Indah Dipandang, Nyaman Dipakai

Berawal dari celetukan penulis di Twitter dan Facebook, seorang kenalan lama berbaik hati meminjamkan Motorola EX212. “Saya kirim ke Surabaya buat dicoba ya,” ujarnya. Setelah menguji pakainya, menurut penulis, ponsel lipatan alias clamshell itu tergolong menarik. Ia bukan sekadar indah dipandang mata, namun juga nyaman dipakai.

Bayangkan EX212 sedang dalam kondisi terlipat dan diletakkan di meja. Permukaan sisi luar yang menghadap ke pengguna terlihat agak mengilap. Kalau mau, pengguna bisa memfungsikannya sebagai cermin darurat. Di ujung bawah alias janggut ponsel tercetak merek ponsel: Motorola.

Bila tombol volume yang berada di sisi kanan ponsel ditekan, deretan lampu LED putih spontan akan menyala. Permukaan sisi luar yang tadinya polos menampilkan penunjuk waktu saat itu. Kemudian, tersaji animasi bertuliskan Hello. Animasi yang disebut flip LED standby animation itu leluasa diganti oleh pengguna. Misalnya, tulisan Hello bisa diubah menjadi gambar bebek, anjing, robot, kelinci, dan jantung hati.

Tiba-tiba ada panggilan telepon masuk. Ponsel berdering. Deretan lampu LED berwarna putih menyala, membentuk simbol telepon yang menari-nari. Janggut ponsel memendarkan cahaya putih yang bergerak dari kiri ke kanan. Motorola mengistilahkannya breathing LED.

Ponsel seolah berupaya menarik perhatian penggunanya, lewat bunyi sekaligus tarian cahaya. “Cepat diangkat dong.” Andaikan ponsel dual on GSM-GSM itu bisa berbicara, mungkin kalimat tersebut yang bakal diucapkannya.

Perpaduan antara suara dan tarian cahaya juga bakal terjadi kala ponsel menerima SMS masuk. Bedanya, simbol yang tersaji di permukaan layar bukan gagang telepon, melainkan amplop yang melayang-layang.

Kalau lipatan ponsel dibuka, di bagian atas terpampang layar 2,4 inci yang mampu menyajikan hingga 262 ribu warna. Resolusinya 240 x 320 piksel. Huruf maupun gambar dapat ditampilkan dengan prima.

Sementara itu, di bagian bawah terdapat keypad dengan ukuran tombol yang tergolong besar. Modelnya mengingatkan pengguna dengan keypad ponsel Motorola seri RAZR. Keypad itu sangat nyaman, bahkan kendati dioperasikan oleh pengguna yang berjari tangan bak jempol semua.

Black list 20 nomor, buku telepon 800 nama multiple entry, konektor charger micro USB, dan pemutar musik adalah sebagian spesifikasi EX212. Dua permainan telah ditanamkan ke ponsel yang mendukung aplikasi berbasis Java itu. Yakni, Puzzle dan Magic Sushi.

Kotak masuk SMS dua nomor yang siaga digabungkan. Untuk mengetahui suatu SMS ditujukan ke nomor pertama atau kedua, pengguna tinggal mencermati angka kecil di kiri bawah ikon SMS.

Ada pula GPRS, perekam suara, radio FM, dan bluetooth. Pengguna yang rutin melakukan transaksi finansial via mobile banking tetap bisa meneruskan kebiasaannya. Sebab, EX212 yang dijual Rp 925 ribu itu mendukung SIM tool kit untuk dua nomor yang terpasang.

Sebuah kamera dua megapiksel tanpa autofocus maupun lampu kilat dibenamkan ke ponsel tersebut. Ia bisa pula difungsikan sebagai perekam video. Performanya tergolong cukup bagus. Tak layak disebut istimewa, namun juga tidak pantas dikategorikan buruk.

Kapasitas memori internal EX212 sebesar 4,9 MB. Supaya lebih leluasa menyimpan file multimedia, pengguna dapat menyelipkan kartu microSD berkapasitas sampai 16 GB ke slot yang tersedia.

Nada dering telepon maupun SMS dua nomor yang terpasang bisa dibedakan. Pengguna dapat menambahkan file MP3, lalu mengaktifkannya sebagai nada dering telepon. Sedangkan untuk nada SMS, pengguna tak bisa menambahkan nada baru. Pengguna harus memilih satu di antara 18 nada bawaan atau membiarkan ponsel membisu alias silent kala ada SMS masuk.

Selama menguji pakai EX212, penulis tidak menjumpai kekurangan fatal di ponsel berdimensi fisik 106 x 53 x 13,9 mm dan berat 105 gram itu. Ponsel tak pernah mendadak macet atau restart tanpa sebab. Penulis hanya perlu menyesuaikan diri dengan tombol navigasi ponsel itu. Pada beberapa jam awal memakai EX212, ketika hendak menekan tombol navigasi ke atas, penulis beberapa kali justru memencet bagian tengah tombol navigasi.

Menurut penulis, EX212 sangat pantas dilirik oleh penggemar ponsel lipatan, clamshell, alias folder. Ia juga layak diburu oleh pengidam ponsel dual on GSM-GSM andal yang ingin tampil beda.

46 thoughts to “Indah Dipandang, Nyaman Dipakai”

  1. Pak Angga,

    Sampai ponsel saya kembalikan kepada pemiliknya, saya nggak menemukan PC Suite untuk EX212, Pak. Jadi, belum tahu sebenarnya bisa sync dengan MS Outlook atau tidak. Untuk sementara dianggap tidak bisa dulu saja.

  2. Pak RahmadiGresik,

    980D itu merek apa, Pak? Alcatel? Yang saya pernah tahu, ada Alcatel 980 (tanpa D). Namun, tidak beredar di sini. Saya juga belum pernah mencobanya.

    C2-06 saya belum pernah coba. Intinya ia kan sama dengan Nokia C2-03, tetapi beda tampilan fisik. Respons menu EX212 lebih cepat daripada C2-03. Kalau EX212 untuk sementara dianggap tak bisa sync kontak dengan MS Outlook, C2-03 konfirm bisa.

    Pilih mana? Bergantung selera sih. Cantiknya jelas cantik EX212. Namun, kalau perlu sync kontak, untuk sementara berarti pilihannya C2-03.

  3. mungkin maksudnya alcatel 890D ko, yg touchscreen… pernah di review sama ko herry tahun lalu… šŸ˜€

  4. Oh, Alcatel one touch 890D. Pada prinsipnya itu adalah ponsel Android dual on GSM-GSM murah meriah. Responsnya nggak terlalu cepat. Ia juga belum mendukung layanan 3G.

  5. Bagaimana dengan kekuatan flipnya? Apa tdk rentan patah atau mendadak error klo sering dibuka tutup?
    Terima Kasih…

  6. Pak Yohanes Iwan,

    Daya tahan lipatan ponsel tentu bervariasi. Ponsel yang sama pun daya tahannya bisa berbeda ketika dipakai oleh orang yang tak sama.

    Karena menyandang nama besar Motorola, mestinya ponsel clamshell itu tidak dibuat dengan asal-asalan. Saya sendiri waktu itu mencoba EX212 “hanya” selama sekitar dua minggu. Lipatan ponsel selalu berfungsi normal. Tak pernah error.

  7. pak herry,untuk kotak masuk dan keluar fitur sms handphone ini apakah ada batas maksimalnya?
    atau memang penyimpanan pesanya bisa di alihkan ke memory external?
    terima kasih

  8. Pak/Bu Adiet,

    Pasti ada batas maksimal untuk SMS masuk dan keluar. Tetapi, maaf, saya tidak memperhatikan jumlahnya berapa.

    Saya lupa penyimpanan pesan bisa dipindahkan ke microSD atau tidak.

  9. Pak Fat,

    Maaf baru sempat merespons pada siang ini. Kebetulan saya baru kembali dari luar kota dan selama di sana aktivitas cukup padat.

    Tampilan fisik Samsung C3322 lebih mewah dan terlihat mahal daripada Nokia X2-02. Namun, kalau soal fitur, saya lebih menyukai X2-02. Sebab, sinkronisasi kontak dengan komputer lebih mudah dan stabil. Siaran radio FM di ponsel itu juga bisa didengarkan oleh pengguna tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel. Kalau mau, siaran yang sedang dinikmati dapat direkam.

  10. Pak Fat,

    Di dalam menu ponsel ada menu Java. Tetapi, saya waktu itu tidak coba menginstalasikan aplikasi tambahan. Spesifikasi lebih rinci tidak saya ketahui.

  11. Pak Fat,

    Mencari EX212 memang tak semudah menemukan ponsel Samsung atau BlackBerry. Tetapi, masih tergolong relatif mudah ditemukan kok.

  12. Pak Fat,

    Kalau Bapak ada di Surabaya dan ingin beli EX212, coba cek di G-Shop WTC lantai dasar. Saya lihat di etalasenya ada beberapa unit yang dipajang.

    1. Pak Eriek,

      Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan. Kalau lebih spesifik lagi, dual standby single connection. Maksudnya, ketika salah satu nomor sedang dipakai bertelepon, satu nomor yang lain otomatis non-aktif sementara. Begitu selesai bertelepon, dua nomor kembali siaga.

  13. sore pak herry mau nanya nih.. Kekurangan hp ini ad ga?Hp ni katanya kl telpon atau sms gd opsi sim 1 atau 2 ya?jd kalau mo rubah msti ganti settingan dl pak? Makasih..

    1. Pak Yan,

      Kontak atau buku telepon tak bisa disinkronkan dengan komputer secara cepat merupakan salah satu sisi minus ponsel itu.

      Pilihan SIM1 atau SIM2 seharusnya ada. Namun, karena uji pakai ponsel itu sudah saya lakukan hampir dua tahun lalu, saya lupa tampilan menunya seperti apa.

  14. pak herry saya pnya motorola ex212 kl telephone memang speaker kurang bagus? seperti hp hp china? punya saya ga jelas suara (bresek)

  15. Pak,

    Mohon dibantu, sya pengguna motorola ex212, saya punya kendala, bagaimana cara menonaktifkan contact seseorang yang sudah saya masikan di fitur bkacklist .
    Fitur tersebut ada di menu phonebook, sudah saya coba otak atik, tetapi blm berhasil jg.
    Terimakasih

    1. Bu Hilda Iriani,

      Saya sudah lupa struktur menu EX212 seperti apa. Seharusnya yang Anda cari ada di menu black list atau mungkin rejected list ya.

  16. Motorola EX212 ktika ada panggilan masuk iconnya bisa nampilin nomer pemanggil gak dan berapa kapasitas penyimpanan sms nya ? mohon jawabannya gan coz tertarik mau beli nih

    1. Pak Farouq,

      Saat ada panggilan telepon masuk, yang tersaji di sisi luar ponsel hanya ikon telepon. Nomor penelepon tidak tersaji. Kalau ingin melihat nomor penelepon, lipatan ponsel harus dibuka dulu.

      Saya sudah lupa kapasitas penyimpanan SMS berapa besar.

      Btw, EX212 telah lama diskontinyu. Jadi, Anda bakal kesulitan menemukannya di pasar.

  17. Pagi pak,,
    saya tinggal di samarinda, untuk cari motorola ini, susah banget di sini, lebih gampang nyari samsung atau blackberry, dan akhrinya, karna saya membutuhkan hp dual sim, terpaksa beli samsung GT-E1272.
    kelemahan dari hp ini, memang dual simnya bisa standby dengan waktu yang bersamaan, tapi di saat kita akan melakukan panggilan keluar, salah satu sim harus di pilih terlebih dahulu, karena saat melakukan panggilan keluar tidak ada pilihan sim yg akan di gunakan,, jadi kita harus masuk ke menu setting dan merubah manajemen kartu SIM, hhhmmm,,, melelah kan,, tapi apa boleh buat, sudah terlanjur saya beli baru 2 hari saya pake, tapi mengecewakan,,
    dan saya juga butuh info tentang toko yg menjual MOTOROLA GLEAM EX-212 di area SAMARINDA. Terimakasih.

    1. Bu Annie,

      Ponsel Motorola tersebut memang sudah diskontinyu. Jadi, jangankan di Samarinda, di Jakarta atau Surabaya pun telah sulit ditemukan.

      Tentang E1272, cara mengubah kartu SIM yang akan dipakai untuk menelepon seharusnya tidak sepanjang itu. Coba tekan dan tahan tombol di paling kiri bawah atau kanan bawah. Saya lupa yang mana.

  18. just FYI
    kalo ada yg mau nyari motorola gleam ex212 bisa nyari di kaskus/toko online yg terpercaya krn di toko-toko tidak ada yg jual šŸ™‚

    1. Pak Abes,

      Terima kasih atas informasinya. EX212 sulit ditemukan di toko-toko biasa karena ponsel itu telah lama diskontinyu.

  19. Kalo ada info mengenai dimana bisa membeli motorolla ex212 tolong infonya ya. Naik online ataupun ditoko.

  20. Kalo ada info mengenai dimana bisa membeli motorolla ex212 tolong infonya ya. Naik online ataupun ditoko. Sms ke 085310519719. Thx b4

    1. Pak Rand,

      Maaf, saya tak tahu siapa yang sekarang masih punya stok EX212. Maaf pula, saya tidak melayani tanya jawab via SMS.

  21. pak saya bingung dgn menu pemutar music ,,motorola ex 212,, cara menambahkan lagunya bagaimana ,,, biar bisa memutar music melalui pemutar music

    1. Pak Pram,

      Terus terang saya sudah nggak ingat menu EX212 seperti apa. Coba kumpulan file musik Anda dimasukkan ke folder khusus bernama “My Music” atau “Music”. Bisa pula dengan mengakses pemutar musik dulu, kemudian arahkan pencarian ke folder tempat Anda menyimpan kumpulan file musik.

    1. Pak Wahyu,

      Jam kotak layar yang seperti apa ya? Apakah itu bukan alarm atau sejenisnya? Terus terang saya sudah lupa dengan menu EX212.

        1. Pak Sandy,

          He… he… terus terang saya sudah nggak ingat caranya bagaimana, Pak. Sudah lupa dengan menu ponsel itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *