Dibekali Speaker Selebar Ponsel

Ponsel merek lokal yang dilengkapi speaker bersuara sangat keras bukan hal baru. Meskipun demikian, Extreme Top 168 tetap menarik untuk dicermati. Sebab, selain bersuara lantang, diameter speakernya nyaris setara dengan lebar ponsel.

Dengan menggunakan sebuah penggaris baja, penulis mengukur diameter speaker yang berada di bagian belakang Top 168. Penggaris itu spontan tertarik dan melekat erat. Magnet di speaker ponsel tersebut rupanya sangat kuat. Setelah berhasil melepaskan penggaris baja, kali ini dengan hati-hati penulis mengukur diameter speaker. Wow, lima cm!

Sekarang saatnya menjajal performa speaker tersebut. Dua kartu SIM dan satu keping microSD berisi file musik penulis selipkan. Ponsel yang dijual Rp 275 ribu itu lalu diaktifkan. Pada volume terendah, suara yang mengalun sudah memadai untuk dijadikan musik pengiring menjelang tidur. Sedangkan pada volume setengah penuh, suara yang terdengar seharusnya telah mampu membangunkan seseorang yang sedang tidur.

Bagaimana bila volume diatur maksimal? Tak hanya pengguna yang terbangun. Penghuni kamar sebelah, bahkan rumah sebelah, bukan mustahil turut  terjaga dari tidurnya. Minimal mereka akan terganggu.

Kalau diadu dengan ponsel lain berharga setara, menurut penulis, speaker Top 168 mampu memperdengarkan suara yang lebih utuh. Suara yang cenderung pecah atau sember praktis hanya sangat kentara bila ponsel dipaksa bermusik pada rentang volume tinggi.

Sisi menarik lain Top 168, ia mempunyai fitur penyaring panggilan telepon maupun SMS. Menu black list telepon dan SMS dipisahkan. Jadi, umpama pengguna ingin menghadang panggilan telepon sekaligus SMS dari suatu nomor, pengguna harus mendaftarkannya dua kali. Satu kali di menu penyaring panggilan telepon, satu kali lagi di menu penyaring SMS masuk. Kiriman SMS dari nomor yang termasuk dalam daftar hitam otomatis lenyap entah ke mana.

Ponsel dual on GSM-GSM itu dibekali layar warna 2,2 inci. Keypad-nya berukuran relatif besar dan empuk. Sehingga, nyaman bagi pengguna dengan segala ukuran jari. Tombol jalan pintas untuk mengakses radio FM, kamera, dan pemutar musik tersedia di kanan layar. Sedangkan di kiri layar terdapat deretan tombol pengendali musik yang terdiri atas rewind, play/stop, dan fast forward.

Di bagian atas ponsel bakal dijumpai tiga lampu LED yang berfungsi sebagai lampu senter. Bluetooth, slot microSD, kamera 1,3 megapiksel, perekam video, GPRS, dan MMS adalah sebagian fitur lain Top 168.

Dua konektor charger tersedia di ponsel itu. Satu berupa micro USB, satu lagi colokan bundar kecil alias konektor dua milimeter ala Nokia. Nada dering telepon maupun SMS dua nomor yang terpasang dapat dibedakan. Untuk nada dering telepon, pengguna bisa memanfaatkan file MP3 kesukaan. Sedangkan untuk nada SMS, pengguna harus memilih satu di antara sepuluh nada bawaan.

Tidak mendukung SIM Tool Kit sehingga tak bisa dipakai untuk ber-mobile banking menjadi salah satu sisi minus Top 168. Hal lain, kapasitas memori internalnya hanya 123 KB. Untuk menyimpan satu lagu utuh pun tak cukup. Dengan begitu, kalau ingin menikmati ponsel tersebut dengan maksimal, pengguna wajib menambahkan kartu microSD.

6 thoughts to “Dibekali Speaker Selebar Ponsel”

    1. Pak Pika,

      Ya silakan mencarinya di pusat penjualan ponsel. Namun, Anda pasti sulit menemukannya karena ponsel itu sudah diskontinyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *