Djadoel Bisa, Alay pun Boleh

Soepaja tak monoton, saat tjhatting Anda moengkin roetin menambahkan emotitjon jang menggambarkan ekspresi wadjah Anda. Entah tersenjoem, tertawa, marah, ataoe bersedih. Mestinja boekan hanja itoe jang dapat Anda lakoekan.

5upaY4 t4k m0N0t0N, 544t ch4tt1n6 4nDA mun6k1n rut1n m3n4mb4hK4n em0tic0n y4n6 M3NG64mb4rk4n EK5pR3s1 w4j4H 4Nd4. 3nt4h t3r53nyUm, tErt4w4, m4R4h, 4tau bErseDih. m35t1ny4 buk4n h4ny4 1tu y4n6 d4p4t And4 L4kuK4N.

Edjaan Djadoel

Bingung membaca dua paragraf di atas? Ini lho kalimat aslinya: “Supaya tak monoton, saat chatting Anda mungkin rutin menambahkan emoticon yang menggambarkan ekspresi wajah Anda. Entah tersenyum, tertawa, marah, atau bersedih. Mestinya bukan hanya itu yang dapat Anda lakukan.”

Sebagai pengguna ponsel Android, Anda dengan relatif mudah bisa mengubah tampilan kalimat menjadi djadoel seperti ejaan lama bahasa Indonesia atau berbahasa alay seperti ABG masa kini. Anda tak perlu mengetikkan kata demi kata secara manual karena hal itu berpotensi membuat “kram otak”. Manfaatkan saja aplikasi kreasi pengembang lokal yang siap diunduh di Play Store.

Untuk mengubah tampilan kalimat ke bahasa Indonesia ejaan lama, pakailah aplikasi Edjaan Djadoel. Anda selanjutnya tinggal menjalankan aplikasi itu, mengetikkan serangkaian kalimat memakai bahasa Indonesia sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), lalu tekan tombol Terdjemahkan. Hasil konversi ke ejaan lama alias djadoel itu dapat dikirimkan melalui berbagai media. Di antaranya, email, SMS, dan aneka aplikasi pesan instan atau chatting.

Alay Text Generator

Sementara itu, kalau ingin mengubah tampilan kalimat ke bahasa alay, instalasikan dulu aplikasi Alay Text Generator. Terdapat tiga “ramuan” alay yang leluasa Anda pilih. Mau dipakai semua secara bersamaan juga bisa. Ada pilihan huruf besar kecil, dipadu angka, dan disingkat-singkat. Kalau semua dipilih, kalimat yang dihasilkan dijamin bakal memusingkan orang dewasa. Buktikan sendiri!

12 thoughts to “Djadoel Bisa, Alay pun Boleh”

  1. Pak Herry,

    maaf OOT, mau tanya akhir-akhir ini lenovo kan banting harga, lenovo vibe z jadi 3,99 juta menurut pak hery worth it tidak untuk di beli? pingin ganti hp, sekarang pakai sony xperia xp mau ganti hp, budget 4 jutaan , rekomendasi pak herry apa ya?trims

    1. Pak Yoni,

      Dengan harga baru terkini yang Rp 3,999 juta, Lenovo Vibe Z boleh Anda beli.

      Anggaran Rp 4 jutaan itu maksimal berapa? Sebab, Rp 4,999 juta pun masih termasuk Rp 4 jutaan.

  2. iya kooo..plissss..review xiaomi redmi 1s yaaa…wkwk…plis direview ampe sedetail detail nya..wkwk…:D

  3. Pak Hery

    maksud saya 5 juta maksimal, ingin ganti hp yang layar lebar >= 5 inch, full HD, RAM 2 GB, kamera yg bagus.

    apakah lenovo vibe z tsb tidak anjlok lagi harganya? mengingat vibe z pro september ini muncul, jadi gamang sebab lenovo harganya sering anjlok, apa ada rekomendasi hp lain ?

    trims.

    1. Pak Yoni,

      Ya namanya barang elektronik pasti kelak harganya akan turun lagi. Namun, bila sudah ingin beli Vibe Z, saya rasa harganya saat ini sudah rasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *