HP Luncurkan Tablet Bali di Nusa Dua Bali

Hewlett-Packard (HP) Indonesia memperkenalkan tablet terbaru bernama Bali di Nusa Dua, Bali, kemarin (19/6). Tablet bersistem operasi Android 4.4 KitKat yang mendukung layanan 3G dan bisa dipakai menelepon itu akan dijual mulai bulan depan. Harga ritelnya Rp 1,799 juta.

Bali sebenarnya merupakan kode penamaan internal di HP. Nama resminya adalah HP 7 VoiceTab. Ia memanfaatkan prosesor quad core 1,3 GHz dan layar 6,95 inci. Dibandingkan aneka tablet yang kini tersedia di pasar, lebar 7 VoiceTab lebih ramah tangan. Maksudnya, tablet itu dapat digenggam dengan satu tangan. Ibu jari pengguna memegang sisi kiri tablet, sedangkan jari yang lain menjepit sisi kanan tablet. Hendak dimasukkan ke dalam saku celana pun seharusnya masih bisa.

HP Bali-2

“HP 7 VoiceTab alias Bali didesain dengan memperhatikan karakteristik pengguna di Indonesia. Peluncuran pertamanya di seluruh dunia juga kami lakukan di Indonesia,” kata Subin Joseph, Presdir HP Indonesia.

Dalam pemasaran 7 VoiceTab, HP Indonesia menggandeng PT Trikomsel Oke Tbk yang jaringan distribusinya terdiri atas 998 gerai ritel dan 15 ribu diler. Kelak peminat dapat menjumpai tablet itu di gerai Oke Shop dan Global Teleshop.

Subin Joseph, Presdir HP Indonesia (kiri), secara simbolis menyerahkan HP 7 VoiceTab alias Bali kepada Sugiono Wiyono Sugialam, Presdir PT Trikomsel Oke Tbk.
Subin Joseph, Presdir HP Indonesia (kiri), secara simbolis menyerahkan HP 7 VoiceTab alias Bali kepada Sugiono Wiyono Sugialam, Presdir PT Trikomsel Oke Tbk.

Inilah penampakan nyata 7 VoiceTab.

HP Bali-3

HP Bali-4

HP Bali-5

HP Bali-6

HP Bali-7

7 VoiceTab kala dipasangkan ke leather case yang akan dijual terpisah.

HP Bali-8

HP Bali-9

HP Bali-10

Perbandingan lebar 7 VoiceTab saat ditumpuk di atas HP Slate7 VoiceTab. Terlihat kalau 7 VoiceTab lebih ramping sehingga kedua sisinya dapat dijangkau oleh telapak tangan orang dewasa.

HP Bali-15

Update: inilah spesifikasi 7 VoiceTab yang lebih lengkap.

  • Layar 6,95 inci beresolusi 1.024 x 600 piksel.
  • Android KitKat 4.4.2.
  • Single slot SIM, memakai kartu micro SIM.
  • Prosesor quad core MediaTek MT8382 1,3 GHz.
  • RAM 1 GB.
  • ROM 8 GB.
  • Selot microSD yang kompatibel dengan kartu microSD berkapasitas sampai
    32 GB.
  • Kamera belakang beresolusi dua megapiksel.
  • Kamera depan VGA.
  • Baterai berkapasitas 3.000 mAh.
  • Dimensi fisik 192,05 x 102,23 x 10,15 mm dan berat 306 gram.

HP ternyata juga memiliki aneka aksesori. Contohnya, speaker eksternal berkabel maupun nirkabel.

HP Bali-11

Speaker mungil ini memanfaatkan koneksi bluetooth. Bila kelak jadi dipasarkan ke Indonesia, harga jualnya diperkirakan Rp 349 ribu.

HP Bali-12

HP Bali-13

Ini bukan dompet wanita, melainkan speaker bluetooth. Seandainya dijual Rp 600 ribu, apakah Anda berminat?

HP Bali-14

Eh, ada power bank merek HP. Akankah dipasarkan di sini? Entahlah.

HP Bali-16

35 thoughts to “HP Luncurkan Tablet Bali di Nusa Dua Bali”

    1. Pak Fris,

      Info detail belum tersedia. Barang juga belum didistribusikan ke pasar sehingga saya belum bisa bercerita lebih banyak.

  1. Cukup menarik, apalagi harganya. Tapi tetap harus ditunggu ketahanan baterainya, mengingat pakai quadcore dan layar yang sangat besar.

  2. Mau tanya Pak Hery..

    1.LG G2 Mini di Surabaya dmn ya yg ready stok ??
    2.LG G2 Mini apa bisa USB On The Go & IR blaster (Remote)??
    3.Dtunggu review lengkapnya. hehe

    Terimakasih.

    1. Pak Yogha,

      1. Silakan mencari di Erafone. Bebas mau yang di WTC, Grand City, atau Mal Galaxy. Bila di gerai yang Anda kunjungi kebetulan kosong, minta tolong kepada petugas di sana untuk mengecek stok di cabang lain. Sistem mereka online sehingga bisa memeriksa ketersediaan stok dengan mudah.

      2. Tidak bisa USB OTG. Ya, bisa difungsikan sebagai remote control TV.

      3. Semoga saya segera sempat mengetikkannya. Sudah tertunda lama nih.

  3. cakep juga desain nya. sayang RAM nya cuma segiga. Harusnya HP bikin varian RAM 2 GB dengan harga lebih tinggi sedikit..

  4. Thanks sudah mengabulkan request saya, semoga segera meluncur & bisa ada update daya tahan baterai di tangan pak Herry. Ditunggu review produk2 lainnya, mantab pak ….

  5. P Herry maaf keluar dari topik, apakah anda kelak berminat mereview LG G2 mini entah yg versi single SIM atau dual SIM? Karena kelihatannya sangat menarik dari segi harga dan spesifikasinya. Terima Kasih

  6. bapak mau tanya. fungsi dari temperatur sensor, gyroscop sensor, dan light sensor itu apa ya? trima kasih. ditunggu review L90nya,hehe..

    1. Pak Ferdi,

      Terkait sensor, saya coba jawab secara singkat ya. Terus terang saya juga tidak memahami detail teknisnya dengan sangat mendalam.
      * Temperature sensor: untuk mengetahui suhu.
      * Gyroscope sensor: untuk mengenali pergerakan/rotasi ponsel. Berguna saat bermain game. Misalnya, mengendalikan kemudi mobil balap dengan menggerakkan bodi ponsel.
      * Light sensor: untuk mengatur tingkat pencahayaan. Salah satu implementasinya adalah mengubah pencahayaan layar secara otomatis, dengan menyesuaikan gelap terangnya lokasi di mana pengguna berada.

      Iya nih, review L90 tertunda terus. Padahal, ponsel sudah selesai saya coba.

  7. Kak Herry numpang tanya 😀
    Sebenarnya Sony Xperia M2 itu sebanding gak sama harganya?
    Untuk kelas mid end lebih baik beli Xperia M2 atau yang lain?

    Makasih

    1. Pak Rafli,

      Ya, harga Xperia M2 relatif sepadan dengan spesifikasi dan kinerja.

      Alternatif lain adalah LG L90 dan G2 Mini.

    1. Pak Ardiantoyugo,

      Wah, kalau soal hitung-hitungan biaya produksi dan harga komponen, itu menjadi rahasia pabrikan. Saya tak mengetahui detailnya.

  8. Pak Herry,

    Untuk HP Voicetab 7 apakah sudah ada GPS nya ?, karena spec nya tidak menyebutkan tentang GPS.

    1. Pak Nandha,

      Di data sheet yang saya dapatkan usai menghadiri peluncuran Bali, tertulis MT8382. Bila seiring perjalanan waktu ada perubahan, saya belum mengetahuinya.

  9. Pak, sudah tersedia di pasaran nih. Kapan diriview? :p

    Menurut saya hp 7 ini menjadi oase setelah produk-produk tablet yang ada sekarang tidak menarik perhatian saya.

    Oh iya, nama aslinya “hp 7 voicetab” ya pak? Ketika saya mengetikan kata kunci itu hasilnya masih sedikit sekali yang merujuk pada produk ini.

    1. Bu Melisa,

      Sudah tersedia di pasar. Namun, sepertinya belum terlalu merata. Saya sendiri belum pernah melihatnya di toko-toko milik perorangan di Surabaya.

      Iya benar, nama bakunya HP 7 VoiceTab. Jangan salah HP Slate7 Voice Tab ya. Namanya memang mirip, tetapi berbeda produk dan harga.

  10. Hallo Pak Herry, Salam kenal.

    Saya mau beli tablet untuk anak, mau minta pendapat bapak kalau antara hp bali, acer iconia tab 7 aprilia sama lenovo 3300, bagus mana ya pak?
    Saya prefer kualitas layar yang bagus/lebih enak dilihat, mudah untuk menginstal/menghapus aplikasi, memindahkan ke memory card, dll, karena saya kurang mengerti cara root2 gitu, daya tahan baterainya, kualitas service after sales untuk merek tabletnya. Untuk kamera tidak terlalu penting.

    Apakah Pak Herry bisa rekomend tablet lain yang dibawah 2 juta dengan layar IPS, dan dengan spec yang saya inginkan diatas?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Tika,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Saya belum pernah mencoba A3300. Dengan anggaran segitu, pilihannya memang HP Bali dan Acer Iconia Tab 7. Dengan memperhatikan harga jual terkini, Acer Iconia Tab 7 lebih menarik dilirik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *