Handsfree Bukan Cuma Pelengkap

Paket penjualan ponsel seringkali menyertakan handsfree berkabel. Aksesori itu tidak jarang sekadar menjadi pelengkap. Yang penting ada dan bisa digunakan. Kualitas maupun daya tahan urusan nomor sekian.

Hal serupa tidak berlaku untuk Sony Ericsson Mix Walkman. Handsfree yang disertakan, menurut penulis, mampu mendongkrak tingkat kelayakan beli ponsel itu secara signifikan.

Seperti kebanyakan ponsel Sony Ericsson seri Walkman, kemampuan Mix Walkman alias WT13i dalam memperdengarkan musik tergolong andal. Suara yang keluar dari speaker internal ponsel relatif merdu dan jernih. Namun, kalau dicermati, suara treble mendominasi, sedangkan bass kurang mencuat.

Kesan berbeda akan muncul bila pengguna menikmati musik via handsfree berkabel. Senyum pertanda puas seharusnya bakal merekah. Treble maupun bass lebih kentara. Vokal penyanyi pun tertangkap lebih jelas. Bila kinerja bermusik Mix Walkman saat tanpa handsfree termasuk cukup bagus, maka performanya ketika dipadukan dengan handsfree layak disebut prima.

Di sisi atas ponsel tersedia tombol Walkman dan Zap. Menekan tombol Walkman merupakan jalur tersingkat yang dapat ditempuh pengguna kala ingin mendengarkan musik. Dengan pengaturan tertentu, pengguna bisa berkaraoke via Mix Walkman.

Sementara itu, tombol Zap mempermudah pengguna mencari lagu yang diinginkan. Pencetlah tombol Zap saat Mix Walkman sedang memainkan lagu. Sesaat kemudian ponsel akan memainkan bagian chorus lagu selama 4 atau 15 detik, bergantung pengaturan. Bila pengguna telah menemukan lagu yang diinginkan, tekan tombol Zap sekali lagi. Maka, lagu tersebut akan dimainkan secara utuh mulai detik pertama.

Semacam gelang mengelilingi bodi ponsel berdimensi fisik 95,8 x 52,8 x 14,3 mm dan berat 88 gram itu. Sony Ericsson menyebutnya phone bands. Gelang tersebut leluasa diganti oleh pengguna. Ketika hendak membeli Mix Walkman, setiap calon pembeli seharusnya disodori dua pilihan oleh penjual. Yakni, Rp 1,049 juta untuk ponsel dengan satu gelang yang telah terpasang atau Rp 1,099 juta untuk ponsel plus gelang tambahan.

Layar sentuh kapasitif tiga inci, bluetooth, Wi-Fi, radio FM, dan buku telepon berkapasitas seribu nama multiple entry merupakan sebagian spesifikasi lain Mix Walkman. Ponsel yang belum mendukung layanan 3G itu memanfaatkan konektor micro USB sebagai penghubung charger dan kabel data. Konektor 3,5 mm di bagian atas ponsel siap dipadukan dengan headset atau earphone favorit pengguna.

Di bagian belakang ponsel, terdapat sebuah kamera beresolusi 3,2 megapiksel. Kamera yang juga dapat difungsikan sebagai perekam video itu tanpa autofocus maupun lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto yang cukup tajam.

Memori internal Mix Walkman berdaya tampung 256 MB. Hingga sekitar 100 MB di antaranya bebas dimanfaatkan oleh pengguna. Bila dianggap kurang besar, selipkan kartu microSD ke slot yang tersedia.

Ada beberapa sisi minus yang penulis temukan di Mix Walkman. Untung, kekurangan itu tidak terlalu fatal. Misalnya, pengguna tak bisa mengatur tenggang waktu ponsel akan terkunci otomatis. Ketika posisi ponsel horizontal, lalu pengguna mengetik SMS, tidak ada pilihan qwerty keypad. Pengguna harus bercengkerama dengan 12 phone keypad ala ponsel candybar konvensional.

15 thoughts on “Handsfree Bukan Cuma Pelengkap

  1. Nokia N8 adalah salah satu ponsel dengan kamera terbaik pada saat ini, Pak. Tipe lain yang boleh dicoba adalah Sony Ericsson Xperia Arc.

  2. Ko… aku pengen beli HP touchscreen, menurut koko hp apa y yg paling bagus?? dengan harga yg paling murah tentunya!! bekas / baru n hp lokal jg boleh kok ko!!
    xie2 ko, Gbu

  3. Anggarannya berapa nih, Pak Michael? Kalau Rp 500 ribuan, coba cari Samsung Champ.

    Kalau sekitar Rp 1 juta dan suka mendengarkan musik, Sony Ericsson Mix Walkman boleh dipertimbangkan. Pada naskah di atas tertulis harganya Rp 1,049 juta. Namun, kini sudah turun jadi sedikit di bawah Rp 1 juta.

  4. Pak Rahmad,

    Kebetulan beberapa waktu terakhir saya harus banyak ke luar Surabaya dan jadwal di sana padat, Pak. Jadi, belum sempat memotret ponsel, memilih foto, lalu mengunggahnya.

    Hari ini saya akan sempatkan unggah minimal satu naskah review deh. šŸ™‚

  5. Pak Erik,

    Anggaplah saya sedang melihat bagian belakang WT13i. Speakernya ada dua. Satu di kanan atas, satu lagi di tengah bawah.

  6. Pak, menurut anda, lebih baik mana antara samsung champ 2 3330 sama se WT13i. Saya perlu yg bisa document viewer.
    Trus kelengkapan paket penjualannya bgmn y? sy baca di tabloid pul**, paket penjualan samsung champ 2 tidak disertai headset + memory card? Lak tuku dewe maneh pak?
    terimaksih

  7. Pak Wenkobain,

    Saya tak pernah mencoba Samsung Champ 2. Karena itu, tak bisa memberikan review. Kelengkapan penjualan juga tidak saya ketahui.

    Tidak menyertakan headset, kartu memori, atau kabel data merupakan salah satu cara yang lazim dipakai produsen untuk menekan harga jual.

    Bila Anda membutuhkan ponsel yang bisa membaca file dokumen, menurut saya, lebih baik naik kelas sekalian ke ponsel Android entry level. Harga kan sudah semakin terjangkau.

  8. Ko, mau tanya, ada tidak rekomendasi untuk handsfree atau yang tanpa kabel (bluetooth) harganya dibawah 500 rb, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *