Eh, Ada Android Dual On

Langkah vendor ponsel merek lokal buatan Tiongkok kadang di luar dugaan. Angan-angan sebagian konsumen, yang bagi produsen ponsel merek global mungkin masih sebatas wacana, ternyata mampu direalisasikan oleh vendor ponsel merek lokal.

Ponsel yang dilengkapi televisi analog merupakan satu contoh nyata. Berikutnya, ponsel dengan dua, tiga, bahkan empat slot kartu. Sekarang, Ivio bekerja sama dengan TelkomFlexi menghadirkan Ivio DE88. Peranti dengan sistem operasi android 2.2 alias Froyo itu memungkinkan pengguna menyiagakan dua nomor sekaligus. Satu GSM, satu CDMA.

Nomor GSM bisa dipakai bertelepon, ber-SMS, dan menikmati layanan akses data berbasis GPRS/EDGE. Sedangkan nomor CDMA-nya, selain untuk telepon dan SMS, dapat digunakan berinternet via layanan EvDO dengan kecepatan sampai 3,1 Mbps.

Karena berstatus unlocked, pengguna leluasa memadukan DE88 dengan kartu GSM dan CDMA operator mana pun. Namun, ingat, spesifikasi peranti itu adalah CDMA 800 MHz. Jadi, jangan coba-coba menyelipkan kartu RUIM Smart Telecom ke dalamnya. Smart mengudara di frekuensi 1.900 MHz. Jadi, tahu kan apa yang bakal terjadi bila Anda nekat memasangkannya ke DE88?

Kinerja keseluruhan DE88 melebihi ekspektasi awal penulis. Layar sentuh kapasitif 3,5 inci yang digunakan cukup responsif. Layar TFT 262 ribu warna beresolusi 320 x 480 piksel itu mampu menampilkan huruf dan ikon dengan relatif prima.

Sepasang kamera dibenamkan ke peranti tersebut. Kamera utama berada di bagian belakang. Ia memiliki fitur autofocus, tanpa lampu kilat, dan sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal lima megapiksel. Sedangkan kamera di sisi muka hanya beresolusi 640 x 480 piksel alias VGA. Bila difungsikan sebagai perekam video, resolusi terbesar yang mampu diproduksi oleh masing-masing kamera adalah VGA. Untuk ukuran ponsel merek lokal, performa kamera DE88 tergolong bagus.

DE88 yang dijual Rp 2,499 juta itu memanfaatkan konektor mini USB sebagai penghubung charger maupun kabel data. Sedangkan untuk menancapkan handsfree berkabel, di bagian atas peranti tersedia konektor audio universal 3,5 mm.

Prosesor Qualcomm MSM7267 600 MHz, Wi-Fi, GPS, bluetooth, dan radio FM adalah sebagian spesifikasi lain DE88. Kala ingin mendengarkan siaran radio, pengguna harus memasangkan handsfree berkabel. Selain sebagai antena, handsfree tersebut berfungi sebagai satu-satunya alat monitor. Sebab, siaran radio tak bisa diperdengarkan lewat speaker internal peranti.

Berdimensi fisik 119 x 60,9 x 14 mm, DE88 memiliki kapasitas ROM 512 MB dan RAM 256 MB. Saat peranti masih segar karena usai diformat, kapasitas memori internal yang dapat digunakan tercatat 184 MB. Supaya lebih optimal, pengguna idealnya memasangkan microSD untuk penyimpanan file multimedia. Slot memori eksternal DE88 kompatibel dengan microSD berkapasitas sampai 32 GB.

Ingin berburu aplikasi tambahan? Silakan masuk ke Android Market. Permainan populer Angry Birds sampai korek api virtual dan aplikasi pendeteksi hantu siap diunduh. Kelak pengguna juga bisa menelusuri Flexi Market yang saat ini sebenarnya sudah bisa diintip, tetapi belum komplet.

5 thoughts to “Eh, Ada Android Dual On”

  1. salam pak harry, ketemu lagi kita, cuma di jendela yang lain,hehehe..
    saya belum pernah menggunakan hp ini, cuma dari spec nya kok sayang banget ya cuma disokong prosesor 600mhz. dan harganya pun lumayan ditambah ga banyak di pasaran.
    anyway, bukan itu juga yg saya mau tanya. pak harry pernah dengar android dual on motorola xt882 atau xt883? ada info ga pak tentang dua hp itu?saya cari info hanya ada di cina saja.
    terima kasih banyak pak harry..

  2. DE88 kan keluaran lama, Pak. Jadi, wajar deh bila saat itu masih pakai prosesor 600 MHz. Harga masih bisa dipatok tinggi karena praktis tak ada pesaing.

    Motorola XT882 dan XT883 pernah saya dengar infonya, namun belum pernah coba. Yang XT882 di Jakarta sempat ada yang jual tuh. Cuma satu unit dan bekas. Sepertinya eks-handcarry sendiri. Harga Rp 4 jutaan.

  3. Gan tau baterai yang kompatibel dengan baterai ivio de88 plus gk? Klo tw tolong sms ke no ini 081903708438. Thanx

    1. Pak Pandu Arya Maradona,

      Saya harus meminta maaf karena tiga hal.
      1. Lain kali tolong jangan memakai kata sapaan “gan” di blog ini.
      2. Maaf, saya tak tahu jawabannya.
      3. Maaf, saya tidak melayani tanya jawab via SMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *