Flexi Ditutup, Ini Tahapan yang Harus Dilalui Pelanggan

Genderang kematian Flexi telah ditabuh. Meskipun penulis sudah bertahun-tahun tidak menggunakan Flexi, penulis turut merasakan kepedihan dan kejengkelan pengguna Flexi. Silakan masuk ke http://upgrade-telkomflexi.com untuk mengetahui tahapan yang kelak harus dilalui pengguna Flexi, entah dengan sukarela atau terpaksa.

Flexi Upgrade

36 thoughts to “Flexi Ditutup, Ini Tahapan yang Harus Dilalui Pelanggan”

    1. Pak Stwn,

      Iya, pakai plugin Jetpack. Kemarin dari hasil cari-cari, nemu 2-3 plugin. Setelah dicoba, sepertinya paling enak ya Jetpack ini. Kalau ada usulan plugin lain dengan fungsi serupa, tetapi lebih bagus, kabar-kabari ya.

  1. Wahh sayang sekali padahal di tiongkok CDMA pelanggannya banyak. Tapi kenapa di indonesia gak berkembang ya pak. Cuma smartfren yang berhasil survive lewat andromax nya.

    1. Pak Sukoco,

      Kalau spesifik ke Flexi, menurut saya, bukan karena tak bisa dikembangkan, melainkan karena pihak-pihak tertentu sudah tak mau mengembangkannya. Asalkan sepenuh hati, potensi pasar masih ada kok. Smartfren menjadi bukti nyata.

  2. sayangnya no uda cantik terus gmn gantinya ya,..
    pak saya tunggu riview LG G 3 Stylus yang uda mendarat di indonesia,..

    1. Pak Ambang,

      Nah itu dia. Kalau melihat rencana kompensasi yang ditawarkan, pengguna Flexi cenderung bagaikan diinjak-injak deh.

      Silakan mengirimkan G3 Stylus dulu. Dengan senang hati saya akan me-review-nya.

  3. Sejauh saya tahu, jetpack masih paling bagus untuk saat ini (paling banyak digunakan), terutama karena pengiriman email-nya di handel server wordpress.com , jadi tidak membebani server kita .Bisa dikira spamming kalau kita kirim massive email oleh provider hosting kita.

  4. main ke situs di atas ada kata-kata “Teknologi dan Bisnis CDMA yang terus mengalami penurunan baik di Indonesia maupun Dunia.”

    apa benar Pak Herry di negara lain teknologi cdma juga menurun? karena setahu saya sprint dan verizon masih jaya di US sana.

    kompensasi nya setengah hati ya, masa dibatasi pemakaian 3 bulan terakhir, padahal sejak awal tahun layanan flexi memburuk, jadi saya jarang isi pulsa dan pakai flexi lagi.

    1. Pak Utomo,

      Secara global CDMA memang menurun. Namun, bukan berarti peluang sudah tidak ada. Buktinya, Smartfren dari tahun ke tahun masih berkembang. Dalam kasus Flexi, saya melihat Telkom-nya yang memang sudah tak mau atau tidak niat mengembangkan Flexi.

      Terutama sekitar setahun terakhir, mereka juga terlihat berusaha mengusir pelanggan secara halus.

  5. main ke situs di atas ada kata-kata “Teknologi dan Bisnis CDMA yang terus mengalami penurunan baik di Indonesia maupun Dunia.”

    apa benar Pak Herry di negara lain teknologi cdma juga menurun? karena setahu saya sprint dan verizon masih jaya di US sana.

    kompensasi nya setengah hati ya, masa dibatasi pemakaian 3 bulan terakhir, padahal sejak awal tahun layanan flexi memburuk, jadi saya jarang isi pulsa dan pakai flexi lagi..

  6. Pita 800 mhz nya mau ada yg pake kale + dianggap ngurangi pasar telpon tetap.
    Inget Dulu cdma digembar gemborkan banyak kelebihan daripada gsm.
    Sebenernya yg Gw butuhin itu telepon murah ke telpon tetap terutama cs produk, boros pake gsm kalo Telp ke cs dan disambut tekan 1, tekan 2 dst…

    1. Pak Yuwono,

      Frekuensi 800 MHz tetap akan dipakai kok. Yang dicabut itu lisensi FWA CDMA di 800 MHz. Kalau lisensi seluler CDMA 800 MHz tetap eksis.

  7. Asalkan tarif telepon ke sesama “mantan’ Flexi tetap murah atau telepon dari “mantan” Flexi ke PTSN tetep murah. Ya tidak ada problem bagi pelanggan, hanya perubahan nomor.

    1. Pak Fudianto,

      Telepon ke sesama mantan Flexi pasti tetap murah. Ke PSTN mungkin juga murah.

      Namun, ada satu hal yang akan hilang, yaitu bisa ditelepon dari telepon rumah/kantor dengan murah. Karena pengganti nomor Flexi berstatus nomor seluler GSM, biaya menghubungi nomor tersebut lebih mahal daripada sebelumnya.

  8. Apakah setelah migrasi nanti layanan INTERNET UNLIMITED FLEXI masih dipertahankan? atau ikutan “dibunuh” juga? Perlu diingat bahwa sampai saat ini hanya Flexi yang menyediakan paket interntet yang BENAR-BENAR UNLIMITED. Tanpa batasan kuota atau volume, atau FUP sama sekali! Ya walaupun kecepatanya tidak bagus-bagus amat, tapi fitur benar-benar unlimited inilah kelebihan Flexi CDMA.

    1. Pak Damarandra,

      Asalkan ponselnya tidak di-lock, Anda bisa memadukannya dengan nomor CDMA operator lain. Dalam proses “migrasi paksa” dari Flexi ke Telkomsel ini, menurut saya, pengguna memang banyak dirugikan.

  9. in Case, Saya sangat-sangat dirugikan sekali sebagai konsumen sejak 2005
    maka oleh karena itu saya akan tuntut!!

    1. Pak Bigboss,

      Anda berencana menuntut ke mana? Kalau sampai ke pengadilan, tolong di-update ya. Saya akan mengikuti perkembangannya.

  10. Kecewa banget iya.. nelpon paling murah, sinyal paling bagus buat nelpon ortu di daerah kismantoro wonogiri, padahal pake operator lain sinyal hilang timbul. hiks… flexi yang malang.

  11. Sangat disayangkan padahal flexi pro rakyat sekali untuk paket internetnya dibanding provider lainnya, sepertinya semua yang menguntungkan rakyat di bubarkan, kyk judul lagu”Mau di bawa kemana” ?

  12. sayang bgt ya.. saya punya hp flexi locked dan udh telat migrasinya, jadi ya bye-2 flexi (beserta hp nya) yg telah saya pake dari tahun 2011

    sekarang smartfen otomatis telah memonopoli pasar cdma di indonesia

    1. Pak Ari,

      Oh begitu. Coba tetap ke Plaza Telkom deh, Pak. Saya curiga mereka tetap akan melayani. Sebab, sampai bulan lalu, persentase pengguna Flexi yang migrasi belum banyak lho. Bisa geger kalau sisa pelanggan yang masih banyak itu tidak dilayani migrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *