Feminin dan Bisa Bercahaya

Di Indonesia, jumlah peminat ponsel clamshell alias lipatan jauh lebih rendah daripada ponsel candybar, qwerty, dan full touch screen. Meskipun demikian, karena peluang pasar masih terbuka, sebagian vendor ponsel merek lokal buatan Tiongkok sesekali tetap menghadirkan ponsel lipatan. Aldo yang baru seumur jagung pun turut meramaikan pasar dengan F16. Hmm… sama dengan tipe pesawat tempur ya.

Aldo F16 yang penulis uji pakai berwarna merah muda. Sangat feminin. Di sisi muka terdapat gambar sepasang kupu-kupu. Ada pula dua “berlian”. Bila ada panggilan telepon atau SMS masuk, lampu berwarna-warni yang tersembunyi di bawah casing akan bercahaya. Cantik.

Kala lipatan ponsel dual on GSM-GSM itu dibuka, spontan bakal terlihat layar dan keypad. Tampilan tema layar yang didominasi warna pink memperkuat kesan bila ponsel itu membidik pengguna wanita.

Keypad F16 pantas mendapatkan pujian. Tombolnya relatif empuk. Jarak antartombol juga cukup renggang. Dengan demikian, pengguna berjari tangan kecil maupun besar dapat menekan tombol demi tombol secara leluasa. Tingkat kenyamanan keypad ponsel itu layak disetarakan dengan ponsel lipat Motorola EX212.

Terkait layar dan keypad, menurut penulis, ada satu hal yang tergolong mubazir. F16 ternyata dibekali layar sentuh. Padahal, karena berwujud lipatan dan telah memiliki keypad yang nyaman, pengguna praktis tak perlu menyentuh layar F16. Pengguna bisa menikmati seluruh fitur ponsel dengan optimal tanpa satu kali pun menekan layar.

Buku telepon 300 nama single entry, perekam suara, radio FM, bluetooth, dan GPRS adalah sebagian fitur lain F16. Memori internal ponsel itu hanya berkapasitas 45 KB. Karena itu, supaya bisa menikmati ponsel dengan maksimal, pengguna wajib menyelipkan kartu microSD ke slot yang tersedia.

Sepasang kamera ditanamkan ke F16. Keduanya beresolusi VGA, tanpa autofocus, dan tanpa lampu kilat. Kamera tersebut bisa pula difungsikan sebagai perekam video.

Nada dering telepon dua nomor yang terpasang di ponsel itu tidak bisa dibedakan. Demikian pula dengan nada SMS. Kalau mau, pengguna bisa mengopikan file MP3, lalu mengaktifkannya sebagai nada dering telepon. Sedangkan untuk nada SMS, pengguna hanya memiliki sepuluh pilihan nada tanpa bisa menambahkan nada baru.

Berencana berbagi charger dengan ponsel lain? Niat itu tampaknya harus dikubur dalam-dalam. Sebab, F16 yang dijual Rp 379 ribu tersebut menggunakan konektor charger proprietary, bukan konektor yang lebih populer seperti micro USB atau mini USB. Konektor charger itu sekaligus berfungsi sebagai konektor untuk menancapkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan.

Dalam penilaian penulis, penampakan fisik F16 tidak mengecewakan. Ia berpotensi memancing perhatian kala digunakan bertelepon maupun diletakkan di meja. Pengguna wanita yang ingin ponsel feminin dengan harga tak merusak dompet boleh-boleh saja mempertimbangkan melamar F16. Selain warna merah muda, F16 tersedia dalam varian warna biru dan putih.

Oh ya, di sisi luar dan di atas keypad ponsel itu tercetak tulisan Endless Love. Entah apa tujuannya. Mungkin untuk mengingatkan penggunanya supaya pantang menyerah dalam mencari pasangan hidup. Mungkin pula supaya ponsel ini dibeli oleh penggemar serial drama Korea berjudul sama.

14 thoughts to “Feminin dan Bisa Bercahaya”

  1. Mas,
    itu beli ponsel Aldo F-16 nya dimana yaah?
    adekku pengen punya nih…
    mohon infonya yaah..

    btw, lokasiku di Surabaya

    Trims…

  2. Pak Ario,

    Mestinya bisa ditemukan di gerai-gerai penjual ponsel di WTC atau Plasa Marina.

    Kalau kesulitan menemukan, langsung coba cari di Garuda Teknik – WTC saja. Dia yang jadi master dealer Aldo di Surabaya.

  3. Pak Rezki,

    Mestinya wallpaper bisa diganti. Namun, saya lupa wallpaper bawaannya ada berapa macam.

  4. batt aldo f16 anakku dah kalah, nyari2 ga’ ketemu, alamat toko aksessoris khusus aldo di kota palu dmn ya ? batt merek hp lain yang bisa dipakai untuk aldo 16 apa yaa ?

    1. Pak Muhammad,

      Jangankan di Palu, di Jakarta dan Surabaya pun tak ada toko spesialis aksesori Aldo kok.

      Saya tak tahu baterai F16 itu sama dengan baterai ponsel apa. Saran saya, bawalah ponsel dan baterainya ke toko akseosri yang cukup besar di Palu. Coba cocok-cocokkan dengan baterai ponsel Nokia.

    1. Bu Lina,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Maaf, saya tak tahu. Saya buta dengan pasar ponsel di Palembang.

  5. maaf mas,, numpang tanya nie.. kalu mau beli batre hp aldo F16 di daerah palembang di mana ya.. please di bls chat nya ya bos… trims
    ……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *