Hitung Kemampuan Portable Charger

Anda mempunyai sebuah portable charger berkapasitas 5.000 mAh. Peranti itu akan Anda gunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel 1.000 mAh. Kalau Anda kemudian berpikir portable charger tersebut sanggup lima kali mengisi ulang baterai ponsel sampai penuh, mulai sekarang Anda harus meralatnya.

Lho kok? Iya, perhitungan Anda memang perlu direvisi. Baterai yang dibenamkan di portable charger biasanya memiliki tegangan 3,7 volt. Padahal, untuk mengisi ulang baterai diperlukan tegangan 5 volt. Berarti, portable charger 5.000 mAh yang Anda miliki sebenarnya memiliki kekuatan charging sebesar 5.000 x (3,7/5) = 3.700 mAh.

Portable charger itu lalu Anda gunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel 1.000 mAh. Asumsinya, ponsel dalam kondisi padam. Selama proses charging, karena berbagai hal, pasti ada daya yang hilang alias lost power. Persentasenya bervariasi, bergantung kualitas portable charger yang Anda miliki.

Anggaplah portable charger Anda berkualitas prima sehingga lost power hanya sepuluh persen. Kalau dihitung, kekuatan nyata portable charger Anda 3.700 –10% = 3.330 mAh. Berarti, peranti tersebut mampu mengisi ulang baterai ponsel Anda sampai penuh sebanyak 3,3 kali.

Kemampuan nyata akan lebih kecil daripada 3,3 kali bila selama proses pengisian ulang Anda tetap menggunakan ponsel untuk beraktivitas. Demikian pula kalau portabel charger yang Anda miliki ternyata bermerek abal-abal dengan kualitas patut diragukan.

Sudah jelas? Selamat berbelanja portable charger sesuai kebutuhan dan anggaran!

25 thoughts to “Hitung Kemampuan Portable Charger”

  1. tapi kalo d merk MILI kan tertera output dan input 5V-1A gimana ? apa tetap 2000MaH ? ato 1xxx? thx ya

  2. Pak Ju Ming,

    Betul. Rata-rata 20 persen ya. Kalau kena merek abal-abal yang dijual murah banget, malahan bisa 35 persen. πŸ™‚

  3. Om HSW, adakah cara praktis mengecek kapasitas riil dari portabel charger? Pada case yang saya alami, merk A dgn 5800 kok malah bisa lebih besar kemampuannya dibanding merk Z yg 8000…. Device yg dicharge sama lho.

  4. Pak Herru J. Joewono,

    Terus terang saya juga ingin mengetahui cara tepat dan cepat untuk mengecek kapasitas nyata sebuah portable charger alias powerbank. Kira-kira ada semacam alatnya nggak ya? Jadi, begitu ditancapkan, langsung ketahuan kapasitasnya berapa mAh.

    Cara yang selama ini saya lakukan adalah menggunakan portable charger itu untuk pemakaian sehari-hari. Hasilnya saya catat dan hitung nilai rata-ratanya. Tetapi, cara ini memang nggak praktis dan cepat.

  5. Bu Wulan,

    Lain kali bila mengetikkan komentar atau pertanyaan mohon tidak disingkat-singkat. Bingung bacanya.

  6. output daya dari charger original smartphone saya 5 v, sementara output daya dari powerbank 5,3 v. amankah jika saya mengisi daya dari powerbank tersebut?

    1. Pak Wayan,

      Saya tak berani memastikan aman atau tidak. Kalau perbedaan tegangannya hanya 0,1 volt, saya bakal memperbolehkan Anda memakai power bank tersebut.

      Boleh tahu power bank yang Anda miliki bermerek apa? Apakah tipenya? Output Anda sebutkan sebesar 5,3 volt. Berapa Ampere (A) output-nya?

  7. Info.a sangat membantu Mas,

    Ada yang ingin saya tanyakan,
    Berarti PowerBank yang mempunyai output 5 V tetap ada los powernya ?

    Kemudian, jika PowerBank mempunyai dual output yang satu 5 V / 2.1A dan 5 V / 1A akan berpengaruh dalam kecepatan pengisian dayanya ?

    Saya kurang paham untuk bagian yang 2.1A dan 1A nya ?

    Mohon penjelasannya,
    Terima kasih

    1. Pak Tri Waluyo,

      Ya, tetap ada loss power.

      Output yang 2,1 A memiliki kecepatan pengisian lebih tinggi, dengan catatan gawai yang akan di-charge memang bisa menerima input sampai 2 A.

  8. Oh jadi begitu Mas,

    Oh ya, kalau ingin mengetahui ponsel kita bisa menerima asupan 2,1 A dari mana Mas ?

    1. Pak Tri Waluyo,

      Harus dicoba di-charge dengan charger 1 A maupun 2,1 A, lalu dihitung apakah ada perbedaan waktu charging-nya.

  9. Oh,

    Apa memang ada ponsel yang tidak kuat menerima input dari 2 A Mas ?

    Jika tidak kuat apakah efek buat ponsel.a πŸ™‚

    1. Pak Tri Waluyo,

      Ada yang bisa menerima input sampai 2 A sih. Semua bergantung rancangan awal dari produsen. Feature phone biasanya didesain menerima input maksimal 1 A, bahkan hanya 0,5 A. Kalau smartphone seringkali didesain dapat menerima input 1 A. Sebagian smartphone, biasanya yang berkapasitas baterai 3.000 mAh atau lebih besar, bukan mustahil sanggup menerima input sampai 2 A.

  10. Ada power bank yg isinya 2,4,sampai 6 baterai tabung,itu jelas berpengaruh dengan body power bank itu sendiri,semakin banyak baterai yg di pasang akan semakin besar body power bank tsb,asumsinya semakin banyak baterai pada suatu power bank makanya dayanya juga akan semakin besar.
    yg sya mau tanyakan apakah relevan power bank dengan ukuran body minimal tapi di beri label dengan mAh maksimal??
    Mohon pemcerahannya,, trima kasih

    1. Pak Hilmi Hamami,

      Power bank yang tipis itu tertulis kapasitasnya berapa? Kalau 3.000 mAh atau 5.000 mAh masih masuk akal. Namun, bila 10.000 mAh, ya jelas patut diragukan.

  11. bagaimana cara mengetahui daya sisa pada powerbank setelah pemakaian 15 menit selain dari indikator lampu??

    1. Pak Afin,

      Di bodi power bank tersebut apakah tersedia layar LCD yang menunjukkan persentase sisa daya? Kalau tidak ada, ya berarti tak ada cara lain lagi.

  12. Om Herry,

    Mohon penjelasannya :
    1. Bagaimana caranya menghitung jika ponsel tegangan 3.7volt maka dibutuhkan powerbank 5volt ?
    2. Apa artinya 3000 mAh ? Apakah ‘h’ = hour ?

    1. Pak Liondy,

      1. Nggak dihitung sih. Lha itu memang spesifikasi yang dibutuhkan. Coba perhatikan charger ponsel Anda deh. Output tegangannya kan di kisaran 5 volt.

      2. Ya. h = hour. mAh = miliampere hour.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *