harga tersebut, secara overall performance, handphone manakah yang paling baik setelah Xiaomi Redmi 5A?

    Terima kasih banyak sebelumnya Pak.

  35. Dear pak Herry.

    Menurut pak herry, gmn performa dr Nubia M2 play dg harga 1,8jt disenjatai ram 3gb/32gb. Apa bisa di jadikan pilihan selain Xiaomi.
    Terima kasih banyak Pak.

  36. Selamat siang pak, ada usulan bagaimana kalau dalam daftar ponsel ter…. Versi pak herry ditambahkan ponsel dengan build quality terbaik. Bisa kah diakomodir?

  37. Selamat siang Om, saya ingin bertanya seputar dinamika distributor ponsel.

    Apakah Om pernah mendengar dan ingat dengan distributor Sarindo? Apakah Sarindo bertindak sebagai distributor resmi atau independen, dan bagaimana nasibnya kini (apakah diakuisisi, tutup, dsb)?

    Saya mengetahui distributor ini ketika sedang membereskan sebuah gudang, saya menemukan kardus ponsel Samsung keluaran 2005-2006 yang tertulis didistribusikan oleh mereka. Label, kartu garansi, dan buku petunjuk yang disertakan dalam dus terlihat meyakinkan, tidak asal-asalan seperti distributor independen atau tidak resmi akhir-akhir ini.

    Terima kasih Om sudah berusaha menjawab pertanyaan saya ini.

    1. Pak ega_32,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Ingat, pernah dengar, bahkan pernah mampir ke kantor pusatnya di daerah Menteng. Saya kurang tahu kondisi terkini seperti apa. Sepertinya memang telah ditutup. Bekas kantor Sarindo di Surabaya sudah cukup lama ditawarkan untuk dijual, tetapi belum laku.

      Entah sekarang Pak Sari, pemilik Sarindo, sibuk menangani apa. Setahu saya, beliau memiliki banyak bisnis.

  38. Malam pak Herry. Untuk kamera terbaik di kisaran hingga 3jt, smartphone apa ya?
    Sebelumnya saya pakai S7 tp karena baterai cepat habis jadi kurang nyaman. Terima kasih

    1. Pak Hendy,

      Kalau Anda lebih sering memotret, silakan membeli Xiaomi Mi A1. Kalau Anda lebih sering merekam video, belilah Asus Zenfone 3 ZE552KL. Harga dua ponsel itu kebetulan sama-sama di Rp2,999 juta.

      Bila Anda bisa menambah anggaran menjadi Rp3,499 juta, saya sangat merekomendasikan Infinix Zero 5. Ponsel itu dibekali kamera yang bagus dan baterai tahan lama. Kapasitas memorinya juga besar: RAM 6 GB dan ROM 64 GB.

  39. Halo pak,
    Kebanyakan ulasan mengenai smartphone yang saya temukan hanya mengulas spesifikasi, performa dan kamera saja.
    Jarang sekali yang mengulas mengenai kualitas audio baik input maupun output-nya.
    Jika kita ulas audio sistem xiaomi, maka smartphone ini saya beri nilai 6 dari 10.
    Kekurangannya, terasa sekali pada hasil rekam audio. Apa lagi jika dipakai untuk mengirim whatsapp voice note.
    Hasil perekamannya, terasa sangat terkompresi, sehingga terdengar seperti disiarkan melalui gelombang radio AM, dan tidak stereo.

    Untuk urusan kualitas audio, saya lebih tertarik dengan nokia, dan yang baru saya rasakan hasilnya secara nyata adalah nokia 3.

    Ulasan mengenai kualitas audio ini juga perlu, mengingat saat ini sudah banyak juga pengguna tunanetra di Indonesia yang menggunakan smartphone untuk membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk sosial media maupun sebagai sarana belajar di sekolah dan universitas.
    Proses perekaman merupakan salah satu hal yang penting, karena jika dalam proses belajar – mengajar, mereka akan merekam di dalam kelas dan mendengarkan ulang di rumah, sebagai usaha belajar mereka.

  40. Malam ,koh HSW
    Minta saran untuk hp rentang harga dibawah 2jt ,kira2 apa ya?
    Fungsi hp untuk medsos,kamera no 2.
    Terima kasih sebelumnya

  41. Koh Herry, tolong tanya:
    1. Kalau untuk sekarang ini, ponsel ram 3gb terbaik di bawah 2 juta apakah infinix note 4? Di bukalapak harganya 1.8 juta.
    2. Beberapa waktu lalu Koh Herry menulis, bahwa harga xiaomi redmi 4x hanya sekitar 1,5 juta. Tapi saya browsing sana sini, harganya paling murah 2 juta. Di situs mana saya bisa dapatkan yang seharga sekitar 1,5 juta tsb?
    3. Menurut Koh Herry, apakah berani beli evercross genpro x pro? Ram 3gb hanya 1,3 juta. Apakah evercross sudah memperbaiki diri dari segi kualitas?
    4. Mengapa harga xiaomi redmi 5a belum turun juga sesuai harga peluncuran 999rb? Di situs2, harga masih 1.3 jutaan. kapan ada flash sale lagi dengan harga 999rb?
    Terima kasih Koh

    1. Pak Adi Titi,

      1. Ya, sebab Xiaomi Redmi 4X baru dan bergaransi resmi sudah sulit ditemukan.

      2. Redmi 4X Rp1,5 juta? Saya yakin tak pernah menuliskan harga segitu deh. Apakah yang Anda maksud Redmi 4X bekas?

      3. He… he… he… mending jangan deh. Yang saya perhatikan sudah membaik adalah Advan, terutama seri G.

      4. Lha permintaan masih tidak sebanding dengan pasokan. Biasanya setiap Rabu pukul 11.00 di Lazada.

  42. Koh herry, sy ingin meminta rekomendasi ponsel dgn kriteria:
    1. Harga tdk lebih dr 4 juta
    2. karen tuntutan perkerjaan hrs mnginstall banyak aplikasi (bukan untuk multitasking) shg kapasitas internal minimal 32 Gb
    3. ponsel dgunakan untuk medsos, foto (depan belakang, siang, kondisi lowlight, tdk hrs ada fitur bokeh), browsing, tdk prnah game
    4. sgt mmbutuhkan kompas dan GPS
    5. tdk masalah jika hybryd yg pnting bisa pasang external

    jika kriteria kapasitas baterai, tahun keluaran ponsel, merk dan harga jual kembali diabaikan (yg pnting resmi), 4 ponsel yang paling layak beli apa saja ya koh?

    jika ditambah kriteria NFC, rekomendasinya ponsel apa ya koh?
    terimaksih sebelumnya.

    1. Pak Anis,

      * Dengan mengabaikan NFC, sebenarnya Infinix Zero 5 berada di urutan pertama. Namun, karena ponsel itu terpantau melanggar aturan TKDN, saya tidak merekomendasikannya lagi. Silakan melirik Asus Zenfone 3 ZE552KL, Xiaomi Mi A1, atau Motorola Moto G5s Plus.

      * Dengan tambahan kriteria NFC, ya pilihannya tinggal Motorola Moto G5s Plus.

  43. Koh, maaf oot. Mau minta saran hp rentang 3-4 jt an kira2 apa ya? Utk pemakaian harian. Terimakasih

  44. Hai koh herry,
    Mau tanya dong, saya berencana membeli smartphone (android) keluaran tahun lalu yang masih worthed untuk digunakan di tahun 2018,
    Meskipun tidak masuk list di atas, apakah LG G5 / G5 SE masih worthed menurut anda ?
    Saya lebih mengedepankan procie dan kamera, dengan range yang sama antara 2 – 3.5 jt
    Terimaikasih sebelumnya

    1. Pak Rizky Anas Bukhori,

      LG G5 tidak beredar resmi di sini. Jadi, coret.

      LG G5 SE beredar resmi, tetapi tidak masuk ke daftar karena ponsel itu telah beredar pada 2016. Sedangkan daftar di atas mengacu kepada ponsel yang beredar resmi di Indonesia pada 2017.

      Untuk ukuran saat ini G5 SE sudah kurang menarik. Dengan kriteria seperti itu, Anda boleh melirik Asus Zenfone 3 ZE552KL Rp2,999 juta.

  45. Koh herry, saya ingin minta pendapatnya, apalah LG G5 / G5 SE masih worthed di tahun 2018 ?
    Atau apakah koh herry memiki rekomendasi android di range harga dan spek yang sama ?
    Terimakasih banyak

    1. Pak Rizky Anas Bukhori,

      Jangan deh.

      Kalau spek sama sih tidak ada. Kan sudah usang. Silakan membeli Moto G5s Plus.

  46. Selamat malam Bapak Herry,

    Selama beberapa hari ini saya membaca blog Bapak, dan akhirnya memberanikan untuk bertanya.
    Sebelumnya, saya ingin meminang Asus Zenfone Zoom S, namun teman saya menyarankan untuk mencoba ios karena lebih stabil dari android. Apakah benar seperti itu Pak?

    Jika mengesampingkan harga dan garansi resmi, di antara Zenfone Zoom S, iPhone 7, Zero 5, Mi 6, Moto Z2 Play dan ponsel-ponsel lainnya yang pernah Bapak coba, manakah yang paling Bapak rekomendasikan dari segi kamera dan tahan lama baterai? Kalau boleh, bisa di bikin peringkat 1-3 Pak?

    Oiya, apakah Bapak pernah mencoba Moto Z2 Play dengan Hasselblad?

    Terima kasih sebelumnya yah Pak.

    1. Bu Eva,

      Relatif lebih stabil, iya. Namun, harga iPhone dengan spesifikasi setara lebih mahal daripada Android lho. iPhone juga tidak dibekali kemampuan dual SIM.

      Asus Zenfone Zoom S dong. Mi 6 dicoret karena tidak beredar resmi. Zero 5 saya coret karena mereka ketahuan melanggar regulasi.

      Dibuat urutan? Dengan mengabaikan harga dan kemampuan dual SIM:
      1. Asus Zenfone Zoom S.
      2. iPhone 7.
      3. Moto Z2 Play.

      Pernah. Performa Hasselblad-nya saya nilai kurang sebanding dengan harga.

      1. Dear Bapak Herry,

        Terima kasih atas jawabannya. Memang sepertinya jodohnya sama Zenfone Zoom S nih.. Hahahaha ๐Ÿ™‚

  47. Selamat pagi, Pak Herry
    Selalu suka baca review Pak Herry, dan selalu jadi panduan saya dalam membeli ponsel.
    Untuk pemilik dana cekak seperti saya, di antara ketiga ponsel ini mana yang paling layak beli Pak? Apakah 2 lainnya bisa dijadikan alternatif?
    1. Xiaomi Redmi 5A
    2. Xiaomi Redmi 4A
    3. Infinix Hot 4 Pro X556
    Terima kasih. Sukses selalu ya Pak.

    1. Bu Dhini,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Xiaomi Redmi 5A. Redmi 4A boleh dijadikan alternatif. Jangan membeli ponsel Infinix.

  48. Ko Herry SW,
    Kalau utk sekarang Asus Zenfone Zoom S masih tetap best phone utk rentang harga 3-4 juta kah?

    Saya mau beli Zenfone Zoom S second dari teman saya dengan kondisi 90% (garansi masih ada sampai 15 Juni 2018) dengan harga Rp 3.000.000
    Masih best value kah dan worthed kah kalau dibeli skrg (21 Mei 2018) ?

    Terima kasih

    1. Pak Shandy,

      * Sekarang sih ada Redmi Note 5 yang untuk kinerja keseluruhan terasa lebih mantap.

      * Saya sih mending cari Redmi Note 5.

  49. Permisi pak herry SW
    Saya mau minta saran nih pak, rencana saya mau beli HP 2nd hand, yang saya utamakan kejernihan layar, layar besar dan responsif.
    Pilihan saya ada 2, Samsung s7 edge dan LG V20 (bisa ditambahin jika pak herry ada usulan selain itu), menurut pak herry dari 2 pilihan saya mana yang terbaik?
    Dan jika dengan dana 4.5jtaan untuk brand new, Kira2 HP apa yang masuk dalam kriteria saya
    Terima kasih pak

    1. Pak Teygar,

      * Saya belum pernah menguji pakai Galaxy S7 Edge. Dengan dana segitu sih V20 pasti bisa didapatkan. Namun, walaupun ponsel itu secara umum bagus, untuk ukuran sekarang sudah kurang menarik deh.

      * Silakan bertanya ulang kepada saya sekitar dua minggu lagi. Asus Zenfone 5 sepertinya bisa jadi kandidat. Saya belum berani menyimpulkan sekarang karena ponselnya masih saya uji pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *