Infinix Luncurkan Zero 3

Infinix Mobility kemarin (29/2) resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Infinix Zero 3, di Indonesia. Ponsel flagship Infinix itu dibekali kamera 20,7 megapiksel bersensor Sony Exmor RS IMX230. Ia sanggup pula menghasilkan rekaman video 4K.

Merefleksikan angka tipe, Zero 3, ponsel tersebut akan dijual pada tanggal 03 bulan 03 pukul 03 lewat 03 menit sore. Detailnya, pada 3 Maret 2016 pukul 15.03 WIB. Sama dengan ponsel Infinix sebelumnya, penjualan dilakukan online via Lazada.

Launch Zero 3-1

Zero 3 alias X552 hadir dengan layar 5,5 inci full HD 1.920 x 1.080 piksel yang telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3. Prosesor delapan inti (octa core) MediaTek Helio X10 2 GHz, RAM 3 GB, ROM 16 GB, dan baterai 3.030 mAh.

Kamera utama Zero 3 memanfaatkan sensor 20,7 MP Sony Exmor RS IMX230. Infinix mengklaim, kombinasi antara sensor tersebut dan 6P lensa largan bakal menghasilkan gambar beresolusi tinggi yang detail. Fitur PDAF flash focus yang tersedia memungkinkan proses pemfokusan kamera cepat. Hanya 0,1 detik.

Kamera berlampu kilat ganda di sisi belakang Zero 3 juga dilengkapi mode kamera profesional. Pengguna dapat melakukan pengaturan ISO dan shutter speed. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia mampu menghasilkan rekaman video 4K. Sementara itu, kamera depan ponsel beresolusi lima megapiksel dan dibekali lampu kilat.

Zero 3 dipasarkan ke Indonesia dalam dua pilihan warna, abu-abu dan emas. Patuh dengan regulasi pemerintah terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Zero 3 yang dijual untuk sementara belum mendukung layanan 4G LTE. Ketika kelak persyaratan TKDN telah terpenuhi, Infinix akan mengeluarkan pembaruan. Pembaruan yang dikirimkan ke ponsel itu memungkinkan pengguna mengaktifkan fitur 4G LTE langsung dari Zero 3 yang dimilikinya.

Spesifikasi detail Zero 3 dapat dibaca di tautan berikut. Sedangkan informasi penjualan ponsel itu bisa disimak di sini.

***

Inilah kardus Zero 3.

Launch Zero 3-2

Penampakan ponselnya.

Launch Zero 3-3

Launch Zero 3-4

Launch Zero 3-5

Manis, indah, dan sedap dipandang mata. πŸ™‚

Launch Zero 3-38

Paket penjualan termasuk sebuah jelly case transparan. Asyik deh. Bodi terlindung tanpa perlu mengeluarkan anggaran ekstra.

Launch Zero 3-6

Kalau kelak ingin membeli aksesori tambahan, boleh-boleh saja. Ini pilihannya.

Launch Zero 3-7

Launch Zero 3-8

Anda lebih suka yang warna apa? HSW lebih memilih abu-abu.

Launch Zero 3-9

Launch Zero 3-10

***

Ingin tahu suasana peluncuran Infinix Zero 3 yang digelar di Djakarta Theater kemarin? Silakan mencermati foto-foto berikut ini. Harap maklum bila kurang tajam. Sebab, HSW menggunakan kamera ponsel Rp 1 jutaan yang di-zoom digital berkali-kali.

Launch Zero 3-11

Launch Zero 3-12

Launch Zero 3-13

Mbak Naya, pembawa acara alias MC, memulai tugasnya.

Launch Zero 3-14

Marcia Sun, Country Manager Infinix Indonesia, memberikan sambutan.

Launch Zero 3-15

Andy Yan, Vice President Infinix Mobility, kemarin menyampaikan presentasi singkat. Inilah isinya.

Launch Zero 3-16

Launch Zero 3-17

Launch Zero 3-18

Launch Zero 3-19

Launch Zero 3-20

Launch Zero 3-21

Launch Zero 3-22

Launch Zero 3-23

Launch Zero 3-24

Launch Zero 3-25

Launch Zero 3-26

Launch Zero 3-27

Launch Zero 3-28

Launch Zero 3-29

Launch Zero 3-30

Launch Zero 3-31

Launch Zero 3-32

Launch Zero 3-33

Launch Zero 3-34

Launch Zero 3-35

Berswafoto rame-rame, yuk!

Launch Zero 3-36

Mengerumuni live demo unit.

Launch Zero 3-37

Kiri atau kanan?

Launch Zero 3-39

268 thoughts on “Infinix Luncurkan Zero 3

    1. Pak Eykin,

      Proses pengurusan TKDN saat ini sudah berjalan, tetapi sertifikatnya belum keluar. Masih diurus oleh Haier sebagai mitra lokal.

  1. Btw, sensor kamera Sony laris ya pak? Apa ya kelebihannya, sampai banyak dipakai smartphone merk lain –“

  2. Pak herry masalah kamera itu kan tertulis 20,7 MP tapi apakah kamera benar2 mumpuni pak?kalau dengan mi4i bagaimana pak?bagus mana?

  3. salam kenal pak HSW,,

    utk gawai yang “di atas kertas” mempunyai kapasitas sebagai “flagship” namun dihargai dengan gawai mid-end sebagai orang awam saya sering berpikir : “kok murah banget?jangan2 nanti ada apa-apa nya kedepannya (alias banyak masalah di sana sini), termasuk after sales yg amburadul”..pemikiran yang sama berlaku untuk infinix zero 3 ini..salahkan saya berpikir demikian???

    1. Pak Rahmat,

      Sah-sah saja berpikir demikian. Namun, kalau melihat rekam jejak Infinix sejak hadir di Indonesia, mereka memang terbiasa memasang harga di bawah merek-merek yang lebih terkenal sih. Salah satu langkah yang dilakukannya untuk menekan harga jual adalah hanya menjualnya secara online. Dengan demikian, biaya distribusi dan promosi dapat ditekan serendah mungkin.

    1. Pak Elvin Prast,

      Nah, itu yang belum saya ketahui. Selama ini saya belum pernah berurusan dengan pusat perbaikan resmi Infinix. Saya juga belum pernah menerima testimoni masuk mengenai pusat perbaikan resmi Infinix.

      Kalau melihat perkembangan Infinix di Indonesia, mereka terlihat serius memperhatikan pusat perbaikan resmi sih. Salah satu buktinya, akhir tahun lalu mereka mengganti mitra pengelola pusat perbaikan resminya dengan perusahaan lain yang saya ketahui memiliki reputasi lebih baik.

      1. Asyik…
        Nunggu ah, klo sekarang yg d sekitar 2 jutaan masih pureshot yg imbang harga dan fasilitas ya pak? Ato ada saran lain?

  4. Salut untuk Country Manager Infinix Indonesia yang memakai pakaian modified-tradisional Jawa.
    Deal breaker buat saya pada type infinix sebelumnya adalah penyunatan beberapa sensor yang penting (menurut saya) untuk android, apakah di Hero 3 ini semua sensor sudah diaktifkan, oom HSW ?

    1. Pak Hadi,

      Lah…. Di cerita foto di atas kan sudah ada harganya. Ayo baca lagi dengan lebih cermat. πŸ™‚

  5. Ga sabar saya nunggu review dari om herry.
    Oh iya kesan pertama sewaktu pegang, bagaimana
    Built quality nya om?

    1. Pak Dicky,

      Built quality cukup bagus sih. Khusus sisi belakang, saya lebih suka dengan Zero 2 yang pakai Kevlar.

  6. Barusan beli Infinix Note 2 Gold, keluar lagi Infinix Zero 3 yg harganya cuma selisih 600 rb. Kameranya 20.7 mp itu lho pak bikin ngiler. Duh apa seharusnya saya ganti ke nih gawai ya pak? Hiiks.

  7. selamat siang pak herry

    mohon petunjuk nih pak, rencana dekat2 ini mau minang android baru dgn budget max 2jt
    kira2 dengan keinginan sy
    1. baterai awet
    2. spek memumpuni, anti lemot
    3. kamera oke

    kira2 android apa yg pak herry sarankan?

    1. Pak Nabil,

      Kriteria nomor 1 dan 3 tidak bisa dipenuhi bersamaan. Anda harus memilih lebih mengutamakan baterai awet atau kamera oke. Pilih yang mana?

      Kalau baterai awet, ambillah Infinix Note 2. Kalau kamera oke, pilihlah Hisense Pureshot.

  8. #thinkagain
    infinix zero 3, ponsel flagship harga cheap… lagi2 infinix memposisikan dirinya sebagai calon kompetitor serius vendor2 smartphone yg sudah lebih dulu hadir di indonesia.. membuat orang berfikir ulang, masih relevan kah di saat ini menggelontorkan dana hingga 9 juta lebih hanya untuk 1 buah smartphone..?

    1. Pak Roni Pedisa,

      Saya pribadi akan berpikir 99 kali untuk mengeluarkan dana lebih dari Rp 9 juta demi membeli satu buah ponsel. Masalahnya, di sini ada banyak pengguna ponsel yang seakan memiliki pohon uang. Jadi, ponsel mahal pun tetap dibeli. He… he… he….

      1. Kok jauh bgt hasil nya dengan pas review andrimax R2 koh?
        Di solo dr kmrn tgl 1maret zero 3 sudah ada dengan harga Rp. 2.8xx
        Sejauh ini review infinix dr koh herry baru hot note ya yg mmg barangnya bagus, zero 2 yg body kevlar kamera juga jelek..
        Teman saya beli zero 2 yg warna hitam,kecewa nih skrang dilego Rp.1.5 saja.
        Saya ditawari xiaomi note 2 dg harga Rp. 1.760.000, (garansi distributor) masih nunggu review koh herry gimana kamera & performa keseluruhan dari infinix zero 3 ini,takutnya udah kluar duit Rp. 2.8xx mengecewakan ky zero 2.

        1. Pak Lekpujo,

          Mengapa hasilnya jauh banget? Sebab, saat me-review ponsel, saya biasanya tidak pernah menggunakan zoom digital. Sedangkan saat menghadiri acara Infinix, mayoritas pemotretan mengaktifkan zoom digital supaya saya bisa memotret panggung dengan agak besar. Pencahayaan di ruangan juga tidak terlalu terang. Begitulah ceritanya.

  9. Saya ingin mengganti LG G3 saya dengan dual sim tanpa menambah biaya terlalu banyak, ukuran setara, tetapi kamera tidak kalah dengan LG G3. Menurut Pak Herry sebaiknya saya membeli smartphone apa ya? Apa layak kira kira saya ambil Infinix ZERO 3 ini? Atau Pak Herry bisa kasih option lain? Terima kasih Pak.

    1. Pak Sofy,

      Tanpa melihat Zero 3 dulu, saya sih akan menyodorkan LG G4. πŸ™‚

      Kalau ingin nambahnya lebih sedikit, Lenovo Vibe Shot.

      Saya belum bisa menyatakan Zero 3 layak beli atau tidak karena belum menguji pakai ponsel itu.

  10. Wowww kameranya nggak nahaaan…. Anyway, layanan purna jual / service center Infinix gmn ya Koh Herry? Udah merata kah di seluruh wilayah Indonesia?

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Keandalan layanan pusat perbaikan resmi Infinix belum saya ketahui. Saat ini service center-nya tersebar di 12 lokasi.

  11. Om HSW, ini dual SIM ato single SIM? Trus ada slot Micro SD nya kah? Cari2 spesifikasi ini di halaman ini atau di web nya infinix ga nemu

  12. wuiiihh designnya gak umum… mantab infinix, berani tampil beda…
    eh, itu digenggam masih nyaman kah pak Herry?
    mungkin kalo dijual di rentang 1,7 – 2,1 juta pasti menarik…

    1. Pak Omega,

      Ya, masih nyaman digenggam.

      Dengan spesifikasi seperti itu, rasanya terlalu berlebihan kalau kita berharap harganya “hanya” Rp 1,7 juta sampai Rp 2,1 juta.

    2. Tadi pagi teman beli di solo warna gold dpt harga Rp. 1780.000 om, malah katanya harga asli cuma Rp.1.699.000.. Meski dpt harga 1.7jt kayanya g sesuai harapan deh ga tau dari performa kamera atau performa keseluruhan,ram 3GB harusnya ga lemot sih

  13. om maap ott mau tanya kenapa ya di alcatel flash 2 internetannya lemot gk sesuai ama di noti padahal 3G. saya pakek three
    trus ama icon bbm saya diatas sering hilang… gimana tuh om herry..
    makasih

    1. Pak Thoriq,

      Three-nya kalau di ponsel lain apakah terasa lebih cepat? Kalau iya, coba cek pengaturan APN di Flash 2. Jangan-jangan APN-nya kurang tepat. Pakai APN 3gprs saja, jangan 3data.

      Soal BBM, maaf, kebetulan saya tidak menggunakan BBM.

  14. Pak HSW, apakah ponsel itu sebenernya sdh 4G? Dan apakah harus menunggu pembaharuan dulu baru bisa 4G nya? Trims

    1. Pak Rommy Lauw,

      Hardware Zero 3 sebenarnya sudah mendukung 4G LTE. Namun, karena ada aturan TKDN dan Infinix harus mematuhinya, pada tahap awal penjualan ponsel itu sengaja “dikunci” menjadi maksimal 3G saja. Bila pengurusan sertifikat TKDN sudah beres, barulah Infinix akan mengeluarkan update untuk mengaktifkan fitur 4G LTE.

  15. Pak, apa benar video yang dihasilkan hanya bisa sebatas format 3gp ?, dilihat dari video speknya yang 4K, kok jadi mubazir ya.

    1. Pak Romy,

      Saya belum menguji pakai Zero 3 nih. Kalau formatnya 3gp, rekaman video 4K-nya terasa kurang sip karena terlalu banyak kompresi ya?

  16. Wah, 3 Maret 2016 pukul 15:03. Jangan-jangan harga hapenya Rp2.333.333,33 atau mungkin Rp3.333.333,33? Lol

    1. Pak Dai-kun,

      Lah… harganya kan sudah ada di cerita foto. Bukan dua angka yang Anda sebutkan, melainkan Rp 2.599.000.

  17. Waaah ini yang saya tunggu2. Masih dibawah 3 juta dan cuma lebih mahal 100 ribu dari zero 2 saya. Worth to buy pastinya

    Oh ya pak, ini sebenernya internal storage Zero 3 yang benar itu berapa GB? Ada yang bilang 16GB ada yang bilang 32/64GB

  18. wow, lumayan untuk kameranya. sayang sudah tidak serat karbon back casing-nya… kalau unibodi kah? pakai dual sim+micro sd atau dual sim hybrid?

    kira2 untuk yang 4G kapan keluarnya…
    request ulasan terkait regulasi pemerintah yang TKDN dong. trima kasih

    1. Pak Rizky HM,

      Detailnya saya belum tahu nih. Lha belum uji pakai. Dua hari lalu cuma sempat towel-towel sebentar banget.

      Soal 4G, jadwal pastinya belum diketahui.

      Tak ada ulasan khusus terkait regulasi karena dari waktu ke waktu pun regulasinya bisa berubah.

  19. Pak Herry,

    Terlepas body yang menurut saya agak gimana gitu, menurut bapak, dengan harga tersebut apakah Infinix Zero 3 menarik untuk dimiliki?

  20. Katanya Gak Lulus Uji 4G yaa om HSW si Zero 3 ini ?
    Dan hanya di lock 3G.

    Terus dapat info juga di beberapa media itu hanya masalah software & bisa di update nanti nya supaya bisa 4G. apa anda tau ? atau ada info nya dari Infinix ??

    Kan kalau seperti itu sama produk sebelah yg kata om HSW tertulis 3G tp bisa 4G dan termasuk kecurangan.

    1. Pak Wandy,

      Bukan nggak lulus uji 4G, melainkan sertifikasi TKDN masih dalam proses pengurusan.

      Ya. Kalau sertifikasi TKDN sudah beres, Infinix akan mem-push update ke ponsel. Dengan melakukan update itu, fitur 4G LTE bakal aktif.

      Beda dengan produk sebelah dong. Yang satu baru akan mengaktifkan 4G LTE setelah sertifikasi TKDN beres, sedangkan yang satu lagi diam-diam mengaktifkan 4G LTE di ponsel yang diakui sebagai 3G.

  21. Yg disayangkan zero 3 ga punya sensor gyroscope, padahal VR bakal semakin booming di tahun ini. hp xiaomi 1 jutaan aja uda memiliki sensor gyroscope..

    1. Pak Ryan,

      Ya karena sertifikasi TKDN masih dalam pengurusan dan Infinix ingin mengikuti regulasi yang ada.

    1. Pak Ryan,

      Ya, sementara dikunci maksimal 3G only. Alasannya untuk mematuhi aturan TKDN. Silakan baca detailnya di naskah dan aneka komentar di atas.

  22. Pilih KANAN, hehehe…
    Kalo kamera memang sebagian besar smartphone belakangan memakai teknologi Sony. Karena di teknologi kamera sekarang yg dominan Canon.Sony dan nikon. Kalo samsung di kamera mallah divisi kamera nya sdh tutup. S7 saja jg pake kamera Sony. Soal harga infinix msh menarik sih hanya kualitas service centre yg msh tanda tanya. Apa di sby ada service centre infinix? Apa bener bakalan ada update untuk buka 4G nya nanti terlanjur beli gak pernah bisa dibuka 4G terus sdh muncul zero4

    1. Pak Djunaedi,

      Service center Infinix di Surabaya berada di Maspion Tech (Giant A Yani).

      Ya, Infinix menjanjikan update. Seharusnya mereka memegang teguh janji itu. Kalau tidak, Infinix bisa dimaki-maki oleh pembeli.

  23. Wah boleh juga pak speknya. Buat jadi pengen. Bisa buat ngantiin sony xperia t2 nih. Kalau dah review kabari lagi ya pak. Sayang 4g nya masih mati ya…. Sb saya udah pake 4g tsel. Thanx.

  24. Tadi pagi jam 10.20 teman beli di solo,ambil yg gold dapat harga Rp. 1.780.000. Tp kayaknya kecewa dg zero 3 ini.tp saya blm tau apa yg membuatnya kecewa,nunggu review koh herry , apakah sama dg teman saya yg kecewa atau malah sebaliknya..

    1. Pak Lekpujo?

      Ha? Tadi pagi beli di Solo dengan harga Rp 1,78 juta?

      Zero 3 kan baru mulai dijual besok sore, Pak? Harganya pun lebih dari Rp 2 juta. Nggak salah tipe nih?

      1. Ga koh, barang itu dari kemarin pagi saya udah liat di salah satu gerai, udah pegang2. kemarin sih nanya2 harganya 2.8xx tp tadi pagi nganter teman dapet harga 1.780..dan mlh katanya harga asli 1.699.. Saya bisa kirim bukti foto pas unboxing tadi koh klo ga percaya.

        1. Pak Lekpujo,

          Mau dong fotonya. Tolong diunggah ke Twitter dengan mention @herrysw. Boleh pula diunggah ke tempat mana pun, trus tolong saya diberikan tautan/link-nya.

          1. Saya g pake twiter koh πŸ˜€ , bbm atau wa aja gimana? Atau klo di kolom komentar ini caranya gimana ya koh πŸ˜€ maaf gaptek

          2. Pak Lekpujo,

            Terima kasih. Itu jadinya kena di bawah Rp 2 juta ya? Wah, murah banget dong.

          3. Benar ko..tepatnya Rp. 1.780.000
            Ga tahu knp bisa murah begitu.. Padahal tgl 1 tanya katanya 2.8 turun sejuta πŸ˜€
            Lucunya teman saya yang suka oprek hp & servis hp dikasih infinix ini ga mau,dengan santainya dia jawab lebih pilih mito a20 πŸ˜€ saya jadi ragu nunggu ko herry review dulu aja deh,klo jelek mau ambil note 2 nya xiaomi

          4. Pak Lekpujo,

            Teman Anda sangat beruntung deh. Dugaan saya untuk sementara cuma satu, penjual barusan kulakan Infinix dan dia salah ingat/pasang harga.

          5. Lho kok bisa jauh banget harga offlinenya. Apa infinix salah kasih harga waktu presentasi?

          6. Pak Rido,

            Saya yakin Infinix tidak salah menyebutkan harga. Kemungkinan si pemilik toko yang belum sadar kalau salah ngasih harga.

        2. Pak Lekpujo,

          Tadi saya menyuruh seorang teman di Solo untuk menuju ke lokasi yang Anda berikan ancar-ancarnya. Namun, kata dia, di sana tak ada yang menjual ponsel Infinix.

          Boleh tolong difotokan nota pembeliannya, Pak? Kan di sana biasanya tertulis nama lengkap toko dan alamatnya. Biar besok teman saya ke sana lagi.

          1. Maaf koh, saya ga bawa nota pembeliannya,..toko saya lupa namanya,nih saya lg bbm teman saya juga..
            Di lantai dasar itu ada toko asesoris namanya kartika,nah kartika ini ada dua..
            Yang pertama jualan kusus asesoris hp, yang sebelahnya jualan kusus spare part nya..nah belinya tadi di depan kartika yg spare part,pas didepannya koh..

          2. Pak Lekpujo,

            Iya, toko aksesori Kartika asal Solo itu sejak tahun lalu malahan sudah membuka cabang di Surabaya.

          3. Oiya koh,tadi siang pake simpati 4G nya bisa dipake,mau nyoba xl ga ada yg punya kartu xl πŸ˜€

  25. Ko Herry, mau tanya.

    apakah Infinix zero 3 sudah tersedia filture fast charging?

    performanya gmn koh???

    tq

    1. Pak Yuwono,

      Lha itu dia. Sejak tadi saya sudah gatal mau ngetik kalimat, “Titip beli satu unit dong.” πŸ™‚

      Dalam kasus ini, menurut saya, kemungkinannya cuma satu: penjual nggak sadar kalau salah pasang harga. Jadi, teman Pak Lekpujo beruntung banget deh.

      1. Ke matahari singosaren aja koh,lantai satu depan toko kartika yang spare part bukan yang jual asesoris.. Tinggal 3 nih koh..barusan teman saya bbm di tkp πŸ˜€
        Klo masalah si penjual nggak sadar kurang tau juga koh, apa kliru dg hot note?? Tapi inikan barang baru baru sementara hot note dah lama..dan kemarin juga bilangnya 2.8juta..tp tadi kok dijual 1.7..
        Samperin aja koh, siapa tau dapet 1.699 πŸ˜€ teman saya masih kemahalan tuh.. πŸ˜€

        1. Pak Lekpujo,

          Masalahnya, saya sehari-hari di Surabaya dan sekarang sedang di Jakarta. Umpama saya sedang di Solo, sekarang juga langsung meluncur ke Matahari Singosaren.

          1. Waduh.. kalo penjualnya salah pasang harga jual ya kasihan juga.. rugi banyak tuh si penjualnya..
            Apa ada kemungkinan barang kw ato supercopy ya? Kok harganya bisa murah banget?? πŸ™‚

          2. Pak Robby,

            Dari hasil pengecekan yang saya lakukan malam ini, terus terang saya mulai meragukan kebenaran informasi yang diberikan Pak Lekpujo. Saya berharap Pak Lekpujo bisa memberikan informasi lebih detail untuk membuktikan kebenaran informasi yang disampaikan.

          3. Ya gpp sih koh herry meragukan informasi dari saya, saya hanya mau berbagi saja kok,tanpa ada mksd dan tjuan lain. Saya ga anti hp china, saya ga punya toko maupun pabrik saingan infinix πŸ˜€ , td siang saya sempet minta nota teman saya tp dia juga ga bawa,yg bawa yg beli tp saya g punya kontak si pembeli ini,ini saya masih usahakan minta notanya koh. Koh herry tadinya juga g percaya barangnya sudah beredar, dari kemarin (tgl 1/3)padahal saya dan teman saya sudah lihat. Pagi tgl 2/3 balik lagi,nganter teman beli, unboxing difoto,..filenya tertanggal hari ini kan koh,..
            Tapi gpp juga klo ga percaya,buat apa diperdebatkan..

          4. Pak Lekpujo,

            Seorang pembaca blog ini yang tak mau disebutkan namanya memberikan tautan video di YouTube. Ini tautannya https://youtu.be/jp4whZnA92M. Video itu sudah diunggah sejak 15 Januari 2016.

            Pertanyaan saya, foto yang kemarin Anda kirimkan kok sama dengan yang terlihat di video itu ya?

            Tolong klarifikasinya. Berikan alasan kuat yang bisa meyakinkan Anda bahwa Anda memang benar.

            Kepada pembaca thread ini, dengan bukti-bukti di atas, untuk sementara saya meragukan aneka informasi yang disampaikan Pak Lekpujo.

        2. Pak Lekpujo,

          Tadi saya menyuruh seorang teman di Solo untuk menuju ke lokasi yang Anda berikan ancar-ancarnya. Namun, kata dia, di sana tak ada yang menjual ponsel Infinix.

          Boleh tolong difotokan nota pembeliannya, Pak? Kan di sana biasanya tertulis nama lengkap toko dan alamatnya. Biar besok teman saya ke sana lagi.

        1. Saya blm berani beli @pak Rido πŸ˜€ saya masih bimbang,karena teman saya yang beli tadi nampak kecewa,sebut saja si A. Terus si B juga ga tertarik sama sekali dengan infinix zero ini meski dengan harga yang ”aneh” tadi,si B ini tadi juga ikut di tkp waktu si A beli. Si B ini udah tau betul daleman infinix zero 2 yg kevlar itu..dan sewaktu ditawari zero 3 ini dengan santainya di pilih mito a20..saya blm bisa memastikan apa yg membuat mereka kecewa..dari dua hal itu ditambah saya baru ngelirik redmi note 2(distributor) seharga 1.7 juga makanya masih menahan beli nunggu review koh herry dulu πŸ˜€ , meski resikonya klo ada koreksi harga jadi mahal ha..ha..ha..dari review ko herry tentang produk2 infinix ini bagi saya masih di ”lampu kuning”.. Jadi blm berani ambil klo blm direview koh herry..
          Jam 18:59 tadi di toko itu tinggal satu infinix zero 3 nya dengan harga yang sama dengan tadi pagi..

          1. Pak Lekpujo,

            Saya sudah mengirimkan teman untuk mencari lokasi toko yang Anda sebutkan menjual ponsel Infinix itu. Namun, dia gagal menemukannya. Beberapa toko ponsel yang diduga mungkin sesuai dengan ancar-ancar Anda mengaku belum pernah menjual ponsel Infinix. Mohon informasi nama lengkap dan alamat lengkap toko. Paling gampang, tolong difotokan nota pembeliannya deh.

        2. Pak Rido,

          Tadi saya menyuruh seorang teman ke toko yang disebutkan. Tidak ditemukan gerai yang menjual ponsel Infinix. Kita nantikan informasi lengkap dari Pak Lekpujo dulu.

  26. Wah kalau melihat komentar kawan2 pak Lekpujo, semakin penasaran produk “flagship” ini diatas kertas sebanding dengan performanya apa tidak. Ayo pak HSW ditunggu reviewnya.

    1. Pak Andre,

      Seperti yang telah saya sebutkan, secara hardware sebenarnya sudah 4G ready. Namun, sementara masih dikunci 3G saja untuk mematuhi regulasi pemerintah terkait TKDN. Kalau sertifikasi telah beres, kelak baru dimunculkan update untuk aktivasi fitur 4G LTE.

  27. Pak Herry maaf OOT, Xiaomi Mi Band 1s udah dijual resmi apa belum ya? kalo iya harganya berapa ya Pak? hehe makasih Pak sebelumnya

  28. vice presiden nya ternyata wanita muda, wah patut di apresiasi… πŸ˜€
    koh herry udah berencana buat memina hot 3??? bodyna metal ya koh???
    kalo dari segi harga masih setara dengan samsung j5, tp pocin itu selalu lebih menggiurkan πŸ˜€ , sayang ya koh sebagian masyrakat masih memandang ponsel cina itu gak awet padahal sebenarnya iya (baru beberapa bulan pengen ganti ke merk type ponsel yang lain, dengan harga yang sama tapi speknya lebih tinggi)..

  29. Wah pnasaran sama kameranya… Katanya dikasi mode manual… Shutter speed bisa diatur manual nggak ya…

    Foto paling bawah, saya pilih kanan πŸ˜€

    1. Pak Leo,

      Dua-duanya. πŸ™‚

      Asalkan beredar resmi di sini, saya tertarik menguji pakai dua ponsel itu.

  30. koh . kalo punya uang 2.5 jutaan , enak nya beli hp apa. pokok nya yang ram , procesor ama gpu nya bagus

  31. Setelah menyimak video yg di YouTube, hasilnya 100% sama dengan foto2 yg link nya dikasih pak lekpujo (penampakan unboxing, tanggal & waktu di layar ponsel), entah dengan tujuan & motivasi apa pak lekpujo memberikan informasi palsu, atau cuma beliau yang dibodohi/ditipu oleh temannya, hhaa..
    Yang pasti, diminta bukti foto nota pembelian pun tidak bisa dgn berbagai alasan.
    Betul Om herry..?

  32. Pak Herry, apakah Infinix Zero 3 ini yang dijual di flash sale Lazada benar-benar bergaransi resmi?
    Saya barusan beli dan tinggal menunggu proses transfer pembayarannya saja.
    Terima kasih.

  33. bung HSW

    mohon comment atas nama lekpujo di blokir saja untuk seterusnya.
    dia cuma mau dapat perhatian dari bung HSW saja.
    jadi tidak perlu di’gubris’ bung!
    dia itu norak,sok tau, pingin eksis gratis disini.
    ada baiknya orang seperti itu tidak usah di-perdulikan ( cuma bikin senewen).
    trima kasih

  34. pak Herry maaf oot. mau minta saran’a, lenovo a7000se aku baru 3bulan pemakaian rusak LCD’a karena jatuh ketika hujan. waktu tanya ke sc’a kena biaya 1jt itu belum termasuk jika nanti ada kerusakan lain.
    sedangkan di counter hp biasa servis kena 600rb.
    menurut pak Herry sebaiknya aku servis hp itu atau beli baru saja?
    kalo beli kira” hp apa yang di rekomendasikan dengan kisaran budget 1,5jt-2jt (mendukung kamera dan 4G)

    1. Pak Hilwah,

      Terserah Anda sih. Kalau Rp 600 ribu, menurut saya, masih layak diservis deh.

      Infinix Note Rp 1,999 juta boleh dilirik. Ponsel itu dilengkapi kamera dan mendukung 4G LTE.

  35. Maaf out of topic koh Herry
    Kalau tidak salah, koh Herry pernah memotret menggunakan Lenovo P1 Turbo ya?
    Kalau salah, mohon maaf
    Kalau benar, akan kah Lenovo P1 Turbo di review oleh koh Herry?
    Terima kasih sebelumnya

  36. Kalo punya uang 2.5 jutaan enaknya cari APA ya ?.
    Utamakan kamera.procesor.GPU.ram.Sama batrenya top. (Maaf kebanyakan )

    1. Pak Abid,

      Harus pilih salah satu, mengutamakan kamera atau baterai.

      Kamera? Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.
      Baterai? Infinix Note 2 Rp 1,999 juta.

    1. Pak Aris,

      Sejak awal Desember 2015, harga Pureshot turun menjadi Rp 1,999 juta, sedangkan Pureshot+ Rp 2,499 juta.

  37. Koh herry kan klaimnya audio hifi setara dengan iphone 6, kalo nanti review boleh lah dicoba dengan lagu yg hi-res juga (misal flac 24 bit 192khz) apakah benar2 hifi? Kok agak meragukan ya? hehehehe secara processor sama seperti redmi note 2/3 yg menurut saya biasa saja kualitas audionya, kalah jauh sama vivo x3s…

    1. Pak Heliox10,

      Siapakah yang menyatakan audio di Zero 3 setara dengan iPhone 6? Karena saya belum pernah menguji pakai iPhone 6, kelak saya pasti tak bisa membandingkannya.

  38. Selamat sore koh Herry..
    Maaf mungkin oot dari perbincangan di atas..

    Begini pak, ada teman saya pakai samsung note4.. Dan saya pakai lg g4.. Kami berdua bermain game yang sama.. Hanya saja.. Dalam waktu 15-20menit kami bermain bersama (real time.. tempo hari saya sengaja utk bereksperimen) hp saya (lg g4) panas bgt.. Sementara teman saya tidak panas sama sekali..
    Pertanyaan saya,

    1. apa sih faktor2 yang bikin kondisi ponsel khususnya android panas ? Karena kedua type ponsel yang berbeda namun tergolong sama2 high end, 1 panas sekali.. Sementara yang lain tidak..
    2. Baterai juga begitu koh Herry, baterai saya lebih cepet turun (mungkin bisa saja sih dipengaruhi oleh panas ini tadi)
    3. Request review dong tentang xiaomi mi5 yang sedang hot hot nya di launch.. Maksud saya tentang merk xiaomi.. Apakah tergolong cukup mumpuni bila disejajarkan dengan merk lainnya yang sudah cukup terkenal (samsung, lg, dsb).. Baik dari kualitas ponselnya, ataupun dari sisi aftersales (klaim garansi, service center, dll)

    Mungkin beberapa pertanyaan saya (terutama poin 1 dan 2) banyak beredar di kalangan pengguna khususnya pengguna awam spt saya.. Jadi mungkin banyak yang mau tau juga hahaha
    Oh, Maaf saya kayak nulis cerpen.. Terobsesi nulis novel hahaha bercanda koh..

    Oke terima kasih.. Sukses selalu ponselmu.com, koh Herry.. Be blessed..

    1. Pak Wei Yung,

      1. Perbedaan spesifikasi hardware, firmware/software, jenis pemakaian, dan kondisi jaringan operator bisa menjadi pemicu panas tidaknya suatu ponsel.

      2. Yup. Kembali ke poin 1.

      3. Ponsel Xiaomi sih biasanya bagus. Layanan service center tergolong lumayan. Tidak istimewa, tetapi juga tidak superburuk. Yang perlu diperhatikan, di pasar ada banyak sekali ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi. Pastikan Anda membeli yang bergaransi resmi.

  39. Pak Herry,

    sedikit numpang pendapat aja.
    dari foto-foto yang diunggah pak lekpujo, kelihatan sekali kalau itu hasil screenshot sebuah video. dilihat dari resolusi dan ketajaman gambarnya memang kelihatan kalau itu dari video. dan memang sangat persis dengan video yang ada di youtube.
    entah tujuan apa dari pak lekpujo ini, dari opininya terlihat dia lebih mempromosikan xiaomi dan mito (???)

    oya, kebetulan saudara juga ada infinix note 2. saya merasa itu cukup sepadan dengan harga-nya. batere seuper besar dan fitur quick charge. memang beneran batere penuh dalam waktu sekitar 1 jam saja. dan bisa dipake hingga 2 hari..
    kalau Zero 3 ini, saya sempat membaca review di suatu sumber sensornya cukup lengkap, temasuk sensor gyroscope, compass, dan lain-lain. tapi semoga informasi ini benar.

    demikian pak Herry.

  40. Saya baca dari brosur yg ada di internet koh, dari brosur tsb dikatakan memiliki standar audio hifi sekelas dengan iphone 6, makanya saya ragu hehehe kalo dibanding dengan Sony z-series bagus mana ya? Secara sony z-series kan sudah mendukung hi-res musik juga…

    1. Pak Heliox10,

      Oh ok. Sony Xperia Z berapa? Saya pernah mencoba aneka ponsel Xperia seri Z. Masalahnya, karena sudah lama mencobanya, detail kemampuan musiknya tak lagi saya ingat. Yang saya ingat, suara musiknya baru optimal kalau saya mendengarkan musik pakai earphone, bukan speaker internal.

  41. Selamat Pagi Pak Herry SW

    Pak Hery punya pengalaman tidak, untuk cara mengajukan garansi smartpone, yang service centernya tidak ada di daerah (tempat saya di Lampung), misalnya saya membeli dengan cara online di Lazada kemudian cara klaim garansinya biasanya seperti apa ya. Saya belum tahu cara klaimnya jadi ada ketakutan kalau beli nanti baru dipakai sebentar rusak, maaf masih kurang pengalaman dalam membeli smartphone secara online, jadi bertanya siapa tau ada pencerahan.

    Terima kasih, Pak Herry sehat selalu ya.

    1. Pak Kusairi,

      Yang pasti, Lazada tak bisa dilibatkan.

      Coba cek di kota Anda apakah terdapat collection point ponsel yang Anda miliki. Kalau ada, Anda bisa dititip ke collection point tersebut.

      Bila tak ada, berarti ponsel harus Anda kirimkan ke pusat perbaikan resmi terdekat. Sebelum mengirimkannya, Anda perlu menghubungi dan meminta petunjuk dari petugas di pusat perbaikan resmi itu.

      1. Pak Herry SW

        Iya Pak, kalau untuk pengertian collection point itu sendiri apa ya? kebetulan saya belum tahu.

        Saya sebenernya sering menjadi Silent Reader di Blog Pak Herry SW, cuma masih sulit untuk menulis kata-kata dalam bertanya atau berpendapat hehe.
        Terima kasih atas sarannya ^_^

        1. Pak Kusairi,

          Mudahnya begini:

          * Service center: barang diterima di sana dan diperbaiki di sana. Untuk tingkat kerusakan tertentu, ponsel perlu dikirimkan ke service center kelas lebih tinggi yang memiliki peralatan lebih lengkap atau teknisi lebih senior.

          * Collection point: fungsinya sebatas untuk menerima ponsel yang bermasalah. Secara berkala, entah berdasarkan waktu atau jumlah unit ponsel, ponsel baru dikirimkan ke service center. Jadi, ponsel yang bermasalah takkan diperbaiki di collection point. Tempat itu cuma mengumpulkan ponsel.

    1. Pak Ferdi,

      Sejauh ini tidak ada ponsel bernama lengkap Xiaomi Note 2. Yang ada Redmi Note 2, tetapi yang beredar di sini pasti tanpa garansi resmi sehingga saya menyarankan Anda jangan membelinya.

  42. Pak herry saya minta rekomendasi hp dong. Budget maks 4jt. Kriteria yang saya inginkan itu:
    – batre lumayan awet
    – kamera bagus
    – internal memori minimal 32gb + memori eksternal support
    – layar diatas 5 inci
    – kalau bisa lte nya mendukung 4g smartfren
    – sensor gyroscope dan usb otg wajib ada

    Nah pilihan saya ada di zenfone selfie atau vibe p1 turbo. Menurut bapak dari 2 hp itu mana yg lebih baik? Atau bapak ada rekomendasi lain?

    1. Pak Samantha,

      Lenovo Vibe P1 Turbo boleh dilirik. Soal kamera, menurut saya, termasuk kategori lumayan, bukan bagus.

  43. Maaf oot pak Herry,
    Bapak sudah pernah mencoba “kardus Google” (Google Cardboard) Dan VR Game?
    Menurutmu bapak apa VR Game akan populer setahun ke depan?
    Terima kasih
    Salam,

    1. Pak Leo,

      Tidak pernah karena satu alasan: saya memakai kacamata minus. Tak bisa didobel dengan cardboard deh.

      1. Pak Herry, beberapa hari ini saya sudah mencoba Google Cardboard. Mata saya yang kiri minus 6 Dan kanan minus 5, namun tidak ada masalah ketika memakai Google Cardboard, tetap jelas. Hanya saja, kalau terlalu lama jadi pusing maka harus disesuaikan waktu pengunaannya.

        Tidak tertarik mencoba pak? Cukup menarik loh

        Salam,

          1. Saya lepas kacamata pak, tetap jelas Dan enak kok walaupun minus saya tinggi, selama bisa atur waktu saja agar tidak pusing saat selesai.

            Pernah juga saya coba dobel dengan kacamata, bisa juga kok sekalipun nabrak, asal posisi pas pasti nyaman.

            Saya lebih suka lepas kacamata karena lebih praktis. Tidak niat mencoba pak?

          2. Ya coba saja pak, nanti review di sini pengalaman pak Herry agar semakin banyak yang kecanduan mencoba. Tulisan pak Herry kan candy bagi pembacanya :p

            Ditunggu pengalaman nya pak,
            Salam

  44. mau tanya . sekarang kalo mau beli hp xiaomi note2 yang di mana ya koh ? . biar gk dapet yang KW , juga tolong beri ciri aslinya , bisa gk ?

    1. Pak Aris,

      Tidak ada ponsel bernama lengkap Xiaomi Note 2. Kalau yang dimaksud Xiaomi Redmi Note 2, yang beredar di pasar tanpa garansi resmi. Mending jangan beli deh.

  45. Siang pak herry. Lama ga main ke situs bapak nih

    Mau nanya, untuk soal performa mana yang lebih baik pak? Snapdragon 801 Quadcore atau Snapdragon 615 Octacore ya pak? Dan kalau lenovo vibe shot dibandingkan dengan galaxy s5 mending mana pak? Makasih πŸ™‚

    1. Pak Alan,

      Hmm… nggak bisa ditentukan dari satu faktor saja sih. Di atas kertas yang 801 berpeluang lebih enak dipakai.

      Tanpa melihat kemampuan 4G LTE-nya, Galaxy S5 terasa lebih menarik.

      1. Memang kalau perbedaan prosesor yg high-end (anggaplah Snapdragon, versi 800) dengan mid dan low terasa di mananya pak Herry? Bukankah kalau tidak sering bermain game (seperti pak Herry) tidak terlalu terasa?

        1. Pak Leo,

          Kalau pas menjalankan banyak aplikasi sekaligus tetap terasa kok. Saat berpindah-pindah lebih smooth dan gegas.

  46. btw, mengapa Om Herry gak recommend Xiaomi Redmi Note 2 distrobutor dan menyarankan garansi resmi? punya pengalaman buruk sama garansi distrobutor?
    IMHO, bapak saya pernah claim Redmi Note 4G ke b-cell gara-gara mati hidup di logo Mi,dan gak lama setelah dr claim, langsung selesai dan di teleponin lagi. Saya yang klaim Xperia saya ke service,behh…. telp ke sana gak bisa, di teleponin gak bisa juga -_-, akhirnya ke xperia care, berhasil dah
    gak selamanya distrobutor jelek kok
    malah di group fb Xiaomi Redmi Note 2 yg beli distrobutor, masih ok aja tuh
    Thanks

    1. Pak Alam Sandi Wijaya,

      Jawaban saya ketikkan di bawah setiap paragraf ya.

      btw, mengapa Om Herry gak recommend Xiaomi Redmi Note 2 distrobutor dan menyarankan garansi resmi? punya pengalaman buruk sama garansi distrobutor?
      *** Redmi Note 2 belum ada yang bergaransi resmi. Jadi, pasti harus berurusan dengan garansi tidak resmi (garansi distributor) dan saya menyarankan jangan dibeli. Mengapa? Risikonya terlalu besar, di antaranya:
      1. Serasa membeli ponsel tanpa garansi sama sekali. Saat pengguna mengajukan klaim garansi, ada berbagai dalih yang disodorkan untuk menghanguskan garansi. Ketika klaim garansi diterima, bahkan pengguna seolah dapat unit pengganti, jangan senang dulu. Bisa jadi itu unit yang cuma “diputar” dari banyak konsumen.
      2. Spesifikasi hardware yang dibeli mungkin tidak optimal digunakan di Indonesia.
      3. Spesifikasi firmware yang ditanamkan mungkin kurang optimal dipakai di Indonesia.
      4. Aksesori yang disertakan dalam paket penjualan mungkin tidak orisinal.
      5. Tingkat kebaruan barang mungkin tidak 100% baru.
      6. Meskipun ini jarang terjadi, tetapi praktiknya pernah ditemukan: yang dijual ponsel replika, bukan orisinal.

      IMHO, bapak saya pernah claim Redmi Note 4G ke b-cell gara-gara mati hidup di logo Mi,dan gak lama setelah dr claim, langsung selesai dan di teleponin lagi. Saya yang klaim Xperia saya ke service,behh…. telp ke sana gak bisa, di teleponin gak bisa juga -_-, akhirnya ke xperia care, berhasil dah
      gak selamanya distrobutor jelek kok
      *** Ok. berarti Anda mengalami masalah firmware saja dan kebetulan layanan sedang bagus. Layanan pusat perbaikan resmi Sony sudah bertahun-tahun memang dikenal superburuk.

  47. bung HSW

    Saya sudah lihat review-nya di Nigeria via youtube.
    di terangkan bahwa fitur sensor di zero 3 sama persis dengan sensor yang ada di Hot note.
    jadi TANPA gyro maupun compas.
    kemungkinan zero 3 yang beredar disini akan sama seperi yang di pasarkan ke Benua Afrika tersebut.
    trima kasih

    1. Pak Yoobee,

      Thanks infonya. Saya tak berani mengiyakan atau menyatakan tidak sama karena belum menguji pakai Zero 3.

  48. Pak Herry,

    apakah tidak ada rencana review Polytron Zap 6 Posh Note?
    sulit cari review-nya..

    thanks pak.

    1. Pak Erik,

      Kalau Anda meminjamkan ponselnya kepada saya, saya review deh.

      Kalau harus beli, tidak dulu deh. Menjual ponsel bekas bermerek lokal dengan harga rasional itu sulit sekali. Rata-rata turun 50% dibandingkan harga baru saat saya akan menjualnya.

  49. Untuk budget kurang lebih 5 6jtan
    Ponsel apa ya yang cocok utk saya ?
    Kriteria saya :
    1. Baterai cukup awet utk pemakaian standar game game..
    2. Suhu operasi tidak panas.. ya mirip2 note4 gitu.. adem udah bagi saya mentok di 38 derajatan aplikasi jalan 30menit non stop cmn sayang layarnya kegedean..
    3. Layar ga gitu bongsor.. paling 4.5 – 5.2inch
    4. Kalau bisa yang brand cukup jelas.. paling tidak brand yang jelas, service centre mudah di jangkau.. khususnya utk wilayah sby.. samsung, lg, xiaomi (kalau menurut koh Herry layak utk dibeli)

    1. Pak Iwan,

      Keindahannya saya lebih suka dengan Zero 2. Kalau feel di tangan, karena saya cuma towel-towel sebentar banget, belum bisa berkomentar.

  50. Sugeng ndalu pak Herry, saya mau tanya juga πŸ™‚
    Ibu saya memiliki tablet asus, pernah ada tulisan update sistem, lalu saya lakukan. Awalnya ibu saya tidak mengizinkan, tapi saya nekat, dan akhirnya terupdate dan tidak masalah.
    Nah saat ini muncul lagi, saya tidak berani update. Menurut pak Herry, lebih baik update ato tidak?
    Tablet ibu saya sering dipakai main zuma, sedangkan wa, telp, bbm dan sms jarang digunakan karena tidak terbiasa layar rata (bukan qwerty).
    Suwun.

  51. Om Herry Sw..begini saya dan pasangan lagi galau memilih antara xiaomi redmi 3 atau xiaomi note 2 prime 32gb..menurut om herry gegas mana octacore qualcomm snapdragon 616 1.5 ghz nya redmi 3 atau octacore mediatek helio X10 2.2 ghz nya note 2 prime..terima kasih om..

    1. Pak Jovan,

      Saya tak bisa memberikan rekomendasi berdasarkan spesifikasi di atas kertas. Kebetulan saya belum pernah menguji pakai Redmi 3 maupun Redmi Note 2 Prime (tidak ada ponsel Xiaomi bernama tipe Note 2 Prime). Alasannya, belum ada yang bergaransi resmi. Jadi, saya tak tahu mana yang lebih layak beli.

  52. pak Herry maaf mungkin diluar topik pembahasan ini..

    mau tanya khusus OS android ya pak..
    saya pengguna note 4 samsung (baru megang hehe)
    saya dapet android versi 4.4.4 kitkat
    setelah saya coba cek ternyata udah ada update lollipop 5.1.1
    menurut pak Herry, apa sebaiknya saya up ke lollipop 5.1.1 saja atau lebih baik saya stay di kitkat saja ?
    karena dulu, saya pakai LG G3, dari kitkat 4.4.4, saya up ke lollipop 5.0.1,, hasilnya lebih panas dan lebih boros baterai.. apakah isu panas dan boros baterai tsb hanya di lollipop 5.0.1 dan telah diperbaiki di 5.1.1 ?
    terima kasih pak Herry.. ditunggu pencerahannya πŸ˜€
    salam sukses

    1. Pak Willy Kurniawan,

      Saya tak tahu bagaimana kondisi Note 4 kalau di-update ke Lollipop.

      Usai menjalani major update, misalnya dari KitKat ke Lollipop, biasakan melakukan factory reset.

  53. awalnya ngelirik infinix note 2
    eh ada zero 3
    malah jadi galau..
    jadi nabung lagi sambil nunggu review oom HSW ajah ah πŸ˜€

  54. Pagi pak herry. Saya berencana mau membeli samsung galaxy s5 bekas. Ketika saya cek port charger nya, kok colokannya beda dengan hp samsung kebanyakan? (pas tanya sama abang konternya sih katanya itu usb 3.0)

    Nah, apakah galaxy s5 yang resmi masuk indonesia lubang colokkan usb nya memang seperti itu (yang usb 3.0) apa masih usb 2.0?

    1. Pak Rian,

      Terlihat lebih lebar ya? Memang begitu. Anda tetap bisa menggunakan charger dengan konektor micro USB kok. Tancapkan saja ke lubang yang lebarnya pas dengan konektor micro USB.

    1. Pak Aris,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menguji pakai tiga ponsel itu. Khusus Infinix Zero 3, kira-kira sepuluh hari lagi saya akan mulai mencobanya.

  55. Pak Herry,
    Mohon informasinya berapa GB kapasitas maksimal untuk slot micro SD pada Infinix Zero 3 ?
    Terima kasih.

    1. Pak Febrian,

      Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Jogja, Medan, Denpasar, Makassar, Surabaya, dan Banjarmasin.

  56. benarkah men-charge smartphone lebih baik dlm keadaan off..? adakah efek buruk jika sering men-charge smartphone dlm posisi on..?

    1. Pak Banu A,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Saya belum bisa menjawab karena baru minggu depan saya mulai mencoba Zero 3.

    1. Pak Elsayd,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Harga Zero 3 Rp 2,599 juta. Infinix Hero? Saya malahan baru dengar.

  57. cuman numpang keluh kesah aja boleh? dari awal nyari smartphone yg bisa buat dipasang bolt4g, begitu liat zero 3 kayanya spek pas semua. Tp ga disangka yg kluar disini ga bisa buat band 2300 alias bandnya bolt 4g. Pantesan abis diupdet koq masi ga nyala signal indicator yg dipasang kartu bolt. Admin @infinixindo di twitter baru kasi explanation hari ini kalo versi di indo ga bisa buat bolt dan padahal dah ditanya beberapa hari. thx buat space nya pa herry πŸ™‚

  58. daerah tangerang dimane pak toko yang jual infinix zero 3 ??
    emang sama pak ya infinix zero 3 sama zero 3 x552 ???

    1. Pak Tian,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Saya tak tahu toko mana di Tangerang yang punya stok Zero 3.

      Sama. Zero 3 itu nama populernya. Kode tipenya X552.

  59. Hallo Gan,

    Ane minat Ne Infinix Zero 3 … Tapi kira2 ada yg “NGEREPLIKA” ngak?????

    Soalnya Ane lihat Di Toko Online Indo harga nya UP DOWN UP DOWN…#Di OL SHOP “SI HIJAU” taulah ya… Heheheheh…

    Sarannya di tunggu Gan…
    Thankz

        1. Pak Andre,

          Rp 2,7 juta sampai Rp 2,9 juta.

          Infinix resminya belum masuk ke jalur offline. Jadi, ya belum ada patokan harga ritel offline resmi.

  60. Pak Herry,

    Numpang tanya berapa rata2 harga Infinix Zero 3 di WTC Surabaya?

    Saya tunggu review Infinix Zero 3 nya ya.. πŸ™‚
    Terima kasih.

    1. Pak Adrian,

      Rentang harganya mulai Rp 2,7 juta sampai Rp 2,9 juta. Jadi, kalau dirata-rata jatuhnya Rp 2,8 juta.

      Review? Sabar dulu ya. Masih ada ponsel lain yang harus saya ketikkan review-nya dulu.

  61. Pak Hery,

    Setelah membaca pembicaraan di atas, sy minta penjelasan:
    1 sensor yg dikatakan tdk aktif pada Zero 2 itu apa fungsinya?
    2 apakah hingga saat ini, mnrt p Hery, Zero 2 tergolong produk yg layak beli?

    Saya tergolong terlambat, tp msh tertarik Zero 2 krn tipis, kevlar dan gorilla nya. Apakah msh direkomen utk mencarinya atau ada referensi merk/ tipe lain?
    Zero 3 tergolong tebal ya Pak?

    Terima kasih banyak utk masukannya.

    1. Pak Indra,

      Ada tiga sensor yang tidak tersedia di Zero 2. Yaitu, sensor temperatur, tekanan, dan giroskop. Yang sering dipermasalahkan sebagian orang adalah tidak adanya sensor giroskop. Salah satu fungsinya untuk menikmati Google Cardboard. Kayak gini deh contohnya https://www.youtube.com/watch?v=U_gzxzN-zas

      Menurut saya, lebih baik Anda sekalian membeli Zero 3 deh. Tidak tebal kok.

  62. Maaf, ternyata postingan sy masuk dua kali.
    Terjadi masalah koneksi internet, shg diulang.
    Terima kasih.

  63. Apakah ada alasan khusus mengapa lebih rekomen zero 3?
    Atau karena mmng generasi terbaru saja? (Yg tentunya ada fitur baru di dlmnya). Mengingat p Hery blm mencobanya.

    Apakah ada rekomendasi tipe/ merk lain yg sesuai selera sy yaitu tipis (ekspektasi sy di bwh 9mm) dan berkaca Gorilla.

    Terima kasih utk tanggapannya Pak.

    1. Pak Indra,

      Saya sudah berani merekomendasikan Zero 3 karena ponsel itu sebenarnya sedang dalam masa uji pakai ala HSW. Belum ada review-nya karena uji pakai belum selesai. Pengembangan yang paling terasa, kamera Zero 3 jauh lebih bagus daripada Zero 2 LTE.

      Anggaran Anda berapa ya? Ada Lenovo Vibe Shot Rp 4,3 jutaan, Huawei P8 Rp 6 jutaan, dan Sony Xperia Z5 Dual Rp 9 jutaan.

  64. Pak Hery,
    Sy sdh lihat info ttg google cardboard. Tampaknya keren dan seru.
    Sayangnya sy tdk gemar permainan hp.
    Terima kasih infonya ya Pak.

    Sukses selalu..

  65. Hehe..
    Sy kok blm sreg beli hp sy sendiri di atas 3 jt ya Pak. Lain kalo utk keluarga.. Haha..
    Maklum org lapangan, sering ‘ngglundung’ hp nya.. Makanya cari yg ada Gorilla nya.
    Jd disarankan zero 3 ya Pak. Baik sy cari demonya agar tahu tebal fisiknya.

    Btw, smartfren 4G itu gsm ya Pak? Kok bs pakai Samsung.

    Terima kasih sarannya.

  66. Pak Herry,
    Kalo berkenan, tlng diberi gambaran mengapa 4G tdk mengenal cdma atau GSM ya? Sy pernah dengar hal ini, ttp tdk menangkap maksudnya.

    Berarti sim atau ruim itu sebetulnya sama ya Pak, kok bs digunakan sbg 4G.

    Terima kasih

    1. Pak Indra,

      Jadi, tahapan evolusi teknologi seluler ada berbagai tahap yang dikenal sebagai 2G, 3G, 4G, dst. Di tahap sebelum 4G, masing-masing teknologi (GSM dan CDMA) memiliki standar dan penamaan sendiri. Ketika menyentuh 4G, statusnya menjadi universal/netral.

      Kartu untuk menikmati 4G LTE disebut USIM, bukan lagi kartu SIM atau RUIM.

  67. Pak Herry,
    Jd smartfren ada 2 jenis yah, yg cdma/ ruim dan 4G/ usim? Maka usim tsb jg hrs dgn ponsel 4G, bkn gsm ya Pak?

    Atau usim yg mmng bs multifungsi? Artinya hp cdma biasa pun bs berfungsi walau tdk bs dgn kecepatan 4G?

    Maaf, agak kepo. Kalo ada referensi melihat ke web mana agar bs jelas, jg mau pak. Drpd ganggu p Herry terus dgn pertanyaan yg terlalu dasar bagi Bp.

    Terima kasih.

    1. Pak Indra,

      Ya. Kalau ingin menikmati layanan 4G LTE Smartfren, Anda harus menyelipkan kartu USIM ke ponsel 4G yang kompatibel dengan Smartfren.

      Saya pernah memasangkan kartu USIM/4G LTE Smartfren ke ponsel CDMA merek LG yang layarnya masih hitam putih. Bisa dapat sinyal, tetapi ya cuma untuk telepon dan SMS.

  68. salam ko herry,

    saya baru dengar lho..klo 4G Lte itu tidak mengenal CDMA/ GSM, Brarti klo kita punya smartphone yg support 4G LTE, bisa d masukin simcard smartfren 4G dan Bolt 4G jg dunk ya?? gmn menurut ko herry..

    1. Pak Yoshimura,

      Ya, asalkan ponsel yang dipakai kompatibel dengan frekuensi 4G LTE Smartfren dan Bolt.

    1. Pak Wahyu,

      Om HWS?

      Zero 3 resminya baru dipasarkan online via Lazada. Namun, bukan mustahil ada toko ponsel di Jogja yang membeli dari Lazada, kemudian menjualnya secara offline dengan harga lebih tinggi.

    1. Pak/Bu Tota,

      Resminya Infinix Zero 3 belu dijual offline. Entahlah kalau ada pedagang ponsel di Medan yang membeli dari Lazada, kemudian dijual offline dengan harga yang tentu saja lebih tinggi dibandingkan harga Lazada.

    1. Pak Albert,

      Kebetulan saya sudah berpisah dengan Zero 3. Saya lupa menunya. Coba utak-atik di dalam menu kontak atau apps drawer yang ikonnya tanda centang.

  69. maaf koh mau tanya, apakah situs lazada selalu menjual ponsel ponsel bergaransi resmi koh? kok sepertinya koh hery selalu membelinya dan menyarankan beli dari lazada?

    1. Bu Widi Fatmawati,

      Lazada tidak selalu menjual ponsel dengan garansi resmi.

      Saya justru lebih sering menyarankan konsumen jangan berbelanja di Lazada. Sebab, pelayanan marketplace itu tergolong buruk.

      Kalau yang mau dibeli ponsel Infinix, saya terpaksa menyarankan peminat beli di Lazada. Lha sampai saat ini Lazada masih satu-satunya jalur penjualan resmi ponsel Infinix. Itu pun saya selalu mengingatkan pembeli agar memilih metode pembayaran COD alias bayar di tempat.

  70. Pak, saa dengar2 sekarang zero 3 sudah mendukung 4g ya? Mohon pencerahanya saa bingung memilih lenovo vibe 4k note atau zero 3, rekomendasi bapak yang manaa?

    1. Pak David Setianto,

      Benar. Zero 3 sudah bisa 4G LTE.

      Kalau Anda mengutamakan kamera bagus: Zero 3.
      Kalau Anda ingin mencoba VR: Vibe K4 Note (bukan 4K Note lho).

  71. Pak Herry,

    Saya baru dapat infinix zero 3 (berkat review pak Herry jg,Terima kasih pak) per 17 july kemaren via Lazada akhirnya setelah berjibaku dengan complain ke lazada selama hampir stgah bulan.
    Kesan awal se di batrei tidak sebandel ex xiaomi red mi note 1 saya sebelumnya.
    Yang mo sya tanyakan:
    1. Apakah saya perlu pasang aplikasi anti virus dan clean bost pak?
    2. Jika perlu ,aplikasi apa yang bagus pak ?
    3. Apakah ada aplikasi yang wajib didownload untuk melindungi dan meningkatkan performa hp sy pak?

    Terima kasih sebelumnya pak.

    1. Pak Erick Indrias,

      Komplain karena masalah apa, Pak?

      Wajar kalau lebih boros daripada Redmi Note generasi pertama. Lha Zero 3 kan 4G LTE. Trus, spesifikasi lainnya juga lebih tinggi.

      1. Tak perlu.
      2. –
      3. Ehmm… tak ada aplikasi khusus sih.

      1. Tanggal sampe nya molor dri jadwal.setiap ditanya via live chat,telpon n email g pernah sama jawabnya.Akhirnya sampe jg,padahal udh mo ganti merk.

        1. Pak Erick Indrias,

          Oh ok. Kalau yang seperti itu dan terjadi di Lazada, saya sangat tidak heran. πŸ™‚

    1. Pak ND,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Kalau mengutamakan kamera: Zero 3. Kalau mengutamakan daya tahan baterai: Note 2.

      Note 3 belum beredar resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *