Hati-Hati Belanja di Situs Cipika Milik Indosat

Belanja online di Indonesia berkembang pesat, baik dari volume transaksi maupun total nilai transaksi. Meskipun demikian, seperti halnya saat belanja offline, idealnya Anda selalu waspada saat berbelanja online. Nama besar pemilik tidak selalu menjadi jaminan.

Pengalaman saya saat iseng berbelanja di situs Cipika.co.id menjadi salah satu contoh nyata. Saat itu, 21 Agustus 2015, penulis membeli sebuah barang dengan harga Rp 165.000. Transaksi telah dibayar lunas pada hari yang sama. Kok nomor rekeningnya atas nama PT Indosat Tbk? Wajar. Sebab, Cipika memang dimiliki oleh Indosat.

Cipika-1

Namun, sampai pagi ini, 5 September 2015, barang yang dipesan ternyata belum dikirimkan. Berikut status transaksi di situs Cipika.

Cipika-3

Perhatikan status pengiriman pesanan paling atas. Masih “persiapan pengiriman”.

Cipika-2

Sudah lunas sejak 21 Agustus 2015, tetapi sampai 5 September 2015 masih persiapan pengiriman.

Beberapa kali saya telah menghubungi Cipika via akun Twitter E-Care Cipika. Respons yang didapatkan kurang memuaskan. Berikut screen capture percakapan terbaru yang saya lakukan kemarin. Terlihat kalau pengelola Cipika terlalu pemaaf dan longgar terhadap merchant.

Cipika-4

Asal tahu, sampai saat saya mengetikkan tulisan ini, barang yang sama masih dijual oleh merchant yang sama di Cipika.

Pesan saya saat ini singkat saja: hati-hati berbelanja di Cipika milik Indosat.

UPDATE: Setelah menanti sejak 21 Agustus 2015, pesanan saya tadi sore (8 September 2015) akhirnya tiba.

74 thoughts to “Hati-Hati Belanja di Situs Cipika Milik Indosat”

  1. Kalau saya sih tidak biasa Dan belum pernah belanja lewat online. Karena lebih kepada resiko, baik itu soal keterlambatan, kualitas Dan lebih-lebih penipuan. Jadi kalau memang tidak sangat butuh lewat offline alias langsung saja.

  2. Bukan cipika saja pak Herry, saya pernah beli barang jg tdk dikirim2 di bl*bl*, bu*ala*ak, dgn alasan klasik, harap sabar, mohon maaf, salah input harga, barang lg disiapkan, bla..bla..blaaa.. Yg saya heran, keluhan dr customer hanya sampai ditingkat operator/CS, kemana tanggungjawab manager operasionalnya? Ini harap jadi perhatian calon customer yg mau berbelanja online di toko tersebut, karena saya sendiri termasuk aktif belanja online setiap bulannya.

    1. Pak Tama JT,

      Saya juga pernah. Harga Rp x langsung saya beli. Tak lama kemudian pesanan saya dibatalkan sepihak dengan alasan stok habis. Padahal, saya pantau baranngya masih dijual dengan harga lebih tinggi.

      Pernah pula saya beli di harga Rp x. Beberapa jam kemudian dibatalkan sepihak disertai keterangan “harga masih proses diubah”. Mbok ya bilang saja salah harga.

      Di salah satu toko online besar, saya beberapa kali mengalami masalah. Suatu saat, ada satu masalah yang sampai hitungan bulan masih belum beres. Padahal, yang salah jelas-jelas situs online itu. Mereka jualan dengan harga benar, saya beli dan sudah melunasi pembayaran, tetapi barang kosong. Saya disuruh menunggu sampai batas waktu yang tidak diketahui. Saya memutuskan batal dan minta di-refund. Eh, sampai hitungan bulan, belum di-refund juga.

      Karena sudah jengkel berat, saya sekali lagi mengirimkan email komplain. Bedanya, kali ini email itu saya cc-kan ke CEO-nya. Kebetulan saya pernah diajak makan siang oleh CEO situs online itu. CEO tersebut tidak membalas email saya, tetapi dalam waktu kurang dari 24 jam, dana saya di-refund. πŸ™‚

  3. Hati-hati juga belanja di bilna.com , nasib juga sama pak herry , pesanan dari tgl 25 agustus sampai sekarang status hanya sudah di bayar. Komplain lewat email dpt balasan intinya nya ” repot kebanyakan order karyawan kurang ” . ada ada saja

  4. Belanja Online Di Situs Terkenal Belum Tentu Memuaskan Pak HSW..

    Semakin Terkenal & Besar Suatu OLSHOP maka kaya semakin lambat, semakin menurun Kualitasnya

  5. Maaf out of topic, pak herry saya terkesan dengan konsistensi tulisan anda mengenai dunia gadget. Berani jujur dalam mereview produk. Saya ada satu pertanyaan buat bapak.
    1. Saya juga memiliki passion penikmat gadget, bagaimana ya caranya bisa menyalurkan passion saya untuk mereview gadget tetapi saya punya keterbatasan finansial ?

    1. Pak Farid,

      Secara finansial saya juga tidak berlebih lho. Untuk tahap awal, saya menyarankan Anda berkenalan dengan beberapa pemilik toko ponsel di pusat penjualan ponsel, terutama yang sehari-hari melakukan jual beli ponsel bekas. Berikutnya, mintalah izin untuk mencoba barang dagangannya di tempat. Selama mencoba Anda sebaiknya juga membantu kenalan itu menjaga toko. Jadi, simbiosis mutualisme gitu deh.

  6. sepertinya untung2an ya pak, saya pesan alcatel idol x dan mi pb dari misterhape dan point2000 langsung dikirim pakai jne yes gratis ongkir.

    hanya saja memang cs cipika responnya lambaat πŸ™‚ kontak sellernya juga susah
    saran saya memang sebaiknya cari seller yang sudah terpercaya di site lain juga.

    saya jg kesal lazada blibli elvenia yg suka lambat atau php (order cancel krn ketidaksediaan stok). ada saran toko online lain pak her?

    1. Pak Amunes,

      Unsur untung-untungan memang pasti ada. Namun, pengelola marketplace seharusnya lebih sigap.

      Wellcommshop.com sejauh ini pelayanannya cepat. Situs milik pemain besar ponsel, contohnya, Erafone.com, Oke.com, dan Globalteleshop.com juga relatif bagus.

  7. Harga di Cipika emang miring alias murah pengiriman juga MIRING alias lama banget hahahaha
    Sama om hsw saya juga beli brg di sono lama pake banget
    Apa lagi kalau beli makanan bisa basi sampe sby hahaha
    Untung Twitter di jwb saya ga pernah di bales tweetny..

    1. Pak Kelvin,

      Saya beberapa kali menghubungi customer care Cipika via Twitter. Ada yang dibalas, ada pula yang tidak.

  8. fiyuuh hampir aja saya mau pesan sesuatu di sana. rumah saya di cilacap jateng, bisa setahun kali pesenan saya nyampe hadeewh
    thanx pak herry atas infonya πŸ™‚

  9. Kalau teknoup.com bagaimana bung Herry, saya lihat kok harganya lumayan up to date? Saya sendiri belum pernah belanja online.

  10. Maaf pak Herry, melenceng dari topik
    Rekomendasi Toko online terpercaya yang jual power bank xiaomi original 10.400 mah dimana ya…?

    1. Pak Dwi Wibowo,

      Power bank Xiaomi 10.400 sudah sulit didapatkan. Lebih baik Anda membeli varian lain di Mi.com/id. Barang yang dijual di sana pasti orisinal.

  11. Saya pernah punya pengalaman belanja di wellcommshop.com barang yg di kirim tdk sesuai dengan gambar dan spesifikasi nya, saya minta ganti barang nya tdk ada, akhirnya di sarankan pengembalian dana tapi saya batalkan karena repot harus kirim ulang barang yg sudah saya terima, jadi saya pasrah saja dapat barang berbeda…

    1. Pak Haidar,

      Retur barang seharusnya bisa diserahkan offline ke gerai Wellcommshop terdekat di kota Anda kok. Tentunya setelah konfirmasi dengan customer service Wellcommshop.com dulu.

      Saya tahu karena saya pernah mengalaminya.

      Btw, barang yang Anda dapatkan harganya lebih murah atau mahal?

  12. Pak Herry,saya mau nanya..maaf keluar dr postingan. Saya baru beli xiaomi mi4i,saya bingung bagaimana cara pakai “mode operasi satu tangan” nya..disana mesti geser kanan atau kiri dr beranda,maksudnya apa ya,Pak Herry? Atas pencerahannya,trima kasih

    1. Pak Tris,

      Langkah-langkah detailnya saya sudah tak ingat. Intinya begini:
      Anggaplah saat ini Anda berada di home screen dan tampilan layar masih satu layar penuh. Anda perlu menyapukan jari ke kiri atau kanan untuk memulai operasi satu tangan. Anda bisa memilih tampilan satu tangan itu mepet ke kiri layar atau kanan layar.

      Cara menyapukannya, letakkan jari Anda di tombol tengah di bawah layar, kemudian sapukan jari ke kiri atau kanan. Selamat mencoba!

  13. Met pagi pak hery. Bulan lalu saya beli di buka lapak. Aman sentosa sampai di rumah saya. Bulan ini ingin beli tempered glass utk acer liquid e700 di toko online jadi kurang berani. Kira2 kalau di surabaya tempered glass utk acer liquid e700 beli dimana ya pak?

    1. Pak Yudi,

      Saya belum pernah menemukan penjual tempered glass Acer Liquid E700 di Surabaya.

      Saat mencari tempered glass ponsel itu, sebaiknya Anda agak berhati-hati. Sebab, E700 sekaligus menjadi nama lain Samsung Galaxy E7. Beberapa kali saya menjumpai ada penjual tempered glass E700. Ketika saya cek lebih lanjut, ternyata bukan Acer Liquid E700 melainkan Samsung SM-E700 alias Galaxy E7.

  14. Makasi pak info nya. Pak herry. Ada gak aplikasi android utk mengunci layyar tanpa menekan tombool powerr kayak ponsel merk LG itu pak. Di tap2 layar nya nyalah di tap2 layar nya mati.

    1. Pak Yudi,

      Kalau model tap dua kali ala ponsel LG tidak ada.

      Kalau yang mirip-mirip, tetapi kenyamanan dan keampuhannya jelas berbeda, boleh coba:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=net.maicas.android.wsleep&hl=en
      Karena tidak nyaman, sudah lama saya tidak memakai aplikasi di atas.

      Khusus untuk mematikan layar tanpa menekan tombol power, tetapi perlu menyentuh ikon di layar, silakan coba:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.katecca.screenofflock&hl=en
      Kala sedang tidak memakai ponsel LG, saya biasanya menginstalasikan aplikasi tersebut.

    1. Pak Tris,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Ok, sip deh kalau sudah bisa dipakai. Terima kasih kembali.

  15. Pak Herry SW, mohon info ttg pengalaman bapak belanja di situs erafone.com, apakah servicenya baik? Dan stok di web apakah akurat/menggambarkan ketersediaan barang sebenarnya?
    Sy kesulitan cari hape acer z410 di toko-toko di jogja, dan skrg berusaha cari di toko online yg terpercaya. Terimakasih sebelumnya atas jawaban pak Herry.

    1. Pak Haryo,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Layanan di Erafone.com cukup baik. Seandainya transaksi kebetulan bermasalah, berurusan dengan Erafone.com masih lebih enak daripada berhubungan dengan Lazada.co.id.

      Ya, biasanya sesuai dengan kondisi stok.

      Btw, untuk ukuran saat ini, daripada membeli Liquid Z410, menurut saya, lebih baik melirik Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi. Hanya berbeda Rp 150 ribu, tetapi Redmi 2 jauh lebih menarik.

  16. Sama blanja.com juga ko Herry dari tanggal 1 September sampe hari ini gak jelas status barangnya apa, di tanya ke CS cuma disuruh tunggu aja. Padahal saya beli dari dua situs lain tanggal 4 dan 6 sudah sampai dengan selamat di rumah cuma Blanja.com aja yang gak jelas. Padahal ada tulisan Telkom saya gak tau punya telkom atau kerja sama doank

    1. Pak Ricky,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Blanja.com memang punya Telkom.

  17. Pengalaman pribadi saya..
    Situs belanja online yg pelayanannya bagus itu b**al***k.com.
    Karena ada batas 4 hr sejak dibayar, barang tidak dikirim.. Dana lsg kmbli ke rek pembeli di acc. Situsnya. Dan proses trsfr kmbali ke rek. Bank kita policy nya maks 1x24jam. (bca/bni pengalaman saya).

    Pengalaman saya yg lain.. Saya pernah beli sesuatu lewat situs itu, barang yg sampai di saya tidak sesuai dgn gbr deskripsi di iklannya.. Saya complaint lewat email.. Trs ada proses negosiasi dgn seller yg dimonitor sm pihak situsnya..
    Tidak ribet dana saya kembali utuh.. Cuma rugi ongkir baliknya ke seller.

    Maaf panjang.. Cm berbagi pengalaman dan bkn iklan..

    1. Pak Jhony be good,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Asalkan bersifat memberkan informasi, lain kali alamat situs penjual tak perlu disensor. Yang Anda maksud Bukalapak.com ya?

  18. pak Herry, saya sering belinya di Blibli karena bisa cicilan 0% walau sdh di mark up sedikit. Kadang ada juga yg malah lebih murah di Blibli, apalagi pas promo. Kalau yg lebih lengkap barangnya di Lazada.
    Blibli kirimannya lama, walaupun beli biasa tanpa kartu kredit, apalagi kalau cicilan, lama banget kirimnya. Saya memaklumi :p Notifikasi status kiriman lewat sms juga hampir tidak ada, hrs rajin cek webnya.
    Lazada selalu rajin kirim notifikasi status kiriman, tapi ya sama aja diatas 3 hari baru sampai.

    Menurut saya hal ini sangat tergantung seller yg menjual barang di web online. Karena mereka baru menyiapkan pengiriman setelah pihak web mengkonfirmasi pembayaran dr kita. Tapi kalau barang itu statusnya dijual oleh Lazada/Blibli, biasanya lebih cepat.

  19. Wah baru minggu lalu saya alamin hal yg sama.di elevania,beli pb xiaomi yg 10400. Barang gak sampe2 padahal setelah cek pengiriman udh sampai ke jne kota tujuan.pas menghubungi seller malah diketusin dibilang bukan tanggungjawab seller. Tapi setelah kirim email ke cs elevania responnya cepat.1 hari sudah di follow up. 2hari kemudian barang udh sampai.
    Padahal pas sebelumnya beli mi4i di elevania juga tapi beda seller pengirimannya cepet bgt.
    Mungkin memang tergantung sellernya juga ya..
    Namanya juga resiko belanja online.

  20. jadi inget kemarib belanja dibli” gara” barang yg saya pesan tu tidak sesuai dg yg saya mau saya batalkan sebelum brg dikirim tp pihak merchant bli” ngotot ngirim saya sudah coba ngisi form pembatalan pesanan sehari seblum brg dikirim esoknya saya coba live chat nyata brg dikirim ane kesel bgt dan lgsg blg pesanan sudah saya btalkan dan saya minta refund dr tgl 25 juli dana bru di refund 27agustus pertma dan terakhir belanja di blilbli kapok.pelayanan mengecewakan refund dana 125rb saja harus 1 bulan parah!

  21. belanja Online, saya sekarang lebih memilih bukalapak.com/tokopedia.com
    tips nya, pilih penjual yang feedback nya paling banyak dan positif. berapa banyak diskusi vs barang di beli. beberapa kali belanja, 2 hari sudah sampai dengan layanan reguler. lokasi saya di depok.

  22. Saya belum pernah nyoba belanja di cipika sih, tapi warung sebelah pak… Blanj*.com dan saya meli ponsel dari seller yang kondang lho, *rafone! Saya pesan dari tanggal 8 september, sampai sekarang belum ada perubahan status…. Udah kontak ke pihak Blanj*.com, tapi jawabannya mirip dengan ulasan bapak, ngeles banget… Hadeh…

    Kayaknya saya juga musti bikin postingan di blog nih biar dapat perhatian… Kalo dihubungi jawabannya nggak memuaskan

    1. Pak Tuxlin,

      Nama situs tak perlu disensor. Kalau perlu, sekalian sebutkan nomor pesanan Anda. Siapa tahu ada yang memantau blog ini. πŸ™‚

    1. Pak Aldi,

      Komen tentang apa ya? Satu per satu komentar yang masuk saya baca dan approve, bahkan meskipun isinya mencaci maki saya. Yang saya reject hanya komentar yang berisi iklan jualan atau spam lain.

  23. Isinya ttg pengalaman saya berbelanja di blibli pak herry ko bisa hilang ya? tp ya sudahlah… pak herry boleh minta saran gk?saya ingin membeli infinix hot note dg harga skrg 1,65jt menurut pak herry msh value kah dg harga yg ada.yg terpenting buat saya kamera tidak terlalu jelek baterai yg pasti awet bisa screen on time 5 jam sudah cukup untuk saya lalu bodi cukup keren spesifikasi gahar utk main game menengah keatas menurut pak herry apakah infinix hot note sudah memenuhi kriteria saya?berhubung dana saya terbatas dan saya cukup tertarik membelinya…

    1. Pak Aldi,

      Dalam 1-2 hari ini, saya rasanya saya tidak menerima komentar tentang pengalaman berbelanja di Blibli. Apa waktu itu belum terkirim ya?

      Lho, harga Hot Note naik? Kemarin saya lihat masih Rp 1.599.000. Ya, silakan dibeli. Oh ya, sebaiknya pilih yang warna putih-emas karena tampilan fisiknya terlihat lebih cantik dan mahal daripada yang warna abu-abu.

  24. Thx pak herry atas sarannya ya mgkn memang tidak terkirim post saya… itu dia pak herry saya kesengsem sama ya warna putih dg backcover warna emas… terkesan mewah dikelasnya,untuk build qualitynya sendiri bagaimana pak?apakah termasuk baik?

  25. Belum lama kejadian dgn bl*bl* dan bu*ala*ak hari ini saya dikecewakan lg dr seller ele*enia, masa order via ele*enia barang yg datang tertulis bu*ala*ak sdh gitu barangnya salah lg! Emang nilai barang gk seberapa,tp kesalahan seller yg menyebabkan kerugian customer itu yg kurang jd perhatian seller dan manajemen dr masing2 online shop tsb. #Not recommended#

  26. Benar pak Herry saya pesan via elevenia dgn no.order 201509140745948 yang datang dr bukalapak no.order #150914148424 walaupun nama pedagangnya sama “Awan Hisyam”. Jadi online shop yg masuk blacklist versi saya:
    1. Bukalapak
    2. Blibli
    3. Elevenia
    Pengelola web tersebut lebih melindungi seller ketimbang buyer, padahal yg byk dirugikan adalah buyer. Semoga jd pencerahan bagi kita semua.

    1. Pak Tama Jt,

      Kalau ingin tahu yang lebih parah dalam melindungi seller: Cipika. Asli kelewatan banget deh marketplace milik Indosat itu.

  27. Kapan-kapan kalo koh Herry ketemu petinggi online shop tersebut diatas bisa kasih link tulisan koh Herry ini, karena saya yakin ini hanya fenomena gunung es. Dan barusan saya cek orderan saya di elevenia tempo hari sellernya berganti nama dr “cshobyshop” jadi “agus djoko” saya kira sudah sangat jelas siapa yg dilindungi disini, selalu saja buyer yg jadi korban.

  28. Belanja online mmg gampang susah, saya termasuk lumayan sering belanja online, namun seminggu yg lalu sy belanja baterai dan tempered glass utk lenovo adik sy, pdhl 1 waktu, dan penjual sama2 dr jakarta (tp beda penjual) hasilnya baterai sampe 2 hari dan tempered glass nyampe 10 hari, rmh saya pasuruan jawa timur, tergantung merchant kali ya… Anehnya resi lgsg dikirim hari itu padahal πŸ™‚

  29. Belanja di jakartanotebook.com bisa dipertimbangkan pak Herry. Saya mulai belanja di situ dari desember 2014 sampe sekarang belum mengecewakan. Harga sangat kompetitif. Report pembayaran n barang ada dimana jelas. Kadang jnenya yg telat kirimnya. Ada toko offlinenya di jakarta, semarang n surabaya.

    1. Pak Aryo,

      Jakartanotebook.com malahan salah satu toko online pertama yang masuk dalam daftar hitam versi saya. Sebab, barang yang diiklankan sebagai barang baru ternyata belum tentu 100 persen baru. Orisinalitasnya kadang juga patut dipertanyakan.

      Sesekali saya masih iseng berbelanja di sana, dengan catatan nilai transaksi maksimal Rp 100 ribu. Kalau ternyata barang yang saya terima bermasalah, ya tinggal dibuang.

  30. Emang pernah dapet barang bekas pak Herry? Saya sih biasanya beli aksesoris smartphone, kabel2, powerbank. Selalu saya cek harga dulu di bukalapak n tokopedia. Kebanyakan memang lebih murah.

    1. Pak Aryo,

      Pernah. Saya beli modem yang dibilang baru. Ketika barang datang, jelas kelihatan kalau itu modem bekas. Bodinya sudah gores-gores dan ada tanda-tanda pernah dipakai.

      Saya sempat komplain ke Jakarta Notebook. Namun, petugas bersikeras menyatakan itu barang baru. Ya sudah deh. Saya malas ngurus lagi.

  31. Kalau kasus saya ada di mal m a t a h a r i .com. Situs online gede yg katanya mau ngalahin lazada ini menurut saya msh abal2. Saya sdh transfer malah, udah konfirmasi, eh malah dpt kiriman email “pesanan saya dibatalkan krn blm bayar”. Di telpon ga bisa, di email ga balas. Ampun dije. Pengen posting tp takut ujungnya nanti malah dapat tuntutan uu ite.

    1. Pak Putra,

      Malmatahari.com? Saya malahan baru dengar. Kalau yang dimaksud MatahariMall.com dan tidak ada solusi saat berurusan dengan mereka, masukkan ke surat pembaca deh. Tuliskan dengan bahasa yang sopan.

  32. Kalo saya sdh banyak belanja di Lazada sdh belasan kali ,semua lancar , cuma satu kali beli hape lumia 535 tapi cacat produksi dikirim oleh merchantnya ,saya komplain dan barang saya retur via jne ,hanya dalam 1 minggu uang lsg di refund ,karena barang pengganti tidak ada jadi solusi lsg refund + ongkir diganti. Dan saya lsg beli infinix hot note besoknya barang sdh saya terima. Jadi online shop besar itu bekerja sama dengan penjual ,nah penjualnya ini yg kurang jujur atau tidak bonafid. Belanja di Toped juga sama tergantung pihak penjualnya punya barang atau sekedar penjual dropship ,tapi orderan tetap dikirim kalo barangnya ada kalo ga di batalkan ,uang kembali. Ini pengalaman saya selama sering belanja online di BL ,Toped ,Lazada ,Zalora dan Blibli. Terima kasih.

  33. Sepertinya ol shop yang ngasi diskon ongkir (gratis), emang lelet ya, atau karena banyak promo, jadinya harus seperti itu jadi kalau banyak dana yang ketahan jadi bisa lanjut promo, jadi dibuat selama mungkin

  34. pagi pak hsw
    sampai sekarang saya masih ragu utuk memutuskan membeli dari situs online
    menurut bapak dan pengalaman bapak dan komentar yang berkembang, bisa diurutkan peringkat situs online yang secara overaal bagus, dan yang masuk daftar hitam
    terutama untuk produk elektronik semacam hp, flash disk, hard disk external, acesori komputer
    makasih

    1. Bu Diana,

      Kalau flashdisk, hard disk eksternal, dan aksesori komputer saya tak tahu. Kalau spesifik ke ponsel, transaksi via Erafone.com dan JD.id biasanya lancar. Pengiriman relatif cepat, meskipun seringkali tidak ada update mengenai nomor resi.

      Blibli.com biarpun layanannya telah menurun dibandingkan dulu, masih boleh dilirik. Setidaknya kalau sampai ada masalah, customer service-nya cukup responsif.

      Yang masuk dalam daftar hitam versi saya adalah Lazada. Hobi banget melakukan pembatalan sepihak, trus proses refund-nya lama sekali. Berhubungan dengan customer service Lazada sangat mengesalkan. Seperti berinteraksi dengan robot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *