G2 Diluncurkan, Siap Jadi Pilihan Jitu

Kemarin (19/9) bukan sekadar hari Kamis, setidaknya di salah satu ruangan di The Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta. Kemarin sekaligus menjadi Hari LG G2 alias “LG G2 Day Jakarta” untuk menandai peluncuran G2 secara resmi di Indonesia.

G2 adalah smartphone Android terbaru LG yang hadir dengan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 800 2,26 GHz. Ben Siagian, Country Manager Qualcomm, saat diminta memberikan kata pengantar mengungkapkan, “Snapdragon merupakan line up tertinggi prosesor yang Qualcomm miliki saat ini.”

Launch G2-1

Kim Weon Dae, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia, dalam sambutannya mengatakan, “G2 adalah hasil upaya serius LG dalam mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen. Kami siap menjadikan smartphone ini sebagai pilihan jitu bagi konsumen yang mencari smartphone terbaru untuk mendukung aktivitas sehari-hari.”

Pada 27-29 September 2013 LG akan menggelar pameran G2 di Plaza Senayan, Jakarta. Di sana, pengunjung dapat langsung mencoba G2 dengan segala keunikan dan kecanggihan fiturnya. Penawaran spesial, berupa cash back, gratis paket data, dan bonus headset bluetooth stereo berhak diperoleh konsumen yang bertransaksi selama pameran.

Inilah beberapa foto acara dari LG G2 Days.

Joe Taslim, brand ambassador alias duta LG G2 di Indonesia memulai prosesi peluncuran.

Launch G2-2

Launch G2-3

Video promo G2 yang menampilkan Joe Taslim.

Joe Taslim, Ben Siagian, Kim Weon Dae, dan para petinggi LG Electronics Indonesia berfoto bersama sambil menunjukkan LG G2.

Launch G2-4

Adinda Nesvia, Product Marketing Head LG Mobile Communications Indonesia, mempresentasikan G2. Dijelaskannya, seluruh tombol diletakkan di bagian belakang G2. Konsep rear key itu diyakini dapat mempermudah pengguna mengakses tombol volume maupun kamera saat sedang menggenggam G2 dengan satu tangan. Rear key juga membuat G2 nyaman digunakan oleh pengguna tangan kiri alias kidal maupun pengguna tangan kanan.

Launch G2-5

Tampilan layar G2 diklaim lebih halus, tajam, cemerlang, dan dibandingkan smartphone konvensional. Tingkat akurasi warnanya juga lebih tinggi.

Launch G2-6

Launch G2-7

Launch G2-8

Jangan menggunakan kunci ini untuk membuka rumah, melainkan pakailah untuk membuat Anda “keracunan” dengan G2. Eh, bukan ding. Ia sebenarnya adalah USB flashdisk.

Launch G2-9

Seluruh foto di atas dihasilkan oleh kamera BlackBerry Q10. Enam foto pertama dijepret dari jarak yang cukup jauh dari panggung dan seluruhnya tanpa lampu kilat. Oleh digital yang dilakukan hanya cropping, resize, dan penambahan watermark Ponselmu.

***

Berikut siaran pers LG terkait peluncuran LG G2 yang di-copy paste secara utuh:

FOR IMMEDIATE RELEASE

 

Akhirnya, LG G2 Meluncur di Indonesia

Wujud inovasi smartphone yang berempati pada penggunanya

 

Jakarta (19/09) – LG Mobile Communications Indonesia (LG) akhirnya secara resmi memperkenalkan LG G2, smartphone andalan terbarunya di Indonesia. Pengumuman ini sekaligus mengawali ketersediaan smartphone android dengan prosesor terkuat besutan Qualcomm saat ini, 2.26GHz Qualcomm®Snapdragon™ 800 dengan RAM 2GB secara luas di pasar dalam negeri. Bermitra dengan tiga operator dan tiga distributor ponsel besar negeri ini, LG mempersiapkan LG G2 menjadi idola baru smartphone kelas premium di Indonesia.

“Kekuatan inovasi utama LG G2 merupakan cerminan upaya serius LG untuk belajar dari kebutuhan dan keinginan konsumen. Smartphone ini mewakili definisi kami tentang inovasi yang benar-benar menaruh empati pada penggunanya,” ujar Kim Weon Dae, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia. Lebih lanjut ia menyatakan,”Inovasi dalam LG G2 berkolaborasi dengan kemitraan strategis yang dibangun dalam pemasarannya, siap menjadikan smartphone ini sebagai pilihan jitu bagi pendamba smartphone yang benar-benar memberi manfaat dalam mendukung kegiatan sehari-hari penggunanya.”

Jauh sebelum kemunculan perdananya di Amerika Serikat pada awal bulan lalu, LG G2 yang merupakan smartphone berbasis Android 4.2.2 Jelly Bean ini telah menjadi buah bibir. Tak cuma spesifikasi canggihnya, pembicaraan ini lebih didorong berbagai keunikan LG G2 yang belum pernah ditemui dalam berbagai smartphone yang beredar di pasaran sebelumnya. Melalui berbagai keunikan inilah, LG mengklaim LG G2 lahir dari riset mendalam mengenai perilaku dan gaya hidup pengguna yang membuatnya dapat memberikan manfaat lebih nyata melalui desain ergonomis, fitur atraktif dan pengalaman penggunaan yang intuitif.

Paradigma Baru Dalam Desain Smartphone

Sentuhan desain menjadi wujud nyata hasil upaya LG memberikan kenyamanan penggunaan LG G2. Alih-alih hadir membawa desain yang nyaris serupa dengan smartphone lain, perusahaan yang duduk dalam tiga besar produsen ponsel ini justru tampil berani dengan menempatkan tombol pengatur volume suara dan standby pada bagian belakang. Dengan terapan desain demikian, LG G2 menggeser paradigma desain smartphone yang lumrahnya menempatkan berbagai tombol utama pada bagian samping dan atas tubuh smartphone.

Konsep unik bernama Rear Key yang membuatnya menjadi smartphone pertama tanpa tombol samping ini bukannya datang tanpa alasan. Melainkan justru lahir dari hasil belajar mengenai kesulitan yang dihadapi pengguna untuk mengakses tombol samping, yang biasanya berfungsi sebagai pengatur besaran suara, sebagai konsekuensi dari semakin lebarnya layar smartphone.

Apalagi penelitian LG menemukan, semakin lebarnya layar sebuah smartphone membuat pengguna secara alami akan menempatkan jari telunjuk pada bagian belakang sebagai penopang untuk kenyamanan penggunaan. “Berlandaskan riset ini, memindahkan seluruh tombol utama pada bagian belakang smartphone akan memberikan kendali lebih nyaman baik saat melakukan panggilan atau pengambilan gambar diri dengan kamera,” ujar Adinda Nesvia, Product Marketing Head – LG Mobile Communications Indonesia.

Lebih dari sekedar tombol pengatur besaran suara, menekan agak lama tombol ini di bagian belakang LG G2 bakal membawa pengguna untuk mengaktifkan fitur QuickMemo dan kamera. Fitur yang disebut pertama merupakan pengembangan LG yang memungkinkan pengguna untuk membuat catatan kecil pada layar smartphone dan menyimpannya langsung bahkan pada saat di tengah melakukan panggilan.

Berpindahnya seluruh tombol utama pada bagian belakang juga tak bakal membuat pengguna menemui kesulitan mengaktifkan LG G2 dari kondisi standby. Malahan, hal ini dapat dilakukan dengan penuh gaya dengan fitur “Knock On”. Cukup dua ketukan lembut pada layar, akan memberikan perintah bagi LG G2 untuk berpindah pada keadaan aktif. Demikian pula sebaliknya untuk mengembalikannya lagi pada kondisi standby.

Kenyamanan Layar Lebar Dengan Kapasitas Daya Besar

Sektor layar pun tak luput dari perhatian LG dalam memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna LG G2. Memiliki bentang layar 5.2 inch Full HD dengan IPS Technology, LG G2 tetap dirancang dengan mempertahankan lebar badan 2.7inch yang dianut luas diantara pengembang smartphone untuk penggunaan satu tangan. Hal ini berkat teknologi Dual Routing yang mereduksi ketebalan bezel (tepian layar) hingga mencapai 2.65mm. Sementara dukungan untuk memberi kepuasan visual diserahkan pada teknologi panel IPS bagi penciptaan grafis terbaik, warna akurat dan reproduksi imaji tanpa distorsi.

Teknologi Graphic RAM (GRAM) menjadi dukungan kerja layar yang dipercaya dapat mereduksi penggunaan daya pada layar hingga mencapai 26 persen pada gambar tak bergerak dan dapat meningkatkan waktu penggunaan keseluruhan pada perangkat hingga sekitar 10 persen. Kolaborasi kerja teknologi ini dengan kekuatan daya baterai 3000mAh miliknya membuat LG G2 siap bagi penggunaan sehari penuh tanpa perlu pengisian ulang pada baterainya.

Gambar Terbaik Dalam Resolusi Tinggi Pada Segala Situasi

Keberadaan kamera yang tak lagi hanya untuk mengabadikan momen berharga, namun juga berbagi pada kerabat lain, pun tak luput dari sentuhan inovasi LG dalam pengembangan LG G2. Tak sekedar mengandalkan sensor setinggi 13MP yang menghasilkan gambar dalam resolusi tinggi, kamera utama LG G2 memiliki teknologi Optical Image Stabilizer (OIS).

Sematan teknologi ini dipilih LG untuk menjamin pengguna mendapat hasil gambar lebih tajam dengan tingkat kecerahan optimal pada berbagai situasi pengambilan gambar. Kerja unik lensa dengan OIS membuat hasil gambar baik dalam foto maupun rekaman video tertampil tanpa distorsi kabur (blur) meskipun pengambilan gambar dilakukan dalam kondisi  bergerak ataupun di bawah kondisi pencahayaan redup. Sebagai pelengkap, kamera LG G2 memiliki sembilan titik fokus untuk memastikan keseluruhan gambar tampil dengan akurasi baik.

Perlindungan Istimewa Bagi Privasi Pengguna

Kecanggihan smartphone dengan segala fungsinya untuk menyimpan dan menerima berbagai data baik untuk kebutuhan kerja maupun lainnya, membuat keberadaannya semakin lekat dengan kehidupan pengguna. Hanya saja, tak pelak kondisi ini menyembulkan isu baru seputar keamanan timbunan data pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Berempati dengan keadaan ini, LG G2 melengkapi dirinya dengan fitur Guest Mode. Bertindak seolah menjadi tampilan layar utama kedua, mengaktifkan fitur ini akan membatasi akses pengguna lain hanya pada beberapa aplikasi yang ditentukan sebelumnya oleh pemilik. Dengan pembatasan akses ini,privasi pengguna LG G2 akan selalu terjaga meskipun LG G2 sedang tak berada dalam genggamannya.

Pengalaman Lebih Baik Pendukung Penggunaan Sehari-hari

LG menyadari berbagai pengembangan dalam fitur sebuah smartphone lebih mengarah pada pengayaan berbagai fitur canggih yang membuatnya dapat melakukan berbagai macam hal. Namun di sisi lain, pengalaman penggunaan pada fungsi-fungsi yang paling sering digunakan justru seringkali luput dari perhatian banyak pengembang smartphone. Hal dimaksud termasuk penggunaan pesan pendek (Short Message Service), keterhubungan dengan jejaring sosial hingga pada fungsi dasar yaitu melakukan dan menerima panggilan.

Tak ingin terjebak dalam hal tersebut, LG membenamkan berbagai fitur menarik yang berfokus memberikan pengalaman penggunaan lebih menarik pada berbagai fungsi yang paling sering digunakan. Fitur-fitur menarik tersebut diantaranya:

  • Answer Me – bekerja otomatis mengaktifkan LG G2 untuk menjawab panggilan dengan berbarengan secara simultan menurunkan volume nada dering saat ponsel didekatkan ke telinga pengguna
  • Plug & Pop – bekerja otomatis memberikan rekomendasi opsi atau fitur terkait untuk memudahkan pengguna memilih sesaat ketika earphone atau kabel USB terdeteksi
  • Slide Aside – memberikan kemudahan multitasking berpindah aplikasi cukup dengan melakukan gerakan menggeser pada layar menggunakan sentuhan tiga jari bersamaan. Fitur ini secara otomatis akan menyimpan 3 aplikasi yang paling sering dipakai.
  • QuickRemote – Tak cuma menjadikan LG G2 sebagai remote control bagi berbagai perangkat elektronik rumah, namun juga memiliki kemampuan untuk mempelajari kerja remote control konvensional dan menyesuaikan bagi pengoperasian pada berbagai perangkat sekaligus dengan tata letak yang lebih fleksibel

Berdampingan dengan berbagai fitur menarik tersebut, inovasi dalam LG G2 juga menyentuh sektor audio. Berbekal temuan studi adanya kenaikan permintaan konsumen terhadap peningkatan kualitas audio pada smartphone, LG G2 menjawabnya dengan fitur Hi-Fi Sound. Keberadaannya membuat LG G2 mampu menghasilkan audio berkekuatan 24-bit/192kHz. Dengan kekuatan demikian membuat kualitas keluaran audio dari LG G2 jauh lebih unggul dari audio yang dihasilkan keping CD.

Pemasaran Ekspansif Hadirkan Penawaran Terbaik

Mendukung pemasaran LG G2 di Indonesia, LG menyiapkan bauran pemasaran ekspansif. Hal ini salah satunya ditunjukkan dengan menggandeng tiga operator dan tiga distributor ponsel utama di Indonesia. Disamping itu, LG juga menunjuk Joe Taslim yang namanya semakin melejit setelah keterlibatannya dalam film Fast and Furious 6 sebagai duta LG G2 di Indonesia.

LG akan menggelar pameran untuk menandai debut perdana LG G2 di Indonesia yang akan berlangsung sepanjang 27 – 29 September 2013 di Plaza Senayan, Jakarta. Cash back, paket data cuma-cuma, hingga perangkat unik Bluetooth Stereo LG HBS730 menjadi tawaran bagi peminat LG G2 yang datang pada masa itu. Bahkan sebagai bagian dari kerjasamanya dengan Bank BCA, para pemilik kartu kredit keluaran bank ini akan mendapat gratis satu bulan cicilan  untuk 12 bulan cicilan dengan bunga 0%.

Bila Telkomsel, XL dan Indosat digandeng untuk memberikan kenyamanan dalam penyediaan paket data optimal bagi penggunaan LG G2, tiga distributor ponsel dengan keluasan jaringan pemasarannya dipilih untuk memastikan kecepatan ketersediaan LG G2 bagi calon konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketiga distributor ponsel besar ini yaitu Teletama Artha Mandiri, Setia Utama Distrindo, dan Trikomsel Oke.

LG pun membuka luas akses bagi pengunjung untuk merasakan sendiri pengalaman menggunakan LG G2 dengan berbagai keceriaan yang hadir melalui aneka hiburan yang disiapkan. Ternasuk di dalamnya, kehadiran Joe Taslim sebagai duta LG G2 di Indonesia.

Khusus mengenai pertimbangan penunjukan duta LG G2 di Indonesia, menurut LG, tak lepas dari sosok pria bernama lahir Johannes Taslim ini yang dianggap paling sesuai mencerminkan semangat yang diusung LG G2. Lebih dari seorang aktor, pria kelahiran Palembang 32 tahun lalu ini juga merupakan seorang atlit bela diri yang berprestasi. Kegigihan Joe Taslim untuk selalu belajar hingga membuatnya berhasil menembus perfilman Hollywood ini, menurut LG, telah menginspirasi banyak orang untuk tetap belajar menjadi yang terbaik.

Hal ini menurutnya sesuai dengan semangat dalam LG G2. “Lebih dari sekedar sebuah perangkat multi talenta, LG G2 menjadi inspirasi bagi industri smartphone mengenai kehadiran inovasi yang benar-benar memberi manfaat bagi konsumen. Lebih lanjut menurutnya, “Joe Taslim juga mewakili pribadi yang selalu ingin belajar akan hal baru, sama seperti konsep yang diusung LG G2, yaitu Learning From You. Kami sangat bangga untuk dapat berkolaborasi dengan seseorang yang memiliki visi yang sama dengan LG.”

Spesifikasi Utama LG G2:

  •   · Processor: 2.26GHz Qualcomm®Snapdragon™ 800 featuring quad Krait CPU
  •   · Display: 5.2-inch Full HD IPS (1080 x 1920 pixels / 423 ppi)
  •   · Memory: 32GB
  •   · RAM: 2GB LPDDR3 800MHz
  •   · Camera: Rear 13.0MP with OIS / Front 2.1MP
  •   · Battery: 3,000mAh
  •   · Operating System: Android Jelly Bean 4.2.2
  •   · Size: 138.5 x 70.9 x 8.9mm
  •   · Colors: Black / White

17 thoughts to “G2 Diluncurkan, Siap Jadi Pilihan Jitu”

    1. Pak Alvian,

      Maaf, baru siang ini saya bisa merespons pertanyaan masuk karena sempat tumbang akibat demam hingga 39,5 derajat Celcius.

      Iya, bentuknya unik.

  1. Yang penting adalah kesungguhan untuk selalu cepat untuk menyediakan pemutakhiran OS!
    Itu yang akan buat produk mereka lebih dikenang……

    1. Cak Hananto,

      Maaf, baru siang ini saya bisa merespons pertanyaan masuk karena sempat tumbang akibat demam hingga 39,5 derajat Celcius.

      Setuju, Pak. Selama ini LG identik dengan sangat terlambat dalam mengeluarkan update firmware.

  2. Gw dulu pake optimus 2x tegra ii. Lama banget ga dapet update firmware. Coba custom rom sim tool kit ga jalan. Akhirnya gw jual n bersumpah ga bakalan beli lg lagi…

    1. Pak Iputh,

      Nah, ini PR besar buat LG. Komentar yang sering sekali saya dengar tentang ponsel LG, pengguna sebenarnya puas dengan kualitas dan kinerja ponsel LG. Tetapi, mereka kecewa berat karena update firmware-nya sangat terlambat.

    1. Pak Saeful,

      Terlepas dari spesifikasi, menurut saya, lebih baik bertahan dulu di G Pro. Sebab, harga jual baru G Pro sudah turun signifikan yang tentu berdampak pula terhadap harga jual bekasnya.

  3. Belakangan saya perhatikan LG lebih rajin iklan di koran Kompas. Mirip2 strategi Nokia dulu kayaknya, yg iklan kebanyakan store seperti Oke Shop dst, menawarkan promo spesific untuk beberapa produk LG (Android seluruhnya). Beda dgn Samsung yg (sepertinya) iklan sendiri kadang sampe 1 halaman.

    Sayangnya belum ada nilai lebih dari masing2 produk. Atau, maaf, mungkin saya yang kurang detail perhatikan kelebihan produk2 LG.

    Yg harus diperbaiki selain jualan adalah purna jual. Sebenarnya layanan purna jual LG Mobile itu sama dengan LG elektronik biasa tidak? Kalau Samsung contohnya di kampung saya, aslinya malah cuma terima service Samsung Mobile alias HP, sampai akhirnya kira2 setaun belakangan jadi service Samsung Elektronik seluruhnya termasuk tv, lemari es, hingga laptop kalau tidak salah.

    Hmmm… BBM masuk Android, kira2 BB+Android saya ganti jadi Android+Android atau apa ya… Android+iPhone akhirnya gagal terjadi karena ternyata iPhone 5c bukan 5 cheap

    1. Pak Liat2aja,

      Pusat perbaikan resmi LG Mobile setahu saya berbeda dengan pusat perbaikan resmi LG untuk produk televisi, kulkas, AC, dll. Hal serupa berlaku pula untuk Samsung.

      Dalam pantauan saya, layanan di pusat perbaikan resmi LG Mobile sih bagus. Namun, memang kurang tepat dibandingkan dengan Samsung. Sebab, penjualan ponsel LG jauh di bawah penjualan ponsel Samsung.

    1. Pak Budi,

      Saya belum bisa memberikan kesimpulan akhir tentang G2. Lha baru towel-towel sebentar.

      Dengan asumsi sama-sama ketika dulu baru mencoba sebentar banget, urutan pilihan saya adalah LG G2, HTC One, baru Samsung Galaxy S4.

  4. selamat malam, ikut nimbrung sedikit, saya sendiri baru beli e988 kok, tadinya bimbang antara e988 dan g2, akhirnya beli e988, pertimbangannya adalah kemampuan untuk bisa expand memory adalah fatal di era serba HD begini, walaupun bisa otg, repot kale kemana mana bawa kabel otg + flashdisk hehehe, lalu kinerja prosesor snapdragon s600 di e988 quadcore 1,73ghz sudah cukup mumpuni, terbukti (walau skor benchmark tidak mutlak jadi acuan) skor antutu e988 26.498 berada di atas S4 dan HTC ONE lho, hasil benchmark terlampir kok di twitter saya @enwui … saya pinang e988 di angka 5,499.000 plus bonus flipcover dan a275, ponsel a275 dan flipcover nya sudah saya jual malah, jadi e988 nya sendiri bersih nya cuma sekitar 5jt saja, alias selisih sekitar 1jt dari G2 paket promo prabayar, yang mana menurut saya lebih good price to perfomance si e988

  5. sebelum pindah ke LG, saya pemakai 2x samsung yaitu nexus S dan Note 1, secara garis besar saya puas dgn e988, dan test charge sambil dipakai ketik lancar, tidak seperti ponsel2 sony xperia yang jika sedang charging dan ditaruh di meja, dijamin pemakainya akan kesulitan menemuman akurasi sentuhan, ntah itu bug atau apa, yg jelas itu terjadi di Xperia SP rekan saya dan ketika dibawah ke sony centre, petugas sana ngaku nya sih semua sony begitu, astaga… minus nya e988 adalah suara speaker nya agak kurang, kalau via handsfree tidak masalah, dan jangan bandingkan super amoled dengan ips hd+ karena walaupun saya suka warna warna jreng super amoled, saya sadar kalau super amoled itu unrealistic dan dibuat berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *