Esia Hentikan Layanan di Luar Jakarta dan Bandung

Anda yang menggunakan nomor Esia di luar Jakarta dan Bandung mungkin sempat bingung karena nomor Anda tak dapat dipakai berkomunikasi. Sinyal penuh, tetapi tidak bisa menelepon maupun telepon. Mungkin pula ada yang sinyal Esia-nya malahan lenyap total.

Hal itu terjadi lantaran sejak 1 Januari 2016 layanan Esia di luar Jakarta dan Bandung telah dihentikan secara bertahap. Suka atau tidak, Anda harus mengucapkan sayonara kepada Esia. Kalau sebagian di antara Anda kemudian menganggap Esia telah tinggal glanggang colong playu, itu sih terserah Anda. Bukan penulis alias HSW yang menyatakan demikian.

RIP Esia-1

Sebagian di antara Anda mungkin sempat mendapatkan SMS berikut ini.

RIP Esia-5

RIP Esia-6

RIP Esia-7

RIP Esia-8

Kalau Anda merasa tidak pernah memperoleh SMS semacam itu, berarti Anda bergabung bersama sekelompok pengguna Esia yang tak mendapatkan SMS pemberitahuan.

Kompensasi apakah yang diperoleh pengguna setia Esia? Siang ini, 11 Januari 2016, HSW singgah ke Gerai Esia di WTC Surabaya. Gerai tutup. Di pintu kaca ditempelkan sederet kertas seperti yang terlihat di foto paling atas halaman ini. Beberapa pengguna Esia yang gundah terlihat berdiri di depan gerai.

Pria di sisi kanan foto tadi terlihat begitu kecewa. Ia mengaku membeli nomor cantik Esia seharga Rp 2 juta. Nomor itu sehari-hari disebarluaskan untuk kepentingan pekerjaan. Kini nomor tersebut tak bisa dihubungi lagi.

RIP Esia-2

Berikut rangkum informasi penting yang patut diketahui pengguna Esia.

Gerai Esia WTC Surabaya sedang mengalami kendala teknis sehingga tak bisa melayani pelanggan. Untuk memperoleh layanan dari customer care, pelanggan disarankan menelepon ke 021-91009999 atau mengirimkan email ke customercare@bakrietelecom.com.

Hasil uji coba yang dilakukan HSW, nomor telepon yang disebutkan bisa dihubungi, tetapi tak ada satu pun petugas yang menerima panggilan. Penelepon hanya akan diterima oleh mesin interactive voice response (IVR). Beberapa menit kemudian panggilan terputus otomatis.

RIP Esia-3

Bagaimana nasib nomor Esia Anda? Bagaimana pula sisa pulsanya? Esia hanya memberikan dua pilihan. Pertama, memindahkan nomor dan pulsa ke aplikasi EsiaTalk. Kedua, memberikan sisa pulsa kepada pemilik nomor Esia di Jakarta atau Bandung.

RIP Esia-4

Dibandingkan dua operator CDMA lain yang sudah menghentikan operasinya, Flexi dan StarOne, langkah Esia ini ibarat kejutan awal tahun 2016.

Asem tenan. Biar klop, HSW memilih menu makan siang asem-asem daging. Kalau Anda berada di Semarang, buruan menyantap hidangan serupa di Asem Asem Koh Liem, seberang SMA Loyola deh. πŸ™‚

RIP Esia-9

Update 12 Januari 2016: saat kemarin HSW ke Gerai Esia WTC, ternyata ada yang melakukan foto candid. Ini hasilnya. πŸ™‚

Esia WTC

211 thoughts to “Esia Hentikan Layanan di Luar Jakarta dan Bandung”

  1. Pak Herry,

    Selain asem-asem Koh Liem, jangan lupa mencicipi Leker Paimo..dengan isi keju mozarella πŸ˜€

    #untung bukan pengguna Esia pak..

    1. Pak Anton,

      Makan Asem Asem Koh Liem, beli Leker Paimo, trus makan Rujak Serut Pak Man, dan ditutup dengan ngadem di Istana Wedang. Asli tambah gembul deh. πŸ™‚

        1. Pak Joko,

          He… he.. saya tidak sedang ke Semarang kok. Foto asem-asem daging itu dijepret di sebuah depot di WTC Surabaya.

          Jalan Plampitan itu yang ada Soto Bokoran dan Hotel Quest ya? Penjual tahu gimbalnya di sebelah mana?

          Wah, kalau mie kopyok, saya malahan baru dengar ini.

  2. eplikasi yang mana…
    hmm… mungkin kredit pulsa yang ndak diklaim bakal dikumpulin buat bayar tukang bor pak.
    hmm…..

  3. Untuk saya sudah ada firasat mau tutup om HSW ….jadi pertengahan tahun lalu waktu internet esia ( esia max d) “RIP” . Maka jaringan internet dan telpon saya pindah kan .
    Untuk internet pindah ke “3” dan untuk telpon antar keluarga pindah ke “Smartfren”.
    Memang terkenal Asem2 koh liem di semarang, deket rumah ortu ku.
    Salam

    1. Pak Susanto,

      Dugaan saya untuk diberitahu kalau layanan sudah dihentikan, trus diminta memilih “solusi” yang mana. Itu saja sih.

  4. Baru saya ‘almarhumkan’ esia pd pertengahan des 2015 bersama keluarga besar krn kualitasnya mkn menurun. Kembali ke simpati

  5. Kalau kaya gini apa ga kena sentil dari pemerintah? (BRTI bukan ya?). Sama sekali nggak ada kompensasi atau pemberitahuan dari jauh2 hari. Masih mending flexi dong ya. Meski kompensasi flexi juga ga bisa disebut layak.

    1. Pak Rido,

      Nah itu dia. Semoga regulator bisa mendesak Esia untuk memberikan kompensasi.

      Benar, pindah paksa ala Flexi saya nilai kurang bagus. Eh Esia ternyata lebih parah.

  6. Just info, Tadi saya mesen makanan. Nah penjualnya pake Esia. Eh, waktu saya telpon malah kayak ditolak gitu. Padahal bukan salah penjualnya, tapi Esianya. Saya sendiri daerah Jakarta.

    Apa jangan2 Jakarta udah mulai kena pemberhentian?

  7. Koh Herry,

    Sebenarnya yang bermasalah tidak hanya Esia, Esiatalk saya juga sudah berhari-hari tidak bisa telp keluar dan tidak bisa terima telp sama sekali. Pulsa banyak dan masih masa aktif.

    Percuma dimigrasi pun. Kena imbas error juga.

    Migrasi ke Esiatalk sejak sampai saat ini tidak bisa SMS sama sekali.

  8. Maaf pak herry menyimpang dari topik.saya mhn pertimbanganya,saya mau mau beli hp skdr buat bbm,tlp,medsos sskli foto.tp yg ngkp snylnya bagus mslhnya dtmpt saya snyl jlk 3g ssh dptnya.rncana mau ambil meizu m2 note/redmi note 2.gmn mnrt pak herry?trima kasih sebelumnya

    1. Pak Sismanto,

      Biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      Saya belum pernah mencoba Meizu M2 Note maupun Redmi Note 2. Jadi, saya tak tahu bagus tidaknya. Khusus Redmi Note 2, unit yang sekarang beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi. Saya sih tidak berani membeli yang seperti itu.

    1. Bu Novy,

      Yang dicabut oleh pemerintah adalah lisensi CDMA FWA, bukan lisensi CDMA seluler.

      Esia termasuk CDMA FWA sehingga terkena dampaknya. Namun, kalau mau, sebenarnya mereka kan bisa berpisah baik-baik dengan pelanggannya. Misalnya, sejak tiga bulan sebelumnya sudah ada sosialisasi. Bukan tiba-tiba berhenti.

  9. saya pengguna nomor esia sejak thn 2006, pernah dipakai di handheld nokia cdma, kemudian beralih di inject kan ke Blackberry cdma krn tuntutan pekerjaan (jarkom dan push emailnya juara saat itu), sering jg digunakan untuk tethering, kemudian beralih ke Android Esia Max (by Cyrus). Akan tetapi sejak dimatikan nya layanan internet esia, sim card sy kembalikan ke nokia handheld jadul, sebelum saya putuskan berpisah secara baik-baik dg esia thn 2015. Semoga pengguna yg lain jg bisa berpisah secara baik baik, amin

  10. Ma’af OOT pak Herry, saya kemarin membeli Xiaomi Note 3 dengan garansi BLES, apakah garansi tersebut bagus ? Terima kasih

  11. Pantesan nmr sy gak bisa dihubungi..
    Mo ke gerai esia solo tutup/ sdh pindah? trs sisa pulsa 31ribu gmn neh..????
    Asem tenan kie bakri.. mg2 kualat 7 turunan..

    1. Pakde Bani,

      Hanya ada dua alternatif terhadap sisa pulsa yang ada:
      1. Dipindahkan ke aplikasi EsiaTalk.
      2. Diberikan kepada pengguna Esia di Jakarta dan Bandung.

      Iya, asem tenan deh.

    1. Pak Edwin,

      Dengan anggaran segitu, kalau saya akan berusaha membeli LG G4. Pilihannya dua:
      * Nabung lagi sedikit dan beli G4 baru, atau
      * Beli G4 bekas dan sisa dana sekitar Rp 1,3 juta ditabung.

      1. Dengan issue lg g4 yg sering bootloop apakah itu patut di pertimbangkan?? Saya juga memperyimbangkan Sony xperia M5 dan samsung A7

        1. Pak Edwin,

          Bukan isu sih, Pak. Itu memang realita. Namun, menurut saya, hal tersebut tidak masalah karena:
          * Kalau saat ini beli G4 baru, unit yang didapatkan bukan batch/kloter yang bermasalah.
          * Kalau pun beli bekas dan dapat batch yang rawan bermasalah, toh selama masa garansi akan diganti mainboard gratis, bahkan diganti dengan unit baru secara gratis juga.

          Saya belum pernah mencoba Xperia M5 dan Galaxy A7. Buat saya sih Samsung selain seri Note dan S biasanya kurang mantap.

    1. Bu Ajeng,

      Kalau Anda bertanya apakah bisa tutup, semua operator tentu bisa tutup. Namun, persentasenya kecil. Smartfren, misalnya, persentase tutupnya sampai saat ini maksimal satu persen deh.

  12. Mau solusi yang manapun tidak memungkinkan karena tidak ada petunjuk pelaksanaannya bagaimana hehehe…

    Saya prefer ganti Esia Talk, tapi bagaimana caranya ?

    Sudah email ke Esia cuma dijawab autoreply tanpa ada followup.

    1. Pak Ju Ming,

      Yang solusi pertama, EsiaTalk, tinggal daftar baru EsiaTalk. Ikuti saja proses registrasinya sampai selesai.

      Berurusan dengan Esia memang mengesalkan ya.

  13. Wah bung HSW kena paparazzi!

    Saya ga pernah pakai Esia utk nomor pribadi, waktu jaman pacaran sama mantan pacar alias istri biasanya pakai Fren sebelum mereka gabung ke Smartfren. Tapi pernah beli pesawat Wifone ini pesawat telpon rumah jenis inject dan nomornya nomor Esia kepala 9. Lupa sejak tahun kapan, nomor tersebut sulit dipakai telpon keluar dan masuk. Ternyata sekitar 3 bulan kemudian kantor Esia tempat saya tinggal di Jambi juga tutup. Pesawat telponnya akhirnya saya buang deh, walaupun sebenarnya masih ada pulsa 50 ribuan. Toh ga bisa dipakai lagi

  14. wah ini salah satu rencana yang katanya nomor CDMA akan dihapuskan kah pak? kira” nomor smartfren saya apa kabar nantinya, masalahnya sudah banyak diketahui orang juga, dan sekarang juga sudah sulit menemukan ponsel untuk CDMA memang pak, apalagi yang untuk sekedar telpon dan sms saja. entah kenapa kalau aktivitas telpon dan sms lebih enak kalau pakai hp” jadul dulu hehehheh

    1. Pak Adit,

      Lebih tepatnya, nomor CDMA FWA. Smartfren sih aman.

      Feature phone CDMA memang sudah sulit ditemukan, seiring dengan menurunnya popularitas CDMA.

  15. Pak Herry Yth,
    Enak banget baca ulasan Pak Herry. Ringan dan mudah ditangkap. Anda mau juga berbagi info ditengah kesibukan Anda.
    Menyambung jawaban Bpk untuk pertanyaan Pak Edwin tentang LG G4, saya mohon sekali dibantu:
    1. Apakah pembelian LG G4 baru Rp 6,6 juta termasuk battery kit?
    2. Battery kit itu apa ya Pak?
    3. Soalnya penjualnya bilang tidak termasuk Pak. Apakah hal ini benar, Pak? Saya kok jadi berburuk sangka, bahwa penjual ini curang.
    4. Kalau mau beli LG G4 bekas, dimanakah itu penjual terpercaya?
    5. Harganya Rp 4,2 juta ya Pak?
    6. Berapa lama lagi sisa garansi resmi?
    7. Masih worthed kah G4 tsb? Sy khawatir, performanya sudah berkurang, daya tahan baterai menurun (karena misalnya sudah banyak dipakai buat game). Nah, saat kita mau claim ke garansi resmi, sudah berakhir atau ditolak.
    8. Makanya bela-belain mau beli yg baru. Tapi Pak Herry pernah bilang bahwa perkembangan teknologi kian cepat. Sebentar lagi akan keluar terus HP baru dgn harga lebih bersahabat, performa malah lebih prima.
    9. Kalau Xiaomi adakah yang:
    a. Layar 5.5”
    b. RAM 4 GB
    c. Dual sim LTE (syukur-syukur bisa LTE Smartfren)
    d. Ada slot memory card
    e. Kinerja gesit
    f. Kamerapun bagus
    g. Baterai super hemat dengan teknologi fast charging

    Tipe apa dan berapa harganya sekarang Pak, dengan garansi resmi?
    Yang penting paling mendekati, kalau tak ada yg persis sama, dan mohon dijelaskan poin per poin dari a – g tsb ya Pak.

    Terima kasih banyak.

    1. Pak Vicky,

      1. Harga ritel resmi G4 saat ini Rp 6,499 juta dan tidak termasuk battery kit. Battery kit itu satu set peranti yang terdiri atas baterai cadangan dan battery charger. Jadi, baterai ponsel bisa di-charge tanpa perlu dipasangkan ke ponsel.

      2. Ya silakan keliling mencari G4 bekas yang masih bagus, berfungsi normal, dan masih bergaransi resmi. Tak ada tempat khusus. Harga pasaran saat ini Rp 4 juta sampai Rp 4,5 juta. Sisa garansi resmi setidaknya masih ada sekitar setengah tahun.

      3. G4 masih layak beli kok. Masa edar G4 di sini belum sampai setahun. Jadi, asalkan tidak pernah mengalami hal-hal yang melanggar klausul garansi, seharusnya masih bergaransi.

      4. Perkembangan cepat. Namun, itu bukan bermakna tak boleh beli ponsel baru.

      5. Tak ada Xiaomi yang memenuhi kriteria tersebut.

  16. Dear Pak Herry,

    1. Kenapa tdk dapat bonus battery kit lagi ya, Pak?
    2. Apakah battery kit ini dijual?
    3. Sy lihat di Sriwijaya Roxy Mas harganya memang Rp 6,5 juta namun kesulitan cari lokasi fisiknya dimana. Takut belanja online.
    4. Kalau sy tunggu sampai keluar G5, apakah G4 ini keburu diskontinyu, Pak?

    Terima kasih

    1. Pak Vicky,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      1. Ya karena promo bonus battery kit sudah berakhir.

      2. Ya. Anda bisa membelinya di gerai penjualan resmi LG.

      3. Di toko-toko ponsel dan gerai Erafone harganya sudah Rp 6,499 juta kok.

      4. Ketika G5 keluar, G4 belum diskontinyu. Kalau pun diskontinyu, pasti masih bisa ditemukan di toko-toko ponsel. Buktinya, sampai sekarang pun G2 dan G3 masih bisa dijumpai di pasar kok.

  17. Pak Herry,
    Desember awal saya isi pulsa esia 25rb, habis dlm 2hari. Bingung tapi ndableg, saya malah isi lg 50rb, habis dlm 3 hari, hanya utk telpon lokal skitar 4x, no hp, no sms dll. Call centre ga bisa dihubungi. Januari awal saya baru sempat ke kantor esia solo dan yes, sudah tutup. Minggu lalu saya ke kantor esia bandung sudah tutup juga ternyata. Esia pancen oye…. Hp esia buat apa ya pak? asem2 hp?

    1. Bu Dewi,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Wuih… lha pemotongan pulsanya kok dahsyat banget.

      Kalau ponsel CDMA Anda berstatus unlocked, Anda bisa memadukannya dengan nomor Smartfren.

  18. pak Herry yang baik,
    apakah bapak sudah pernah mencoba hp dg os tizen, jika belum apakah ada rencana mereview nya?
    Terima kasih

    1. Pak Ricky Sundara,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Kalau sekadar towel-towel, bertahun-tahun silam saya pernah melakukannya. Namun, saya belum pernah me-review-nya. Sejauh ini belum ada rencana menguji pakai ponsel Tizen.

    1. Pak Marundruri,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Saat ini di pasar tersedia tiga varian Zenfone 2 Laser. Pertama, layar 5 inci, RAM 2 GB, ROM 8 GB, kamera utama 8 megapiksel, belum mendukung 4G LTE, dan baterai 2.070 mAh. Harga pasarannya Rp 1,75 juta sampai Rp 1,8 juta. Kedua, layar 5 inci, RAM 2 GB, ROM 16 GB, kamera utama 8 megapiksel, belum mendukung 4G LTE, dan baterai 2.070 mAh. Varian inilah yang HSW gunakan dalam uji pakai. Rentang harga jualnya Rp 1,85 juta sampai Rp 1,9 juta.

      Ketiga, layar 5 inci, RAM 2 GB, ROM 16 GB, kamera utama 13 megapiksel, siap dipakai menikmati layanan 4G LTE, dan baterai 2.400 mAh. Toko-toko ponsel seringkali membanderolnya Rp 2,05 juta sampai Rp 2,1 juta. Dengan memperhatikan selisih harga jual dan spesifikasi, HSW merekomendasikan Anda membeli varian ketiga.

      Kelak seharusnya ada Zenfone 2 Laser varian keempat, kelima, dan keenam yang didistribusikan resmi ke Indonesia. Apa saja? Keempat, layar 5,5 inci, ROM 16 GB, kamera utama 13 megapiksel, belum mendukung 4G LTE, dan baterai 3.000 mAh.

      Kelima, layar 5,5 inci, RAM 2 GB, ROM 16 GB, kamera utama 13 megapiksel, 4G LTE, dan baterai 3.000 mAh. Terakhir alias keenam, layar enam inci, RAM 3 GB, ROM 32 GB, kamera utama 13 megapiksel, 4G LTE, dan baterai 3.000 mAh.

  19. Oh kalau begitu no esia bdg jkt harus ditarik dari peredaraan. Apa alasan esia? Konsumen kecewaaa donk pengunaa esia dari tahun 2004. Gmn solusinya pak esiaa? Thanks.

    1. Pak Fardiansyah,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Setahu saya, Esia beralasan merugi dan ingin melirik teknologi lain. Iya, sangat wajar kalau pelanggan lama Esia kecewa berat. Apalagi, Esia terkesan tidak berpisah baik-baik dengan mereka.

  20. Halo pa heri. Berarti good bye esia flexi smarfren.. Yg jelas pemberitahuan donk kalau ditinggal bakriee telecom.

    1. Pak Fardiansyah,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Smartfren kan masih ada.

  21. Kemarin saya Usulan Proposal Metodologi Penelitian ngangkat fenomena CDMA yang terpuruk dari tahun 2013. Setau saya emang pemerintah “ingin”, Indonesia hanya punya satu operator CDMA.

    Tapi yang sampe sekarang bertahan cuma Smartfren, itupun income terbesar dari Paket Data/Internet dan bukan dari SMS/TLP/Penjualan Hp.

    Esia emang udah lama juga gak kedenger gaungnya, dulu pernah sih saya pake Esia Hidayah. Alhamdulillah, semakin hidayah:’)

  22. Wah kalo gitu no cantik esia saya bakal hilang dong… Padahal nomernya lumayan bagus 021 9900 9959, tp dah bbrp th ga dipake, ga diisi pulsa jg… Tp kok ga hangus ya?
    Btw, pak Herry, ada info ga kapan Iphone 6s dijual resmi di indo? Thanks

    1. Pak Aming,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Wah, Anda beruntung banget. Teman saya di Surabaya pening kepala nih. Dua nomor cantik Esia yang dimilikinya, 91688888 dan 91689999, mendadak tak bisa dipakai.

      Saya tak memiliki informasi memadai tentang jadwal jual iPhone 6s bergaransi resmi.

    1. Pak Budi Wiryo,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Sepertinya akan tutup selamanya. Saat saya memotret Gerai Esia yang kemudian saya unggah ke blog, logo Esia di atas pintu masih menempel. Beberapa hari kemudian, saya perhatikan logo itu sudah dicopot.

      Soal modem yang masih locked, terpaksa harus direlakan, Pak. Mencari jasa unlock rasanya kurang bijak mengingat harga bekas modem itu sekarang hanya sekitar Rp 50 ribu.

  23. menurut ko herry kartu apa sih yang bagus untuk internetan terutama 4G . yang paketnya hemat dan internetnya stabil ( buat browsing , game online , download ) ko herry pernah pakai true unlimited smartfren bagus nggak … dan apa sih itu true unlimited ( maklum pengguna baru android ) terimah kasih

    1. Pak Amar Amaruf,

      Wah susah nih. Lha Anda minta yang paketnya hemat (alias murah), tetapi stabil untuk beragam aktivitas. Yang murah biasanya kurang stabil. Sedangkan yang stabil biasanya kurang murah. Beda lokasi juga bisa beda performa.

      Kalau mengacu kepada pengalaman saya, yang relatif paling stabil, tetapi tidak paling murah, adalah 4G LTE Telkomsel. Urutan berikutnya Indosat.

      Kalau mau yang lumayan stabil dan lumayan murah, ada Smartfren. Apakah True Unlimited itu? Silakan baca ini deh http://www.smartfren.com/id/news-detail/smartfren-luncurkan-paket-data-internet-4g-tanpa-batasan-kecepatan–kuota-true-unlimited-/

  24. Ko Herry, minta advice nih…Lenovo P780 saya beberapa hari ini bermasalah, sering hang (sehari bisa belasan kali kalo sering pake). Sudah berkali-kali reset (via tombol reset dan via tombol on/off) namun tidak ngefek. Ponsel ini mulai gampang hang Jumat siang (15/11) setelah saya charge. Beberapa hari sebelumya sempat saya clear data untuk app BBM, WA, dan Facebook dan beberapa app lain demi melonggarkan ROM (maksudnya biar bisa update app). Setelah saya lakukan clear data ponsel ini bisa berfungsi seperti semula, ga ada masalah. Saya install ulang BBM pun ga ngefek, karena saya lihat di MyApp Playstore proses updatenya macet.
    Jadi, ponsel ini gampang hang ketika nge-roll layar dengan cepat. Sering kali buka app atau layar setting juga langsung hang. Saya lihat sisa ROM-nya masih 1GB (dari 8GB). Kemarin malam, 17/11, saya cek SDCard-nya, karena lumayan penuh (tinggal 1GB dari 16GB), saya hapus isinya sehingga ada space 5GB. Tetap kinerja ponsel saya tidak ada perubahan. Tetap gampang hang.
    Yang bikin tambah depresi, buka Facebook, Instagram, dan browsing pake Opera jadi nggak bisa. Kalo dicoba buka FB maka yang muncul cm layar biru plus huruf F, setelah itu ga bergerak. Kalo nyoba Instagram, cm muncul layar putih. Bisa juga muncul gambar, tapi ga bisa roll ke bawah, setelah itu not responding. Kalo buka situs pake Opera, garisnya ga jalan.

    Anehnya streaming Youtube ga masalah

    Buka sosmed, kalo mau ngetik aja sering hang, jadi harus pelan2 ngetiknya, biar ponselnya ga kaget.

    Bingung.

    Gimana nih Ko HSW? Oya di kantor saya pake paket data, di rumah pake Wifi F***tM*d*a. Apa mungkin karena sering alih sambungan ponselnya jadi kolaps gini?
    Terima telp masi bisa, tapi gesernya harus pelan, kalo nggak..ya hang lagi. Thx

  25. koh HSW
    asus zenfone selfie 16gb dgn harga 2.5 worth to buy ndak ya?
    specs nya kok lumayan, review gsmarena juga not bad
    tapi nunggu review koh hsw aja deh hehehe sebagai sesama user lokal

  26. Pak Herry, boleh usul, kalau bapak jg membahas after sales dr merk2 handphone yg sudah pernah bapak pakai dan barangkali bapak alami sendiri. Boleh juga informasi dari orang lain yang bapak percaya.
    Soalnya saya tidak menemukan informasi yang memadai tentang aftersales, bapak hanya pernah membahas aftersales yang baik hanya ada 3, Samsung, LG, dan Acer.
    Bagaimana dengan merk lain? Merk apa yang aftersalesnya buruk? Sehingga bisa jadi bahan pertimbangan sebelum membeli.
    Karena meskipun, spek tinggi, harga miring, kalau buat saya, servis center yg bagus juga penting.

    Thank you pak.

    1. Pak Aming,

      Saya sebutkan merek yang layanan pusat perbaikan resminya ekstrem baik dan ekstrem buruk ya. Yang terbaik LG, lalu Samsung, dan disusul Acer.

      Kalau yang buruk, juaranya Sony. Dulu Lenovo juga buruk, tetapi sekitar tiga bulan terakhir telah membaik.

      Itu semua yang saya paparkan adalah pusat perbaikan resmi ponsel merek global. Kalau merek lokal, biasanya mengerikan. Kondisi serupa terjadi pada pusat perbaikan ponsel tanpa garansi resmi.

  27. Pak Herry, melanjutkan yang tadi, saya sudah mengalami sendiri kalau servis LG dan Samsung memang sangat bagus, bahkan th 2014 ganti motherboard LG G Pro saya hanya 30 menit, sementara saya mengalami hal yang sama pada th 2014 pada merk Blackberry dan dan awal 2015 merk Sony, memakan waktu lebih dari 2 bulan. Th 2014 Lenovo, untuk perbaikan tombol power, lebih dari 2 minggu, itupun selesai, setelah saya masukkan ke surat pembaca kaskus dan detik. Kelihatannya Huawei sekarang jg bagus, dengan spanduk besar, 3 hari atau ganti unit.

  28. Pak HSW,

    Terimakasih atas jawaban sebelumnya, ada yg ingin saya tanyakan lagi untuk beli online yg bapak rekomendasikan di mana ya saya tertarik dengan varian ke-3 yg bapak sebutkan namun di daerah saya hanya menjual yg varian ke-2 setelah saya cek di web asus store mereka menjual varian ke-3 namun kamera utama hanya 8mp saya tanyakan apa mereka tidak salah dan mereka menjawab yg beredar di Indonesia ze500kl dengan kamera utama 8mp.

    1. Pak Marundruri,

      Nah… itu masalahnya. Barusan saya cek ke Erafone.com, varian ketiga juga belum tersedia di sana.

      Iya, di Asus Store Indonesia ada stok. Namun, saya malahan baru sadar usai membaca komentar Anda. Kameranya kok tertulis 8 megapiksel ya. Padahal, di lembar spesifikasi yang saya dapatkan dari Asus Indonesia, kameranya jelas-jelas tercantum 13 megapiksel. Ikutan bingung deh.

      Anda di kota mana tho? Bagaimana kalau beli offline saja. Di toko sudah tersedia kok.

  29. Pak HSW,

    Itu dia pak tadinya saya mau membeli di web asus store tapi setelah saya baca spesifikasi kamera kok 8mp awalnya saya fikir ini kesalahan penulisan dan setelah saya tanya melalui chat yg tersedia di web tsb jawaban pihak mereka mengatakan kalo bener itu kameranya 8mp lah saya jadi bingung. Setau saya yg type ze500kl ya kamera utama 13mp tapi ko jawaban pihak asus yg beredar di Indonesia yg 8mp.

    Saya didaerah kecamatan di provinsi Riau pak sudah menanyakan di toko ponsel disini tetapi sepertinya belum ada yg kulakan untuk type ze500kl makanya saya ingin beli online karena spesifikasi untuk varian ke-2 dirasa nanggung.

    1. Pak Marundruri,

      Siang ini saya akan ke WTC, pusat penjualan ponsel di Surabaya. Nanti saya coba cek ZE500KL-nya berkamera 13 megapiksel atau 8 megapiksel deh. Besok pagi silakan ditagih di sini.

  30. Matur nuwun Pak Herry atas jawaban diatas.
    Semoga lekas sembuh matanya ya, Pak.

    1. Setelah baca penjelasan Bapak, saya jadi pengen tunda dulu keinginan beli LG G4.
    Siapatahu, nanti bisa di angka Rp 4 juta. Untuk battery kit, ku beli terpisah.
    Apakah ada chance baik untuk beberapa bulan kedepan dengan skenario tsb, Pak? Konyol gak si Pak, skenario ku ini? Hahahah

    2. ASUS ZE 551ML RAM 4 GB versus LG G4 RAM 3 GB, kalau diatas kertas-kan ASUS yang menang, namun samakah hal ini dengan praktek nyata di penggunaannya? Apakah RAM 4GB nya ASUS sudah diinstall banyak aplikasi bawaan ASUS yg tak bisa dihapus lagi?

    Terima kasih

    1. Pak Vicky,

      1. Rp 4 juta itu harga baru atau bekas? Kalau harga baru, rasanya peluangnya kecil.

      2. Praktik nyata terbalik. Si Asus kalah menarik dengan si LG. RAM di-install aplikasi? RAM itu memori untuk menjalankan ponsel, bukan tempat menginstalasikan aplikasi.

      1. Memang pak kalau RAM itu untuk processing cache, tapi kan kalau makin banyak bloatware, banyak juga yang jalan di background, makan RAM deh…

        @Vicky: Saran saya lebih baik ambil LG saja, performa dan aftersalesnya bagus… Kebetulan saya pengguna ZenFone 5, dan cukup kecewa dengan aftersalesnya dan performanya

  31. ternyata area yogyakarta juga udah tutup neeh Esia. sinyal penuh tapi tidak bisa buat apapun. termasuk cek pulsa dan hubungi operator. berarti Esia lari dari tanggung jawab neeh kepada pelanggannya. sinyal penuhnya sebagai apa ya pak?? kalau gak bisa digunakan. musmet dewh….

    1. Bu Nur Jogja,

      Sinyal masih penuh? Punya saya awalnya sinyal penuh. Begitu ponsel dipadamkan, lalu dinyalakan lagi, sinyal yang awalnya penuh itu hilang total.

  32. Terima kasih pak herry desember saya sempat datang ke wtc. Pas 1 hari setelah tutup. Kata satpam nunggak listrik. Mesti direlakan saja deh modem esia saya

  33. Jika pak herry ke jakarta. Apa pergi ke esia? Jika demikian apa titip 2 modem saya kalau memungkinkan. Saya juga dengar rumah infinix, tempat service infinix mungkin bapak herry mau lihat?

    1. Pak Marundruri,

      Kemarin sudah saya cek. Konfirm Zenfone 2 Laser bergaransi resmi varian layar 5 inci dan LTE dibekali kamera utama 13 megapiksel.

  34. Dear Pak Herry,

    Tks sudah berkenan kembali menjawab pertanyaan saya.

    1. Maksud saya LG baru namun akan saya beli di akhir tahun ini atau tahun depan lagi. Mungkin bukan Rp 4 juta. Tapi sudah sekitar Rp 4 jutaan. Hahaha..

    2. Kalau kita hendak menginstall banyak aplikasi, bukankah membutuhkan RAM yg besar?

    3. Kapan atuh review lengkap Infinix Note 2 nya, Pak? Hehehe.. Maaf ya Pak bawel.

    Tks lagi ya Pak HSW.

  35. Esia kurang ajar nih… pulsa tinggal 339.461 saya termasuk yang gak dapat sms notifikasi…. pada 7 januari karena tertulis masa aktif berakhir saya isi lagi 10.000 aja, kata bakul pulsa sudah terisi tapi saat ponsel esia dipakai malah gak bisa sampai sekarang….mau makan duitnya aja tuh esia… semoga barokah

  36. saya punya modem max-d locked, mau di-unlock ke gerai esia semarang buat ganti ke smartfren malah tutup.. asem tenan

    gak ke tahu bakso bu pudji ungaran pak? deket rumah saya pak. hehe

    1. Pak You,

      Tahu Baxo Ibu Pudji kan? Saya pernah ke sana. Kalau dari arah Semarang menuju Ambarawa, lokasinya di kiri jalan dan agak menjorok ke dalam. Tahu baksonya enak. Apalagi, kalau pas beli tahunya barusan selesai digoreng. Mantap deh.

      Oh itu dekat rumah Anda. Sekalian tanya keluar dari topik deh. Sate Pak Kempleng itu yang lebih enak Pak Kempleng 1 atau 2 ya? Saya biasanya makan di Pak Kempleng 1. Nah, tahun lalu adik saya sempat makan di Pak Kempleng 2. Kata adik, sate di Pak Kempleng 2 lebih enak. Lebih empuk. Saya sendiri belum membuktikannya.

  37. saya lebih sering beli bungkus bawa pulang (belum pernah makan di tempat) di pak kempleng 2, kadang juga ke pak kempleng 1. saya rasa lebih enak yang pak kempleng 1, soalnya pak kempleng yg asli ya itu, selain itu pernah lewat waktu mau pulang sblm magrib ada plang di pintu masuk tulisannya “habis”, padahal belum waktunya tutup, dengan kata lain: lebih laris pak kempleng 1 daripada pak kempleng 2.. klo empuk gak nya itu saya rasa sama aja deh pak.

  38. saya mau tanya. sekarang smartfren itu dah 4G LTE, apakah smartfren itu msh cdma atau gmn? Terus apalagi smartfren sudah gandeng beberapa hp seperti samsung & lenovo.

    1. Pak Marsetya,

      Kalau sudah LTE, tidak ada lagi GSM dan CDMA. Yang ada:
      * Operator LTE yang sebelumnya dikenal sebagai operator GSM. Misalnya, Telkomsel dan XL.
      * Operator LTE yang dulu dikenal sebagai operator CDMA. Contohnya, Smartfren.

  39. pakai EsiaTalk juga gak jaminan, om HSW.
    Interkoneksinya ngikutin Esia biasa.

    Nomor EsiaTalk yang kode area Semarang, ikut almarhum interkoneksinya.
    Tidak bisa dihubungi dari operator lain (di luar EsiaTalk) bahkan dari nomor Esia biasa Jakarta.

    Nomor EsiaTalk Jakarta berprefix 021-908xxxxx tidak bisa dihubungi dari user Telkom Jakarta.

    Mungkin nantinya EsiaTalk jadi seperti aplikasi VoIP biasa, yang cuma dipakai hubungan sesama aplikasi, tidak bisa dihubungi dari operator lain, tapi bisa untuk call outgoing.

      1. kalau solusi jangka pendek, EsiaTalk bisa diambil dulu (demi sisa pulsa dan no yang sudah telanjur disebar).
        kalau cek di webnya kok solusinya beda, diberi nomor Smartfren plus sisa pulsanya.
        Tanda-tanda Esiatalk juga meragukan masa depannya?

        1. Pak Indra,

          Situs yang dimaksud alamatnya apa ya? Apakah http://www.myesia.com? Saya tak berani mengakses situs itu karena dapat peringatan:

          This web page at myesia.com has been reported as an attack page and has been blocked based on your security preferences.

          Attack pages try to install programs that steal private information, use your computer to attack others, or damage your system.

          Some attack pages intentionally distribute harmful software, but many are compromised without the knowledge or permission of their owners.

          Wah, solusinya kok beda dengan yang disebutkan offline ya. Hmm… makin nggak jelas ini Esia.

  40. Pulsa saya 350 ribu dan saya tidak mendapat pemberitahuan sama sekali, posisi saya medan, cs tak bisa dihub via tlp, email dan twit ga reply, gerai medan diam2 ditutup semua

    Apa yg harus saya lakukan ?

    Masa pulsa segede itu musti dirampas begitu saja ? Beli pakai jerih payah halal :'(

    1. Pak Andre,

      Nah… itu dia. Cara Esia mengakhiri hubungan dengan pelanggan setianya saya nilai sangat buruk. Coba telepon ke 021-91009999, Pak.

  41. Ya Alloh….bakrie bakrie.gerai dijogja jg tutup .saya baru sadar kl esia tutup. Pantes hp ku gak bs saya gunakan.pulsa msh sekitar 40 ribuan. Pokoke aku ora iklas bakrie. Sugih2 kok yo ngapusi to yo.kualat karo wonng cilik koe bakrie

    1. Pak Chatman,

      Seorang penjual ponsel di Surabaya pening kepala tuh. Dulu dia beli nomor cantik Esia Rp 10 juta. Eh… mendadak mati begitu saja.

  42. nasib EsiaTalk 024 Semarang ternyata serupa Esia biasa.
    per minggu ini, tidak bisa telepon normal keluar sama sekali. hanya sesama EsiaTalk. Padahal pulsa masih di atas 100rb dan Paket Combo masih ada 42 menit.
    Sejak 1-2 bulan terakhir, EsiaTalk 024-Semarang sudah tidak bisa dihubungi dari operator lain, termasuk Esia biasa.

    Telp Customer Care, sama sekali bingung tidak punya solusi selain menunggu, termasuk menunggu pulsa dan paket Combo saya hangus.

    Bener-bener tinggal glanggang colong playu….

    1. Bu Lia,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Tinggal menantikan lonceng kematian deh.

  43. saya tinggal di bandung. dari kemarin sampai hari ini esia saya tidak ada signal sama sekali. padahal masa aktif sampai 18 maret. apakah esia di bandung sudah tutup juga ?

  44. info yg saya dapat, Esia (termsk EsiaTalk) akan bertahan di Jakarta dan Bandung saja (entah sampai kapan). Sedangkan kota lain ditutup semua.

    Coba cek ke gerai Esia yang masih buka di Bandung.

  45. ?Sinyal Esia Saya Juga Mendadak Hilang dari tanggal 2 Maret 2016. Apakah esia Sudah bangkrut? Lokasi Saya Di Tangerang.Dan Saya Juga Tidak Mendapat Pemberitahuan. Padahal No Tersebut Sudah di pakai Lebih Dari 7 tahun. Terpaksa deh harus di buang?

    1. Pak Whito,

      Wah… sudah merambah ke Tangerang juga ya. Semoga di sana Esia lebih bertanggung jawab daripada di Surabaya deh.

  46. Wah Esia, kenapa nih esia Bandung mati tanpa pemberitahuan…………
    Akan hidup lagi atau selesai? Esia sangat bermanfaat untuk kami di Bandung yg saling berhubungan dengan pulsa lokal.

    Bapak-bapak mau tanya saya pengguna samsung young duo yang sudah lebih dari 3 tahun. Kameranya ternyata rusak tak bisa berfungsi serta belum saya service karena tidak urgen. Jika ada yg tahu kalau kamera rusak apa motherboardnya diganti gitu? berapa kisaran harganya jika motherboard diganti? saya lagi cari info dulu sebelum pergi ke service center.
    Terima kasih

    1. Pak Akil,

      Waduh… penyakit Esia yang tinggal glanggang colong playu di Surabaya jangan-jangan menular di Bandung nih. Semoga di Bandung mereka tidak lepas tanggung jawab deh.

      Kalau kamera rusak, sedangkan yang lain masih berfungsi normal, kemungkinan akan normal lagi dengan diganti modul kameranya saja. Saya tak mengetahui perkiraan biayanya.

  47. pak/by siuva
    esia punya ortu saya juga sama enggak ada sinyalnya sudah 3hari ini. saya juga di bandung. ini bagaimana solusinya??

    1. Pak Ega,

      Saya menerima keluhan serupa dari beberapa pelanggan di Tangerang. Rasanya lonceng kematian mulai dibunyikan nih. Tinggal dilihat di sana Esia lebih bertanggung jawab daripada di Surabaya atau tidak.

  48. Aduh , esia dari tanggal 3 maret di bandung kota ( cihampelas) dan cimahi kota gak ada sinyal nih , ada apa dengan esia ? Apa nanti akan ada sinyal lagi atau sudah gak akan ada sinyal. Esiatalk kayaknya mahal, awalnya gratis 5 menit bicara.

  49. Miris ya keluarga bakrie, saya juga pakai kartu esia. baru isi pulsa akhir bulan lalu.
    dari kemarin ga ada signal. baru tahu dr link ini kalau esia uda tutup.
    ckckck miris2…
    seharusnya ada kompensasi dari Bakrie, masa mau kaburr begitu aja. Utk kasus lapindo ditinggal pergi, diselesaikan pakai dana talangan pinjaman dari Bpk.Jokowi.
    Sekarang Esia…..ckckckck

  50. tangerang tepatnya di perumahan duta garden, hp esia saya dan mama udah 4 hari ga ada sinyal, pulsa baru isi lg dua2nya….

  51. kita berdoa aja deh semoga layanan esia ada tanggung jawab nya. gak kaya di surabaya. bukan cuma 1 atw 2 orang yang rugi tapi hampir semua yang pake esia menjadi lemas dan gak bisa beraktipitas berkomunikasi.

  52. Sama saya dr bdg, pokona mau nuntut…, gara gara esia langganan pada kabur, headset jd rusak, celana jd sobek, motor jd jelek, muka jd jelek, istri saya jd gemuk, ah pokonamah loba pisan…, ya tuhan berilah aku ketampanan, istri cantik, harta melimpah. Semuanya gara-gara esia…

  53. Pulsa kita sisa berapa? + yg dikonter pulsa x penduduk indonesia = lobaaaa piiisaaan untungna si bajingan

  54. Pa saya harus gimana atuh?? Apakah harus naik angkot elang-cicadas terus bilang Woww gitu?? Ihh saya mah meni kesellll (aslina !!!)

    1. Pak Agung,

      Terus terang saya speechless deh berurusan dengan Esia. Dulu nomor cantik Esia saya dan sisa pulsanya terpaksa saya relakan.

  55. PT. Bakrie Telecom, Tbk Divisi Corporate Communications (021) 91 10 11 12 corpcomm@bakrietelecom.com

    entah apakah nomor ini masih bisa dihubungi atau tidak

    saya turut kecewa karena Esia satu satunya nomor Cdma yang digunakan Ibu saya, sudah 4 hari ini saya tidak dapat menghubungi beliau dan Ibu saya sungguh tidak mengerti menggunakan Hp, dia hanya bisa menjawab telepon saja. Semoga saya bisa secepatny pulang untuk mengganti hp ibu saya. Semoga beliau baik baik saja.

    1. Pak Puji Darmawan,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi pada Januari lalu, saat Esia Surabaya tiba-tiba menghilang, nomor itu tak bisa dihubungi. Nada sambung, tetapi tidak ada yang menerima. Kondisi terakhir saya tak tahu.

  56. sejak tanggal 2 maret 2016 esia sudah ga ada signal di tangerang padahal keluarga saya pake esia smua otomatis sekarang ya ganti hp dan ganti operator hp smua
    yang jadi masalah neh hp bekas esia mw di apain buat ganjelan pintu aja kaleeee yeh

  57. engges uw atuh tong di ayaken ari rek pikiyeu eun mah produk esia teh. sangat merugikan pengguna esia alias masyarakat. orang yang kaya gini ada UUD nya ga ya. hehe

  58. Tangerang Selatan per hari ini layanan esia sdh tamat tidak ada signal, nomer cantik, pulsa msh banyak, sdh pakai tahunan, hilang gitu saja.. Untung sempat jamper jadi nomer whatsapp, kenang2anlah hitung2. Huuffftttttt….

    Sekarang esia, besok2 applikasi path premiun lenyapp jugaa nehh… Kampret dahh

    1. Pak Wisnu,

      Berarti, Bapak nggak boleh ganti ponsel atau menghapus WhatsApp lho. Sebab, saat aktivasi ulang akan ada SMS verifikasi yang dikirimkan ke nomor Esia. Lha kalau nomor Esia-nya sudah tewas, SMS verifikasi itu pasti gagal terkirim.

  59. Hiks.. Hiks… Esia saya sudah 7 tahun lebih akhirnya di bunuh paksa.. Kualat kah esia gara gara lapindo.. Atau gara gara masuk koalisi..

    Sungguh terlaluuuuuuu…. Kabur tanpa kompensasi dan tanpa tanggung jawab… Syukurlah ownernya gagal menang pemilu kemarin… Amit amit dah pakai produk keluaran tuh orang

  60. untung dari pertama kali muncul saya ga pernah tertarik sama seluler yg satu ini… banyak temen yg nyaranin karena murah untuk telp lama… tapi tetep saya cari yg nyaman…. toh GSM pun sekarang bisa murah sesuai paket…

  61. Di Tangerang, Cipondoh esia udah gak ada lagi signalnya, mana dua nomer abis diisi lagi.. wadoohhhh… buat esia tolong uang pulsanya disedekahin ya…terima kasih.
    Terpaksa pindah kelain hati…

  62. Maaf pa ikut komen lg,
    Kini skrg sy sdh pindah dr esia ke ceu yati, dan hidup sy skrg berubah pa, skrg mah hp baru, langganan baru, celana baru, istri jg baru dulu mah ceu mimin skrg ceu yati, mana cantik, bisa manggul beras, manggul semen, bisa nembok, masang keramik, pokonamah istri idaman.., bpny juga punya angkot elang-cicadas, kalo bp mau ada ni adiknya ceu ningsih, janda pa, awak bahenol, leumpang ngaagegag, suku jebrag, klo muka mah mirip mulan jameela, aslina..!

  63. Terlalu banged nih esia..aq br isi pulsa tgl 1 maret kmaren..ehh tgl 3 nya tau2 sinyal’y udh blank…
    Gara2 aq tergiur dsuruh isi ulang di indomar bs dpet bonus telp ksemua operator smpe 100% mlah jd aq ikutin deh..mana sisa pulsa’y masih ada 12rb..aq isiin lg 25rb untuk perpanjang masa aktif’y..ehh gk tw’y esia’y udah amsiong…penipuan banged ky’y neh…sedekahin ajah deh klo ky bgini mah..

  64. Usaha Bakrie engak pada bener tuh, boykot saja orangnya termasuk partai yang dipimpinnya pasti engak bener juga, jangan di pilih lagi….

    Bakrie celular
    Lapindo Brantas
    Golkar

    ketiganya berurusan dengan Bakrie

  65. pagi pak,
    jika menempuh jalur hukum u/ melaporkan esia bagaimana ya pak?
    karena saya sebagai penjual pulsa saldo esia saya masih banyak

    Anda menjual Rp 10000 ke 02491147967 pd 05-01-2016 08:45:58.Ref 0105084558138175.Saldo Range 0=Rp 3025000, 1K=0 unit, 5K=185 unit, 10K=244 unit, 7K=0 unit,
    ditaksir kerugian saya sekitar 6-7jt

    1. Pak Oktaviendo,

      Seharusnya bisa. Namun, biaya yang harus Anda keluarkan amat mungkin akan lebih besar daripada nilai kerugian Anda.

      Saran saya, coba ngobrol dulu dengan kenalan yang paham hukum. Kalau bisa digalang class action mestinya akan lebih mengena.

  66. kemarin tgl.13 maret 2016 saya ke gerai esia di bec bandung ternyata sudah tutup, oleh satpam setempat disarankan mengunjungi kantor esia di jl. cihampelas no 10 bandung

  67. Pagi pak.. Sy mao numpang tanya,, infonya kan esia yg di tutup di LUAR JAKARTA tapi kenapa sy yg berada di JAKARTA malah gak bisa pake esianya?? Sy baru sadar 3 hari lalu antara tgl 10-11 maret 2016 begitupun dengan hp papa saya & nenek sy dimana pulsa tersebut masih ada sekitar 3rts ribuan lebih?? +sy tlp ke CSnya nyambung tapi gak ada yg angkat 1 pun.. Menurut bapak sy harus bagaimana yah?? Karena no sy + papa sy buat kerjaan.. Tq infonya pak.. Selamat pagi..

    1. Pak Tomz,

      Sepertinya yang di Jabodetabek dan Bandung juga ikutan ditutup. Sebab, kalau Anda membaca beberapa komentar di atas, pelanggan di daerah itu belum lama ini menyusul kehilangan sinyal Esia.

      Terus terang kita tak bisa berharap banyak. Saya pribadi berharap ada pihak yang melakukan gugatan class action. Praktik bisnis ala Esia tidak dapat dibiarkan begitu saja.

  68. Tapi sy dengar dengan posisi esiaseperti ini katanya kartu esia akan di ganti dengan smartfren di galeri esia dengan no yg sama & pulsa di alihkan ke smartfren apa itu benar pak?

    1. Pak Tomz,

      Rumor serupa sempat terjadi di Surabaya. Namun, realitanya tidak terwujud. Lha Gerai Esia-nya malahan bubar jalan duluan. Konsumen disuruh datang ke Gerai Esia setelah 11 Januari 2016. Pada tanggal tersebut, Gerai Esia sudah tutup total. Tak ada satu pun karyawan di sana.

  69. #bakrieb*****,
    Saya pemilik konter pengisian pulsa di cimahi rugi banyak gara gara loe .. ya saldo , perdana esia, voucher isi ulang…

  70. Pagi Pak,mau info aja nmr esia sy di tang-sel juga tdk bisa dipakai lagi,selalu tertulis mencari jaringan,sdh Tlp CS tapi tdk diangkat selalu,sdh email juga hny direspon formil saja,sy baru baca artikelnya hari ini,jadi tdk mungkin kita dpt solusi dari esia ya?tks

    1. Pak/Bu Nova,

      Jujur, sulit deh berharap solusi dari Esia. Relakan saja deh. Semoga menjadi berkah bagi pemilik perusahaan itu.

  71. Saya jg merasa dirugikan oleh penonaktifan nomor esia secara sepihak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sudah lama saya gunakan nomor esia untuk membangun jaringan pelanggan. Kebetulan saya usaha sendiri dibidang jasa.. Kalau pasang iklan kemana-mana jg pakainya nomor esia.. Sehingga pelanggan2 saya taunya ya saya pakai nomor esia.. Jadi terasa sia2 waktu tenaga & materi yang selama ini saya investasikan karena terlalu percaya hanya pada nomor esia.. Buat pembaca lain yg sedang ingin mulai membangun jaringan bisnis.. Marilah lebih cermat dalam memilih operator sebagai mitra usaha kita.. Terimakasih..

  72. Pagi pak/ibu.
    esia bnar2 sudh tdk ada jaringan di jkt,
    apa benar esia di forwad ke smartfren..??
    jika benar tolong jelaskan cara yang detil,
    agar semua pelangan dapat keringanan atas kerugian yang ditanggung.

    MOHON DI JELASKAN.

    Terimakasih
    * Atas nama seluruh calon mantan pelanggan ESIA

    1. Pak Abral,

      Kondisi di Jakarta saya tak tahu.

      Kalau kondisi di Surabaya, tidak ada pilihan forward ke Smartfren. Jadi, ya putus begitu saja deh. πŸ™

  73. di bekasi ,tepat nya Tambun. esia sudah putus sejak 3 hari yang lalu, menyebalkan hilang deh semua pelanggan saya πŸ™

  74. Catatan: dilarang memaki-maki. Sebagian komentar pengiriman terpaksa saya hapus.

    esia *** ****, kembalikaaaaannnn pulsaa gw, gak brtanggung jwwwwwwwwwwwwaaaaaaaaaabbbbbbbbbbbbbbbb… **** …..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  75. Mohon maaf pak sy mao tnya di luar ponsel dan pulsa.. Kalo memang bisa di jawab boleh tapi kalo tidak bisa gpp pak.. Saya mao tanya,, knapa internet banking bca sy pas mao sy cek mutasi rekening bca dari tgl 18 maret 2016 ke 19 maret 2016 tulisannya tgl akhir lebih besar dari tgl hari ini itu maksudnya gmana pak?? 2 hari lalu bisa tapi kok skrg malah gak bisa & kalo misalnya ada trf dr tman gmna sy bisa cek krn sy mls ke atmnya lg.. Mohon maaf melenceng yah pak.. Tq.. πŸ™‚

    1. Pak Tomz,

      Anda mengecek pakai ponsel atau laptop? Cobalah memeriksa tangagl di ponsel atau laptop Anda. Kalau tanggalnya salah, hasilnya bisa seperti yang Anda sebutkan itu. Kebetulan saya pernah mengalaminya.

  76. Saya pake esia udh lebih dr 5 tahun… saya kira krn hp saya rusak… lalu saya beli yg baru.. tanpa ada pemberitahuan dr konter hp yg saya beli… hp baru pun tetap ada tulisan mencari… dan sekarang tulisannya tidak ada layanan.. bener2 parah esia.. tolong media elektronik mencari tahu.. kita sebagai planggan setia amat sangat dirugikan…

  77. setelah telp puluhan kali ke CS Esia, barusan tersambung. Niat saya menanyakan nasib Esia Home Pascabayar.
    Dia tidak tahu sampai kapan Esia Jakarta-Bandung hilang sinyalnya.
    Untuk Gerai Esia Jakarta yang masih buka, katanya tinggal di Wisma Bakrie dan ITC Cempaka Mas.

    1. Pak Aris,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Belum ada kabar bagus nih.

  78. pak, sy juga pengguna esia 7-8 tahun juga dengan nomor cantik yg belinya juga mahal karena pesanan yg menyangkut : x jumlah anak saya,-x tanggal -x bulan-19xx tahun , no jakarta.
    Jadi sepesial banget kode area plus 8 digit, dengn kepala 9..-
    Pada tanggal 22 Pebruari alarm saya nyala dan ini mengingatkan saya bahwa saya masuk ke masa tenggang (pulsa ada 20k), mau tambah pulsa terpikir nunggu semingu lagi deh (abis bulan).
    Awal Maret sy ganti baterai. Begitu pasang batreiEsia yg tadi sinyalnya bagus (4bars) malah jadi searching. Seminggu msh tetap searching,saya curiga. Coba kontak gerai Bandung n Jakarta sampai kemarin ga sambung2……..lari ke internet….nah nemu blog ini. Baca semua artikel, wah nyesek dada ini. Jadi seharian tadi saya coba kontak nomor saran bpk 021-91009999 ditengah kekesalan, konta sejak pagi akhirnya ada yg jawab,
    Esia : Mohon maaf pa, sedang ada perbaikan jaringan di wilayah bapak……..
    Saya : nomor saya masuk ke masa tenggang, saya mau hidupkan saya mau tambah pulsa tapi dari beberapa artikel bahwa esia tutup ?
    Esia : Pak, ini hanya masalah perbaikan jaringan, nanti mudah2an dalam beberapa hari akan sambung lagi. Kalu bpk mau buka masa tenggang silahkan, tapi kalu bpk ragu, isi nominal kecil saja dulu sambil menunggu perbaikan.
    Saya : Tks

    Setelah isi pulsa, saya cba kontak lagi tetapi sampai malam tulisan ini dibuat……..ga bisa nyambung , ada nada panggil kemudian masuk menu mesin dan menjuruskan ke operator ada nada panggil ….tapi mesin mematikan sepihak.

    Itu pengalaman saya hari ini………….pertanyaan saya …. APAKAH LEMBAGA KONSUMEN TAU PERISTIWA INI ?? …..kan konsumen sangat dirugikan selain uang yg sdh di depositokan (konter2) ?, konsumen yang nyetok pulsa di HP nya ?, …..konsumen yang tidak mengerti situasi ke4macetan dan tetap membeli puksa ?

    Apa Lembaga Konsumen menunggu pengaduan terlebih dahulu ? Demikian kuat kah Grup Bakrie ini ? Ngeriii…ya, sudah perilaku begini duit orang ikut tersosor..

    1. Pak Ruli,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Saya tak berani memastikan lembaga konsumen mengetahui kondisi ini atau tidak. Namun, menurut saya, kita belum bisa berharap banyak terhadap lembaga konsumen sih.

    2. Sepertinya grup Bakrie ini dilindungi pemerintah. Tidak ada berita sama sekali mengenai tutupnya Esia ini. Para penjual makanan masih banyak yang pakai Esia jadi kelabakan.

      Menkominfo dan YLKI telah dimention berkali-kali di twitter tapi tak ada respon sama sekali.
      Bahkan beberapa orang terkenal seperti Onno w Purbo juga ikut bantu bertanya tapi juga tidak mendapatkan respon.

      Nomor saya sudah 10 tahun lebih dan ada nomor Ratelindo yang lebih lama lagi umurnya..
      Sekarang nomor-nomor saya telah masuk masa tenggang, sepertinya ini taktik bakrie agar semua pulsa pelanggan hangus. Pesangon para karyawan juga tidak dibayar..

  79. Signal esia hilang mulai tgl 15 Maret & S ganti HP trnyata juga tdk ada signal. Sy pikir masalh jaringan shg hr sabtu tgl 19 Mrt jm 1 pergi ke gerai Esia ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat & roko sudah tutup. Sy tanya ke satpam ITC Cempaka Mas & satpam bilang gerai esia buka hr senin tgl 21 Mrt. Sy datang ke Gerai Esia Cempaka Mas, tgl 21 Mrt trnyata gerai Esia msh tutup & pelanggan disuruh menghubungi CS 02191009999. Pdhl nmor sdh saya pkai thn 2007 & sisa pulsa masih ada 500rb dgn ms aktif smpai tgl 23 Mrt. Sy tdk dpt pmbritahuan dr operator Esia.
    Apa Gerai Esia di ITC Roxi Mas Jakarta Barat msh buka?

    1. Pak Agustinus Romulo Sirait,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Maaf, saya tak tahu. Sehari-hari kebetulan saya tinggal di Surabaya. Rekan lain mungkin ada yang bisa membantu memberikan informasi.

  80. Waduh…knp ini Esia..klo bangkrut gabung aj dgn operator lain..nomor Esia sy sdh kmn” sdh 8 tahun sbg planggan setia..Cari solusi donk…pliss

  81. Kalau signal hilang kenapa saat isi pulsa bisa masuk? T.T sedih…di Isi pulsa malah ilang signalnya semua
    Apakah ada solusi?
    Ganti kartu atΓ u revolusi perbaikan jaringan?

    1. Bu Felicia,

      Nah… itulah “hebatnya” Esia. Tak ada solusi deh. Kalau bicara etika bisnis, Esia ini memang sangat parah.

  82. Dear….
    Mohin dibantu solusinya saya sudah menggunakan esia sejak esia yg hp no inject sampai saat ini saya msh mempergunakan no tsb mungkin bisa 10 rahunan lebih saya mengunakan esia. Dan no itupun sudah menyebar luas tetapi knp secara sepihak ranpa pemberitahuan pihak esia memutuskan jaringannya? Saya sangat kecewa sekali dengan pelayanan yg esia berikan ke saya. Saya minta pihak esia bertanggung jawab dan memberikan solusinya agar saya sebagai pelanggan yang setia dan pelanggang yg lain tidak merasa dirugikan atas pelayan pihak esia.saya tidak mau hanya info dan jwaban yg tidak memberikan solusi yang tepat dan pasti. Dan bagaimana dengan hp yg dikeluarkan oleh pihak esia karena hp tsb tidak bs digunakan dengan perdana yang lain selain esia? Apakh hp tsb akan menjadi sampah krn tidak bs dipergunakan? Jika pihak esia memang sudah bangkrut tp berikan solusi untuk saya dan pengguna esia yg lainnya. ?

  83. Jangankan diluar jakarta dan bandung ,,
    JAKARTA AJA UDAH MOKAD !!!
    MANA NOmER CANTIK TELPON GRATISAN SELMANYA !!!!
    TIBA2 MOKAD , Secara gaa langsung bakri Korup dong πŸ™

  84. Kalau seperti ini mau migrasi ke smartfren pin tak akan bisa krna semua gerai sudah mulai tutup yang ada hanya bisa dibuang dan diganti… Hedeuuhh..parah sekali!!!

  85. Dear Mas Herry
    Saya pengguna esia yang sudah bisa dikatakan sangat cukup lama… Dengan diberhentikannya layanan esia… Mav kLo boLeh tnya!!! Apakah nomor esia saya harus saya ganti atau dengan kata lain saya buang πŸ™‚

    Mkasih Mas Herry

  86. Barusan mndapat penberitahuan dr sm*rtfren tgl 30/06/16 layanan CDMA dihetikan bralih ke 4Glte, bagaimana nasib modem nya ya???

    1. Pak Bartman,

      Wah, saya malahan baru dengar nih. Hari Senin saya coba cari informasi ke pihak terkait deh.

  87. Saya mau tanya pa Henry apakah ini bukan penipuan kpd seluruh customer Esia, karna no esia tidak bisa digunakan tanpa ada kompensasi apapun? Apakah scr hukum bisa bikin class action ke PT Bakrie Telcom utk tuntutan ganti rugi atas pelayanan yg sangat buruk ini?

    1. Pak Alex,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Kita nantikan jawaban dari Pak Henry ya.

  88. Tutup esia nga dikasi tau.main matiin aja kasi tagl bulan taun kalau mau tutup jadi kita siap habiskan pulsa.bener jahat esia

  89. tolong untuk esia jangan pura2 bodoh.. saya sisa pulsa Rp.450. 000 ribuan kurang lebih.
    minimal ada kompensasi seperti halnya flexi yg mengalihkan ke Simpati.
    022 92925218

  90. bahkan esiatalk pun sudah sebulan menghilang (alasan maintenance tapi kurang masuk akal), menyusul Esia CDMA Jakarta+Bandung yang mati diam-diam beberapa bulan lalu.

  91. untung saya sudah lama berpisah dengan esia bahkan nomor esia ganteng saya 02199799757 pun sdh tdk tau dimana rimbanya,,, #kalo lapindo tidak gulung tikar esia pun pasti tidak akan gulung kasur#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *