Indosat Ooredoo Luncurkan 4G LTE Nasional

Indosat Ooredoo kemarin, 30 November 2015, meluncurkan layanan 4G LTE secara nasional. Saat ini layanan itu tersedia di 21 kota dan hingga akhir tahun ditargetkan bertambah menjadi 35 kota.

Di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Denpasar, 4G LTE Indosat aktif di frekuensi 900 dan 1.800 MHz. Sedangkan di 17 kota lainnya layanan itu beroperasi di frekuensi 1.800 MHz saja. Yakni di Makassar, Balikpapan, Padang, Lampung, Surabaya, Malang, Banyumas, Surakarta, Tasikmalaya, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Semarang, Pontianak, Bogor, dan Sukabumi.

Indosat 4G

“Sekarang area layanan 4G LTE Indosat telah menjangkau 40 juta populasi penduduk Indonesia. Tahun depan setiap bulan kami ingin menambah lima juta populasi lagi,” kata Alexander Rusli, Presdir dan CEO Indosat Ooredoo.

40 thoughts to “Indosat Ooredoo Luncurkan 4G LTE Nasional”

      1. Pak Hammam,

        Apakah yang Anda maksud adalah jangkauan 2G dan 3G Indosat? Sebab, kalau hanya satu BTS/node-B 4G LTE, areanya pasti belum terlalu luas.

    1. Pak Amaris,

      Singkat banget? Iya. Lha informasi yang saya dapatkan memang tidak banyak. Daripada saya beri bunga-bunga kalimat, lebih baik saya tuliskan apa adanya.

      Banyak tanda tanya salah posisi? Usai membaca komentar Anda, saya langsung membuka blog. Saya juga langsung membuka naskah yang saya ketikkan di Microsoft Word. Lho iya, yang di blog kok bisa muncul banyak tanda tanya ya. Padahal, yang di Word normal-normal saja lho.

      Terima kasih atas informasinya. Tanda tanya di blog sebentar lagi saya razia. 🙂

  1. Semoga kulitas 4G di indonesia semakin meningkat dan semoga tahun depan semua operator 4G indo memakai frek 2100 🙂 wkwk soalnya hp ane cumak suppport 4G frek 850,900 dan 2100

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Iya, memang singkat karena informasi yang saya dapatkan selama acara juga minim.

      Tak ada hasil tes kecepatan. Posting kali ini lebih mengarah ke straight news.

  2. Pak herry, untuk 4g tuh coverage zonenya kira-kira seluas apa ya? Jangan jangan mentok kota per kota aja. Kayak cdma tuh luar kota lgs lenyap sinyal

  3. Terimakasih pak Herry untuk straight news yang mengedukasi. Saya pakai Indosat dan baru tau kalau LTE beda kota bisa beda2 frekuensinya. Untuung HP LTE yang saya incer -Lenovo phab plus- support LTE 1.800. Kapam giliran phab plus direview, pak Herry?

    1. Bu Rossy,

      Dulu saya memang sempat berencana me-review Phab Plus. Namun, karena antrean ponsel masih panjang dan muncul ponsel lain yang lebih menggiurkan untuk dicoba, Phab Plus mungkin batal saya uji pakai.

  4. Semakin banyak pilihanan untuk 4g, t-sel, xl, isat dan smartfren. ( dari area rungkut xl sinyal 3g nya, boleh…4g blom nyobak. isat dan t-sel ada kemajuan dikit sinyal 3g mulai muncul namun sring hilang…smartfren evdo dan 4 g nya di rungkut timbul tenggelam/ cenderung tenggelam…di luar area rungkut kecamatan..(timur keputih tegal/ 1 km timur bumi marina / .4g smarrfren stabil, dan lancar..boleh lah.sedang dari sisi barat surabaya tepatnya area sumber rejo -benowo/ 500 m sisi barat GOR Bung Tomo…4g smartfren boleh…/lancar. ( pertanyaan klasik nya adalah kenapa di seputaran rungkut kecamatan- blakang ubaya beberapa sinyal 3g-4g operator selular terkendala? dan yang lumayan berjaya adalah xl-axis dan tri….hampir tak da kendala di rungkut)… thanks a lot Pak Herry, sukses slalu untuk anda dan teman-teman di Ponselmu.com..

    1. Pak Adi,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Soal sinyal di daerah Rungkut Kecamatan, mungkinkah di daerah sana operator kesulitan memasang BTS?

  5. Untuk XL ada kantornya kan di Rungkut besar.
    Saya dulu sering kesana pas masih ngerjain project 3G XL.
    Jadi harusnya di area Rungkut XL bagus, krn di atas gedung pasti ada BTS nya 😀

    1. Pak Henry,

      Rasanya bukan jaminan. Di Plaza Surabaya yang berseberangan dengan kantor XL Pemuda, misalnya, 4G LTE XL tidak bagus lho.

  6. Td saya main ke kudus untuk wilayah kudus 4g lumyan cukup luas dri kota sampe ke perbtasan jepara msh dpt sinyal 4G

    1. Pak AbdiiL,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Terima kasih atas informasinya.

  7. maaf menyimpang pak, untuk hp harga maksimal 3jt paling rekomended apa ya kalo bisa yg ada stylus nya, buat orang tua soale…

  8. om herry sudah mencicipi Kartu Indosat Ooredoo 4G, bagaimana untuk Sinyal om? dan mau tanya Harga Paket yang di Kartu Ooredoo apakah sama dengan harga paket internet yang di Indosat biasa?

    1. Pak Wahyu Purnomo,

      Tak tahu. Yang saya pakai kartu Matrix yang di-update ke kartu 4G LTE. Bukan pakai kartu kemasan baru.

      Mestinya sama.

  9. Pagi Ko Herry…

    Barusan saya cek situs Indosat, ada yang cukup aneh… Kenapa Mentari Ooredoo jadi hilang dari daftar produk Indosat ya? Sewaktu dicari manual dari Google sih ada, tapi kalau cari langsung dari menu Produk Indosat, itu tidak ada? Apa Ko Herry tau soal ini? Makasih sebelumnya…

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Ketika berubah nama menjadi Indosat Ooredoo, mereka memang berencana menggunakan single brand dan yang dipilih adalah IM3. Karena itu, kalau kini Anda berjalan-jalan ke pusat penjualan ponsel, yang akan terlihat adalah kartu perdana IM3 Ooredoo. Tidak ada Mentari Ooredoo.

      1. Oh begitu ya…
        Wah, saya baru tahu… Lantas bagaimana dengan pengguna Mentari? Lalu pascabayar Matrix bagaimana nasibnya?

        Oh ya, kalau menurut Ko Herry, bagaimana kinerja jaringan 5 operator di Indonesia akhir akhir ini? (Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, Tri) Bagaimana urutan soal kekuatan jaringan jika diurut? Hehehe maaf ya jadi banyak tanya…

        1. Pak Bernardus Leonardo,

          Mentari dan Matrix yang sudah aktif tetap berjalan seperti biasa.

          Di lokasi saya biasa beraktivitas, untuk layanan 4G LTE yang terbaik Smartfren, lalu Indosat, Telkomsel, dan XL. Tri nggak masuk hitungan karena belum ada layanan 4G LTE.

  10. Koh Herry mau nanya nih.saya tinggal di Jakarta barat dsni 2 minggu lalu sinyal 3g indosat baik2 aj tp kok skrg ga stabil y??buat browsing,nelpon,sms pun ga bisa.padahal sinyal full pulsa n paketan msh bnyk.apa emg sinyal 3g nya kurang di rawat ya??

    1. Pak Jason,

      Saya tak tahu pasti penyebab memburuknya sinyal 3G Indosat di area Anda. Mungkin memang sedang ada perbaikan jaringan.

  11. Pak Herry,

    Saya ingin bertanya perihal lambatnya kecepatan internet Indosat di Surabaya dengan jaringan 4g, untuk pemakaian pada malam hari. Kira – kira kenapa ya Pak Herry?

    Kecepatan maksimal yang saya dapatkan tidak sampai 50kb/s, akan tetapi pada operator lain seperti XL, Telkomsel, dan Smartfren bisa mencapai 4mb/s. Terima kasih

    1. Pak Helmy,

      Kalau Indosat lancar, saya malahan heran, Pak. He… he… he….

      Penyebabnya klasik, peningkatan jumlah pengguna tidak sebanding dengan penambahan kapasitas dan optimasi jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *